Republika Online

sumber :-

Republika Online


Pesawat Israel Serang Jalur Gaza

Posted: 12 Nov 2012 11:15 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JERUSALEM -- Pesawat Israel tiga kali menyerang Jalur Gaza pada Selasa dini hari. Militer Israel mengklaim serangannya menghantam instalasi penyimpanan senjata serta dua lokasi peluncuran roket yang digunakan gerilyawan.

Krisis di Jalur Gaza memasuki hari kelima. Militer Israel menyatakan telah mengenai sasaran serangannya. Tak ada laporan mengenai korban jiwa dalam serangan tersebut. Serangan yang mengakibatkan ledakan keras.

Israel memperingatkan akan melancarkan serangan keras terhadap gerilyawan Palestina yang meluncurkan roket ke dalam wilayah negara Yahudi itu. Sementara, gerilyawan menyatakan pada Senin larut malam (12/11) bahwa mereka siap melakukan gencatan senjata. Tapi, tak ada tanggapan dari Israel.

Para pemimpin HAMAS, faksi gerilyawan yang menguasai Jalur Gaza, bertemu dengan Jihad Islam dan kelompok lain. Mereka menyatakan akan menanggapi sejalan dengan cara Israel bertindak.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, dijadwalkan mengadakan pertemuan forum sembilan menteri senior pada Selasa sore. ''Pertemuan digelar untuk memutuskan jalur tindakan,'' demikian laporan Reuters yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa.

Radio Israel menyatakan Netanyahu telah bertemu dengan Menteri Pertahanan Ehud Barak dan Kepala Staf Militer Letnan Jenderal Benny Gantz pada Senin malam untuk mengajukan skenario serangan yang mungkin.

In Picture: Penjagaan TNI di Puncak Jaya

Posted: 12 Nov 2012 11:12 PM PST

[unable to retrieve full-text content]REPUBLIKA.CO.ID, Prajurit Kopassus TNI AD melakukan penjagaan di Bandara Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Senin (12/11). Kegiatan operasi tersebut guna menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Republika Online

sumber :-

Republika Online


Hajriyanto: Dipo Kesatria Jika Lapor ke Penegak Hukum

Posted: 12 Nov 2012 10:44 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam melontarkan pernyataan yang menyatakan adanya praktik kongkalikong terkait APBN yang dilakukan oknum DPR. Pernyataan ini muncul menyusul pemberitaan Menteri BUMN Dahlan Iskan terkait hal yang sama.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua MPR Hajriyanto Y Thohari mengatakan mendukung dan mengapresiasi pernyataan Dipo tersebut. Namun, hal itu menurutnya harus diikuti dengan langkah-langkah hukum dengan serius dan otentik, jangan hanya dipublikasikan pada media.

"Yang penting setelah pernyataan itu dipublikasikan melalui media, haruslah diikuti dengan langkah-langkah hukum dengan serius dan  otentik. Yang penting jangan main-main. Kita kan sudah komitmen untuk memberantas korupsi,"ujarnya pada Republika, Selasa (13/11).

Dia juga mengatakan, pengungkapan kasus korupsi oleh Dipo melahirkan ekspektasi yang tinggi di tengah masyarakat. Karena itu, Dipo jangan sampai mengecewakan publik dengan tidak membawanya ke penegak hukum.

"Seskab akan lebih kesatria lagi kalau melaporkannya ke penegak hukum. Seskab punya kewajiban untuk melaporkannya. Sebab, dia tahu ada kasus korupsi. Seskab tidak hanya sekadar mendengar laporan dari PNS, tetapi mengesankan tahu betul, bahkan mengetahui secara detail kasus korupsi itu,"tambahnya.

Jalan Dakwah As-Syafi'iyah (1)

Posted: 12 Nov 2012 10:44 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, Perguruan As-Syafi'iyyah muncul sebagai salah satu lembaga yang berkiprah untuk memajukan umat Islam.

Perguruan yang didirikan almarhum KH Abdullah Syafi'ie ini, kini terus berkembang dengan lembaga pendidikan, dakwah, dan kegiatan sosialnya.

Kiprah perguruan yang cikal bakalnya berasal dari mushala sederhana bernama Al-Barkah pada 1933 ini tak bisa dipandang sebelah mata.

Perguruan ini kini mengelola Pesantren Khusus Yatim As-Sya fi'iyyah yang banyak mendidik dan membina anak-anak yatim dari ber bagai daerah.

Ada madrasah, SD, dan SMP As-Syafi'iyyah, Pesantren Putra- Putri As-Syafi'iyyah, dan Universitas Islam As-Syafi'iyyah. Badan Kontak Majelis Taklim (BK MT) yang kini jamaahnya menyebar ke berbagai pelosok di Indonesia tak bisa dilepaskan dari kiprah As-Syafi'iyyah.

Tidak hanya dunia pendidikan Islam, warisan almarhum KH Abdullah Syafi'ie yang hingga kini tetap eksis mengudara, yaitu Radio As-Syafi'iyah. Sebelum wafat, ada keinginan almarhum yang belum tercapai, yaitu mendirikan pesantren Alquran.

Cita-cita tersebut dilanjutkan oleh putranya, yakni KH Abdul Rasyid Abdullah Syafi'ie. Di atas tanah wakaf seluas 3,3 hektare hibah dari seorang pengusaha dibangun Pondok Pesantren Al-Quran di Pulo Air, Sukalarang, Sukabumi, Jawa Barat.

Pada 1990, Pesantren Al-Quran untuk pertama kalinya menerima santri. Jumlahnya masih belasan orang. Namun, kini lahannya semakin luas sekitar 27 hektare dengan jenjang pendidikan dari TK sampai SMA lengkap dengan asrama. Jumlah santrinya setiap tahun ajaran baru semakin meningkat hingga ribuan.

Didukung tim pengajar yang profesional. Fasilitas Pondok Pesantren Al-Quran sangat lengkap, dari masjid dengan daya tampung 1.000 santri, fasiltas olahraga dan kolam renang, laboratorium IPA, bahasa, komputer, poliklinik, dan perpustakaan.

Para santri yang mondok di pesantren ini datang dari berbagai daerah di Indonesia. Ada juga yang datang dari negeri jiran hingga Jeddah, Arab Saudi. Keunggulan pesantren ini telah meluluskan dan mewisuda para santri yang hafal Alquran 30 juz.

Selanjutnya, KH Abdul Rasyid menginginkan pondoknya ini menjadi tempat pengkaderan ulama. Selain itu, dibangun universitas Islam, dan mendirikan rumah sakit Islam yang berada di lereng Gunung Gede yang sejuk ini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPAS.com - Internasional

sumber :-

KOMPAS.com - Internasional


Israel Lancarkan Serangan Udara Balasan ke Gaza

Posted: 13 Nov 2012 04:30 AM PST

JERUSALEM, KOMPAS.com - Pesawat Israel tiga kali menyerang Jalur Gaza, Selasa (13/11) dini hari. Serangkaian serangan itu menghantam instalasi penyimpanan senjata serta dua lokasi peluncuran roket yang digunakan gerilyawan, kata militer di dalam satu pernyataan.

Saat krisis yang meningkat di Jalur Gaza memasuki hari kelima. Militer Israel menyatakan telah mengenai sasaran serangannya. Tak ada laporan mengenai korban jiwa dalam serangan tersebut, yang mengakibatkan ledakan keras. Israel memperingatkan akan melancarkan serangan keras terhadap gerilyawan Palestina yang meluncurkan roket ke dalam wilayah negara Yahudi itu.

Gerilyawan menyatakan pada Senin larut malam bahwa mereka siap bagi gencatan senjata tapi tak ada tanggapan dari Israel. Para pemimpin Hamas, faksi gerilyawan yang menguasai Jalur Gaza, bertemu dengan Jihad Islam dan kelompok lain serta menyatakan mereka akan menanggapi sejalan dengan cara Israel bertindak, rumus yang digunakan dalam pergolakan sebelumnya untuk menawarkan gencatan senjata.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dijadwalkan mengadakan pertemuan forum sembilan menteri senior, Selasa sore, untuk memutuskan jalur tindakan. Radio Israel menyatakan Netanyahu telah bertemu dengan Menteri Pertahanan Ehud Barak dan Kepala Staf Militer Letnan Jenderal Benny Gantz pada Senin malam untuk mengajukan skenario serangan yang mungkin.

Ketegangan meningkat tajam pada Sabtu, ketika empat prajurit Israel yang berpatroli di perbatasan Israel-Jalur Gaza cedera. Israel menanggapi dengan tembakan tank dan serangan udara dan menewaskan enam orang Palestina, termasuk empat warga sipil, dan sedikitnya 30 orang lagi cedera. Militer Israel menyatakan gerilyawan Palestina telah menembakkan 12 roket pada Senin, dan sebanyak 119 roket telah diluncurkan sejak Sabtu.

Seorang pejabat Palestina, yang tak bersedia menyebutkan namanya, mengatakan Mesir telah berusaha menengahi gencatan senjata, dan kendati tak ada gencatan senjata resmi yang diberlakukan, Hamas memahami perlunya ketenangan.

Peluncuran roket pada Senin diklaim oleh beberapa kelompok lebih kecil, termasuk satu organisasi Salafi yang menolak pemerintahan Hamas.

Israel tak memperlihatkan keinginan besar bagi perang baru di Jalur Gaza, yang dapat membuat tegang hubungan dengan pemerintah baru Mesir. Kedua negara itu mencapai perdamaian pada 1979. Namun Netanyahu mungkin enggan untuk terlihat lemah sebelum pemilihan umum pada 22 Januari, sementara jajak pendapat saat ini meramalkan ia akan menang.

Editor :

Egidius Patnistik

Air Kencing Jadi Bahan Bakar Generator Listrik

Posted: 13 Nov 2012 04:16 AM PST

Air Kencing Jadi Bahan Bakar Generator Listrik

Selasa, 13 November 2012 | 12:16 WIB

Flicker

Remaja Afrika yang mengembangkan sebuah generator listrik yang dijalankan dengan menggunakan air kencing atau urine.

LAGOS, KOMPAS.com - Empat remaja Afrika mengembangkan sebuah generator listrik yang dijalankan dengan menggunakan air kencing atau urine. Quartet ilmuwan muda berbakat itu, yaitu Duro-Aina Adebola, Akindele Abiola dan Faleke Oluwatoyin yang berusia 14 tahun,  serta Bello Eniola berumur 15 tahun, melakukan debut untuk alat bertenaga air kencing itu di Maker Faire Afrika di Lagos, Nigeria, lapor CNET.

Blog milik Maker Faire meringkas cara kerja alat itu sebagai berikut: urine dimasukkan ke dalam sebuah elemen elektrolitik, yang memecahkan urea itu menjadi nitrogen, air, dan hidrogen. Hidrogen masuk ke sebuah filter air untuk proses pemurnian, yang kemudian akan didorong ke dalam tabung gas. Tabung gas itu mendorong hidrogen ke dalam silinder boraks cair, yang digunakan untuk menghilangkan kelembaban gas hidrogen. Gas hidrogen murni ini didorong ke generator... 1 liter urine menghasilkan listrik hingga 6 jam.

Dalam rangka mengurangi risiko ledakan terkait dengan hidrogen itu, tim menggunakan katup satu arah, meskipun CNET menunjukkan bahwa hal itu mungkin masih bisa berbahaya.

Generator listrik mengalami permintaan yang jauh lebih besar di Afrika ketimbang di Amerika Serikat, kata majalah Forbes. Meskipun menjadi pusat Nigeria dan kota terkaya, Lagos sering mengalami pemadaman listrik, lapor majalah Time.

Walaupun jelas inovatif, listrik dari air kencing mungkin tidak efisien dalam skala yang lebih besar, laporan NBC News. "Ini merupakan sebuah proyek sekolah menengah atas, jadi jangan menganggapnya (begitu serius)," kata Gerardine Botte, seorang insinyur kimia di Ohio University yang menemukan proses elektrolisis urea, kepada NBC.

Botte menyarankan para siswa itu "bekerja dengan seorang insinyur untuk memahami teknologi dan aplikasi yang sesuai, yang menurut pendapat dia, merupakan cara untuk membuat proses pengolahan air limbah jadi lebih hemat energi".

Editor :

Egidius Patnistik

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPASentertainment

sumber :-

KOMPASentertainment


Baru Putus, Bieber dan Gomez Terlihat Berdua di Hotel

Posted: 12 Nov 2012 09:23 PM PST

NEW YORK, KOMPAS.com — Kabar tentang Selena Gomez dan Justin Bieber (18) putus pacaran muncul pada Jumat (9/11/2012) waktu New York (AS). Namun, pada Minggu (11/11/2012) waktu setempat, mereka terlihat berada di sebuah hotel di kota itu. Mereka dikabarkan sedang mengadakan pembicaraan mengenai hubungan mereka.  

"Saya melihat Selena masuk ke hotel itu kira-kira pukul 17.40 dan, tak sampai tiga jam kemudian, Justin masuk. Saya melihat ia (Justin) pergi kira-kira pukul 23.00," kata seorang narasumber kepada Life & Style.

Teman-teman pasangan itu percaya bahwa mereka bisa "rujuk" lagi, dan bahkan pencetak hit "Baby" tersebut tampaknya tak yakin terhadap apa yang sedang terjadi dalam hubungannya, dengan perempuan berusia 20 tahun itu.

"(Hubungan) itu tak hanya berakhir untuk Justin dan Selena. Apa pun yang terjadi, banyak hal yang harus mereka bicarakan," kata sumber lain. "Mereka berdua agak hati-hati dan keras kepala. Namun, mereka sangat ingin bertemu. Ini bukan hal baru bagi mereka, hubungan mereka sering bergejolak. Kami semua berharap mereka bisa mengatasinya," sambungnya.

Bieber menjelaskan, "Saya tak tahu apa yang harus saya katakan. Saya tidak tahu apa yang sedang terjadi dalam hidup saya, bahkan untuk menilai bahwa itu tak masuk akal. Ini karena saya sama sekali belum memberi tanggapan."

"Cinta Tapi Beda" Dirilis, Hanung Siap Sambut Polemik

Posted: 12 Nov 2012 09:23 PM PST

JAKARTA, KOMPAS.com — Sutradara Hanung Bramantyo akan kembali menggebrak layar lebar Tanah Air dengan film barunya, Cinta Tapi Beda, yang mengusung cinta di antara dua orang yang berbeda keyakinan. Untuk film ini, Hanung juga menggandeng sutradara Hestu Saputra dan musisi Eross Candra, yang juga pelaku cinta beda agama.

Ide cerita Cinta Tapi Beda sebenarnya bermula dari Hestu Saputra yang menemukan blog milik Dwitasari yang memuat lima tulisan, menceritakan kisah-kisah perbedaan keyakinan dalam menjalin hubungan. Film dengan tema ini tentulah pernah ada sebelumnya. Namun, Hanung dan Hestu mengaku tidak pernah berniat menjadi yang pertama untuk hal ini. Mereka hanya berniat memotret cerita ini dari segi yang berbeda.

"Sebenarnya di luar Indonesia, hal ini tidak menjadi persoalan. Di Indonesia itu setiap menikah, di KUA (kantor urusan agama), terutama di Jakarta dan Jawa, selalu ditanyakan soal agama; dan kalau berbeda, diharapkan pindah (agama). Padahal di Manado itu bukan apa-apa. Itu yang kemudian ingin kita coba pertanyakan ketika wilayah kultur memberikan izin, tetapi ketika dihadapkan dengan negara, itu tidak (diizinkan). Film ini pun mencoba bertanya apakah itu cinta, apakah itu perbedaan. Kita tidak mencoba menjustifikasi mana yang benar dan salah," papar Hanung dalam press junket Cinta Tapi Beda di The Belly Clan, Graha Intiland, Jakarta, Senin (12/11/2012).

Menanggapi kemungkinan film ini menuai polemik setelah diputar, Hanung mengaku tidak peduli. "Tanggung jawab saya adalah berkarya, memotret. Namun, jika setelah itu film saya berkembang besar, saya tidak bisa apa-apa. Saya cuma bisa berterima kasih sudah menonton film saya," ungkapnya.

***
Bagi sebagian orang, cinta adalah anugerah terindah. Namun, harus disadari pula bahwa cinta dapat menyatukan dan juga mampu memisahkan. Perbedaan keyakinan, misalnya, kerap menjadi tembok penghalang.

Kondisi inilah yang dihadapkan pada Cahyo (Reza Nangin), chef asal Yogyakarta yang kini bekerja di Jakarta dan Diana (Agni Pratistha), gadis asal Padang yang merupakan mahasiswi jurusan seni tari di Jakarta. Dalam sebuah pertunjukan tari kontemporer, kedua orang berbeda keyakinan ini bertemu. Waktu berlalu dan mereka pun memutuskan untuk berpacaran meski berbeda keyakinan.

Soal perbedaan bukan masalah bagi keduanya, tetapi menjadi cerita lain ketika kedua orangtua mereka mengetahuinya. Dengan berat hati, Diana akhirnya memilih untuk melupakan Cahyo dan kembali ke Padang untuk menerima perjodohan dengan dr Oka (Choky Sitohang), lekaki seiman pilihan ibunya. Cahyo benar-benar kecewa. Ia menganggap Diana tak bedanya dengan Mitha (Ratu Felisha), yang pernah  berselingkuh darinya.

Sayangnya, Cahyo dan Diana lupa atas dasar apa mereka akhirnya menjadi satu. Bukan karena keyakinan, melainkan karena cinta. Akankah perbedaan keyakinan yang ditentang orangtua dan negara tetap memisahkan Cahyo dan Diana hingga akhir? temukan jawabannya di bioskop-bioskop Indonesia mulai 27 Desember 2012. 

Selain dibintangi Agni dan Choky Sitohang, film ini juga dibintangi oleh Agus Kuncoro, Jajang C Noer, Hudson Prananjaya, Leroy Osmani, dan Ayu Diah Pasha.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Republika Online

sumber :-

Republika Online


Ilmuwan Israel Pun Akui Manfaat Puasa Ramadhan, Ini Buktinya

Posted: 12 Nov 2012 08:36 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak orang yang menghindari menyantap karbohidrat di malam hari. Namun, ilmuwan Israel yang terinspirasi dari puasa bulan Ramadhan memberikan saran yang berbeda.

Satu tim dari Hebrew University, Israel, mengungkap hasil penelitian setelah mempelajari diet atau pola makan warga Muslim selama bulan Ramdhan.

Dari hasil penelitian terhadap puluhan petugas kepolisian yang menjalani puasa Ramadhan atau melakukan diet penurunan berat badan, diketahui bahwa menyantap karbohidrat di malam hari justru menurunkan risiko diabetes dan serangan jantung.

''Ide ini muncul dari penelitian terhadap masyarakat Muslim selama Ramadhan ketika mereka puasa di siang hari dan makan karbohidrat di malam hari,'' ujar Profesor Zecharia Madar, kepala ilmuwan di Kementerian Pendidikan Israel. 

Dia melakukan penelitian terhadap 78 petugas polisi. Setelah enam bulan, para peneliti mengungkapkan adanya tiga hormon yang muncul akibat diet itu, yaitu leptin yang merupakan hormon kenyang; ghrelin, hormon lapar, dan adiponectin, hormon yang mengaitkan antara obesitas, sindroma metabolisme, dan ketahanan insulin. 

Mereka menyimpulkan pola makan selama bulan Ramadhan itu memicu perubahan positif dalam tatanan hormon mereka yang menjalani puasa Ramadhan. Diet itu akan menurunkan tingkat lapar yang pada akhirnya dapat menurunkan berat badan hingga lemak tubuh.

Mereka yang menjalani puasa juga dapat memperbaiki tingkat gula darah, kolesterol dalam darah, dan menurunkan peluang peradangan. 

Uenaknya Makan 'Sepatu Goreng' di Pantai Bunaken

Posted: 12 Nov 2012 05:40 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Hah, makan sepatu goreng? Pakai sambal lagi! Masa iya sih?

Itulah salah satu makanan khas di Pantau Bunaken, yang terkenal dengan pemandangan terumbuh karang dan biota lautnya yang bisa dilihat dari permukaan air. Tepatnya, nama penganan itu adalah pisang sepatu goreng.

Disebut pisang sepatu karena bentuknya yang melebar. Sebetulnya pisang jenis ini dikenal juga dengan pisang kipas atau pisang kepok.

Dibalut adonan tepung, pisang sepatu goreng saat digigit begitu renyah di mulut dan rasanya manis. Uniknya, penjual menyodorkan sepiring sambil sebagai temannya.

"Dicolekkan ke sini pisangnya, Om," kata Marina, si penjual pisang sepatu goreng.

Bagi orang Jakarta atau Jawa, aneh memang makan pisang goreng dengan sambal terasi. Tapi, tak ada salahnya mencoba.

Bagaimana rasanya? Ya, manis-pedas. Nyam-nyam! Pisang sepatu goreng sepiring berisi lima biji pun dalam sekejap habis.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Mancanegara

sumber :-

ANTARA - Mancanegara


Perhiasan dari Titanic dipamerkan

Posted: 12 Nov 2012 08:25 PM PST

Titanic before journey. (titanicuniverse.com)

Berita Terkait

Atlanta (ANTARA News) - Perhiasan yang diselamatkan dari bangkai kapal Titanic akan dipamerkan mulai tanggal 16 November hingga 6 Januari di Atlanta, Amerika Serikat.

Premier Exhibition Inc., pemilik artefak-artefak Titanic, mengumumkan mereka akan memamerkan 15 perhiasan, termasuk liontin, cincin, dan jam saku.

Alexandra Klingelhofel, Wakil Presiden RMS Titanic Inc., cabang dari Premier Exhibitions, mengatakan ada juga berlian, batu safir, dan mutiara.

Kepada Reuters, Klingelholfer mengatakan perusahaannya adalah yang pertama menemukan artefak dari Titanic dan berhak atas benda-benda yang selamat dari kapal itu.

Kebanyakan perhiasan itu diambil dari bangkai kapal Titanic pada tahun 1987 dan ditemukan di sebauh tas kulit yang sepertinya dijaga oleh ship's purser, pegawai yang bertugas menangani uang dan benda berharga lainnya di kapal, kata Klingelholfer.

Petugas itu mungkin memindahkan perhiasan yang ada di brankas ke dalam tas kulit ketika kapal itu karam, agar dapat dikembalikan pada pemiliknya ketika ia selamat.

"Tapi tidak ada purser yang selamat," kata Klingelholfer.

Selain di Atlanta, perhiasan juga akan dipamerkan di Orlando dan Las Vegas mulai Mei tahun depan.

Titanic karam setelah menabrak gunung es di Samudra Atlantik, 15 April 1912.
(nta)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Tujuh tewas dalam kecelakaan lalu lintas di Turki timur

Posted: 12 Nov 2012 08:12 PM PST

Ilustrasi Turki (www.wikipedia.org)

Berita Terkait

Ankara (ANTARA News) - Sebuah minibus tergelincir ke dalam selokan di Provinsi Erzurum, Turki timur, Senin, menyebabkan tujuh orang penumpangnya tewas, demikian laporan surat kabar lokal Toady`s Zaman.

Kecelakaan itu terjadi di Kota Kecil Hortum, Erzurum, ketika pengemudi minibus tersebut kehilangan kendali kendaraan.

Mobil itu berasal dari kota terbesar Turki, Istanbul, yang menuju Provinsi Kars di bagian timur-laut negeri tersebut, kata laporan itu.

Lima orang meninggal di tempat dan dua orang meninggal di rumah sakit terdekat, sementara 29 orang lagi cedera dalam kecelakaan maut tersebut, kata laporan itu, demikian laporan Xinhua.

Polisi telah melakukan penyelidikan terhadap kecelakaan tersebut.

(C003)

Editor: Heppy

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Berita Terkini

sumber :-

ANTARA - Berita Terkini


Rupiah Selasa pagi menguat 10 poin

Posted: 12 Nov 2012 07:14 PM PST

Ilustrasi--Petugas teller menumpuk mata uang rupiah, di Bank Permata, Jakarta. (ANTARA/Ismar Patrizki)

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) - Mata uang rupiah terangkat tipis pada Selasa pagi terhadap dolar AS sebesar 10 poin menyusul kabar disetujuinya pengetatan anggaran Yunani sebagai prasyarat penerimaan "bailout".

Nilai tukar mata uang rupiah yang ditransaksi antarbank di Jakarta Selasa pagi bergerak menguat nilainya sebesar 10 poin menjadi Rp9.615 dibanding sebelumnya di posisi Rp9.625 per dolar AS.

Pengamat pasar Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih di Jakarta, Selasa mengatakan, Pemerintah Yunani telah mendapat persetujuan parlemennya untuk pengetatan anggaran (austerity program) sebesar 11,5 miliar euro dalam dua tahun.

"Persetujuan parlemen Yunani dalam pengetatan anggarannya merupakan prasyarat pencairan dana talangan. Pencairan dana talangan Yunani akan memicu mata uang rupiah terhadap dolar AS bergerak menguat meski terbatas," kata .

Saat ini, dikatakan dia, investor tengah menunggu hasil pertemuan menteri-menteri Keuangan Uni Eropa (UE) yang akan memutuskan pencairan dana talangan Yunani.

Ia menambahkan, investor juga terus memperhatikan perkembangan mengenai "fiscal cliff" AS hingga enam minggu ke depan. Minggu ini Presiden AS akan mengundang petinggi partai Republik dan Demokrat untuk kompromi politik mengatasi isu "fiscal cliff".

"Fiscal Cliff akan membuat defisit anggaran berkurang sebesar 607 miliar dolar AS disertai naiknya pajak. Fiscal cliff` bisa membuat ekonomi AS melemah di tahun 2013," kata dia.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra menambahkan, kabar mengenai persetujuan parlemen Yunani terhadap proposal penghematan anggaran pemerintah memberi angin segar ke pasar keuangan.

"Persetujuan itu akan membuka jalan bagi pemberian dana talangan sebesar 31,5 miliar euro yang diperlukan Yunani untuk membiayai pemerintahannya," kata dia.
(ANT)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Lesunya bursa global picu pelemahan IHSG

Posted: 12 Nov 2012 07:14 PM PST

Ilustrasi (ANTARA/Ismar Patrizki)

area "support-resistance" 4.307-4.350.

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Selasa diprediksi akan mengalami pelemahan dengan area "support-resistance" 4.307-4.350.

Prediksi itu didasarkan pada kondisi lesunya perdagangan di Wall Street, yang akan berimbas ke bursa regional, termasuk bursa domestik. Demikian dikatakan Analis pasar saham, Edwin Sebayang, ketika ditanya ANTARA News, di Jakarta, Selasa.

"Bursa Indonesia akan bergerak lambat, tidak bergairah dan cenderung turun, terlebih pendeknya perdagangan pada pekan ini," katanya.

Meski demikian, ada baiknya investor benar-benar selektif memilih saham emiten, terutama emiten yang sedang melakukan aksi korporasi, karena akan sangat mempengaruhi kinerjanya ke depan.

Untuk kondisi eksternal, tambah Edwin, jurang fiskal (fiscal cliff) diperkirakan berpeluang tidak dapat mencapai kata sepakat menjelang 1 Januari 2013 merujuk hari efektif yang dimiliki Kongres AS tinggal 16 hari Lagi (8 hari pada November dan 8 hari pada Desember 2012) setelah dipotong masa reses dan liburan, sehigga tidaklah mengherankan selama sisa waktu itu Wall Street berpeluang terjun bebas kembali.

Sementara analis lain, James Wahjudi, menjelaskan secara teknikal indeks akan bergerak "mixed" pada kisaran 4.300-4.350.

"Antisipasi aksi ambil untung (profit taking) menjelang liburan panjang akan memberikan sentimen terhadap pergerakan indeks," terangnya.

Di sisi lain, ucapnya, dirilisnya data produksi industri Jepang diprediksi akan memberikan sentimen tambahan.

Untuk saham yang layak diperhatikan di antaranya PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), PT Indosat Tbk (ISAT), PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), dan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA).

(KR-IAZ)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Utusan Online - Luar Negara

sumber :-

Utusan Online - Luar Negara


Itali dilanda banjir

Posted: 12 Nov 2012 11:30 AM PST

[unable to retrieve full-text content]VENICE 13 Nov. - Hampir separuh bandar raya Venice dinaiki air setinggi 1.5 meter semalam, ekoran hujan lebat yang melanda utara dan tengah Itali. Keadaan itu juga memaksa para pelancong berenang di Dataran...

India lancar komputer tablet termurah di dunia

Posted: 12 Nov 2012 11:30 AM PST

[unable to retrieve full-text content]NEW DELHI 13 Nov. - India semalam melancarkan sebuah lagi komputer tablet terbaru dan mungkin yang paling murah di dunia apabila dijual pada harga AS$20 (RM62). Tablet yang diberi nama Aakash 2 itu mensasarkan...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi international.okezone.com

sumber :-

Sindikasi international.okezone.com


Anggota Kongres AS Lakukan Kunjungan ke RI

Posted: 12 Nov 2012 05:01 AM PST

JAKARTA - Anggota Kongres Amerika Serikat (AS) Jim McDermott melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso di Ruang Rapat DPR RI, Senin (12/11/2012). Pertemuan ini dimaksudkan untuk memperkuat kerja sama antara kedua negara.   

Dalam pertemuan tersebut Amerika bermaksud untuk memfokuskan hubungan bilateral dengan Indonesia setelah terpilihnya kembali Barack Obama sebagai Presiden AS untuk masa periode kedua.

"Saya datang ke Indonesia sudah keempat kalinya selama saya menjadi anggota Kongres. Saya datang kembali mengunjungi Indonesia agar hubungan antara Amerika dan Indonesia tidak akan terputus," ungkap McDermott kepada Wartawan.

Priyo mengungkapkan bahwa, "kerja sama yang akan dijalin antara kedua negara ini salah satunya di bidang ekonomi mengenai investasi tambang minyak dan tambang bumi. Lalu kemudian investasi neraca perdagangan, dan akan diadakannya industri otomotif dari Amerika".

Saat ini Jim menjalani masa jabatannya yang ke-12 sebagai anggota Kongres. McDermott adalah seorang anggota senior House Ways and Means Committe yang merupakan panel penyusun pajak antara Kongres.

Saat di Kongres, McDermott dikenal giat memberikan bantuan kepada anggota masyarakat yang kurang beruntung. Seperti warga negara dan keluarga yang berpenghasilan rendah, pengangguran, dan bagi mereka yang menderita penyakit kronis serta cacat.(faj)

Pangeran Charles Jadi Incaran Serangan

Posted: 12 Nov 2012 04:48 AM PST

AUCKLAND - Seorang kakek berusia 74 tahun ditangkap oleh Kepolisian Selandia Baru karena berencana untuk menyerang Pangeran Charles dan Duches of Cornwall, Camila Parker Bowles. Pria tersebut diketahui sangat anti terhadap keluarga Kerajaan Inggris.
 
Pihak kepolisian berhasil meringkus kakek tersebut sesaat sebelum Charles dan Camilla tiba di Auckland. Di kota tersebut, Charles dan Camilla direncanakan untuk melakukan pertemuan dengan ratusan warga Selandia Baru.
 
Menurut keterangan Kepolisian Selandia Baru, pria tersebut ditangkap sekira 50 menit sebelum kedatangan pasangan kerajaan itu. Polisi mengatakan, pria itu berasal dari wilayah Mangere dan ditangkap pada pukul 12:40 siang waktu setempat.
 
"Tersangka akan dihadapkan ke muka pengadilan Distrik Auckland, dengan dakwaan mempersiapkan aksi kejahatan. Kejahatan yang dimaksud adalah kejahatan penyerangan," pernyataan pihak Kepolisian Selandia Baru, seperti dikutip Standard.co.uk, Senin (12/11/2012).
 
"Petugas mengidentifikasi pria tersebut sebagai anti-keluarga kerajaan, yang ditangkap, di sebuah lokasi yang akan dikunjungi oleh Pangeran Charles. Penangkapan dilakukan sebelumnya pasangan kerajaan tiba," lanjut pernyataan tersebut.
 
Tetapi bukan ancaman serangan saja yang dihadapkan Pangeran Charles dalam kunjungan kali ini. Ketika pasangan ini menyalami warga, beberapa warga melakukan protes dengan memperlihatkan secarik kertas dan berisi kecaman kepada keluarga kerajaan.
 
Pangeran Charles dan Duches of Cornwall dijadwalkan akan berada di Selandia Baru selama tujuh hari. Mereka datang sebagai bagian tur peringatan 60 tahun Ratu Elizabeth II berkuasa.
(faj)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi celebrity.okezone.com

sumber :-

Sindikasi celebrity.okezone.com


Para Pemain Film 5 CM Kaget Nyawanya Diasuransikan Seharga Rp 10 Miliar

Posted: 12 Nov 2012 08:42 AM PST

Senin, 12 November 2012 23:42 wib
Edi Hidayat - Okezone

JAKARTA - Para pemain film 5 CM seperti Fedi Nuril, Junot, Raline Shah, Igor, Denny Sumargo dan Pevita Pearce mengaku kaget saat mengetahui jika nyawa mereka telah diasuransikan pihak filmnya seharga 10 Miliar saat mereka menjalani syuting film tersebut di puncak gunung Semeru.

"Mereka tahu kalau diasuransikan, tapi sebesar apa asuransinya nggak tahu jumlahnya. Mereka kaget pas tahu ternyata asuransinya besar," kata Dewi, PR PT Soraya Intercine Films melalui sambungan telefon, Senin (12/11/2012).

Menurut Dewi, mendaki puncak gunung Semeru bukanlah hal yang mudah, bahkan nyawa bisa menjadi taruhannya. Selama dua minggu syuting, para pemain rentan akan kecelakaan, faktor cuaca dan terjalnnya lokasi menjadi faktor utama kecelakaan.

"Karena kita syuting di atas puncak gunung semeru, taruhannya nyawa. Banyak tantangan jurang-jurang di tepi kanan dan kiri, Kekuatan fisik benar-benar dipakai. Jadi kita berfikir ke depan terjadi apa-apa sama pemain kita buatin asuransi Rp 10 Miliar untuk enam pemain utama," kata Dewi.

(uky)

Makki Ungu Bercerai?

Posted: 12 Nov 2012 08:04 AM PST

Senin, 12 November 2012 23:04 wib
Egie Gusman - Okezone

JAKARTA - Kabar tak sedap kini menimpa salah satu personel band Ungu, Makki dikabarkan tengah bercerai dengan istrinya, Dede. Namun saat dimintai keterangan masalah tersebut, pria yang pandai bermain bass itu mengelaknya.

"Gue no comment, no comment," elak Makki saat ditemui di Planet Hollywood, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (12/11/2012).

Diakuinya jika saat ini Makki tengah mengalami krisis dengan menjadi seorang suami. Namun begitu Makki enggan menjelaskan kondisi rumah tangganya.

"Lagi krisis suami nih gue sekarang," aku Makki sambil bergegas pergi meninggalkan awak media.

(uky)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

detikcom

sumber :-

detikcom


UKP4: Ada Menteri dan Menko yang Dapat Rapor Merah

Posted: 12 Nov 2012 01:03 PM PST

Cari Penawaran Terbaik di Sini

Rancang Perjalananmu di Sini

KBRI Malaysia Tunggu Hasil Penyelidikan 3 Polisi Pemerkosa TKI

Posted: 12 Nov 2012 12:32 PM PST

Cari Penawaran Terbaik di Sini

Rancang Perjalananmu di Sini

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPAS.com - Nasional

sumber :-

KOMPAS.com - Nasional


Akil: Jangan Bawa MK dalam Polemik Mahfud-Sudi!

Posted: 12 Nov 2012 11:45 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar menanggapi polemik yang berkembang antara Ketua MK Mahfud MD dengan Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, terkait pernyataan Mahfud yang menyebut indikasi mafia narkoba di lingkungan Istana. Akil menegaskan, jangan membawa lembaga MK dalam polemik tersebut.

"Kalau polemik mereka silahkan saja. Tapi jangan bawa-bawa lembaga, karena lembaga ini (MK) kan tidak terkait sama sekali," ujar Akil, di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (12/11/2012).

Menurut Akil, ucapan Mahfud yang menilai adanya pengaruh mafia narkoba dalam rekomendasi kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terkait pemberian grasi kepada gembong narkoba adalah pendapat pribadinya, bukan mewakili institusi MK.

"Pak Mahfud itu kan dalam kapasitas dia. Selama ini MK kan tidak punya masalah dengan yang lain," katanya.

Mengenai pernyataan Sudi yang tersinggung dengan perkataan Mahfud, menurut Akil, tak jadi persoalan baginya. Hanya saja, Sudi diminta tak mengaitkannya dengan MK secara kelembagaan. "Silakan saja tersinggung, bukan lalu mengeneralisasi bahwa MK begitu dan begini," kata Akil.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi sangat berkeberatan dan merasa terhina atas pernyataan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD yang menuding bahwa mafia narkoba sudah masuk ke lingkaran Istana.

"Saya sangat berkeberatan dan terhina dengan kata-kata saudara Mahfud yang menuduh mafia narkoba sudah masuk ke lingkaran Istana. Suatu tuduhan yang amat keji dan mencemarkan nama lembaga kepresidenan," kata Mensesneg Sudi Silalahi melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Dia meminta Mahfud untuk menjelaskan pernyataan tersebut kepada dirinya dan Presiden dengan disertai bukti-bukti dan keterangan lain yang mendukung.

Mensesneg menegaskan bahwa sudah beberapa kali dijelaskan bahwa proses pemberian grasi terhadap terpidana narkoba Meirika Franola alias Ola sudah melalui proses yang sistemik sesuai dengan aturan yang berlaku.

Dia menjelaskan, sebelum rekomendasi pemberian grasi sampai ke Presiden, dia juga telah memastikan bahwa semua proses sudah dilalui. Mensesneg juga sudah melakukan penelitian yang saksama untuk memastikan bahwa semua pihak telah memberikan rekomendasi dan pertimbangan.

"Bahkan, untuk permohonan grasi kasus-kasus tertentu, misalnya pembunuhan berencana, terorisme, narkoba, terpidana WNA, Presiden sering memimpin sendiri rapat yang dihadiri para menteri dan pejabat terkait sebelum keputusan diambil oleh Presiden," ujar Mensesneg.

Baca juga:
NU Dorong BNN Tes Urine Staf Istana
SBY: Saya Bertanggung Jawab atas Grasi Ola
Sudi: Grasi Ola "Clear"
4 Kejanggalan Grasi SBY kepada Gembong Narkoba
Todung Dukung Grasi Ola

Berita terkait dapat diikuti dalam topik:
Grasi Terpidana Narkoba

 

Editor :

Inggried Dwi Wedhaswary

TKI Diperkosa, Pemerintah Kirim Surat Protes

Posted: 12 Nov 2012 09:41 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan, telah mengirimkan surat kepada Pemerintah Malaysia memprotes keras atas dugaan pemerkosaan yang dilakukan tiga polisi negara itu terhadap seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

"Kita sudah menyampaikan protes supaya pelaku dihukum seberat-beratnya," kata Muhaimin, sebelum Rapat Koordinasi tentang Perburuhan, di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Senin (12/11/2012).
   
Menurut Muhaimin, surat protes tersebut disampaikan melalui Satuan Tugas Tenaga Kerja Indonesia-Malaysia. Sebelumnya, pada Sabtu (10/11/2012) media Malaysia, Sinar Harian, melansir berita seorang TKI perempuan diperkosa 3 orang polisi Malaysia di Kantor Polisi Bukit Mertajam, Penang, Malaysia. Korban berinisial SM (25), mengatakan, pemerkosaan terjadi pada Jumat (9/11/2012), ketika dirinya terjaring pemeriksaan polisi Malaysia.

SM mengakui, dirinya tidak memiliki dokumen lengkap karena hanya mengantongi fotokopi paspor sehingga digiring ke kantor polisi. Saat itu, korban minta dilepaskan tapi tidak dikabulkan. Oleh ketiga polisi, ia diperkosa dan kemudian dibebaskan.

Muhaimin mengungkapkan, berdasarkan laporan dari KBRI di Malaysia, pelaku pemerkosaan sudah ditangkap. "Selanjutnya kami sudah melakukan pendampingan dan untuk menjaga psikologis korban, termasuk menyediakan pengacara," ujarnya.

Ia mengingatkan, para TKI harus waspada dengan menyiapkan dokumen-dokumen. "Perlengkapan dokumen agar TKI tidak diremehkan, dan memiliki harga diri di Malaysia," ujarnya.  

Baca juga:
Jumhur: Polisi Malaysia Perlu Dididik Ulang
Pesan Menakertrans untuk TKW
Panggil Pulang Dubes Indonesia di Malaysia!
Malaysia Jangan Tutup-tutupi Pemerkosaan TKW

Berita terkait peristiwa ini dapat diikuti dalam topik:
TKI Diperkosa Polisi Malaysia

 

Editor :

Inggried Dwi Wedhaswary

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS