Sindikasi news.okezone.com

sumber :-

Sindikasi news.okezone.com


AC Kurang Dingin, PT KAI Minta Tambah Listrik

Posted: 29 Jun 2011 10:43 PM PDT

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia mendesak pemerintah agar meningkatkan pasokan listrik untuk KRL Jabodetabek. Pasalnya, pasokan yang didapat PT KAI saat ini belum memadai.
 
"Kami sudah mengirim surat kepada pemerintah untuk menambah kebutuhan listirik, dan katanya mau dibangun gardunya," Kata Kepala Humas PT KA Daop 1 Jakarta Mateta Rizalulhaq di Stasiun Juanda, Jakarta, Kamis (30/6/2011).
 
Mateta menambahkan, idealnya sebanyak 500 kereta membutuhkan pasokan listrik sebesar 130 megawatt. Namun, fakta di lapangan kereta AC banyak yang kurang dingin akibat kurangnya pasokan listrik tersebut.
 
"Kalau tahun 2019 kami minta 2500 megawatt, kita sudah jalan cepat, kita minta pemerintah dan Pemda DKI Jakarta agar menambah prasarananya. Kalau tidak ada listrik dan tidak ada depo ya sama saja," keluhnya.
 
Menurutnya, permasalahan ini tidak akan selesai jika hanya ditangani PT KAI. Tetapi, butuh juga peran serta berbagai pihak lain agar KRL Jabodetabek lebih layak dari sebelumnya.
 
"Pengajuan itu sudah dilakukan beberapa waktu yang lalu, tapi hingga kini kami masih menunggu," pungkasnya.
 

(teb)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Ultah Medan, Pedagang Akan Disantuni Rp1 Juta

Posted: 29 Jun 2011 10:41 PM PDT

MEDAN - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Medan yang ke-421 setidaknya menghabiskan dana Rp1 miliar. Meski demikian dana tersebut diakui bukan bersumber dari APBD Kota Medan. Dana tersebut sebagian besar akan dialokasikan untuk menyantuni para pedagang.

"Untuk HUT yang ke-421 ini Pemkot Medan menghabiskan dana lebih dari Rp1 miliar. Saya akan memberikan bantuan Rp1 juta kepada 50 pedagang di setiap kecamatan. Jadi total ada 1.050 pedagang," beber Wali Kota Medan Rahudman Harahap seusai menghadiri Rapat Paripurna Istimewa menyambut HUT Kota Medan ke-421 di Kantor DPRD Medan, Jalan Raden Saleh, Kamis (30/6/2011).

Rahudman menjelaskan, dana tersebut bukan bersumber dari APBD 2011 Pemkot Medan, melainkan bantuan sejumlah instansi pemerintahan. Bagi penyumbang nantinya juga akan mendapat penghargaan.

"Jujur saja, tak ada uang APBD. Itu adalah bantuan dari teman-teman kita, dari Jamsostek, Pelindo, PTPN, PGN, BNI, dan lainnya, mereka mau berpartisipasi. Kita komitmen siapa yang telah memberikan bantuan kita beri pin penghargaan," tambahnya.

Selain memberikan sumbangan, Perayaan HUT Kota Medan juga akan dimeriahkan dengan pentas seni yang menampilkan sejumlah artis. Pesta budaya dan pesta kembang api juga akan dihelat. Perayaan akan berlangsung selama 2 hari yakni 30 Juni dan 1 Juli 2011 di sejumlah titik, termasuk Lapangan Benteng.

(ton)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Mancanegara

sumber :-

ANTARA - Mancanegara


Misteri Kesehatan Chavez Makin Sulit Dipahami, KTT Dibatalkan

Posted: 29 Jun 2011 09:17 PM PDT

Presiden Venezuela Hugo Chavez. (FOTO ANTARA/REUTERS/Guillermo Granja)

Berita Terkait

Video

Caracas (ANTARA News) - Misteri seputar kondisi kesehatan Presiden Venezuela Hugo Chavez semakin sulit dipahami Rabu dengan dibatalkannya pertemuan puncak regional penting yang semestinya diselenggarakan minggu depan.

Para pejabat mengatakan penghasut anti Amerika itu, yang berada di Kuba sejak memulai kunjungan resmi pada 8 Juni, masih menjalani penyembuhan setelah dilarikan ke ruang bedah darurat pada 10 Juni karena sakit bisul di pinggul.

Namun penundaan peresmian pertemuan puncak  Komunitas Amerika Latin dan Negara-negara Karibia, yang sedianya diketuai bersama Chavez pada 5-6 Juli, menambah kekhawatiran mengenai tinggal lamanya di Havana, lapor AFP.
 
Penundaan itu mengisyaratkan pemimpin kiri yang biasanya hadir di mana-mana mungkin tidak pulang kembali ke Caracas tepat waktu untuk perayaan penting memperingati 200 tahun kemerdekaan Venezuela dari Spanyol pada 5 Juli.

Hal itu juga menjadi tamparan pribadi karena pemimpin berusia 56 tahun itu menjadi salah satu motor di belakang CELAC, yang bertujuan melawan pengaruh Amerika Serikat yang pernah besar dalam perpolitikan Amerika Latin, dan yang diharapkannya akan meningkatkan ambisinya menjadi orang yang berpengaruh secara regional.

CELAC didirikan Februari sebagai alternatif Organisasi Negara-negara Amerika (OAS), blok regional Amerika yang, tidak seperti CELAC, menyertakan Amerika Serikat dan Kanada.

Keputusan untuk membatalkan pertemuan puncak CELAC pertama di pulau Margarita di lepas pantai Venezuela muncul sehari setelah video Chavez bersama ikon revolusioner Kuba Fidel Castro yang diupayakan untuk menghentikan rumor tentang kondisinya.

Chavez yang mungkin kelihatan kehilangan berat badan namun tingkah penampilan dirinya seperti biasanya hidup, menimbulkan pertanyaan nyata mengapa pertemuan puncak yang masih seminggu lagi dibatalkan.

Presiden "tengah dalam proses penyembuhan dan perawatan dokter yang ketat," kata kementerian luar negeri Venezuela dalam sebuah pernyataan menyangkut penundaan itu, tanpa memberikan detil lebih lanjut.

Menteri Luar Negeri Brazil Antonio Patriota mengatakan dia telah diberitahu oleh timpalannya Nicolas Maduro bahwa kondisi Chavez menjadi alasan penundaan pertemuan puncak tersebut.

"Itu merupakan rekomendasi medis," kata Patriota kepada para wartawan dalam pertemuan badan perdagangan regional Mercusor di Paraguay.

Sebelumnya, narasumber yang dekat dengan CELAC mengatakan pertemuan hanya ditunda saja "sekarang dan akan dilangsungkan pada tanggal lain."

Presiden Kolombia Juan Manuel Santos, yang telah menjalin hubungan dekat dengan Chavez namun sebaliknya tegang beberapa tahun belakangan ini dengan negara-negara Amerika Selatan, mengecam penundaan itu.

"Saya sungguh menyesal pertemuan puncak ditunda disebabkan kesehatan Presiden Chavez," katanya di Bogota, namun menambahkan lebih baik mengatakan pertemuan puncak "ditunda" daripada "dibatalkan".

Penarikan diri Chavez yang tidak biasa dari kehidupan umum membuat rakyat di Venezuela berspekulasi bahwa dia mungkin melakukan operasi plastik, mungkin menyembunyikan penyakit yang lebih serius atau menggelorakan simpati menjelang upaya pencalonan dirinya kembali pada 2012.

Pemerintah Venezuela menolak memberikan spesifikasi tentang keadaannya, sementara para anggota legislatif oposisi sangat marah dan memprotes di Caracas karena banyak yang menganggap tidak konstitusional bagi seorang presiden memerintah dari luar negeri.

Sebuah jajak pendapat yang dikeluarkan Rabu oleh suratkabar El Universal mendapati bahwa 59 persen rakyat Venezuela menolak ide presiden mengatur penyelenggaraan pemerintahan Venezuela dari Kuba.

Namun para pejabat disini menolak laporan-laporan di media AS bahwa Chavez berada dalam kondisi kritis menyusul operasinya.

"Gambar berkata lebih dari 1.000 kata," kata Menteri Penerangan Venezuela Andres izarra setelah melihat video Chavez, menambahkan bahwa dia telah berbicara dengan bosnya secara pribadi.

Chavez "belum meninggalkan tanggungjawab konstitusionalnya; sungguh dia baru saja menelpon rapat kabinet untuk memberikan orientasi bagi kami semua," kata Wakil Presiden Venezuela Elias Jaua Senin, seraya menandaskan tidak ada transfer kekuasaan presiden temporer. (ANT/K004)

Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Rombongan Kura-kura Tunda Penerbangan di Bandara JFK

Posted: 29 Jun 2011 06:14 PM PDT

Ilustrasi (ANTARANEWS/Ist)

Berita Terkait

New York (ANTARA News) - Mengapa kura-kura menyeberangi landasan pacu dan menghambat penerbangan di Bandar Udara Internasional John F. Kennedy?

Tujuan hewan itu ialah untuk sampai ke seberang landasan pacu agar mereka bisa bertelur di pantai berpasir di Jamaica Bay Wildlife Refuge, yang berbatasan dengan bandar udara di wilayah Queens, New York City, kata pihak berwenang.

Ron Marsico, juru bicara bagi Port Authority, New York dan New Jersey, yang mengawasi operasi di bandar udara regional, sebagaimana dilaporkan Reuters --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Kamis, mengatakan sebanyak 50 kura-kura diamondback terrapin terlihat, Rabu pagi (29/6), sedang menyeberangi Runway 4L.

Pilot dari Jet Blue dan perusahaan penerbangan lain menghentikan "burung logam besar" tersebut dan membiarkan hewan reptil tersebut lewat, kata Marsico.

"Penundaan penerbangan pesawat yang disebabkan oleh kura-kura itu tak lama, cuma sekitar 15 menit atau lebih," kata Marsico.

Staf Port Authority bergegas ke tarmac, tempat, antara lepas-landas dan pendaratan pesawat, mereka meraup kura-kura itu dan membantu hewan tersebut melewati landasan pacu, kata Marsico.

Kaum naturalis mengatakan Jamaica Bay, yang memiliki luas 185 are, mungkin adalah lahan perkembangbiakan paling populer kura-kura diamondback terrapin di Amerika Utara.

"Itu terjadi setiap hari sekitar saat ini. Itu adalah migrasi besar, dan ini adalah puncak musim bertelur," katanya.

Pesawat dialihkan ke landasan pacu lain, saat gelombang kura-kura lewat, dalam perjalanan mereka ke teluk tersebut.

"Di satu titik, kami memutuskan untuk mematuhi Ibu Pertiwi dan menggunakan landasan pacu lain. Ini tak mengakibatkan dampak kuat pada penerbangan," kata Marsico.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPAS.com - Internasional

sumber :-

KOMPAS.com - Internasional


Sekjen OKI: Mari Akui Negara Palestina

Posted: 30 Jun 2011 03:21 AM PDT

Sekjen OKI: Mari Akui Negara Palestina

Imam Prihadiyoko | Heru Margianto | Kamis, 30 Juni 2011 | 10:21 WIB

ASTANA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Organisasi Kerjasama Islam (sebelumnya Organisasi Negara-negara Islam/OKI) Ekmeleddin Ihsanoglu mengadakan sejumlah pertemuan bilateral sepanjang hari kedua Sidang ke-38 Dewan Menteri Luar Negeri (CFM) anggota OKI di Astana, Kazakhstan, dan mengajak masyarakat internasional memberikan pengakuan Negara Palestina.

Pertemuan yang dilakukan antara lain dengan kepala delegasi dari anggota dan bukan anggota OKI seperti Maroko, Sierra Leone, Suriname, Somalia dan Kirgistan di samping Menteri Luar Negeri Australia Kevin Rudd, Baroness Warsi Sayeda dari Inggris, dan Utusan Khusus AS untuk OKI Rasyad Hussein.

"Pembicaraan bilateral tersebut difokuskan untuk mendukung program OKI dan memobilisasi dukungan untuk pengakuan Negara Palestina di Majelis Umum PBB pada bulan September mendatang," ujar Ihsanoglu di Astana, Kamis (30/6/2011).

Pembicaraan lainnya, dilakukan untuk meningkatkan kerjasama bilateral antara OKI dan negara masing-masing. Sidang ke-38 Dewan Menteri Luar Negeri OKI yang dibuka 28 Juni 2011 di Astana, ibukota Republik Kazakhstan, akan ditutup hari ini.

Pertemuan ke-38 menteri luar negeri Organisasi Konferensi Islam (OKI) dimulai di Astana, ibu kota Kazakhstan Selasa (28/6/2011) pagi dengan partisipasi Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi.

Perwakilan dari sejumlah negara Arab, negara-negara Afrika dan Asia dalam pidato pembukaan menyerukan persatuan di antara negara-negara anggota OKI dalam memecahkan masalah yang mengganggu dunia Islam dan komunitas Muslim.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Yaman Kehilangan Lima Provinsi

Posted: 30 Jun 2011 02:15 AM PDT

SANAA, KOMPAS.com  — Pemerintah Yaman kehilangan kendali atas lima provinsi dan keamanan negara itu terus memburuk, kata penjabat presiden Yaman dalam sebuah wawancara dengan televisi CNN, Rabu (29/6/2011).

Wakil Presiden Yaman Abdu Rabu Mansur Hadi,  dalam wawancara pertamanya dengan jaringan TV Barat, juga merinci bagaimana pesawat tak berawak (drone) Amerika Serikat menggunakan pengenal suara untuk menyasar para pemimpin Al Qaeda dan membantu pemerintah merebut kembali kontrol atas daerah yang lepas dari kekuasaan negara itu. Hadi telah menjadi presiden sementara Yaman sejak 3 Juni ketika Presiden Ali Abdullah Saleh terluka dalam sebuah serangan di masjid di istana presiden negara itu.

Dalam wawancara panjang Rabu itu, Hadi menggambarkan luka Saleh sebagai akibat dari  sebuah percobaan pembunuhan parah. Ia mengaku tidak tahu kapan Presiden Yaman itu akan kembali dari perawatan medis di Arab Saudi. Hadi mengatakan, ia melihat Saleh segera setelah serangan bom itu. Dada penguasa berusia 68 tahun itu tertembus potongan kayu dan wajah, lengan, serta tubuh bagian atasnya terbakar, kata Hadi. Namun, ia menambahkan, kondisi kesehatan Saleh membaik setiap hari.

Wawancara yang dilakukan di kantor kementerian pertahanan yang dijaga ketat itu menggarisbawahi tantangan yang dihadapi Hadi, yang oleh banyak pihak di kubu oposisi dilihat sebagai pengganti yang lemah. Dia mengakui, rumahnya dikelilingi oleh kekuatan-kekekuatan yang berlawanan. Namun, dia menantang klaim bahwa ia tidak dapat menggunakan istana presiden. Hadi mengatakan, ia memanggil putra Saleh, komandan Garda Republik ke istana itu, setiap kali dia ingin memberikan perintah.

Dia membantah tuduhan oposisi bahwa ia tidak punya kuasa, dengan mengatakan ia telah diberi kewenangan penuh untuk menandatangani usulan perdamaian baru yang  disponsori PBB. Dia menguraikan rencana-rencana yang bahkan kurang menguntungkan lawan-lawan Saleh ketimbang inisiatif dari Dewan Kerja Sama Teluk yang dia ditolak.

Hadi mengatakan, kesepakatan soal Saleh mundur hanya akan terjadi ketika seorang presiden baru terpilih. Penegasan Hadi itu melenceng jauh dari usulan Dewan Teluk yang menyatakan Saleh menyerahkan kekuasaan kepada Hadi setelah 30 hari dengan pemilu baru dalam waktu 60 hari.

Hadi menegaskan pembelaannya yang kuat terhadap Saleh. Ia menantang pandangan luas bahwa pemimpin yang sekarang merupakan bagian dari masalah, bukan bagian dari solusi. "Saleh masih punya tiga juta pendukung," kata Hadi. "Dia bagian dari keseimbangan politik di Yaman. Dia ahli dalam berurusan dengan semua perbedaan, dengan semua perbedaan politik dan suku," kata Hadi.

Ketika ditanya tentang kemungkinan Al Qaeda mengambil keuntungan dari kondisi keamanan yang memburuk, Hadi mengatakan, pasukan pemerintah menyerang mereka dengan agresif. Dia merinci operasi yang sedang berlangsung di Provinsi Abyan Selatan, yang ibu kotanya jatuh ke tangan Al Qaeda  baru-baru ini.

Dia juga menjelaskan bagaimana pesawat mata-mata AS telah menguping percakapan Al Qaeda, mengerjakan analisa pengenalan suara yang kemudian dibagikan dengan pihak berwenang Yaman, CIA dan FBI, sebelum target diserang. Hadi mengatakan, ada dua jenis drone (pesawat mata-mata tak berawak). "Satu mengambil gambar dan mengumpulkan informasi dan yang lainnya membawa rudal. Drone-drone yang membawa rudal tidak bisa menembakkan rudalnya kecuali suara musuh telah terekam," katanya. Seringkali, kata dia, AS menyediakan informasi tentang sasaran dan pasukan militer Yaman yang melakukan serangan.

Hadi menawarkan beberapa gagasan tentang bagaimana ia berencana untuk mengakhiri kelumpuhan ekonomi Yaman, peningkatan harga minyak dan kekurangan listrik, serta kenaikan harga pangan. Isu-isu telah memicu protes besar anti-pemerintah selama beberapa bulan terakhir dan kondisnya memburuk tajam sejak Presiden Saleh pergi berobat ke  Arab Saudi.

Namun, dia mengatakan, dirinya berharap Saleh akan membuat pidato kepada bangsa dalam waktu dekat yang diperkirakan akan membantu mengubah situasi. Dan ia mengatakan usulan perdamaian yang disponsori PBB akan menciptakan sebuah sistem politik parlemen baru di Yaman, "sehingga akan menghapus atau menghilang setiap keberatan, setiap keluhan'.

Saleh berangkat ke Arab Saudi untuk berobat setelah para dokter Yaman angkat tangan dalam menangani luka-lukanya akibat serangan di awal Juni ini. Mereka merekomendasikan dia mendapatkan perhatian dari spesialis, termasuk dari dokter mata. Sejak tiba di sana, kata  Hadi, kondisi Saleh membaik dan ingin kembali.

Akan tetapi, ketika ditanya kapan Saleh akan kembali, Hadi bilang dia tidak tahu. "Bisa jadi beberapa bulan lagi. Ini tergantung keputusan dokter.. ... Saya tidak tahu tentang tanggal pasti ia akan kembali," kata Hadi.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPASentertainment

sumber :-

KOMPASentertainment


Luna Maya Pengin Liburan Ke Afrika dan Peru

Posted: 29 Jun 2011 09:05 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki "me time" rupanya sangat didambakan oleh Luna Maya, perempuan yang selalu disibukkan oleh rutinitas harian berkarir tanpa henti di dunia hiburan. Merasa diperbudak oleh pekerjaan, perempuan yang juga pernah menjadi duta berbagai macam produk ini pun memilih menargetkan liburan.

"Ya sih, aku sih 2011 sampai tahun selanjutnya lebih ingin santai... Mungkin nantinya lebih santai lagi," rencana Luna, ketika ditemui usai menjadi pengisi acara 'RPM Gala Night of Stars', di Bistro Boulevard, Menteng, Jakarta, Selasa (28/6/2011) malam.

Lebih santai, maksudnya seperti apa sih? "Aku ingin enggak mikir apa-apa aja justru (saat santai). Lebih kayak nggak mau mikir apa-apa lah. Nonton film kek, jalan-jalan, baca buku," tutur perempuan kelahiran Denpasar, Bali, 26 Agustus 1983 ini menerangkan.

Termasuk menikmati waktu di sebuah tempat bernuansa baru. Luna pun memilih beberapa lokasi menantang di luar negeri sebagai targetnya kelak menghabiskan waktu. "Ke Afrika, enggak tahu, sama ingin ke Peru, ke Machu Picchu! Selama ini lihatnya di majalah doang kan? Seru aja, ingin aja, ingin ke sana. Seru ada peninggalan sejarah gitu," papar Luna. Asal..... "Ntar, kalau ada duit, he-he-he," sambungnya.

Oleh karenanya, Luna pun kini lebih banyak memilih pekerjaan yang tidak terlalu ngoyo dan lebih fleksibel mewujudkan keinginannya menikmati hidup. Opsi mengurangi porsi waktu untuk syuting kejar tayang dan mulai menekuni bisnis baru pun menjadi pilihannya sekarang.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Utusan Online - Luar Negara

sumber :-

Utusan Online - Luar Negara


Flotila tidak bawa senjata

Posted:

Flotila tidak bawa senjata

Flotila tidak bawa senjata


Seorang aktivis memegang poster 'Biarkan Kami Belayar ke Gaza' semasa sidang akhbar pengumuman persediaan 'Flotila Pembebasan II' oleh aktivis antarabangsa ke Gaza dari Greece, di Athens pada 27 Jun lalu. - REUTERS


ATHENS 29 Jun - Penganjur flotila ke Genting Gaza semalam menyelar dakwaan Israel yang menyatakan mereka membawa bahan berbahaya yang akan digunakan untuk menyerang tentera rejim Zionis sekiranya ia cuba menghentikan pelayaran mencabar sekatan Israel di perairan antarabangsa.

Aktivis Huwaida Arraf dari pergerakan Bebaskan Gaza berkata, dakwaan itu 'sama sekali mengarut' dan flotila tersebut 'bukanlah bermaksud menimbulkan keganasan'.

Beliau memberitahu agensi berita dpa, semua penumpang dan aktivis yang menyertai konvoi itu juga telah menandatangani satu perjanjian sebagai jaminan tidak melakukan keganasan.

Jurucakap tentera Israel, Leftenan Kolonel Avital Leibovich semalam mendakwa, pihaknya menerima maklumat menyatakan flotila itu membawa baja sulfur.

Dakwanya, baja sulfur itu akan dilemparkan ke arah tentera rejim Yahudi ketika mereka cuba menghalang konvoi tersebut daripada sampai ke Genting Gaza.

Israel kelmarin berkata, pihaknya tidak akan teragak-agak menghalang flotila 10 kapal tersebut daripada mencabar sekatan ke atas Genting Gaza, dengan janji kononnya tidak akan melibatkan sebarang pertumpahan darah seperti tahun lalu.

Beratus-ratus aktivis pro Palestin dari Greece, Kanada, Amerika Syarikat (AS) dan negara lain bakal menyertai konvoi 10 kapal termasuk dua kapal kargo dengan muatan hampir 3,000 tan bekalan bantuan bagi pelayaran merentasi Laut Mediterranean ke Genting Gaza.

Masih belum jelas bilakah kapal-kapal itu akan memulakan pelayaran dari pelabuhan Piraeus di Greece.

Aktivis Skandinavia yang mahu menyertai flotila antarabangsa ke Genting Gaza itu kelmarin berkata, kipas kapal mereka telah disabotaj oleh orang yang tidak bertanggungjawab semasa berlabuh di sebuah pelabuhan di Greece.

Kata aktivis Sweden, tali kipas kapal 'Juliano' dikerat di pelabuhan Piraeus dan kerja membaiki kerosakan itu akan mengambil masa beberapa hari. - dpa

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Taliban lakukan serangan berani mati di hotel Kabul

Posted:

Taliban lakukan serangan berani mati di hotel Kabul

Taliban lakukan serangan berani mati di hotel Kabul


BANGUNAN Hotel Intercontinental terbakar setelah pertempuran tercetus antara tentera NATO dengan penyerang berani mati Taliban di Kabul, semalam. - REUTERS


KABUL 29 Jun - Sekurang-kurangnya 19 orang maut dalam serangan berani mati dan serangan lelaki bersenjata di sebuah hotel terkemuka di sini hari ini.

Hotel milik kerajaan itu menjadi tempat tinggal delegasi pegawai kerajaan Afghanistan yang menghadiri satu persidangan keselamatan selain tempat penganjuran kenduri kahwin ketika kejadian itu berlaku.

Ketua Polis Kabul, Ayub Salangi berkata, kebanyakan pekerja Hotel InterContinental merupakan mangsa terbunuh dalam kejadian itu.

Beliau berkata, tiga anggota polis turut cedera.

Jurucakap Kementerian Dalam Negeri, Siddiq Siddiqi berkata, komando Afghanistan yang disokong sebuah helikopter NATO dikerahkan ke hotel berkenaan berjaya mengawal keadaan selepas lima jam.

Beliau memberitahu, enam orang dipercayai terlibat dalam serangan berani mati itu.

''Mereka masih memeriksa keadaan dan kami bimbang angka kematian akan meningkat,'' katanya kepada AFP.

Antara mereka yang tinggal di hotel itu adalah pegawai kerajaan dari seluruh negara yang menghadiri persidangan penyerahan kuasa kepada pasukan keselamatan Afghanistan selepas tentera asing mula berundur pada bulan depan.

Seorang pekerja hotel dikenali sebagai Ezatullah berkata, dia bersembunyi dalam sebuah bilik di tingkat lima apabila serangan itu bermula semalam.

''Saya dengar bunyi tembakan dan kemudian dua letupan. Bilik tempat saya bersembunyi dipenuhi dengan asap, Ketika saya keluar, saya nampak darah dan kemudian polis membawa saya keluar dari bangunan hotel,'' katanya.

Jurucakap Taliban, Zabihullah Mujahid mengaku bahawa kumpulan militan itu mendalangi serangan berkenaan. - AFP

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Berita Terkini

sumber :-

ANTARA - Berita Terkini


Rombongan Kura-kura Tunda Penerbangan di Bandara JFK

Posted: 29 Jun 2011 06:14 PM PDT

New York (ANTARA News) - Mengapa kura-kura menyeberangi landasan pacu dan menghambat penerbangan di Bandar Udara Internasional John F. Kennedy?

Tujuan hewan itu ialah untuk sampai ke seberang landasan pacu agar mereka bisa bertelur di pantai berpasir di Jamaica Bay Wildlife Refuge, yang berbatasan dengan bandar udara di wilayah Queens, New York City, kata pihak berwenang.

Ron Marsico, juru bicara bagi Port Authority, New York dan New Jersey, yang mengawasi operasi di bandar udara regional, sebagaimana dilaporkan Reuters --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Kamis, mengatakan sebanyak 50 kura-kura diamondback terrapin terlihat, Rabu pagi (29/6), sedang menyeberangi Runway 4L.

Pilot dari Jet Blue dan perusahaan penerbangan lain menghentikan "burung logam besar" tersebut dan membiarkan hewan reptil tersebut lewat, kata Marsico.

"Penundaan penerbangan pesawat yang disebabkan oleh kura-kura itu tak lama, cuma sekitar 15 menit atau lebih," kata Marsico.

Staf Port Authority bergegas ke tarmac, tempat, antara lepas-landas dan pendaratan pesawat, mereka meraup kura-kura itu dan membantu hewan tersebut melewati landasan pacu, kata Marsico.

Kaum naturalis mengatakan Jamaica Bay, yang memiliki luas 185 are, mungkin adalah lahan perkembangbiakan paling populer kura-kura diamondback terrapin di Amerika Utara.

"Itu terjadi setiap hari sekitar saat ini. Itu adalah migrasi besar, dan ini adalah puncak musim bertelur," katanya.

Pesawat dialihkan ke landasan pacu lain, saat gelombang kura-kura lewat, dalam perjalanan mereka ke teluk tersebut.

"Di satu titik, kami memutuskan untuk mematuhi Ibu Pertiwi dan menggunakan landasan pacu lain. Ini tak mengakibatkan dampak kuat pada penerbangan," kata Marsico.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Kabut Asap Masih Kotori Udara Dumai

Posted: 29 Jun 2011 06:10 PM PDT

Dumai (ANTARA News) - Kabut asap hasil dari kebakaran hutan dan lahan masih terus mengotori ruang udara di sebagian besar wilayah Kota Dumai, Riau, terutama pada dini hari hingga jelang siang.

Kabut asap yang turun menutupi ruang udara di Dumai terpantau mulai muncul pada Kamis dini hari sekitar pukul 05.00 WIB.

Menjelang siang sekitar pukul 08.00 WIB, kabut asap sisa kebakaran hutan dan lahan terus menipis dan hanya terlihat samar membayangi udara.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Dumai, Basri, kepada ANTARA di Dumai mengatakan, secara kasat mata kabut asap kali ini masih terbilang ringan dan belum begitu membahayakan kesehatan masyarakat.

"Tapi tidak ada salahnya kalau masyarakat sudah mulai mewaspadainya dengan menggunakan masker saat beraktivitas diluar rumah," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Dumai, H Marjoko Santoso, menguraikan, tercemarnya kualitas udara Dumai juga dapat dilihat dari pantauan papan indikator standar pencemaran udara (ISPU) milik PT Chevron Pasific Indonesia (CPI) yang dilaporkan ke Dinkes.

"Kualitas udara sampai saat ini masih berada pada posisi sedang, yakni 80-100 polutan standar indeks (PSI). Normalnya, kualitas udara berada dibawah angka 50 PSI," kata dia.

Kandungan udara saat ini menurut Marjoko, bercampur dengan sulfur dioksida (SO2), karbon monoksida (CO), dan partikel debu (PM10 dan PM 2,5) hingga di atas normal.

"Kondisi tersebut yang kemudian membuat kualitas udara kian buruk dan berada pada posisi sedang atau cukup mengkuatirkan," katanya.

Ditanya mengenai antisipasi Dinkes terhadap penyakit Infeksi saluran pernafasan atas (Ispa), Marjoko mengaku akan segera membagi-bagikan masker secara gratis ke masyarakat pejalan kaki dan pengendara sepeda motor.

"Pembagian masker ini tidak sekarang. Jika kualitas udara terus menurun hingga beberapa hari kedepan, baru kita akan bagikan," ujarnya.

Dinkes Dumai saat ini masih memiliki stok masker sekitar 10 ribu buah yang diperkirakan masih mencukupi untuk dibagikan ke masyarakat yang membutuhkan.  (ANT/K004)

Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Berita Harian: Dunia

sumber :-

Berita Harian: Dunia


21 terbunuh serangan hotel di Kabul

Posted: 29 Jun 2011 10:08 AM PDT

Dunia

Komando Afghanistan dibantu helikopter NATO bertempur dengan 9 lelaki bersenjata

KABUL: Sekurang-kurangnya 21 orang terbunuh, apabila sembilan pejuang Taliban lengkap bersenjata, menyerbu sebuah hotel utama di Kabul, sebelum bertempur selama beberapa jam dengan anggota komando Afghanistan yang dibantu helikopter Pertubuhan Perjanjian Atlantik Utara (NATO) semalam.

Ketua Polis Kabul, Ayub Salangi berkata dalam kejadian itu, sembilan orang awam kebanyakannya pekerja hotel dan dua pegawai polis antara yang terbunuh manakala 18 yang lain cedera. Beliau berkata, semua sembilan penyerang terbabit terbunuh selepas mereka menyerbu Hotel Intercontinental yang sering menerima tetamu daripada kalangan pegawai asing dan Afghanistan lewat kelmarin.

Saksi berkata, bunyi tembakan senjata api jelas kedengaran ketika kejadian, manakala sebahagian daripada bangunan hotel itu terbakar.

"Selepas beberapa letupan, penyerang memasuki hotel dan menuju ke dewan besar.

"Ada di antara mereka membawa pembesar suara yang membunyikan lagu perang Taliban dan menembak sesiapa saja yang mereka lihat kelibat mereka.
"Penghuni hotel di tingkat tiga dan dua melompat keluar untuk menyelamatkan diri," kata seorang penyambut tetamu.

Hotel milik kerajaan yang dibina pada 1960-an itu tidak mempunyai kaitan dengan rangkaian Hotel Intercontinental antarabangsa, menempatkan delegasi yang menghadiri persidangan keselamatan Afghanistan, manakala satu majlis perkahwinan meriah sedang diadakan ketika serangan berlaku.

"Sembilan pengganas bersenjata menyerang hotel Intercontinental, kira-kira jam 11 malam tadi (waktu tempatan).

"Operasi berakhir kira-kira jam 3 pagi selepas semua pengganas dibunuh," kata kementerian dalam negeri dalam satu kenyataan.

Antara tetamu di hotel berkenaan termasuk pegawai kerajaan dari seluruh negara yang berada di Kabul bagi menghadiri persidangan mengenai penyerahan kuasa tentera asing kepada pasukan keselamatan Afghanistan.

Proses dijadual bermula bulan depan.

Penghuni hotel yang panik diminta bersembunyi di bilik masing-masing, selepas penyerang yang dipercayai memakai jaket kalis peluru, membawa mesingan dan pelancar roket, berjaya melepasi kawalan keselamatan.

Jurucakap Pasukan Bantuan Keselamatan Antarabangsa (ISAF), Mejar Tim James, berkata pihaknya menghantar sebuah helikopter selepas mendapat permintaan pihak berkuasa Afghanistan.

"Ia terbang rendah di bumbung hotel dan berlegar beberapa kali. Anggota kami dapat mengenal pasti dengan jelas sekumpulan pemisah yang bersenjata dan memakai jaket kalis peluru lalu melepaskan tembakan menggunakan senjata kecil.

"Kami mendapat laporan beberapa letupan berlaku mungkin berpunca daripada pemisah yang meletupkan bom di tubuh mereka atau tembakan yang dilepaskan dari helikopter," katanya.

Sementara itu jurucakap Taliban, Zabihullah Mujahid mengaku kumpulan itu bertanggungjawab ke atas serangan yang dilakukan di hotel itu.

Beliau mendakwa militan berjaya menawan hotel dan membunuh 50 tetamu termasuk pegawai kerajaan dan asing, malah menahan 300 lagi sebagai tebusan.

Laporan itu bgagaimanapun tidak dapat disahkan. – AFP/Reuters

INFO
KRONOLOGI SERANGAN

  • Lima penyerang bersenjata dan empat pengebom bunuh diri menyerbu masuk Hotel Intercontinental.
  • Taliban mengaku terbabit dalam serangan nekad di tengah-tengah Kabul itu
  • Helikopter NATO menembak ke arah penyerang yang berada di bumbung hotel Intercontinental.
  • Semua sembilan penyerang terbunuh dalam operasi.
Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Iran uji misil bawa bom nuklear

Posted: 29 Jun 2011 10:06 AM PDT

Dunia

ANTARA satu daripada  14 misil yang dilancarkan Iran dalam satu latihan, baru-baru ini.

ANTARA satu daripada 14 misil yang dilancarkan Iran dalam satu latihan, baru-baru ini.

Peluru berpandu mampu sasar Israel

LONDON: Iran dilaporkan sudah melaksanakan ujian rahsia peluru berpandu yang boleh membawa bom nuklear yang menurut Setiausaha Pertahanan Britain, William Hague, satu tindakan yang melanggar resolusi Pertubuhan Bangsa-Bangsa Bersatu (PBB).

Kenyataan Hague itu dibuat sehari selepas pasukan elit, Pengawal Revolusi Iran berkata, ia berjaya melancarkan 14 misil dalam satu latihan, antara satu daripadanya berupaya menyasarkan Israel atau kemudahan Amerika Syarikat di perairan Teluk. Dalam satu kenyataan kepada Ahli Parlimen, Hague berkata: "Iran sudah melaksanakan ujian rahsia misil balistik dan pelancaran roket, termasuk menguji misil yang boleh membawa bom nuklear, sekali gus melanggar resolusi PBB 1929."

Beliau berkata, Iran juga sudah mengumumkan rancangannya untuk meningkatkan tiga kali ganda keupayaannya mengeluarkan uranium diperkayakan 20 peratus.

"Paras ini lebih tinggi daripada keperluan penggunaan kuasa nuklear secara aman. Kami akan meneruskan tekanan terhadap Teheran agar duduk berunding berhubung program nuklearnya," katanya.

Kelmarin jurucakap Jabatan Negara Amerika Syarikat, Victoria Nuland, berkata Iran bertindak bongkak berhubung asetnya, tetapi tidak menyatakan sama ada Washington berpendapat misil itu boleh membawa bom nuklear.
Program misil Iran yang dikawal Pengawal Revolusi dan program angkasa lepas negara Teluk membimbangkan negara Barat.

Negara Barat mencurigai kenyataan Iran bahawa program nuklearnya untuk kegunaan awam, sebaliknya mendakwa ia sebenarnya untuk membangunkan senjata nuklear. – AFP


Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi international.okezone.com

sumber :-

Sindikasi international.okezone.com


Taliban Pakistan Ancam Serang 9 Instalasi militer

Posted: 29 Jun 2011 03:02 AM PDT

ISLAMABAD - Komandan senior Taliban mengancam akan menyerang sembilan instalasi militer di Pakistan. Sebelumnya, Pakistan sudah menyerang satu instalasi militer yakni Basis Angkatan Laut Mehran di Karachi.

"Pembalasan sudah dimulai, serangan terhadap Basis Angkatan Laut Mehran merupakan yang pertama dari 10 serangan. Taliban akan membalas dendam atas kematian Osama bin Laden," ujar Wali ur Rehman, pimpinan Taliban di Waziristan Selatan, seperti dikutip dari PTI, Rabu (29/6/2011).

Serangan Taliban di basis militer di Karachi telah menghancurkan pesawat intai P3C Orion dan menewaskan 10 orang termasuk di antaranya pasukan dan pemadam kebakaran.

"Sebanyak sembilan serangan akan muncul dengan intensitas yang sama di instalasi militer," ucap Rehman.

Amerika Serikat memberikan hadiah sebasar USD600 atau sekira Rp5 miliar kepada siapa pun yang berhasil menangkapnya.

Rehman juga mengancam akan menyerang warga Amerika Serikat, Inggris, dan juga Prancis.
"Nanti, kalian akan menyaksikan serangan terhadap Amerika, NATO, dan negara Eropa yang menjadi prioritas kami, Prancis," sebutnya.(rhs)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Oman Penjarakan 55 Demonstran

Posted: 29 Jun 2011 02:07 AM PDT

MUSKAT - Pengadilan Oman memvonis penjara 1 tahun terhadap 55 demonstran yang berunjuk rasa menuntut lapangan pekerjaan.

Oman dikejutkan oleh demonstrasi pada Februari lalu. Demonstran di Oman terinspirasi oleh gerakan di Tunisia dan Mesir, namun agenda demonstrasi di Oman menuntut pemerintah menyediakan lebih banyak lapangan kerja, peningkatan upah, dan pemberantasan korupsi.

"Para demonstran dituding melakukan perampokan dan aksi vandalisme di Jaalan Bani Bu Ali," ujar jaksa seperti dikutip dari Reuters, Rabu (29/6/2011).

Demonstrasi yang terjadi di Jalan Bani Bu Ali itu dilakukan sekira 100 orang. Demonstrasi berubah menjadi aksi kekerasan. Sekira 80 orang ditangkap, namun 25 lainnya dibebaskan.(rhs)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi celebrity.okezone.com

sumber :-

Sindikasi celebrity.okezone.com


Puput Melati-Ustad Guntur Bumi Dicomblangi Uje

Posted: 29 Jun 2011 08:36 AM PDT

TANGERANG - Ternyata, ustad Jefri Al Bukhori (Uje) adalah orang di balik perkenalan Puput Melati dan ustad Guntur Bumi. Uje mencomblangi mereka.

Ustad Guntur Bumi yang ditemui di kediamannya di kawasan Bintaro, Tangerang, Rabu (29/6/2011), menceritakan awal mula mengenal  Puput Melati. Dia mengaku pertama kali dikenalkan Puput oleh Uje dalam suatu urusan pekerjaan.

Pertemuan janda dan duda itu terjadi di dalam pesawat, sekira dua bulan lalu. Kala itu, Uje yang kebetulan duduk di samping Puput berinisiatif mengenalkannya dengan ustad Guntur.

"Pada saat itu kita ada acara nyanyi bareng di Semarang," kenang ustad Guntur.

Dari perkenalan itu, ustad Guntur Bumi kemudian memperkenalkan penyanyi cantik itu dengan almarhum Habib Husein. "Ketika kami mengunjungi Habib Husein, beliau berpesan segera menikah supaya terhindar dari fitnah," papar ustad Guntur.

Tak cuma ustad Guntur yang kesengsem dengan Puput. Janda satu anak itupun merasakan getaran di hati. Puput merasa langsung akrab ketika pertama kali dikenalkan dengan ustad Guntur.

"Pada saat itu, aku merasa ingin selalu dekat dengannya dan merasa akrab. Padahal baru saja kenal," aku Puput, ditemui di lokasi yang sama.

Puput melontarkan pujian untuk suami barunya itu. Kata dia, ustad Guntur adalah lelaki yang memiliki kharisma.
 
Setelah resmi menikah dengan Ustad Guntur Bumi, Puput bahagia dengan pernikahannya. "Alhamdulillah, atas izin Allah kami telah sah menikah secara agama maupun negara. Ini merupakan hadiah dari Allah buat aku," ucap Puput.

Puput Melati dinikahi ustad Guntur Bumi pada 27 Juni 2011, di kediaman mendiang Habib Husein bin Alatas yang merupakan guru besar ustad Guntur Bumi. (ferd)

(uky)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Puput Melati Cuma Dibelikan Rumah Rp250 Juta

Posted: 29 Jun 2011 08:06 AM PDT

TANGERANG - Beredar kabar Puput Melati dibelikan rumah oleh suaminya, ustad Guntur Bumi, seharga Rp3,5 miliar. Rumor itu pun dibantah.

"Mengenai isu tersebut semuanya tidak benar. Puput tidak pernah meminta apapun dari saya dan kami tidak pernah membicarakan masalah uang ataupun harta," kata ustad Guntur Bumi, ditemui di kediamannya di bilangan Bintaro, Tangerang, Rabu (29/6/2011).

Pria yang kerap disapa Ustad Cilik itu mengatakan, rumah yang dibeli untuk Puput cuma senilai ratusan juta rupiah.

"Orang harganya Rp250 juta. Itu aja belum lunas, hehe. Enggak kok, harta itu titipan Allah. Selama dekat dengan saya, dia belum minta apa-apa  biarpun itu dalam keadaan terdesak. Jadi, Rp3,5 miliar tidak betul," urainya.

Soal harta, menurut ustad Guntur, wajar jika perempuan materialistis.

"Wajar kalau perempuan materialistis. Gimana mau bimbing wanita kalau belanja saja tak ada uangnya. Karena saya sanggup, ya kewajiban saya untuk memenuhi. Tapi sebelum dan sesudah menjadi istri saya, dia tak pernah meminta dari saya," katanya.

Sebelumnya beredar rumor ustad Guntur Bumi membelikan Puput sebuah rumah senilai Rp3,5 miliar beserta sebuah mobil mewah.

Pasangan janda dan duda itu melangsungkan akad nikah di tempat Habib Husein, Majelis Taklim Alkhairat, Condet, Jakarta Timur, Senin, 27 Juni 2011, pukul 09.30 WIB. (ferd)(uky)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

detikcom

sumber :-

detikcom


Obama Puji Legalisasi Penikahan Gay di New York

Posted: 29 Jun 2011 11:24 AM PDT

Penerbangan

Rancang Perjalananmu di Sini

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Selancar Malam Hari di Kuta yang Unik dan Menantang

Posted: 29 Jun 2011 10:25 AM PDT

Penerbangan

Rancang Perjalananmu di Sini

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPAS.com - Nasional

sumber :-

KOMPAS.com - Nasional


Pramono Edhie Harus Buktikan Kemampuan

Posted: 29 Jun 2011 05:24 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Eksekutif Imparsial Poengky Indarti mengatakan, Panglima Komando Strategi TNI Angkatan Darat Letjen TNI Pramono Edhie Wibowo, yang ditunjuk menjabat Kepala Staf Angkatan Darat, harus menunjukkan kemampuan dan keseriusannya sebagai pucuk pimpinan TNI AD kepada publik.

Ukurannya sederhana, Pramono harus menunjukkan bahwa dia memang "concern" pada reformasi TNI AD.

-- Poengky Indarti

"Ukurannya sederhana, Pramono harus menunjukkan bahwa dia memang concern pada reformasi TNI AD, antara lain harus ada prestasi soal penghentian bisnis militer AD, harus membawa prajurit dan perwira AD yang melakukan pelanggaran HAM ke pengadilan HAM," kata Poengky ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (29/6/2011).

Kepastian penunjukan Pramono, putra mantan Komandan Resimen Pasukan Khusus Angkatan Darat (kini Kopassus) alm Sarwo Edhie Wibowo, sebagai KSAD menggantikan Jenderal George Toisutta itu disampaikan Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha. Julian mengatakan, Presiden akan secara resmi mengumumkan pengganti George pada Kamis (30/6/2011), besok.

Tak hanya itu, Poengky, yang juga pejuang HAM, meminta Pramono segera membereskan kasus-kasus sengketa lahan antara TNI AD dan rakyat. Pramono, yang tak lain adalah adik ipar Presiden, juga pernah menjabat sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus pada 2008-2009.

Pramono yang lulusan terbaik Akademi Militer angkatan 1980 itu juga sempat menduduki posisi Panglima Kodam Siliwangi di Jawa Barat pada 2009 sebelum menjabat sebagai Pangkostrad pada 2010. Setelah dilantik Presiden, serah terima jabatan KSAD dilangsungkan di Markas Besar TNI Angkatan Darat, Kamis besok.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Presiden Tunjuk Pramono Edhie Jadi KSAD

Posted: 29 Jun 2011 05:24 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menunjuk adik iparnya, Panglima Komando Strategi TNI Angkatan Darat Letjen TNI Pramono Edhie Wibowo, sebagai Kepala Staf Angkatan Darat, menggantikan Jenderal George Toisutta.

Bapak Presiden menerima usulan Wanjakti Markas Besar Tentara Nasional Indonesia. Nama yang diajukan ke Presiden diyakini sudah memenuhi persyaratan untuk menjabat sebagai KSAD.

-- Julian Aldrin Pasha

Pengumuman resmi akan disampaikan Presiden pada Kamis (29/6/2011) di kompleks Istana Presiden, Jakarta. Demikian disampaikan Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha kepada Kompas.com, Rabu (29/6/2011).

"Bapak Presiden menerima usulan Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Markas Besar Tentara Nasional Indonesia. Nama yang diajukan ke Presiden diyakini sudah memenuhi persyaratan untuk menjabat sebagai KSAD," kata Julian.

Julian sendiri mengaku tidak mengetahui jumlah nama yang diajukan Wanjakti kepada Presiden. Ia juga membantah bahwa penunjukan adik iparnya sebagai KSAD sarat dengan kepentingan Pemilu 2014.

"Anggapan ini berlebihan dan tidak benar," katanya singkat.

Sebelumnya, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono menyatakan bahwa penunjukan KSAD sudah sesuai dengan Wanjakti.

"Penunjukan KSAD sudah melalui proses di Wanjakti," katanya pekan lalu.

Dalam menunjuk seseorang menjadi KSAD, lanjut Panglima, Wanjakti mempertimbangkan profesionalitas, senioritas, penugasan, dan pengalaman selama bertugas di lingkungan TNI AD. Oleh karena itu, dia mengimbau masyarakat tidak mengaitkan-kaitkan calon KSAD yang memiliki hubungan kekerabatan dengan Presiden.

"Jangan dilihat penunjukan KSAD itu ada hubungan kekerabatan dengan Presiden," kata laksamana bintang empat tersebut.

Menurut dia, pengangkatan KSAD merupakan hak prerogatif Presiden, sedangkan Panglima TNI wajib memberikan saran dan masukan.

"Sudah mengerucut tiga nama calon. Mudah-mudahan dalam minggu-minggu ini sudah ada keputusan dari Wanjakti," ujar Agus, tanpa menyebut nama ketiga calon KSAD itu.

Adapun nama-nama calon yang beredar saat ini adalah Pramono, yang juga adik ipar Presiden Yudhoyono, Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letjen TNI Budiman, dan Kepala Komando Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Darat Letjen Marciano Norman. George Toisutta akan memasuki masa pensiun mulai 30 Juni 2011.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS