Republika Online

sumber :-

Republika Online


Rumah Korban Merapi Baru Dibangun

Posted: 16 May 2012 11:34 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Ibu Rukini (55 tahun) hidup menjadi sejak di tinggal suaminya tahun 2005 lalu. Dua anaknya telah dewasa dan tinggal di Kediri dan Bantul.

Akhir tahun 2010 lalu, rumah Rukini di Dusun Manggong, Desa Kepuharjo, Cangkringan, hancur diterjang erupsi Merapi.

Sejak itu Rukini harus mengungsi dan tinggal di Shelter Gongdang III. Kamis (17/05) Rukini tak dapat menahan harunya, ketika bersama Bupati Sleman, Sri Purnomo, ia memasang batu pertama calon rumah barunya di Dusun Pagerjurang, Kepuharjo.

Selain dengan Bupati, Rukini juga mendapat kehormatan untuk melakukan peletakan batu pertama calon rumahnya bersama Wakil Bupati Sleman, Yuni Satia Rahayu.

Di Pagerjurang ini akan dibangun 301 rumah tetap bagi korban erupsi Merapi, asal Desa Kepuharjo, di luas lahan 5.0365 m2.

Kepala Desa Kepuharjo, Heri Suprapto, mengatakan komplek huntap di Pagerjurang ini nantinya akan dihuni 135 warga korban Merapi asal Dusun Kaliadem, 97 warga asal Petung, 50 warga asal Nanggong, 14 warga asal Kepuh dan 9 warga asal Pagerjurang sendiri.

Menurut dia, erupsi Merapi 2010 lalu menyebabkan 830 KK warga desanya kehilangan rumah. Selain di Pagerjurang ini, kata Heri, saat ini untuk warga Kinahrejo juga sedang dibangun huntap di Dusun Batur. 

Di Batur, katanya, akan menampung 194 KK. Saat ini pembangunan di Batur sudan mencapai 95 persen. Sebagian rumah disana sudah mulai dihuni.

Giring Nidji: Gubernur DKI Harus More Action

Posted: 16 May 2012 11:30 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Laga pertarungan untuk menduduki kursi nomor satu di DKI Jakarta, juga disoroti oleh vokalis band Nidji, Giring. Pria yang identik dengan rambut keritingnya ini, menginginkan satu harapan pada gubernur baru nanti, yaitu gubernur yang banyak kerja dan tak banyak koar-koar omong kosong saja. Istilahnya, more action than talking.

Berbagai masalah khas ibukota, menurutnya banyak yang harus  diperbaiki. "Jakarta perlu diatur, sekarang sudah terlalu kacau," katanya saat ditemui Republika di Jakarta, Rabu (16/5). Banyak yang perlu ditertibkan, dari hal kecil hingga birokrasi.

Paling utama yang perlu diselesaikan adalah kemacetan. "Macet itu membuat stres, memakan emosi, dan merugikan," ujarnya. Ia mengaku sangat sering terjebak dalam kemacetan. "Harusnya kita bisa ke lima tempat, jadi tidak bisa karena waktunya habis di jalan macet," keluhnya. Hal-hal seperti ini yang membuat orang tak nyaman tinggal di jakarta.

Ia pun sudah menentukan calon gubernur yang akan dipilihnya Juli besok. Pilihannya jatuh pada sosok Wali Kota Solo, yang bisa menertibkan salah satu kota di Jawa tengah itu. "Tapi mungkin di Jakarta akan lebih susah, selain wilayahnya lebih besar, masalahnya juga lebih kompleks," tuturnya.

Ia mengagumi calon gubernur yang akrab disapa Jokowi ini. Ia juga mengkhawatirkan nantinya calon gubernur favoritnya akan menemui banyak halangan di tengah jalan. "Kita doain bisa lah," tuturnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi news.okezone.com

sumber :-

Sindikasi news.okezone.com


Arsenal Gagal Yakinkan RvP?

Posted: 16 May 2012 10:56 PM PDT

LONDON – Robin van Persie (RvP) akhirnya memberikan sinyal bahwa ia akan meninggalkan Emirates pada musim panas nanti. Kapten Arsenal itu tampaknya frustasi akan ketidakmampuan The Gunners mengatasi kekeringan gelar selama beberapa musim terakhir, dan hanya mampu finis di urutan ketiga klasemen Premier League.
 
Seperti dilaporkan Emirates 247, Kamis (17/5/2012), Arsenal sangat berharap pemain internasional Belanda itu akan menyutujui kontrak baru selama tiga musim dengan nilai 130 juta pounds per pekan. Namun, sepertinya tawaran Arsenal masih kalah dari jawara baru musim ini, Manchester City.
 
City berada di posisi terdepan untuk memikat hati RvP, kabarnya klub kaya itu telah menyusun kesepakatan senilai 25 juta pounds, dengan gaji 250 ribu pounds per pekan. Sedangkan Manchester Merah juga dilaporkan siap bertempur dengan saudara mudanya demi mendapatkan tanda tangan Pemain Terbaik versi PFA itu.
 
Tampaknya RvP memiliki keraguan akankah Arsenal mampu bersaing musim depan. Ia menyaksikan bagaimana mantan rekan setimnya Gael Clichy dan Samir Nasri yang memenangkan gelar Premier League musim ini setelah bergabung ke Manchester biru pada musim panas lalu.
 
Musim lalu, Wenger harus kecewa akibat kegagalannya mempertahankan Cesc Fabregas yang lebih memilih untuk bergabung dengan klub masa kecilnya, Barcelona. Dan sekarang Wenger kembali dihadapi pekerjaan yang sulit untuk meyakinkan RvP bertahan lebih lama di Emirates.
 
Meskipun Arsenal sukses mendatangkan Lukas Podolski dari FC Cologne, dengan nilai 9,7 juta pounds. Namun, The Gunners sangat membutuhkan pemain bintang seperti Van Persie untuk membantu mereka berjuang mengatasi krisis gelar musim depan.
(fit)

Luiz Coba Hentikan Gomez di PlayStation

Posted: 16 May 2012 10:33 PM PDT

LONDON – Bek tengah Chelsea David Luiz mengungkapkan tengah berlatih menghentikan penyerang andalan Bayern Munich Mario Gomez mencetak gol pada final Liga Champions, di PlayStation. Namun, sikap Luiz ini dinilai oleh sebagian komentator dan mantan kapten Manchester United, Gary Neville sangat kekanak-kanakan.
 
Pemain internasional Brasil tersebut lantas menanggapinya dengan santai. "Ini hanya pemanasan di PlayStation!" kata Luiz, dikutip dari Scotsman, Kamis (17/5/2012). Sebagai catatan bahwa Gomez merupakan salah satu striker tersubur, total ia telah mencetak 12 gol di ajang Liga Champions selama 10 musim, dan 26 gol dalam 33 pertandingan di kompetisi Bundesliga musim ini.
 
Luiz juga mengungkapkan Munich merupakan salah satu tim hebat Eropa dan layak mendampingi Chelsea di babak final nanti. Meski ia mengakui akan sangat sulit menghadapi anak asuh Jupp Heynckes di hadapan para pendukungnya.
 
"Munich tampil baik selama kompetisi musim ini, dan mereka layak untuk bermain di final bersama Chelsea," lanjutnya.
 
"Dalam final Liga Champions nanti akan sangat menyulitkan kami, karena kami akan bermain di hadapan ribuan suporter Munich," sambungnya.
 
Pada pertandingan final nanti, Chelsea takkan diperkuat beberapa pemain pilarnya akibat akumulasi kartu. The Blues dipastikan tampil tanpa John Terry, Branislav Ivanovic, Ramires dan Raul Meireles. Melihat kondisi tersebut, Luiz mengungkapkan bahwa klubnya masih memiliki pemain-pemain hebat lainnya.
 
"Yang pasti mereka adalah pemain-pemain penting, Ivanovic, John, Ramires dan Meireles. Tapi kami merupakan tim hebat, dan yang masih memiliki pemain-pemain hebat lainnya," tandas mantan pemain Benfica tersebut.
(fit)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Republika Online

sumber :-

Republika Online


UI Luncurkan Program Pemimpin Muda

Posted: 16 May 2012 11:18 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID Dalam rangka menyambut Indonesia Leadership Development Program (ILDP) 2012, Universitas Indonesia mengadakan Open House ILDP 2012 pada hari Rabu(9/5) di Perpustakaan Pusat UI Kampus Depok. 

Menteri BUMN RI Dahlan Iskan yang hadir sebagai pembicara menyampaikan bahwa untuk menjadi seorang pemimpin, seseorang harus berani melawan rasa takutnya dan tahan akan tekanan. 

Dalam sesi dialog dengan para peserta, Dahlan Iskan menceritakan pengalamannya memimpin sebuah perusahaan swasta yang dihadapkan dengan berbagai tekanan diantaranya untuk tidak bangkrut, melawan persaingan dan kompetitor serta tetap survive.

Oleh karena itu, pemimpin harus lincah, fleksibel, tangkas, cepat dan spontan. Dahlan mengajak mahasiswa menciptakan target pencapaian jangka pendek, menengah dan panjang yang fleksibel dan peka terhadap perubahan. 

Open House ILDP 2012 terdiri dari rangkaian kegiatan Grand Launching ILDP 2012, wisuda 60 alumnus UISDP 2011, pelantikan 30 peserta UISDP dan 30 peserta UILDP 2012 serta Dialog Leadership Inspirational 2012 dengan tema "Future Leader with Indonesian Identy and Global Perspective".

ILDP merupakan kegiatan yang digagas oleh UI yang telah diselenggarakan sejak tahun 2010 sebagai bentuk komitmen UI dalam mempersiapkan the next Indonesia future leadrs. ILDP memiliki tujuh program unggulan di tingkat universitas, nasional, dan internasional yaitu:

Pada tahun 2012, UI melakukan terobosan baru dengan pembentukan program "Asia Program: Asia Future Leaders Gathering (A-Flag)" yang mengundang para mahasiswa berprestasi se -Asia Tenggara.

Kios Bensin Terbakar, Tiga Orang Tewas

Posted: 16 May 2012 11:13 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,  PADANG -- Tiga korban luka bakar akibat terbakarnya kios bensin dan mobil Dinas Pemadam Kebakaran di Padang Datar Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat meninggal dunia di Rumah Saki Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang.

"Berdasar data RSUP M Jamil Padang telah tiga orang korban luka bakar meninggal dunia," kata Humas RSUP M Djamil Padang Gustavianof di Padang, Kamis.

Menurut dia, korban luka bakar meninggal dunia yakni Delon (11) pada Senin (14/5) sekitar pukul 06.15 WIB, Taufik Hidayat pada Selasa (15/5) sekitar pukul 08.00,

"Kemudian Dirga (12) warga jorong Padang Datar, Kabupaten tanah Datar meninggal dunia pada Rabu (16/5) sekitar pukul 06.00 WIB," katanya.

Korban luka bakar yang meninggal dunia itu menjalani perawatan lebih kurang satu minggu di RSUP M Djamil Padang.

"Ketika awal masuk korban sadarkan diri, namun lama-kelamaan selama menjalani perawatan di RSUP M Djamil Padang kondisi kesehatan mulai menurun," kata Gustavianof.

Pasien selain mengalami luka bakar serius juga mengalami trauma inhalasi atau masuknya hawa panas ke saluran pernafasannya.

"Korban mengalami luka bakar serius. 60 persen tubuhnya terbakar. Meninggal dunianya terkena dampak inhalasi, tim dokter rumah sakit telah berusaha maksimal menangani pasien tersebut" kata Gustavianof.

Dia menambahkan, ada satu pasien luka bakar minta pulang atas kemauan sendiri atas nama Nursyirwan (43), Kepala UPTD Damkar Batusangkar.

"Sebelum pulang pasien itu mengisi surat perjanjian di atas materai untuk tidak melakukan penuntutan di kemudian hari kepada rumah sakit," katanya.

Dia mengatakan, sekarang masih ada enam pasien yang mengalami luka bakar menjalani perawatan secara insntif di rumah sakit.

"Mereka masih diperiksa secara insentif oleh dokter untuk melihat kondisi perkembangan kesehatan pasien yang mengalami luka bakar itu," katanya.

Berdasarkan data RSUP M Djamil Padang, enam pasien luka bakar menjalani perawatan yakni Doni Dafrizal (26) Petugas Damkar Tanah Datar, Bobi Elmansyah (11),

Selanjutnya Zulardi Putra (19), Robert C (29), Indra Warman (48) serta Sandri A (26).

Dia menambahkan, pasien itu telah berada di ruangan luka bakar RSUP M Djamil Padang untuk mendapatkan perawatan secara intensif.

"Kemungkinan dibutuhkan waktu perawatan yang cukup lama agar kondisi pasien luka bakar bisa kembali membaik," katanya.

Musibah yang terjadi pada Senin (7/5) sekitar pukul 19.00 WIB di Jorong Padang Datar, Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, itu berawal dari proses pemadaman api di kios eceran premium milik Azwardi yang terbakar.

Ketika petugas pemadam kebakaran menyemprotkan air, premium di dalam kios menyembur keluar dan mengenai mobil pemadam kebakaran yang mesinnya masih menyala.

Premium tersebut membakar mobil dan kios. Puluhan warga sekitar yang menyaksikan proses pemadaman api ikut terkena sambaran api dan menderita luka bakar. Pasien mengalami luka bakar menjalani perawat di RSUP M.Djamil Padang, RSDU Batusangkar, RS Achmad Muchtar.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPASentertainment

sumber :-

KOMPASentertainment


Ivan Gunawan: Kalau Pikirannya "Bokep", Pasti Jorok

Posted: 16 May 2012 09:13 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com -- Cara berpakaian vokalis dunia Lady Gaga di panggung menjadi salah satu perkara yang menyebabkan rencana penyelenggaraan konsernya di Jakarta pada 3 Juni 2012 ditentang banyak pihak. Namun, menurut Ivan Gunawan, perancang busana yang juga jadi pembawa acara, main film dan sinetron, serta menyanyi, Gaga seronok atau tidak dalam berbusana bisa dinilai dari sudut pandang yang berbeda.

"Gini ya, Lady Gaga seksi kan ya, keren, tapi enggak jorok. Beda sama orang Indonesia, pakai hotpants tetap jorok kan kelihatannya. Jadi, dilihat dari sudut pandang yang berbeda," kata Ivan dalam wawancara di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (16/5/2012). "Tapi, kalau konotasinya sudah bokep (BF atau blue film alias film porno), ya pastinya akan jorok," sambungnya.

Bagi Ivan, dengan kualitas olah vokal dan aksi panggungnya, bisa jadi Gaga malah mengalihkan perhatian para penontonnya dari cara berpakaiannya. "Dia dengan aksi panggung, suara, orang sudah enggak kepikiran ke situ," kata Ivan lagi.

Festival Digelar, Warga Cannes Mengeluh

Posted: 16 May 2012 09:13 PM PDT

CANNES, KOMPAS.com -- Keriaan Festival Film Cannes di Cannes, Perancis, tiap tahun, yang menyedot banyak orang dari luar Cannes datang ke sana, ternyata tak selalu menyenangkan bagi para penduduk kota tersebut. Tidak terkecuali ketika Festival Film Cannes 2012, yang mengambil tempat di Palais des Festival, dimulai pada Rabu (16/5/2012).

Para warga bisa jadi sudah terbiasa dengan "tumpah"-nya banyak orang dari luar Cannes ke kota mereka karena ada acara bertebar bintang itu setahun sekali. Namun, bersamaan dengan itu, tetap saja datang rasa terganggu.   

Betapa tidak? Selama festival tersebut digelar, tahun ini pada 16-27 Mei, banyak jalan yang ditutup. Akibatnya, para penduduk harus mengambil jalan-jalan lain untuk mencapai tujuan dan mengalami kemacetan. Itu berlaku tidak saja bagi mereka yang berkendaraan, tapi juga para pejalan kaki.

"Anda bisa bayangkan, masa jalan kaki saja harus mengikuti satu arah, mau menyeberang saja harus memutar mengelilingi area di sekitar Palais de Festival, sudah jalanan kendaraan ditutup, kaki lima pun ikut dipagari! Setiap tahun saya harus berhadapan dengan situasi ini!" keluh seorang perempuan berusia 63 tahun.

Agaknya, selama festival itu dilangsungkan, para warga tak lagi diutamakan. Kelancaran lebih diusahakan bagi mereka yang menjadi tamu festival tersebut. Para penduduk yang biasa naik bis umum juga harus berbesar hati. Rute perjalanan mereka menjadi lebih panjang atau pemberhentian yang biasa mereka gunakan berubah.

Meski ada yang dibuat kesal oleh penyelenggaraan festival itu, ada pula yang dengan senang hati memaklumi keadaan tersebut. "Justru karena festival inilah kota kami, Cannes, menjadi sangat terkenal, dan itu sangat baik untuk pariwisata, bisa mendapatkan keuntungan secara ekonomi, benar kan?" tutur Gabrielle, ibu muda yang memiliki kios makanan di depan Palais des Festival. (Dini Kusmana Massabuau)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Mancanegara

sumber :-

ANTARA - Mancanegara


Pakistan siap buka jalur pasokan NATO

Posted: 16 May 2012 07:01 PM PDT

Islamabad (ANTARA News) - Pakistan, pada prinsipnya telah memutuskan untuk membuka jalur pasokan buat pasukan asing di negara tetangganya, Afghanistan, setelah hampir enam bulan ditutup dan pengumumkan resmi diduga dikeluarkan sebelum atau saat pertemuan puncak NATO 20-21 Mei di Chicago, Amerika Serikat.

Satu panel pemimpin senior militer dan sipil Pakistan mengambil keputusan, Selasa malam (15/5), tapi menahan pengumuman resmi selama dua hari karena ada permohonan untuk menyelenggarakan konsultasi lebih jauh dengan pemegang saham yang terlibat dalam pasokan NATO, kata sumber yang dekat dengan pertemuan tersebut.

Beberapa sumber resmi mengatakan Perdana Menteri Yusuf Raza Gilani, yang memimpin pertemuan Komite Pertahanan Kabinet (DCC) --yang meliputi menteri pertahanan, dalam negeri dan luar negeri dan kepala militer, mendukung pembukaan kembali jalur pasokan NATO.

Fakta bahwa Presiden Pakistan Asif Ali Zardari diundang untuk menghadiri pertemuan puncak NATO di Chicago oleh Sekretaris Jenderal NATO Jenderal Anders Fogh Rasmussen beberapa jam sebelum pertemuan DCC juga membuat para pemimpin Pakistan untuk memutuskan pembukaan kembali jalur pasokan NATO.

Rasmussen pekan lalu memperingatkan Pakistan mungkin tak bisa menghadiri pertemuan puncak Chicago kalau jalur pasokan NATO tak dipulihkan.

DCC menyambut undangan "tanpa syarat" dan sepenuhnya mensahkan keikutsertaan presiden Pakistan dalam pertemuan puncak tersebut, isi pernyataan resmi yang dikeluarkan setelah pertemuan itu, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Kamis pagi.

Juru bicara Kedutaan Besar AS mengatakan para pejabat Pakistan dan Amerika telah mengadakan pembicaraan di Islamabad selama beberapa hari belakangan guna membahas ketentuan baru bagi NATO untuk menggunakan jalur darat Pakistan untuk mengangkut pasokan.

Banyak pihak menduga pengumuman resmi untuk membuka kembali jalur pasokan tersebut baru dikeluarkan setelah konsultasi guna menyelesaikan persyaratan dan ketentuan baru.

Pakistan menutup jalur pasokan itu untuk membalas tewasnya 24 prajuritnya dalam serangan udara NATO dan menetapkan syarat permintaan ma`af AS bagi pembukaan kembali jalur tersebut.

Keputusan itu dipandang sebagai konsesi atas tekanan yang berlanjut dari AS dan NATO sebab penutupan jalur pasokan tersebut dapat mempengaruhi operasi militer mereka di Afghanistan. (C003/A011)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Rudal untuk pelatihan jatuh dari helikopter, 100 rumah dikosongkan

Posted: 16 May 2012 06:43 PM PDT

Houston (ANTARA News) - Sedikitnya 100 rumah di sekitar pangkalan militer Amerika Serikat di Fort Hood terpaksa dikosongkan sementara, akibat jatuhnya satu rudal yang digunakan untuk pelatihan dari helikopter militer di Texas bagian tengah, demikian dilaporkan media setempat pada Rabu.

Juru Bicara Polisi Carrol Smith mengatakan pada Rabu tidak ada seorang pun yang terluka dan pihak Fort Hood telah mengambil alih penyelidikan peristiwa tersebut.

Rudal itu -- yang teridentifikasi sebagai alat yang digunakan untuk pelatihan M36 -- jatuh di lapangan terbuka yang berdekatan dengan Aquarius Drive dan Trimmer Drive di Killeen -- asrama bagi tentara yang bertugas di Fort Hood -- pada Selasa malam, sekitar pukul 20.15 waktu setempat.

Tim penjinak bom Fort Hood dikirim ke daerah tersebut. Sekitar 100 rumah di evakuasi sementara sebagai tindakan pencegahan.

Seorang perwira penerbangan di pangkalan militer, Howard Arey, mengatakan penyelidikan sedang berlangsung. Arey mengatakan tentara percaya bahwa kecelakaan tersebut bukanlah masalah sistem. (I025/C003)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Republika Online

sumber :-

Republika Online


Wuih, Wisatawan Global Tembus Satu Miliar Orang

Posted: 16 May 2012 05:48 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY---Jumlah orang yang berlibur di luar negeri tahun ini diperkirakan mencapai di atas satu miliar untuk pertama kalinya, kepala otoritas pariwisata dunia mengatakan.

Perkiraan tersebut lebih tinggi dari yang diharapkan dan memberikan kesempatan bagi pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja di masa ekonomi sulit, tambah Taleb Rifai, Sekretaris Jenderal Organisasi Pariwisata Dunia (World Tourism Organization/WTO).

"Kami akan melihat lebih dari satu miliar wisatawan tahun ini, itu hampir sepertujuh dari populasi dunia," Rifai mengatakan pada pertemuan dua para menteri pariwisata dari Kelompok 20 negara ekonomi utama di Meksiko. "Ini adalah pertama dalam sejarah."

Statistik untuk kuartal pertama 2012 menunjukkan peningkatan 5,8 persen pada arus wisatawan dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2011, ungkap Rifai. Itu lebih tinggi dari peningkatan yang diantisipasi sebelumnya dari sekitar tiga sampai empat persen selama sepanjang tahun, tambahnya.

Pada 2011, Organisasi Pariwisata Dunia yang berbasis di Spanyol mencatat 980 juta wisatawan internasional, meningkat empat persen dibandingkan dengan 2010.

Rafai mendesak peserta pertemuan untuk sampai pada cara-cara menggunakan pariwisata untuk menciptakan lapangan kerja yang sangat dibutuhkan di "dunia yang membutuhkan pertumbuhan dan stimulasi ekonomi."

WHO: Satu dari Tiga Orang Derita Hipertensi

Posted: 16 May 2012 08:33 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA -- Satu dari tiga orang dewasa menderita tekanan darah tinggi, penyebab utama stroke dan sakit jantung, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Rabu.

Kanada dan Amerika Serikat memiliki pasien paling sedikit, kurang dari 20 persen orang dewasa, tapi di negara yang lebih miskin seperti Niger diperkirakan jumlahnya mencapai 50 persen, kata badan dunia itu.

Meskipun negara yang lebih kaya telah menghadapi penurunan kasus berkat perawatan efektif yang murah, di Afrika banyak orang masih tak terdiagnosis dan tak memperoleh bantuan, kata WHO.

Laporan World Health Statistics WHO meliputi jumlah mengenai tekanan darah tinggi yang meningkat, dan juga tentang tingkat gula darah, untuk pertama kali tahun ini.
Satu dari 10 orang diperkirakan menderita diabetes, naik dari sepertiga di negara Pulau Pasifik.

"Laporan ini menjadi bukti lebih lanjut mengenai peningkatan dramatis dalam kondisi yang memicu sakit jantung dan penyakit kronis lain, terutama di negara berpenghasilan rendah dan menengah," kata Direktur Jenderal WHO Margaret Chan.

"Di beberapa negara Afrika, sebanyak separuh penduduk dewasa menderita tekanan darah tinggi," kata Chan sebagaimana dikutip AFP --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Rabu malam.

Di Niger, 50,3 persen pria mengalami kondisi tersebut, dan Malawi serta Mozambik tak jauh di belakang Niger --masing-masing-- dengan 44,5 dan 46,3 persen.
Laporan itu juga menyatakan tingkat kegemukan berlipat di seluruh dunia antara 1980 dan 2008 dan setengah miliar orang atau 12 persen dari penduduk dunia sekarang dipandang gemuk.

Orang Amerika memiliki contoh tertinggi, yaitu 26 persen orang dewasa, dan Asia Tenggara memiliki angka kegemukan paling rendah --sebanyak tiga persen.
WHO menyatakan kematian pada anak-anak yang berusia di bawah lima tahun turun dari hampir 10 juta pada 2000 jadi 7,6 juta satu dasawarsa kemudian, dan penurunan kematian akibat campak serta penyakit yang berkaitan dengan diare "sangat mengerikan".

World Health Assembly, badan pembuat keputusan di WHO, dijadwalkan bertemu di Jenewa dari 21 sampai 26 Mei. Semua anggota akan membahas sasaran baru mengenai pengurangan kasus sakit jantung dan paru-paru, diabetes serta kanker.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPAS.com - Internasional

sumber :-

KOMPAS.com - Internasional


3 ABK Indonesia Terdampar di Madagaskar

Posted: 17 May 2012 03:07 AM PDT

LONDON, KOMPAS.com - Kapal Great Luck yang diawaki 11 anak buah kapal (ABK),yang tiga di antaranya adalah WNI, ditemukan terdampar di pelabuhan Antalaha, Provinsi Tamatave, daerah bagian Timur Madagaskar.

Informasi ini diperoleh KBRI Antananarivo melalui seorang warga setempat yang ditengarai adalah agen kapal tersebut di Madagaskar, demikian Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Antananarivo, Hanggoro Nurcahyo kepada Antara London, Kamis.

Hanggoro Nurcahyo menyatakan informasi yang sama diperoleh KBRI dari pihak Pengadilan Tamatave yang meminta KBRI menyediakan jasa penerjemah guna proses pemeriksaan ABK Indonesia.

Sementara itu Pelaksana Fungsi Protokol dan Konsuler, KBRI Antananarivo, Yulius Mada Kaka mengatakan menindaklanjuti hal ini, KBRI menemui ABK Indonesia di pelabuhan Tamatave guna melakukan pendataan. Ketiga ABK itu adalah Marthen Kena posisi juru mesin , Priyanto Bin Rasdi sebagai juru masak dan Giman sebagai juru oli.

Pihak Direktorat Pemantauan Perikanan dan Kelautan Madagaskar melakukan pemeriksaan terhadap seluruh ABK terkait dengan ditahannya kapal Great Luck yang dari indikasi awal terjadi kerusakan mesin.

Pemeriksaan dilanjutkan instansi lain, yaitu Gendarmeria (Imigrasi dan Seksi Urusan Imigrasi), Polisi dan Kementerian Air dan Hutan. Pemeriksaan dilakukan terhadap setiap ABK sesuai dengan posisi masing-masing.

Setelah pemeriksaan tahap awal, dilanjutkan dengan sidang di pengadilan yang cukup lama itu pihak pengadilan tidak menemukan adaya persoalan terhadap kapal Great Luck termasuk awaknya dan memutuskan membiarkan kapal kembali ke China dan Myanmar.

Kapal tersebut dan awaknya tetap berada di pelabuhan Tamatave menunggu kepulangan. Namun, karena masalah teknis, kepulangan kapal menjadi terkatung-katung yang hingga laporan ini dibuat, kapal tersebut masih berada di Tamatave.

Menyikapi hal tersebut, ABK Indonesia dan ABK Myanmar memutuskan untuk kembali ke negara masing-masing menggunakan jalur udara. Setelah mengajukan pemutusan kontrak dengan pihak perusahan yang difasilitasi kapten (warga negara Myanmar), perusahaan menyanggupi dan telah memfasilitasi kepulangan mereka.

Kepulangan para ABK tersebut dari Pelabuhan Tamatave ke Bandara Internasional Ivato, Antananarivo difasilitasi seorang tour operator termasuk membantu pengurusan visa di Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandara Ivato. Jarak tempuh dari Tamatave ke Antananarivo diperkirakan 500 km dalam waktu sembilan jam.

Pihak KBRI sempat menemui tiga ABK Indonesia di Bandara Ivato dalam rangka pelepasan terakhir keberangkatan ke Tanah Air.

Berdasarkan informasi dari ABK tersebut, kapal Great Luck untuk beberapa hari ke depan masih berada di Pelabuhan Tamatave menunggu ketibaan tujuh ABK pengganti dari Myanmar. Kapal tersebut dijadwalkan meninggalkan Pelabuhan Tamatave menuju Myanmar dan China.

Salah satu ABK Indonesia telah menginformasikan kepada KBRI mengenai ketibaan mereka di Tanah Air (Jakarta). Agen TKI pengirim ke agen Tenaga Kerja Taiwan di atas yang disebutkan oleh ABK Indonesia hanyalah nama perorangan bukan agen pengerah tenaga kerja resmi (perusahaan).

Sejak awal hingga laporan ini dibuat, belum diketahui siapa pemilik kapal Great Luck. Kapal tersebut berbendera Sierre Leon, namun diawaki ABK dari tiga negara yaitu Myanmar, China dan Indonesia.

Rudal AS Jatuh dari Heli pada Latihan

Posted: 17 May 2012 02:36 AM PDT

Rudal AS Jatuh dari Heli pada Latihan

| Kistyarini | Kamis, 17 Mei 2012 | 09:36 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Sebuah helikopter Apache milik Angkatan Darat AS secara tidak sengaja menjatuhkan rudal yang tidak aktif di Texas bagian tengah. Insiden ini memicu evakuasi warga dari puluhan rumah di sekitar lokasi jatuhnya rudal itu, kata pejabat berwenang, Rabu (16/5/2012).

Warga kota Killeen mengatakan pada polisi, mereka melihat sebuah benda jatuh helikopter tempur AH-64 ke sebuah ladang pada Selasa malam, menurut pernyataan dari markas AD Fort Hood yang tak jauh dari Killeen.

"Kepolisian Killeen langsung merespons laporan itu dan melokasir benda yang tertancap di tanah. Petugas juga langsung mengosongkan area itu," demikian pernyataan pihak berwenang.

Meskipun tidak ada yang terluka dalam insiden itu, sekitar 100 rumah di sekitar lokasi dikosongkan. Menurut tim penjinak bom, rudal M36 itu tidak aktif. M36 merupakan tiruan rudal Hellfire yang digunakan untuk latihan.

"M36 merupakan peralatan latihan yang tidak aktif, tidak memiliki hulu ledak atau sistem pendorong dan didesain agar para kru melakukan simulasi penggunakan rudal Hellfire di kokpit tanpa meluncurkannya dari pesawat terbang," pihak Fort Hood menyatakan.

Rudal tiruan itu, seperti Hellfire, berbobot sekitar 45 kilogram dan memiliki panjang 163 sentimeter.

Penyebab insiden ini masih dalam penyelidikan, kata Kolonel Howard Arey, perwira penerbang Korps III.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Berita Terkini

sumber :-

ANTARA - Berita Terkini


Pakistan siap buka jalur pasokan NATO

Posted: 16 May 2012 07:01 PM PDT

Islamabad (ANTARA News) - Pakistan, pada prinsipnya telah memutuskan untuk membuka jalur pasokan buat pasukan asing di negara tetangganya, Afghanistan, setelah hampir enam bulan ditutup dan pengumumkan resmi diduga dikeluarkan sebelum atau saat pertemuan puncak NATO 20-21 Mei di Chicago, Amerika Serikat.

Satu panel pemimpin senior militer dan sipil Pakistan mengambil keputusan, Selasa malam (15/5), tapi menahan pengumuman resmi selama dua hari karena ada permohonan untuk menyelenggarakan konsultasi lebih jauh dengan pemegang saham yang terlibat dalam pasokan NATO, kata sumber yang dekat dengan pertemuan tersebut.

Beberapa sumber resmi mengatakan Perdana Menteri Yusuf Raza Gilani, yang memimpin pertemuan Komite Pertahanan Kabinet (DCC) --yang meliputi menteri pertahanan, dalam negeri dan luar negeri dan kepala militer, mendukung pembukaan kembali jalur pasokan NATO.

Fakta bahwa Presiden Pakistan Asif Ali Zardari diundang untuk menghadiri pertemuan puncak NATO di Chicago oleh Sekretaris Jenderal NATO Jenderal Anders Fogh Rasmussen beberapa jam sebelum pertemuan DCC juga membuat para pemimpin Pakistan untuk memutuskan pembukaan kembali jalur pasokan NATO.

Rasmussen pekan lalu memperingatkan Pakistan mungkin tak bisa menghadiri pertemuan puncak Chicago kalau jalur pasokan NATO tak dipulihkan.

DCC menyambut undangan "tanpa syarat" dan sepenuhnya mensahkan keikutsertaan presiden Pakistan dalam pertemuan puncak tersebut, isi pernyataan resmi yang dikeluarkan setelah pertemuan itu, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Kamis pagi.

Juru bicara Kedutaan Besar AS mengatakan para pejabat Pakistan dan Amerika telah mengadakan pembicaraan di Islamabad selama beberapa hari belakangan guna membahas ketentuan baru bagi NATO untuk menggunakan jalur darat Pakistan untuk mengangkut pasokan.

Banyak pihak menduga pengumuman resmi untuk membuka kembali jalur pasokan tersebut baru dikeluarkan setelah konsultasi guna menyelesaikan persyaratan dan ketentuan baru.

Pakistan menutup jalur pasokan itu untuk membalas tewasnya 24 prajuritnya dalam serangan udara NATO dan menetapkan syarat permintaan ma`af AS bagi pembukaan kembali jalur tersebut.

Keputusan itu dipandang sebagai konsesi atas tekanan yang berlanjut dari AS dan NATO sebab penutupan jalur pasokan tersebut dapat mempengaruhi operasi militer mereka di Afghanistan. (C003/A011)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Romo Vikep: perutusan dijalankan lewat sikap hidup penuh cinta kasih

Posted: 16 May 2012 06:54 PM PDT

Sejumlah remaja mengikuti prosesi jalan salib pada Jumat Agung menyusuri kali Senowo di kawasan lereng Gunung Merapi Dusun Grogol, Mangunsoko, Dukun, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (6/4). Drama jalan salib yang dilakukan oleh kaum Muda Katholik eGSPI (Edukasi Gubuk Selo Merapi) adalah salah satu devosi dalam tradisi Katolik untuk mengenang kembali perbuatan Yesus yang menyelamatkan. (FOTO ANTARA/Anis Efizudin )

Berita Terkait

Magelang (ANTARA News) - Kepala Gereja Katolik Kevikepan Kedu, Jawa Tengah, Romo FX Krisno Handoyo mengatakan tugas perutusan Yesus kepada umat kristiani dijalankan melalui sikap hidup sehari-hari yang penuh dengan semangat cinta kasih terhadap sesama.

"Zaman ini tidak selalu mungkin melalui pembaptisan, tetapi dengan kesaksian hidup keluarga, sikap cinta kasih, sabar dan kuat dalam penderitaan, peduli, dan solider. Orang melihat sikap hidup kita," katanya saat khutbah Misa Kudus Perayaan Kenaikan Isa Almasih di Gereja Santo Ignatius Kota Magelang, Kamis.

Saat misa kudus secara sederhana yang diikuti umat Katolik terutama di Kota Magelang itu, ia mengatakan sebelum Yesus naik ke surga, memberikan pesan kepada umat untuk mewartakan kabar keselamatan kepada semua orang.

Ia mengatakan Yesus memberikan berkat perutusan kepada umat yang artinya umat kristiani diminta menjadi saksi atas cinta Tuhan kepada manusia.

Menurut dia, tugas perutusan bukan dilaksanakan melalui jalan pemaksaan atau kekerasan.

"Perutusan dijalankan dengan semangat kasih seperti yang Yesus jalankan saat menjalani perutusan dari Bapa," katanya.

Ia mencontohkan tentang pelaksanaan tugas perutusan itu antara lain membantu orang lain, membangun sikap hidup yang damai, dan rukun dengan sesamanya.

Bahkan, katanya, membantu orang lain menemukan jalan menuju Tuhannya, sesuai dengan agamanya dan menolong mereka untuk dapat bersyukur atas rahmat Tuhan.

"Wartakan kabar keselamatan itu bukan dengan kata-kata atau bahkan mengutip harus Injil, tetapi melalui kesaksikan hidup. Banyak hambatan memang, tetapi Tuhan telah berpesan bahwa Tuhan menyertai kita. Apalagi kalau kita selalu berupaya. Tuhan menghendaki kita setia dengan tugas perutusan mewartakan kabar suka cita," katanya.

Rektor Seminari Menengah Mertoyudan Romo Ignasius Sumarya mengemukakan tentang makna perayaan Kenaikan Isa Almasih yang menyangkut pewartaan kabar keselamatan dari Tuhan kepada manusia.

Yesus Kristus, katanya, telah mengasihi manusia sehingga untuk selanjutnya manusia harus mengasihi kepada semua makhluk.

"Sebagai orang yang telah percaya kepada Yesus Kristus, entah secara formal maupun informal, dipanggil untuk memberitakan Injil kepada segala makhluk. Yang dimaksudkan dengan Injil adalah warta gembira alias apa-apa yang menggembirakan dan menyelamatkan, terutama keselamatan dan kegembiraan jiwa," katanya.

Pada Hari Kenaikan Isa Almasih, Kamis, berbagai gereja baik Katolik maupun Kristen di Kota dan Kabupaten Magelang menggelar misa kudus serta peribadatan. (M029/M008)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi international.okezone.com

sumber :-

Sindikasi international.okezone.com


Kapal Perompak Somalia Hancur Dirudal AL Inggris

Posted: 16 May 2012 06:06 AM PDT

ADEN - Pasukan gabungan anti-perompak Uni Eropa untuk pertama kalinya memperlihatkan hancurnya sebuah kapal perompak Somalia, yang mereka hancurkan lewat sebuah serangan udara. Serangan itu dilancarkan oleh Angkatan Laut Inggris.


Sebuah kapal tampak diliputi oleh api yang disertai awan hitam, setelah helikopter yang diterbangkan dari kapal perang HMS Westminster menembakkan rudal ke arahnya. Ternyata rudal helikopter jenis Merlin itu, menerjang tanki bahan bakar kapal dan pada akhirnya menyulut ledakan.


Sebagian besar kru perompak dari kapal tersebut berhasil melarikan ke kapal lain. Tetapi, pihak AL Inggris berhasil mengamankan 12 kru perompak lainnya tanpa ada perlawanan.


HMS Westminster diketahui tengah melakukan patroli keamanan di wilayah perairan timur Afrika. Kapal perang ini diperkuat oleh 185 kru dan memegang peranan penting untuk mengatasi perompak yang mengincar kapal dagang yang biasa melintasi wilayah Tanduk Afrika.


"Menggunakan (helikopter) Merlin yang dilengkapi sensor, kami menemukan tersangka perompak dan mengidentifikasi mereka membawa senjata, bahan bakar yang berlebihan. Kapal itu juga berlayar ratusan mil dari darat dan melintasi Samudera Hindia," ujar juru bicara AL Inggris, seperti dikutip Daily Mail, Rabu (16/5/2012).


Ini operasi cemerlang dari HMS Westminster. Sebelumnya kapal perang tersebut berhasil menggerebek perdagangan heroin di laut bulan lalu. Sekira 70 bal kain yang berisi heroin berhasil disita dari operasi tersebut.


Operasi tersebut bisa dikatakan sebagai hari yang buruk bagi para teroris. Sebelumnya pihak intelijen menemukan bukti, hasil dari penjualan heroin itu akan digunakan untuk membiayai operasi kelompok teroris seperti Al Qaeda. 

(faj)

Mendagri Israel: Semua Imigran Afrika Harus Ditahan

Posted: 16 May 2012 05:13 AM PDT

YERUSALEM - Menteri Dalam Negeri Israel Eli Yishai mengatakan, seluruh imigran asalh Afrika selalu terlibat dalam insiden kriminal. Oleh karena itu mereka seharusnya ditahan.

Meski menginginkan penahanan terhadap imigran Afrika, Yishai berniat untuk menyediakan bantuan finansial kepada imigran-imigran yang sepakat untuk pergi dari Israel. Yushai juga menjelaskan, ada perbedaan yang mencolok antara imigran dan pencari suaka.

Belakangan ini, laporan kriminal bermunculan di Israel. Sebelumnya, aktivitas kriminal yang dilakukan oleh para imigran di komunitas pengungsi mulai terkuak. Pada Selasa kemarin, empat orang pencari suaka juga ditahan di Kota Tel Aviv, karena diduga melakukan pemerkosaan terhadap perempuan berusia 19 tahun. Demikian seperti diberitakan Haaretz, Rabu (16/5/2012).

Pada pekan ini, Kementerian Luar Negeri mengumumkan, hukum internasional tidak melarang untuk mendeportasi 700 warga Sudan Selatan yang tinggal di Israel. Meski demikian, Pemerintah Israel harus menyelidiki para pencari suaka dari Sudan Selatan yang pergi ke Israel.

Israel juga harus memastikan, apakah nyawa dari para pencari suaka itu aman bila mereka dideportasi ke negara asalnya. Saran-saran ini sudah diberikan ke beberapa badan pemerintah di Israel.(AUL)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Berita Harian: Dunia

sumber :-

Berita Harian: Dunia


Mogok lapar Palestin berakhir

Posted: 15 May 2012 12:40 PM PDT

Dunia

RAMALLAH: Beribu-ribu penduduk Palestin di Tebing Barat dan Gaza semalam keluar menyambut meriah langkah Israel memberi layanan lebih baik membolehkan tahanan Palestin sekali gus menamatkan mogok lapar mereka selain mengingati 'malapetaka' apabila Israel diasaskan pada 1948 atau 'Nakba'.

Israel kini bersetuju membenarkan anggota keluarga melawat tahanan Palestin dan cuba mengelak menahan penduduk tanpa didakwa. Sebagai tukaran, kumpulan pejuang Palestin memberhentikan serangan.

Nasib tahanan itu adalah satu perkara sensitif kepada penduduk Palestin kerana hampir semua mereka mengenali jiran atau saudara yang pernah dipenjara Israel. Beratus-ratus warga Palestin keluar di dua kota utama itu sambil membawa gambar anggota keluarga yang ditahan Israel.
Beribu-ribu lagi melakukan tunjuk perasaan di bandaraya selatan Hebron yang bertukar menjadi laut merah, putih, hitam dan hijau dengan bendera Palestin dengan mereka meraikan kejayaan menamatkan mogok lapar.

Di Gaza, penduduk Palestin menjerit 'Allahu Akbar' dan 'Alhamdulillah' menggunakan pembesar suara ketika menyambut persetujuan antara tahanan dan pihak berkuasa penjara Israel.

Selain mengibar bendera, mereka juga mengedarkan manisan dan ada yang melakukan sujud syukur.
Perjanjian itu menamarkan salah satu bantahan terbesar tahanan Palestin apabila dua lelaki memulakan mogok lapar pada 28 Februari lalu dan tidak makan selama 77 hari, mogok lapar paling lama.

Selain itu, 1,600 tahanan Palestin lain, lebih sepertiga daripada bilangan tahanan dan menyertai mogok itu pada 17 April lalu yang berlangsung selama 27 hari.

"Tahanan membuktikan kepada dunia bahawa perut kosong adalah lebih kuat daripada mana-mana pemerintah atau penindas," kata jurucakap kerajaan Gaza, Fawzi Barhoum.

Kemeriahan juga dibantu sambutan 'Nakba'. Tarikh 15 Mei adalah detik penduduk Palestin mengingati 'malapetaka' apabila beratus ribu lari atau diusir dari kediaman oleh pengganas Israel.

Siren kuat dibunyikan di seluruh bandaraya Ramallah pada waktu tengahari menandakan ulang tahun di mana penduduk meraikannya dengan senyap selama satu minit menjelang perarakan besar di 'Clock Square.'

Di seluruh bandar itu, kereta mengibarkan bendera hitam membawa gambar satu kunci dan perkataan 'kembali' dalam bahasa Inggeris dan Arab untuk mengingati rumah yang ditinggalkan mereka atau dipaksa ditinggalkan dan kini menjadi sebahagian Israel.– AFP

Komen Anda

Terima kasih diatas penyertaan anda. Berita Harian berhak untuk tidak memaparkan sebarang komen yang menyentuh isu-isu sensitif dan yang berbentuk iklan komersial. Alamat IP anda akan direkodkan dan mungkin digunakan untuk menghalang penghantaran komen seterusnya jika melanggar peraturan yang ditetapkan.

Senarai komen

Sebab aku muslim..

Alhamdulillah.. semoga dgn iktibar ini, semakin ramai yang akan sedar perpaduan sesama islam dan ramai yang akan kenal/masuk islam.

Dyg Herna T

Akhirnya...segalanya telah berakhir atas kebulatan tekad dan sabar yg tinggi..


Siasatan Sukhoi ambil masa setahun

Posted: 15 May 2012 12:38 PM PDT

Dunia

JAKARTA: Jawatankuasa Kebangsaan bagi Keselamatan Pengangkutan Indonesia menjangka siasatan menggunakan perakam penerbangan pesawat buatan Russia, Sukhoi Superjet 100 yang terhempas di Gunung Salak, Jawa Barat, minggu lalu, akan mengambil masa setahun.

Ketua jawatankuasa dikenali dengan singkatan KNKT, Tatang Kurniadi, berkata tempoh itu biasa bagi siasatan perakam penerbangan membabitkan nahas udara.

"Empat bulan adalah yang paling pantas tetapi anda tidak dapat jangka siasatan kali ini siap pada masa sesingkat itu kerana reputasi Indonesia boleh terjejas (jika keputusan penyiasat tidak dapat dipercayai)," katanya. Katanya, pasukan mencari dan menyelamat masih mencari perakam berkenaan yang dipanggil kotak hitam di lereng Gunung Salak.
Kotak hitam itu mengandungi rakaman perbualan antara kru pesawat dengan pegawai menara kawalan trafik yang dijangka boleh menjelaskan punca nahas.
Pegawai Russia sudah meminta kotak hitam dihantar ke negara berkenaan sebaik ditemui tetapi pihak berkuasa Indonesia menolaknya.

"Mereka memberi alasan, kotak hitam itu akan disiasat Indonesia bagi memastikan siasatan terbuka dan dipercayai," kata jurucakap Naib Presiden, Yopie Hidayat.

Pesawat Sukhoi Superjet 100 dikeluarkan oleh Pesawat Sivil Sukhoi, melakukan penerbangan pertunjukan di Jakarta minggu lalu apabila hilang dari skrin radar. Penerbangan itu sebahagian daripada kunjungan ke enam negara Asia bertujuan menunjukkan keupayaannya kepada pembeli berminat.

Serpihan pesawat ditemui di lereng Gunung Salak, sehari selepas nahas. Sekurang-kurangnya 45 maut.

Sehingga petang semalam, pasukan mencari dan menyelamat menghantar 27 beg mayat kepada Hospital Polis Kebangsaan di ramat Jati, Jakarta Timur. – Agensi


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPAS.com - Nasional

sumber :-

KOMPAS.com - Nasional


SBY: Tingkatkan Toleransi Antarumat Beragama

Posted: 16 May 2012 08:47 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai-nilai. universal agama harus menjadi sumber inspirasi pengelolaan kegiatan pembangunan ekonomi, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta beragam kegiatan pembangunan.

Berbagai kegiatan ini pada gilirannya akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, seiring dengan peningkatan kualitas moral dan kehidupan keagamaan di kalangan masyarakat.

Demikian disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada acara Dharmasanti Waisak Nasional 2556/2012 di Jakarta International Expo, Rabu (16/5/2012).

"Mari kita senantiasa suburkan sikap toleransi guna menjamin terpeliharanya kondisi kehidupan berbangsa yang damai dan harmonis. Suatu kondisi kehidupan berbangsa yang akan menjadikan kita mampu memanfaatkan peluang dan kesempatan yang baik, untuk memajukan dan menyejahterakan rakyat kita," kata Presiden.

Turut hadir pada acara para pemuka Waisak Nasional, di antaranya, para pemuka agama Buddha, Ibu Negara Ani Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono, Ibu Herawati Boediono, jajaran anggota Kabinet Indonesia Bersatu II, para duta besar negara sahabat, serta para umat Buddha.

Pada kesempatan itu, Presiden juga mengajak para pemuka agama untuk mengedepankan kearifan, pandangan positif, dan kemuliaan dalam mengajak umatnya menyikapi beragam tantangan pembangunan.

Mereka diminta memberikan pencerahan yang bijak dan mencerdaskan, seraya terus menunjukkan keteladanan di lingkungan masing-masing.

Khusus kepada umat Buddha, Presiden mengajak untuk dapat menjadikan peringatan Waisak sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas penerapan nilai-nilai keteladanan dari Sang Buddha, bagi kemajuan lahir bathin umat Buddha di tanah air.

Kepala Negara mengatakan, siklus kehidupan Sang Buddha semasa hidup patut menjadi contoh sekaligus inspirasi bagi seluruh umat Buddha di Indonesia.

Dalam ajaran Sang Buddha tersirat tekad pantang menyerah untuk meraih kebaikan dan kesempurnaan hidup, keluhuran bathin, olah akal budi dan kecerdasan, dan keluhuran cinta kasih,serta harmonisasi manusia dengan alam semesta.

Semua merupakan contoh yang terus relevan bagi umat Buddha. Dengan memperingati Waisak, Presiden berharap umat Buddha dapat memperbaharui tekad untuk meneladani nilai-nilai agung yang tercermin dalam ajaran, kehidupan, dan perjalanan spiritual Siddharta Gautama.

"Penyempurnaan akhlak, kebersahajaan diri, kesabaran dalam mengekang hawa nafsu, pengembangan cinta kasih yang universal, kebijaksanaan dalam berpikir, serta berkata dan bertindak benar adalah ajaran mulia yang agung bagi jiwa dan laku pribadi, demi mencapai kesempurnaan hidup di tengah-tengah masyarakat luas," kata Presiden.

Pengunggah Foto Palsu Minta Maaf

Posted: 16 May 2012 07:28 AM PDT

Pengunggah Foto Palsu Minta Maaf

Sandro Gatra | Aloysius Gonsaga Angi Ebo | Rabu, 16 Mei 2012 | 21:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tersangka Yogi Samtani (YS), pengunggah foto palsu yang disebut korban kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100, mengaku menyesal telah melakukan tindakan itu. Dia meminta maaf kepada seluruh masyarakat, terutama keluarga korban.

"Saya meminta maaf sebesar-besarnya atas semua yang saya rugikan dan atas perbuatan tidak menyenangkan. Saya meminta sebesar-besarnya kepada masyarakat Indonesia dan keluarga korban," kata Yogi di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (16/5/2012).

Yogi menyampaikan hal itu didampingi Kepala Biro Penerangan Masyarakat Brigjen (Pol) Mochammad Taufik, ibunya yakni Liz Anggraeni, dan pengacaranya M Yahya Rasyid.

Yogi mengaku tak tahu kalau foto yang didapat dari ibunya itu palsu. Menurut dia, tindakannya mengunggah foto itu ke akun Twitter miliknya hanya sebagai bentuk turut belasungkawa, tidak ada niatan negatif.

Yogi bercerita, ia langsung menutup akun Twitternya satu jam setelah diunggah. Saat itu, dia merasa terpojok oleh berbagai komentar negatif dari sejumlah orang. "Saya merasa dipojokkan dengan apa yang telah disampaikan pemberi komentar. Jujur saya merasa takut di situ," ucapnya.

Seperti diberitakan, penyidik Bareskrim Polri menetapkan Yogi sebagai tersangka dengan jeratan Pasal 35 Jo Pasal 51 ayat 1 Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Kepolisian tak menahan mahasiswa itu lantaran menyerahkan diri.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS