Sindikasi news.okezone.com

sumber :-

Sindikasi news.okezone.com


Menhub Belum Mau Ungkap Penyebab Pesawat Jatuh

Posted: 08 May 2011 11:21 PM PDT

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Freddy Numberi menegaskan bahwa hasil investigasi terhadap kecelakaan pesawat MA 60 milik maskapai Merpati Nusantara Airlines di Kaimana, Papua, kemarin, belum bisa diungkapkan ke publik.
 
Pasalnya saat ini, kasus kecelakaan tersebut masih ditangani oleh Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). "Belum, saat ini masih diinvestigasi oleh KNKT. Masih jalan terus," singkatnya di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (9/5/2011).
 
Freddy mengaku pihaknya masih kesulitan menemukan kotak hitam pesawat buatan China itu. Tim baru menemukan data-data recorder.
 
"Belum dua-duanya, kan ada voice recorder dan data recorder. Yang baru ditemukan kalau gak salah data recorder. Masih dicari, kan di bawahnya lumpur," tandasnya.
 
Dari 25 orang yang masuk daftar manifest pesawat Merpati Nusantara Airlines yang jatuh di Teluk Kaimana, kemarin, baru 23 jenazah yang ditemukan. Sementara dua lainnya masih dalam pencarian. Lokasi jatuhnya pesawat di perairan membuat proses pencarian cukup sulit.

(ful)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Bunuh Osama, Baasyir Suruh Obama Masuk Islam

Posted: 08 May 2011 11:17 PM PDT

JAKARTA - Abu Bakar Baasyir menilai, Osama bin Laden adalah mujahid besar yang memperjuangkan Islam hingga akhir hayatnya. Sebaliknya, Presiden Ameika Serikat Barack Obama diibaratkan kafir.
 
"Karena mujahid kalau meniggal pahalanya besar. Dia dihancurkan kafir. Sebaliknya, Amerika, Obama, kalau dia tidak mau tobat masuk Islam kalau mati dalam kafir jadi anjing neraka. Suruh tobat dia," seru Baasyir, Senin (9/5/2011).
 
"Islam pasti menang, mau Osama mati, mau yang lain mati, silakan mati. Al Qaida juga boleh bubar, silakan, tapi kalau Allah akan menggantikan dengan yang baru karena Islam mesti menang. Jadi kita berjuang untuk Islam dan diri sendiri di akhirat," paparnya.
 
Terdakwa kasus terorisme Abu Bakar Baasyir akan menghadapi tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum, hari ini.
 
Sebelumnya, Baasyir sendiri didakwa mengetahui, mendukung pelatihan militer di Aceh. Baasyir hari ini akan mendengarkan tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum. Sesuai dengan pasal yang disangkakan sebelumnya, Baasyir terancam hukuman penjara seumur hidup hingga hukuman mati.

(lam)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Republika Online

sumber :-

Republika Online


Jangan Bingung ya Milihnya: 10 Ribu Kosmetik Mendaftar dalam 4 Bulan

Posted: 08 May 2011 11:36 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sebanyak 10.926 item produk kosmetik telah didaftarkan atau ternotifikasi dalam jangka waktu empat bulan sejak penerapan pendaftaran/ notifikasi kosmetik ASEAN pada 1 Januari 2011, kata Kepala Badan POM Kustantinah.

"Dulu saya selalu diprotes pendaftaran kosmetik lama, tapi dalam empat bulan sudah 10 ribu kosmetik ternotifikasi(terdaftar, red) , dibanding tahun 2008-2010 hanya 27 ribu," ujar Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan(BPOM) Kustantinah dalam seminar "Harmonisasi ASEAN Bidang Kosmetika" di Jakarta, Senin.

Selama tiga tahun sebelum diberlakukannya harmonisasi kosmetik ASEAN, Badan POM hanya sanggup memproses pendaftaran 27.235 item produk kosmetik sehingga penerapan harmonisasi tersebut dinilai mempercepat akses produk ke pasar.

Kustantinah merinci selama 1 januari hingga 30 April 2011, sebanyak 10.926 item produk ternotifikasi/terdaftar,yang 1.470 produk di antaranya merupakan produk lokal industri, 4.139 produk lokal UKM dan 5.317 atau 48,66 persen produk impor.
"Jumlah UKM yang mendaftar itu 181 perusahaan," ungkapnya.
Sementara sejak 1991-2010 jumlah produk kosmetik yang terdaftar sebanyak 112.545 produk.

UKM didorong Kustantinah untuk belajar melakukan notifikasi produknya sendiri dan tidak menggunakan jasa calo untuk menghindari pemerasan. "Kami mohon bapak/ibu untuk melakukannya (notifikasi) sendiri. Kalau gak tahu, nanya. Petugas kami siap membantu," ujarnya.

Kustantinah juga meminta agar para pengusaha UKM untuk melaporkan jika ada petugas Badan POM yang datang ke perusahaan untuk memeras. "Kalau petugas tidak punya surat tugas, jangan diterima. Tapi kalau dia datang resmi, membawa surat tugas, diharapkan diterima," ujarnya kemudian menambahkan jika ada pemeriksaan adalah demi kepentingan masyarakat.

Sebelumnya, Ketua Tim Penyelamat dan Pengawas Regulasi Kosmetika, Obat dan Kesehatan Indonesia (TP2RKOKI) Ismail mengatakan banyak keluhan dari para produsen terkait pemerasan yang dilakukan polisi dan petugas Badan POM. Modusnya, para petugas itu mendatangi kantor-kantor kosmetik untuk memeriksa izin edar produk kosmetik dan mengancam hendak melakukan penyitaan.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Demi Alasan Keamanan, Siswa SMP Bojonegoro Bawa Ban Mobil

Posted: 08 May 2011 11:35 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,BOJONEGORO - Siswa SMPN 5 Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Senin (9/5) mulai membawa ban mobil. Ban tersebut sebagai kelengkapan keamanan ketika mereka menyeberang dengan perahu tambang di perairan Bengawan Solo.

"Setelah saya cek, ada delapan siswa yang membawa ban," kata seorang guru olahraga SMPN 5 Bojonegoro, Widjianto, di Bojonegoro, Senin (9/5).

Pada 2 Mei lalu, perahu tambang berpenumpang 32 orang tenggelam di tambangan Bengawan Solo di Desa Padang, Kecamatan Trucuk. Sebanyak delapan penumpang, yang sebagian besar adalah pelajar, ditemukan tewas.

Satu penumpang yang juga pelajar belum berhasil ditemukan. Sedangkan, sebanyak 23 penumpang berhasil selamat.

Widjianto menjelaskan sekolahannya memiliki 38 siswa yang berangkat dan pulang sekolah dengan memanfaatkan perahu tambang di perairan Bengawan Solo. Menyusul kejadian tenggelamnya perahu tambang di perairan Bengawan Solo, para siswanya dianjurkan untuk membawa ban ketika menyeberang naik perahu tambang. Langkah ini sebagai usaha menjaga keselamatan para siswanya itu.

Sebab, dari 38 siswanya tersebut, ada delapan siswa yang tidak bisa berenang. "Lagi pula, kalau mengandalkan kemampuan renang, itu tidak menjadi jaminan selamat kalau sewaktu-waktu perahu terbalik," jelasnya. "Kami minta semua siswa yang menyeberang Bengawan Solo tetap membawa ban."

Dari hasil uji coba yang dilakukan di kolam renang dengan para siswa, sebuah ban mobil bisa menampung tiga siswa dalam keadaan berpegangan.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Republika Online

sumber :-

Republika Online


Balon Ketum PSSI Mulai Tebar Pesona

Posted: 08 May 2011 11:02 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Beberapa bakal calon (balon) ketua umum PSSI yang lolos verifikasi mulai tebar pesona. Mereka mulai tampil di hadapan pecinta sepakbola nasional dengan menyempatkan diri menyaksikan laga final kompetisi Superliga Indonesia U-21 di Jakarta.

Dua bakal calon ketum, Erwin Aksa dan Agusman Effendi, tampak hadir di pertandingan yang dimenangkan oleh Persela Lamongan U-21 tersebut. Keduanya duduk berdampingan di tribun VIP Stadion Soemantri Brodjonegoro.

Selain kedua bakal calon ketua umum tersebut, ketua Komite Normalisasi, Agum Gumelar, dan CEO PT. Liga Indonesia, Joko Driyono, juga tampak hadir di laga puncak Superliga Indonesia U-21 tersebut.

Dalam jeda pertandingan antara Persela U-21 menghadapi Semen Padang U-21, Agum kembali menegaskan bahwa Komite Banding hanya akan memproses kandidat-kandidat yang berkasnya diverifikasi. Sementara, kandidat yang berkasnya ditolak itu tidak akan ikut diproses.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiga Korban Merpati Belum Ditemukan

Posted: 08 May 2011 10:55 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,JAYAPURA - Tim SAR Senin (9/5) ini masih terus melakukan pencarian tiga korban jatuhnya pesawat Merpati Nusantara Airlines (MNA) jenis M-60 di perairan Kaimana, sekitar 500 meter dari Bandara Utarom, Sabtu (7/5). Tim SAR sebelumnya menemukan 24 korban.

"Tim SAR yang dibantu penyelam dari Sorong telah menemukan 24 korban termasuk awak pesawat. Namun, tiga di antaranya belum ditemukan," kata Kepala Bandara Utarom, Kaimana Gagarin Mardiansyah, yang dihubungi melalui telepon seluler dari Jayapura pada Senin (9/5).

Dia mengatakan bahwa salah satu korban yang baru ditemukan adalah anak kecil. Setelah diidentifikasi, jasad anak kecil itu diketahui bernama Rifli Abimanyu (Abi). Anak dari pasangan AKP Tedy Efendi dan Irmawaty itu juga menjadi korban dalam kecelakaan pesawat tersebut.

Jasad Abi ditemukan oleh sejumlah nelayan tradisional yang ikut dalam pencarian korban pesawat naas itu. Korban terapung di permukaan air laut sekitar tiga mil dari tepian laut bagian Selatan Kota Kaimana.

Dia mengatakan bahwa tim SAR masih terus melakukan pencarian tiga korban tersisa. Dari 23 korban yang telah ditemukan, enam orang di antaranya belum diidentifikasi dan kini masih disemayamkan di RSUD Kaimana karena kondisi korban tidak utuh lagi.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPASentertainment

sumber :-

KOMPASentertainment


Dua Film 'Tarzan' Siap Produksi

Posted: 09 May 2011 04:02 AM PDT

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Perusahaan film kenamaan asal AS, Warner Bros Pictures, berencana membuat dua film Tarzan. Namun, belum ada kabar pasti kapan dua film ini akan dirilis ke pasar.

Film Tarzan pertama akan ditulis oleh Adam Cozad, yang juga menulis skenario untuk film Archangel. Sedangkan, untuk film Tarzan kedua akan ditulis oleh Craig Brewer, sutradara dari Black Snake Moan.

Warner Bros Pictures sendiri belum memutuskan film mana yang akan diproduksi terlebih dahulu. Studio itu akan menunggu hingga selesainya penulisan skenario kedua. Dengan begitu, mereka akan memutuskan film mana yang akan diproduksi terlebih dahulu.

Film Tarzan pernah dirilis oleh Walt Disney Feature Animation pada akhir 1999 lalu. Film itu merupakan satu-satunya film yang mengangkat tema Tarzan berdasarkan cerita novel Tarzan of the Apes karangan Edgar Rice Burroughs (1912).

Walt Disney sendiri memproduksi film animasi Tarzan dengan ongkos terbesarnya hingga saat ini, sebesar 150 juta dollar AS--walaupun berhasil digantikan kedudukannya oleh Tangled (2010), sebesar 260 juta dollar AS.

Hollywood pun berencana hendak menghadirkan kesuksesan sekuel Tarzan kembali. Desember 2006 lalu dikabarkan Universal Pictures dengan sutradara berkebangsaan Meksiko, Guillermo del Toro, sedang mengembangkan sebuah film tentang Tarzan. Kemudian, pada September 2008, proyek itu diambil alih oleh Warner Bros dengan Stepehn Sommers menggantikan posisi Del Toro.  

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Agnes Monica Sempat Terganjal Kewarganegaraan

Posted: 09 May 2011 03:54 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com -- Dalam JPopAsia International Music Awards 2010, vokalis, artis peran, dan bintang iklan Agnes Monica (24) ternyata sempat terganjal untuk memperoleh penghargaan karena kewarganegaraannya.  

Telah diumumkan, Agnes mendapat tujuh dari 26 penghargaan JPopAsia International Music Awards 2010. Ketujuh penghargaan itu adalah  Favorite Artist/Band, Best Female Solo, Most Promising Artist/Band,  Best Musical Ability (vocal, instrumental, dan lain-lain), Best Use of Social Media (facebook, twitter, dan lain-lain), Sexiest Female Singer, dan Most Want-to-be Girlfriend (paling diinginkan untuk dijadikan pacar).

Pemilihan itu dilakukan melalui pemungutan suara publik secara online selama 39 hari. "Diinfokan aku dapat tujuh penghargaan dari JPop. It's kind of surprise, puji Tuhan, thank God. Ya, ternyata aku menang," tuturnya. "Aku jadiin motivasi saja, semoga menjadi orang yang lebih baik lagi, musisi yang lebih baik lagi," sambungnya.

Agnes mengaku tidak menyangka mampu memperoleh tujuh penghargaan sekaligus. "Aku sendiri enggak tahu kalau aku diikutsertakan dalam nominasi. Bahkan, lucunya, awal mulanya mereka mengira aku ini orang Asia Timur, orang Jepang, orang Korea atau orang Cina," cerita pelantun hit "Karena Ku Sanggup" ini.

Lanjut Agnes, pihak penyelenggara sempat menggugurkan nominasi untuknya, karena ia bukan orang Asia Timur. "Tapi, akhirnya, tiga hari sebelum pengumuman, mereka secara resmi mengirimkan surat pemberitahuan, aku masuk delapan kategori. Mereka menyadari bahwa ajang ini memiliki nama Asia International dalam JPopAsia International Music Awards," paparnya.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPAS.com - Internasional

sumber :-

KOMPAS.com - Internasional


Angin Kencang Landa Kamp Dua Everest

Posted: 09 May 2011 03:34 AM PDT

Ekspedisi Mahitala

Angin Kencang Landa Kamp Dua Everest

Ahmad Arif | Glori K. Wadrianto | Senin, 9 Mei 2011 | 10:34 WIB

KATHMANDU, KOMPAS.com - Angin kencang menerbangkan tenda mass, yang dibangun Tim Mahitala Universitas Katolik Parahyangan di kamp dua, Gunung Everest. Tenda mass merupakan tenda yang biasa dipakai makan dan dapur umum.

Ketua Tim Pendaki Sofyan Arief Fesa mengabarkan hal itu dari Basecamp Everest, Senin (9/5/2011). "Satu downsuit punya Sherpa (Ningma Sherpa, pemandu perjalanan di Kathmandu) hilang, tapi barang-barang kita yang disimpan di sana aman," kata dia.

Menurut Arief, sejak dua hari terakhir kecepatan angin di kamp dua (6400 meter) sangat kencang. Empat tim anggota tim pendaki dan sherpa turun ke basecamp (5360 meter) untuk beristirahat.

"Hanya juru masak (Kaila) yang tinggal dan jaga di sana. Dia harus berjalan sampai ratusan meter untuk mencari barang-barang yang beterbangan dan coba membangunnya lagi," kata dia.

Sementara itu suasana di Kathmandu berawan. Angin juga bertiup cukup kencang. Bahkan, sore kemarin sempat turun hujan. Padahal, biasanya pada bulan Mei, Kathmandu memasuki musim kering. "Cuaca sudah berubah sekarang. Menjadi sulit diprediksi," kata Ningma Sherpa.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Fatah-Hamas Akan Gelar Pertemuan Pertama

Posted: 09 May 2011 01:43 AM PDT

Fatah-Hamas Akan Gelar Pertemuan Pertama

Egidius Patnistik | Senin, 9 Mei 2011 | 08:43 WIB

AFP/MAHMUD HAMS

Seorang warga Palestina tengah menatap reruntuhan pabrik yang hancur diterjang serangan udara Israel di Gaza City, jalur Gaza, Jumat (2/4/2010). Setidaknya enam peluru kendali dilancarkan Israel hari itu, menjawab serangan roket Palestina. Tak diberitakan adanya korban jiwa.

TERKAIT:

GAZA CITY, KOMPAS.com — Pertemuan pertama antarfaksi yang bertikai di Palestina, Fatah dan Hamas, akan diselenggarakan dalam waktu satu pekan di Mesir, kata seorang pejabat Fatah, Minggu (8/5/2011).

"Kami telah sepakat untuk mengadakan pertemuan pertama kami mengenai penerapan kesepakatan perujukan setelah berakhirnya babak pembicaraan Dewan Revolusioner Fatah saat ini," kata anggota Komite Pelaksana Fatah, Azzam al-Ahmed, kepada radio Voice of Palestine.

Pertemuan tersebut akan membahas pembentukan pemerintah dan calon untuk memimpin kabinet, katanya. Hamas dan Fatah menandatangani kesepakatan perujukan di ibu kota Mesir, Kairo, Rabu pekan lalu, guna mengakhiri empat tahun perpecahan politik dalam tubuh faksi perjuangan Palestina.

Wakil dari 13 faksi, termasuk Fatah pimpinan Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan pesaingnya, Hamas, serta tokoh politik independen menandatangani perjanjian itu setelah melakukan perundingan dengan para pejabat Mesir.

"Kami menandatangani perjanjian itu kendati ada beberapa keberatan. Tetapi, kami menegaskan akan bekerja bagi kepentingan nasional yang lebih tinggi," kata Walid al-Awad, anggota politbiro Partai Rakyat Palestina yang berhaluan kiri.

"Kami telah membicarakan semua keberatan. Semua pihak setuju untuk mempertimbangkan masalah ini," kata Al-Awad kepada televisi Mesir tanpa penjelasan lebih jauh.

Berdasarkan kesepakatan tersebut, di antara tugas utama yang akan ditangani adalah pembentukan satu pemerintah dan pembentukan satu dewan keamanan yang lebih tinggi, yang bertugas mencarikan jalan untuk mengintegrasikan pasukan keamanan Hamas dan Fatah serta mewujudkan satu badan keamanan yang profesional. Perjanjian itu juga mengusulkan pembentukan satu pengadilan pemilu dan pembebasan sejumlah tahanan yang disekap di penjara oleh faksi yang berseteru di Tepi Barat Sungai Jordan dan Jalur Gaza.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Sumber :

Ant, Xinhua, Oana

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Mancanegara

sumber :-

ANTARA - Mancanegara


Jet Tempur Austria Lacak Balon "yang Melarikan Diri"

Posted: 08 May 2011 08:03 PM PDT

Jet tempur dan balon - ilustrasi (ANTARANews/Ardika)

Berita Terkait

Video

Wina (ANTARA News) - Angkatan Bersenjata Austria akhir pekan lalu melakukan tindakan yang tak biasa dengan mengerahkan jet tempur Euro guna melacak balon yang berisi udara panas dan "melarikan diri", demikian laporan Austrian Broadcasting (ORF), Ahad (8/5).

Menurut laporan tersebut, balon yang berisi udara panas itu, dengan diameter 10 meter dan 40 tinggi meter, "melarikan diri" dari tempat pameran di Provinsi Linz, Austria timur-laut, pada Sabtu pagi (7/5) dan segera membubung sampai ketinggian 3.000 meter.

Balon itu adalah karya seorang mahasiswa di University of the Arts, Linz.

Tiga jet tempur Euro kemudian dikerahkan ke udara setelah peringatan dikeluarkan buat pesawat lain yang terbang di wilayah tersebut.

Jet tempur itu diperintahkan untuk menembak jatuh balon tersebut di daerah tertentu. Pada pukul 14:20 waktu setempat, balon itu ditemukan pada ketinggian 14.500 meter di sebelah utara provinsi Graz di Austria timur.

Namun jet tempur tersebut tak melepaskan tembakan sebab pecahan balon atau pecahan bom bisa membahayakan orang yang tinggal di daerah itu. Pada pukul 15:30 waktu setempat, balon tersebut memasuki daerah pegunungan dan meninggalkan Austria.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Anggota Parlemen Global Akan Dukung Negara Kurang Berkembang

Posted: 08 May 2011 08:00 PM PDT

Istanbul (ANTARA News) - Sebanyak 160 anggota dewan legislatif dari berbagai belahan dunia menjanjikan dukungan di Istanbul, Turki, Ahad (9/5), untuk mendukung program aksi baru guna menetapkan jalur yang lebih ambisius buat sedikitnya 48 negara kurang berkembang di dunia.

Mereka menyampaikan komitmen itu di Forum Parlementer di Istanbul pada Ahad, sehari sebelum dimulainya Konferensi PBB Keempat mengenai Negara Kurang Berkembang, yang diselenggarakan di Istanbul dari 9 dan 13 Mei.

Anggota dewan legislatif memuji rancangan dokumen yang untuk pertama kali mengakui peran kuat parlemen dalam pembangunan Negara Kurang Berkembang (LDC).

"Masalah yang menggarisbawahi di LDC adalah pemerintahan. Itu berarti hubungan kekuasaan yang miring, kurangnya keterwakilan kelompok miskin dan yang lain, dan lemahnya pertanggungjawaban secara keseluruhan," kata Sekretaris Jenderal Uni Antar-Parlemen (IPU) Anders Johnsson di forum tersebut.

Semua anggota parlemen yang hadir juga menyampaikan komitmen mengenai kajian proses lembaga parlemen mereka masing-masing dengan tinjauan untuk membantu arus utama program aksi baru itu di semua tingkat pembuat kebijakan.

"Takkan lagi satu rencana buat LDC berdiri sendirian saja hingga terlupakan," kata Mehmet Ali Sahin, Ketua Majelis Agung Nasional Turki, tuan-rumah bersama forum tersebut dengan IPU.

"Kami akan bekerja lebih keras untuk memastikan semua parlemen ikut dalam aksi itu dan bekerja sama dengan mitra pembangunan, termasuk masyarakat sipil, guna mendukung penerapannya," tambahnya.

Forum itu adalah puncak dari serangkaian konsultasi, yang dikenal sebagai jalur parlementer, guna memberi masukan kepada konferensi LDC PBB.

Forum tersebut juga menyaksikan peluncuran proyek bersama PBB-IPU guna membantu parlemen LDC dalam mengatasi sebagian keregangan kemampuan yang telah lama membuat lemah fungsi perwakilan, legislatif dan pengawasan mereka.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Republika Online

sumber :-

Republika Online


Kopi, Seks dan Buang Ingus Memicu Stroke

Posted: 08 May 2011 01:00 AM PDT

[unable to retrieve full-text content]REPUBLIKA.CO.ID, UTRECHT - Kopi, seks dan membuang ingus bisa memicu stroke pada pasien yang menderita pembesaran pembuluh darah. Demikian hasil penelitian ilmuan Belanda, Sabtu (7/5).Ahli syaraf asal Belanda Monique...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

The Malaysian Insider :: World

sumber :-

The Malaysian Insider :: World


Thousands of Mexicans march to protest drug war

Posted: 08 May 2011 06:29 PM PDT

People hold placards as they take part in a march on the streets in Mexico City, May 8, 2011, Thousands of Mexicans on Sunday marched into the capital city to protest the wave of killing that has claimed 38,000 lives since President Felipe Calderon launched his war on drug gangs in late 2006. — Reuters pic

MEXICO CITY, May 9 — Tens of thousands of Mexicans yesterday marched into the capital city to protest the wave of killing that has claimed 38,000 lives since President Felipe Calderon launched his war on drug gangs in late 2006.

Demonstrators, many wearing white and walking in silence, held up placards that read "Not a single more death," "Enough already" and "No more bloodshed."

The march started on Thursday about 72km from the capital in the tourist city of Cuernavaca, which has been rocked by drug-related violence and where in March suspected hitmen killed the son of writer Javier Sicilia, who is heading the march.

"We don't want any more death because of this growing mess," said Sicilia, from a platform in Mexico's huge central Zocalo square, where the demonstrators gathered.

"No more deaths, no more hate. We've come out to walk these streets with dignity and peace ... violence will only bring us more violence," he added.

Sicilia, who called for a broad peace pact between citizens, government officials and politicians, also demanded that Public Security Minister Genaro Garcia resign.

Protesters on the march, which the city government said attracted about 150,000 people, told local media they wanted the government to change its strategy in the war on drugs.

Along the four-day march to the Zocalo, Sicilia was joined by activists, academics, artists, immigrants and members of social organizations, as well as the relatives of victims of the violence.

"We've come from San Juan Copala (in Oaxaca state), seeking peace, because we're also suffering violence and injustice," said Mariana, a 21-year-old from the Triqui tribe, wearing indigenous clothing.

Helped by friends, 49-year-old Carlos Castro held up a large blanket with photos of his wife and two daughters. They disappeared one January night in Xalapa, in the east of the country, and he has not heard anything of them since.

"I've not found any other way to protest, nobody has spoken to me and the authorities know nothing about them," he said. "The idea of coming here with this blanket is to send a message to the people that have them. So they give them back to me."

Calderon's military-led crackdown has led to the killing and capture of dozens of drug kingpins since December 2009 but the bloodletting has hurt Calderon's conservative party and Mexico risks losing control of large areas to drug gangs near the U.S. border.

"We've had it with this terrible government that goes unpunished. We want peace," said Araceli Vazquez, 60, as he held up an improvised placard with his demands.

April was the most violent month yet in Calderon's fight, with 1,402 deaths, Milenio newspaper reported.

Other, smaller protests were also planned yesterday in different cities in Mexico. — Reuters

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Lee Kuan Yew: A Singaporean generation that does not remember

Posted: 08 May 2011 05:16 PM PDT

Singapore's former prime minister Lee Kuan Yew speaks during an interview at a Reuters Newsmaker event in Singapore March 4, 2009. — Reuters pic

SINGAPORE, May 9 — In his first, albeit indirect, comments about the results of Saturday's General  Election, Minister Mentor Lee Kuan Yew said at a community event in Tanglin Halt last night that "2011 has seen a generation that does not remember from whence we came, but that is to be expected. But I do, and those amongst you who are over 50 will remember".

He also cautioned: "Do not believe that the Singapore flight can be on auto-pilot. We will run into storms, we will run into all kinds of emergencies and we must have good pilots on board." The Minister Mentor was speaking to residents in Queenstown to celebrate the completion of several pavilions at a community plaza.

Earlier, the Minister Mentor, accompanied by his five-member team and Radin Mas MP-elect Sam Tan, had toured Tanjong Pagar GRC for almost two hours on an open-top bus to thank voters for their support (picture). The People's Action Party (PAP) team in Tanjong Pagar was returned unopposed, while Tan won the contest in Radin Mas with more than 67 per cent of the vote.

Speaking to the media, Lee was asked about the swing in support, which saw the PAP secure 60.1 per cent of the vote, down from the 66.6 per cent it garnered in 2006 and the lowest by the party ever.

"I'm sure the Prime Minister and his team would sit down carefully and analyse the reasons and adapt our policies. I can't say more. I'm not the Prime Minister," said Lee.

Asked by a Berita Harian reporter whether Lee's comments had affected the party's votes, Lee said that he did not think so.

"Big national issues were at stake. My comments were part of a book which I wrote on hard truths and you know I am given to speaking hard truths," he said.

On how the PAP would work with the Workers' Party which has secured eight seats in Parliament — six elected and two Non-Constituency Members of Parliament (NCMP) — for the good of Singaporeans, Mr Lee replied, "You believe the Workers' Party is in Parliament to help the good of Singaporeans, or oppose the PAP?"

Earlier while speaking to residents, MM Lee had reminded Tanjong Pagar residents why he chose the area as his first constituency to contest when he entered politics in 1955.

Then, the constituency was near the Harbour Board, and the dock workers were "lowly paid" and lived in "poor conditions".

Today, Singapore ports have seen the introduction of machines and computers, instead of relying on manual labour for operations. "As a result, salaries have gone up, productivity has gone up," he said. "That is the way Singapore has to go. It is the only way we can raise our standards of living — increase our skills, increase our capabilities."

Speaking earlier to residents in Mandarin, Lee said several candidates had made promises during the General Election, but the real test, he added, was whether the candidate has delivered on their promises. In Tanjong Pagar GRC, Lee said the PAP team has always delivered on its promises and promised to do more in the future. — Today

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Berita Terkini

sumber :-

ANTARA - Berita Terkini


Lyon Tetap Berpeluang Setelah Kandaskan Marseille

Posted: 08 May 2011 06:32 PM PDT

Paris (ANTARA News/AFP) - Lyon tetap mempertahankan peluang mereka terbuka dalam perburuan gelar juara liga Prancis, setelah Minggu memang 3-2 atas juara Marseille pada pertandingan di Stadion Gerland.

Tim puncak klasemen sementara, Lille, terpaut empat poin dengan klub urutan kedua Marseille setelah menang di kandang klub papan bawah Nancy, Sabtu, sedangkan Lyon bertahan di urutan ketiga terpaut tujuh poin di bawah tim puncak dengan sisa empat pertandingan lagi.

Setelah permainan berlangsung monoton pada babak kedua, dengan terciptanya hanya satu gol kontroversial lewat titik penalti yang dilakukan Lisandro setelah dikasari pemain bertahan Souleymane Diawara, laga kedua tim pengincar gelar juara itu baru hidup pada babak kedua.

Cesar Delgado kelihatannya akan mengubur Marseille ketika ia menggandakan gol Lyon pada menit ke-69, tetapi Lucho kembali menggebrak satu menit kemudian, kemudian Loic Remy membuat Marseille hidup lagi ketika menyamakan kedudukan pada menit ke-78.

Akhirnya Cris mencetak gol kemenangan Lyon menjelang akhir pertandingan, sehingga berhak atas tiga poin dan naik ke urutan ketiga di atas Paris Saint Germain, tempat tim yang berhak maju ke kompetisi Liga Champions musim mendatang.

Pelatih Lyon Claude Puel mengakui pasukannya sedang lapar kemenangan setelah sebelumnya kalah mengejutkan 0-2 atas Toulouse minggu lalu.

"Pertandingan amat keras dan sulit, apalagi kami banyak didera cedera pemain. Kami amat tertekan," katanya.

"Tetapi pemain mengerti bagaimana harus berbuat dalam menghadapi lawan mereka. Kami pasti akan mendapatkan sesuatu yang amat menyakitkan secara moral kalau kami tidak menang dalam pertandingan itu," katanya.

Lyon mendapat pukulan ketika pemain dari Argentin, Lisandro, yang mencetak gol k e-16 musim ini, tidak boleh turun lapangan pada sisa kompetisi karena mengalami cedera paha pada akhir pertandingan.

Lille, pada laga Sabtu, mengalahkan Nancy 1-0 sehingga pautan angka mereka empat poin dan mereka berterima kasih kepada pemain dari Belgia, Eden Hazard, yang mencetak golnya yang ketujuh musim ini.

Tim puncak itu amat sibuk minggu ini, karena mereka harus berangkat ke Saint Etienne Selasa, kemudian tampil lagi pada final kompetisi Piala Prancis lawan PSG di Stade de France, Sabtu.

PSG harus mendapatkan angka lebih, setelah bermaim imbang 1-1 lawan Monaco, sehingga mereka terpaut dua poin di bawah Lyon dan berada di urutan keempat.

Jean Tigana mundur sebagai pelatih Bordeaux setelah pendukung tim itu bertindak kasar terhadap puterinya yang masih remaja, ketika mereka kalah 0-4 di kandang sendiri atas Sochaux, saingan mereka untuk mendapatkan tempat ke kompetisi Liga Eropa.

Tigana menggantikan Laurent Blanc musim panas lalu tetapi ia tidak mampu mengangkat pamor juara 2009 itu, yang kini terpaut 12 poin dari titik tim yang berhak maju ke kompetisi Liga Champions.

Brown Ideye membuka kebuntuan pada menit kesembilan dan Damien Perquis mencetak angka lainnya dua menit kemudian, demikian AFP melaporkan.  (A008/A011/K004)

Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Wartawan Senior HM Saleh Kamah Meninggal Dunia

Posted: 08 May 2011 06:18 PM PDT

Palu (ANTARA News) - Tokoh pers dan wartawan senior di Sulawesi Tengah, HM Saleh Kamah meninggal dunia Senin sekitar pukul 08.30 WITA, setelah menjalani perawatan selama 10 hari di rumah sakit Islam Sis Aljufri Palu.

Kepala Cabang pertama LKBN ANTARA Sulawesi Tengah itu menderita penyakit liver (gangguan fungsi hati), kata seorang menantu almarhum.

Almarhum yang lahir di Gorontalo, 18 Agustus 1934 ini meninggalkan dua orang istri dan 10 orang putera/puteri serta sejumlah cucu.

Saat ini almarhum disemayamkan di rumah duka Jalan Sis Aljufri Palu. Menurut rencana, almarhum akan dikebumikan Senin sore di Palu.

Sejak pensiun dari ANTARA pada 1982, Saleh Kamah masih terus aktif berkarya di dunia jurnalistik dan menulis beberapa buku.

Salah satu buku yang pernah diterbitkan adalah wartawan perang ini adalah kesaksian almarhum saat meliput operasi Mandala di Papua dan operasi Seroja di Timor-Timur. (A055/R007/K004)

Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Utusan Online - Luar Negara

sumber :-

Utusan Online - Luar Negara


Osama bin Laden dilapor jaga penampilan

Posted:

Osama bin Laden dilapor jaga penampilan

Osama bin Laden dilapor jaga penampilan


SEDUTAN video yang didedahkan oleh Jabatan Pertahanan AS menunjukkan Osama bin Laden melihat wajahnya sendiri dan Presiden Barack Obama di televisyen di kediamannya di Abbottabad, Pakistan. Empat gambar Osama di atas adalah sedutan dari video berlainan yang digunakannya untuk menyampaikan mesej khas. - AFP


WASHINGTON 8 Mei - Pegawai Amerika Syarikat (AS) semalam mendedahkan menemui video-video luar biasa memaparkan Osama bin Laden yang dirampas ketika serbuan ke atas pemimpin al-Qaeda itu Isnin lalu.

Menurut pegawai perisikan AS itu, Osama ialah seorang pemimpin yang berusaha keras untuk membentuk imejnya.

"Serbuan ke atas Osama oleh 20 anggota tentera elit AS di bandar Abbottabad, Pakistan yang membunuh pengganas yang paling dikehendaki AS itu adalah satu tindakan cemerlang perisikan dalam sejarah.

"Adalah jauh tersasar jika Osama hanya dianggap sebagai tokoh boneka sahaja kerana dia sebenarnya seorang pemimpin yang aktif," kata seorang pegawai kanan perisikan AS yang enggan disiarkan namanya, kepada wartawan di Pentagon.

Rampasan itu termasuklah video digital, audio dan fail, peralatan mesin cetak, peralatan komputer, alat rakaman serta dokumen tulisan tangan.

"Hasil serbuan itu, kami kini memperolehi koleksi terbanyak barangan pemimpin utama pengganas itu. Ini mungkin adalah kejayaan perisikan terbesar dalam generasi kini," ujar pegawai itu.

Lima video yang diperolehi itu telah disiarkan kepada umum, termasuk satu video yang memaparkan Osama duduk berselimut menonton video rakamannya sendiri di televisyen sambil memegang alat kawalan jauh.

Dalam video itu, Osama kelihatan berambut putih, tetapi dalam satu lagi video yang bertujuan untuk diedarkan sebagai propaganda, rambutnya telah diwarnakan hitam.

Audio telah dimatikan dari video itu untuk mengelak kedengaran sebarang kemungkinan mesej pengganas, tambah pegawai perisikan AS itu.

Dalam satu lagi video yang dipercayai untuk 'mesej kepada rakyat AS' dan dirakam pada Oktober atau November tahun lalu, Osama kelihatan rapi dan kemas serta bercakap menggunakan teks yang disediakan.

"Tiga lagi rakaman itu adalah latihan mesej propaganda yang mempunyai masalah cahaya. Ini jelas menunjukkan pemimpin al-Qaeda itu sangat mementingkan imejnya," katanya. - AFP

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

PAP digesa berubah, WP jangan besar diri

Posted:

PAP digesa berubah, WP jangan besar diri

PAP digesa berubah, WP jangan besar diri

Daripada MOHAMAD FIKRI ROSLY
pengarang@utusan.com.my

SINGAPURA 8 Mei - Kehidupan rakyat Singapura pada hari pertama selepas pilihan raya umum, kembali kepada norma biasa iaitu kesibukan mengejar masa.

Parti Tindakan Rakyat (PAP) hari ini kembali berkuasa selepas keputusan penuh Pilihan Raya Umum ke-16 selesai diumumkan kira-kira pukul 3 pagi tadi menyaksikan parti itu membentuk kerajaan dengan 81 kerusi Parlimen.

Bagi Rosman Said, 43, kemenangan PAP adalah bukti parti itu masih lagi relevan dengan rakyat Singapura dan kesinambungan pemerintahan adalah perkara yang baik untuk sesebuah negara.

"Saya harap PAP akan lebih prihatin kepada masalah yang dihadapi rakyat dengan turun padang lebih kerap," katanya ketika ditemui di Hougang di sini hari ini.

Menurutnya, kemenangan pembangkang melalui Parti Pekerja (WP) mempertahankan SMC Hougang dan merampas GRC Aljunied diharap dapat menjadi 'check and balance' di dalam Parlimen.

Seorang penduduk, Mala, 30, yang menetap di GRC 'panas' itu pula menyifatkan kemenangan WP sudah dijangka tetapi parti itu tidak boleh berlagak kerana banyak yang perlu dibuktikan.

"Sebelum ini PAP buat kerja juga di sini. Malah mereka turut bantu saya mendapatkan kediaman sebelum pilihan raya umum," kata jururawat yang mendapat kerakyatan tiga tahun lalu dan mengundi buat kali pertama semalam.

Dia yang bermastautin di Singapura sejak 11 tahun lalu berkata, isu setempat bukan penyebab PAP kehilangan Aljunied tetapi mungkin disebabkan beberapa isu nasional.

Seorang usahawan teknologi maklumat, Dexter Wong, 35, berpendapat pencapaian WP sebagai satu peningkatan namun tidak membawa apa-apa makna sehinggalah lebih ramai pembangkang di Parlimen.

"Dari satu sudut ia perkara baik namun selagi tidak mencecah satu pertiga daripada kerusi Parlimen, belum cukup bagus dari sudut demokrasi," katanya turut mengundi kali pertama di GRC Marine Parade yang sebelum ini dimenangi PAP semasa hari penamaan calon lagi.

Abdul Rahman Ahmad, 46, pula berpendapat, mungkin ramai yang meragui kemenangan PAP tetapi keputusan adalah muktamad dan pemerintah diharap menukar pendekatan mereka.

"Kemenangan mereka adalah pilihan yang dibuat rakyat sendiri, jadi janganlah merungut. Saya pasti mereka (PAP) juga tahu, zaman sekarang tidak sama seperti dulu," katanya.

Menurutnya, perubahan penting kerana George Yeo (Menteri Luar) sendiri mengakui wujud kemarahan kepada PAP dan Perdana Menteri, Lee Hsien Loong, juga berjanji memberi yang terbaik. - UTUSAN

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Berita Harian: Dunia

sumber :-

Berita Harian: Dunia


Salma Hayek jual produk awet muda

Posted: 08 May 2011 02:48 PM PDT

Dunia

Salma  Hayek

Salma Hayek

Aktres dijangka raih keuntungan RM105 juta pada tahun pertama

LOS ANGELES: Aktres seksi dari Mexico, Salma Hayek, semakin dikenali selepas memegang watak 'Frida' selain membintangi filem From Dusk Till Dawn dan bertugas sebagai produser eksekutif dalam Ugly Betty.

Tetapi, itu semua mungkin tidak penting lagi bagi pelakon berusia 45 tahun selepas 'bercuti' daripada lakonan sejak tiga tahun lalu memberi fokus terhadap produk kecantikan pertamanya yang dijangka dilancarkan di 7,000 kedai CVS Pharmacy di seluruh Amerika Syarikat, mulai Ogos. Kosmetik dengan 100 produk pelbagai itu digelar Nuance Salma Hayek, dijangka popular sehingga pakar meramalkan ia akan membawa keuntungan AS$35 juta (RM105) dalam jualan tahun pertama saja.

Walaupun harga produk itu bermula daripada AS$7.99-AS$19.99 (RM23.97 hingga RM59.99), ia mampu bersaing dengan apa saja produk lebih tinggi harga di pasaran.

Ketika melancarkan produk itu, Hayek berkata: "Tidak mustahil mencipta produk luar biasa dengan harga rendah. Semua orang ada hak untuk mengeluarkannya pada harga berpatutan.

"Malah, banyak produk tidak perlu ada kos besar untuk membuatnya. Saya hanya mahu produk terbaik dan memberi semua orang capaian kepada barangan bagus."
Nuance, yang diakui Hayek 'bukan nama pilihan pertama untuk jenama,' sudah dirancang selama enam tahun dan dikaji pembangunannya selama tiga tahun."

Ibu seorang anak yang berkahwin dengan Pengerusi Pinault-Printemps-Redoute (PPR), Francois-Henri Pinault, berkata: "Saya bercuti tiga tahun daripada kerjaya saya untuk membangunkannya. – Agensi


Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Shah Rukh tak selesa aksi cium

Posted: 08 May 2011 02:47 PM PDT

Dunia

MUMBAI: Sepanjang 22 tahun pembabitan beliau dalam dunia hiburan, bintang Bollywood, Shah Rukh Khan mendakwa tidak pernah bercium dengan mana-mana aktres dalam filem dan menegaskan tidak akan melakukannya.

Beliau mengakui, bukan saja dirinya tidak selesa jika perlu beraksi cium di layar perak tetapi mendakwa tidak tahu bagaimana melakukannya.

"Saya tidak bercium di layar perak kerana saya tidak tahu bagaimana untuk lakukannya. Saya tidak tahu kerana saya rasa aksi itu pelik dan anggap mereka yang melakukannya di filem tahu lakukannya dengan baik," kata bapa dua anak itu. "Saya rasa tidak selesa jika melakukan perkara itu dalam filem. Apabila ada orang datang untuk mengisahkan satu cerita kepada saya, saya beritahu mereka dua perkara, "Saya tidak menunggang seekor kuda dan saya tidak bercium"," kata aktor berusia 45 tahun itu yang kini sedang terbabit dalam rakaman filem sains fiksyen, Ra. One.– Agensi
Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi international.okezone.com

sumber :-

Sindikasi international.okezone.com


Asean Isyaratkan Tolak Nuklir

Posted: 08 May 2011 07:04 AM PDT

JAKARTA - Menutup KTT ke-18 Asean di JCC, Jakarta hari ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam kapasitasnya sebagai ketua mengisyaratkan bahwa Asean menolak energi nuklir.

"Asean memiliki pandangan sama tentang energi. Kita sepakat tidak boleh tergantung pada energi fosil. Tentang nuklir, policy mengenai nuklir ada yang bersifat jangka panjang dan tidak. Itu ada pilihan bangsa yang bersangkutan," ungkap Presiden SBY saat memberikan keterangan pers di JCC, Jakarta, Minggu (8/5/2011).

"Belajar dari Fukushima, tentu semua pihak mesti memahami penggunaan energi nuklir. Jika siap, dapat dilakukan, jika tidak, tidak perlu dilakukan," lanjut kepala negara.

Presiden menambahkan, " Khusus untuk Indonesia, kami memilih sumber energi terbarukan, dalam konteks itu kita lakukan untuk mengurangi energi fosil".

SBY juga menjelaskan mengenai pertemuan dengan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen dan Perdana Menteri Abhisit Vejjajiva. Presiden mendengar perspektif masing-masing mengenai konflik perbatasan dari kedua negara.

"Perbedaannya sungguh fundamental. Kamboja ingin kehadiran peninjau, sementara Thailand ingin dilakukan pertemuan bilateral terlebih dulu, sebelum peninjau hadir diperbatasan," tuturnya.

SBY pun menyebutkan Indonesia dalam kapasitasnya sebagai ketua Asean memberikan paket solusi. Pertama, mengaktifkan pertemuan joint border committee, melihat kembali nota kesepahaman kedua negara dan meminta tim peninjau untuk diturunkan.

Kepala negara juga menyebutkan pertemuan kepala negara Asean tidak membahas secara spesifik keadaan dunia pascakematian Osama bin Laden. Namun Indonesia memastikan kerja sama Asean dalam mencegah teror akan terus berjalan.(ram)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tutup KTT ke-18 Asean, SBY Paparkan 10 Isu Penting

Posted: 08 May 2011 06:37 AM PDT

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) resmi menutup pertemuan kepala negara Asean (KTT ke-18 Asean). SBY pun memaparkan 10 bahasan penting yang dibicarakan oleh kepala negara Asean.

Bahasan penting yang dibicarakan oleh para pemimpin negara Asean pada 7 hingga 8 Mei tersebut antara lain:

1.Konektivitas Asean. Konektivitas ini harus segera diwujudkan, melalui sebuah masterplan dan harus segera ditindak kanjuti. Termasuk pula membangun konektivitas di negaranya masing-masing melalui pembangunan infrastruktur, tranportasi serta people to people contact.

2.Ketahanan pangan dan energi. Para pemimpin Asean menyadari terdapat gejolak dunia pada segi energi dan pangan. Enam bulan terakhir terdapat kenaikan yang sistematis. Seperti kenaikan harga pangan yang terus lampau tinggi. Hal ini secara langsung atau tidak langsung meningkatkan jumlah rakyat miskin.

Untuk itu para pemimpin memutuskan kerjasama dibidang pangan. Asean pun harus meningkatkan cadangan pangan serta mengembangkan pertanian termasuk melakukan riset dan pengembangan. Sementara di bidang enegeri, Asean  diminta untuk lebih mengembangkan energi terbarukan.

3. Berkaitan konflik manajemen dan konflik resolusi, khususnya mengenai konflik Thailand dan Kamboja, pemimpin Asean mendorongan kedua negara ambil solusi damai,termasuk mencegah eskalasi konflik. Indonesia sebagai Ketua Asean melakukan upaya perdamain dengan memfasilitasi negosiasi agar tercapai solusi damai, demi terwujudnya Asean Political Security Community.

4. Regional Architecture, Aseanharus saling memperkuat arsitektur regional mereka agar terciptnya kawasan aman dan damai. Jika terbentuk kemanan dan perdamaian, maka stabilitas ekonomi dapat terwujud.

5. Keinginan menjadi people centred association, yakni bukan hanya kerjasama pemerintah, tetapi Asean betul-betul harus membumi. Oleh karena itu, dilakukan kerjasam Asean yang sifatnya mewakili komunitas sipil.

6. Perlunya kerjasama terus menerus dalam penanganan bencana alam. Negara Asean sepakat kerja sama pelatihan pendidikan mengenai penanganan bencana alam. Semua negara Asean memilik daya respons yang tinggi dalam menghadapi bencana alam.

7. Kerjas ama sub kawasan asaean juga dibahas dalam pertemuan puncak ini. Kerjasama dilakukan agar mengungarai disparitas, dan membawa kesejahateraan.

8. Dibicarakan juga kesiapan Asean menghadapi East Asia Summit mendatang yang akan diselenggarakan di Indonesia. Pertemuan ini meruapakan yang pertama kalinya dihadiri oleh dua anggota baru, yakni Amerika Serikat dan Rusia. Asean membahas agenda yang dibawa ke forum ini, termasuk dialog ekonomi, politik dan  stabilitas di kawasan Asean.

9. Dibahas pula mengenai keanggotaan Timor Leste. Negara tersebut secara formal mengajukan aplikasi keanggotan Asean dan  meminta dipercepat keanggotaannya. Asean pun membahas kepastian serta kesiapan dari Timor Leste dan Asean sendiri.

10. Dibahas pula rencana Myanmar dan Laos yang ingin bertukar keketuaan. Seperti diketahui Laos ingin meminta pertukaran menjadi ketua Asean dari yang tadinya harus memegang di tahun 2014 menjadi 2016. Myanmar sendiri sudah menyatakan kesiapannya untuk menjadi ketua Asean di tahun 2014 menggantikan Laos. Pada dasarnya seluruh anggota Asean menyetujui, tetapi semuanya mengingatkan Myanmar untuk meningkatkan perkembangan demokrasi di negara mereka.(ram)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS