Republika Online

sumber :-

Republika Online


Respons Tuntutan Warga, Aher Bentuk Tim Perbaikan Tanggul Jati Asih

Posted: 18 Jan 2013 11:14 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JATI ASIH -- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berjanji akan menyelesaikan perbaikan tanggul secepatnya. Aher, sapaan akrabnya, menyatakan segera membentuk tim untuk  perbaikan Tanggul Jati Asih. 

Dia sudah mengategorikan kejadian banjir ini sebagai tanggap darurat bencana. Sehingga, sudah ada jaminan anggaran dari Pemerintah Provinsi berupa dana tak terduga sebesar Rp 75 miliar.

''Perbaikan tanggul akan segera dilakukan. Kami berkewajiban untuk memperbaiki. Nantinya perbaikan tanggul tidak akan dilakukan tambal-sulam. Tapi juga ada perbaikan secara permanen dan lebih memenuhi standar,'' ujar Aher saat meninjau tanggul yang jebol di Pondok Gede Permai, Sabtu (17/1).

Walikota Bekasi Rahmat Effendi menyatakan, pihaknya juga sudah menginstruksikan Dinas Bina Marga dan Tata Air (Disbinmarta) Kota Bekasi untuk segera melakukan pengerjaan penanggulangan jebolnya tanggul. 

Selain itu, dia mengadakan pertemuan dengan Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) dan perwakilan dari pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat. ''Kami sudah mulai dengan membuat turab dan beronjong-beronjong yang berisi batu untuk menahan air,'' katanya.

Kebakaran di Pondok Jaya Mampang Lalap Satu Rumah

Posted: 18 Jan 2013 11:12 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ibu Kota sejak beberapa pekan lalu sudah memasuki musim penghujan. Dimana-mana terdapat genangan. Akan tetapi, ternyata tidak menyurutkan si jago merah tetap beraksi.

Kali ini si jago merah melanda pemukiman warga di bilangan Jakarta Selatan (Jaksel), pada Sabtu (19/1) siang. Akibat kobaran api, satu rumah dinyatakan menjadi sasarannya.

"Iya, ada kebakaran tadi siang. Sekitar pukul 10.45 WIB," kata Kepala Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan, Frans Silalahi kepada Republika di Jakarta, Sabtu (19/1) siang.

Frans mengatakan, lokasi tepat kebakaran ini ialah di pemukiman Pondok Jaya, Pela Mampang, Kecamatan Mampang, Jaksel. Ia menjelaskan, penyebab sementara api berkobar di Jalan Pondok Jaya II nomor 11 RT 02 tersebut ialah, karena arus pendek arus listrik (korsleting). Kebakaran yang melanda ini pun, melumatkan bangunan rumah sebesar 60 persen.

Frans mengungkapkan, saat mengetahui adanya peristiwa, petugas langsung mendatangi lokasi. "Terdapat 14 unit mobil pemadam kebakaran yang diturunkan," ucapnya.

Ia menjelaskan, dari kejadian, tidak terdapat korban, baik korban luka ataupun korban jiwa. Akan tetapi, terkait kerugian materi yang diderita saat ini belum dapat diperhitungkan.

Frans menambahkan, proses pemadaman api pun tidak begitu memakan waktu. Sebab, dengan mudah petugas dapat mendekat ke titik lokasi. "Pukul 11.35 WIB, api dapat langsung dipadamkan," imbuhnya. Api pun, jelas dia, tidak merambat ke bangunan yang lain. Sebab perumahan di lokasi, tertata baik.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Republika Online

sumber :-

Republika Online


Banjir Masih akan Terjang Jakarta Hingga 2023

Posted: 18 Jan 2013 11:08 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar politik perkotaan Irwansyah mensinyalir banjir masih akan melanda Ibu Kota DKI Jakarta dalam kurun waktu 10 tahun mendatang jika pembangunan infrastruktur tidak diimbangi dengan perbaikan pertumbuhan alam.

"Banjir tidak akan hilang dalam 10 tahun ke depan, melihat begitu parahnya ketidakseimbangan antara pertumbuhan bangunan infrastruktur dan faktor-faktor yang sifatnya memperbaiki pertumbuhan alam," kata dosen Politik Perkotaan, Ilmu Politik, Universitas Indonesia (UI), di Jakarta, Sabtu 919/1).

Pertumbuhan pembangunan kota yang mengabaikan risiko penataan kota secara ekologis, kata dia, dapat berdampak pada semakin rentannya Ibu Kota terhadap bencana banjir.

"Kalau kanal saja sudah tidak cukup, kemudian penyerapan air dan ruang terbuka hijau minim, sudah pasti Jakarta menyatakan diri sebagai 'Kota Banjir', mengkondisikan diri sebagai kota yang rentan banjir," katanya.

Oleh karena itu, pemerintah pusat dan Pemprov DKI Jakarta, bersama dengan masyarakat, katanya, harus segera membentuk mekanisme penanganan banjir. Penanganan banjir tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan sejumlah perkembangan teknis dan sosialisasi terus menerus kepada masyarakat.

"Misalnya penggunaan teknologi informasi dengan menyosialisasikan peta banjir Jabodetabek supaya warga waspada terhadap banjir dan kemacetan. Itu bisa menjadi paradigma ke depan bagi pemerintah kota," jelasnya.

Selain itu, dia menambahkan, pemerintah bisa memaksialkan penyampaian informasi kepada masyarakat untuk mengatasi berbagai masalah ketika banjir menyerang. 

"Ketika ada mobil terjebak genangan air, mayoritas warga tidak tahu bagaimana menggunakan kendaraan, karena ada cara khusus yang harus dilakukan ketika melintasi genangan air," tambahnya.

Masyarakat Jakarta lebih memerlukan sistem penanganan bencana banjir, di samping juga pembenahan terhadap infrastruktur perkotaan. Selain itu, kata Irwansyah, yang perlu diperhatikan adalah peningkatan penanganan pascabencana, agar kemungkinan masyarakat terjangkit penyakit dan sebagainya dapat diminimalisir.

Hujan deras yang melanda Jakarta dan sekitarnya selama beberapa membuat saluran banjir Kanal Banjir Barat tidak kuat menampung debit air. Akibatnya, pada Kamis (17/1) air meluap hingga mebanjiri kawasan jantung Ibukota, seperti Bundarah Hotel Indonesia, Dukuh Atas, Thamrin, Tanah Abang, Grogol dan terakhir di Pluit pada Jumat (18/1).

Saluran banjir Kanal Barat, yang dibangun mulai 1922, berawal dari daerah Manggarai ke arah barat melewati Pasar Rumput, Dukuh Atas, lalu membelok ke arah barat laut di daerah Karet Kubur. Selanjutnya ke arah Tanah Abang, Tomang, Grogol, Pademangan, dan berakhir di sebuah "reservoar" di muara, di daerah Pluit. 

'Pindah Ibu Kota, Bukan Solusi untuk Jakarta'

Posted: 18 Jan 2013 11:07 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wacana pemindahan ibu kota negara dari Jakarta menuai pro dan kontra. Ketua Umum DPP Penegak Amanat Reformasi Rakyat (PARRA) Indonesia, Rusli Halim Fadli menilai pemindahan ibu kota bukan solusi untuk Jakarta.

''Saat Jakarta tertimpa bencana banjir seperti saat ini wacana itu muncul kembali dan seolah menjadi jawaban tunggal untuk masalah banjir,'' ujar Rusli kepada Republika Online, Sabtu (19/1).

Menurut dia, persoalan banjir dan macet adalah persoalan manajerial dan kepemimpinan, bukan semata persoalan geografis.

''Dengan APBD yang sangat besar Pemprov Jakarta semestinya lebih berani untuk mengalokasikan anggarannya pada sektor infrastruktur,'' ungkap mantan ketua umum DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah itu.

Rusli menegaskan, macet dan banjir bukan hanya persoalan Jakarta, tetapi persoalan regional. ''Harus dilakukan pembicaraan dengan beberapa kepala daerah seperti Jabar dan Banten,'' tuturnya.

Ia mendesak agar Gubernur DKI Jakarta Jokowi segera berkordinasi dengan gubernur dan kepala daerah yang berada  di sekitar Kakarta. ''Mengapa demikian, karena selain hujan, banjir Jakarta adalah kiriman dari daerah sekitar.''

Menurut Rusli, gagasan tentang megapolitan yang sempat menguat pada era kepemimpinan Sutiyoso perlu diseriusi dan didalami. ''Saya optimistis konsep megapolitan bisa menjadi jalan keluar dan biayanya lebih ringan dari pada sekadar pindah kota yang sudah pasti akan berbiaya tinggi,'' ungkapnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Republika Online

sumber :-

Republika Online


Ini Dia Gaya Hidup Sehat Artis Hollywood

Posted: 18 Jan 2013 06:57 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, Jessica Alba mempunyai misi khusus. Ia berniat menyebarkan gaya hidup sehatnya melalui sebuah buku berjudul The Honest Life. Buku yang rencananya akan terbit pada 2013 ini berisi tips dan trik menjalani hidup dengan sedikit mungkin terpapar racun atau toksik.

Cara memilih makanan alami, memasaknya sendiri, serta memilih perabot rumah yang minim toksik ada dalam buku ini. Alba yang berusia 30 tahun ini memang terkenal sebagai orang yang sangat memperhatikan gaya hidup sehat.

Ia suka memasak makanan sendiri buat dua anak-anaknya, Honor (3 tahun) dan Haven (7 bulan). Bahkan, ia dan suaminya, Cash Warren, baru saja selesai menyiapkan furnitur sederhana buat kamar Haven. Perabot itu mereka sendiri yang mengerjakan.

"Segalanya dalam buku ini adalah hal-hal berarti yang kami lakukan," tuturnya seperti dilansir people.com.Ia juga menjanjikan, buku ini berisi petunjuk praktis dan gampang diaplikasikan. Sebelumnya, Alba telah meluncurkan perusahan bernama The Honest Company bersama rekan bisnisnya, Christopher Gavigan.

Berburu Batik di Pasar Klewer Solo

Posted: 18 Jan 2013 05:50 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID,Solo, kota kecil nan asri dengan kearifan masyarakatnya ternyata memiliki pasar batik terbesar di Indonesia. Jika Anda berkunjung ke Kota Solo, wajib bagi Anda untuk mengunjungi pasar ini.  
Pasar tersebut adalah Pasar Klewer yang terletak di Jl Dr Rajiman Solo Kota.

Mulai dari batik cap seharga belasan ribu rupiah hingga batik tulis seharga jutaan rupiah tersedia di pasar ini. Jenis pakaiannya pun beragam, mulai dari seragam sekolah, hingga kain untuk pernikahan dijual di pasar ini. Nilai-nilai budaya tercermin dari perilaku transaksi Pasar Klewer. Keramahan khas Solo dan prosesi tawar menawar harga menjadi karakteristik tersendiri bagi Pasar Klewer.

Koleksi batik yang ada di Pasar Klewer ini tidak hanya menyediakan batik khas Solo, tetapi juga koleksi batik dari daerah lainnya seperti Batik Banyumas, Pekalongan, Madura, dan batik Jogja. Anda dapat menemukan batik dengan harga murah yang kualitasnya tidak kalah dibanding batik yang dijual di butik atau toko-toko. Produk batik di Pasar Klewer ini tidak hanya dijual eceran, anda juga dapat membelinya secara grosir untuk mendapatkan harga yang jauh lebih murah. Untuk mendapatkan batik dengan harga miring, tentunya keahlian anda dalam menawar akan sangat berpengaruh dalam berburu batik di Pasar Klewer Solo ini.

Untuk mencapai Kota Solo, pada tanggal 23 Januari nanti, maskapai penerbangan Citilink mulai membuka penerbangan penerbangan dari Balikpapan–Solo PP sebanyak satu kali perhari dengan mulai dari Rp. 410.000 sekali jalan. Dengan mengunjungi website www.citilink.co.id pelanggan dapat merencanakan perjalanan, membeli tiket penerbangan, memesan hotel dan memesan makanan di atas pesawat. Selamat berburu batik, Citilinkers! (adv)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPAS.com - Internasional

sumber :-

KOMPAS.com - Internasional


Krisis Sandera di Aljazair Belum Berakhir

Posted: 19 Jan 2013 12:09 AM PST

ALGIERS, KOMPAS.com - Krisis penyanderaan puluhan warga asing di Aljazair belum juga berakhir. Meskipun pasukan Aljazair telah melakukan operasi militer untuk membebaskan para sandera, yang ditawan kelompok militan sayap Al Qaeda itu, nasib para korban tersebut belum bisa dipastikan.

Hingga Jumat (18/1/2013), pernyataan berbeda-beda yang disampaikan pihak terkait telah mengacaukan pemahaman terhadap peristiwa dan membuat berang para pemimpin Barat.

Pemerintah Aljazair mengatakan, serangan terhadap militan telah berakhir. Namun, Kementerian Luar Negeri Inggris menyatakan, "Insiden teroris masih berlangsung." Tidak ada rincian lebih lanjut atas pernyataan-pernyataan itu.

Menteri Dalam Negeri Perancis Manuel Valls mengatakan, situasi masih tetap keruh dan tak pasti.

Para pejabat Aljazair sebelumnya mengatakan, enam sandera dan delapan milisi penyandera tewas dalam serangan hari Kamis. Sumber lain menyebutkan, 25 sandera melarikan diri dan 4 lainnya telah dibebaskan.

Kantor berita Associated Press (AP) menyebutkan, enam orang tewas, termasuk warga Inggris, Filipina, dan Aljazair.

Namun, pihak penyandera mengklaim, sedikitnya 34 sandera telah tewas dalam serangan pasukan Aljazair, Kamis.

Para sandera dari Irlandia dan Norwegia dilaporkan telah melarikan diri dari In Amenas. Namun, puluhan lainnya masih belum ditemukan, yakni para sandera dari AS, Inggris, Perancis, Norwegia, Romania, Malaysia, Jepang, Aljazair, dan para milisi itu sendiri.

"Situasi yang berkembang dan banyak detail lain pun belum jelas. Namun, tanggung jawab atas peristiwa tragis dua hari terakhir ini tetap berada di tangan para teroris yang memilih menyerang para pekerja tak bersalah, membunuh beberapa orang, dan menyandera yang lain," kata Menteri Luar Negeri Inggris William Hague.

WNI selamat

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri RI membenarkan bahwa ada satu warga negara Indonesia di antara para sandera. Namun, WNI bernama Andri Ansari, yang bekerja di perusahaan eksplorasi minyak BP, berhasil lolos.

Menurut juru bicara Kemlu, Michael Tene, Andri telah diterbangkan ke London, Inggris, oleh perusahaannya itu sejak Kamis dan akan dipulangkan ke Indonesia dalam waktu dekat.

Kantor berita Malaysia, Bernama, mengutip pernyataan Menlu Malaysia Datuk Seri Anifah Aman, yang membenarkan bahwa terdapat dua warga Malaysia di antara para sandera itu.

Anifah menyatakan, ia telah meminta Menlu Aljazair Mourad Medelci untuk memastikan pembebasan dan keselamatan dua warga negara Malaysia itu.

Militer Aljazair, yang memiliki banyak pengalaman memerangi kelompok garis keras, menepis tawaran bantuan asing. Hanya mereka yang melakukan operasi pembebasan para sandera dan mengendalikan informasi kepada publik, bahkan kepada para pemimpin Barat.

Dalam keadaan hidup

Wakil Menlu Jepang memanggil Duta Besar Aljazair untuk Jepang, Jumat, dan meminta agar Aljazair memprioritaskan pembebasan warganya dalam keadaan hidup.

Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe mempersingkat kunjungannya ke Indonesia untuk segera menangani krisis sandera ini. Dalam jumpa pers seusai bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Istana Merdeka, Jumat siang, Abe mengecam aksi terorisme di Aljazair. Menurut dia, terorisme tak boleh dibiarkan. "Kami akan terus berjuang melawan terorisme," ujarnya.

Abe menambahkan, Pemerintah Jepang bekerja sama dengan pihak terkait lainnya untuk memperoleh informasi selengkap mungkin seputar apa yang terjadi di Aljazair. Ia meminta Aljazair menjadikan perlindungan korban sebagai prioritas.

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Leon Panetta mengaku telah berkoordinasi dengan Inggris dan Aljazair untuk memetakan situasi di lapangan dan berusaha membebaskan para sandera dalam keadaan selamat.

Sebelumnya, Pemerintah AS telah mengirim sebuah pesawat tak berawak untuk memantau situasi di ladang gas yang terletak di pedalaman Gurun Sahara, sekitar 1.200 kilometer dari ibu kota Algiers. Belum ada laporan hasil pengamatan itu.

Melarikan diri

Para milisi, yang diperkirakan berjumlah sekitar 20 orang, menyerbu ladang gas In Amenas yang dioperasikan bersama oleh BP, Statoil (Norwegia), dan Sonatrach (Aljazair), Rabu lalu. Pasukan keamanan Aljazair langsung bergerak mengepung lokasi penyanderaan itu.

Hari Kamis, pasukan Aljazair langsung menyerbu. Serangan itu dilaporkan melibatkan helikopter tempur. Algiers menyatakan, pihaknya melakukan tindakan keras karena kelompok militan itu berusaha melarikan diri dengan para sandera.

Keputusan Pemerintah Aljazair itu disayangkan negara-negara tempat para sandera berasal. Inggris, AS, dan beberapa negara lain menyatakan sama sekali tidak diberi tahu sebelumnya soal rencana serangan tersebut.

PM Inggris David Cameron sampai dua kali menelepon PM Aljazair Abdelmalek Sellal, mendesak agar setiap tindakan dikonsultasikan dulu dengan negara-negara asal para sandera.

Menteri Dalam Negeri Aljazair Dahou Ould Kablia mengatakan, kelompok militan ini berasal dari negaranya, bukan dari Mali atau Libya. Kelompok ini menamakan diri "Batalyon Darah", yang dipimpin salah satu tokoh jaringan Al Qaeda di Afrika Utara (AQIM), Mokhtar Belmokhtar. (DWA/ATO/AFP/AP/REUTERS/CAL)

Wartawan Al-Jazeera Tewas Ditembak di Suriah

Posted: 18 Jan 2013 08:19 PM PST

Wartawan Al-Jazeera Tewas Ditembak di Suriah

Sabtu, 19 Januari 2013 | 04:19 WIB

BEIRUT, KOMPAS.com — Seorang penembak gelap membunuh wartawan Al-Jazeera bernama Mohammed Hourani di Provinsi Daraa bagian selatan Suriah pada Jumat (19/1/2013). Berita tersebut dilansir stasiun televisi yang berkantor pusat di Qatar tersebut.

"Mohammed Hourani dibunuh oleh penembak gelap dari pihak rezim di Basr al-Haris, Provinsi Daraa, saat dia sedang meliput peperangan yang terjadi di daerah tersebut," demikian dikutip dari siaran Al-Jazeera.

Sebelum bergabung dengan Al-Jazeera, Hourani adalah aktivis revolusi yang ingin menurunkan Presiden Suriah Bashar al-Assad. Hourani adalah wartawan kedua yang terbunuh oleh penembak jarak jauh dalam 24 jam terakhir di Suriah, yang sedang mengalami perang saudara.

Sebelumnya pada Kamis, seorang jurnalis Perancis, Yves Deaby, juga ditembak mati di bagian utara kota Aleppo. Hal ini diungkapkan Syrian Observatory for Human Rights.

Menurut perhitungan AFP dan organisasi Reporters Without Borders yang bermarkas di Paris, Perancis, setidaknya ada 20 wartawan terbunuh di Suriah selama 22 bulan konflik di negara itu. Jumlah kematian itu belum memperhitungkan kematian warga sipil lain non-jurnalis yang merekam kekerasan di Suriah untuk dikabarkan ke dunia.

Editor :

Glori K. Wadrianto

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Berita Terkini

sumber :-

ANTARA - Berita Terkini


Status Siaga di sejumlah titik

Posted: 18 Jan 2013 07:53 PM PST

Jakarta (ANTARA News) - Humas DKI Jakarta dalam pesannya yang kemudian ditwit TMC Polda Metro Jaya berturut-turut mengumumkan  Siaga di beberapa titik di mana tinggi muka air sudah lebih dari 100 cm, diantaranya wilayah Karet. 

DKI Jakarta juga mengumumkan tinggi muka air di Sunter Selatan pada pukul 9.00 WIB Sabtu ini mencapai 176 cm, sedangkan cuaca sendiri terang, namun statusnya Siaga II (Rawan).

Humas Pemda DKI Jakarta melaporkan bahwa tinggi muka air di bendungan Katulampa, Bogor, sampai Sabtu pukul 10.00 WIB ini adalah 80 cm. "...Cuaca:Mendung Tipis, Status: SIAGA III (Waspada)," demikian twit TMC Polda Metro mengutip pesan Pemda DKI.

Selain itu, sejumlah titik ibukota Jakarta masih direndam banjir termasuk air setinggi 70-90 cm di seputaran lampu lintas Atmajaya yang sementara ini belum bisa dilintasi kendaraan.

Demikian pula Pluit Raya Utara, dekat PLTU, di mana air setinggi 70-90 cm masih menggenangi daerah ini.  Ketinggian muka air sama juga terjadi di Penjaringan, dekat Apartemen Tematik).

Kendaraan-kendaraan juga belum bisa melintasi  Jl. Baru Ancol, depan Pengadilan Negeri Jakarta Utara karena ada genangan air setinggi 40 cm, sedangkan sepanjangan Yos Sudarso - MOI - Boulevard barat, Kepala Gading, lalu lintas melancar dan diberitakan ramai lancar oleh kepolisian. (*)

Pengungsi berebut pakaian dan biskuit

Posted: 18 Jan 2013 07:49 PM PST

Jakarta (ANTARA News) - Pengungsi korban banjir Kampung Pulo di Jatinegara Barat, Jakarta Timur berebut pakaian bekas layak pakai dan dan biskuit yang dibagikan di posko pengungsian.

Pantauan ANTARA di Jatinegara Barat, Jakarta Timur, Sabtu, setiap pakaian layak pakai dibagikan langsung habis dibagikan.

Sementara saat pembagian biskuit khusus anak-anak, orang dewasa juga turut antri untuk mendapatkan biskuit.

Petugas polisi yang mengkoordinasikan pembagian terpaksa menertibkan pengungsi karena biskuit bantuan tersebut khusus untuk anak-anak tapi banyak orang dewasa yang antri dan masih ada yang tidak ikut mengantri.

Biskuit yang dibagikan menimbulkan antrian yang cukup panjang. Hingga biskuit habis dibagikan masih banyak warga yang antri.

"Kami menunggu pembagian biskuit. Karena tempat kami jauh dari posko sering tidak kebagian," kata Lilis, warga RT 6 RW 2 kampung Pulo.

Sekitar 12.000 jiwa warga kampung Pulo mengungsi akibat banjir dari luapan sungai Ciliwung. Pengungsi menempati ruas Jalan Jatinegara Barat sehingga harus ditutup total.

Permukiman mereka merupakan salah satu wilayah yang terparah terkena dampak banjir dimana ketinggian air mencapai atap rumah warga.

Saat ini ketinggian air mulai surut sekitar 40 cm, namun karena ketinggian air masih mencapai dua meter sehingga warga masih belum bisa pulang ke rumah.
(D016)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Utusan Online - Luar Negara

sumber :-

Utusan Online - Luar Negara


Seorang penyerang kompleks gas Algeria ditangkap

Posted: 18 Jan 2013 11:36 AM PST

[unable to retrieve full-text content]Algiers 19 Jan. - Pasukan keselamatan Algeria berjaya menangkap seorang daripada lelaki bersenjata yang menyerang kompleks pemprosesan minyak dan gas di timur negara ini, lapor akhbar El Watan, semalam.

Myanmar henti tindakan ketenteraan ke atas pemberontak Kachin

Posted: 18 Jan 2013 11:35 AM PST

[unable to retrieve full-text content]NAYPYIDAW 19 Jan. - Myanmar semalam mengumumkan untuk menghentikan tindakan ketenteraan ke atas pemberontak Kachin di utara negeri Kachin di tengah-tengah kebimbangan antarabangsa berhubung konflik itu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Berita Harian: Dunia

sumber :-

Berita Harian: Dunia


China jadikan bunuh diri perbuatan jenayah

Posted: 18 Jan 2013 02:26 PM PST

Beijing cuba tangani protes penduduk Tibet membakar diri

Beijing: China cuba menangani tindakan membakar diri penduduk Tibet dengan menjadikan bunuh diri sebagai jenayah selain menahan rakan penunjuk perasaan dan merampas beribu-ribu piring televisyen satelit.

Tindakan keras itu memberikan petunjuk awal kepemimpinan baru negara itu tidak akan mengalah kepada Tibet di sebalik bantahan dengan membakar diri dan kritikan antarabangsa.

Selama berbulan-bulan, ketika penduduk Tibet di seluruh barat China membakar diri, pihak berkuasa bertindak balas dengan menghantar anggota keselamatan mengepung kawasan berkenaan dan menghalang sebarang aliran keluar maklumat tetapi usaha itu tidak menghentikan atau mengurangkan bantahan.

Kes membakar diri memuncak November lalu ketika Parti Komunis China mengadakan Kongres mengenai peralihan kepemimpinan.

Kerja pasukan asing

Disember lalu, Beijing mengumumkan menerusi akhbar bahawa kejadian itu kerja pasukan asing yang mahu memisahkan Tibet dengan Tanah Besar.

Ia memberi amaran, mereka yang membantu orang lain membakar diri boleh didakwa kerana membunuh. Penangkapan segera dilakukan.
"Tibet semakin mendapat tempat dalam berita utama dunia kerana kes membakar diri dan ada kebimbangan untuk mengawalnya.

"Kepemimpinan baru terutama bimbang untuk memastikan masalah ini tidak menjejaskan reputasi mereka," kata Profesor Undang-Undang dan Pakar Tibet di Universiti Hong Kong, Michael Davis.

Beliau menjangka Beijing akan terus menggunakan kekerasan.

Hampir 100 sami Tibet, paderi wanita dan penduduk biasa membakar diri sejak 2009, menggesa Beijing membenarkan kebebasan beragama lebih luas dan kepulangan pemimpin tertinggi Tibet yang kini hidup dalam buangan, Dalai Lama.

"Saya rasa kes bakar diri dan semua yang lain menunjukkan mereka tidak diterima penduduk Tibet dan semakin China menindas, semakin teruk tentangan yang mereka hadapi," kata Davis. - AP

Kumpulan Bertopeng ikrar mahu culik lagi

Posted: 18 Jan 2013 02:19 PM PST

Dakar: Kumpulan yang mendakwa bertanggungjawab menculik orang asing di sebuah loji gas padang pasir di Algeria sedia melakukan lebih banyak operasi lagi.

Sehubungan itu, briged 'Kumpulan Bertopeng' (The Masked Ones) memberi amaran kepada penduduk tempatan supaya menjauhi lokasi syarikat asing, lapor agensi berita ANI yang memetik jurucakapnya.

"Kami berikrar akan melakukan operasi baru selepas ini terhadap pemerintah," katanya.

Mengulas mengenai tindakan menculik pekerja asing dan tempatan di In Amenas, dia berkata, kumpulan itu sudah berlatih hampir dua bulan mengenai tindakan mengusir askar asing di Mali.

"Kami tahu kerajaan (Algeria) akan jadi sekutu Perancis menentang Azawad," katanya, merujuk kepada nama pemberontak di Mali.

Tidak dapat disahkan laporan itu tetapi ANI ada hubungan rapat dengan kumpulan yang diketuai lelaki Algeria, Mokhtar Belmokhtar, veteran mujahidin Afghanistan dan perang saudara Algeria selain digelar 'Mr Marlboro.' kerana terbabit dalam penyeludupan di kawasan Sahara.

Enam tebusan maut

Sekurang-kurangnya 22 tebusan warga asing masih tidak ditemui sejak Jumaat lalu di loji gas berkenaan yang masih dikepung askar Algeria.

Sekurang-kurangnya enam orang atau mungkin lebih ramai menemui ajal termasuk tebusan Britain, Filipina dan Algeria selepas tentera kerajaan cuba membebaskan mereka di loji Ain Amenas, 1,300 kilometer ke selatan Algiers.

Berpuluh-puluh lagi pekerja masih dicari termasuk warga Amerika, Britain, Perancis, Norway, Romania, Malaysia, Jepun dan Algeria.

Kerajaan Algeria yang sudah biasa menghadapi keganasan menolak tawaran asing untuk membantu dan mengawal aliran maklumat kepada pihak lain termasuk pemimpin Barat. - AGENSI

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi international.okezone.com

sumber :-

Sindikasi international.okezone.com


Anjing Berkaki Tiga Curi Sosis di Minimarket

Posted: 18 Jan 2013 05:10 AM PST

INVERCARGILL – Seekor anjing berkaki tiga bernama Oscar tertangkap kamera pengawas mencuri sosis di sebuah minimarket di Kota Invercargill, Selandia Baru. Saat ini Oscar pun mendekam di tempat penampungan hewan.

Sebenarnya Oscar bukanlah hewan liar dan memiliki seorang majikan. Namun majikannya itu dikabarkan sedang bepergian ke luar kota sehingga Oscar sempat tidak terurus.

Oscar disebutkan melakukan aksinya itu sebanyak dua kali. Aksi pertama dilakukannya pada 4 Januari lalu, anjing tersebut mengambil sebuah sosis dan menyantapnya sesaat setelah berhasil kabur dari minimarket itu. Demikian diberitakan Examiner, Jumat (18/1/2013).

Menganggap aksi pertamanya sukses, Oscar pun berusaha mengulangi aksinya itu lima hari kemudian. Namun kini petugas minimarket telah lebih siap dan berhasil menangkap basah si anjing.

Petugas minmarket pun mengikat Oscar dan menaruhnya di luar minimarket. Oscar kemudian dilepaskan dan diberikan ke tempat penampungan hewan setelah cucu dari pemilik minimarket kasihan dengan keadaannya yang berkaki tiga.

Oscar berada di tempat penampungan hewan hingga majikannya pulang dari perjalanannya. Sebenarnya sang majikan telah menitipkan Oscar pada seorang tetangga, namun kurang baik dalam menjaga Oscar.(faj)

Selama 40 Jam, Korban Sandera Sembunyi di Tempat Tidur

Posted: 18 Jan 2013 05:06 AM PST

PARIS - Seorang warga negara Prancis yang sempat lolos dari penyanderaan di kilang gas di Aljazair, menceritakan kisahnya saat menyelamatkan diri dari aksi penyanderaan. Warga Prancis itu bersembunyi selama 40 jam di bawah tempat tidurnya, sebelum diselamatkan oleh militer Aljazair.

Alexandre Berceaux yang merupakan karyawan CIS Catering di kompleks kilang tersebut mengatakan, serangan dari kelompok militan berlangsung sangat cepat. Menurutnya, semua yang berada di kompleks itu terkejut dengan aksi penyanderaan.

Penyanderaan ini terjadi pada Rabu 16 Januari lalu. "Saya mendengar suara tembakan. Kami kira itu adalah latihan biasa karena alarm menyuruh kami untuk menyelamatkan diri. Saya tidak tahu apakah itu latihan atau tidak," ujar Berceaux, seperti dikutip Europe 1, Jumat (18/1/2013).

"Saya bertahan di kamar selama 40 jam. Saya bersembunyi di bawah tempat tidur dan menutupnya dengan papan. Di bawah tempat tidur itu, saya bertahan dengan sedikit makanan dan minuman yang tidak tahu bisa digunakan untuk berapa lama," tuturnya.

Berceaux mengaku dirinya ditemukan oleh orang yang diyakininya sebagai militer Aljazair. "Mereka adalah prajurit yang mengenakan seragam berwarna hijau. Saya kira mereka adalah prajurit Aljazair. Beberapa teman saya diselamatkan pula oleh mereka," jelasnya.

"Beberapa waktu ada terdengar suara tembakan. Banyak korban tewas saat itu, mulai dari para teroris, pekerja asing serta warga lokal," cerita Berceaux menggambarkan penggerebekan militer Aljazair.

Pria Prancis itu menyebutkan adanya beberapa orang terluka di dalam restoran. Sementara tiga orang warga negara Inggris yang bersembunyi di langit-langit berhasil diselamatkan juga oleh militer Aljazair.

Aljazair dirudung kecaman dari dunia internasional karena banyaknya korban yang merupakan warga asing tewas. Dilaporkan masih banyak warga asing yang hilang, usai militer Aljazair melakukan operasi untuk membebaskan para sandera dari tangan militan pimpinan Mokhtar Belmokhtar.(faj)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPAS.com - Nasional

sumber :-

KOMPAS.com - Nasional


Fadli Zon: Pemisahan Pusat Pemerintahan dan Bisnis, Solusi Alternatif

Posted: 18 Jan 2013 06:59 AM PST

Fadli Zon: Pemisahan Pusat Pemerintahan dan Bisnis, Solusi Alternatif

Penulis : BNJ | Jumat, 18 Januari 2013 | 21:42 WIB

KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon (kanan) bersama Sekretaris Jenderal Ahmad Muzani membentangkan spanduk penolakan Gerindra terhadap pembangunan gedung baru DPR seusai pembacaan sikap Partai Gerindra di Ruang Wartawan, Gedung DPR, Jakarta, Selasa (11/1). Gerindra menganggap belum perlu membangun gedung senilai sekitar Rp 1,3 triliun tersebut dan lebih baik anggarannya dialokasikan untuk kepentingan masyarakat.

TERKAIT:

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir Jakarta telah melumpuhkan aktivitas pemerintahan dan bisnis dua hari ini. Perlu kebijakan lebih strategis ke depan agar dampak kerugian banjir di ibukota tak terulang. Kerugian kini diperkirakan mencapai 1.5 rupiah miliar per jam.

"Wacana lama yang perlu dikaji adalah pemindahan ibukota ke daerah baru. Namun, perlu kajian mendalam agar lokasi baru benar-benar mendukung," kata Fadli Zon dalam pernyataan tertulisnya di Jakarta, Jumat (18/1/2013).

Menurut Fadli, Presiden Soekarno tahun 1957 pernah menggagas ibukota dipindah ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Soekarno memandang Jakarta tak akan mampu menampung sekaligus pusat pemerintah dan bisnis.

Palangkaraya dipilih selain Kalimantan sebagai pulau terbesar, juga posisinya berada di tengah gugus pulau Indonesia. "Begitupun Presiden Soeharto pernah mewacanakan pemindahan ibukota ke Jonggol, Bogor, dengan akses yang tak terlalu jauh dari Jakarta," katanya.

Ide pemindahan ibukota ini sangat realistis untuk mengurangi beban aktivitas di Jakarta. Tapi tentu perlu diteliti untung ruginya. Sebagai contoh, kata Fadli Zon, Malaysia memindahkan kota pemerintahan dari Kuala Lumpur ke Putra Jaya.

"Di Putra Jaya semua gedung pemerintahan terintegrasi dalam satu komplek area. Ini memudahkan aktivitas pemerintahan dan pelayanan masyarakat," kata Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra.

Menurut Fadli, untuk merealisasikan pemisahan tersebut, para ahli harus membantu pemerintah pusat menentukan daerah baru pusat pemerintahan. Jakarta bisa menjadi pusat bisnis, dan daerah baru nanti menjadi pusat pemerintahan.

"Tentu daerah baru nanti bisa dicari yang mudah aksesnya dan lingkungannya mendukung," katanya.

Dengan pemisahan pusat pemerintahan dan bisnis, Jakarta bisa menjadi kota yang sehat, manusiawi, dan resiko kerugian pun lebih kecil ketika terjadi musibah serupa.

Keterpilihan Kriteria Utama Caleg Golkar

Posted: 18 Jan 2013 06:27 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Golkar lebih mengutamakan keterpilihan, ketimbang kriteria bebas dari masalah hukum untuk menyeleksi calon-calon legislatif pada Pemilu 2014. Padahal, masyarakat mengharapkan caleg yang ditawarkan partai-partai politik, bukanlah politisi busuk apalagi korup.

"Kami akan memilih caleg terbaik. Pemilihan caleg diputus secara internal dan kriterianya tidak tertulis untuk publik, tapi ini taruhan untuk memenangkan pemilu sehingga otomatis kader yang bisa menang di daerahnya yang dipilih," kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar, Priyo Budi Santoso, Jumat (18/1/2013) di Jakarta.

Secara terpisah, Ketua DPP Partai Golkar Ahmadi Noor Supit menambahkan, selain sesuai persyaratan yang diatur perundang-undangan, caleg harus sudah menjadi kader minimal lima tahun berturut-turut, dan mengisi surat kesediaan menjadi caleg.

Setelah surat kesediaan ini dikembalikan, barulah seleksi calon legislatif dilakukan, dengan menilai antara lain prestasi, pendidikan, keterpilihan.

Menurut Noor Supit, salah satu kriteria yang paling besar bobotnya adalah keterpilihan. Salah satu instrumen untuk menilainya adalah survei yang diterapkan untuk semua calon pada Februari 2013.

Adapun kader yang bermasalah dengan hukum, tambahnya, diperkirakan tidak mencalonkan diri. "Kelihatannya sudah ada kesadaran untuk tidak mencalonkan diri. Berat juga kan. Kalau sudah tercela, mana mungkin terpilih," tuturnya.

Namun, dalam dalam paripurna rapat pimpinan nasional Partai Golkar 29 Oktober 2012, banyak fungsionaris yang menentang kriteria caleg berekam jejak baik. Akhirnya, bebas dari masalah hukum tidak menjadi kriteria dalam pencalegan Partai Golkar.

Dalam jumpa pers seusai penutupan rapimnas, Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie hanya mengatakan, kriteria prestasi disiplin loyalitas dan tidak tercela (PDLT), tetap menjadi kriteria caleg, tetapi dengan perkecualian-perkecualian (Kompas, 31 Oktober 2012).

Terkait platform dan program yang akan disampaikan dalam kampanye, menurut Priyo, tim pengkajian dan tim ahli sudah dibentuk untuk mempersiapkannya. Akademisi dan ahli juga diundang untuk memberi masukan, tetapi dipilih oleh tim tersebut.

"Sejak tahun pertama kepengurusan ini , (penyiapan platform) sudah mulai. Sampai sekarang masih dimatangkan. Tahun 2013 ini pemantapan untuk Golkar," ujarnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi celebrity.okezone.com

sumber :-

Sindikasi celebrity.okezone.com


Indra "Aira" Nekat Terobos Banjir Jakarta

Posted: 18 Jan 2013 07:25 AM PST

Jum'at, 18 Januari 2013 22:25 wib
Egie Gusman - Okezone

JAKARTA- Vokalis band Aira, Indra terkejut ketika sampai di Bandara Soekarno-Hatta sepulangnya menjalani tur di Jawa. Banjir melumpuhkan kawasan Jakarta dan sekitarnya.

"Sampai di Jakarta harus menerobos banjir dan kena macet sampai empat jam," ujar Indra saat dihubungi lewat telepon.

Padahal, kata Indra, jika dalam keadaan normal, jarak tempuh Bandara Soetta ke rumahnya di Kebayoran Baru hanya memakan waktu 15 menit.

Meski tak menjadi korban banjir, Indra sempat mengalami kebanjiran saat melakoni tur di Semarang. Hotel tempat mereka menginap dimasuki air akibat hujan lebat.

"Siap hari di Semarang hujannya lebat. Akhirnya banjir masuk ke hotel tempat kami nginap di daerah Jalan Imam Bonjol. Gue sama anak-anak sampai bisa nangkap ikan kolam yang lepas," katanya. 

(rik)

Kristen Stewart Lebih Suka Adegan Bugil daripada Menari

Posted: 18 Jan 2013 07:14 AM PST

Jum'at, 18 Januari 2013 22:14 wib
Elang Riki Yanuar - Okezone

LOS ANGELES- Kristen Stewart bicara tentang perannya di film On The Road. Di film ini, Kristen tampil lebih berani dari film-film yang pernah dia perankan dulu.

Kekasih Robert Pattinson ini berani melepas semua busananya dan melakukan adegan seks. Kristen pun mengakui, melakukan adegan telanjang lebih mudah daripada harus melakoni adegan menari di film ini.

"Semua orang bertanya tentang adegan telanjang di film On The Road. Tapi aku juga harus menari di film ini. Menari lebih sulit daripada harus telanjang," kata Kristen seperti dikutip Popeater, Jumat (18/1/2013).

Meski adegan ini termasuk pertama kali dia jalani, Kristen tak merasa melakukan lompatan besar dalam kariernya. Kristen mengakui masih suka malu dan tidak menikmati menjadi pusat perhatian orang-orang.

"Aku tidak merasa seperti aku melangkah keluar dari diriku ketika aku mengambil bagian. Aku tidak akan tertarik pada sebuah proyek jika Anda harus berpura-pura," katanya.

(rik)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

detikcom

sumber :-

detikcom


Tolong! Korban Banjir di Teluk Gong Belum Dapatkan Bantuan

Posted: 18 Jan 2013 12:35 PM PST

Cari Penawaran Terbaik di Sini

Rancang Perjalananmu di Sini

Evakuasi Korban Banjir 'Tsunami' di Plaza UOB Dilanjutkan Pukul 7 Pagi

Posted: 18 Jan 2013 12:01 PM PST

Cari Penawaran Terbaik di Sini

Rancang Perjalananmu di Sini

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi lifestyle.okezone.com

sumber :-

Sindikasi lifestyle.okezone.com


Nassar Larang Istri Pakai Baju Ketat

Posted: 18 Jan 2013 11:03 AM PST

© 2007 - 2013 okezone.com, All Rights Reserved
Connection by: BizNET
read/ rendering in 0.4013 seconds [88]

Ide Nakal Goda si Dia Sebelum Bercinta

Posted: 18 Jan 2013 09:01 AM PST

TIDAK hanya wanita yang ingin dirayu. Pria pun  ingin diperlakukan hal yang sama. Nah, untuk dapat merayunya Anda cukup melakukan cara sederhana berikut. Hatinya pun luluh dibuatnya.

Jika Anda telah mengetahui rahasia untuk dapat memuaskan pasangan Anda, maka praktekkan sesegera mungkin. Karena hal itu dapat membangkitkan gairah sensual guna kebahagiaan kehidupan bersama. Di luar itu, Anda dapat membangkitkan gairahnya sebelum bercinta dengan ide nakal di bawa ini, seperti dilansir Mid Day.

Pakai kaos oblong

Berpikirlah liar dan sedikit nakal seperti orang barat. Kenakan kaos oblong, ingat untuk tetap membiarkan rambut Anda terurai dan berikan sentuhan keriting pada ujung rambut dimana membuat tampilan Anda terlihat seksi. Kaos oblong tersebut bisa dipadukan dengan sepatu boots seksi bertumit tinggi dan topi jerami layaknya koboi.

Kemeja putih

Kemeja putih mungkin bisa membosankan, tapi tidak berlaku saat Anda ingin menggoda pria. Pasalnya, dengan mengenakan kemeja putih dapat menjadi aksesori yang sempurna untuk malam yang penuh gairah. Kenakan kemeja putih dengan membiarkan kancing bagian atas terbuka hingga belahan dada Anda. Sesuatu yang sederhana seperti mengenakan kemeja putih sedikit transparan dapat bekerja penuh menciptakan keajaiban sebelum bercinta.

Tuksedo

Timbulkan keseksian dengan memakai tuksedo dan sepasang hot pants. Ikat rambut Anda membentuk kuncir kuda agar terlihat menggoda dan manis. Goda pasangan Anda dengan penuh tatapan pandangan menggoda. Setelah itu, lihat reaksinya yang seakan ingin menggigit Anda. (ind) (tty)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS