KOMPAS.com - Internasional

sumber :-

KOMPAS.com - Internasional


Pekerja Bandara Mogok, Penerbangan Libya Kacau

Posted: 14 Dec 2011 03:27 AM PST

TRIPOLI, KOMPAS.com — Pengawas lalu lintas udara di Libya melancarkan pemogokan pada Selasa (13/12/2011) sehingga memengaruhi penerbangan di ibu kota negeri itu, Tripoli, dan kota besar lain, kata beberapa pejabat penerbangan.

Libya telah berusaha mengembalikan kegiatan seperti biasa setelah perang saudara yang menggulingkan orang yang lama menjadi pemimpin negeri tersebut, Moammar Khadafy. Namun, masalah keamanan dan kekacauan masih mengganggu angkutan.

Pengawas lalu lintas udara meninggalkan pekerjaan mereka pada Selasa pagi sebab mereka tak senang dengan pengangkatan manajemen baru, kata seorang sumber di penerbangan.

Pemogokan tersebut memengaruhi bandar udara di ibu kota Libya, Tripoli; kota Benghazi di bagian timur; dan Sabha di Libya selatan. Tidak jelas jumlah penerbangan yang terpengaruh. Seperti diketahui, beberapa perusahaan penerbangan internasional mengoperasikan penerbangan ke Libya setiap hari.

Komandan satuan milisi yang menguasai Bandara Internasional Tripoli, Mukhtar Al-Akhdar, mengatakan, penerbangan dilanjutkan setelah pukul 16.00 waktu setempat, dan tak ada pesawat sipil yang telah diperkenankan mendarat atau berangkat sebelum waktu itu.

"Satu pesawat Tunisia akan datang ... ke Tripoli hari ini, mereka tak bisa menerimanya," kata Al-Akhdar sebagaimana dikutip Reuters. "Menara memberitahu pilot dan ia terbang ke Djerba (di Tunisia selatan di dekat perbatasan dengan Libya)."

Pengawas lalu lintas udara gagal memberi perusahaan penerbangan pemberitahuan 72 jam yang diperlukan mengenai pemogokan sehingga menambah parah dampak pemogokan, kata pemimpin dinas penerbangan sipil Libya, Abdelrezzag Zaatout.

Setelah perundingan dengan pihak manajemen, para pekerja sepakat untuk kembali bekerja, katanya. "Mereka akan kembali ke pekerjaan mereka dan tuntutan mereka akan dipenuhi," ia mengatakan kepada Reuters, tanpa memberi perincian.

Pada November, perusahaan penerbangan Tunisia sempat menghentikan penerbangan ke Tripoli setelah sekelompok pemrotes, sebagian bersenjata, mendatangi tarmac di bandar udara Mitiga di kota itu dan mencegah satu jet Tunisia lepas landas selama beberapa jam.

Tunisia juga telah menutup dua pos penyeberangannya dengan Libya dan menyatakan bahwa Tripoli gagal mengendalikan milisi yang tak bisa diatur di daerah tersebut.

Full content generated by Get Full RSS.

Korban Tewas di Pasar Natal Belgia Jadi 5 Orang

Posted: 14 Dec 2011 03:27 AM PST

LIEGE, KOMPAS.com - Serangan dengan granat dan senjata di pasar Natal kota Liege, Belgia timur, Selasa (13/12/2011) menyebabkan lima orang tewas, termasuk penyerang, dan 119 orang lainnya cedera, kata pihak berwenang.

Seorang bayi usia 23 bulan meninggal di rumah sakit pada Selasa malam setelah terluka dalam serangan di alun-alun di pusat kota itu, kata Katrin Delcourt, juru bicara kantor gubernur Provinsi Liege. Korban tewas yang lain adalah dua remaja pria usia 15 dan 17 tahun, dan seorang perempuan 75 tahun, kata Danielle Reynders, seorang jaksa penyidik Liege, kepada wartawan.

Sekitar 52 orang yang cedera dirawat petugas medis di sebuah rumah sakit lapangan yang didirikan di dekat tempat kejadian, kata jaksa itu. Sementara korban lain pergi ke rumah sakit terdekat di daerah tersebut. Polisi khawatir korban tewas akan bertambah.

Penyerang diidentifikasi sebagai Nordine Amrani (33 tahun), dari Liege, kata Reynders. Ia juga tewas. Dalam serangan itu ia melemparkan tiga granat dan melakukan tembakan dari atap gedung ke alun-alun yang ramai di dekat gedung pengadilan, kata Reynders.

Amrani bertindak sendirian dalam serangan di alun-alun Istana St Lambert itu, dan polisi tidak mencari tersangka lain. Ia menambahkan, Amrani berangkat dari rumahnya dengan membawa sebuah pistol, senapan semi-otomatis dan sejumlah granat dalam tasnya.

Menurut dia, Amrani sebelumnya telah dihukum terkait pelanggaran kasus narkoba dan kepemilikan senjata. Ia sedang dalam masa bebas bersyarat. Polisi juga sudah memanggil dia terkait sebuah investigasi lain yang sedang berlangsung. Namun, dia tidak pernah didakwa terkait kasus terorisme. Reynders mengatakan, petugas belum dapat menjelaskan motif serangan itu.

Delcourt, juru bicara kantor gubernur Provinsi Liege, mengatakan kepada CNN, Amrani dalam status bebas bersyarat. Namun dia tidak bisa memberikan rincian tentang penyelidikan polisi. Masih belum jelas apakah Amrani tewas bunuh diri atau tewas ketika salah satu granat meledak di wajahnya, kata Delcourt. Salah satu senjata yang dimiliki Amrani, yaitu sebuah senapan otomatis ringan, merupakan senjata standar tentara Belgia, kata Delcourt lagi.

Sebuah sumber di pihak keamanan senior Belgia, yang telah diberitahu tentang penyelidikan itu tapi tidak mau disebutkan namanya karena ia tidak berwenang berbicara kepada media, mengatakan kepada CNN, rencana pertemuan Amrani dengan polisi yang dijadwalkan Selasa adalah untuk menyelidiki kasus dugaan pemerkosaan. Menurut sumber itu, Amrani berada di tempat yang tinggi di atas alun-alun ketika dia mulai melemparkan granat ke dalam kerumunan orang dan kemudian menembak, sebelum ia menembak dirinya di kepala dengan pistolnya.

Pihak berwenang akan melakukan autopsi untuk mengetahui apakah ia berada di bawah pengaruh obat selama serangan yang telah mengejutkan Belgia itu, kata sumber tersebut. Dia mengatakan, selama 40 bulan masa hukumannya di penjara, Amrani tidak didiagnosis menderita gangguan mental atau dianggap telah dipolitisasi sebelum akhirnya dibebaskan secara bersyarat. Sumber itu mengatakan, pihak berwenang tidak menemukan Amrani punya hubungan dengan terorisme.

Seorang warga Liege, Kevin Hauzeur, mengatakan kepada CNN bahwa ia merunduk guna mencari perlindungan saat mendengar suara "ledakan besar dan dua atau tiga tembakan" di pusat kota itu. Banyak orang berada di tempat itu pada waktu itu untuk berbelanja di pasar Natal, kata Hauzeur. Orang banyak "berputar-putar, menangis. Itu benar-benar kacau," katanya.

Ia mengatakan, dirinya melihat apa yang tampaknya merupakan mayat si penyerang sebelum polisi membersihkan kawasan itu. Polisi mengatakan kepadanya, pria itu telah menembak dirinya, kata Hauzeur.

Raja Albert II dan Ratu Paola pergi ke Liege untuk bertemu walikota, gubernur dan para pekerja Palang Merah serta petugas layanan darurat menyusul serangan tersebut. Demikian kata istana kerajaan Belgia kepada CNN. Perdana Menteri Elio Di Rupo juga berkunjung ke Liege, kata juru bicaranya.

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPASentertainment

sumber :-

KOMPASentertainment


Wow... Sekarang Pinkan Mambo Berotot

Posted: 13 Dec 2011 08:48 PM PST

JAKARTA, KOMPAS.com — Semenjak didapuk menjadi ikon salah satu pusat olahraga kebugaran di Jakarta, vokalis Pinkan Mambo (31) menjadi lebih memperhatikan bentuk tubuhnya. Digembleng latihan fisik, tubuh Pinkan kini berotot.

"Aku kepilih menjadi ikon fitness center ternama. Di situ aku masuk karantina untuk membentuk tubuh dan sekarang aku berotot," cerita Pinkan dalam wawancara di Jakarta, Selasa (13/12/2011).

Pinkan juga mengikuti belly dance fitness, yang merupakan salah satu program di pusat olahraga kebugaran itu. "Belly dance enggak cuma soal gerakan dance-nya, tapi aku harus memperhatikan bentuk tubuh," kata Pinkan.

Tak cuma otot yang kini dimiliki penyanyi lagu "Aku Bukan Boneka" ini. Ia juga merasa seperti gadis berusia 20 tahun. "Di fitness center itu ada alat timbang higienis. Kemarin aku timbang, usiaku (biologis) jadi 20 tahun. Peredaran darahku semua lancar, seperti masih 20 tahun," kata ibu dua anak ini.

Full content generated by Get Full RSS.

Mobil Mogok, "Si MacGyver" Kebingungan

Posted: 13 Dec 2011 07:45 PM PST

MALIBU, KOMPAS.com -- Aktor Richard Dean Anderson boleh saja piawai memecahkan masalah ketika dihadapkan pada situasi sulit saat ia memerankan tokoh MacGyver dalam serial televisi yang pernah tenar di tahun 90-an. Tapi dalam kehidupan nyata, ia tak sepandai MacGyver yang diperankannya saat itu.

Saat mengendarai mobilnya di kawasan Malibu, kemarin, Anderson tak bisa berbuat banyak ketika harus dihadapkan pada kondisi mobil yang mogok alias tak bisa bergerak.  Pria yang kini berusia 61 tahun itu, terlihat berada di samping kendaraan sedan Audi-nya yang tengah mogok di pinggir jalan, sembari menunggu bantuan datang.

Kemunculan "Si MacGyver" sempat menarik perhatian. Awalnya, ia begitu percaya diri membuka kap mobil dan memeriksa mesin kendaraan untuk mengintip penyebab utamanya.  Namun, selang beberapa lama, ia tampak kebingungan dan memutuskan untuk menyerah. Ia terlihat bersandar ke mobil Audi berwarna abu-abu tanpa bisa berbuat banyak.

Kondisi ini tentu saja berbeda jauh dengan sosoknya saat memerankan tokoh Angus MacGyver di serial yang melegenda itu. Dalam serial yang mencapai kejayaannya di layar kaca selama kurun waktu dari 1985 hingga 1995, Anderson terlihat jago menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapinya, termasuk menghidupkan kembali mobil usang yang tak mungkin bisa digunakan lagi.  Ia juga mampu mencari solusi cerdas untuk memecahkan hal-hal yang dianggap mustahil. Dalam hitungan menit, dia sering datang memecahkan masalah dengan alat-alat yang rumit dengan pendekatan pengetahuan ilmiah.

Beberapa keterampilan termasuk menyebarkan sebuah bom dengan klip kertas dan membangun senjata yang menggunakan mata air dari kasur. Bahkan ketika datang untuk membela dirinya sendiri, MacGyver menolak untuk menggunakan senjata, dan selalu mengandalkan berpikir cepat dan cerdas.

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Mancanegara

sumber :-

ANTARA - Mancanegara


Tinggalkan dasi demi hemat energi

Posted: 13 Dec 2011 08:05 PM PST

Santiago (ANTARA News) - Pemerintah Chile, Selasa (13/12), melancarkan upaya untuk membuat pekerja agar menghindari dasi pada musim panas mendatang sebagai bagian dari upaya untuk mencegah biaya energi dan penggunaan penyejuk udara.

"Ini adalah langkah kecil yang kami ingin tingkatkan sebab itu akan membantu penghematan energi ... dengan mengurangi penggunaan penyejuk udara dan mengarah kepada penghematan energi secara keseluruhan," kata Menteri Energi, Rodrigo Alvarez.

Kampanye itu meliputi iklan televisi dengan menampilkan para menteri yang membuka dasi mereka dan mendorong pegawai pemerintah serta sektor swasta agar melakukan tindakan yang sama di bawah udara panas, dengan harapan itu akan memungkinkan kantor membatasi penggunaan penyejuk udara tanpa terlalu banyak ketidaknyamanan.

Para pejabat mengatakan upaya tersebut dapat menghemat biaya energi sampai 10 juta dolar AS.

Chile menghadapi masalah energi tahun ini akibat kemarau yang telah membatasi kapasitas pembangkit listrik tenaga airnya, sementara seluruh penggunaan listrik bertambah sebesar tujuh persen.

Negara Amerika Selatan itu mengimpor semua bahan bakar fosilnya dan sedang berusaha menemukan cara menanggulangi pertumbuhan kebutuhan energi listrik yang diproyeksikan sebanyak 80 persen dalam 20 tahun mendatang.
(C003/A011)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

Tersangka pendiri Zetas ditangkap

Posted: 13 Dec 2011 04:43 PM PST

Mexico City (ANTARA News) - Seorang tersangka pendiri Zetas yang telah memimpin gerombolan brutal narkotika di Meksiko di 10 negara bagian ditangkap bersama setumpuk senjata, termasuk 168 senapan dan lima peluncur granat, kata pihak berwenang, Selasa (13/12).

Raul Lucio Hernandez Lechuga, alias "El Lucky" atau "Z-16", ditahan Senin (12/12) di dekat kota Kordoba di negara bagian Veracruz, Meksiko timur, bersama empat lagi tersangka anggota Zetas setelah satu operasi selama lebih dari satu tahun, kata pihak Angkatan Laut dan kehakiman di dalam satu pernyataan.

Baku-tembak antara tersangka pengawalnya dan personel militer menewaskan seorang penjaga dan melukai seorang prajurit, kata juru bicara Angkatan Laut pada taklimat, Selasa.

Hernandez, yang termasuk di dalam daftar 37 penjahat paling berbahaya di negeri tersebut, telah bekerja secara langsung bersama pemimpin Zetas, yang ditakuti, Heriberto Lazcano "El Lazca", kata juru bicara itu sebagaimana dikutip AFP --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Rabu pagi.

Hernandez diduga memimpin gerombolan tersebut di daerah Veracruz ketika sembilan marinir diculik awal 2011.

Pemerintah Meksiko dan AS, masing-masing menawarkan hadiah sebesar satu juta dolar AS bagi pemberi informasi yang menghasilkan penangkapan Hernandez.

Zetas --mantan pelaku serangan buat kartel Teluk-- telah menyebar ketakutan melalui penculikan dan pembunuhan di seluruh Meksiko dan juga di Guatemala dalam beberapa tahun belakangan.

Hernandez diduga adalah salah seorang dari sebanyak 40 tentara pembelot yang mendirikan gerombolan itu pada penghujung 1990-an. (C003/A011)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Republika Online

sumber :-

Republika Online


Banten Gelar Wisata Kuliner

Posted: 13 Dec 2011 06:38 AM PST

REPUBLIKA.CO.ID, PANDEGLANG - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten menggelar kegiatan wisata kuliner yang dipusatkan di alun-alun Kabupaten Pandeglang, Selasa (13/12). Plh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Provinsi Banten, Turmudzi, mengatakan generasi muda lebih menyukai makanan siap saji ala Barat dibandingkan makanan khas daerah.

"Kondisi itu menjadi tantangan tersendiri bagi kami dalam menciptakan, mengkreasikan, serta menarik kawula muda untuk menyukai makanan khas kita," katanya.

Ia mengatakan kegiatan wisata kuliner ini sebagai upaya untuk mengembalikan selera anak muda terhadap makan khas nusantara, selain untuk menarik minta wisatawan berkunjung ke berbagai daerah di Provinsi Banten.

Di lokasi wisata kuliner tersebut disuguhkan berbagai jenis makan khas Provinsi Banten, seperti jonorang, rengginang, otak-otak, gipang, opak, bubur sop dan angeun lada. Setiap stan tampak dipenuhi pengunjung, dan banyak dari mereka membeli makanan khas untuk oleh-oleh. Kegiatan tersebut juga menarik perhatian masyarakat dan kalangan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan pemerintahan Kabupaten Pandegelang.

Full content generated by Get Full RSS.

Menkes: Kebersihan Mampu Cegah Hepatitis A

Posted: 13 Dec 2011 01:12 AM PST

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG – Kejadian Luar Biasa (KLB) Hepatitis A yang menimpa 90 siswa di SMKN 2 Sawangan dan tujuh siswa di SMAN 4 di Depok mengundang komentar dari Menteri Kesehatan RI, Endang Rahayu Sedyaningsih.

Endang mengatakan, sebetulnya virus Hepatitis A ada di mana-mana. Apalagi Indonesia merupakan negara endemis penyakit tersebut. Hepatitis A menular melalui makanan dan minuman yang kebersihannya kurang terjaga.

Oleh karena itu, setiap muncul kasus Hepatitis A, kata Endang, pasti menjadi KLB. Hal itu disebabkan sumber penularannya hanya dari satu sumber. Faktor penting yang harus diperhatikan adalah kebersihan dari makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Setiap tahun kasus Hepatitis A selalu ada.

Sebelumnya, pada Rabu (7/12), 104 santri Pondok Pesantren Assidiqiyah di Batu Ceper, Kota Tangerang mengalami pusing dan mual. Dari keterangan para siswa, mereka mulai merasa mual, pusing dan lemas usai mengonsumsi es yang mereka beli di kantin pondok pesantren.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang, Herry Suharyanto, mengatakan pihaknya telah mengambil sampel air, es teh, es mambo dan jajanan santri untuk dilakukan pemeriksaan. Hasilnya, bisa diketahui tiga hari ke depan.

Herry belum bisa memastikan apakah gejala yang dikeluhkan santri disebabkan oleh virus Hepatitis A. Namun, ia membantah jika terjadi keracunan. Pasalnya, tidak ada santri yang muntah.

"Sekolah harus memperhatikan kehigienisan dari kantinnya. Penjual makanan juga harus diperiksa kebersihannya secara berkala, karena bukan hanya bisa menyebabkan Hepatitis tapi juga diare," ujar Endang.

Ketika akan dikonfirmasi untuk mengetahui hasil pemeriksaan Dinkes terhadap sampel yang diambil dari Pondok Pesantren Assidiqiyah, baik Herry maupun Sekretaris Dinkes Kota Tangerang Wibisono sedang mengikuti rapat.

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi international.okezone.com

sumber :-

Sindikasi international.okezone.com


Debut Reportase Chelsea Clinton Dimulai

Posted: 13 Dec 2011 06:21 AM PST

NEW YORK - Biasa menjadi sorotan publik mungkin sudah umum dirasakan oleh Chelsea Clinton, putri dari mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Bill Clinton. Kini dirinya mencoba petualangan baru sebagai jurnalis televisi yang pekerjaannya mencari berita.


Clinton tampaknya sudah siap saat melaporkan berita dalam salah satu segmen acara televisi dari presenter Annette Dove di stasiun televisi NBC. Lewat acara ini, Clinton tampak melaporkan sebuah berita mengenai organisasi kemanusiaan yang didedikasikan untuk anak-anak miskin di Arkansas.


Namun, penampilan perempuan berusia 31 tahun ini mengundang reaksi beragam dari berbagai pihak. Banyak dari kalangan jurnalis mengkritik penampilannya karena tidak memiliki latar belakang jurnalisme yang cukup.


Wartawan the Washington Post Hank Stuever mengatakan, penampilannya tidak menunjukan kemampuan jurnalisme. Bahkan Stuever mengeluarkan pernyataan cukup keras dengan menyebutkan Clinton amat membosankan.


"Mengherankan melihat seseorang dalam televisi tetapi tidak memiliki karisma yang cukup, bahkan tidak sama sekali," ucap Stuever seperti dikutip Telegraph, Selasa (13/12/2011).


Namun, penampilan putri semata wayang Bill dan Hillary Clinton masih mendapat pembelaan dari Annette Dove. "Dia amat profesional dan amat mempersiapkan dirinya. Anda dapat melihat dirinya memang benar-benar cerdas," puji Dove.


Sementara Verne Gay dari Newsday menilai ada kelebihan dan kekurangan dari penampilan Clinton di televisi. Dirinya juga melihat jangan dulu meremehkan kemampuan seorang Chelsea Clinton. Gay pun menyarankan Clinton untuk selalu berlatih dan terus berusaha keras.


Turunnya Clinton dalam dunia jurnalisme mengikuti Jenna Bush Hager, putri dari mantan Presiden AS lainnya George W Bush. Hal serupa juga dilakukan oleh Megan McCain, putri dari mantan kandidat Presiden AS, John McCain.

(faj) Full content generated by Get Full RSS.

RI-AS Jalin Kemitraan di Bidang Demokrasi dan HAM

Posted: 13 Dec 2011 05:19 AM PST

JAKARTA - Pemerintah Amerika Serikat (AS) menegaskan dukungan serta kerja samanya terhadap Indonesia dalam upaya menyelesaikan masalah-masalah hak asasi manusia yang menjadi perhatian kedua negara. Ini dilakukan untuk memperingati Hari HAM yang berlangsung Jumat 9 Desember lalu. 


"Salah satu bentuk kerja sama yang telah dilakukan kedua negara adalah Bali Demokrasi Forum dan berbagai kemitraan lain yang sejauh ini terus berjalan," ujar Duta Besar AS untuk Indonesia Scot Marciel di kediamannya di Jakarta, Selasa (13/12/2011).


Dubes Marciel juga menyebutkan ajang Bali Demokrasi Forum merupakan sebuah kesuksesan besar bagi Pemerintah Indonesia. Forum yang diadakan di Bali 8 hingga 9 Desember itu, memang membicarakan khusus tentang demokrasi di wilayah Asia Pasifik.


Di bawah kerangka kemitraan komprehensif AS dan Indonesia juga telah bekerja sama dalam berbagai inisiatif untuk memajukan demokrasi dan hak asasi manusia, termasuk mengadakan dialog-dialog media bilateral, serta program pendidikan masyarakat.


"AS dan Indonesia juga terus bekerja sama lewat lembaga-lembaga internasional demi menyelesaikan masalah-masalah hak asasi manusia yang menjadi perhatian kedua negara," kata Marciel.

(faj) Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

detikcom

sumber :-

detikcom


PDIP Desak Pemerintah Cari Kebenaran Tewasnya TKI di Saudi

Posted: 13 Dec 2011 02:24 PM PST

Cari Penawaran Terbaik di Sini

Rancang Perjalananmu di Sini

Full content generated by Get Full RSS.

Nasib Kekasih Angie Tunggu Surat dari KPK

Posted: 13 Dec 2011 01:48 PM PST

Cari Penawaran Terbaik di Sini

Rancang Perjalananmu di Sini

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPAS.com - Nasional

sumber :-

KOMPAS.com - Nasional


Menko Polhukam Minta Warga Ambon Berdamai

Posted: 13 Dec 2011 01:47 PM PST

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto meminta seluruh masyarakat Ambon untuk melakukan upaya damai. Hal ini disampaikan Djoko terkait sebuah peristiwa bentrokan yang terjadi di Ambon hari ini, Selasa (13/12/2011) pukul 01.15 WIT.

Bentrokan ini terjadi antara Kampung Urimeseng dan Airmata. "Muara bentrok dari masyarakat Ambon sendiri. Harus ada keinginan menjaga suasana damai dari mereka," kata Djoko kepada para wartawan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa.

Terkait solusi perselisihan kedua kelompok tersebut, Djoko mengatakan, hal tersebut masih memerlukan pengelolaan yang telaten.

Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Komisaris Besar Boy Rafli Amar menjelaskan, bentrokan ini berawal dari aksi saling lempar batu, petasan, dan panah di antara dua kelompok warga desa tersebut.

Akibat aksi ini, terdapat 16 korban luka-luka dan empat rumah warga terbakar. Nama dari 16 korban luka belum diketahui.

"Dari penyisiran di tempat kejadian juga ditemukan bom molotov. Sementara itu, korban luka ada yang mengalami luka di kepala akibat terkena lemparan batu, ada juga luka di bagian tubuh lain. Situasi ini sangat tidak kita harapkan," ujar Boy di Gedung Humas Polri, Jakarta.

Boy mengungkapkan, sejauh ini belum diketahui motif bentrokan di antara dua kelompok tersebut karena masih dalam pemeriksaan pihak yang terlibat.

Ia berharap masyarakat Ambon menahan diri agar tidak terprovokasi aksi bentrok ini. Selain itu, ia juga meminta tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk bersama-sama mengimbau warga yang bertikai.

"Diharapkan, warga tidak melakukan tindakan-tindakan yang merugikan. Saling menahan diri karena akibat tawuran ini menimbulkan kerugian material di dua belah pihak," tuturnya.

Untuk mengamankan situasi di Kota Ambon, kata Boy, Polda Maluku juga dibantu oleh TNI dan tokoh masyarakat menenangkan warga.

Full content generated by Get Full RSS.

Menhuk dan HAM Persilakan DPR Gunakan Hak Interpelasi

Posted: 13 Dec 2011 12:13 PM PST

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Amir Syamsuddin mengatakan, dia tak akan mencampuri keinginan Komisi III DPR RI yang hendak menggunakan hak interpelasi atau meminta keterangan pemerintah mengenai kebijakan pengetatan remisi, asimilasi, dan pembebasan bersyarat bagi narapidana kasus korupsi dan terorisme yang diambil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhuk dan HAM).

"Itu hak mereka," kata Amir, yang juga mantan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, kepada para wartawan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (13/12/2011).

Sementara itu, anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Syarifuddin Hasan, mengatakan, Komisi III DPR RI sebaiknya tak menggunakan hak interpelasinya. Syarief, yang juga Menteri Koperasi dan UKM, mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan konsolidasi di dalam Sekretariat Gabungan Anggota Parpol Pendukung Pemerintah.

Hingga Minggu (11/12/2011), jumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang menandatangani usulan penggunaan hak interpelasi hampir mencapai 100 orang.

Sejumlah anggota DPR menilai ada kesalahan dalam proses penerbitan Surat Edaran Direktur Jenderal Lembaga Pemasyarakatan tanggal 31 Oktober mengenai pengetatan pemberian remisi terhadap narapidana narkoba, terorisme, dan korupsi.

Surat edaran itu digunakan untuk membatalkan SK Menteri Hukum dan HAM tanggal 23 Oktober yang berisi pemberian remisi dan pembebasan bersyarat terhadap 102 narapidana. Setelah itu, tepatnya tanggal 16 November, barulah Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin mengeluarkan SK mengenai pengetatan pemberian remisi.

Para pengusul penggunaan hak interpelasi menginginkan pemerintah memberikan penjelasan tentang proses penerbitan aturan pengetatan remisi tersebut. Menurut Aziz, usulan interpelasi akan diajukan kepada pimpinan DPR, pekan depan. Diharapkan, usulan interpelasi sudah dibahas pada rapat paripurna masa sidang ini.

Sementara itu, Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Andalas, Saldi Isra, menilai langkah Komisi III DPR RI menggunakan hak interpelasi berlebihan. "Kebijakan itu semestinya ditangkap sebagai upaya membuat orang jera dan takut melakukan korupsi."

"Interpelasi dalam Undang-Undang MD3 (Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD) adalah pertanyaan DPR kepada pemerintah terkait kebijakan yang menyangkut orang banyak. Jadi, tidak perlu menggunakan interpelasi," tutur Saldi.

Bila mempertanyakan dasar hukum kebijakan pengetatan remisi untuk koruptor, maka DPR dapat menggunakan forum rapat dengar pendapat.

"Selama ini kita kesulitan memberantas korupsi. Sebab ketika dihukum, banyak aturan yang memberi kemudahan dan kemewahan kepada koruptor. Justru itu harus dipangkas satu-satu. Kalau diadakan polling hari ini, pasti banyak yang mendukung," tuturnya.

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi celebrity.okezone.com

sumber :-

Sindikasi celebrity.okezone.com


Dituduh Jadi Teman Homo Hulk Hogan, Pegulat Ini Ngamuk

Posted: 13 Dec 2011 07:05 AM PST

LOS ANGELES - Brutus Beefcake kesal bukan main dituduh menjadi pasangan gay dari Hulk Hogan. Pegulat yang dijuluki The Barber inipun siap melakukan langkah hukum terkait tuduhan yang dilontarkan mantan istri Hulk Hogan, Linda.

Sebelumnya, Linda dalam bukunya menuduh Hulk Hogan dan Brutus merupakan pasangan homo. Linda yakin mereka tak hanya berteman di arena gulat, tapi juga punya hubungan sesama jenis.

"Aku sudah kenal Linda selama 40 tahun, tapi ketika dia mulai mencoba menghancurkan karierku tentu itu tidak adil," kata Brutus seperti dikutip TMZ, Selasa (13/12/2011).

Hogan sudah bereaksi terhadap mantan istrinya dengan mengajukan tuntutan hukum. Hal yang sama juga akan ditempuh Brutus. Dia tak mau orang punya pandangan negatif terhadap pertemanan yang dijalinnya dengan Hogan sejak tahun 1970.

"Hulk itu orang yang sangat luar biasa. Dia seorang pria hebat yang pantas untuk bahagia," tandasnya.(rik)

Full content generated by Get Full RSS.

Liburan ke Australia, Momo 'Geisha' Temui Tunangan?

Posted: 13 Dec 2011 06:26 AM PST

JAKARTA- Usai tahun baru nanti, vokalis band Geisha berencana liburan ke Australia. Gosip yang beredar, Momo pergi menemui tunangannya di Negeri Kangguru itu.

"Malam tahun baru aku ada acara di Solo, tanggal 1 sorenya aku ke Australia. Ingin liburan saja, refreshing," kata Momo saat ditemui di Studio RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (13/12/2011).

Rencananya, Momo akan menghabiskan waktu liburan selama lima hari di kota Melbourne, yang menjadi pilihannya.

"Tadinya aku pilih Perth, tapi sudah pernah, akhirnya ke Melbourne saja karena ada teman di sana. Maksimal di sana lima hari," tandasnya.

Saat ditanya teman yang dimaksud adalah tunangannya, pelantun Cinta dan Benci itu langsung mengelaknya.

"Kalau sudah ada, ayo, kalau belum ya enggak apa-apa. Ya saya begitu saja. Gosip dari mana tunangan, kalau tunangan sudah ada cincin ini belum kan," elaknya.(rik)

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi lifestyle.okezone.com

sumber :-

Sindikasi lifestyle.okezone.com


Empat Rangsangan Bakal Digilai Wanita

Posted: 13 Dec 2011 09:01 AM PST

TAK sulit untuk mengetahui performa seks yang akan membuat istri terangsang. Kalau Anda tahu kuncinya, sesi bercinta selanjutnya akan semakin menyenangkan.

Berikut, lima rangsangan yang bakal disukai istri, seperti dilansir Cosmopolitan.

Menggigit leher

Kulit dari bawah telinga hingga tulang selangka telinga tergolong sensitif terhadap sentuhan. Mulailah menyentuhnya menggunakan lidah Anda. Lalu, bergeraklah lebih agresif dengan membuat gigitan di bagian bawah leher.

Menyentuh klitoris

Sebagian besar wanita tidak bisa mencapai orgasme tanpa stimulasi pada klitoris. Karenanya, saat melakukan penetrasi, upayakan untuk mampu meraih bagian ini.

Anda mungkin harus membenarkan posisi hingga tangan Anda mampu menyentuhnya. Soal teknik, masing-masing wanita punya selera yang berbeda.

Mulailah menggosok dengan lambat dan lembut, lalu berlanjut pada tekanan yang lebih keras dan cepat. Erangannya akan memberitahu Anda apakah yang Anda lakukan sudah tepat.

Menciumnya saat penetrasi

Kebanyakan orang justru berhenti mencium saat penetrasi. Itu adalah langkah yang buruk. Mencium dapat membuat hubungan seks terasa lebih intim bagi wanita.

Pilih posisi yang memungkinkan Anda berdua bertatap muka, seperti misionaris atau membiarkan dia duduk di pangkuan Anda. Berilah ciuman sesuai ritme penetrasi Anda. Buatlah ciuman yang dalam dan tegas saat Anda akan meraih klimaks. Lalu berikan ciuman yang lebih sensual saat ritme penetrasi melambat.

Menjadi lebih agresif

Hal pertama yang diinginkan wanita dari Anda adalah menjadi lebih agresif di ranjang. Itu artinya, ia menyetujui aksi erotis yang lebih gila. Jangan ragu untuk membuat gerakan yang menunjukkan dominasi Anda terhadapnya. (ftr)

Full content generated by Get Full RSS.

Lima Aksi Seks Bikin Wanita Ketagihan

Posted: 13 Dec 2011 07:24 AM PST

SEKS adalah seni. Seni bagaimana menarik perhatian pasangan hingga membawanya larut ke dalam pelukan Anda, seperti beberapa bocoran berikut.

Beberapa hal dilakukan untuk menarik pasangan, bisa dengan kata-kata, ekspresi tanpa kata, atau sentuhan-sentuhan mesra. Jika Anda seorang pria dan ingin segera tahu perlakuan seperti apa yang diinginkannya, simak jawabannya melalui jajak pendapat kepada 1.000 wanita.

Berikut, lima aksi ranjang yang akan membuat istri ketagihan, seperti diulas Cosmopolitan.

Perhatian lebih pada payudara

Banyak pria memanjakan payudara wanita selama foreplay. Namun, sering kali melupakannya saat penetrasi. Padahal, stimulasi ini dapat membuat orgasme yang lebih hebat pada wanita.

Perhatikan payudaranya lebih dari sekadar bagian puting karena seluruh bagian payudara pada dasarnya terdiri atas saraf yang peka terhadap sentuhan. Berikan sentuhan dengan membuat bentuk lingkaran lebar dengan jari Anda, dari bagian paling pangkal menuju ke puting.

Orgasme G-spot

G-spot terletak sekira 2 inci dalam dinding depan lubang Miss V. Untuk menjangkaunya, Anda bisa mencoba posisi doggie.

Kejutan cepat

Sesekali berikan istri ajakan seks yang tak diduga. Mulailah dengan ciuman bibir yang hangat, lalu bimbing dia ke sofa atau tempat yang sudah sengaja Anda siapkan. Tak perlu benar-benar menanggalkan seluruh pakaiannya. Plus, jangan lupa membisikkan kata-kata yang menggoda dan berikan sentuhan ke bagian vital.

Tarik rambutnya perlahan

Ada ribuan saraf di kulit kepala dan akan menjadi lebih sensitif saat terangsang. Gerakan menarik rambut akan memberikannya rangsangan ekstra, sekaligus menambah perasaan bahwa Anda sedang mengajaknya bermesraan.

Berbicara erotis

Berikan pujian dan ungkapkan perasaan Anda atas tubuhnya dengan suara yang diiringi desahan. Tunjukkan bahwa Anda sangat mencintai dia dan tubuhnya yang menggoda.
(ftr)

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kosmo Online - Dunia

sumber :-

Kosmo Online - Dunia


Rakaman tragedi pengeboman menyayat hati

Posted:

Rakaman tragedi pengeboman menyayat hati

Rakaman tragedi pengeboman menyayat hati

IMEJ menunjukkan Tarana menjerit ketakutan sambil dikelilingi mayat-mayat yang bergelimpangan selepas satu serangan bom berani mati di Kabul.


KABUL - Sorang jurugambar agensi berita AFP di Kabul, Afghanistan, Massoud Hossaini berjaya merakam imej-imej betapa dahsyatnya keganasan antara fahaman mazhab di Afghanistan pada 6 Disember lalu apabila seorang pengebom berani mati menyerang sekumpulan penganut Syiah.

Imej tersebut menunjukkan seorang kanak-kanak perempuan berusia 12 tahun, Tarana Akbari yang memakai jubah berwana hijau terang menjerit kerana terkejut dan dikelilingi oleh sanak-saudaranya yang terbunuh serta cedera.

"Tiba-tiba berlaku letupan. Rasanya seperti dunia sudah terbalik dan semua dinding menimpa saya. Apabila bangun, saya nampak semua orang di sekeliling saya terbaring di tanah dan berdarah. Saya sangat takut," cerita Tarana yang seminggu lalu keluarganya bersedih berikutan kematian saudara mereka.

Gambar yang memaparkan jubah Tarana dipenuhi darah telah menjadi hiasan muka depan akhbar-akhbar di seluruh dunia. Ia turut menggambarkan keganasan di Afghanistan dan masa depannya yang tidak menentu.

Ketika kejadian, Hossaini berada hanya beberapa meter daripada lokasi pengeboman yang membunuh sekurang-kurangnya 70 orang mangsa. Hossaini memberitahu, dia hanya melihat-lihat kameranya ketika letupan berlaku.

"Apabila asap sudah hilang, saya dapati saya berdiri di tengah-tengah mayat yang bergelimpangan.

"Saya berdiri tepat di mana pengebom berani mati berada sebelum itu.

"Saya toleh ke kanan, nampak Tarana dan merakam gambarnya. Sebaik sahaja dia melihat apa yang berlaku kepada saudara-saudaranya, dia hanya menjerit ketakutan," jelas Hossaini. - AFP

Full content generated by Get Full RSS.

Keunikan perkahwinan wanita Islam Bulgaria

Posted:

Keunikan perkahwinan wanita Islam Bulgaria

Keunikan perkahwinan wanita Islam Bulgaria


MEHMED AIUMANKOV bergambar bersama isterinya, Fetma Kuchikova di hadapan rumah mereka sewaktu majlis perkahwinan di kampung Ribnovo, Bulgaria.


SOFIA, Bulgaria - Seorang pengantin perempuan, Fatme Kichukova membiarkan wajahnya disolek dengan kapur tebal berwarna putih dan dihiasi labuci berwarna-warni.

Upacara itu hanya boleh dilihat oleh saudara-saudara perempuannya, sebelum Kichukova disatukan dengan suaminya, Mehmed Aiumankov.

Kichukova berkahwin di kampungnya, Ribnovo di kawasan pergunungan Rhodope, 210 kilometer selatan Sofia.

Penduduk kampung tersebut masih mengekalkan adat perkahwinan tradisional pada musim sejuk itu di sebalik fahaman komunis selama berdekad-dekad dan kemiskinan yang membuatkan ramai lelaki berhijrah ke luar negara untuk bekerja.

Ritual perkahwinan tersebut diteruskan dalam kalangan orang Pomak yang menganut Islam sewaktu zaman pemerintahan Uthmaniah. Penganut Islam mewakili 10 peratus daripada keseluruhan 7.4 juta rakyat Bulgaria. - Reuters

Full content generated by Get Full RSS.

Spesies baharu setiap 2 hari di Mekong

Posted:

Spesies baharu setiap 2 hari di Mekong

Spesies baharu setiap 2 hari di Mekong


CICAK spesies cnemaspis psychedelica yang ditemui di rantau Mekong, Thailand.


BANGKOK - Sekumpulan saintis berjaya mengenal pasti spesies-spesies baharu setiap dua hari di rantau Mekong, jelas Dana Hidupan Liar Sedunia (WWF) dalam satu laporan yang memperincikan penemuan-penemuan luar biasa tahun 2010.

Antara penemuan itu ialah burung siul daun dan monyet yang ditemui di negeri Kachin, Myanmar. Terdapat juga satu spesies cicak betina yang mampu mengklon dirinya sendiri tanpa memerlukan cicak jantan. Ia ditemui secara tidak sengaja oleh seorang saintis ketika melihat menu makanan di sebuah restoran Vietnam.

Namun begitu, WWF memberi amaran bahawa sejumlah spesies boleh pupus sebelum ia sempat direkodkan.

Lebih 200 spesies baharu direkod tahun lalu di rantau Mekong yang meliputi Thailand, Kemboja, Myanmar, Vietnam, Laos dan wilayah barat daya China, Yunnan.

Jurucakap WWF bagi rantau Mekong yang berpangkalan di Hanoi, Sarah Bladen berkata, di sebalik jumlah spesies baharu yang ditemui, rantau itu turut berdepan 'krisis kepupusan'.

"Negara-negara terbabit perlu melihat biodiversiti sebagai sesuatu yang perlu dihargai. Jika tidak, kita berisiko kehilangan spesies-spesies liar dan habitat pada kadar yang luar biasa," jelas Bladen.

Senarai tersebut didominasi oleh tumbuh-tumbuhan, 28 jenis reptilia dan tujuh spesies amfibia. - AFP

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Hiburan

sumber :-

ANTARA - Hiburan


Tarian mengawali pertandingan ASEAN Paragames

Posted: 13 Dec 2011 06:50 AM PST

Asean ParaGames Indonesia 2011 Solo (FOTO Antara news/ferly)

Berita Terkait

Surakarta (ANTARA News) - Penampilan tarian oleh para seniman Kota Solo, Jawa Tengah, dan sekitarnya akan mengawali pertandingan di 10 cabang olahraga ASEAN Paragames VI/2011.

"Tari-tarian yang akan ditampilkan nantinya akan bertemakan wayang seperti Gatotkaca, Cakil, dan Srikandi yang merupakan tokoh-tokoh pewayangan di seni budaya Jawa," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surakarta Widdianto Srihanto di Solo, kemarin.

Para seniman tersebut, kata dia, akan pentas di 10 lokasi pertandingan yakni Stadion Manahan (atletik), GOR Manahan (voli duduk), Lapangan Tenis Manahan (tenis lapangan), Kolam Renang Tirtomoyo Manahan (renang), Bengawan Sport Center (bowling).

Selain itu, Diamond Solo Convention Center (tenis meja), Sritex Arena (bulu tangkis), Stadion Sriwedari (panahan), Pendapi Balai Kota Surakarta (catur), dan Gedung Wanita (angkat berat).

"Namun kami tidak menampilkan pertunjukan seni di satu lokasi yang berada di Karanganyar yang merupakan lokasi pertandingan goal ball yakni GOR Nyi Ageng Karang," kata dia.

Panitia penyelenggara ASEAN Paragames, sebelumnya telah memberlakukan ketentuan tiket gratis kepada penonton yang ingin menyaksikan pertandingan di ajang tersebut.

Pertandingan-pertandingan di 11 cabang olahraga, menurut rencana akan dimulai pada 15 hingga 22 Desember 2011.

Ia mengatakan, kirab budaya untuk membuka ASEAN Paragames VI akan dilakukan pada Rabu (14/12) dengan rute sepanjang Jalan Slamet Riyadi yakni dari Lapangan Kota Barat hingga Balai Kota Surakarta.

Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng dan Wali Kota Surakarta Joko Widodo akan mengikuti kegiatan kirab bersama perwakilan dari 11 negara peserta ASEAN Paragames.

"Nantinya, menpora dan wali kota akan mengenakan seragam pangeran keprajuritan gaya Surakarta dan para perwakilan kontingen akan menggunakan kereta kencana," kata dia.

Sebanyak 1.300 seniman berasal dari 10 kelompok seni juga akan memeriahkan kirab budaya yang akan membawa obor api abadi ke Balai Kota Surakarta itu.

"Rencananya jalan protokol akan mulai ditutup pukul 14.00 WIB. Kami menunggu api abadi dari Mrapen Grobogan dan kemudian membawa obor itu dalam kirab budaya," kata dia.
(ANT-202/M029)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

BPPKI gelar dialog kebudayaan tingkat nasional

Posted: 13 Dec 2011 05:18 AM PST

Pontianak (ANTARA News) - Badan Pekerja Kongres Kebudayaan Indonesia menggelar dialog budaya di kota Pontianak, Kalimantan Barat, dalam rangka persiapan kongres kebudayaan yang akan dilaksanakan tahun 2013.

"Kegiatan ini sengaja kita gelar untuk menjaring berbagai informasi dari daerah-daerah untuk persiapan Kongres Kebudayaan tahun 2013 mendatang. Dalam pelaksanaannya akan dilakukan dari hari Senin ini hingga tanggal 14 Desember di Pontianak," kata Ketua BPKKI, Mukhlis Paeni, di Pontianak, kemarin.

Dia menjelaskan, dalam dialog tersebut menghadirkan beberapa pemakalah dan pakar kebudayaan Nasional, diantaranya Prof Dr Sri Hastanto (Direktur Program Pendidikan Pasca Sarjana Institut Seni Indonesia), Dr Pudentia (Dosen FIB, Ahli Tradisi Lisan) Dr Dendy Sugono (Ahli Linguistik dari Badan Bahasa Kemendikbud), Drs Soesoro (Sekretaris Dirjen Sepur, Kemenbudpar), Prof Dr Rusdi Ali Muhammad (Kepala Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh).

Selain itu, juga dihadiri leh Prof Dr Ichwan Azhari (Kolektor Arsip Sejarah Nusantara), Prof Dr Mestika Zed (Sejarawan, Guru Besar Universitas Negeri Padang), Prof Dr Sujarwo (Guru Besar FKIP Universitas Lampung), Drs. Endjat Djaenuderadjat (Direktur Geografi dan Sejarah, Ditjen Sepur Kemendagri), Drs Agus Setyanto (Kadis kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Bengkulu), serta beberapa ahli dan budayawan lainnya dari berbagai belahan negeri ini.

"Dalam dialog ini, pemakalah terdiri dari dua kategori yaitu pemakalah yang membahas soal kebudayaan di daerah dan yang membahas persoalan kebudayaan berskala nasional," katanya.

Dikatakannya, dari hasil pertemuan pada hari pertama itu, begitu banyak hal dan permasalahan kebudayaan yang dibahas oleh pemakalah dan peserta dialog. Namun, dari berbagai permasalahan tersebut menjadi salah satu cerminan betapa dinamikanya kebudayaan di Indonesia yang patut dilestarikan.

"Biar bagaimanapun, berbagai kebudayaan yang ada di Indonesia merupakan salah satu warisan leluhur yang tidak ternilai harganya. Hal itu patut kita pertahankan agar generasi penerus kita tidak tergerus dan tercerabut dari akar budaya yang ada selama ini," kata Mukhlis.

Dia menyatakan, dari berbagai permasalahan yang terjadi tersebut, nantinya akan di rangkum menjadi suatu bahan utama yang akan kembali dibahas dalam kongres kebudayaan, 2013 mendatang.

"Kita berharap, dalam pelaksanaannya kegiatan ini bisa melahirkan berbagai rekomendasi yang maksimal, agar dalam kongres nanti bisa melahirkan suatu terobosan-terobosan terbaru dalam mengembangkan kebudayaan kita," tuturnya.
(ANT-171/Z004)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Peristiwa

sumber :-

ANTARA - Peristiwa


Dirut Merpati puji pilot lakukan pendaratan darurat

Posted: 13 Dec 2011 06:23 AM PST

Kapten Sardjono Jhony Tjitrokusumo. (ANTARA)

Berita Terkait

Video

Jakarta (ANTARA News) - Direktur Utama PT Merpati Nusantara Airlines, Sardjono Jhonny Tjitrokusumo, memuji pilot pesawat Merpati tipe MA-60, Kapten R. Dwi Wahyu Nugroho, yang berhasil melakukan pendaratan darurat di Bandara Bima, Nusa Tengara Barat, Senin (12/12).

"Pendaratan darurat itu dilakukan setelah engine di bagian kiri pesawat mengalami kerusakan, pada saat pesawat dalam penerbangan dari Bandara Bima menuju ke Bandara Ngurah Ray Denpasar," kata Sardjono Jhonny Tjitrokusumo melalui siaran pers yang diterima ANTARA News, Selasa.

Sardjono Jhonny menjelaskan, kejadian kegagalan mesin yang dialami pesawat Merpati jenis MA-60 dengan nomor penerbangan MZ-623 setelah lepaslandas dari Bandara Bima menuju ke Bandara Ngurah Ray, Denpasar, Bali.

Meskipun pesawat tersebut melakukan pendaratan darurat dengan hanya menggunakan satu mesin, kata dia, tapi seperti layaknya pendaratan normal.

"Sebanyak 38 orang yang berada dalam pesawat, yakni penumpang dan awak pesawat seluruh selamat," katanya.

Menurut da, pendaratan darurat ini sebenarnya bukan kejadian yang luar biasa, tapi tindakan kapten pilot yang mengambil keputusan dalam waktu yang sangat cepat dan tepat untuk kembali ke Bandra Bima dan melakukan pendaratan darurat adalah tindakan yang luar biasa.

"Ini membuktikan sistem pelatihan pilot di maskapai penerbangan Merpati berjalan sangat baik, dimana setiap melaksanakan profisiensi check pilot dilatih untuk selalu siap menghadapi situasi darurat," katanya.

Pilot senior di maskapai penerbangan Merpati NUsantara Airlines, Silk Air, Qatar Airlinesitu menilai, kemampuan dan kehandalan pilot-pilot Merpati terus ditingkatkan dengan orientasi keselamatan ketika menghadapi situasi darurat dalam penerbangan.

Situasi darurat itu, menurut dia, ketika tiba-tiba mengalami hilangnya tekanan udara, kegagalan mesin saat tinggal landas, atau ketika melakukan pendaratan, juga bagaimana ketika pesawat mengalami kebakaran mesin (engine fire).

"Seorang pilot harus terbiasa menghadapi situasi darurat tersebut karena terlatih," katanya.

Jhonny menjelaskan, peristiwa kegagalan mesin pesawat Merpati MA-60 dengan nomor penerbangan MZ-623 itu bermula dari munculnya asap di mesin sebelah kiri setelah lepas landas dari Bandara Bima dan berada paa ketinggian sekitar 6.000 kaki, pada Senin sekitar pukul 10:38 WITA.

Peristiwa itu dilaporkan seorang penumpang pada seorang awak pesawat yang diteruskan kepada kapten pilot. Pada saat dilaporkan, indikator pesawat masih menunjukkan normal.

Beberapa saat kemudian setelah panas terdeteksi oleh detektor dan terjadi indikasi kebakaran di kokpit, kemudian kapten pilot melakukan tindakan sesuai dengan prosedur yang berlaku pada kondisi darurat.

Jhonny menilai, keputusan kapten pilot Wahyu untuk pendaratan kembali di Banadara Bima merupakan langkah yang sangat tepat dan terbukti semuanya selamat.

"Namun untuk tujuan investigasi, pihak manajemen Merpati memutuskan mengistirahatkan selama dua pekan kepada kapten pilot Wahyu," katanhya.

Menurut dia, guna keperluan pengambilan data, Tim Investigasai Internal Merpati juga sudah mengambil dan mengamankan Filght Data Recorder (FDR) dan Cockpit Voice Recorder (CVR), untuk melakukan analiisis terhadap penyebab insiden tersebut.
(T.R024/M009)

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

Perwira AL China cermati keamanan maritim Indonesia

Posted: 13 Dec 2011 05:55 AM PST

Jakarta (ANTARA News) - Perwira siswa Sekolah Komando Angkatan Laut China mencermati perkembangan keamanan maritim di wilayah Indonesia termasuk di kawasan Selat Malaka.

"Mereka lebih banyak menyoroti perkembangan keamanan maritim di Indonesia khususnya di tiga Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) dan sekitar Selat Malaka," kata juru bicara TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama Untung Suropati, di Jakarta, Selasa, terkait kedatangan 28 perwira siswa AL China itu pada 12-15 Desember 2011 ke Indonesia.

Ke-28 perwira Sekolah Komando Angkatan Laut China yang dipimpin Wakil Komandan Sesko AL China bidang politik Laksamana Muda Wei Zongpei, sebelumnya melakukan kunjungan kehormatan ke Mabes TNI Angkatan Laut Cilangkap.

Selain mencermati perkembangan keamanan maritim di wilayah Indonesia dan sekitarnya, para perwira siswa Negeri Tirai Bambu itu juga berminat untuk meningkatkan kerja sama angkatan laut kedua negara, terutama dalam hal pendidikan dan tukar menukar perwira.

Setelah mengunjungi Markas Besar TNI Angkatan Laut, para delegasi perwira Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China tersebut akan bertolak menuju Surabaya untuk melaksanakan kunjungan dan peninjauan ke Markas Komando Armada Kawasan Timur RI (Koarmatim).

Tak hanya itu, mereka juga akan melakukan kunjungan ke perusahaan galangan kapal milik pemerintah PT. PAL Surabaya, Jawa Timur.
(T.R018/Z002)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS