Republika Online

sumber :-

Republika Online


Jokowi tak Mau Renovasi Rumah Dinas

Posted: 13 Oct 2012 11:15 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  --  Gubernur DKI Jakarta terpilih, Jokowi, menyatakan tidak akan merenovasi rumah dinas gubernur DKI Jakarta yang akan ditempatinya bersama istrinya.

"Bangunan ini masih bagus kok, ngapain buang-buang anggaran. Lagipula saya hanya tinggal sama istri saya saja. Anak-anak masih di Solo karena masih sekolah di sana," katanya

Ia juga mengaku belum terlalu banyak menyiapkan barang-barang kebutuhan rumah tangganya di Jakarta. Dengan senyum bekas Wali Kota Solo itu menyatakan baru membawa satu ranjang dan satu nakas saja. Meja kerja serta kebutuhan lainnya belum dibawa. 

Ia juga tidak mempermasalahkan soal mobil dinas. " Mobil apa saja saya tak masalah, tidur pun demikian. Mau di jalan mau di pinggir kali (sungai) juga tak masalah," katanya bercanda.

Suriah Larang Pesawat Sipil Turki di Wilayahnya

Posted: 13 Oct 2012 11:15 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT -- Suriah, Sabtu (13/10), mengatakan pihaknya melarang pesawat sipil Turki terbang di wilayahnya, hanya beberapa hari setelah Turki mencegat satu pesawat Suriah yang membawa apa yang dikatakannya amunisi buatan Rusia untuk Suriah.

Satu pernyataan Kementerian Luar Negeri Suriah yang disiarkan kantor berita resmi SANA mengatakan larangan itu mulai berlaku Sabtu tengah malam.

Pernyataan itu mengatakan tindakan itu adalah untuk membalas larangan yang sama oleh Turki terhadap pesawat-pesawat Suriah.

Turki mengumumkan satu larangan seperti itu tetapi mengatakan pihaknya akan melarang pesawat-pesawat sipil Suriah kembali jika diduga membawa peralatan militer untuk pasukan Presiden Suriah Bashar al-Assad. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Republika Online

sumber :-

Republika Online


Novi Ternyata Pernah Menjalani Pengobatan Jiwa

Posted: 13 Oct 2012 10:40 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Model majalah dewasa, Novi Amilia (25 tahun) ternyata pernah menjalani perawatan kejiwaan. Kuasa Hukum Novi, Chris Sam Siwu mengatakan, perempuan itu pernah menjalani perawatan jiwa di psikiater.

"Novi melakukan perawatan ketika dia menjadi model di Jakarta tahun 2004 lalu," ucap Chris kepada Republika, Ahad (14/10).

Hanya saja, lanjut Chris, dirinya tidak mengetahui kapan persisnya perempuan asal Medan ini menjalani perawatan tersebut. Chris menambahkan, Novi juga belum mendapat keterangan tertulis mengenai hasil perawatan kejiwaan yang dijalaninya. "Tetapi Novi tidak sampai menjalani rawat inap," ujar Chris.

Novi Amalia adalah penabrak tujuh orang di Jalan Ketapang, Tamansari, Jakarta Barat, Kamis (11/10) lalu. Perempuan ini menabrak mikrolet, pedagang kopi, sampai polisi.

Saat massa marah dan melihat Novi, massa malah tercengang karena perempuan yang juga model majalah dewasa ini hanya mengenakan pakaian dalam. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. 

Dewan Solidaritas India-Arab Dukung Suriah

Posted: 13 Oct 2012 10:36 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI - Dewan Solidaritas India-Arab menyuarakan dukungan terhadap kepemimpinan Suriah dan rakyat dalam pertempuran mereka melawan terorisme, dan memuji sikap terhormat Rusia dan China serta upaya mereka untuk mencegah campur tangan dalam urusan internal Suriah.

Hal ini disampaikan dalam pertemuan khusus Dewan yang diselenggarakan di ibu kota India, New Delhi, pada Sabtu yang dihadiri oleh para wakil partai-partai politik India, organisasi internasional, organisasi hukum dan akademisi, di samping Duta Besar Suriah untuk India Riyad Abbas sebagai tamu kehormatan.

Dalam pidatonya, Ketua Dewan Prof Bhim Singh memuji hubungan Suriah-India dan sikap terhormat Suriah dalam membela yang benar dan kasus-kasus Arab, terutama Palestina, serta menyuarakan dukungan untuk kepemimpinan Suriah dan orang-orang dalam menghadapi rencana AS-Israel.

Singh menyerukan kepada Perdana Menteri India untuk meningkatkan upaya dalam Gerakan Non-Blok (NAM) dan mengambil inisiatif untuk memulai proses damai di Timur Tengah guna mencegah campur tangan dalam urusan Suriah, dan memastikan kepatuhan terhadap Piagam PBB.

Dia menambahkan bahwa Suriah adalah satu-satunya negara sekuler demokratis di Timur Tengah. Singh mengecam tindakan pemerintah Turki terhadap pembajakan udara terhadap pesawat sipil Suriah, dan mengatakan bahwa hal itu merupakan pelanggaran terang-terangan aturan penerbangan internasional dan hubungan bertetangga baik.

Dia juga menyebut PBB harus melaksanakan keputusan nomor 242 dan nomor 338 dan mempengaruhi penarikan pasukan pendudukan Israel dari semua tanah Arab yang diduduki, termasuk Yerusalem. 

Sementara itu, Suresh Thakur, Ketua Aapka Faisla Parkashan Ltd kelompok media, menyuarakan dukungan kepada Suriah dalam menghadapi setiap campur tangan asing.

Demikian pula, Prof Maulana Shammi Tehrani, yang mengepalai LSM, memuji sikap terhormat Suriah di seluruh sejarah, dan mengatakan bahwa Suriah adalah pusat dari Arabisme yang mengapa Washington dan Israel menargetkan hal itu.

Teheran juga mencela beberapa pendukung negara Arab seperti Arab Saudi dan Qatar untuk rencana-rencana AS-Israel terhadap negara-negara Arab dan Islam. Pada gilirannya, Direktur Institut Studi PBB dan UNESCO Prof SH Bhakri menyuarakan solidaritas kepada Suriah dalam melawan serangan-serangan terhadapnya.

Dia mencatat bahwa sikap ini sesuai dengan Piagam PBB, keputusan internasional mengenai hidup berdampingan secara damai, dan upaya untuk mencapai keamanan dan stabilitas global. Sementara itu, Duta Besar Abbas memberikan presentasi tentang realitas situasi di Suriah dan perang universal terhadap hal itu.

Dia menegaskan bahwa Suriah akan tetap tabah dan akan muncul sebagai pemenang berkat kesadaran rakyat Suriah dan kebersatuan mereka di sekitar kepemimpinan mereka. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Republika Online

sumber :-

Republika Online


Anak Takut ke Dokter? Ini Dia Tipsnya

Posted: 13 Oct 2012 03:00 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID -- Ada beberapa alasan mengapa banyak anak tidak suka berkunjung ke dokter. Salah satu alasan yang mungkin sering Anda dengar adalah si kecil tidak nyaman dengan orang yang tidak dikenal atau takut akan disuntik. 

Lalu bagaimana agar anak merasa nyaman dan tenang saat bertemu dokter. Berikut tips-tipsnya seperti dikutip dari Parents Indonesia

Temani Anak saat ke Dokter

Karena sibuk, biasanya orang tua memberikan tugas membawa anak ke dokter kepada nenek atau kakeknya. Menurut Ari Brown M.D, pakar anak dan pengarang serial buku 411, sebaiknya orang tua yang membawa anaknya ke dokter.

"Faktanya ketika si anak melihat kedua orang tuanya berkomunikasi langsung dengan dokter, anak itu akan berpikir bahwa si dokter adalah teman orang tua mereka dan si anak akan merasa nyaman," ujar Ari Brown.

Bermain Dokter-dokteran

Berikan imajinasi yang menyenangkan kepada anak tentang dokter. Belilah peralatan dokter mainan dan jaket dokter. Kemudian bermainlah seolah-olah Anda seorang dokter dan anak Anda pasiennya. Peragakan bagaimana dokter memeriksa mulut, mendengarkan detak jantung, dan mengecek tekanan darah.

Hal ini akan membuat anak mengantisipasi apa yang terjadi jika ia pergi ke dokter sesunguhnya. Sempatkan juga untuk membacakannya buku yang mengilustrasikan tentang kedokteran. 

Lanjut ke Anak Takut ke Dokter? Ini Dia Tipsnya (2)

Tidur Terlentang Bisa Bikin Ibu Hamil Keguguran

Posted: 13 Oct 2012 08:59 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Bagi ibu hamil, segala sesuatu yang dilakukan bakal 'serba salah' dan 'serba tak enak', termasuk urusan tidur. Pada kegiatan yang satu ini, ibu hamil disarankan tidak tidur terlentang karena tidur dengan posisi tersebut kabarnya enam kali berisiko mengalami keguguran.

Fakta itu didapat setelah dari penelitian di Australia. Penelitian yang dilakukan selama lima tahun ini menunjukkan posisi tidur terlentang dapat mengurangi aliran darah yang memasok darah ke rahim.

"Namun, bukan berarti Anda harus selalu bersikap was-was. Sesekali, Anda boleh tidur terlentang," kata peneliti utama, Dr Adrienne Gordon, dari Sydney Royal Prince Alfred Hospital, seperti dilansir Daily Mail, Kamis (11/10).

Karenanya, para pakar menyebut tidur dengan posisi menyamping lebih baik baik ketimbang tidur telentang.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Mancanegara

sumber :-

ANTARA - Mancanegara


Pendukung fanatik sepak bola tewas di stadion

Posted: 13 Oct 2012 08:41 PM PDT

Kuala Lumpur (ANTARA News) - Seorang pendukung fanatik tim sepak bola Kelantan meninggal dunia di bangku penonton saat menyaksikan laga tim favoritnya yang berjuluk The Red Warriors dengan tim Selangor di Stadium Shah Alam, Malaysia.

Suharto Abdullah (45), seorang agen asuransi dari Pengkalan Chepa, Kelantan, jauh-jauh datang ke Shah Alam dengan maskapai Firefly untuk mendukung tim kesayangannya tampil dalam laga separuh akhir Piala Malaysia 2012.

Ia sempat diwawancarai oleh sebuah stasiun televisi berbayar dan meramalkan The Red Warriors bakal unggul 2-0 atas Selangor, demikian laporan media lokal Kuala Lumpur, Minggu.

Namun saat menyaksikan pertandingan itu Suharto tiba-tiba mengalami sesak nafas di bangku penonton dan jatuh tak sadarkan diri.

Ia kemudian dibawa ke Rumah Sakit Tengku Ampuan Rahimah dan dinyatakan meninggal pada pukul 22.00 waktu setempat, atau sekitar 30 menit sebelum Kelantan menjaringkan gol.

Menurut istri korban, Mazlina Othman (43), suaminya selama ini tidak mengidap penyakit berbahaya.

Ia juga mengakui, suaminya adalah pendukung fanatik The Red Warriors dan rela kemana saja untuk menyaksikan pertandingan tim tersebut.

"Dia memang pendukung setia Kelantan dan menyimpan koleksi cenderamata termasuk kaos tim, kain rentang, gelas dan macam-macam lagi," ujarnya.

Jenazah Suharto kemudian dibawa pulang untuk dikebumikan di kampungnya Lubuk Kawah, Pasir Mas, Kelantan.

Seperti yang diramalkan Suharto, pertandingan tersebut berakhir dengan skor 2-0 untuk Kelantan.

(N004)

Gempa 5,2 SR guncang wilayah di dekat Papua Nugini

Posted: 13 Oct 2012 06:25 PM PDT

Hong Kong (ANTARA News) - Gempa dengan kekuatan 5,2 pada skala Richter mengguncang daerah di dekat pantai utara New Guinea, Papua Nugini, Ahad pukul 07.07 waktu setempat (06.07 WIB), kata US Geological Survey (USGS).

Pusat gempa, dengan kedalaman 6,7 kilometer, mulanya ditetapkan berada pada 2,52 derajat Lintang Selatan dan 142.3012 derajat Bujur Timur, demikian laporan Xinhua --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Ahad pagi.

(C003)

(T.C003/C/C003/C003) 14-10-2012 06:55:13

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPASentertainment

sumber :-

KOMPASentertainment


Grogi, Ijab Kabul Tria "Changcuters" Diulang Tiga Kali

Posted: 13 Oct 2012 08:45 AM PDT

TEMANGGUNG, KOMPAS.com - Mohammad Tria Ramadhani, vocalis grup band The Changcuters akhirnya menikahi gadis asal Temanggung Jawa Tengah, Sabtu (13/19/12012). Gadis itu diketahui bernama Dhatu Rembulan warga Dusun Bajangan, Desa Mandisari, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung.

Dhatu merupakan anak ketiga pasangan pasangan Faisal Baryono dan Istiqomah. Keduanya melakukan akad nikah di Rumah Makan "Omah Kebon" Temanggung, Sabtu (13/10/2012), dengan penghulu dari Kantor Urusan Agama (KUA) Temanggung.

Menurut Munsiri, penghulu KUA Temanggung, Tria memberikan emas kawin berupa seperangkat alat shalat dan logam mulia seberat 100 gram. Prosesi akad nikah memang berlangsung tertutup untuk media massa. Namun Munsiri menceritakan, ketika mengucap ijab kabul mempelai laki-laki terlihat sedikit grogi sehingga ia harus mengucap hingga tiga kali.

"Tadi mempelai laki-laki sedikit grogi, sehingga ijab kabul diulang hingga tiga kali," ungkapnya.

Usai akad nikah, imbuhnya, acara kemudian dilanjutkan dengan upacara adat Jawa dan pelepasan sepasang burung merpati oleh mempelai berdua. Sedangkan acara resepsinya sendiri berlangsung sederhana, dihadiri keluarga dekat Tria dan Dhatu, semua personel The Changcuters juga tampak hadir.

Sementara itu, Manajer The Changcuters, Asep Sondary mengatakan, sebelumnya semua personel The Changcuters tidak mengetahui akan ada pernikahan vocalis mereka. "Ini memang kejutan buat semua personel. Mereka diundang ke Temanggung kan dalam rangka show aja," ujar Asep.

Asep mengatakan Tria berangkat dahulu ke Temanggung, sedangkan personel yang lain, Dipa, Kibil, Alda, Erik, dan kru lainnya menyusul setelah pentas di Purbalingga, Jawa Tengah.

"Semua personel dan kru tiba di Temanggung pada Juma'at (12/10/2012) sore, lalu kita langsung ke rumah Dhatu, dan ternyata ada acara lamaran Tria di sana, dan hari ini langsung akad nikah," kata Asep.

Panggung Broadway Menggoda Tom Hanks

Posted: 13 Oct 2012 08:14 AM PDT

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Panggung Broadway rupanya telah memikat aktor Tom Hanks. Lihat saja,  Hank akan membuat penampilan perdananya di Broadway dengan memerankan jurnalis tabloid dalam drama baru Lucky Guy dari mendiang Nora Ephron.

Bintang Hollywood ini akan melanjutkan kolaborasinya dengan Ephron yang sama-sama pernah berkolaborasi dalam Sleepless in Seattle pada 1993 dan You've Got Mail pada 1998. Ephron meninggal dunia pada usia 71 karena komplikasi leukimia, tulis Reuters, Jumat.

Drama yang ditarik dari kisah nyata itu, akan mulai tampil April tahun depan, dan mendramatisisasi naik turunnya kehidupan dari mantan kolumnis tabloid McAlary saat dia meliput skandal polisi pada 1980. McAlary meninggal dunia pada umur 41 pada tahun 1998.

Hanks (56) telah memenangi dua Oscar untuk Aktor Terbaik atas penampilannya dalam Philadephia dan Forrest Gump serta dikenal untuk beberapa judul film populer lainnya, namun untuk akting panggungnya hanya di sebuah produksi kecil Shakespeare di tahun 1970.

Eprhon menjadi seorang reporter tabloid sebelum dikenal sebagai penulis esai, buku, dan naskah film. Dia menulis komedi romantis seperti When Haryy Met Sally pada 1989 dan menulis serta menyutradarai film Julie & Julia pada 2009.

Lucky Guy dikategorikan sebagai drama menyentuh dari popularitasnya yang bernada masam.

Sandiwara Broadway pertamanya, Imaginary Friends diproduksi pada 2002 dan dibintangi Swoosie Kurtz, dan sandiwara ini mendulang kritikan.

Dia juga penulis kedua dari Love, Loss and What I Wore dengan saudara perempuannya Delia, yang pernah bermain di luar Broadway dan mendapat respons positif pada 2009.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Berita Terkini

sumber :-

ANTARA - Berita Terkini


Nirwono Joga: Penataan Kumuh Hendaknya Dimulai Dari Lokasi Kantong Suara Jokowi

Posted: 13 Oct 2012 07:20 PM PDT

     Jakarta, 14/10 (ANTARA) - Pemda DKI Jakarta di bawah Gubernur yang baru Jokowi hendaknya memulai program penataan kumuh dari lokasi yang menjadi kantong suaranya pada saat Pilkada lalu dengan tujuan untuk mengurangi resistensi dan memudahkan sosialisasi, kata penggiat properti hijau Nirwono Joga, di Jakarta, beberapa waktu lalu.
    
     Nirwono kepada wartawan mengingatkan pula bahwa salah satu program yang menjadi prioritas Jokowi itu harus benar-benar menunjukkan keberpihakannya kepada kepentingan rakyat dan kepentingan lingkungan.

     "Program penataan pertama itu harus berhasil karena program penataan itu akan menjadi model program penataan selanjutnya. Kalau gagal, maka tingkat kepercayaan masyarakat akan runtuh dan sangat sulit untuk mewujudkan lanjutan program tersebut," tegas alumni Universitas Trisakti dan Royal Melbourne Institute of Technology, Australia ini.
    
     Nirwono yang aktif dalam berbagai kegiatan yang bertujuan menciptakan lingkungan hijau itu menyatakan, pemilihan lokasi yang tepat yaitu di kantong suara Jokowi tidak lain hanya bertujuan mengurangi resistensi dan memudahkan komunikasi. Program awal ini akan menentukan arah program selanjutnya. Jika gagal resiko sangat besar.
      
     Pendiri dan penggiat Kelompok Studi Arsitektur Lanskap Indonesia ini menegaskan pula bahwa sebelum melangkah melaksanakan program penataan kawasan kumuh dengan rumah susun itu, Gubernur terpilih hendaknya memperhatikan paling tidak lima pertimbangan.
    
     Pertama adalah pertimbangan lokasi yang menjadi sasaran program itu. Lokasi itu bisa di pinggir sungai, pinggir danau atau kolong jembatan. Yang perlu diperhatikan adalah lokasi penggantinya. Pinggir sungai tidak diijinkan untuk dibangun apapun karena adanya aturan soal garis sempadan. Jadi lokasi penganti akan menjadi krusial mengingat keterbatan lahan dan tingginya harga tanah di Jakarta.
    
     Pertimbangan kedua adalah sisi regulasi. Masalah dasar hukum penataan harus menjadi kajian serius sehingga tidak menimbulkan sengketa lahan dan konflik berkepanjangan yang akan menggagalkan program penataan. Pertimbangan ketiga menyangkut pentingnya upaya sosialiasi dan komunikasi dengan masyarakat, pemerintah pusat, birokrasi dan pengembang. "Peran pengembang swasta sangat penting. Faktanya adalah lingkungan hijau di Jakarta terutama didorong oleh pengambang swasta," tegasnya.
    
     Nirwono yang juga konsultan Puri Botanical Residence yang mendapat Best Innovation in Green Development untuk pengembang menengah dalam Indocement Award 2012 menjelaskan bahwa Pemda Jakarta hanya mampu menambah kawasan terbuka hijau empat hektar per tahun sementara idealnya pertambahan kawasan itu adalah 50 hektar per tahun. Swasta karenanya harus didorong dan diharapkan partisipasinya. Ia mencontohkan Puri Botanical Residence yang dikelola PT. Copylas yang mampu mengembangkan enam hektar kawasan terbuka hijau.
    
     Nirwono mengingatkan pula pentingnya pembagian tugas yang jelas antara lembaga pemerintah dan pentingnya partisipasi swasta sebagai pertimbangan keempat. Koordinasi antara lembaga baik pemerintah dan swasta serta masyarakat harus tepat.
    
     Jika semua sudah tercapai maka sisi terakhir adalah diraihnya kepercayaan publik yang menjadi salah satu kunci keberhasilan program penataan itu.
    
     Nirwono mengingatkan, proyek rumah susun sebelumnya yang gagal mencapai sasaran hendaknya menjadi pelajaran bagi Gubernur baru. Program rumah susun bagi masyarakat kelas bawah itu tidak mencapai sasaran karena sarana dan prasarananya ternyata kurang mendukung. "Listrik dan air belum ada. Transportasi jauh dari tempat kerja, Ini malah menyulitkan penghuni yang pendapatannya pas-pasan," katanya menjelaskan.
    
     Syarat keberhasilan program rumah susun itu adalah lokasi penghuni yang dekat dengan tempat bekerjanya sehingga mengurangi biaya transportasi. Selain itu, tentunya ketersediaan sarana dan prasarana dasar seperti listrik dan air serta keterjangkauan ekonomi.
    
     Nirwono berpendapat bahwa keberhasilan sebuah kawasan ditentukan oleh lingkungan hijaunya. Orang membeli rumah di Menteng dan Kebayoran Baru karena kedua kawasan itu hijau dan ramah terhadap lingkungan. "Di kedua kawasan itu banyak pohon besar yang adem, danau dan kawasan terbuka hijau. Itu yang orang cari. Coba pohon-pohonnya dibabat, nilai kawasan itu pasti jauh berkurang," demikian Nirwono.

Gitaris band mahasiswa terpilih tampil di Jakblues

Posted: 13 Oct 2012 06:50 PM PDT

Jakarta (ANTARA News) - Seorang gitaris dari band mahasiswa di sebuah perguruan tinggi di Jakarta, Ady Pratama, terpilih menjadi satu dari 100 gitaris yang tampil di Djarum Super Jakarta Blues Festival (Jakblues).

"Nggak nyangka bakalan kepilih. Padahal iseng-iseng doang (mendaftar)," katanya usai menyaksikan penampilan Davy Knowles, gitaris dan penyanyi blues asal Inggris, pada Sabtu malam.

Meski memiliki band dengan teman-temannya, ia mengaku belum pernah tampil dalam acara seperti Jakblues yang dia sebut "wah banget."

Ia mengaku kesulitan menyamakan nada pada latihan perdana yang baru diadakan Sabtu pagi. "Soalnya gitar bawa masing-masing," tuturnya.

Namun dia tidak mengalami kesulitan menemukan ikatan dan melakukan penyesuaian dengan 99 gitaris lain meskipun baru pertama kali bertemu. "Mungkin terbawa suasana," katanya.

Dari dua lagu yang dibawakan, ia mengaku lagu "Still Got The Blues" dari Gary Moore lebih sulit dibawakan karena dia belum pernah memainkannya dan baru mendapatkan lagu itu sehari sebelum penyelenggaraan acara.

Para gitaris juga membawakan lagu "Kompor Meleduk" dari Benyamin Sueb, mengiringi lantunan vokalis Naif, David.

(nta)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Utusan Online - Luar Negara

sumber :-

Utusan Online - Luar Negara


Mursi kekalkan jawatan ketua Pendakwa raya

Posted: 13 Oct 2012 12:05 PM PDT

[unable to retrieve full-text content]KAHERAH 14 Okt. - Presiden Mesir, Mohammed Mursi semalam bersetuju untuk mengekalkan kedudukan Abdel Meguid Mahmud sebagai Ketua Pendakwa raya negara ini selepas memecatnya Khamis lalu. Persetujuan...

Konflik Syria: 33,082 terkorban

Posted: 13 Oct 2012 12:04 PM PDT

[unable to retrieve full-text content]BEIRUT 14 Okt. - Pertumpahan darah di Syria telah mengorbankan sekurang-kurangnya 33,082 orang dengan kebanyakannya adalah orang awam, kata Pertubuhan Pemantau Syria bagi Hak Asasi Manusia, semalam.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Berita Harian: Dunia

sumber :-

Berita Harian: Dunia


Wanita bertanding pemimpin Ikhwan

Posted: 06 Oct 2012 03:53 PM PDT

Sabah el-Saqari catat sejarah walaupun diramal kalah

Kaherah: Buat pertama kalinya, seorang wanita bertanding untuk mengetuai parti politik terulung Mesir, Ikhwanul Muslimin, pergerakan paling berkuasa di negara itu.

Sabah al-Saqari berkata beliau mahu meningkatkan penyertaan wanita dalam politik dan mempertahankan hak wanita untuk bertanding sebagai presiden, satu pendirian yang ditentang pertubuhan itu sendiri.

Pilihan raya dalaman parti dijadualkan 19 Oktober depan adalah untuk menggantikan Mohammed Morsi memegang jawatan pengerusi sehingga menjadi presiden pertama Mesir dilantik secara bebas, akhir Jun lalu.

Golongan liberal yang bimbangkan pemerintahan Islam akan mengehadkan hak wanita pula menuduh pencalonan itu sebagai cubaan Ikhwan untuk memperbaiki imej sekalipun al-Saqari adalah veteran Ikhwan selama 22 tahun.

Beliau bertanding untuk menjadi pengerusi Parti Kebebasan dan Keadilan yang diwujudkan oleh Ikhwan selepas kejatuhan Hosni Mubarak pada Februari tahun lalu.

Parti diperalat

Selepas ditindas beberapa dekad oleh Mubarak, parti terbabit menjadi alat membolehkannya untuk berkuasa, mengalahkan aktivis dan golongan progresif yang menggerakkan revolusi.
Pilihan raya dalaman parti dijadualkan 19 Oktober depan adalah untuk menggantikan Mohammed Morsi memegang jawatan pengerusi sehingga menjadi presiden pertama Mesir dilantik secara bebas, akhir Jun lalu.

Pencalonan simbolik besar

Pencalonan al-Saqari adalah satu simbolik besar meskipun dilihat tidak berpeluang untuk menang kerana berhadapan dua calon besar untuk jawatan itu iaitu tokoh kanan Ikhwan, Essam el-Erian dan Saad el-Katatni. Turut bertanding seorang lagi ahli parti yang kurang dikenali, Khaled Awda.

Langkah berkenaan bukan yang pertama membabitkan penyertaan seorang wanita dalam aspek yang dikuasai lelaki hampir keseluruhannya dalam Ikhwanul Muslimin.

Parti terbabit pernah mempunyai ahli perundangan wanita dalam Parlimen dibentuk selepas revolusi yang kemudian dibubarkan tetapi lelaki memonopoli proses membuat keputusan dan jawatan ketua parti selain hal ehwal parti itu sendiri.

Pihak liberal sebaliknya melihatnya sebagai percubaan sinis Ikhwan untuk menggalakkan pandangan tidak benar mengenai pendirian mereka terhadap wanita.- AP

Ramai jadi 'hantu' dek sijil kematian palsu

Posted: 06 Oct 2012 03:51 PM PDT

Johannesburg: Sindiket penipuan KwaZulu-Natal dan Eastern Cape yang menggunakan sijil kematian palsu bagi tujuan menuntut polisi insurans jutaan ringgit menjadi punca huru hara apabila ada mangsa masih hidup mendapati status mereka 'meninggal dunia'.

Penjualan sijil dan polisi kematian dilaporkan meningkat di wilayah ini meskipun kebanyakan syarikat insurans sukar untuk mengesahkan atau menyiasat tuntutan insurans nyawa, kata Persatuan Pelaburan dan Simpanan Afrika Selatan (Asisa).

Statistik terbaru persatuan itu menunjukkan manfaat daripada pengebumian dan kematian menarik jumlah penipuan yang tinggi selain tuntutan palsu pada 2010 dengan sijil kematian palsu menjadi dokumen yang paling biasa diserahkan.
Syarikat insurans nyawa mencatat 4,636 kes penipuan membabitkan nilai 321.7 juta rand (RM115.2 juta) pada 2010.

Timbalan Ketua Pegawai Eksekutif Asisa, Peter Dempsey berkata apa yang diperlukan hanyalah nama dan nombor pengenalan seseorang untuk menuntut insurans mereka.

Kes biasanya membabitkan seseorang yang ada polisi dengan syarikat insurans dan sindiket menyerahkan satu tuntutan kematian palsu tanpa pengetahuan pemegang insurans, atau sindiket mengambil sijil kematian atau polisi nyawa seseorang masih hidup dan membayar sejumlah premium ketika menantikan tempoh polisi.

Sijil kematian palsu
"Sebaik saja tempoh menunggu berakhir, sindiket akan mengeluarkan sijil kematian palsu serta mayat dan membuat tuntutan kematian atau manfaat pengebumian," kata Dempsey.

"Biasanya sindiket menerima maklumat dari kakitangan rumah mayat atau syarikat pengebumian persendirian yang mereka upah apabila ada kes membabitkan mayat tidak dikenal pasti oleh saudara mereka dalam tempoh tertentu. Atau apabila mayat yang teruk terjejas akibat kebakaran atau banjir, sijil kematian palsu dikeluarkan dan tuntutan dibuat."

Florence Khuzwayo, 53, bimbang sekiranya identitinya digunakan oleh penuntut palsu insurans selepas diisytiharkan meninggal dunia pada Januari lalu.
Dia percaya maklumat peribadinya dalam buku identiti digunakan untuk menuntut insurans palsu oleh pihak tidak bertanggungjawab.

Khuzwayo bukan saja diisytiharkan mati oleh agensi kerajaan tetapi kehidupannya menjadi lebih mencabar apabila berusaha untuk membetulkan semuanya. - Agensi

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPAS.com - Nasional

sumber :-

KOMPAS.com - Nasional


Lawan Pengangkatan Terpidana Koruptor Jadi Pejabat

Posted: 13 Oct 2012 10:44 AM PDT

Lawan Pengangkatan Terpidana Koruptor Jadi Pejabat

Penulis : Ilham Khoiri | Minggu, 14 Oktober 2012 | 00:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Kita harus melawan pengangkatan bekas narapidana koruptor menjadi pejabat karena mengkhianati semangat reformasi dan pemberantasan korupsi. Jika masih dibiarkan, kondisi ini bisa mengganggu efektivitas pemerintahan setempat dan memicu perlawanan masyarakat luas.

Hal itu disampaikan peneliti Pusat Studi Islam dan Kenegaraan (PSIK) Universitas Paramadina, Herdi Sahrasad, Sabtu (13/10/2012) di Jakarta. "Pengangkatan bekas narapidana koruptor jadi pejabat harus kita lawan bersama-sama," katanya.

Wacana penolakan itu mencuat setelah mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan, Azirwan, diangkat menjadi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Riau, beberapa waktu lalu. Padahal, dia bekas terpidana korupsi dengan vonis penjara 2,5 tahun karena menyuap anggota Komisi IV DPR, Al Amin Nasution, dalam kasus alih fungsi hutan lindung tahun 2008.

Herdi Sahrasad menilai, pengangkatan bekas narapidana koruptor menjadi pejabat itu menunjukkan sikap permisif bagi tindakan korupsi. Itu sangat bertentangan dengan semangat reformasi, terutama untuk membangun pemerintahan yang bersih. "Promosi jabatan bagi bekas koruptor itu memperlihatkan rapuhnya etika dan moral dalam pemerintahan," katanya.

Masyarakat di daerah dan pusat perlu terus menggalang kekuatan untuk membatalkan promosi jabatan itu melalui desakan bersama pada DPRD, Kemendagri, dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. "Jika terus dibiarkan, ini akan memicu perlawanan sosial lebih luas," ujarnya.

Golkar Kian Percaya Diri Calonkan Aburizal

Posted: 13 Oct 2012 10:44 AM PDT

Pemilu 2014

Golkar Kian Percaya Diri Calonkan Aburizal

Penulis : Ilham Khoiri | Minggu, 14 Oktober 2012 | 00:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Beberapa hasil survei belakangan ini menunjukkan, keterpilihan Partai Golkar dan Ketua Umumnya, Aburizal Bakrie, semakin membaik. Itu menambah rasa percaya partai tersebut untuk mengusung Aburizal sebagai calon presiden pada Pemilu 2014.

"Kalau dari saya, insya Allah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Survei terakhir kian mantap," kata Aburizal di sela pembukaan Pleno Partai Golkar di Jakarta, Sabtu (13/10/2012).

Dalam sambutan pembukaan pleno, Aburizal mengungkapkan, sejumlah survei nasional akhir-akhir ini menempatkan keterpilihan Partai Golkar pada urutan pertama. Pemilih partai ini mencapai 21 persen (dari total responden survei), menyusul kemudian Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDI-P) dengan 17,2 persen suara, Partai Demokrat (14 persen), dan Partai Gerindra (5,2 persen). Keterpilihan partai-partai lain di bawah itu.

Dalam survei calon presiden, Aburizal juga masuk tiga besar dengan dipilih oleh sekitar 18 persen (dari total responden survei). Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri menjadi pilihan pertama dengan memperoleh 20 persen, sementara Prabowo Subiyanto pada urutan kedua (19 persen).

"Kita berjuang untuk meningkatkan elektabilitas (keterpilihan) partai dan calon presiden (capres) kita. Posisi politik seperti saat ini harus dipertahankan," katanya.

Menjelang Pemilu 2014, situasi politik nasional semakin dinamis dengan intrik politik yang kian tajam, bahkan tak tertutup adanya fitnah-fitnah politik. Untuk itu, soliditas Partai Golkar diharapkan tidak goyah.

"Segenap pengurus harus memperkuat soliditas partai. Itu modal dasar dalam menghadapi kompetisi politik," katanya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi celebrity.okezone.com

sumber :-

Sindikasi celebrity.okezone.com


Elizabeth Taylor Pernah Bercinta dengan Dua Presiden Amerika

Posted: 13 Oct 2012 08:05 AM PDT

Sabtu, 13 Oktober 2012 22:05 wib
Elang Riki Yanuar - Okezone

LOS ANGELES- Meski sudah tiada, nama Elizabeth Taylor terus dikenang di industri hiburan Amerika. Selain karya-karyanya, kehidupan pribadi artis yang meninggal di usia 79 tahun itu memang penuh sensasi dan kontroversi.

Sensasi memang selalu menyelimuti karier artis yang dua kali meraih Academy Award itu. Ketika di puncak karier, Elizabeth banyak dihubungkan dengan sejumlah pria kala itu. Kisah kehidupan Elizabeth pun dituangkan ke dalam biografi berjudul Elizabeth Taylor: There is Nothing Like a Dame.

Buku itu ditulis Darwin Porter dan Danforth Prince. Porter selama ini memang dikenal sebagai penulis biografi legenda Hollywood seperti Michael Jackson dan Marilyn Monroe. Salah satu hal yang dibahas di buku itu tentu kehidupan seksual sang legenda.

Menurut buku itu, Elizabeth pernah melakukan hubungan intim dengan John F Kennedy dan Ronald Reagan yang kelak menjadi presiden Amerika Serikat. Bahkan, Elizabeth melakukan aktivitas seks dengan tiga orang bersama Kennedy.

Bersama Reagan, Elizabeth disebut menjalani hubungan terlarang. Reagan merupakan aktor terkenal sebelum menjadi presiden. Elizabeth masih 15 tahun kala itu, sedangkan Reagan sudah berusia 36 tahun. Dia datang ke apartemen Reagan dengan harapan bisa mendapatkan peran di sebuah film.

"Reagan memperlakukanku seperti wanita dewasa dan aku senang dengan hal itu. Aku tahu dia ingin melakukan itu tapi sepertinya dia sungkan membuat langkah pertama. Aku menjadi lebih agresif. Kami lalu pergi ke kamar," cerita Elizabeth di buku itu.

"Dia seorang gadis remaja yang sudah dewasa sebelum waktunya," ujar sang penulis, Darwin Porter seperti dikutip Mirror, Sabtu (13/10/2012).

Ketika masih hidup, Elizabeth sempat terkenal dengan pengakuan dirinya hanya pernah tidur dengan tujuh laki-laki yang dia nikahi. Namun, di buku itu tertuang jelas skandal-skandal yang pernah dilakukan artis yang terkenal lewat peran Cleopatra tersebut. Salah satunya, momen pertama kali Elizabeth melepas keperawanannya dan melakukan aborsi setelah dihamili oleh Frank Sinatra.

Semasa hidupnya, Elizabeth menikah delapan kali. Dia sempat menikah dan bercerai dua kali dengan aktor Richard Burton. Dia pertama kali menikah di usia 17 tahun dengan Conrad Hilton Jr. Elizabeth meninggal dunia pada tahun 2011 akibat penyakit jantung.

(rik)

Stop Tampil Seksi, Vena Melinda Ingin Tiru Rachel Maryam

Posted: 13 Oct 2012 07:11 AM PDT

Sabtu, 13 Oktober 2012 21:11 wib
Egie Gusman - Okezone

JAKARTA- Aktris sekaligus anggota DPR, Vena Melinda mengatakan bahwa tak menutup kemungkinan dirinya akan mengenakan jilbab setelah pergi haji.

"Insya Allah, kalau sudah panggilan, kayak Rachel Maryam (pakai jilbab)" kata Vena ketika ditemui di kediamannya di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (13/10/2012).

Namun, Vena tidak hanya mengenakan jilbab melainkan dirinya juga akan mengubah tingkah laku agar lebih baik.
 
"Kalau panggilan hati lebih afdhal, karena keinginannya kan enggak cuma ditutup kepala, tapi hati juga soal moral dan tingkah laku berubah lebih baik. Kayak gitu enggak bisa dipaksa," ujarnya. 

Tapi diakui Vena, dirinya sudah ada perubahan dalam soal penampilan. Bahkan, dirinya berjanji akan melakukan perubahan jika albumnya sudah rilis.

"Sekarang kan penampilan kan sudah sopan, enggak kayak dulu (suka pakai baju seksi). Nanti kalau keluar album, juga penampilannya beda. Bukan Vena Melinda yang dulu pokoknya," tandasnya.

(rik)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

detikcom

sumber :-

detikcom


Subuh Ini Tawuran Warga Marak Terjadi di Jakarta

Posted: 13 Oct 2012 12:54 PM PDT

Minggu, 14/10/2012 02:54 WIB

Pandu Triyuda - detikNews

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta Tawuran warga masih saja terjadi di Jakarta. Parahnya, dalam hitungan menit saja, ada tiga tawuran yang terjadi di lokasi yang berbeda-beda.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari akun resmi TMC Polda Metro Jaya, Minggu (14/10/2012), ada tiga tawuran yang berlangsung di tiga lokasi.

Kejadian pertama terjadi pada pukul 22.54 WIB bertempat di samping ITC Roxy Mas, Jakarta Pusat. Kejadian kedua dan seterusnya terjadi selang waktu belasan menit. Kali ini terjadi wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Timur.

"Pukul 01.15 WIB terjadi tawuran antar pemuda di depan Pizza Hut, Srengseng, Jakbar. Pukul 01.30 WIB terjadi tawuran antar warga di sekitar TL pasar Kenari Jakpus, dan 01.31 WIB terjadi tawuran warga di depan Stasiun Buaran Jaktim," tulis TMC.

Sebelumnya, sekitar pukul 22.54 Wib, Sabtu (13/10), tawuran juga terjadi di dekat ITC Roxy mas. Seluruh kejadian itu sudah dalam penanganan kepolisian di masing-masing wilayah.

Berdasarkan update terakhir akun TMC Polda Metro Jaya, belum ada info terbaru apakah ada korban jiwa atau tidak.

(ndu/mok)

Tutup
 Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

loadingSending your message

Message has successfully sent


Sponsored Link

Kader Perempuan PDIP Jalani Psikotes, Mega: Jangan Khawatir Digeser

Posted: 13 Oct 2012 12:12 PM PDT

Minggu, 14/10/2012 02:12 WIB

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Surabaya Kader perempuan di PDIP akan menjalani psikotes. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri meminta supaya mereka tidak takut menjalani psikotes.

"Bukan saya diskriminasi, tapi melihat konkret dan riil akibat adanya kuota 30 persen calon wanita pada pemilu nanti," kata Megawati saat menyampaikan pidato penutupan Rakernas II PDIP di Imperial Ballroom, Pakuwon, Surabaya, Minggu (14/10/2012).

Proses psikotes bagi kader perempuan PDIP ini dijalin berkat kerjasama dengan dengan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) dan perwakilannya.

Mega juga mengingatkan kader perempuan yang menjalani psikotes, supaya tidak khawatir 'digeser' dari tempatnya.

"Jangan khawatir. Itu tidak betul psikotes akan menyingkirkan yang seharusnya ditempati," jelasnya.

(roi/mok)

Tutup
 Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

loadingSending your message

Message has successfully sent


Sponsored Link

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi lifestyle.okezone.com

sumber :-

Sindikasi lifestyle.okezone.com


Adik Beyonce Jadikan Michelle Obama Ikon Busana

Posted: 13 Oct 2012 02:44 AM PDT

SELERA berbusana Michelle Obama kerap menuai pujian dari berbagai kalangan. Bahkan adik Beyonce Knowles, Solange mengakui bahwa Michelle adalah panutannya dalam berbusana.
 
Solange Knowles rupanya memiliki kekaguman yang tinggi pada gaya berbusana Michelle Obama. Menurutnya, sang Ibu Negara memberi kekuatan pada wanita melalui cara berbusananya dan tidak terpengaruh pada opini orang lain.
 
"Michelle tak hanya mengagumkan, namun saya suka pada apa yang dia lakukan pada rakyat Amerika. Terutama dalam hal kepercayaan diri dan tak membiarkan dirinya terbawa pada persepsi orang, apalagi sebagai seorang First lady," ujarnya.
 
"Banyak orang mengkritiknya karena menampilkan lengan dan kakinya. Namun saya pikir dia memiliki rasa percaya diri yang kuat dan tetap melakukan apa yang membuatnya bahagia," jelasnya, seperti dikutip Female First.
(tty)

Ini Alasan Andika ''Eks Kangen Band'' Digandrungi Wanita Cantik

Posted: 13 Oct 2012 02:03 AM PDT

SIAPA bilang hanya pria tampan yang dapat menarik hati wanita cantik? Buktinya, meski memiliki penampilan yang pas-pasan, bekas vokalis Kangen Band, Andhika, telah menikahi tiga orang wanita berparas jelita.
 
Siapa tak kenal Andika "eks Kangen Band"? Pria asal lampung ini menjadi perbincangan sejak band fenomenalnya berhasil meraih hati masyarakat. Andika yang sebelumnya bukan siapa-siapa mendadak terkenal, dan digandrungi para wanita cantik.
 
Kepiawaian Andika dalam menjerat hati wanita seakan dibuktikannya dengan menikahi Bunga, Anggi, dan Nadine. Tiga orang wanita ini memiliki kesamaan, yakni sama-sama memiliki paras cantik. Hal ini pun memancing pertanyaan, sesungguhnya apa yang membuat para wanita itu mau dinikahi sang mantan vokalis?
 
"Ada kecenderungan hal ini terjadi, karena mereka ingin mencari eksistensi diri," ujar Psikolog dan Dosen Muda Universitas Padjadjaran Bandung, Fredrick Dermawan Purba kepada Okezone lewat sambungan telefon pada Sabtu (13/10/2012).
 
Dijelaskan psikolog yang akrab disapa Bang Jeki ini, tak sedikit orang yang haus akan perhatian publik,  dan menikahi selebriti demi sebuah eksitensi. Sang wanita yang sebelumnya tak memiliki popularitas pun sontak menjadi sorotan media.
 
"Ada kemungkinan juga mereka merasa ingin mendapat pengakuan dari orang, kalau mereka bisa dekat dengan artis," sambungnya.
 
Selain penyebab diatas, Bang Jeki pun tak menampik kemungkinan faktor ekonomi. Apalagi, sebagai vokalis band ternama, Andika tentu dianggap memiliki penghasilan yang besar. "Selain ingin menaikkan status sosial, ya tidak sedikit yang mencari jaminan ekonomi," tutupnya.
(tty)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Peristiwa

sumber :-

ANTARA - Peristiwa


PVMBG: Gunung Lokon masih berpeluang meletus

Posted: 13 Oct 2012 07:17 AM PDT

ilustrasi Gunung Lokon mengeluarkan debu vulkanik ketika difoto dari Pos pemantauan Gunung Lokon, Tomohon, Sulawesi Utara, Minggu (7/10). (ANTARA/Fiqman Sunandar)

Tremor masih terus terekam dengan amplituda sekitar tujuh milimeter. Beberapa jam kemudian amplitudanya kembali menurun sekitar empat hingga lima milimeter,"

Berita Terkait

Tomohon (ANTARA News) - Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Lokon dan Mahawu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Bandung, Farid Ruskanda Bina mengatakan Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara masih berpeluang meletus.

"Tremor masih terus terekam dengan amplituda sekitar tujuh milimeter. Beberapa jam kemudian amplitudanya kembali menurun sekitar empat hingga lima milimeter," kata Farid, di Tomohon, Sabtu.

Menurut Farid, tremor yang terus terekam dengan amplituda berfluktuatif menandakan adanya material dari dalam yang terus terangkat ke permukaan.

Material-material vulkanik inilah yang suatu saat akan terdorong keluar oleh energi yang cukup besar dalam bentuk letusan.

Hanya saja menurut dia, kapan akan terjadi letusan, tidak bisa diprediksi, namun apabila terjadi peningkatan kegempaan vulkanik dalam dan dangkal, biasanya akan diiringi terjadi erupsi..

"Tinggal dilihat saja bagaimana aktivitasnya tiga atau empat hari ke depan. Dan memang untuk aktivitas kegempaan saat ini hanya terekam satu atau dua kali gempa. Sangat menurun," ungkapnya.

Farid mengatakan, PVMBG Bandung hingga kini masih menetapkan status siaga level III Gunung Lokon, dengan radius bahaya sekitar 2,5 kilometer dari kawah Tompaluan, Gunung Lokon.

Radius bahaya inilah yang menurut Farid harus dipatuhi, untuk menghindari dampak buruk dari letusan.

Gunung Lokon kembali meletus pada Minggu (7/10) dan mengeluarkan material pijar serta debu vulkanis yang jatuh di permukiman sekitar kawah seperti Kelurahan Kakaskasen II, Kakaskasen I, Kinilow I, Kinilow dan Tinoor, Kecamatan Tomohon Utara.
(ANT-305/Z003)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

Pemkab Pesisir Selatan pantau kesehatan hewan kurban

Posted: 13 Oct 2012 07:14 AM PDT

Pemantauan ke lokasi (tempat) pemotongan hewan, merupakan kegiatan rutin bagi petugas peternakan di lapangan setiap hari pemotongan,"

Berita Terkait

Painan, Sumbar (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, terus memantau dan memeriksa kesehatan hewan kurban hingga hari pemotongan pada Idul Adha 1433 Hijriyah.

"Pemantauan ke lokasi (tempat) pemotongan hewan, merupakan kegiatan rutin bagi petugas peternakan di lapangan setiap hari pemotongan. Tidak saja pada Idul Adha ini, tetapi secara terus menerus di hari-hari lainnya, petugas peternakan selalu mendatangi lokasi pemotongan," kata Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian tanaman pangan Holtikultura Perkebunan dan Peternakan Pesisir Selatan, Marzukri di Painan, Sabtu.

Pada hari kurban nanti, pemkab juga akan melakukan pemeriksaan ke tempat-tempat pemotongan hewan kurban tersebut ke seluruh daerah dengan memanfaatkan petugas pada masing-masing kecamatan.

Terkait peredaran daging sapi tidak layak konsumsi, sejauh ini belum ditemukan di kabupaten itu. Meski demikian pemkab setempat tetap mengantisipasi dengan melakukan pemeriksaan kesehatan daging sapi potong keberbagai tempat, baik pasar ternak ataupun tempat lainnya.

Kabupaten itu salahsatu daerah pemasok sapi kurban bagi daerah lain di Sumbar. Perdagangan sapi di kabupaten itu, baik di dalam atau di luar daerah, terjadi sekitar 12.000-an ekor per tahun.

Khusus pada Hari Raya Idul Adha, rata-rata daerah itu memasok sekitar 8.000 -- 9.000 ekor sapi, beda dengan Idul Fitri berkisar 6.000 - 8.000-an ekor per tahun.

Kata ia, untuk mengetahui ketersediaan sapi potong di kabupaten itu, pemkab setempat terus melakukan pemantauan dan mengawasi perkembangan ternak itu hingga ke tingkat peternak yang tersebar di 15 kecamatan yang dimiliki kabupaten itu.

Menurut ia, dari sejumlah sentra produksi ternak sapi yang ada, kabupaten itu masih memiliki banyak persediaan sapi potong dan mencukupi hingga Idul Adha.

Dari stok yang ada, sapi potong dari kabupaten itu sudah melebihi kebutuhan masyarakat akan konsumsi daging dalam daerah (kabupaten).

Data Dinas Pertaholbunnak setempat menunjukan populasi sapi potong di kabupaten itu saat ini sebanyak 85.000 ekor, dengan jumlah peternak 36.000 kepala keluarga.

Menurut ia, jenis sapi yang dikembangkan peternak sebanyak 60 persen sapi lokal dan 40 persen hasil perkawinan silang, dengan produksi daging tujuh jutaan kilogram per tahun.
(KR-AGP/Z002)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS