Republika Online

sumber :-

Republika Online


Warga Padang dan Bengkulu Rasakan Gempa Mentawai

Posted: 05 Jul 2013 11:05 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU--Sebagian warga Kota Bengkulu, Sabtu (6/7) siang, merasakan getaran sehingga mereka keluar ruangan mengantisipasi hal-hal yang kemungkinan terjadi menyusul gempa bumi dengan kekuatan 6,1 skala Richter di tenggara Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

"Saya langsung ajak adik lari turun ke lantai dasar dan keluar karena ada getaran," kata R. Wanda (12), warga Kota Bengkulu. Ia mengaku sedang bermain internet, ketika tiba-tiba kaca jendela bergetar dan foto berbingkai di dinding pun goyang. "Tanpa mematikan komputer saya dan adik langsung lari," katanya.

Sementara warga lainnya, Sutina mengaku merasakan getaran tersebut. Namun, hal tersebut menurutnya sudah biasa. "Biasa getaran seperti itu. Kalau cuma sekali gak masalah. Namun, harus tetap waspada jika ada getaran selanjutnya," katanya.

Ia pun mengaku tidak tahu lokasi gempa tersebut. Namun, kewaspadaan tetap dilakukan, terutama keselamatan jiwanya dan seluruh anggota keluarga. "Kebetulan anak-anak sedang bermain di halaman dan langsung diteriaki untuk tetap di sana," kata dia.

Anggi warga Kota Padang juga menyatakan getaran gempa sangat kuat sehingga ia langsung keluar rumah. "Saat terjadi gempa, saya berada di lantai dua. Karena getaran gempa sangat kuat, kami langsung berhamburan keluar luar rumah untuk menyelamatkan diri," kata dia.

Menurut dia, merasa khawatir jika terjadi gempa susulan yang sangat kuat, bagaimana pun rasa trauma masih ada ketika terjadi gempa pada 30 September 2009. Ia berharap gempa tidak mengakibatkan bencana besa.

"Rasa takut masih kuat apalagi akibat gempa di Aceh beberapa hari yang lalu banyak bangunan yang rubuh, serta menelan korban jiwa," ungkap Anggi.

Gempa 6,1 SR Guncang Kepulauan Mentawai

Posted: 05 Jul 2013 10:59 PM PDT

Sabtu, 06 Juli 2013, 12:59 WIB

ANTARA/Fiqman Sunandar

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG--Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyatakan telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 6,1 skala Richter di tenggara Kepulauan Mentawai Sumatera Barat, Sabtu (6/7), pukul 12.05 WIB.

Menurut BMKG seperti disampaikan oleh Kepala Stasiun Geofisika Kotabumi Lampung Yuharman, gempa 6,1 SR berada pada daerah dengan koordinat Lintang 3.41 derajat Lintang Selatan (LS) dan Bujur 100.26 derajat Bujur Timur (BT), dengan kedalaman 36 km.

Lokasi gempa berada di selatan Sumatera; 149 km tenggara Kepulauan Mentawai Sumbar; 164 km barat daya Mukomuko Bengkulu; 184 km barat daya Sungai Penuh Jmbi; 230 km barat laut Bengkulu; 787 km barat laut Jakarta.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menegaskan bahwa gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Redaktur : Ajeng Ritzki Pitakasari
Sumber : Antara

Mimpi yang paling benar ialah (yang terjadi) menjelang waktu sahur (sebelum fajar)((HR. Al Hakim dan Tirmidzi))

  Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Republika Online

sumber :-

Republika Online


Warga Padang dan Bengkulu Rasakan Gempa Mentawai

Posted: 05 Jul 2013 11:05 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU--Sebagian warga Kota Bengkulu, Sabtu (6/7) siang, merasakan getaran sehingga mereka keluar ruangan mengantisipasi hal-hal yang kemungkinan terjadi menyusul gempa bumi dengan kekuatan 6,1 skala Richter di tenggara Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

"Saya langsung ajak adik lari turun ke lantai dasar dan keluar karena ada getaran," kata R. Wanda (12), warga Kota Bengkulu. Ia mengaku sedang bermain internet, ketika tiba-tiba kaca jendela bergetar dan foto berbingkai di dinding pun goyang. "Tanpa mematikan komputer saya dan adik langsung lari," katanya.

Sementara warga lainnya, Sutina mengaku merasakan getaran tersebut. Namun, hal tersebut menurutnya sudah biasa. "Biasa getaran seperti itu. Kalau cuma sekali gak masalah. Namun, harus tetap waspada jika ada getaran selanjutnya," katanya.

Ia pun mengaku tidak tahu lokasi gempa tersebut. Namun, kewaspadaan tetap dilakukan, terutama keselamatan jiwanya dan seluruh anggota keluarga. "Kebetulan anak-anak sedang bermain di halaman dan langsung diteriaki untuk tetap di sana," kata dia.

Anggi warga Kota Padang juga menyatakan getaran gempa sangat kuat sehingga ia langsung keluar rumah. "Saat terjadi gempa, saya berada di lantai dua. Karena getaran gempa sangat kuat, kami langsung berhamburan keluar luar rumah untuk menyelamatkan diri," kata dia.

Menurut dia, merasa khawatir jika terjadi gempa susulan yang sangat kuat, bagaimana pun rasa trauma masih ada ketika terjadi gempa pada 30 September 2009. Ia berharap gempa tidak mengakibatkan bencana besa.

"Rasa takut masih kuat apalagi akibat gempa di Aceh beberapa hari yang lalu banyak bangunan yang rubuh, serta menelan korban jiwa," ungkap Anggi.

Gempa 6,1 SR Guncang Kepulauan Mentawai

Posted: 05 Jul 2013 10:59 PM PDT

Sabtu, 06 Juli 2013, 12:59 WIB

ANTARA/Fiqman Sunandar

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG--Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyatakan telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 6,1 skala Richter di tenggara Kepulauan Mentawai Sumatera Barat, Sabtu (6/7), pukul 12.05 WIB.

Menurut BMKG seperti disampaikan oleh Kepala Stasiun Geofisika Kotabumi Lampung Yuharman, gempa 6,1 SR berada pada daerah dengan koordinat Lintang 3.41 derajat Lintang Selatan (LS) dan Bujur 100.26 derajat Bujur Timur (BT), dengan kedalaman 36 km.

Lokasi gempa berada di selatan Sumatera; 149 km tenggara Kepulauan Mentawai Sumbar; 164 km barat daya Mukomuko Bengkulu; 184 km barat daya Sungai Penuh Jmbi; 230 km barat laut Bengkulu; 787 km barat laut Jakarta.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menegaskan bahwa gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Redaktur : Ajeng Ritzki Pitakasari
Sumber : Antara

Mimpi yang paling benar ialah (yang terjadi) menjelang waktu sahur (sebelum fajar)((HR. Al Hakim dan Tirmidzi))

  Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPAS.com - Internasional

sumber :-

KOMPAS.com - Internasional


Venezuela Tawarkan Suaka ke Snowden

Posted: 05 Jul 2013 08:25 PM PDT


CARACAS, KOMPAS.com
- Presiden Venezuela, Nicolás Maduro menawarkan suaka bagi Edward Snowden untuk menghindari tu (penangkapan yang dilakukan oleh Washington, setelah sejumlah negara menolak melindungi buron Pemerintah AS itu.

"Atas nama martabat Amerika, saya memutuskan untuk menawarkan suaka kemanusiaan bagi Edward Snowden," ujar Maduro sebagaimana dikutip Guardian dari televisi nasional negara itu, Sabtu (6/7/2013).

Hingga saat ini, mantan konsultan National Security Agency (NSA) berusia 30 tahun itu diyakini masih berada di area Bandara Sheremetyevo, Moskwa.

Sementara itu, WikiLeaks kemarin mengungkapkan bahwa Snowden telah mengajukan suaka ke pada enam negara, dari sekitar 20 negara yang dipilih untuk melindunginya.

Maduro menyatakan Venezuela telah siap memberikan perlindungan kepada Snowden. "Dia (Snowden) telah mengungkapkan kebenaran dengan membongkar kegiatan mata-mata yang dilakukan AS ke seluruh dunia," ujar Maduro.

"Untuk itu, siapa yang bersalah? Pemuda itu, ataukah Pemerintah AS yang telah meluncurkan bom dan mempersenjatai oposisi Suriah? Siapakah teroris yang sebenarnya?" ujar Maduro berapi-api.

Rusia secara resmi telah menyatakan tak akan menawarkan suaka bagi Snowden, dan meminta pembocor rahasia itu untuk mencari suaka ke negara lain. Moskwa menyatakan, melindungi Snowden sama halnya akan memunculkan risiko diplomatik  dengan Washington.

Sementara itu, Nikaragua juga mengumumkan bahwa pihaknya telah menerima permintaan suaka Snowden. Presiden Nikaragua, Daniel Ortega menyatakan pihaknya bisa menerima permintaan itu jika kondisi memungkinkan.

"Kami adalah negara yang terbuka, dan sangat menghormati hak seseorang memperoleh perlindungan. Jika kondisi memungkinkan, kami dengan senang hati menerima Snowden dan memberikan perlindungan kepadanya," ujar Ortega.

Ortega bersama dengan Presiden Maduro, merupakan satu aliansi yang selama ini cukup vokal terhadap berbagai kebijakan Washington.

Nikaragua adalah negara miskin di Amerika Latin, dan selama ini banyak mendapatkan dukungan finansial dari Venezuela.

Editor : Bambang Priyo Jatmiko

Kakek 92 Tahun Nikahi Gadis 22 Tahun

Posted: 05 Jul 2013 07:55 PM PDT


SAMARRA, KOMPAS.com — Selisih umur 70 tahun bukan rintangan bagi Musali Mohammed al-Mujamaie untuk menikahi Muna Mukhlif al-Juburi pada Kamis (4/7/2013) petang lalu. Bahkan pesta pernikahan sang kakek ini berlangsung bersamaan dengan pernikahan dua cucunya.

Kantor berita AFP, Jumat (5/7/2013), melaporkan, pernikahan Mujamaie yang berusia 92 tahun dengan Juburi yang berusia 22 tahun ini berlangsung di sebuah desa di utara ibu kota Irak, Baghdad.

Mujamaie yang seorang petani ini menikah lagi dengan Juburi tiga tahun setelah kematian istri pertamanya yang berusia 58 tahun. Bersama istri pertamanya ini, Mujamaie memiliki 16 anak yang tinggal bersama dalam rumahnya di Kampung Gubhan, yang terletak sedikit di selatan kota Samarra, Irak tengah.

Mujamaie dalam komentarnya, Jumat (5/7/2013), mengaku sangat bahagia dengan pernikahannya, apalagi berlangsung bersamaan dengan pernikahan dua cucunya yang masih remaja.

"Saya sangat bahagia bisa menikah bersama cucu saya," ujar Mujamaie kepada AFP seusai pesta pernikahannya. "Saya seperti kembali berusia 20 tahun."

Dikatakan, pernikahan bersamaan dengan dua cucunya yang berusia 16 tahun dan 17 tahun memang sudah dirancang. Begitu dia akan menikah dengan Juburi, pernikahan dua cucunya ini juga ditangguhkan untuk bisa berlangsung bersamaan. Jadi, ada tiga pernikahan pada hari yang sama.

Upacara dan pesta pernikahan ini berlangsung empat jam, dihibur dengan musik dan tarian serta selebrasi tembakan. Upacara pernikahan ini dihadiri kepala suku setempat dan pemuka agama. Semoga bahagia Mujamaie.

Editor : Kistyarini

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPASentertainment

sumber :-

KOMPASentertainment


Sania: Masih Belum Nemu Enaknya di Mana...

Posted: 05 Jul 2013 09:20 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi R&B, Sania, kini tampaknya mulai merambah dunia akting. Ia menunjukkan kualitas aktingnya dengan bermain dalam film Tak Sempurna.

Ia pun merasa puas serta gugup dengan apa yang sudah ditunjukannya kali ini. "Rasanya (main film) seperti mau show aja tapi puas banget," katanya, saat ditemui di press screening Tak Sempurna, di Planet Hollywood, Setiabudi, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Namun jika disuruh memilih, dirinya tetap lebih memilih dunia tarik suara, dunia yang membesarkan namanya hingga seperti sekarang ini. "Kalau disuruh milih sih mendingan nyanyi. Mungkin dua-duanya enak tapi aku belum menemukan enaknya itu di mana," kata pemilik album Santai itu.

Saat disinggung mengenai bayaran, Sania mengaku tidak besar mendapatkan honornya. Namun wanita kelahiran 29 Desember 1975 itu tetap merasa senang karena bisa mewujudkan mimpinya selama ini.

"Bayarannya enggak gede banget karena memang proyek teman. Tapi senang kok karena bisa merealisasikan mimpinya," ujar pemilik nama asli Siti Tuti Susilawati Sutisna itu.

Di film Tak Sempurna, Sania bermain sebagai Yamin, seorang wanita yang ternyata suaminya selingkuh dengan perempuan lain.

Berbagi Tips Bugar Saat Berpuasa Ala Sherina

Posted: 05 Jul 2013 09:10 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi Sherina Munaf berbagi tips agar saat bulan Ramadhan stamina tetap terjaga walaupun sedang berpuasa.

Meski tidak boleh makan dan minum setelah memasuki waktu Imsyak hingga matahari terbenam, Sherina menyarankan untuk tidak berdiam diri.

"Tetap bergerak, olahraga," katanya saat jumpa media dalam rangka peluncuran album barunya, "Tuna", di Jakarta, Jumat (5/7), seperti dikutip Antara.

Ia pun menyarankan banyak-banyak mengonsumsi air putih saat makan sahur agar tubuh tidak kekurangan cairan.

Ketika ditanya bagaimana caranya menahan godaan, terutama ketika melihat makanan, ia pun menjawab diplomatis.

"Ya, nggak usah mikirin orang lain yang sedang makan, kembali lagi ke niat berpuasa untuk apa," tutup pelantun "Sebelum Selamanya" ini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Mancanegara

sumber :-

ANTARA - Mancanegara


Mesir tangkap Wakil Ketua Ikhwanul Muslimin

Posted: 05 Jul 2013 07:05 PM PDT

Kairo (ANTARA News)  - Wakil Ketua Ikhwanul Muslimin Khayrat Ash-Shater pada Jumat (5/7) ditangkap di Ibu Kota Mesir, Kairo, dengan tuduhan menghasut kerusuhan terhadap oposisi, kata Kantor Berita Timur Tengah (MENA).

Masih pada Jumat, polisi menangkap pengacara resmi Abdel Moneim Abdel-Maqsood dari Ikhwanul Muslimin --pendukung presiden terguling Mohamed Moursi-- dan mantan calon presiden dari kubu Salafi Hazem Salah Abu Ismail.

Sebelumnya beberapa laporan mengatakan pembimbing umum Ikhwanul Muslimin, Mohammed Badie, telah ditangkap. Namun saat pria tersebut menyampaikan pidato kepada sejumlah pendukung Moursi di Bundara Rabiah Al-Adawiyah pada Jumat malam (5/7), ia membantah berita itu dan menyebutnya "palsu".

Sejumlah anggota Ikhwanul Muslimin dan pemimpin dari kubu Islam telah ditangkap sejak Moursi digulingkan oleh militer pada Rabu (4/7) dan dua stasiun televisi yang berafiliasi pada kelompok itu juga ditutup, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Sabtu pagi.

Beberapa sumber keamanan mengatakan semua tindakan tersebut dimaksudkan untuk mencegah para pemimpin Islam mendesak pendukung mereka agar melakukan aksi kerusuhan guna melawan pasukan keamanan atau perayaan terbuka atas penggulingan Moursi.

(C0030)

Venezuela tawarkan "suaka kemanusiaan" kepada Snowden

Posted: 05 Jul 2013 06:44 PM PDT

Caracas (ANTARA News) - Presiden Venezuela Nicolas Maduro Jumat menawarkan untuk memberikan "suaka kemanusiaan" kepada pembocor intelijen Amerika Serikat Edward Snowden, yang saat ini diduga sedang berada di bandara Moskow karena sedang menunggu negara yang memberinya perlindungan.

"Sebagai kepala negara republik Boliviarian Venezuela, saya telah memutuskan untuk menawarkan suaka kemanusiaan kepada pemuda Snowden ... untuk melindungi pemuda ini dari penganiayaan yang diluncurkan oleh kerajaan yang paling kuat di dunia," kata Maduro pada acara hari kemerdekaan.

Beberapa saat sebelumnya di Nikaragua, Presiden Daniel Ortega mengatakan pemerintahnya bersedia memberikan suaka kepada buronan AS itu, dan menawarkan secercah harapan bagi Snowden, yang terlantar di bandara internasional Moskow sejak 23 Juni.

Snowden telah mengajukan permohonan suaka di 27 negara ketika ia mencoba untuk menghindari Peradilan Amerika karena mengungkapkan program pengawasan elektronik AS yang luas. Tetapi tawaran itu telah ditolak oleh beberapa negara Eropa serta Brazil dan India.

Namun pernyataan yang lebih simpatik diberikan oleh pemerintahan kiri di Amerika Latin terhadap mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional kontraktor berusia 30 tahun itu.

Penerjemah: Askan Krisna

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Republika Online

sumber :-

Republika Online


Ini Akibat Malas Sikat Gigi

Posted: 05 Jul 2013 08:46 PM PDT

Sabtu, 06 Juli 2013, 10:46 WIB

mirror.co.uk

REPUBLIKA.CO.ID, Bila tidak rajin berkumur dan menyikat gigi, maka kuman dan bakteri di sekitar gigi dan mulut akan lebih mudah tumbuh, bau mulut (halitosis) dan jamur atau sariawan pada rongga mulut juga akan lebih mudah terjadi.

Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Drg Zaura Anggraini mengemukakan bahwa kondisi ini dapat dicegah dengan merawat dan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari yaitu saat pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Pada malam hari, aktivitas mulut berkurang dan secara otomatis air liur juga berkurang. Hal ini mengakibatkan jumlah bakteri di dalam mulut meningkat dua kali lipat.

Sisa makanan lalu akan difermentasi oleh bakteri menjadi asam. Nah, asam inilah yang berbahaya karena melarutkan mineral gigi sehingga mengakibatkan karies serta masalah mulut dan gigi lainnya, kata dia.

Oleh sebab itu sebelum masa kehamilan, kaum perempuan juga sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan gigi secara berkala atau setiap enam bulan sekali ke dokter gigi. "Sayangnya, menurut Riset Kesehatan Dasar 2007, hanya 13,3 persen masyarakat Indonesia yang rutin memeriksakan gigi setiap enam bulan sekali ke dokter gigi. Ini sangat memprihatinkan," keluh Zaura.

Zaura mengemukakan bahwa masyarakat seharusnya sadar akan pentingnya merawat dan menjaga kesehatan gigi, karena menurut dia gigi merupakan salah satu organ penting yang dapat memengaruhi kesehatan.

Redaktur : Endah Hapsari
Sumber : Antara

Mimpi baik adalah dari Allah, sedangkan mimpi buruk adalah dari setan. Maka seandainya kalian mimpi buruk, meludahlah ke arah kiri dan berlindunglah kepada Allah, karena dengan demikian (mimpi buruk) itu tidak akan memerangkapnya(HR Bukhari)

  Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Masak Apa Hari Ini?

Posted: 05 Jul 2013 08:38 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Menyusun menu masakan bukan hal mudah untuk sebagian orang. Ini membuat mereka bingung ketika akan be lanja bahan kebutuhan dapur. Adakah trik sederhana guna menyiasatinya? Dr Ir Mahdiyah MKes, mengatakan pengaturan menu ada pakemnya. Namun, itu tidak sukar untuk dimengerti. ''Dalam tiap menu yang disajikan harus seimbang gizi yakni mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral,'' jelas ahli kuliner dari Fakultas Teknik, Jurusan Tata Boga, Universitas Negeri Jakarta ini.

Ini berarti Anda harus menyediakan aneka jenis penganan. Sebab, masing-masing memiliki unsur nutrisi yang berbeda. ''Jangan monoton, misalkan, setiap hari harus daging terus,'' Mahdiyah mengingatkan. Selanjutnya, Anda bebas berkreasi. Sesuai kan saja teknik pengolahan bahan makanannya dengan selera keluarga.

''Beri perhatian khusus untuk makanan anak,'' saran Mahdiyah. Makanan untuk anak, lanjut Mahdiyah, harus kaya karbohidrat. Sedangkan, orang dewasa dengan aktivitas fisik yang minim seperti pekerja kantoran sebaiknya mengonsumsi karbohidrat dengan porsi yang lebih sedikit. ''Perbanyak protein dan sayuran saja.''

Anita Maerani mengatakan memasak bukanlah hal yang sulit. Teknik memasak untuk makanan sehari-hari juga cuma dua. Kalau tidak digoreng, ya, direbus, ujarnya ringan. Sementara itu, bumbu dasarnya juga tidak pula rumit. Masakan yang sederhana nan lezat bisa disiapkan hanya dengan menumis sam pai harum bawang merah, bawang putih, atau terkadang dengan ba wang bombay.

Kita dapat menggunakannya untuk menumis atau menyiapkan bumbu untuk makanan yang berkuah, tutur chef acara kuliner di salah satu TV swasta, Dapur Aisyah, ini. Saat berbelanja, pastikan Anda mengutamakan pemenuhan kebutuhan selera keluarga. Lalu, cobalah untuk memikirkan bentuk olahannya.

''Kalaupun belum bisa memasaknya, kan, kita bisa mencoba masak sambil mengintip resep dari berbagai sumber,'' Anita membesarkan hati mereka yang masih pemula dalam urusan dapur. Selain itu, pertimbangan lainnya tentu isi dompet. Agar tidak gampang tekor, sebaiknya Anda tidak memasak lebih dari satu lauk utama setiap harinya.

''Kalau sudah ada daging, tak perlu mengolah ayam atau ikan lagi,'' Anita menganjurkan. Belanja sebaiknya dilakukan setiap hari paling tidak tiga hari sekali untuk mendapatkan bahan pangan yang segar. Misalnya, untuk membeli daging, ikan, dan ayam. ''Sedangkan, untuk sayur, Anda bisa menyimpannya di lemari pendingin, di plastik dalam keadaan belum terpotong-potong,'' kata Anita.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Utusan Online - Luar Negara

sumber :-

Utusan Online - Luar Negara


Pakistan haram filem kisah cinta pasangan Hindu-Islam

Posted: 05 Jul 2013 09:20 AM PDT

ISLAMABAD 6 Julai - Kerajaan Pakistan mengharamkan penayangan sebuah filem India yang mengisahkan percintaan pasangan Muslim-Hindu yang dibimbangi akan menyinggung perasaan penonton di negara ini.

Filem Raanjhanaa mula ditayangkan pada bulan lalu, namun Lembaga Penapisan Filem Pakistan enggan meluluskan tayangan filem berkenaan di pawagam negara ini.

"Cerita dalam filem terbabit mungkin akan menyinggung majoriti penduduk Islam di Pakistan dan boleh mencetuskan kekecohan," kata pengarah lembaga berkenaan, Arshad Ali semalam.

Menurut laporan media, filem itu mengisahkan percintaan antara seorang lelaki beragama Hindu dengan seorang wanita beragama Islam. - AFP

Semua pihak dirayu berdamai

Posted: 05 Jul 2013 11:04 AM PDT

SEORANG penyokong Mohammed Mursi menunjukkan sokongannya kepada bekas Presiden Mesir itu di hadapan anggota tentera yang berkawal di Universiti Kaherah, Giza, kelmarin. - REUTERS

KAHERAH 5 Julai - Tentera Mesir, hari ini merayu kepada semua pihak supaya berdamai dan memberi amaran akan bertindak terhadap sebarang serangan balas, selepas Presiden Mohammed Mursi digulingkan tentera, kelmarin.

Polis Mesir dalam pada itu melancarkan operasi menahan pemimpin-pemimpin kanan Ikhwan Muslimin menjelang perhimpunan yang dijadual diadakan hari ini oleh penyokong Mursi.

Tentera dalam satu kenyataan yang disiarkan dalam laman Facebook turut menyatakan, ramai yang cedera dalam pertempuran antara penyokong Mursi dan kumpulan penentang di Delta Nil menjelang perhimpunan, hari ini.

Pertempuran di Sharqiya itu berlaku beberapa jam selepas Hakim Mahkamah Perlembagaan Agung Mesir, Adly Mansour, 67, mengangkat sumpah jawatan sebagai Presiden sementara negara ini sehinggalah pilihan raya baharu diadakan.

Dalam satu insiden serangan balas pula, seorang tentera Mesir terbunuh selepas kumpulan bersenjata menyerang pos tentera dan polis di Sinai awal hari ini dengan senjata berat dan roket.

Dalam pada itu, agensi berita MENA melaporkan, helikopter tentera dihantar untuk memburu kumpulan bersenjata itu yang turut menyerang sebuah lapangan terbang di utara Sinai.

Beberapa kumpulan bersenjata di semenanjung Sinai mengeluarkan ancaman serangan balas selepas tentera menggulingkan Mursi.

Tentera dalam pada itu berkata, mereka menyokong hak mengadakan demonstrasi secara aman, tetapi memberi amaran bahawa keganasan dan tindakan melanggar undang-undang seperti menyekat jalan raya akan 'merosakkan keamanan sosial'.

Menurut kenyataan tentera, tindakan luar biasa dan autokratik ke atas kumpulan politik perlu dielak, meskipun pasukan keselamatan sedang melakukan operasi penahanan pegawai-pegawai kanan Ikhwan Muslimin.

Polis menahan pemimpin agung Ikhwan Muslimin, Mohammed Badie kerana dituduh 'menghasut pembunuhan penunjuk perasaan'.

Pergerakan Ikhwan Muslimin dijadual mengadakan perhimpunan aman, hari ini bagi menentang tindakan tentera merampas kuasa.

Sementara itu, tentera Mesir hari ini mengisytiharkan darurat di wilayah Sinai Selatan dan Suez selepas kumpulan bersenjata menyerang sebuah lapangan terbang di bandar El-Arish, lapor akhbar milik kerajaan, al-Ahram.

Laporan itu memetik kenyataan Komander Third Field Army, Osama Asakar sebagai berkata, 'keadaan bersedia' di kedua-dua wilayah itu meningkat ke tahap tertinggi ekoran serangan tersebut.

Kesatuan Afrika (AU) dalam pada itu mengumumkan mengantung Mesir daripada semua aktiviti dengan pertubuhan itu selepas rampasan kuasa tersebut.

"AU dan majlis Keselamatan memutuskan untuk menggantung kenaggotaan Mesir dalam aktiviti AU sehinggalah Perlembagaan di negara itu dikuatkuasakan," kata Setiausaha Majlis Keamanan dan Keselamatan AU, Admore Kambudzi. - AFP

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Berita Terkini

sumber :-

ANTARA - Berita Terkini


Venezuela tawarkan "suaka kemanusiaan" kepada Snowden

Posted: 05 Jul 2013 06:44 PM PDT

Caracas (ANTARA News) - Presiden Venezuela Nicolas Maduro Jumat menawarkan untuk memberikan "suaka kemanusiaan" kepada pembocor intelijen Amerika Serikat Edward Snowden, yang saat ini diduga sedang berada di bandara Moskow karena sedang menunggu negara yang memberinya perlindungan.

"Sebagai kepala negara republik Boliviarian Venezuela, saya telah memutuskan untuk menawarkan suaka kemanusiaan kepada pemuda Snowden ... untuk melindungi pemuda ini dari penganiayaan yang diluncurkan oleh kerajaan yang paling kuat di dunia," kata Maduro pada acara hari kemerdekaan.

Beberapa saat sebelumnya di Nikaragua, Presiden Daniel Ortega mengatakan pemerintahnya bersedia memberikan suaka kepada buronan AS itu, dan menawarkan secercah harapan bagi Snowden, yang terlantar di bandara internasional Moskow sejak 23 Juni.

Snowden telah mengajukan permohonan suaka di 27 negara ketika ia mencoba untuk menghindari Peradilan Amerika karena mengungkapkan program pengawasan elektronik AS yang luas. Tetapi tawaran itu telah ditolak oleh beberapa negara Eropa serta Brazil dan India.

Namun pernyataan yang lebih simpatik diberikan oleh pemerintahan kiri di Amerika Latin terhadap mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional kontraktor berusia 30 tahun itu.

Penerjemah: Askan Krisna

Senin, masyarakat Gunung Kidul adakan "Padusan"

Posted: 05 Jul 2013 06:37 PM PDT

Kamis, 1 Januari 1970 07:00 WIB | 881749 Views

COPYRIGHT © 1970

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

Nama  
Email  
Komentar
  Security Code Masukkan karakter yang terdapat pada gambar
       
   

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPAS.com - Nasional

sumber :-

KOMPAS.com - Nasional


Mengapa Megawati Pilih Sidarto Gantikan Taufiq Kiemas?

Posted: 04 Jul 2013 01:07 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — PDI Perjuangan akhirnya menunjuk Sidarto Danusubroto untuk menggantikan posisi almarhum Taufiq Kiemas sebagai Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR). Apa alasan alasan partai berlambang banteng ini menunjuk politisi senior yang kerap dipanggil "opa" oleh para pengurus PDI Perjuangan itu?

Putri semata wayang Taufiq Kiemas yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR, Puan Maharani, mengatakan, sosok Sidarto adalah figur senior di partai sehingga menjadi salah satu pertimbangan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memilih mantan ajudan Bung Karno tersebut.

"Di antara kandidat-kandidat lain, memang Pak Sidarto yang paling tua jika dilihat senioritas. Dengan kesenioran itu, kami beranggapan Pak Sidarto sudah sangat paham akan ideologi dari PDI-P dan beliau adalah orang yang kami anggap bisa lebih membawakan dirinya secara baik dan benar dalam rangka meneruskan cita-cita Ketua MPR yang lama," ucap Puan seusai acara pembekalan caleg PDI Perjuangan di Senayan, Jakarta, Kamis (4/7/2013).

Sebelum nama Sidarto diputuskan, terdapat sejumlah kandidat lain yang namanya mencuat. Nama Puan pun sempat menjadi di antaranya. Selain itu, ada Sekretaris Jenderal Tjahjo Kumolo, Wakil Ketua DPR Pramono Anung, dan Ketua Fraksi PDI Perjuangan di MPR Yasonna H Laoly.

Sidarto lahir di Pandeglang, Banten, pada 11 Juni 1936, atau kini berusia 77 tahun. Usianya bahkan melebihi almarhum Taufiq yang meninggal pada usia 70 tahun. Menyikapi penunjukannya sebagai Ketua MPR, Sidarto mengatakan itu adalah amanah yang harus dijalankan. Dia juga punya versi sendiri soal alasan Megawati memilihnya menggantikan Taufiq.

"Awalnya ada nama Puan, Sekjen, dan Pramono. Puan sibuk dengan urusan partai dan fraksi, demikian juga dengan Sekjen. Sementara Pramono masih sibuk juga urus sebagai Wakil Ketua DPR. Akhirnya, saya yang dipilih," ujar Sidarto.

Sebagai politisi senior, Sidarto mengaku sudah mengenal lama empat pimpinan MPR lainnya, yakni Hajriyanto Y Thohari, Melanie Leimena Suharli, Lukman Hakim Syaifuddin, dan Farhan Hamid. Dia berkeyakinan tak butuh waktu banyak untuk beradaptasi menyatukan visi dan misi memimpin MPR. "Karena saya sudah tua, makanya kalau di DPR saya dipanggil 'papi', tapi kalau di DPP partai, saya dipanggil 'opa'," imbuh anggota Komisi I DPR ini.

Sidarto berjanji berusaha menggantikan Taufiq Kiemas sebaik mungkin. Sikap Taufiq yang dikenal ramah terhadap semua kalangan dan dianggap sebagai sosok pemersatu golongan tua dan muda, diakui Sidarto, juga akan menjadi inspirasinya dalam memimpin MPR.

Latar belakang Sidarto adalah dunia kepolisian. Sejumlah jabatan bergengsi pernah diembannya. Beberapa di antaranya adalah menjadi ajudan Presiden Soekarno (1967-1968), Kadispen Polri (1975-1976), dan Kapolda Jawa Barat (1988-1991). Selain itu, Sidarto juga sempat menjadi Kepala Interpol (1976-1982), dan sudah tiga periode ini menjadi anggota DPR mulai 1999.

Editor : Palupi Annisa Auliani

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

detikcom

sumber :-

detikcom


Dua Wanita Terluka Akibat Rebutan Tas dengan Pejambret di BKT

Posted: 05 Jul 2013 12:22 PM PDT

Jakarta - Dua wanita mengalami luka-luka akibat dijambret oleh pelaku tidak dikenal, di jalur BKT, Pondok Kopi, Jakarta Timur, Sekitar pukul 01.00 Wib. Pelaku berhasil menggasak tas milik wanita tersebut.

Saksi mata Denny yang juga warga sekitar mengatakan, kejadian bermula ketika korban sedang berjalan di jalur BKT sambil berboncengan dengan temannya. Tiba-tiba wanita tersebut dipepet oleh dua orang pengendara motor.

"Terus tas wanita yang diboncenginnya ditarik sama pelaku, dan mereka tarik-tarikkan," kata Denny saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (6/7/2013) dini hari.

Akibat tarik-tarikan tersebut motor yang dikendarai korban tidak seimbang. "Korban jatuh, pelakunya berhasil bawa tas milik korban," jelasnya.

Denny menjelaskan, kedua wanita itu mengalami luka di bagian kaki dan kepala. Warga dan pengendara yang melintas langsung menolong korban dan membawanya ke RS Islam Pondok Kopi. Sementara petugas kepolisian belum terlihat di lokasi.

"Mereka luka di bagian kaki kanan berdarah dan bagian jidat. Belum ada polisi di sini," tutup Denny.

Gara-gara Rebutan Lahan Parkir, Kakak Bunuh Adik Iparnya. Selengkapnya di "Reportase Pagi", Pukul 04.28 - 05.21, hanya di TRANS TV

(rvk/rvk)

Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com

KPK Kaji Masukkan Kongres PD Dalam Kasus Suap terkait Anas

Posted: 05 Jul 2013 11:33 AM PDT

Jakarta - KPK nampaknya sangat serius mendalami dugaan mengalirnya uang terkait wisma atlet Hambalang untuk pemenangan Anas Urbaningrum di kongres Demokrat 2010. Penyidik terus melakukan pengkajian dan memlakukan validasi informasi kepada beberapa saksi.

"Sekarang kita cari kemungkinan yang bisa jadi dasar, berdasarkan pasal yang disangkakan. Kita juga kejar informasi dari saksi," ujar wakil ketua KPK, Bambang Widjojanto di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (5/7/2013).

Bambang menjelaskan saat ini penyidik sedang mengembangkan kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji terkait Hambalang. Berbagai info yang didapatkan diklarifikasi kepada saksi-saksi tekait Anas Urbaningrum. Penyidikanpun berkembang ke dugaan penerimaan aliran uang ke mantan ketua umum partai Demokrat itu yang berasal dari beberapa proyek lain terkait Hambalang.

"Itu yang sedang diklarifikasi penyidik. Pokoknya yang terkait proyek lain, itu sedang diklarifikasi," tambah Bambang.

Sementara itu ketua KPK, Abraham Samad enggan menjawab saat ditanya keterangan apa saja yang didapat dari beberapa karyawan hotel yang diperiksa. Dia berlatih hal itu sudah masuk ke ranah materi penyidikan.

"Kayaknya pertanyaannya sudah masuk dalam materi penyidikan. Kalau saya jawab nanti saya diperiksa di komite etik, jadi saya batasi dulu," kata Abraham.

Penelusuran dugaan aliran uang untuk pemenangan Anas di kongres ini masih terus digencarkan. Penyidik KPK telah memeriksa beberapa karyawan hotel yaang diduga pernah dijadikan tempat pertemuan para kader Partai Demokrat untuk konsolidasi pemenangan Anas. Saan Mustopa, tim sukses Anas Urbaningrum dalam kongres di Bandung mengaku dicecar penyidik tentang proses pemenangan Anas.

Gara-gara Rebutan Lahan Parkir, Kakak Bunuh Adik Iparnya. Selengkapnya di "Reportase Pagi", Pukul 04.28 - 05.21, hanya di TRANS TV

(rvk/rvk)

Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi lifestyle.okezone.com

sumber :-

Sindikasi lifestyle.okezone.com


Dian Pelangi Siapkan Kejutan di Show Tunggal

Posted: 05 Jul 2013 06:16 AM PDT

KARYA Dian Pelangi terkenal dengan material lokal yang digunakannya. Selain itu, desain yang tak terprediksi serta sisi colorful menjadi ciri khas rancangannya. Hal itu pun menjadi suguhan yang dipamerkan Dian dalam show tunggalnya.

Untuk pertama kalinya, Dian Pelangi menggelar show tunggal tepat di usia label busana muslimnya yang menginjak 22 tahun. Dalam ajang tersebut, Dian pun akan memamerkan 100 busana bernuansa Indonesia.

"Memang menjadi ciri desain saya khas tradisional dan tidak jauh-jauh mencari inspirasinya. Jadi, ya di Indonesia juga. Dan memang untuk show tunggal ini semuanya nuansa Indonesia," ungkap Dian kepada Okezone melalui sambungan telefon, baru-baru ini.

Dituturkan Dian, pergelaran kali ini merupakan wahana untuk rebranding kepada customer bahwa label Dian Pelangi telah ada sejak 22 tahun lalu dan saat ini menaungi tujuh brand, yakni Dian Pelangi (ekslusif), Gallery Dian Pelangi, Dian Pelangi Bride, DP by Dian (casual young), DMan (casual man), DP Hajja (haji & umrah), hingga Dinda Pelangi (busana anak).

"Di sini saya juga ingin rebranding kepada customer yang datang bahwa Dian Pelangi Indonesia banget loh. Semuanya kita tenun sendiri, yang buat juga orang-orang Indonesia, hasil anak Indonesia, jadi benar-benar Indonesia," jelasnya.

Dian berujar tentu banyak brand lain juga seperti labelnya, namun Dian ingin menunjukkan kebanggaannya atas hasil karya anak negeri yang tergambar pada rancangannya.

"Mungkin banyak dari brand lain yang seperti itu, tapi dengan bangga ingin bilang bahwa kita semuanya hasil karya sendiri, dari bahannya dan semuanya. Maka di akhir show nanti, saya ingin membangkitkan rasa nasionalisme para tamu yang datang. Jadi tak hanya nontong dan datang, tapi ada kejutan untuk membangkitkan. Walaupun desain busana muslim, tapi saya tidak lupa sama kota asal. Makanya tunggu kejutannya nanti," tutup Dian. (ind)

Fashion Asia Turut Ramaikan Pasaraya Kemilau Raya 2013

Posted: 05 Jul 2013 05:43 AM PDT

SELAMA sebulan penuh Pasaraya Kemilau Raya 2013 akan meramaikan perhelatan Ramadan yang dihelat di Pararaya Blok M dengan menghadirkan fashion Kemilau Raya in Ramadhan, serta Indonesian & Internasional Fashion Market.

Dalam ajang tersebut, selain menampilkan koleksi ekslusif dari Hengki Kawilarang dan koleksi home brand, seperti d'Designer, Batik Nagara, Kabaya-kabaya, Raja Batik, Kendedes, Bambinino, Groove9, Hamlet, Al Madina, Kemilau Pasaraya juga menampilkan Internasional Fashion Market.

President Director Pasaraya, Medina Latief menyampaikan, pada perhelatan Pasaraya Kemilau tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Hal ini karena mereka juga menampilkan Internasional Fashion.

"Tahun ini agak berbeda, saya tidak hanya menjual barang lokal, tetapi juga ada dari Korea, Hongkong, Thailand, serta lainnya, tetapi kebanyakan dari Asia," ujar Medina Latief dalam press conference PASARAYA Kemilau Raya 2013, di Pasaraya Blok-M, Jakarta, Jumat (5/7/2013).

Salah satu selebriti Tanah Air, Shandy Syarif yang turut hadir mengatakan, Pasaraya selalu menghadirkan konsep yang baik dan berharap terus berkembang ke depannya.

"Saya lihat konsepnya baik, segmennya cukup jelas dan cukup lengkap dari anak-anak hingga dewasa. Saya support dan semoga Kemilau Raya bisa terus berkembang lagi," tutup Shandy Syarif. (ind)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Hiburan

sumber :-

ANTARA - Hiburan


Sahabat Uje, rilis album "Tribute to Uje"

Posted: 05 Jul 2013 06:58 AM PDT

Cccc Jakarta (ANTARA News) - Sahabat-sahabat mendiang Ustad kondang, Jeffry Al Buchori merilis album Khazanah Shalawat dan Lagu yang juga sebagai tribut untuk pria yang akrab disapa Uje ini.

Menurut GM Forte Record, Juliane Andanti, album yang berisi 10 lagu tersebut merupakan paduan antara lagu milik Uje dan lagu hasil kolaborasi dari sahabat-sahabat Uje seperti Melly Goeslaw, Raffi Ahmad, Yana Yulio, Ita Purnamasari, AIJ, dan Nuri Maulida.

"Kami rangkum lagu-lagu Uje dalam satu album dan menjadikannya sebagai tribut untuk Uje," kata Danti di Jakarta, Jumat.

Dia menyebutkan bahwa Uje sudah bekerjasama dengan pihaknya sejak tahun 2005 dan sudah mengeluarkan tiga album. Dia menyebutkan bahwa lagu-lagu yang ada dalam album tersebut merupakan lagu-lagu milik Uje.

"Sembilan merupakan lagu Uje dan satu lagu yang berjudul Allah Maha dinyanyikan oleh para sahabat Uje," katanya.

Tidak hanya mengeluarkan album berupa Compact Disc (CD), pihaknya juga bekerjasama dengan Music Factory, Aquarius, Swara Sangkar Emas, dan KFC untuk mengeluarkan Video Compact Disc (VCD) yang berisi sebelas video klip dari lagu-lagu milik Uje seperti lagu Ampunilah Kami, Ramadhan, dan Rosulullah.

Sementara itu, ibunda Uje, Umi Tatu Mulyana mengaku terkejut dengan peluncuran album ini. Karena meski anaknya sudah meninggal dunia, namun karyanya masih banyak dinanti.

"Saya sangat bersyukur. Saya enggak menyangka, meski beliau sudah wafat masih tetap dinanti karyanya," kata Umi Tatu yang menyebutkan bahwa sebagian dari hasil penjualan CD dan VCD tersebut akan diserahkan kepada kaum dhuafa dan yatim piatu.

"Dan jangan lupa pesantrennya juga," kata Umi. 

Sherina dan Vidi Aldiano spontan buat lagu sebelum rekaman

Posted: 05 Jul 2013 06:45 AM PDT

Jakarta (ANTARA News) - Salah satu hal yang paling diingat Sherina Munaf saat rekaman bersama temannya yang juga penyanyi, Vidi Aldiano, adalah spontanitas mereka.

Sherina dan Vidi sebenarnya sudah cukup lama menggarap lagu "Apakah Ku Jatuh Cinta", yang ada dalam album terbaru Sherina, "Tuna". Sherina, dengan segala kegiatannya, kerap diingatkan Vidi melalui pesan singkat untuk menyelesaikan proyek mereka.

"Vidi sangat disiplin. Kerja sama dia, jadi ingat deadline itu dan harus ditepati," kata Sherina saat meluncurkan album barunya dibilangan Senayan, Jakarta, Jumat.

Pada akhirnya mereka mendekati waktu rekaman, lirik lagu itu masih ada yang belum terisi.

"Lirik dan notasi belum selesai. Jadi, on the spot," kata Vidi setelah membawakan lagu duet mereka dalam kesempatan yang sama.

Selain dengan Vidi Aldiano, Sherina juga berduet dengan Afgan dalam album ketiganya ini. Dengan Afgan, ia menyanyikan "Demi Aku dan Kamu". Lagu yang bercerita tentang sepasang kekasih yang sedang bertengkar itu menurutnya ide dari Afgan.

"Awalnya ingin buat lagu yang bisa diputar di acara pernikahan, tapi Afgan mau tentang berantem. Dia kreatif banget buat lirik," pujinya.

Berkolaborasi dengan kedua temanny itu, Sherina tidak ingin mereka hanya bernyanyi. Ia ingin bersama-sama rekan duetnya menulis dan menggarap lagu yang akan mereka nyanyikan.(*)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS