Republika Online

sumber :-

Republika Online


Jokowi Luncurkan Tiket Elektronik Transjakarta

Posted: 21 Jan 2013 11:15 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meluncurkan sistem ticketing terbaru Bus TransJakarta, yaitu E-Ticketing TransJakarta.

Pemprov DKI bekerja sama dengan lima bank di Indonesia, yaitu Bank DKI, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Central Asia (BCA).

"Dengan ditunjuknya lima bank tersebut, semoga kita bisa menerapkan e-ticketing TransJakarta bersama-sama," kata Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), dalam peluncuran E-Ticketing TransJakarta di Monas, Jakarta Pusat, Selasa.

Jokowi mengatakan kelima bank itu akan turut membantu investasi e-ticketing TransJakarta.

"Kelima bank tersebut membentuk suatu konsorsium untuk melayani e-ticketing dan memberikan layanan perbankan lainnya,'' kata Jokowi. ''Ini sangat membantu investasi e-ticketing TransJakarta."

Sebagai bentuk kompensasi, sambung Jokowi, kelima bank tersebut dapat memanfaatkan halte-halte bus TransJakarta sebagai sarana pelayanan, seperti pemasangan mesin ATM.

"Kerja sama ini dilakukan semata-mata untuk meningkatkan pelayanan bus TransJakarta sekaligus menumbuhkan kebiasaan masyarakat untuk menggunakan e-money atau uang elektronik," tutur Jokowi.

Inilah Ilmuwan Muslim Perintis Ilmu Gravitasi (1)

Posted: 21 Jan 2013 11:11 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID,  ''Fisikawan terbesar sepanjang sejarah.'' Begitulah  Charles C Jilispe, editor  Dictionary of Scientyfic Bibliography menjuluki saintis Muslim, al-Khazini. Para sejarawan sains menempatkan saintis kelahiran Bizantium alias Yunani itu dalam posisi yang sangat terhormat.

Betapa tidak, ilmuwan Muslim yang berjaya di abad ke-12 M – tepatnya 1115-1130 M – itu telah memberi kontribusi yang sangat besar bagi perkembangan sains modern, terutama dalam fisika dan astronomi. Al-Khazini merupakan saintis Muslim serbabisa yang menguasai astronomi, fisika, biologi, kimia, matematika serta filsafat.

Sederet buah pikir yang dicetuskannya tetap abadi sepanjang zaman. al-Khazini merupakan ilmuwan yang mencetuskan beragam teori penting dalam sains seperti: metode ilmiah eksperimental dalam mekanik; energi potensial gravitasi; perbedaan daya, masa dan berat; serta jarak gravitasi.

"Teori keseimbangan hidrostatis yang dicetuskannya telah mendorong penciptaan peralatan ilmiah. al-Khazini adalah salah seorang saintis terbesar sepanjang masa,'' ungkap Robert E Hall (1973) dalam tulisannya berjudul ''al-Khazini'' yang dimuat dalam A Dictionary of Scientific Biography Volume VII.

Sejatinya, al-Khazini bernama lengkap Abdurrahman al-Khazini. Menurut Irving M Klotz, dalam tulisannya bertajuk "Multicultural Perspectives in Science Education: One Prescription for Failure", sang ilmuwan hidup di abad ke-12 M. ''Dia berasal dari Bizantium atau Yunani,'' tutur Klotz. Al-Khazini menjadi budak Dinasti Seljuk Turki, setelah kerajaan Islam itu menaklukkan wilayah kekuasaan Kaisar  Konstantinopel, Romanus IV Diogenes.

Al-Khazini kemudian dibawa ke Merv, sebuah metropolitan terkemuka pada Abad ke-12 M. Merv berada di Persia dan kini Turkmenistan. Sebagai seorang budak, nasib al-Khazini sungguh beruntung. Oleh tuannya yang bernama al-Khazin, ia diberi pendidikan sang sangat baik. Ia diajarkan matematika dan filsafat.

Tak cuma itu, al-Khazini juga dikirimkan untuk belajar pada seorang ilmuwan dan penyair agung dari Persia bernama Omar Khayyam. Dari sang guru, dia mempelajari sastra, metematika, astronomi dan filsafat.  Menurut Boris Rosenfeld (1994) dalam bukunya "Abu'l-Fath Abd al-Rahman al-Khazini", saat itu Omar Khayyam juga menetap di kota Merv.

Berbekal otak yang encer, al-Khazini pun kemudian menjelma menjadi seorang ilmuwan berpengaruh. Ia menjadi seorang matematikus terpandang yang langsung berada di bawah perlindungan, Sultan Ahmed Sanjar,  penguasa Dinasti Seljuk. Sayangnya, kisah dan perjalanan hidup al-Khazini tak banyak terekam dalam buku-buku sejarah.

Salah Zaimeche PhD (2005) dalam bukunya berjudul Merv menuturkan, al-Khazini adalah seorang ilmuwan yang bersahaja. Meski kepandaiannya sangat dikagumi dan berpengaruh, ia tak silau dengan kekayaan. Menurut Zaimeche, al-Khazini sempat menolak dan mengembalikan hadiah sebesar 1.000 keping emas (dinar) dari seorang istri Emir Seljuk.

''Ia hanya merasa cukup dengan uang tiga dinar dalam setahun,'' papar Zaimeche.

Para sejarawan sains mengungkapkan, pemikiran-pemikiran al-Khazini sangat dipengaruhi oleh sejumlah ilmuwan besar seperti Aristoteles, Archimedes, Al-Quhi,  Ibnu Haitham atau Alhacen, al-Biruni serta Omar Khayyam. Selain itu, pemikiran al-Khazini juga sangat berpengaruh bagi pengembangan sains di dunia Barat dan Islam. Salah satu ilmuwan Barat yang banyak terpengaruh al-Khazini adalah Gregory Choniades – astronom Yunani yang meninggal pada abad ke-13 M.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Republika Online

sumber :-

Republika Online


Dana Konversi BBG Dialihkan ke Infrastruktur

Posted: 21 Jan 2013 10:50 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Pemerintah mengubah skenario program konversi pemakaian bahan bakar minyak untuk kendaraan ke bahan bakar gas (BBG). Pelaksana Tugas Dirjen Migas Kementerian ESDM, Edy Hermantoro di Jakarta, Selasa (22/1) mengatakan, perubahan skenario itu adalah mengalokasikan sebagian dana stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) yang dalam APBN 2013 ditetapkan Rp 470 miliar untuk infrastruktur pipa gas.

"Dengan penyediaan infrastruktur pipa gas ini, kami harapkan swasta juga ikut masuk dalam program BBG ini, sehingga program konversi akan makin meluas," kata Edy.

Pemerintah mengalokasikan dana APBN 2013 yang disalurkan ke PT Pertamina (Persero) untuk program konversi BBG senilai Rp 470 miliar. Dana tersebut sebelumnya akan digunakan Pertamina membangun tujuh SPBG yang terhubung dengan pipa (//online//) di kawasan Jabodetabek.

Namun, pemerintah mengubah skenario tersebut dengan mengalokasikan sebagian dana, sekitar Rp 130 miliar, untuk pembangunan jaringan pipa gas SPBG. Sedang, sisa dananya atau sekitar Rp 340 miliar akan digunakan Pertamina membangun SPBG //online// yang diperkirakan berjumlah lima unit. Pembangunan satu unit SPBG diperkirakan membutuhkan biaya investasi Rp 70 miliar.

Menurut dia, kalau swasta yang diminta membangun infrastruktur pipa gasnya, mereka akan kesulitan dalam pembiayaannya. Edy juga mengatakan, dengan membangun pipa itu, maka Jakarta akan dikelilingi infrastruktur pipa gas untuk SPBG. "Jadi, pemerintah memancing dulu, agar swasta masuk. Jaringan pipa ini akan didekatkan dengan pengguna gasnya seperti Trans Jakarta," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya akan meminta bantuan pemda dalam pembebasan lahan untuk infrastruktur pipanya. Alternatif lokasi infrastruktur pipa antara lain berada di ruas Bekasi-Jakarta atau Jakarta Utara. Di luar itu, Kementerian ESDM juga akan membangun satu stasiun induk (//mother station//) dengan 4-5 //daughter station// senilai total Rp 127 miliar.

Direktur Gas Pertamina, Hari Karyuliarto mengatakan, pihaknya akan mengulang tender tiga SPBG yang sebelumnya dilakukan 2012. Pengulangan dilakukan karena lelang kali ini memakai dana APBN 2013.

Menurut dia, tender ulang akan dilakukan bersamaan dengan proses pembangunan dua SPBG baru. "Kami harapkan semua lelang bisa dimulai Januari ini, sehingga SPBG beroperasi Juni-Juli ini," kata Hari.

Sebelumnya, Pertamina telah melelang pembangunan tiga unit SPBG dengan memakai dana APBN 2012.Ketiga SPBG itu berlokasi di Pulo Gadung, Cililitan, dan Kalideres. Sedangkan, opsi lokasi SPBG baru antara lain di jalur Bogor-Cibinong. N

Orang Gemar Makan Sayuran Cenderung Lebih Optimis

Posted: 21 Jan 2013 10:50 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Orang yang gemar makan sayuran dan buah cenderung lebih optimis menghadapi masa depan, demikian menurut peneliti dari Harvard School of Public Health.

Para ilmuwan menemukan bahwa orang yang optimis memiliki kadar karotenoid tinggi di dalam darah. Karotenoid adalah bagian dari beta-karoten, zat warna yang banyak dimiliki oleh buah jeruk, sayuran, terutama sayuran hijau.

Beta-karoten adalah sejenis antioksidan, yang dapat membantu molekul di dalam tubuh untuk tidak memproduksi radikal bebas yang memicu kerusakan sel penyebab penyakit.

"Individu yang memiliki optimisme tinggi, cenderung memiliki kadar karotenoid, seperti beta-karoten, yang tinggi dalam tubuh mereka," ujar salah satu ilmuwan dari Harvard School of Public Health, Julia Boehm.

Tahun lalu, para ilmuwan dari Warwick University menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi tujuh porsi sayur dan buah dalam sehari, adalah orang yang paling bahagia, dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi sayur dan buah kurang dari porsi tersebut.

Meskipun belum diketahui secara jelas bagaimana sayur dan buah dapat meningkatkan optimisme seseorang, dua jenis bahan makanan ini memang mengandung antioksidan, yang diketahui dapat menurunkan kadar stress seseorang.

"Kami tahu bahwa sayur dan buah mengandung banyak antioksidan yang melindungi tubuh dari serangan penyakit. Namun bagaimana sayur dan buah bekerja untuk kesehatan pikiran dan emosi kita, para peneliti belum mengetahuinya," ujar Profesor Andrew Oswald, yang memimpin penelitian tersebut.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Mancanegara

sumber :-

ANTARA - Mancanegara


Jepang incar turis Muslim Asia

Posted: 21 Jan 2013 09:16 PM PST

Jakarta (ANTARA News) - Industri pariwisata Jepang yang tengah lesu karena menurunnya jumlah turis, mulai menaruh perhatian pada segmen pengunjung yang selama ini terabaikan yakni Muslim Asia.

Organisasi Pariwisata Nasional Jepang menyebutkan dari 6,21 juta turis asing yang mengunjungi Jepang pada 2011, 80.000 di antaranya berasal dari Malaysia dan 60.000 dari Indonesia.

Sekitar 60-70 persen populasi di Malaysia adalah Muslim, sementara di Indonesia mencapai 90 persen yang menjadikannya sebagai negara berpenduduk Muslim terbanyak di dunia

Seperti dikutip dari artikel yang ditulis oleh Keiichi Kitagawa di laman Asahi Shimbun, persentase itu tidak bisa diabaikan, apalagi jumlah turis menurun setelah adanya sengketa Pulau Senkaku antara Jepang dan China.

Maka, berbagai upaya pun dilakukan. Kitagawa menulis, sebuah restoran di Kyoto yang dibangun sejak 1716, Minokichi, menyajikan "kaiseki" yakni makanan berasal dari ikan segar dan bahan-bahan lokal.

Mengetahui bahwa Muslim dilarang makan babi dan alkohol, restoran itu membuat "Halal plate" yang berisi bahan-bahan tradisional Kyoto, tanpa alkohol.

"Halal plate" dijual seharga 2.625 yen (31.90 dolar AS) per orang, termasuk pajak. Restoran tersebut mulai menyediakan "Halal plate" sejak April 2012.

Beragam turis dari agen wisata telah mengunjungi Minokichi sejak itu.

"Itu (Halal Plate) lebih mudah dibuat daripada makanan vegetarian," kata Masakazu Ueda, general manager restoran Minokichi.

Sementara itu, pada 16 November, grup yang terdiri dari 30 warga Malaysia mengunjungi Osaka.

Pengunjung dari Malaysia, yang sebagian besar adalah perempuan berkerudung itu, menghabiskan sekitar satu jam untuk melihat-lihat Istana Osaka.

Agen wisata Miyako International Tourist di Osaka sibuk mempersiapkan tempat untuk dikunjungi rombongan dari Malaysia tersebut.

Grup tersebut menikmati makan siang di restoran Turki di Tenpozan Marketplace. Saat hendak bersantap, sang pemandu wisata memegang dua jenis makanan dan berkata, "Yang ini tidak halal, jadi jangan dipilih."

Setelah makan siang, waktunya shalat. Para pengunjung pun dipersilakan menunaikan ibadah di ruang konferensi di daerah tersebut.

Zuraimy Binti Mohamed Nordin (37) mengatakan mencari tempat shalat di Jepang tidaklah mudah.

"Orang-orang menatap kami dan mengambil foto kami," kata dia. "Tidak mudah mencari tempat untuk shalat dengan tenang."

Tujuan wisata lainnya dari tur tersebut adalah Toei Kyoto Studio Park di distrik Uzumasa.

"Ninja dan samurai terkenal juga di negara-negara Asia Tenggara. Saya ingin memanfaatkan tur ini sebagai kesempatan menarik para pengunjung," kata pengelola Toei Kyoto Studio Park.

"Pemerintah kota harus memperhatikan kebutuhan agama lain jika ingin menarik perhatian internasional," kata Hideshi Matsui, presiden Miyako International Tourist.

"Hanya menyewa ruang konferensi dalam waktu singkat saja bisa jadi kesempatan bisnis," ujar Matsui.

Banyak pemerintah kota serta perusahaan lain yang tertarik untuk memikat para Muslim dari Asia Tenggara.

Kompleks yang berdekatan dengan New Chitose Airport, misalnya, membuat mushola untuk pria dan wanita lengkap dengan tempat wudhu.

Agen Pariwisata Jepang pun berencana menerbitkan buku panduan untuk Muslim yang menampilkan daftar restoran halal serta tempat untuk shalat. Panduan tersebut akan dirilis pada Maret.

Pemerintah berharap 10 juta turis Asia Tenggara akan mengunjungi Jepang pada 2013, demikian seperti yang dikutip dari laman Asahi Shimbun.

(nan)

Kecelakaan bus di Bolivia tewaskan 10 orang

Posted: 21 Jan 2013 07:30 PM PST

Mexico (ANTARA News) - Setidaknya sepuluh orang tewas dan 26 lainnya luka-luka setelah satu bus penumpang terjun ke jurang sekitar 300 meter (985 kaki) dan tenggelam di sungai di utara Bolivia.

Menurut laporan media lokal, kecelakaan tragis itu terjadi di jalan pegunungan di wilayah Yungas, Bolivia.

Tim penyelamat mengatakan jumlah korban mungkin bertambah karena banyak orang yang terbawa oleh arus sungai.

Menurut Federasi Automobil Internasional, sekitar 1.000 orang meninggal dalam kecelakaan di jalan di Bolivia setiap tahunnya, sementara 50.000 luka-luka karenanya.

Pada tahun 2010, pemerintahan Presiden Evo Morales meloloskan satu produk legislatif yang mengawasi dengan keras sopir bus yang tertangkap dalam keadaan mabuk atau bekerja dalam jam yang berlebihan, serta sopir-sopir berpengalaman untuk mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas.
(H-AK)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Republika Online

sumber :-

Republika Online


Awas, Sifat Seperti Ini Bikin Gampang Kena Serangan Jantung!

Posted: 21 Jan 2013 09:08 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, Selain mematikan, penyakit jantung berbahaya karena penderitanya sering tidak menyadari gejalanya. Sekitar 40 persen orang yang meninggal karena penyakit jantung  tidak memiliki keluhan apa pun, kata ahli penyakit jantung dari Universitas Indonesia, dr Santoso Karo Karo, SpJP MPH.

Santoso mengingatkan, orang dengan kepribadian Tipe A lebih banyak terkena penyakit jantung dibanding orang dengan tipe kepribadian lainnya. Orang berkepribadian Tipe A ini adalah orang yang cenderung memiliki sifat kompetitif, tidak sabaran, agresif, dan murah marah

Berdasarkan penelitian Friedman dan Roseman, orang berkepribadian Tipe A sering terkena nyeri dada atau angine pectoris. Dan, Pola hidup dan kerja yang penuh stres karena manajemen waktu yang buruk, bukan tidak mungkin meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah yang sering dirasakan sebagai nyeri dada, katanya.

Stres, kata Santoso, dapat meningkatkan tekanan darah yang mengakibatkan cedera pada dinding arteri serta berandil pada pembentukan bekuan dalam pembuluh darah. Beberapa penelitian terakhir mendapati, pada orang stress ada peningkatan pesat kadar lemak darah yang mengganggu mekanisme pembersihan lemah tubuh.Stres diketahui meningkatkan produksi molekul inflamasi yang juga meningkatkan lipid breakdown, kata Santoso.

Santoso juga memberi peringatan kepada orang yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta yang sering dilanda kemacetan. Pasalnya, kemacetan parah mengakibatkan stres, membuat seseorang berisiko tiga kali lebih tinggi terkena serangan jantung. Sekitar 60 persen orang yang terkena serangan jantung punya stress, katanya.

Agar terhindar dari serangan jantung, Santoso mengajak masyarakat menerapkan hidup SEHAT  (lihat boks). Selain itu, memantau indeks massa tubuh, memantau kadar gula darah dan mengecek kadar kolesterol enam bulan sekali. Tekanan darah perlu dijaga tetap di bawah 140/90.

Untuk aktivitas fisik, Santoso menyarankan olahraga ringan berupa jalan kaki 30-45 menit, lima kali sepekan. Atau dapat dengan mengukur jumlah langkah tiap hari, yakni sekitar 3.500-7.500 langkah bagi orang tua --jika tidak ada keluhan-- dan 10.000 langkah bagi orang muda. Namun, jika ada keluhan, hentikan olahraga, karena itu ada yang salah (dengan kesehatannya), Paparnya.

Kenali Makanan Berbahaya, Begini Caranya

Posted: 21 Jan 2013 07:04 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk mewaspadai makanan berbahaya dalam kemasan sering kali lebih mudah dilakukan. Ini karena biasanya makanan kemasan sudah mencantumkan tanggal kedaluwarsa. Kendati begitu, itu tak berarti kita bisa melonggarkan kewaspadaan.

Namun, yang paling rumit ialah menghadapi makanan basah atau makanan yang tak memiliki kemasan. Biasanya, produk-produk itu berasal dari industri kecil. Tidak mudah menentukan apakah produk tersebut laik dikonsumsi ataukah tidak. Terlebih, sebagian produk mereka tak terdaftar di BPOM. Ada memang, produk industri kecil yang terdaftar resmi. Biasanya, bernomor dengan pendaftaran berawalan PIRT.

Namun, jangan cemas. Dr Anton Apriyantono, mantan menteri pertanian, memberikan tips. Ada ciri khas yang bisa digunakan sebagai acuan untuk mendeteksi apakah makanan tersebut menggunakan pewarna yang dilarang atau tidak. Cermati saja, warna makanannya.

Bila pewarna yang dipakai termasuk kate gori dilarang, akan mendapati warna yang mencolok. Misalnya, merah atau kuning mencolok dan seterusnya. Termasuk jenis pewarna yang dilarang dan masih banyak beredar di masyarakat ialah jenis Rhodamin B (warna merah) dan Methanil Yellow (warna kuning). "Kita harus lebih berhati-hati jika menemukan warna mencolok di makanan," katanya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPAS.com - Internasional

sumber :-

KOMPAS.com - Internasional


Ayah Gigit Anaknya hingga Tewas karena Dianggap Kerasukan Ular

Posted: 22 Jan 2013 01:42 AM PST

Ayah Gigit Anaknya hingga Tewas karena Dianggap Kerasukan Ular

Selasa, 22 Januari 2013 | 09:42 WIB

TOKYO, KOMPAS.com  Seorang pria Jepang berusia 53 tahun ditangkap karena diduga telah menggigit putranya sendiri hingga tewas.  Pria bernama Katsumi Nagaya itu beralasan, ia gigit putranya demi menyingkirkan seekor ular yang telah merasuki putranya itu. Demikian lapor media Jepang.

Putranya yang bernama Takuya Nagaya (23 tahun) diserang Katsumi di Okazaki City, Jepang, Jumat (18/1/2013) lalu. Penyelidikan sejauh ini telah mengungkapkan bahwa korban berulang kali diserang, termasuk dengan serudukan kepala dan gigitan.

Ketika Katsumi ditangkap, sejumlah laporan menunjukkan, dia mengaku kepada polisi bahwa ia melakukan pembunuhan demi mengeluarkan ular yang telah merasuki anaknya.

Menurut stasiun TV Asahi, Takuya, yang tinggal di dekat kota Anjo, berada di rumah orang tuanya pada Kamis larut malam. Ia diduga mulai berperilaku kasar dan tidak menentu. Ia memberi tahu orang tuanya bahwa ia adalah seekor ular.

Ibunya yang khawatir lalu memanggil ayah Takuya untuk membantu. Sang ayah kemudian mulai memukul anaknya demi menyingkirkannya dari "ular" yang telah mengambil alih pikirannya.

Serangan itu tampaknya terus berlangsung hingga Jumat malam. Ketika tubuh Takuya lemas, ia lalu dilarikan ke rumah sakit. Namun, pemuda itu meninggal di rumah sakit akibat luka-lukanya.

Sejauh ini belum ada penetapan tanggal persidangan kasus itu. Namun, tampaknya kesehatan mental si tersangka harus diperiksa sebelum kasus itu dilanjutkan ke persidangan.

 

Editor :

Egidius Patnistik

Rakyat Israel Pilih Anggota Parlemen

Posted: 21 Jan 2013 11:59 PM PST

KAIRO, KOMPAS.com - Rakyat Israel, Selasa (22/1) ini, menuju tempat pemungutan suara untuk memilih 120 anggota Knesset atau parlemen Israel. Tercatat sekitar 5 juta warga mempunyai hak pilih, termasuk 800.000 warga Arab Israel, atau warga Arab sebelum tahun 1948 yang memilih tetap tinggal di dalam wilayah Israel.

Partai peserta pemilu hingga Senin terus berusaha mencari simpati pemilih yang belum menentukan pilihan. Menurut jajak pendapat, ada sekitar 15 persen pemilih yang belum menentukan pilihannya. Demikian dilaporkan wartawan Kompas Musthafa Abd Rahman yang memantau perkembangan pemilu Israel dari Kairo, Mesir.

Dalam jajak pendapat terakhir, Jumat pekan lalu, koalisi Likud-Beiteinu pimpinan bersama Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan mantan Menteri Luar Negeri Avigdor Lieberman masih memimpin dengan perolehan 32-35 kursi Knesset. Perolehan itu turun dari perolehan kedua partai saat ini, yakni 42 kursi.

Koalisi Likud-Beiteinu harus bersaing dengan partai beraliran kiri-tengah dan kanan radikal. Dalam jajak pendapat itu, partai kanan radikal, Bayit Yehudi, yang berbasis dukungan penghuni permukiman Yahudi di Jerusalem Timur dan Tepi Barat pimpinan Naftali Bennett diperkirakan meraih 15 kursi.

Adapun Partai Buruh pimpinan Shelly Yachimovich yang beraliran kiri akan mendapat 17 kursi. Partai baru Yesh Atid yang didirikan Yair Lapid diprediksi mendapat 10-13 kursi. Adapun Partai Hatnuah pimpinan mantan Menlu Tzipi Livni diperkirakan memperoleh 7-8 kursi Knesset.

Koalisi

Livni, Lapid, dan Yachimovich pada awal Januari sempat bertemu untuk membahas kemungkinan koalisi kiri-tengah dalam upaya melawan koalisi kanan. Namun, pertemuan mereka gagal mencapai kesepakatan.

Perbedaan pendapat itu terjadi ketika Livni meminta Atid dan Yachimovich berkomitmen untuk tidak bergabung dengan pemerintah pimpinan Netanyahu jika koalisi Likud-Beiteinu memenangi pemilu. Namun, Atid dan Yachimovich menolak permintaan Livni itu.

Gagalnya upaya partai kiri dan tengah untuk berkoalisi dalam upaya membendung laju koalisi yang berkuasa sangat menguntungkan posisi Likud-Beiteinu itu. Akan tetapi, pimpinan koalisi Likud-Beiteinu merasa tidak puas hasil jajak pendapat.

Menurut mereka, bila perolehan kursi Likud-Beiteinu dalam pemilu ini sesuai hasil jajak pendapat itu, mereka terpaksa berkompromi dengan kelompok kanan radikal dan agama. Bahkan, mereka perlu mengajak kubu kiri-tengah untuk membentuk pemerintahan mendatang.

Garis keras

Para pemimpin partai politik bergerilya di daerah-daerah untuk menarik simpati pemilih dengan menggunakan jargon-jargon garis keras. Netanyahu dalam pidato kampanye terakhirnya di depan penghuni permukiman Yahudi berjanji, pemerintahannya tidak akan memberi konsesi sejengkal pun tanah permukiman Yahudi.

Netanyahu membanggakan diri bahwa pemerintahannya selama empat tahun terakhir berhasil memperluas pembangunan permukiman Yahudi dan melawan tekanan masyarakat internasional yang mengecam pembangunan permukiman itu.

Netanyahu menyampaikan janji tersebut dalam upaya mencegah suara penghuni permukiman Yahudi diberikan kepada Partai Bayit Yehudi. Koalisi Likud-Beitenu dan Bayit Yehudi kini bersaing ketat memperebutkan suara penghuni permukiman Yahudi itu.

Netanyahu juga bersikap semakin keras terhadap isu Iran. Netanyahu ketika menerima Senator Amerika Serikat dari Partai Republik, John McCain, Sabtu malam, menegaskan, sejarah tidak akan memaafkan siapa pun yang memberi izin Iran memiliki senjata nuklir.

 

Editor :

Egidius Patnistik

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Utusan Online - Luar Negara

sumber :-

Utusan Online - Luar Negara


Tentera Mali dan Perancis kembali tawan tengah Mali

Posted: 21 Jan 2013 11:13 AM PST

[unable to retrieve full-text content]DIABALY, Mali 22 Jan. - Tentera Mali dan Perancis mengawal seluruh bandar Diabaly dan Douentza di tengah Mali semalam, selepas militan yang sebelum ini menawan bandar itu bertindak menyembunyikan diri di...

Assad tubuh pasukan tentera baharu lawan pemberontak

Posted: 21 Jan 2013 11:04 AM PST

[unable to retrieve full-text content]BEIRUT 22 Jan. - Presiden Syria, Bashar al-Assad didakwa merekrut satu pasukan separa tentera baharu, dengan sesetengah daripadanya dilatih oleh sekutu kuatnya, Iran, dalam usaha berdepan dengan pemberontak...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Berita Terkini

sumber :-

ANTARA - Berita Terkini


IHSG BEI dibuka turun 12,96 poin

Posted: 21 Jan 2013 07:13 PM PST

Jakarta (ANTARA News) - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini dibuka turun sebesar 12,96 poin dipicu dari nilai saham yang cenderung jenuh beli (overbought).

IHSG BEI dibuka turun 12,96 poin atau 0,29 persen ke posisi 4.427,02. Sementara indeks 45 saham unggulan (LQ45) melemah 3,38 poin (0,44 persen) ke level 756,68.

"Pada perdagangan hari ini, IHSG BEI mengalami penurunan, hal itu terlihat dari indikator RSI (Relative Strength Index) yang baru mulai keluar dari area overbought," kata Kepala Riset Betrand Raynaldi di Jakarta, Selasa.

Ia menambahkan, indeks BEI diprediksi akan bergerak di kisaran 4.380-4.530 poin dengan saham-saham yang dapat diperhatikan antara lain Ace Hardware Indonesia (ACES), Panin Sekuritas (PANS), dan Unilever (UNVR).

Sementara, analis Samuel Sekuritas Yualdo Yudoprawiro mengatakan, beberapa saham yang terkoreksi signifikan pada hari sebelumnya diperkirakan mengalami teknikal rebound seperti sektor perbankan, batubara, semen dan properti.

Ia mengemukakan, teknikal rebound itu seiring pelaku pasar yang tengah mengantisipasi keputusan pertemuan bank sentral Jepang yang diperkirakan mengumumkan langkah stimulus baru dengan nilai mencapai 10 triliun yen.

"Pergerakan indeks BEI diprediksi berada di level batas atas (resistace) 4.475 poin," kata dia.

Bursa regional di antaranya indeks Hang Seng melemah 33,71 poin (0,14 persen) ke level 23.557,20, indeks Nikkei-225 turun 39,77 poin (0,37 persen) ke level 10.707,97, dan Straits Times melemah 8,52 poin (0,26 persen) ke level 3.212,80.

(Ant)

Jokowi gandeng bank layani tiket elektronik TransJakarta

Posted: 21 Jan 2013 07:05 PM PST

Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), menggandeng BNI, Bank Mandiri, BCA, BRI dan Bank DKI untuk memberikan layanan tiket elektronik bus Transjakarta.

Sebagai kompensasi, ia mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI menyediakan ruang edukasi dan pemasangan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) kepada bank-bank mitra kerja sama.

"Bisa menggunakan halte bus untuk sarana edukasi dan pemasangan ATM," kata Jokowi di kawasan Silang Monas Jakarta, Selasa.

Pemerintah DKI Jakarta mulai mengujicoba layanan tiket elektronik TransJakarta di Koridor I rute Blok M-Kota hari ini. Pelayanan tiket elektronik di koridor yang lain akan dimulai Februari-April 2013.

Penjualan kartu elektronik rencananya dilakukan di 13 halte Transjakarta yakni Blok M, Dukuh Atas, Sarinah, Harmoni, Kota, Pulogadung, Arion, Utan Kayu, Manggarai, Ragunan, GOR Sumantri, Mampang, dan Kuningan Barat.

"Nantinya produk e-money dari konsorsium diharapkan akan terintegrasi pemakaiannya untuk Kopaja, Metromini, dan Kereta Api, selain tentu saja Transjakarta," katanya.

(dny)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Berita Harian: Dunia

sumber :-

Berita Harian: Dunia


Taliban serang polis Kabul sembilan jam

Posted: 21 Jan 2013 08:32 AM PST

Kabul: Ibu pejabat polis di ibu negara Afghanistan diserang pasukan penyerang bunuh diri Taliban awal semalam menyebabkan tiga anggota keselamatan terbunuh.

Tembak menembak antara polis dan militan itu berlangsung selama sembilan jam yang menyaksikan askar Pertubuhan Perjanjian Atlantik Utara (NATO) cuba membantu pasukan keselamatan.

Pertentangan terbaru itu adalah yang paling lama sejak militan berkenaan melakukan beberapa serangan serentak di Kabul pada April tahun lalu membabitkan masa 18 jam.

Tiga daripada lima penyerang terbunuh dalam serangan itu manakala dua lagi yang membawa bom berada dalam bangunan lima tingkat di barat Kabul itu dan menembak anggota keselamatan sebelum mati ditembak.

Semuanya sudah berakhir. Dua pengganas terakhir sudah mati dan mereka tidak sempat meletupkan bom yang dipakai pada badan, kata Ketua Polis Kabul, Jeneral Mohammad Ayoub Salangi.

Sebab keadaan berlanjutan begitu lama bagi menundukkan dua lelaki itu adalah kerana anggota polis berhati-hati.

Ada banyak dokumen penting di dalam bangunan itu jadi kami perlu berhati-hati supaya tidak merosakkannya, katanya lagi.
Empat anggota polis trafik, dua anggota pasukan khas dan enam orang awam cedera, kata Timbalan Menteri Dalam Negeri, Jeneral Abdul Rahman.

Jurugambar agensi berita berkata, askar Norway dilihat turut menembak militan berkenaan.

Militan dilaporkan menyerang ibu pejabat polis kerana percaya kemudahan latihan pasukan keselamatan dikendalikan tentera asing.

Serangan kali ini berlaku kurang seminggu selepas sekumpulan penyerang bunuh diri menyerang ibu pejabat perisikan di Kabul menyebabkan seorang pengawal maut dan berpuluh-puluh orang awam cedera.
AFP

Bukti DNA cukup dakwa perogol

Posted: 21 Jan 2013 08:31 AM PST

New Delhi: Siasatan DNA ke atas pakaian dipenuhi darah dan calitan tubuh mengaitkan lima lelaki dan seorang juvana yang merogol secara beramai-ramai dan membunuh seorang wanita di sini, menyediakan cukup bukti untuk mendakwa mereka.

Pendakwa raya berkata kes mereka juga akan bergantung kepada rekod telefon bimbit dan keterangan mangsa dan seorang rakan lelaki yang diserang bersamanya di dalam sebuah bas bergerak di ibu negara India itu 16 Disember lalu. Bagaimanapun, perbicaraan mungkin diadakan secara tertutup.

Peguam bela memberitahu Reuters mereka sedang bersedia menolak hasil siasatan forensik dan mendakwa sebagai sengaja diada-adakan.

Mereka berkata pembelaan juga akan berhujah bahawa kes itu tidak selamat kerana polis bergegas menjalankan siasatan selepas kemarahan rakyat terhadap kes itu.

Dua daripada empat peguam bela berkata anak guam mereka diseksa ketika di dalam tahanan supaya membuat pengakuan yang kelihatan mencurigakan.

Semua kenyataan seolah-olah sama. Ia seperti seseorang sudah membacanya kepada mereka, kata peguam Manohar Lal Sharma kepada Reuters.

Seorang jurucakap polis enggan mengulas berhubung pengakuan itu dan menegaskan adalah menjadi dasar jabatan itu untuk tidak menjawab dakwaan yang dibuat.
Kami tiada ulasan untuk dibuat dalam laporan media. Jika ada apa-apa ia akan dilakukan di mahkamah. Kami tidak akan terbabit dalam perdebatan media, katanya.

Seorang pegawai lain berkata tertuduh perlu menjalani ujian perubatan dalam tahanan dan jika mereka dipukul, ia akan kelihatan dan jika peguam serius berhubung tuduhan itu, mereka perlu ke mahkamah berbanding menyiarkan pandangan menerusi media.
REUTERS

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi international.okezone.com

sumber :-

Sindikasi international.okezone.com


Enam WN Filipina Tewas di Aljazair

Posted: 21 Jan 2013 05:10 AM PST

MANILA - Pemerintah Filipina memastikan enam warga Filipina termasuk dalam sandera yang tewas terbunuh dalam operasi pembebasan sandera di Aljazair. Sementara empat orang lainnya dilaporkan hilang sejak disandera 16 Januari lalu.  
Hingga saat ini 16 warga Filipina dilaporkan selamat dari insiden penyanderaan yang berujung dengan operasi pembebasan berdarah itu. Pihak Kementerian Luar Negeri Filipina hingga saat ini masih mencari kabar mengenai empat orang warganya yang masih dinyatakan hilang.
 
"Kematian enam warga Filipina adalah buah dari operasi pembebasan yang dilakukan oleh militer Aljazair. Mereka sebagian besar tewas akibat luka tembak dan terkena ledakan," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Filipina Raul Hernandez, seperti dikutip Associated Press, Senin (21/1/2013).
 
Hernandez menambahkan, pihaknya saat ini sudah memberitahu pihak keluarga korban dan tengah mengatur kepulangan dari korban. "Pemerintah saat ini tengah memfokuskan pada pencarian empat orang lain yang masih hilang," imbuhnya.
 
Jumlah sandera yang tewas dalam drama penyanderaan di Aljazair bertambah menjadi 48 orang. Al-Qaeda pun akhirnya mengklaim bertanggung jawab atas aksi penyanderaan tersebut. 
 
Aparat keamanan Aljazair menemukan setidaknya 25 jasad sandera pada Minggu kemarin, sedangkan sehari sebelumnya jumlah jasad sandera yang ditemukan berjumlah 23 korban. Jumlah korban tewas pun diperkirakan masih akan terus bertambah dengan masih banyaknya sandera yang saat ini masih hilang.
 
Sementara total korban tewas dikabarkan telah mencapai 81 orang, termasuk 32 di antaranya adalah pelaku penyanderaan. Hampir 22 orang dilaporkan hilang dalam penyanderaan yang berlangsung sejak 16 Januari lalu.
 
 
(faj)

683 WNI Berhasil Dipulangkan dari Yordania

Posted: 21 Jan 2013 04:07 AM PST

AMMAN - Satgas PPWNI KBRI Amman di Yordania sejak awal tahun 2013 hingga pertengahan Januari 2013 berhasil memulangkan 11 orang Tenaga Kerja Indonesia Penata Laksana Rumah Tangga dari Yordania setelah menyelesaikan kasus mereka. Total sekira 683 WNI berhasil dipulangkan dari Yordania selama 2012.

"Dari kesebelas WNI tersebut terdapat 4 orang WNI bekerja secara ilegal pada majikan yang tidak resmi atau part time. Keempat WNI ini datang ke KBRI Amman untuk meminta bantuan agar dapat pulangkan ke Indonesia," pernyataan Kementerian Luar Negeri RI, dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, Senin (21/1/2013).

Permasalahan yang mereka hadapi adalah terdapat beberapa laporan dari majikan mereka dan beban denda overstay yang cukup tinggi dikarenakan tidak memiliki izin tinggal di Yordania.

"Keberadaan mereka di Yordania antara tiga sampai dengan enam tahun. Sementara mereka bekerja pada majikan resminya selama tiga sampai dengan 18 bulan," imbuh pihak Kemlu RI.

Ketujuh orang WNI lainnya adalah mereka yang bekerja pada majikan resmi dan kabur dari rumah majikan dengan berbagai alasan antara lain gaji yang tidak dibayarkan, beban kerja terlalu berat, majikan ringan tangan dan tempramental, maupun diperlakukan secara semena-mena dan yang pasti mereka mempunyai notifikasi kepolisian pada data keimigrasian Pemerintah Yordania karena mereka kabur dari rumah majikan mereka.

Satgas PPWNI KBRI Amman memfasilitasi penyelesaian kasus dan permasalahan mereka serta administrasi keimigrasian para WNI tersebut dengan berkoordinasi dengan otoritas Pemerintah Yordania, yaitu: Kementerian Dalam Negeri (Kantor Imigrasi, Kepolisian dan Intelijen), Kementerian Perburuhan, dan melakukan mediasi dengan majikan dan agen penyalur tenaga kerja lokal.

Kesebelas orang WNI ini dipulangkakan dalam lima gelombang, dan mereka yang berasal dari Provinsi Banten adalah Nuraisah binti Karisan Rastina dan Jasiti binti Jahra Sayaman, Provinsi Jawa Barat adalah Fitri Linda binti Soeparno Kusman, Erni Sumarni Oon, Agustin binti Lahi Saing , Carmi binti Konta Samad, Asiah binti Saini, Nureni binti Tidak, Saningkem binti Tasiyah Sapin, Sumiyatun binti Sudira dan Tati Hartati binti Tolib Entong.

Duta Besar LBBP Untuk Kerajaan Yordania merangkap Otoritas Negara Palestina Teguh Wardoyo menekankan bahwa perlindungan terhadap setiap WNI di luar negeri adalah amanat konstitusi. Wardoyo juga mengingatkan bahwa permasalahan di Yordania diharapkan bisa dijadikan pelajaran untuk bekerja di luar negeri.(faj)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi celebrity.okezone.com

sumber :-

Sindikasi celebrity.okezone.com


Adegan Remas Payudara Megan Fox Dihapus

Posted: 21 Jan 2013 07:25 AM PST

Senin, 21 Januari 2013 22:25 wib
Elang Riki Yanuar - Okezone

LOS ANGELES- Film This is 40 yang dibintangi Megan Fox akan segera tayang tak lama lagi. Namun, ada adegan yang tak akan bisa dilihat saat resmi diputar di bioskop nanti.

Adegan itu adalah adegan saat Leslie Mann meremas dan menggoyangkan payudara Megan Fox. Awalnya, adegan itu muncul dalam cuplikan film yang diluncurkan beberapa waktu lalu. Namun, pihak rumah produksi memutuskan tak jadi menayangkan adegan itu di bioskop.

Film bergenre komedi itu menampilkan adegan ketika Leslie Mann disebut ragu dengan keindahan payudara milik Megan. Dia pun coba membuktikan payudara bintang Transformer itu asli dan bukan hasil operasi plastik. Megan pun melepas bajunya dan memperlihatkan payudaranya kepada Leslie.

Tapi, dalam versi terakhir yang sudah diedit lagi, hanya menampilkan Leslie menyentuh sedikit dengan jari telunjuknya ke atas payudara Megan. Film yang disutradarai Paul Rudd ini akan diputar pada 14 Februari atau tepat hari valentine. Demikian dikutip dari The Sun, Senin (21/1/2013).

(rik)

Daniel Radcliffe Pacari Lawan Mainnya

Posted: 21 Jan 2013 07:18 AM PST

Senin, 21 Januari 2013 22:18 wib
Hutami Windiarti - Okezone

LOS ANGELES- Daniel Radcliffe dikabarkan telah menemukan pengganti Rosie Coker. Pemeran Harry Potter ini beberapa kali terlihat mesra dengan lawan mainnya dalam film Kill Your Darlings, Erin Darke.

Daniel yang berperan sebagai seorang gay dalam film tersebut berhasil memikat hati Erin, setelah melakukan adegan mesra dengan sesama jenis.

Aktor asal Inggris ini disebut sangat tergila-gila dengan Erin dan siap mengumumkan hubungan mereka dalam waktu dekat. Demikian seperti dilansir Thesun, Senin (21/01/2013).

"Daniel sangat menyukai Erin tapi berhati-hati untuk menunjukkannya dan berkata dia melihat seseorang sebelum dia tahu ada yang spesial. Tapi dia berpkir ini saatnya untuk mengungkapkan hubungan," ungkap sumber.

Saat menghadiri acara Sundance Film Festival di Utah beberapa waktu lalu, seorang saksi mata mengatakan, Daniel dan Erin terlihat mesra sepert sepasang kekasih.

"Mereka semakin intim saat pesta di ruang vodka, berciuman dan Daniel membelai kaki Erin. Dia biasanya bukan tipe orang yang menampilkan rasa sayang, jadi pasti ada sesuatu. Dan ketika mereka pergi, mereka berpelukan dan bercanda," kata sumber lain.

(rik)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPAS.com - Nasional

sumber :-

KOMPAS.com - Nasional


Surya Paloh Minta Nasdem Tetap Solid

Posted: 21 Jan 2013 08:36 AM PST

Konflik Partai Nasdem

Surya Paloh Minta Nasdem Tetap Solid

Senin, 21 Januari 2013 | 23:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Majelis Tinggi Partai Nasdem Surya Paloh meminta para kader untuk tetap solid. Hal ini disampaikan di tengah-tengah konflik internal partai yang berbuntut pengunduran diri sejumlah pejabat teras partai termuda tersebut, di antaranya Ketua Dewan Pakar Hary Tanoesoedibjo.

"Kesolidan partai ini untuk memenangi Pemilu 2014," kata Surya Paloh kepada para wartawan, Senin (21/1/2013) di Jakarta.

Kendati demikian, Partai Nasdem bukanlah partai yang tergantung pada sosok tertentu. Surya Paloh menilai, pengunduran diri Hary Tanoe tidak akan menjadi masalah besar untuk partai tersebut.

"Jangankan Pak Hary Tanoe yang mundur. Saya yang mendirikan partai ini mundur pun tak harus jadi kendala bagi partai," kata Surya Paloh.

Pria kelahiran Aceh itu menegaskan, penting bagi partainya untuk merombak struktur pengurus mengingat partai ini terbilang masih sangat hijau dalam politik Indonesia.

Berita terkait dapat diikuti dalam topik:
Partai Nasdem Pecah
Geliat Politik Jelang 2014

 

KPK : Tak Ada Pengunduran Diri Penyidik

Posted: 21 Jan 2013 08:36 AM PST

KPK : Tak Ada Pengunduran Diri Penyidik

Penulis : Khaerudin | Senin, 21 Januari 2013 | 23:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi membantah ada pengunduran diri penyidiknya. Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Bambang Widjojanto menyatakan, yang ada adalah seorang penyidik telah habis masa tugasnya dan tak diperpanjang lagi. Penyidik yang telah habis masa tugasnya adalah Syamsul Huda yang telah menjalankan masa bekerjanya di KPK selama empat tahun.

"Kolega Syamsul bukan mundur tapi habis masa tugasnya atau dan tidak mau diperpanjang," kata Bambang kepada Kompas di Jakarta, Senin (21/1/2013) malam.

Bambang mengatakan, KPK sangat menghormati pilihan Syamsul untuk tak memperpanjang masa tugasnya. Bambang memastikan tak ada pekerjaan yang terganggu dengan habisnya masa tugas Syamsul. " Penyidik KPK lainnya, baik yang alih fungsi, penyidik internal KPK dan yang berasal dari instansi kepolisian masih semangat menjalankan tugas dan kewajibannya," ujarnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

detikcom

sumber :-

detikcom


Kepala Satpol PP Medan: Penertiban Bangunan Liar Sudah Sesuai Prosedur

Posted: 21 Jan 2013 12:30 PM PST

Cari Penawaran Terbaik di Sini

Rancang Perjalananmu di Sini

Kadernya Serang Kantor Walikota Medan, PDIP Medan: Itu Aksi Spontan

Posted: 21 Jan 2013 12:25 PM PST

Cari Penawaran Terbaik di Sini

Rancang Perjalananmu di Sini

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS