ANTARA - Peristiwa

sumber :-

ANTARA - Peristiwa


Mensos tinjau posko pengungsi korban banjir

Posted: 18 Jan 2013 07:36 AM PST

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri meninjau sejumlah posko pengungsi korban banjir, berikut dapur umum di wilayah Jakarta Barat, Jumat malam.

Mensos meninjau posko pengungsi di Tanjung Duren Utara Kecamatan Grogol, dapur umum Kecamatan Cengkareng dan posko pengungsi Duta Indah Rawa Buaya, Jakarta Barat.

Dalam peninjauannya Mensos melihat stok penyangga (buffer stok) berupa permakanan, kebutuhan wanita dan anak-anak yang diperkirakan cukup untuk dua hari ke depan.

Mensos juga berdialog dengan para pengungsi menanyakan kebutuhan apa yang masih diperlukan.

Kementerian Sosial sudah menyalurkan Rp4,5 miliar anggaran untuk stok penyangga (buffer stok) penanganan banjir di ibu kota Jakarta.

"Rp4,5 miliar sudah dikeluarkan untuk buffer stok sebelum 2013," kata Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri sebelumnya saat meninjau posko pengungsian korban banjir di Kelurahan Bukit Duri, Jakarta Selatan, Kamis.

Pada peninjauan tersebut Mensos menyerahkan bantuan 10.000 lembar selimut senilai Rp540 juta, 500 tenda gulung dan 50 ton beras.

Bantuan tersebut disalurkan untuk semua titik pengungsian. Banjir menggenangi 500 RT, 203 RW di 44 kelurahan yang tersebar di 25 kecamatan. Jumlah penduduk yang terendam 25.276 KK atau 94.624 jiwa.

(D016)

Korban banjir Bidara Cina serbu bengkel gratis

Posted: 18 Jan 2013 07:12 AM PST

Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah warga yang nekad menerjang banjir dengan sepeda motornya di Jalan Otista, Bidara Cina, menyerbu layanan bengkel gratis yang terletak dekat terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur.

"Kami menilai bengkel gratis sangat dibutuhkan warga," kata Koordinator lapangan Bengkel Gratis Akhmad Zaenudin, saat ditemui di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, bengkel gratis "dadakan" ini timbul dari inisiatif Institut Kemandirian Dompet Dhuafa, guna membantu warga yang terkena banjir.

"Jumat ini merupakan hari pertama layanan bengkel gratis beroperasi. Sejak pukul 18.00 WIB hingga 20.30 WIB," kata Akhmad, seraya menambahkan sudah 31 pengendara sepeda motor meminta bantuan bengkel gratis.

"Rata-rata perbaikan ringan karena terendam air seperti busi yang tidak berfungsi atau komponen mesin yang terendam air," ujarnya.

Bengkel gratis mengerahkan lima montir dan selanjutnya akan berkeliling mencari titik lokasi banjir yang masih banyak dilewati oleh pengendara motor.

"Para montir ini sudah terlatih karena lulusan bidang otomotif semua," ujarnya.

Salah satu pengendara motor korban banjir, Hengky Maukar, mengatakan layanan bengkel gratis ini seharusnya dapat ditiru oleh yayasan-yayasan lain.

Bahkan pemerintah dapat mengikuti insiatif ini agar masyarakat lebih merasakan kepedulian para elit pejabat di tengah bencana seperti ini.

"Ini positif sekali, apalagi gratis, baru kena musibah dan ada yang gratis," ujar Hengky yang merupakan warga asli Bidara Cina.

Berdasarkan pantauan di lapangan, genangan air di Jalan Otista kembali meninggi, setelah sempat surut pada Jumat siang.

Bahkan para pengendara motor kini dialihkan menuju jalan "bypass" ke daerah Cawang

Hal ini diduga karena meluapnya Sungai Ciliwung akibat kiriman air dari Depok pada malam ini. (I029/Z002)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen