KOMPAS.com - Internasional

sumber :-

KOMPAS.com - Internasional


Rafale, Hornet, dan Gripen NG Bersaing di Brasil

Posted: 01 Oct 2011 04:05 AM PDT

Pesawat Tempur

Rafale, Hornet, dan Gripen NG Bersaing di Brasil

Dahono Fitrianto | Marcus Suprihadi | Sabtu, 1 Oktober 2011 | 11:05 WIB

BRASIL, KOMPAS.com- Menteri Pertahanan Brasil Celso Amorim mengatakan, negaranya dalam kebutuhan mendesak untuk membeli pesawat tempur baru. Amorim mengatakan, armada pesawat tempur yang dimiliki Brasil saat ini sudah makin menua dan dikhawatirkan tak lagi bisa berfungsi optimal.

"Pada akhir 2013,12 (pesawat tempur) Mirage di Pangkalan Udara Anapolis sudah tak ada yang berada dalam kondisi laik terbang penuh. Ini adalah sesuatu yang benar-benar mendesak, sangat penting," tutur Amorim, Kamis (29/9/2011). Ia menambahkan, Brasil membutuhkan pesawat tempur yang memadai untuk melindungi kawasan Amazon dan perbatasan.

Sedikitnya tiga tipe pesawat tempur bersaing untuk memenangkan kontrak pembelian senilai 4-7 miliar dollar AS dari pemerintah Brasil. Yakni Rafale buatan pabrik Dassault dari Perancis, F/A-18 E/F Super Hornet buatan Boeing dari AS, dan Gripen NG (Next Generation) buatan Saab dari Swedia.

Pesawat-pesawat ini nantinya akan menjadi ujung tombak Angkatan Udara Brasil untuk mengamankan wilayah hutan Amazon yang sangat luas dan sumur-sumur pengeboran minyak lepas pantainya selama tiga dekade mendatang. Saat ini, AU Brasil mengandalkan tugas itu pada 12 pesawat Mirage 2000 B/C buatan Perancis, dan 55 pesawat F-5E buatan AS.

Brasil seharusnya melakukan pengadaan 36 pesawat tempur baru tersebut tahun ini. Namun, rencana itu ditunda hingga tahun depan karena kondisi krisis ekonomi dunia.

Amarim mengatakan, kunci pemilihan Brasil adalah pada masalah transfer teknologi. Pabrikan yang bersedia membagi teknologi pembuatan pesawat tempurnya dengan Brasil akan mendapat prioritas untuk dibeli produknya. Ini semua terkait dengan ambisi raksasa ekonomi baru dunia itu untuk mengembangkan kemampuan produksi pesawat tempur sendiri.

Brasil sudah memiliki industri pesawat terbang yang mapan, yakni Embraer, tetapi baru memproduksi pesawat-pesawat penumpang komersial dan pesawat-pesawat latih tempur.

 

Jepang Pasarkan Kapsul Penyelamat

Posted: 01 Oct 2011 02:54 AM PDT

Antisipasi Tsunami

Jepang Pasarkan Kapsul Penyelamat

Dahono Fitrianto | Marcus Suprihadi | Sabtu, 1 Oktober 2011 | 09:54 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Sebuah perusahaan Jepang telah mengembangkan dan memasarkan kapsul penyelamat, yang dijuluki sebagai "Bahtera Nabi Nuh" mini untuk menyelamatkan diri pada saat terjadi bencana tsunami.

Kapsul yang diberi nama "Noah" itu berbentuk seperti bola tenis raksasa, terbuat dari lapisan serat kaca yang tahan benturan dan mampu menampung empat orang dewasa di dalamnya. Pada saat terjadi tsunami raksasa seperti 11 Maret lalu, orang bisa masuk ke dalam kapsul berwarna kuning cerah ini, yang akan mengapung saat diterjang air bah.

Shoji Tanaka, Presiden Cosmo Power, yang memproduksi kapsul penyelamat ini, mengatakan, kapsul ini memiliki jendela kecil dan lubang udara di bagian atasnya. Saat tidak digunakan sebagai kapsul penyelamat, "Noah" bisa difungsikan sebagai mainan rumah-rumahan bagi anak-anak. Tanaka mengatakan, pihaknya sudah menerima 600 pesanan kapsul ini, dua di antaranya sudah diantarkan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Republika Online

sumber :-

Republika Online


100 Km Mengelilingi Pulau Dewata dengan Fixie

Posted: 29 Sep 2011 04:51 AM PDT

Sabtu (24/9) lalu, Bali kedatangan penggila sepeda Fixed Gear dari berbagai kota di Indonesia, bahkan dari negara tetangga Malaysia dan Shanghai (Cina). Mereka datang untuk mengikuti acara Ride 100 yang diadakan oleh teman-teman FXFW (baca: Fixed Forward), TREMORZ (Jakarta) dan tentunya bantuan dari komunitas tuan rumah, yakni Bali Fixie Comm (Bali).

Event Ride 100 ini pertama kali dilaksanakan di Pulau Dewata pada 24 September 2011 yang lalu.  Terhitung sekitar 150  peserta mengikuti event yang mengambil jarak tempuh 100 km ini.

Acara bersepeda yang berjarak tempuh 100 Km mengelilingi Bali ini dimulai dari Deus Canggu (sisi Barat Bali) sekitar pukul 14:30 WITA. Ada 10 grup yang dilepas dengan waktu interval 5 menit setiap grupnya. Masing-masing grup terdiri dari 10 - 15 orang yang dikawal oleh dua tiga orang marshal dari Jakarta dan Bali.

Sejak kilometer pertama, kita disajikan pemandangan yang sangat menarik dan jarang ditemui di kota metropolitan, yaitu persawahan yang terbentang luas sangat indah dengan padi yang berwarna hijau bergoyang goyang tertiup angin sepoi sepoi. Sungguh menyegarkan, dengan jalan yang agak naik turun dan berkelok-kelok. Para peserta sangat antusias mengayuh sepedanya sampai pada pemberhentian pertama.

Sepuluh menit waktu yang disediakan oleh panitia untuk beristirahat tidak lah membuat para peserta menyerah. Mereka melanjutkan perjalanan ke arah utara, lalu melewati kota Denpasar yang ramai oleh kendaraan bermotor menuju pemberhentian kedua di daerah Sanur.

Melanjutkan perjalanan menuju pemberhentian ketiga ketiga, lagi-lagi kita di suguhi oleh-Nya pemandangan matahari terbenam di langit Bali yang begitu cantik menemani sepanjang perjalanan kita menuju ke daerah Nusa Dua untuk beristirahat dan mengisi perut.

Rintangan terakhir

Matahari pun sudah terbenam, tenaga pun sudah terisi kembali. Saatnya menyelesaikan beberapa puluh kilometer menuju pemberhentian terakhir. Rintangan keramaian weekend pun kita lewati di daerah Kuta dan Legian, di mana traffic sangat padat dikarenakan banyak kegiatan di daerah tersebut. Lalu-lalang wisatawan asing, mobil-mobil yang terhenti karena macet, kita lalui dengan tenaga dan semangat yang tersisa, hingga akhirnya sampai pada pemberhentian terakhir, yaitu Deus Oberoi di daerah Seminyak.

Akhirnya selesai sudah petualangan bersepeda Fixed Gear 100 km mengelilingi Bali. Selamat kepada semua peserta. Suatu kebanggaan tersendiri dapat menyelesaikan 100 km bersama-sama para penggila sepeda fixed gear dari Jakarta, Semarang, Surabaya, Bali, Shanghai, dan Malaysia. Terima kasih banyak kepada pihak-pihak yang sudah membantu dan mensupport penuh acara ini.

Chielez, Tremorz City Bike Society

Rubrik ini bekerja sama dengan TREMORZ CITY BIKE SOCIETY
tremorz.jkt@gmail.com

@TREMORZ_

Jakarta Fashion Week Digelar November

Posted: 28 Sep 2011 07:12 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Jakarta Fashion Week (JFW), event yang sudah ditunggu lama oleh pecinta fashion, akan digelar November ini. "Sudah keluar tanggalnya, 12 hingga 18 november," ujar Ketua Umum JFW 2012, Svida Alisjahbana. Event tahun ini merupakan yang keempat kalinya.

Tempat yang dipilih untuk penyelenggaraan event fashion terbesar di Indonesia ini adalah Pacific Place, kawasan SCBD, Jakarta. "Akan ada 25 ribu orang yang akan hadir," ujar Svida, yang juga CEO dari Femina Group.

Festival ini akan mempertemukan para pemerhati mode, selebriti, fashionista, serta media lokal dan internasional, selama tujuh hari. Dalam event bergengsi ini bisa disaksikan langsung trend dan karya terbaru dari para perancang berbakat, baik dari dalam maupun luar negeri.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Mancanegara

sumber :-

ANTARA - Mancanegara


Ketua ILO Somavia akan mundur lebih awal karena alasan keluarga

Posted: 30 Sep 2011 09:11 AM PDT

Ilustrasi. (FOTO ANTARA/REUTERS/ Ali Hashisho/djo/11)

Berita Terkait

Video

Jenewa (ANTARA News) - Kepala badan perburuhan PBB Juan Somavia mengatakan Jumat bahwa dia akan meninggalkan pekerjaannya lebih awal daripada yang diperkirakan karena alasan keluarga.

Masa jabatan ketiga Somavia sebagai direktur jenderal Organisasi Buruh Internasional seharusnya berakhir Maret 2014, namun sekarang dia akan mengundurkan diri pada 30 September 2012, lapor AFP.

"Pengumuman tersebut sudah dibuat sekarang agar ILO memiliki cukup waktu untuk menetapkan langkah guna memilih penerusnya," kata badan itu. (K004)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Kelingking penjaga putus digigit saat debat dewan kota Ukraina

Posted: 30 Sep 2011 09:00 AM PDT

Ilustrasi (ANTARANews/Ist)

Berita Terkait

Lugansk, Ukraina (ANTARA News) - Seorang pemimpin komunitas yang marah karena dilarang berbicara di sebuah pertemuan dewan kota di Ukraina timur menggigit hingga putus sebagian jari kelingking seorang penjaga Jumat, kata seorang koresponden.

Dewan kota di kota Lugansk Ukraina timur sekitar 800 kilometer timur ibukota Kiev mengadakan pertemuan untuk mendengarkan sebuah proposal untuk memindahkan pasar makanan populer dari pusat kota ke pinggiran, ketika Mikhail Pashchuk, yang menolak langkah itu, menuntut untuk berbicara, lapor AFP.

Seorang pejabat teras kota yang memimpin sidang tersebut meminta Pashchuk agar meninggalkan pertemuan, memicu seorang penjaga mencoba memindahkan aktivis itu dari ruangan dengan paksa.

Dalam pergulatan yang sudah pasti, Pashchuk memukul penjaga di kepala beberapa kali dan menggigit tangannya, memotong sebagian jari kelingkingnya.

Pashchuk juga menggigit tangan sejumlah penjaga lain yang mencoba meredakannya sebelum mengeluarkannya.

Polisi menahan si penggigit, yang kini akan diperiksa oleh ahli jiwa.

Penjaga yang kehilangan ujung jarinya dibawa ke rumah sakit dimana para dokter sedang mencoba untuk menyambungkannya kembali ke jarinya. (K004)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPASentertainment

sumber :-

KOMPASentertainment


Amie Ardhini: Pernah Bercita-cita Jadi Astronot

Posted: 30 Sep 2011 01:35 PM PDT

KOMPAS.com — Ketika masih duduk di bangku sekolah menengah di Kendari, Sulawesi Tenggara, Amie Ardhini (27) bercita-cita menjadi astronot dan ilmuwan. "Mengapa terpikir ingin menjadi astronot? Sejak kecil saya senang dengan dunia ilmu, dunia sains dan teknologi," kata Amie, news presenter "Kompas Petang".

Amie melanjutkan pendidikan ke Fakultas Teknik Nuklir Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta tahun 2002 dan lulus empat tahun kemudian. Tahun 2007, Amie sempat menjadi reporter lepas MetroTV. Kurang dari satu tahun kemudian, Amie pindah ke TVRI pusat menjadi presenter.

"Saya belajar banyak soal broadcast dan pertelevisian dari TVRI. Saya belajar hal-hal mendasar dari TVRI," kata Amie yang bernama lengkap Andi Rachmi Ardhini itu.

Di TVRI, Amie menekuni dunia televisi selama empat tahun. Ia pernah mendapat tugas internasional, antara lain APEC 2009, siaran langsung dari Singapura, dan satu abad Muhammadiyah, siaran langsung dari Madinah.

Setelah bergabung dengan Kompas di Layar Kaca, April 2011, Amie, perempuan kelahiran Makassar, 29 November 1984, ini merasa bangga bisa menjadi bagian dari keluarga besar Kompas Gramedia. "Dalam dunia jurnalistik, Kompas is the best. Kompas dikenal dengan kredibilitas dan independensinya," kata Amie, yang senang travelling dan membaca buku itu.

Eva Longoria, Aktris TV Paling Kaya

Posted: 30 Sep 2011 09:17 AM PDT

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Bintang film seri TV Desperate Housewives Eva Longoria (36) menempati posisi paling atas daftar baru aktris TV paling kaya versi Forbes. Ia berpenghasilan 8 juta poundsterling (Rp 109 miliar) per tahun.

Pendapatan Longoria diperolehnya dari kontrak dengan produk-produk kosmetik L'Oreal dan alat-alat elektronik LG.

Urutan yang sama dalam daftar tersebut diduduki oleh Tina Fey (41). Film seri TV 30 Rock, yang dimainkannya, menjadi hit di AS.

Di bawah mereka berturut-turut ada Marcia Cross (49) dan Teri Hatcher (46) dengan penghasilan masing-masing 6 juta poundsterling dan 5 juta poundsterling per tahun. Sementara itu, Courteney Cox (47) berpendapatan 4,5 juta poundsterling per tahun.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Berita Terkini

sumber :-

ANTARA - Berita Terkini


FIFA keluarkan Myanmar dari Piala Dunia 2018

Posted: 30 Sep 2011 08:01 PM PDT

Badan sepakbola internasional FIFA (istimewa)

Berita Terkait

Video

Jenewa (ANTARA News) - Badan sepak bola dunia FIFA Jumat mengeluarkan Myanmar dari kompetisi Piala Dunia 2018 dan meminta tim Asia itu membayar denda atas kebrutalan pendukung mereka saat melakukan laga penyisihan melawan Oman.

Pertandingan penyisihan Piala Dunia 2014 antara Myanmar dan Oman, Juli, dihentikan karena pendukung di Stadion Yangon masuk ke dalam lapangan, membuat keributan dengan melemparkan batu, sepatu dan bolot air mineral.

FIFA memutuskan hasil pertandingan sah saat laga dihentikan, yaitu 2-0 untuk kemenangan Oman, yang pada laga leg pertama menang dengan angka yang sama.

"Panitia penyelenggara Piala Dunia FIFA menyatakan hasil itu sah kendati laga dihentikan," demikian pernyataan FIFA.

"Maka Oman berhak maju ke putaran berikutnya di kompetisi wilayah Asia," demikian dinyatakan FIFA. 

Selain Piala Dunia 2014, "Federasi Sepak Bola Myanmar tidak diikutkan pada pertandingan awal Piala Dunia 2018 Rusia," kata FIFA.

Sebagai tambahan, asosiasi harus membayar denda 25.000 franc (20.561 euro = 27.758 dolar) dan membayar ongkos proses disipliner, kata FIFA.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Presiden akan pimpin upacara peringatan Pancasila sakti

Posted: 30 Sep 2011 05:22 PM PDT

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (FOTO ANTARA/Widodo S. Jusuf)

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu.

Presiden pada upacara yang akan dimulai pukul 08.00 WIB itu bertindak sebagai inspektur upacara yang dihadiri juga oleh Wakil Presiden Boediono, menteri-menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, pimpinan lembaga negara, serta duta besar perwakilan negara sahabat.

Tema peringatan Hari Pancasila Sakti pada 2011 adalah "Dengan Peringatan Hari Pancasila Kita perkokoh Semangat Persatuan dan Kesatuan Menuju Bangsa Indonesia yang Berkarakter."

Upacara peringatan Pancasila Sakti rutin digelar setiap tahun sejak mantan Presiden Soeharto yang saat itu menjabat Panglima Angkatan Darat mengeluarkan surat keputusan tanggal 14 Oktober 1966.
(D013)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Utusan Online - Luar Negara

sumber :-

Utusan Online - Luar Negara


Model akui disimpan Berlusconi

Posted:

Model akui disimpan Berlusconi

Model akui disimpan Berlusconi


Katarina Knezevic


ROME 30 Sept. - Seorang model dari Montenegro mengaku dia adalah perempuan simpanan Perdana Menteri Itali, Silvio Berlusconi.

Model terbabit, Katarina Knezevic, 20, yang pernah menyertai pertandingan Ratu Cantik Montenegro turut mengaku tinggal bersama Berlusconi yang kini berdepan dengan tuduhan melanggan seorang pelacur bawah umur dan menyalahguna kuasa.

Bagaimanapun, model terbabit, Katarina Knezevic, 20, menegaskan dia tidak menghadiri parti Bunga Bunga yang dianjurkan Berlusconi di rumah pemimpin itu tahun lalu.

''Saya adalah teman wanita Berlusconi dan saya menetap di Arcore.

''Kami telah 'hidup' bersama sejak beliau dikatakan menjalin hubungan dengan seorang gadis berumur 18 tahun, Noemi Letizia dan berpisah dengan isterinya, Veronica Lario,'' dakwanya kepada akhbar Repubblica, semalam.

Lario, 53, memfailkan tuntutan cerai tahun lalu, selepas pendedahan media bahawa taikun media itu mempunyai hubungan dengan perempuan lain dan menghadiri parti hari jadi ke-18 seorang gadis yang bercita-cita menjadi model dan menggelarnya 'ayah'.

Knezevic berkata, dia mula mengenali Berlusconi sejak 2009 ketika berusia 18 tahun.

''Hubungan kami bukanlah satu misteri tetapi sehingga kini kami cuba mengelak untuk mengambil gambar bersama,'' ujarnya.

Dalam pada itu, ketika menjawab kenyataan beberapa wanita yang pernah menghadiri parti anjuran Berlusconi bahawa dia 'perempuan gila' dan sengaja memberi tekanan terhadap pemimpin berkenaan, Knezevic berkata, mereka cemburu dengan dirinya.

''Itu tidak benar. Saya tidak pernah berniat untuk memeras ugut Berlusconi. Mereka (wanita berkenaan) cemburu kerana tidak mampu berada di tempat saya,'' tambahnya. - AFP

Amah Filipina dibenar menetap di Hong Kong

Posted:

Amah Filipina dibenar menetap di Hong Kong

Amah Filipina dibenar menetap di Hong Kong

MANILA 30 Sept. - Filipina hari ini menyambut baik keputusan mahkamah di Hong Kong yang membenarkan amah warga asing mendapatkan taraf penduduk tetap di negara itu sambil menjelaskan ia sebagai kemenangan untuk hak sama rata.

"Keputusan tersebut sebagai satu langkah mewujudkan hak sama rata di kalangan pekerja asing.

"Pekerja negara ini telah memberi sumbangan kepada majikan dan keputusan tersebut sebagai pengiktirafan atas usaha mereka," kata Timbalan Presiden, Jejomar Binay yang juga merupakan penasihat mengenai pekerja Filipina di luar negara di sini hari ini.

Mahkamah Hong Kong hari ini memutuskan undang-undang yang melarang pekerja asing untuk mendapatkan taraf penduduk tetap dibatalkan.

Terdapat lebih 137,000 amah Filipina bekerja di Hong Kong.

Keputusan mahkamah tersebut dibuat selepas seorang amah negara ini, Evangeline Banao Vallejos yang menetap di Hong Kong sejak 1986 memohon untuk mendapatkan taraf penduduk tetap.

Kumpulan aktivis Filipina turut menyambut baik keputusan itu dan memuji sistem pentadbiran yang adil di negara tersebut.

"Pentadbiran di Hong Kong memberikan hak sama rata kepada pekerja asing.

"Apa yang paling penting, hak mereka diiktiraf selepas bertahun-tahun berkhidmat," kata Pengerusi Migrante, Garry Martinez.

Tambahnya, Hong Kong bagaimanapun akan mengetatkan undang-undang agar pekerja negara ini sukar untuk mendapatkan taraf penduduk tetap di sana. - AFP

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Berita Harian: Dunia

sumber :-

Berita Harian: Dunia


AS bunuh pendakwah al-Qaeda

Posted: 30 Sep 2011 01:24 PM PDT

Dunia

 Anwar al-Awlaki

Anwar al-Awlaki

Pesawat kawalan jauh Amerika bedil kenderaan dinaiki Anwar al-Awlaqi

SANAA: Pendakwah kelahiran Amerika Syarikat yang dianggap antara pemimpin kanan al-Qaeda, Anwar al-Awlaqi, terbunuh dalam serangan pesawat kawalan jauh yang disahkan pegawai kanan Washington selepas berita kematian Awlaqi diumumkan Kementerian Pertahanan Yaman.

"Saya boleh sahkan, dia sudah mati," kata pegawai itu tanpa memberi penjelasan lanjut, mengulangi kenyataan Kementerian Pertahanan Yaman. Sumber kumpulan puak di Yaman berkata, Awlaqi yang berada dalam senarai paling dikehendaki Amerika, terbunuh dalam serangan udara ke atas dua kenderaan di wilayah Marib, kubu al-Qaeda di timur Yaman.

"Beberapa orang lain yang disyaki anggota al-Qaeda turut maut. Sumber berkata, pesawat yang melakukan serangan itu hampir pasti milik Amerika.

"Beberapa pesawat Amerika berlegar di utara selama beberapa hari. Sebuah pesawat Amerika menyerang dua kenderaan Awlaki dan beberapa orang lain bersamanya pada 9.30 pagi," kata sumber itu.

Pengerusi Jawatankuasa Keselamatan Dalam Negeri Amerika dari Parti Republikan, Peter King menyifatkan pembunuhan Awlaqi sebagai kejayaan besar dalam kempen memerangi al-Qaeda dan sekutunya.
"Sejak beberapa tahun lalu, Awlaqi semakin berbahaya daripada Osama bin Laden.

"Pembunuhan Awlaqi satu kejayaan Presiden Barack Obama dan masyarakat perisikan Amerika," katanya.

Osama dibunuh komando Amerika yang menyerbu kediamannya di Abbotabad, Pakistan, 2 Mei lalu.

Satu lagi sumber tempatan berkata, ada khabar angin baru-baru ini mengatakan Awlaqi sudah berpindah ke tempat persembunyian baru.

Sejak tiga minggu lalu, dia dipercayai bersembunyi di wilayah Shabwa di selatan, sebuah lagi kubu militan.

"Tetapi, maklumat diterima mengatakan Awlaqi berada di wilayah Marib. Dia mungkin berpindah ke sana tiga minggu lalu," kata sumber itu.

Katanya lagi, anggota keselamatan Yaman semakin aktif mencari Awlaqi di Marib sejak spekulasi mengatakan dia berada di situ.

Dia berkata, Awlaqi yang berasa terancam atas usaha menahannya, pergi ke Marib minggu lalu untuk bersembunyi di kawasan al-Jawf' dekat sempadan Arab Saud-Yaman. – Agensi


Bekas kediaman Gaddafi popular

Posted: 30 Sep 2011 01:22 PM PDT

Dunia

Ramai penduduk Libya kunjungi Bab al-Aziziya lihat keadaan di dalam

TRIPOLI: Satu ketika dulu dikenali sebagai tempat yang paling digeruni dan penuh rahsia di Tripoli, kawasan kediaman bekas pemimpin Libya, Muammar Gaddafi, Bab al-Aziziya kini dipenuhi rakyatnya yang mahu mengetahui apa yang ada di dalam, membuktikan perubahan besar di negara itu.

Dikelilingi tembok hijau dengan menara dan kawat berduri, kawasan seluas enam kilometer persegi di selatan pusat bandar Tripoli menjadi tempat kekuasaan Gaddafi sejak dekad lalu.

Inilah tempat yang kita selalu takuti, sebelum ini tiada sesiapa yang mahu berada di dalam. - Esra Kamel, Pelajar Tripoli

Oleh kerana terlalu ditakuti, penduduk Tripoli berkata, sesiapa melalui kawasan itu akan berhenti bercakap dan hanya memandang ke hadapan tanpa menoleh ke arah kawasan dalamannya.

Bab al-Aziziya dibom jet NATO sebagai sebahagian kempen udara Tentera Bersekutu ke atas Libya, dirampas anggota bersenjata Majlis Peralihan Nasional (NTC) selepas pertempuran pada 23 Ogos lalu.

Ketika itu, ramai yang menyangka Gaddafi berada di dalam tetapi bekas pemimpin itu tidak ditemui sehingga kini.

Sejak beberapa minggu lalu, ratusan warga Libya melawat kawasan itu setiap hari untuk meninjau apa yang ada di sebalik tembok itu.
"Inilah tempat yang kita selalu takuti, sebelum ini tiada sesiapa yang mahu berada di dalam," kata pelajar Tripoli, Esra Kamel, 22, yang melawat kawasan itu dengan ibu saudaranya.

"Kini, sesiapa saja boleh berjalan masuk. Keadaan ini memang menakjubkan bagi kami."

Dihubungkan dengan jalan serta lorong, puluhan bangunan memenuhi kawasan itu termasuk kediaman peribadi Gaddafi, hospital swasta dan perumahan untuk kumpulan pengawal peribadinya.

Sebahagian besar struktur bangunan kini musnah teruk akibat terkena tembakan kerana pertempuran sengit dan kemudian dibakar dan dirompak selepas kejatuhan Tripoli ke tangan NTC.

Dindingnya dipenuhi dengan tulisan Arab dan Inggeris yang antaranya berbunyi 'Bebaskan Libya' dan 'Gaddafi: Permainan Tamat.'

Pelawat berjalan di atas serpihan kaca, runtuhan batu dan konkrit yang bersepah, meninjau ke arah bilik gelap dan mengutip katrij bekas peluru di situ.

Buku Hijau 1975 mengandungi falsafah politik Gaddafi yang wajib dibaca rakyat Libya, koyak dan bersepah. Taman yang dipenuhi dengan pohon palma dan rumput kini bertukar serta dipenuhi lumpur. – AFP


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi international.okezone.com

sumber :-

Sindikasi international.okezone.com


HMI Yogyakarta Kecam Israel dan Amerika

Posted: 30 Sep 2011 07:16 AM PDT

SLEMAN – Akademisi dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Universitas Islam Negeri Sunan Kaligaja Yogyakarta mengelar aksi turun jalan. Mereka mengecam tindakan Amerika Serikat (AS) dan Israel yang selalu mengintervesi segala kebijakan yang dilakukan Palestina. 


Mereka kecewa terhadap presiden AS Barack Obama yang tidak memberikan dukungan kepada Palestina untuk mendapatkan pengakuan dari PBB. 


"Berikan hak keanggotaan PBB kepada Palestina," jelas Koordinator aksi, Karya Alam saat mengelar aksi demonstrasi di pertigaan Jalan Latsda Adisucipto, Jum'at (30/9/2011). 


Karya menambahkan, tanggal 23 September 2011 merupakan hari yang bersejarah bagi Palestina, sebab tinggal selangkah lagi Negara tertindas zionis Israel itu akan mendapatkan kemerdekaan dalam arti sempit, yakni pengakuan PBB. Namun, mimpi itu sirna setelah Presiden Obama justru meminta Abbas untuk membuang jauh mimpi itu.


Selain mengecam kedua AS dan Israel, mereka juga meminta agar masyarakat melakukan boikot terhadap berbagai macam produk dari Amerika maupun Israel. Mereka juga meminta Pemerintah Indonesia untuk meninjau ulang kerjasama dengan Amerika Serikat. 


Berdasarkan pada UUD 45, lanjut Alam, sudah jelas menyatakan bahwa kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa, dan oleh sebab itu penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. "Berikan sanksi atas kejahatan kemerdekaan yang dilakukan Israel," jelasnya.


Dari pantauan Okezone, masa selain melakukan orasi bergantian, mereka juga menyebarkan beberapa selebaran kepada pengguna jalan. Beberapa poster bertuliskan dukungan terhadap Palestina juga dibawa para peserta, diantaranya tertulis 'Freedom For Palestine'. 

(faj)

PM India Menolak untuk Berlibur

Posted: 30 Sep 2011 07:06 AM PDT

NEW DELHI - Perdana Menteri (PM) India Manmohan Singh yang terkenal dengan sikap gemar bekerjanya tidak pernah pergi untuk berlibur sejak dirinya duduk di kursi Presiden pada 2004 lalu.

Beberapa laporan mengatakan, PM Singh mengalami banyak kecaman terkait dengan kasus skandal di masa pemerintahannya yang kedua, dirinya pun terpaksa menjauhkan diri dari kesempatan berlibur akibat kasus tersebut.

Penasihat Singh, Sanjaya Baru, menceritakan pengalamannya dengan PM Singh saat membicarakan masalah liburan, PM Singh memang tampaknya tidak memiliki ketertarikan untuk berlibur.

"Saya mengatakan pada Singh, pak, ini adalah akhir pekan. Bisakah kita berlibur pada Sabtu ini, dan pulang pada Minggu malam? Kau tidak akan merindukan hari kerja bukan?" ujar Sanjaya, seperti dikutip AFP, Jumat (30/9/2011).

Singh pun justru bertanya kembali kepada Sanjaya, apa yang akan dilakukannya di Goa.

Putri Singh, Daman Singh, mengatakan, ayahnya hanya melakukan liburan satu kali bersama keluarganya dalam 40 tahun terakhir ini ke Nainital yang terletak sekira 232 kilometer dari Kota New Delhi.

PM Singh juga dijuluki sebagai seorang arsitek liberalisasi ekonomi karena kebiasaan kerjanya yang keras, dan tidak pernah bermewah-mewahan.(rhs)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPAS.com - Nasional

sumber :-

KOMPAS.com - Nasional


10 Jenderal TNI Terima Bintang Dharma

Posted: 30 Sep 2011 10:29 AM PDT

Penghargaan

10 Jenderal TNI Terima Bintang Dharma

Iwan Santosa | Nasru Alam Aziz | Sabtu, 1 Oktober 2011 | 00:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono menyematkan tanda kehormatan Bintang Dharma kepada sepuluh jenderal TNI yang diwakili oleh Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo (Kepala Staf TNI Angkatan Darat) dalam upacara militer di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Jumat (30/9/2011).

Adapun kesembilan jenderal lainnya adalah Letjen TNI (Purn) Rasyid Qurnuen Aquary (perwira tinggi Mabes TNI AD), Letjen TNI (Purn) Muhamad Noer Muis (perwira tinggi Mabes TNI AD), Letjen TNI Hotmangaradja Pandjaitan (Sekretaris Menteri Kooordinator Politik dan Keamanan), Letjen TNI Budiman (Wakil KSAD), Laksdya TNI Gunadi, MDA (Inspektur Jenderal Kementerian Pertahanan), Laksdya TNI Marsetio (Wakil KSAL), Letjen TNI (Mar/Purn) Nono Sampono (perwira tinggi Mabes AL), Marsdya TNI Eris Herryanto (Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan), dan Marsdya TNI Rio Mendung Thalieb (perwira tinggi Mabes TNI).

Penganugerahan tersebut diberikan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44/TK/Tahun 2011 tanggal 21 Juni 2011 sebagai bentuk penghargaan atas jasa bakti dengan melebihi dan melampaui panggilan kewajiban dalam pelaksanaan tugas sehingga memberikan keuntungan luar biasa untuk kemajuan TNI. 

Penganugerahan tanda kehormatan tersebut dinilai penting untuk menumbuhkan kebanggaan, sikap keteladanan, semangat kejuangan, dan motivasi untuk meningkatkan dharma bakti kepada bangsa dan negara.

Perubahan Gaya SBY Tak Akan Efektif

Posted: 30 Sep 2011 06:18 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar, Bambang Soesatyo, meragukan perubahan gaya kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam tiga tahun ke depan, akan efektif membawa negeri ini ke arah lebih baik.

Bambang justru menilai hal itu lebih sebagai permainan kata-kata, agar terlihat gagah dan konseptual.

"Tuntutan rakyat kepada Presiden SBY dan Boediono sangat sederhana, memberi bukti, bukan janji, bahwa pemerintahan mereka pro rakyat. Bagi rakyat, gaya memerintah dan target perubahan bukan persoalan yang urgen," kata Bambang Jumat (30/9/2011) di Jakarta.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebelumnya mencanangkan akan melakukan akselerasi kinerja pemerintahan, untuk mempercepat perbaikan-perbaikan di sektor politik, ekonomi, penegakan hukum, dan sektor lainnya.

Untuk mewujudkan hal itu, Presiden akan mengubah gaya kepemimpinan. Ke depan Presiden akan memerintah lebih tanggap, lebih tuntas, dan lebih interventif kepada para bawahannya. Untuk mendukung perubahan, Presiden juga akan merombak kabinet dengan mengganti sejumlah menteri yang kinerjanya kurang bagus.

"Gaya memerintah adalah persoalan SBY sendiri yang mestinya tak perlu dibawa atau diwacanakan di ruang publik. Kalau SBY ingin menerapkan gaya baru dalam pemerintahannya, berarti ada masalah dengan gaya pemerintahannya saat ini," ujar Bambang.

Menurut Bambang, sejauh ini, publik hanya paham bahwa pemerintahan sekarang lamban dalam merespons berbagai persoalan. Beberapa kementerian bahkan terbelit skandal korupsi.

"Pertanyaannya, perubahan apa yang ingin segera diwujudkan sepanjang sisa waktu tiga tahun pemerintahan SBY-Boediono? Menegakan kembali etika penegakan hukum yang sudah demikian karut marutnya? Atau, merevitalisasi potensi ekonomi nasional yang sudah hancur, karena kebijakan mengadopsi liberalisasi pasar tanpa kearifan menjaga dan melindungi kepentingan nasional?" ucap Bambang.

"Semuanya tidak bisa diselesaikan dengan reshuffle kabinet, sekalipun reshuffle itu benar akan melahirkan gaya baru memerintah," tambah  Bambang.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi celebrity.okezone.com

sumber :-

Sindikasi celebrity.okezone.com


Mendadak Tenar, Ayu Ting Ting Siap Diterpa Gosip

Posted: 30 Sep 2011 06:52 AM PDT

JAKARTA- Nama Ayu Ting Ting mendadak terkenal berkat lagunya yang berjudul Alamat Palsu. Penyanyi 19 tahun ini siap diterpa gosip ketika menjalani dunia entertainment.

"Sudah siap dan sudah dikasih tahu bagaimana menjadi publik figur dan risikonya," kata Ayu saat berkunjung ke kantor okezone di Gedung High End, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (30/9/2011).

Mahasiswi Universitas Gunadarma inipun sudah diberi arahan oleh manajemennya agar bersikap hati-hati. Apalagi, posisi seorang artis menjadi sorotan masyarakat dan media.

"Lebih hati-hati. Apa saja bisa terjadi, tapi tergantung niatnya dulu kita mau ngapain dan jangan berbuat aneh-aneh," tandasnya.

Sejak awal, penyanyi yang menekuni musik dangdut sejak kecil ini juga sudah diberi nasehat orangtua. Pesan terpenting orangtua Ayu adalah tidak boleh sombong, meski sedang di puncak karier.

"Sebenarnya bukan larangan, paling hanya menyarankan bergaul yang baik. Dan yang paling penting itu saya bilang ke Ayu kalau sudah terkenal jangan sombong," ujar ibunda Ayu, Umi Khalsum, di lokasi yang sama.
(rik)

Kuliah di Amerika, Velove Vexia Didekati Banyak Pria

Posted: 30 Sep 2011 05:25 AM PDT

JAKARTA- Hampir 1,5 tahun menjomblo, Velove Vexia mengaku belum menemukan seseorang yang pas di hatinya. Mantan kekasih Raffi Ahmad ini ingin terpaku mencari pria dewasa.
 
"Kalau aku sih maunya serius ya. Inginnya seagama, umurnya di atas aku, jauh lebih dewasa, dan berwawasan luas," urai Velove yang ditemui di Jalan Kemanggisan No 29, Jakarta Barat, Jumat (30/9/2011).

Wanita 21 tahun yang sedang melanjutkan studi S1 di Amerika Serikat itu juga tidak terlalu pusing memikirkan asal daerah calon pacarnya berasal.

"Enggak ada target mau orang mana, inginnya seagama saja. Mau Indonesia atau apa yang penting seagama," tegasnya.

Sewaktu di Amerika Serikat sendiri Velove sempat didekati oleh beberapa pria. "Adalah, bukan ada yang nembak, tapi suka ngedeketin. Karena di sana komunitasnya enggak terlalu besar, jadi kayaknya enggak enak ah, berteman saja," ucapnya.

Sekarang ini, Velove ingin lebih fokus kepada keluarga, sekolah, dan karier terlebih dahulu. "Lagi enggak ada pasangan. Karena mungkin belum bisa nempatin waktu yang tepat. Aku juga enggak ada waktu. Kalau nanti ujung-ujungnya cuma berantem atau putus nyambung, mending enggak usah. Ada yang lebih penting kan yang harus dipikirin kayak sekolah, keluarga, dan kerja," tutupnya.(rik)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

detikcom

sumber :-

detikcom


Ratusan Kios di Pasar Keranggot, Cilegon Ludes Dilalap Api

Posted: 30 Sep 2011 12:15 PM PDT

Cari Penawaran Terbaik di Sini

Rancang Perjalananmu di Sini

Kebakaran di Deliserdang, 2 Rumah dan 1 Musala Hangus

Posted: 30 Sep 2011 11:02 AM PDT

Cari Penawaran Terbaik di Sini

Rancang Perjalananmu di Sini

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi lifestyle.okezone.com

sumber :-

Sindikasi lifestyle.okezone.com


Terpikat Batik, Deanoor Mau Buka Butik di Indonesia

Posted: 30 Sep 2011 06:53 AM PDT

Lifestyle » Trend and Fashion » Terpikat Batik, Deanoor Mau Buka Butik di Indonesia
Jum'at, 30 September 2011 - 20:53 wib

Lastri Marselina - Okezone

EKSPLORASI kain batik sebagai kekayaan warisan budaya yang bernilai tinggi, dinilai begitu luhur oleh sejumlah desainer mancanegara yang terlibat dalam "Cultural Evening Performance". Sebuah acara puncak dari rangkaian kegiatan "World Batik Summit".

 
Desainer asal Malaysia, Deanoor yang telah memiliki butik di Milan, Paris, bahkan ingin menyelami lebih dalam batik Indonesia, dan membuka butik cabang Tanah Air.
 
"Insya Allah kalau diberi jalan, saya ingin membuka cabang di sini. Konsepnya desain akan mengarah pada 'highend easy to wear' bukan 'couture', sehingga dapat menarik market lebih luas," kata Deanoor kepada okezone usai pergelaran busana "Cultural Evening Performance" di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Kamis (29/9/2011).
 
Deanoor yang banyak menggunakan bahan sutra asli dan batik motif tulis tangan Malaysia, melihat potensi batik Indonesia patut diacungi jempol.
 
"Batik Indonesia memiliki kecantikan tersendiri secara teknik dan kualitas memang perlu dibanggakan," pujinya.
(tty)

Olah Batik Indonesia, Lu Kun Unjuk Koleksi Seksi

Posted: 30 Sep 2011 06:46 AM PDT

Lifestyle » Trend and Fashion » Olah Batik Indonesia, Lu Kun Unjuk Koleksi Seksi
Jum'at, 30 September 2011 - 20:46 wib

Lastri Marselina - Okezone

BATIK telah diakui UNESCO sebagai Budaya Tak-benda Warisan Manusia pada 2009. Langkah untuk menggaungkan batik di pentas dunia terus dilakukan, salah satunya dengan menggelar rangkaian kegiatan "World Batik Summit".

 
Dalam acara puncak "World Batik Summit" yang diberi tajuk "Cultural Evening Performance", tiga desainer mancanegara, yakni Lu Kun dari China, Deanoor dari Malaysia dan Kaoru dari Jepang memamerkan karya mereka dengan mengangkat batik Indonesia sebagai material utama.
 
Lu Kun melihat apa yang telah dilakukan pemerintah Indonesia dalam mengembangkan batik perlu dicontoh oleh negara lain.
 
"Kekuatan para perancang busana Indonesia terletak pada koleksi yang dibuat handmade (menggunakan tangan). Saya tertarik bagaimana motif penari Bali bisa begitu menyatu secara elegan dengan batik, sehingga pantas dikenakan pada acara khusus," kata pria 29 tahun ini kepada okezone usai pergelaran busana "Cultural Evening Performance" di Jakarta Convention Center, Kamis (29/9/2011).
 
Dalam peragaan busana tersebut, Lu Kun menggunakan batik Danar Hadi dan mengangkat tema "Miss Shanghai". Pria ramah ini mendeskripsikan koleksi bercitra seksi, feminin, dan bitchy.
 
"Bitchy sebenarnya tentang attitude, yakni seseorang yang memiliki kontrol penuh atas hidupnya. Jadi, penggunaan batik membuat dia bitchy dalam arti yang baik," jelasnya.
 
Kendati baru pertama kali menjajakan kaki di Indonesia, ia tidak merasa asing sebab keramahtamahan dan pola detail seni Tanah Air tidak begitu jauh berbeda dengan negaranya dalam penerapannya ke busana.
"Sabtu besok saja saya akan berlibur ke Bali karena ini merupakan pertama kalinya saya ke Indonesia. Saya ingin menyelami budaya asli dan berinteraksi langsung dengan penduduk lokal Indonesia," tutup Lu Kun.
(tty)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS