Sindikasi news.okezone.com

sumber :-

Sindikasi news.okezone.com


2 Alasan Idrus Marham Mundur dari DPR

Posted: 08 Jun 2011 11:00 PM PDT

JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham mengundurkan diri sebagai anggota Komisi II DPR. Hari ini, Kamis (9/6/2011), Idrus resmi melayangkan surat sekaligus berpamitan dengan Ketua DPR Marzuki Alie di gedung DPR, Senayan, Jakarta.

"Saya sengaja menemui Ketua DPR. Selain menyerahkan surat pengunduran diri sekaligus pamit selaku ketua dan senior untuk dapat memfokuskan saya dalam kegiatan-kegiatan kepartaian," kata Idrus.

Menurut Idrus ada dua alasan dirinya mundur sebagai anggota DPR. Kedua alasan tersebut erat kaitannya dengan keinginannya untuk lebih konsentrasi mengurus partai.

Alasan pertama, kata Idrus, posisi sekjen parpol adalah posisi strategis, dan memiliki peranan yang penting dalam melakukan manajemen partai. Sekjen harus mampu memastikan partai dapat berfungsi sebagai parpol. "Ketika alasan ini disampaikan ke Marzuki. Dia sebagai mantan sekjen sangat memahami. Beliau memahami, karena peran beliau di Partai Demokrat tidak jauh berbeda dengan Golkar," katanya.

Alasan kedua, Idrus menilai pembenahan di DPR harus dimulai dari Partai. DPR saat ini selalu mendapat sorotan tentang kinerja. Dikatakannya, kalau bicara kinerja tentu ada elite-elite politik yang erat kaitannya dengan parpol. "Kalau ingin bicara DPR kita harus melihat secara keseluruhan dan hulunya adalah parpol. Saya memfokuskan tugas tanggung jawab sebagai Sekjen dalam rangka itu semua," ujar Idrus.

Idrus juga membantah bila dirinya terkait dengan pencalonannya sebagai menteri. "Prinsip saya dalam memnghadapi kegiatan politik maju total atau mundur total tidak setengah-setengah kalau ingin pembenahan. "Tidak ada kaitannya dengan menteri," kata Idrus.
(ugo)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Empat Petinggi Negara Teken MoU Pengelolaan Rutan

Posted: 08 Jun 2011 10:58 PM PDT

JAKARTA - Menkum HAM Patrialis Akbar, Menkeu Agus Martowardojo, Kapolri Jenderal Timur Pradopo, dan Jaksa Agung Basrief Arief siang ini menandatangani kesepakatan bersama tentang pengelolaan rumah tahanan.

Kesepakatan bersama (MoU) ini penting mengingat ada sembilan rutan yang dikelola oleh Polri, Kejagung, dan Kementerian Keuangan. "Jadi dengan nota kesepahaman ini memudahkan kerjasama di antara para pihak dalam melaksanakan kegiatan pengelolaan cabang rumah tahanan negara di luar Kemenkum HAM," ujar Menkum HAM Patrialis Akbar di Jakarta, Kamis (9/6/2011).

Kementerian Keuangan mengelola cabang rutan Bea Cukai yang diperuntukkan untuk tahanan pelaku tindak pidana kepabeanan dan cukai. Sementara Polri mengelola enam cabang rutan. Yaitu di Mabes Polri, Mapolda Sumatera Utara, Mapolda Sumatera Selatan, Mapolda Sulawesi Selatan, Mapolda Jawa Timur, serta Mako Brimob Depok.

Adapun Kejagung mengelola dua rumah tahanan. Yaitu cabang Rutan Kejaksaan Agung dan cabang Rutan Kejari Jakarta Selatan.

Patrialis mengungkapkan selama ini di antara institusi-institusi pengelola rumah tahanan sering terjadi kurang tertib administrasi dan kurang lancarnya komunikasi. Dengan adanya MoU ini diharapkan semua persoalan itu akan teratasi. "Dengan MoU ini Kepolisian, Jaksa, Menkeu, harus koordinasi dengan Rutan induk, laporan jelas, penyelenggaraan benar, kami juga memonitor," ungkapnya.

Dijelaskan, meski ada MoU namun pengelolaan rutan tetap dibawah masing-masing lembaga. Dalam kaitan ini Kemenkum HAM hanya berwenang dalam hal koordinasi.

Menkum HAM menegaskan MoU ini memiliki banyak manfaat lain. Di antaranya memudahkan pemantauan seluruh tahanan. "Kalau sekarang semua orang ditahan kami bisa diberitahukan, sehingga kalau ada yang ditahan terus tiba-tiba pergi ke luar negeri bisa koordinasi dengan Imigrasi. Untuk memudahkan sinergisitas, ini makin merapikan," terangnya.

Di penghujung kalimatnya, Patrialis mengungkapkan meski ada MoU namun Menkum HAM tetap memiliki wewenang mengangkat dan memberhentikan kepala cabang rutan serta dokter cabang Rutan atas usul instansi yang mengelola.
(ful)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPAS.com - Internasional

sumber :-

KOMPAS.com - Internasional


Diam-diam AS "Perang" di Yaman

Posted: 09 Jun 2011 03:40 AM PDT

WASHINGTON, KOMPAS.com - Di tengah gonjang-ganjing politik Yaman, Amerika Serikat (AS) diam-diam melancarkan serangan udara terhadap tempat-tempat yang diduga menjadi basis kelompok militan. Serangan dilakukan oleh pesawat tanpa awak dan jet tempur, The New York Times mengutip beberapa pejabat, Rabu (8/6/2011).

Tentara Yaman yang memerangi kelompok militan terkait Al Qaeda di wilayah selatan negara itu ditarik ke ibukota, pemerintah AS memandang serangan udara merupakan salah satu cara mencegah kaum militan berkonsolidasi.

Intensitas serangan meningkat dalam beberapa pekan terakhir ketika posisi Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh, salah satu sekutu AS, kian tak menentu. Tentara Yaman yang memerangi kelompok militan terkait Al Qaeda di wilayah selatan negara itu ditarik ke ibukota, pemerintah AS memandang serangan udara merupakan salah satu cara mencegah kaum militan berkonsolidasi.

Pada Jumat (3/6/2011), serangan jet-jet tempur AS menewaskan Abu Ali al-Harithi, seorang perwira menengah Al Qaeda Yaman, serta beberapa tersangka militan di wilayah selatan Yaman. Menurut beberapa saksi mata, empat warga sipil tewas dalam serangan itu. Beberapa pekan sebelumnya, pesawat tanpa awak melepaskan misil dengan sasaran Anwar al-Awlaki, ulama radikal kelahiran Amerika. Namun Awlaki tidak tewas.

Operasi militer ini sempat berhenti selama hampir setahun karena informasi intelijen yang tidak akurat hingga menyebabkan banyak serangan justru mengenai warga sipil. Beberapa pejabat di Washington mengatakan dinas intelijen AS dan Arab Saudi menerima sejumlah informasi, baik dari informan maupun penyadap, tentang tempat-tempat yang diduga menjadi lokasi militan. Namun mereka khawatir, meluaskan konflik di Yaman menimbulkan risiko baru. Yakni satu faksi memberi informasi ke pihak AS tentang faksi lawan.

Menurut seorang pejabat senior Pentagon, Rabu (8/6/2011), operasi militer melawan militan di Yaman makin rumit karena banyak anggota Al Qaeda yang berbaur dengan kaum pemberontak dan militan anti-pemerintah.

Operasi di Yaman ini dipimpin oleh Komando Operasi Khusus Gabungan dan berkoordinasi dengan CIA. Beberapa tim militer dan intelijen bahkan memilki pos komando di Sanaa, ibukota Yaman, untuk melacak keberadaan kelompok militan dan rencana serangan mereka.

AS khawatir dukungan pada operasi ini berkurang bila rezim Saleh jatuh. Karena itu Duta Besar AS untuk Yaman Gerald M Feierstein menemui sejumlah pemimpin oposisi dan mereka meyakinkan operasi melawan Al Qaeda di Semenanjung Arab akan terus berlanjut siapapun nanti yang memenangi kekuasaan di Yaman.

Kerahasiaan operasi AS di Yaman ini termasuk salah satu yang paling dijaga oleh pemerintah Presiden Barack Obama. Presiden Saleh mengizinkan operasi ini pada 2009 dengan menetapkan sejumlah batasan. Saleh juga menegaskan semua operasi militer dilakukan oleh tentaranya.

Hingga kini Saleh masih berada di Arab Saudi untuk menjalani perawatan setelah terluka dalam serangan roket  ke istananya.  

 

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

"The Musalman", Koran yang Ditulis Tangan

Posted: 09 Jun 2011 02:16 AM PDT

CHENNAI, KOMPAS.com — Ketika banyak surat kabar gulung tikar diterjang media online, surat kabar The Musalman bertahan dengan caranya sendiri. Koran sore yang terbit di Chennai, Tamil Nadu, India, itu ditulis tangan.

Terbit empat halaman setiap hari, koran berbahasa Urdu itu bertiras 21.000. Dibutuhkan waktu tiga jam bagi tiga "katib" reporter dan kaligrafer untuk menulis berita di setiap halaman.

Terbit empat halaman setiap hari, koran berbahasa Urdu tersebut bertiras 21.000, yang semuanya pelanggan. Dibutuhkan waktu tiga jam bagi tiga katib (reporter dan kaligrafer) untuk menulis berita di setiap halaman, sebelum diproses hingga menjadi koran yang siap dikirim ke pelanggan.

Jika ada breaking news, seluruh halaman itu harus ditulis ulang. Namun, kini mereka sudah menyediakan sebuah kolom kecil di halaman muka untuk berjaga-jaga apabila ada berita baru.

Lain lagi yang terjadi apabila ada kesalahan tulis. Satu halaman tersebut harus diganti dan ditulis ulang.

Dengan ditulis tangan, surat kabar ini sekaligus melestarikan tradisi kaligrafi rakyat India. Bagi Pemimpin Redaksi The Musalman Syed Arifullah, mempertahankan tradisi adalah urusan hidup atau mati.

"Kami mempertahankan tradisi ini selama 84 tahun dan setelah tahun ketiga tahun pertama memimpin koran ini, saya memutuskan untuk mendedikasikan hidup saya untuk Musalman," kata Arifullah yang memimpin surat kabar itu sejak ayahnya meninggal.

"The Musalman adalah tentang kaligrafi, dan setiap orang tertarik pada kaligrafi. Jika Anda menyalakan komputer, ada perbedaan antara kami dan koran lain. Kaligrafi adalah jantung Musalman. Jika Anda mengeluarkan jantung itu, tidak ada lagi yang tersisa," ujar Arifullah.

Surat kabar itu diterbitkan pertama kali pada 1927 oleh kakek Arifullah, Syed Azmatullah, yang kemudian mewariskannya kepada Syed Faizullah. Ayah Arifullah itu meninggal pada usia 76 tahun akibat infeksi paru-paru. Sejak itu Arifullah menjadi penanggung jawab surat kabar ini.

Bagi para karyawannya, The Musalman menjadi simbol seni yang hampir punah. Dengan bekerja di koran tersebut, mereka tidak hanya melestarikan tradisi kuno, tetapi juga bahasa Urdu.

Karyawan Musalman tergolong setia. Salah satu reporternya, Rehman Hussain, kini berusia 50 tahun dan sudah bekerja di situ selama lebih dari 30 tahun. "Karena bisa berbahasa Urdu, kami dihormati. Dan saya akan bekerja bersama Musalman sampai napas penghabisan," kata Hussain.

Kantor The Musalman sangat sederhana, bahkan cukup tidak nyaman untuk bekerja. Kantor itu suram karena penerangan yang buruk. Suasananya juga bising karena mesin cetak berada di kantor yang sama.

Belum lagi gaji mereka yang sangat kecil. Koran itu hampir tidak menghasilkan laba karena biaya produksi yang cukup tinggi. Namun, bagi para kaligrafer Musalman, bekerja di situ merupakan dedikasi.

"Kecintaan kami terhadap pekerjaan inilah yang membuat saya terikat kepada Musalman," kata Usman Gani, salah satu editor.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPASentertainment

sumber :-

KOMPASentertainment


Tasya Tak Mau Langsung Dewasa

Posted: 09 Jun 2011 03:33 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com -- Meskipun kini sudah berusia 18 tahun, mantan penyanyi cilik Shafa Tasya Kamila tak mau mengagetkan para pendengarnya dengan langsung membawakan lagu-lagu berlirik dewasa.

Tasya mengaku di pentas masih diminta menyanyikan lagu-lagu anak yang pernah membuatnya populer. "Sekarang aku sudah 18 tahun. Mungkin orang-orang masih mengira aku masih membawakan diri sebagai Tasya yang dulu sebagai penyanyi cilik, ditawari untuk nyanyiin lagu seperti 'Libur Telah Tiba' atau bawain lagu orang lain," cerita sang dara kelahiran Jakarta, 22 November 1992.

Namun, Tasya mengaku pula, ia tak ingin mengubah dirinya secara drastis sebagai penyanyi. "Kemunculan aku lagi tidak serta-merta mengubah aku," tutur mahasiswa Jurusan Ilmu Akuntansi, Universitas Indonesia, ini. "Aku juga enggak mau lompat terlalu jauh, langsung menyanyikan lagu dewasa. Adik-adik yang masih SMP atau SD yang masih butuh role model muda juga bisa (merujuk) ke aku, siapa nih artis remaja yang bisa mereka look up to. Jadi, aku bisa hadir untuk mereka," tuturnya lagi.

Meski dari segi usia Tasya menjelang dewasa, wajah chubby pemilik rambut bergelombang ini belum banyak berubah dari ketika ia masih kanak-kanak. "Suaraku juga enggak ada perubahan banyak. Sekarang suaraku lebih bulat aja, beda dengan suaraku yang cempreng khas anak-anak ketika kecil. Karakter suaraku ini disesuaikan saja dengan lagu pop dan ceria," jelas Tasya.

Yang terkini, nyanyian Tasya, "Say No!", masuk dalam album kompilasi LDR (Lihat, Dengar, Rasakan) Vol. 2, yang dirilis pada Rabu (8/6/2011) di Jakarta. Tasya juga akan mengeluarkan album solo baru. "Aku juga mau bikin album baru. Aku sudah mempersiapkan lagu-lagu baru selama sekitar dua tahun. Tunggu saja," ujarnya. 

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Nia Zulkarnaen: Seperti Mau Dapat "Baby"...

Posted: 09 Jun 2011 03:07 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com -- Aktris Nia Zulkarnaen (40) bersama suaminya, Ari Sihasale, sedang sibuk-sibuknya mempersiapkan peluncuran film Serdadu Kumbang yang akan ditayangkan perdana pada 9 Juni ini. Semua hal berkaitan dengan film itu, mulai dari survei, shooting film, sampai peluncuran film, dipersiapkan mereka berdua.

"Kami berdua kalau mau keluarin film seperti mau dapat baby, seperti mau melahirkan anak. Seluruh prosesnya kami ikutin dengan baik," kata Nia.

Ia mengakui, film-film karya Alenia Production ditunggu kaum ibu yang ingin mendapat hiburan keluarga saat liburan sekolah. "Banyak yang nanya lewat Twitter. Kami ingin memberikan hiburan keluarga yang bagus tapi juga murah," ungkap Nia.

Serdadu Kumbang mengisahkan tiga anak yang memiliki keterbatasan tetapi mempunyai cita-cita yang tinggi. Film bertema pendidikan dan budaya itu mengambil lokasi shooting di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Untuk film ini, Nia dan Ale tidak hanya menyiapkan filmnya saja, tetapi juga novel dua bahasa, buku foto behind the scene dan merchandise berupa tas sekolah dan botol minuman.

Nah, kalau meluncurkan film seperti melahirkan seorang anak, gimana dengan momongan nih? Nia hanya menjawab sambil tertawa, "Terus terang enggak kepikiran. Momongannya, ya, Serdadu Kumbang itu." (SIE)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Mancanegara

sumber :-

ANTARA - Mancanegara


ICC Mungkin Tidak Larang Gaddafi Tinggalkan Libya

Posted: 08 Jun 2011 07:13 PM PDT

London (ANTARA News/Reuters) - Penyelidikan Pengadilan Pidana Internasional (ICC) terhadap Presiden Libya, Muamar Gaddafi, bukan rintangan penting baginya untuk meninggalkan Libya guna mengakhiri krisis empat bulan lamanya di negara itu, kata seorang menteri Inggris, Rabu (Kamis WIB).

Beberapa pengamat mengatakan bahwa keputusan oleh penuntut kejahatan perang di Den Haag, Belanda itu bulan lalu untuk mengusahakan surat perintah penangkapan Gaddafi telah memberikan ia dorongan untuk mempertahankan kekuasaan karena takut bahwa akan menghadapi tuntutan jika meninggalkan Libya.

"Saya mengerti hal tuntutan ICC itu dengan sangat jelas. Saya tidak memikirkan benar-benar hal itu merupakan rintangan mutlak bagi orang untuk bergerak," kata Menteri pada Kantor Luar Negeri Inggris, Alistair Burt, ketika ditanya mengenai prospek pengasingan Gaddafi.

"Saya kira kebenarannya adalah faktanya, adalah bahwa orang membicarakan Kolonel Gaddafi, mengenai kemungkinannya untuk pergi. Tentu saja ada," kata Burt dalam pembicaraan mengenai Libya di kelompok pemikir Chatham House London.

Ia menyatakan, yakin hal itu merupakan bagian dari pemikiran Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma, yang telah berupaya untuk menengahi krisis Libya, untuk membicarakan pengasingan Gaddafi.

"Tidak masalah bagi pemerintah Inggris ke mana Kolonel Gaddafi mungkin akan pergi," kata Burt, yang akan mewakili Inggris pada pertemuan kelompok kontak internasional mengenai Libya di Abu Dhabi, Kamis.

Ia mengatakan, pemerintah Inggris sebelumnya telah menjelaskan mereka tidak akan menghalangi keluarnya Gaddafi "tapi sama sekali tak terserah pada kami untuk memulai memilih negara atau mengusulkan tempat yang mereka perlu segera untuk mendapatkannya.

Zuma mengatakan, setelah pertemuan dengan pemimpin Libya itu di Tripoli Senin lalu bahwa Gaddafi tidak siap untuk meninggalkan Libya tapi akan mengejar solusi politik bagi perang saudara di negaranya.

Beberapa pengamat memberi kesan Gaddafi bisa mendapat tempat perlindungan di Venezuela atau Zimbabwe, yang para pemimpinnya anti-Barat.

Penuntut ICC, Luis Moreno-Ocampo, telah mengusahakan surat perintah penangkapan bagi Gaddafi pada 16 Mei lalu, menuduhnya telah membunuh demonstran yang menentang pemerintahannya yang sudah empat dasawarsa.

Ia juga minta hakim, yang sekarang harus melihat jika ada cukup bukti untuk mengeluarkan surat perintah penangkapan bagi putera Gaddafi, Saif al-Islam, dan saudara iparnya yang kepala mata-mata Abdullah Sanusi.

Aliran pejabat Libya yang membelot terus berlangsung, ketika Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) meningkatkan serangan pemboman untuk mendukung secara efektif pemberontak yang berusaha untuk menjatuhkan Gaddafi, yang telah berkuasa hampir 42 tahun.
(Uu.S008/S008/S004)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

China Serukan Gencatan Senjata di Libya

Posted: 08 Jun 2011 06:40 PM PDT

Suasana Libya. (REUTERS/Ahmed Jadallah/)

Berita Terkait

Video

Beijing (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Menteri Luar Negeri China, Yang Jiechi, menyerukan gencatan senjata segera di Libya dan upaya-upaya politik untuk mengatasi krisis di negara Afrika utara itu.

"Ini adalah prioritas utama bagi pihak terkait untuk mencapai suatu gencatan senjata guna menghindari bencana kemanusiaan yang lebih besar, dan mengatasi krisis Libya melalui cara-cara politik termasuk dialog dan perundingan," kata Yang pada saat bertemu dengan utusan khusus pemerintah Libya, Abdul Ati Al-Obidi, Rabu (8/6).

Negeri Tirai Bambu itu menentang tindakan di luar otoritas Dewan Keamanan PBB dan bersikap menghormati kedaulatan, kemerdekaan dan integritas wilayah Libya serta menghargai pilihan yang dibuat oleh rakyat Libya, kata Yang.

Yang berharap pihak terkait di Libya akan mengambil tindakan-tindakan penting mendasar bagi negara dan masyarakat, serta memulai proses politik untuk menyelesaikan krisis sedini mungkin untuk menjaga perdamaian dan stabilitas regional, kata Yang.

China mendukung prakarsa mediasi Uni Afrika(AU) dan diplomatik untuk memecahkan krisis Libya.

Ia menyatakan, bersedia untuk berkomunikasi dengan pihak-pihak yang berkepentingan dan bekerja dengan komunitas internasional untuk menyelesaikan krisis melalui cara-cara politik.

Al-Obidi, yang juga Menteri Libya untuk Penghubung Luar Negeri dan Kerjasama Internasional, menyatakan kesediaan Libya untuk menerima peta jalan AU dan mencapai gencatan senjata.

Dia menambahkan bahwa Libya berharap China bisa memainkan peran dan mengerahkan pengaruhnya dalam aspek ini.

Libya akan mengadopsi tindakan yang diperlukan untuk menjamin keamanan warga negara China dan properti mereka di Libya, kata Al Obidi.
(Uu.H-AK/A011)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Republika Online

sumber :-

Republika Online


Resep Fatmah Bahalwan: Ayam Cabe Hijau, Pedas...Menggoda!

Posted: 08 Jun 2011 06:22 PM PDT

Mirip dengan bumbu balado, tapi cabenya diganti dengan cabe hijau. Penampilan yang berbeda tapi rasanya jangan tanya!

Bahan:
1 ekor   ayam, potong 12 bagian
1 sdm   air jeruk nipis
1 sdt     garam
Minyak untuk menggoreng, secukupnya
 
Bumbu:
15 bh    cabe hijau besar
7 bh      bawang merah
4 bh      bawang putih
4 bh      tomat hijau, potong-potong
1 sdt     garam
1 sdt     gula
4 lbr      daun jeruk purut
100ml   minyak untuk menumis
 
Cara membuatnya:

  •     Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan 15 menit. Cuci, lalu goreng. Sisihkan.
  •     Kukus cabe hijau, haluskan agak kasar bersama bawang merah dan bawang putih.
  •     Panaskan minyak, tumis bumbu halus, bersama tomat dan daun jeruk purut hingga wangi, masukkan ayam, aduk rata. Angkat, sajikan.

Halaman ini kerja sama Republika Online dengan Natural Cooking Club 

Resep di blog Anda ingin tampil di sini? Silakan kirim link-nya ke alamat emailhikmah@rol.republika.co.id

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Asal Jaga Kebersihan, Tak Perlu Takut Wabah E Coli

Posted: 08 Jun 2011 06:10 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON - Pakar kesehatan masyarakat yang berdomisili di Inggris, Dono Widiatmoko, mengatakan warga Indonesia yang berada di Eropa khususnya di negara yang sedang berkembang kasus E coli ini agar tidak perlu takut secara berlebihan. "Ada banyak jenis strain E coli yang tersebar di dunia, dan cara pencegahannya pun sama saja yaitu dengan meningkatkan higiene pribadi dan persiapan makanan yang lebih baik," ujar Dono, yang kini menjadi staf pengajar Senior Lecturer in Public Health University Salford, Manchester.

Dono mengatakan semua produk sayur mayor harus selalu dicuci dengan air bersih untuk mengurangi risiko masih adanya bakteri merugikan di bahan pangan. Penyimpanan bahan makanan juga selayaknya dibuat terpisah antara sayur mayur, daging, dan bahan lain.

Escherichia coli, atau biasa disingkat sebagai E Coli, adalah bakteri yang umum ditemukan di saluran pencernaan manusia.
Jenis bakteri ini seperti jenis-jenis bakteri dan virus lainnya, mempunyai berbagai strain atau varian yang mempunyai karakteristik yang sedikit berbeda.

Dalam jumlah yang normal, umumnya bakteria ini tidak membawa pengaruh negatif pada manusia, namun jika terinfeksi strain yang berbahaya, maka mungkin timbul akibat buruk pada manusia.

"Seperti yang terjadi pada kasus outbreak strain E coli di Jerman dan beberapa negara Eropa beberapa waktu belakangan ini," ujarnya.

Organisasi Kesehatan Sedunia (WHO) telah menkonfirmasi bahwa strain penyebab outbreak penyakit ini adalah strain jenis O104, yang merupakan strain langka dan mempunyai sifat merugikan bagi manusia.
Seseorang yang terinfeksi strain E coli ini bisa menderita Enterohemorrhagic Escherichia coli - diare berdarah - dan juga Haemolytic Uraemic Syndrome (HUS). HUS adalah suatu kondisi dimana infeksi E coli tersebut sudah menyebabkan pengaruh pada darah, ginjal dan bisa juga jaringan saraf pusat, ujar suami Lusi Widawati ini.

Outbreak E coli di Eropa utamanya dilaporkan di Jerman, dengan total 642 kasus HUS dengan 15 kasus kematian dan 1.683 kasus diare berdarah dan tujuh kematian. Yang menarik, outbreak ini lebih banyak menyerang orang dewasa sebanyak 88 persen dari seluruh kasus dan perempuan antara 61-68 persen.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Berita Terkini

sumber :-

ANTARA - Berita Terkini


Nadal Kalahkan Petenis Kualifikasi Ebden

Posted: 08 Jun 2011 06:53 PM PDT

Rafael Nadal. (reuters)

Berita Terkait

London (ANTARA News/AFP) - Rafael Nadal tidak memiliki masalah berpindah dari lapangan tanah liat ke lapangan rumput, setelah juara Prancis Terbuka itu mengalahkan petenis kualifikasi Australia, Matthew Ebden, 6-4, 6-4 di Queen`s Club London, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Nadal terlihat empat hari lalu ketika berada di dekat bendera Spanyol saat merayakan menyamai rekor memenangkan enam kali gelar Prancis Terbuka setelah mengalahkan lawannya Roger Federer di Paris.

Amat sedikit waktu untuk merayakan keberhasilan di Roland Garros itu, karena kemudian ia sudah melakukan perjalanan ke EuroDisney, dan kemenangannya di putaran pertama menunjukkan tanda semangat tinggi untuk mempertahankan gelar di Wimbledon bulan depan.

Perpindahaan pertandingan dari permukaan lapangan satu ke lapangan berbeda, umumnya menyusahkan petenis lain, tetapi Nadal kelihatannya dapat mengatasinya dengan mudah.

Ia memenangi turnamen Prancis Terbuka dan Wimbledon pada 2008 dan 2010 dan terbang dari Paris ke London dengan keyakinan penuh dapat menyamai rekor Bjorn Borg yang meraih tiga kali gelar juara Prancis-Wimbledon.

Nadal, yang mendapat "bye" pada putaran pertama, nyaris tidak ada mendapat hambatan ketika bertemu dengan pemain berusia 23 tahun, Ebden, peringkat 168 dunia dan sepanjang karirnya bermain dalam turnamen Futures dan Challenger.

Kembali beraksi di atas lapangan rumput untuk pertama kalinya sejak mengalahkan Tomas Berdych di final Wimbledon tahun lalu, Nadal dengan cepat menunjukkan kelas permainannya dengan mematikan bola Ebden pada game pertama.

Ia melakukan servis pertama dengan mulus, kemudian kembali mematikan bola lawan pada game pembuka set kedua dan selanjutnya maju ke putaran ketiga turnamen itu melawan petenis veteran dari Ceko, Radek Stepanek, yang mengalahkan unggulan ke-16 Ivan Ljubicic 0-6, 7-5, 6-4.

"Tidak selalu mudah mengawali permainan di lapangan rumput. Anda tidak memiliki banyak waktu untuk beradaptasi dari satu lapangan ke lapangan lain, tetapi saya dapat melakukannya," kata Nadal.

"Saya sebetulnya merasa amat lelah setelah menjalani pertandingan di Golad Garros serta musim laga tanah liat lainnnya. Tapi, saya datang ke sini untuk melakukan yang terbaik yang dapat saya lakukan," kata Nadal.

Pertandingan lain

Andy Murray juga mengawali permainan di lapangan rumput dengan bagus ketika petenis nomor empat dunia itu mengalahkan pemain dari Belgia Xavier Malisse 6-3, 5-7, 6-3.

Murray, unggulan kedua, mengalami cedera pada pergelangan kaki ketika maju ke babak semi final Prancis Terbuka sehingga amat mengancam partisipasinya pada turnamen yang dimenanginya pada 2009 itu.

Namun demikian, menjelang Wimbledon di kampung halamannya dalam bilangan beberapa hari lagi, setelah mendapat "bye" pada putaran pertama, ia dapat membuktikan fisiknya sudah prima ketika dengan sigap mengalahan pemain berpengalaman Malisse.

Pemain nomor satu Inggris itu menunjukkan tidak ada masalah berat dengan pergelangan kakinya dan selanjutnya akan bertemu dengan petenis unggulan ke-14 dari Serbia, Janko Tipsarevic.

"Lapangan terasa lamban. Pukulan kita kurang kencang untuk jenis lapangan rumput. Saya berusaha mengatasinya dan akhirnya saya dapat melakukannya," kata Murray.

"Pergelangan kaki saya sudah terasa baik. Masih ada sedikit nyeri tapi saya kira dari waktu ke waktu akan menjadi semain baik," katanya.

Murray selanjutnya akan bertemu dengan Tipsarevic, yang mengalahkan petenis Amerika Michael Russell 7-6 (7/3), 7-6 (7/5).

Pada pertandingan putaran kedua lainnya, unggulan ke-15 dari Afrika Selatan Kevin Anderson maju ke putaran ketiga melawan juara empat kali Andy Roddick setelah menang 6-2, 6-4 atas petenis muda dari Amerika, Donald Young.

Pemain dari Kroasi, unggulan kedelapan, Marin Cilic dengan mudah maju ke putaran 16 besar dengan kemenangan 6-4, 6-4 atas petenis kualifikasi dari Prancis, Arnaud Clement.

Mantan juara AS Terbuka Juan Martin del Potro menikmati kemenangan 6-4, 6-4 atas pemain dari Rusia, Igor Kunitsyn.

Unggulan kesembilan dari Argentina David Nalbandian mengalahkan pemain kualifikasi dari Serbia Ilija Bozoljac 6-4, 6-4 sedangkan unggula ke-11 dari Brazil Thomaz Bellucci mengalahkan pemain dari Turki, Marsel Ilhan, 6-2, 6-7, 7-6.
(Uu.A008/A011)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tim Terpadu Dikerahkan Untuk Atasi Perambah

Posted: 08 Jun 2011 06:51 PM PDT

Target untuk saat ini memusnahkan pondokan mereka dulu, berikutnya tim terpadu akan melakukan pengawasan ketat agar mereka tidak kembali datang ke kawasan.

Berita Terkait

Video

Lampung Barat (ANTARA News) - Sekitar 160 tim gabungan keamanan dikerahkan untuk menurunkan 1600-an perambah di Kawasan Bukit Nasional Desa Rata Agung, Kecamatan Lemong, Krui, Lampung Barat.

"Tim gabungan yang terdiri dari Balai Konsevasi Sumber Daya Alama (BKSDA), Taman Nasional Way Kambas, Dinas Provinsi dan Kepolisian Lampung Barat, tim inilah yang akan merobohkan gubuk perambah yang ada di kawasan hutan," kata Kepala Seksi III Wilayah Lampung Amri, di Lampung Barat, Kamis (9/6) dini hari.

Menurutnya, sebelum dilakukan pemusnahan permukiman perambah, aparat terkait bekerja sama dengan lembaga swadaya masyarakat (LSM), telah melakukan sosialisasi kepada warga secara persuasif untuk mengosongkan kawasan tersebut.

"Warga sebagian telah mengosongkan kawasan, namun barang milik mereka seperti kopi dan ternak masih banyak yang ditinggal dilokasi," ujar dia.

Amri menjelaskan, kawasan Taman Nasional yang sudah dikuasai perambah mencapai 3000 hektare, lahan itu ditanami hasil bumi seperti kopi dan lada.

"Target untuk saat ini memusnahkan pondokan mereka dulu, berikutnya tim terpadu akan melakukan pengawasan ketat agar mereka tidak kembali datang ke kawasan," kata dia.

Setelah melakukan pemusnahan pondokan, ke depan, menurutnya, tim terpadu akan melakukan pengontrolan secara ketat kawasan.

"Target awal tahun 2011 tim menurunkan perambah dari kawasan dan dilanjutkan dengan menghancurkan tanaman mereka," imbuhnya.

Rencananya, operasi penurunan perambah itu akan dipimpin langsung Kepala Balai Besar TNBBS John Kennedy, didampingi Kapolres Lampung Barat dan Bupati setempat.

"Ini pak John sedang dalam perjalanan menuju lokasi, kemungkinan pagi jam 8 beliau beserta aparat setempat sampai lokasi," katanya.

Luas kawasan TNBBS mencapai 350.860 hektare.

(T.EM*H009) (ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi international.okezone.com

sumber :-

Sindikasi international.okezone.com


6.850 Warga Libya Mengungsi ke Tunisia

Posted: 08 Jun 2011 07:03 AM PDT

TUNIS - Sekira 6.850 orang melarikan diri dari Libya menuju Tunisia. Kekerasan tengah memuncak di Libya, diikuti dengan bombardir dari pesawat tempur Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Jumlah pengungsi yang berasal dari Libya kini meningkat hingga mencapai angka 6.000 orang. Sementara itu, 5.00 orang lainnya juga mendirikan kamp di Qatar.

Kolonel Mokhtar Ben Nasser menyatakan, para pengungsi melarikan dirinya karena takut akan pengeboman dan aktivitas pemberontak di Tripoli. Demikian seperti dilansir dari Irish Sun, Rabu (9/6/2011).

"Di Tripoli, pengeboman saat ini pengeboman masih berlanjut dan milisi simpatisan Khadafi juga masih berpatroli di sekitar distrik untuk mencari musuh yang bersembunyi," ujar Pejabat Militer Tunisia Ras Jedir.(rhs)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Pria Tewas Diinjak Gajah

Posted: 08 Jun 2011 06:12 AM PDT

KARNATAKA - Dua ekor gajah liar menginjak-injak seorang pria hingga tewas dan membantai dua ekor sapi di Mysore, India.

Amukan gajah ini menyebabkan kekacauan dan kepanikan di kota. Pria berusia 55 tahun itu tewas saat ke luar rumahnya dan melihat apa yang tengah terjadi.

Pria itu langsung tewas ketika diinjak gajah yang mengamuk itu. Dua ekor sapi juga terlempar dan mati. Demikian seperti dilansir dari Sky News, Rabu (8/6/2011).

Sekolah dan universitas terpaksa tutup hari dan aparat keamanan ditambah untuk bersiaga di daerah tersebut.

Salah seorang pejabat menyalahkan masyarakat yang membangun perumahan di daerah perhutanan yang merupakan habitat dari gajah tersebut.

"Pelebaran area pertanian dan meningkatnya mobilitas masyarakat serta bertambahnya kendaraan mengganggu habitat gajah dan menyebabkan gajah tersebut mengamuk masuk ke desa," ujarnya.(rhs)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Berita Harian: Dunia

sumber :-

Berita Harian: Dunia


Gaddafi saman NATO

Posted: 08 Jun 2011 03:24 PM PDT

Dunia

KEPULAN asap menjulang selepas kediaman Gaddafi di tengah Tripoli dibom jet NATO. - Foto REUTERS

KEPULAN asap menjulang selepas kediaman Gaddafi di tengah Tripoli dibom jet NATO. - Foto REUTERS

Tuduh serangan terhadap Libya jenayah perang

PARIS: Peguam anak perempuan pemimpin Libya Muammar Gaddafi, Aisha al-Gaddafi, semalam menuduh Pertubuhan Perjanjian Atlantik Utara melakukan jenayah perang apabila serangan udaranya membunuh empat anggota keluarganya akhir April lalu, dengan memfailkan tuntutan saman di Paris dan Brussels.

Saman itu tidak menamakan sesiapa sebagai defendan tetapi mendakwa serangan bom yang dilakukan Tentera Bersekutu berpejabat di Brussels dan Paris sebagai punca jenayah terbabit.

Pegawai pendakwa raya negeri berkata, pihaknya sedang meneliti sama ada satu kes boleh diwujudkan dan proses ini mungkin mengambil masa beberapa minggu. Tentera Bersekutu diketuai NATO melancarkan serangan udara ke atas Libya di bawah resolusi Majlis Keselamatan Pertubuhan Bangsa-Bangsa Bersatu (PBB) dengan matlamat melindungi orang awam daripada tentera Gaddafi.

Serangan udara semalam adalah yang paling hebat dengan lebih 60 bedilan dilancarkan di Tripoli menyebabkan 31 terbunuh.

Salah seorang daripada tiga orang peguam Perancis yang mewakili Aisha, Dominique Atdjian berkata, saman yang dikemukakan di Brussels mendakwa NATO melakukan jenayah perang.

"Dalam saman yang dikemukakan di Paris, Aisha meminta pihak berkuasa kehakiman di Perancis mengenal pasti identiti dan menghukum mereka yang terbabit dalam serangan 30 April sehingga menyebabkan anak bongsu Gaddafi, Seif al-Arab serta tiga cucunya, terbunuh.
Saman itu menyatakan bahawa salah seorang cucu Gaddafi yang terbunuh adalah anak perempuan Aisha.

Wujud laporan bercanggah mengenai sama ada anggota keluarga Gaddafi terbunuh dalam serangan itu. Pegawai Libya berkata, Gaddafi berada di dalam rumah ketika serangan tetapi terselamat.

Sementara itu, Menteri Luar Sepanyol, Trinidad Jimenez berkata, negaranya mengiktiraf Majlis Peralihan Kebangsaan (NTC) di Benghazi sebagai pemerintah Libya yang sah.

"Saya berada di sini (Benghazi) hari ini untuk mengesahkan bahawa NTC adalah pemerintah rakyat Libya yang sah," katanya kepada wartawan.

Negara lain yang sudah berbuat demikian termasuk Amerika Syarikat, Perancis, Britain, Itali, Qatar dan Jordan. – AP


Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Presiden Yaman melecur, timbalan putus sebelah kaki

Posted: 08 Jun 2011 03:23 PM PDT

Dunia

SANAA: Presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh melecur 40 peratus daripada tubuhnya dan mengalami pendarahan otak akibat serangan ke atas istananya minggu lalu.

Keadaan Saleh didedahkan oleh pegawai Amerika Syarikat yang menunjukkan kecederaan yang dialami lebih parah daripada apa yang dilaporkan.

Ketiadaan Saleh yang dirawat di Arab Saudi meningkatkan lagi keganasan di Yaman, apabila tentera kerajaan terus bertempur dengan militan dan puak bersenjata di dua bandar di selatan Sanaa kelmarin. Tentera mendakwa membunuh 30 militan, anggota kumpulan yang mengambil alih bandar Zinjibar minggu lalu.

Tiga hari lalu, Saleh dilaporkan semakin stabil selepas menjalani beberapa pembedahan di Arab Saudi dan dijangka pulang ke negaranya beberapa hari lagi.

Jika Saleh pulang, pertempuran hampir pasti tercetus semula di Sanaa. Jadi, pendedahan pegawai Amerika memberi isyarat Saleh tidak mungkin pulang dalam tempoh terdekat.

Tiga pegawai berkata, Saleh melecur lebih 40 peratus tubuhnya dan mengalami pendarahan otak, manakala pegawai di Yaman memberitahu, Saleh terbakar teruk di bahagian muka, leher dan dada. Satu daripada pembedahan dilakukan bagi membuang serpihan kayu yang tertusuk di dadanya.
Perdana menteri, dua timbalan, speaker dua Dewan Parlimen dan ketua parti memerintah, juga diterbangkan ke Arab Saudi akibat cedera teruk.

Seorang timbalan perdana menteri Rashad al-Alimi dibawa ke negara itu dalam keadaan tidak sedarkan diri dan nasibnya belum diketahui hingga kini.

Seorang lagi timbalan, Sadeq Abu Ras, putus sebelah kaki, manakala gabenor Sanaa yang cedera parah di kaki dan tangan masih koma.

Amerika sebelum ini melahirkan kebimbangan cawangan al-Qaeda di Yaman akan mengambil kesempatan berikutan keadaan huru-hara di negara itu.

Washington dan Arab Saudi berusaha mendesak pegawai Yaman mengambil peluang pemergian Saleh dengan segera memulakan peralihan kuasa dan membentuk kerajaan baru.

Jurucakap Jabatan Negara Amerika, Mark Toner memberitahu wartawan di Washington, duta negara itu di Sanaa sudah bercakap dengan Naib Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi, pemangku jawatan presiden bagi menyatakan pandangan Amerika mengenai isu berkenaan.

Toner bagaimanapun berkata, beliau tidak pasti berapa lama Saleh akan menjalani rawatan di Arab Saudi atau sama ada beliau masih merancang untuk pulang.

Serangan ke atas istana Saleh berlaku selepas dua minggu pertempuran antara tentera kerajaan dan pembangkang daripada kumpulan puak di Sanaa, yang mahu menggulingkan beliau.

Pertempuran menjerumuskan negara itu kepada perang saudara selepas tunjuk perasaan jalanan oleh ratusan ribu penduduk Yaman gagal menggulingkan Saleh yang sudah berkuasa sejak 33 tahun lalu. – AP


Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

detikcom

sumber :-

detikcom


Mesin Rusak, Pesawat Batavia Air Jakarta-Ternate Gagal Terbang

Posted: 08 Jun 2011 12:28 PM PDT

Penerbangan

Rancang Perjalananmu di Sini

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

PKS: Golkar Serius Dorong Ical Jadi Presiden

Posted: 08 Jun 2011 12:03 PM PDT

Penerbangan

Rancang Perjalananmu di Sini

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPAS.com - Nasional

sumber :-

KOMPAS.com - Nasional


Paskah Dituntut Lebih Berat dari Koleganya

Posted: 08 Jun 2011 04:17 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Politisi Partai Golkar, Paskah Suzetta, dituntut hukuman lebih berat dibanding empat koleganya, sesama anggota DPR 1999-2004 yang juga menjadi terdakwa dalam kasus dugaan suap cek pelawat terkait pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia 2004. Paskah dituntut 2,5 tahun penjara, sedangkan empat rekan separtainya yang didakwa satu berkas dengan Paskah, yakni Ahmad Hafiz Zawawi, Marthin Bria Sera, Bobby Suhardiman, dan Anthony Zeidra Abidin, dituntut 2 tahun penjara.

Tuntutan terhadap para politisi Partai Golkar itu dibacakan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Rabu (8/6/2011). "Denda masing-masing Rp 50 juta subsider tiga bulan kurungan," kata jaksa Suwardji.

Menurut Suwarji, tuntutan Paskah lebih berat karena dia tidak mengakui perbuatannya. "Hal-hal yang memberatkan, membuat citra buruk DPR, terdakwa tiga (Paskah) tidak mengakui perbuatannya," ujarnya.

Jaksa Suwarji mengatakan, berdasarkan fakta persidangan, kelima terdakwa terbukti menerima hadiah yang berkaitan dengan jabatannya. Mereka terbukti menerima traveller's cheque atau cek pelawat Bank Internasional Indonesia setelah melakukan pemilihan DGS BI 2004 yang dimenangkan Miranda Goeltom. Dengan demikian, kata Suwarji, patut diduga penerimaan cek pelawat tersebut berkaitan dengan pemilihan DGS BI.

"Ada kaitannya dengan jabatan, bertentangan dengan jabatan terdakwa sebagai anggota DPR," katanya. Perbuatan kelima politisi itu, lanjut Suwarji, merupakan tindak pidana korupsi seperti yang diatur dalam Pasal 11 Undang-Undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana tercantum dalam dakwaan kedua.

Menanggapi tuntutan, Paskah dan kawan-kawan akan mengajukan nota pembelaan atau pleidoi yang akan dibacakan pada Senin (13/6/2011). Seusai persidangan, Paskah mengungkapkan bahwa konstruksi hukum dalam perkara yang menjeratnya itu tidak sesuai dengan perundang-undangan. Hingga kini pihak yang diduga memberi sejumlah cek pelawat kepada anggota DPR 1999-2004 itu belum disidang.

"Nunun Nurbaeti tidak bisa dihadirkan di persidangan. Kedua, apa yang perlu dijawab adalah hubungan TC (traveller's cheque) ini dengan Miranda? Tidak ada persekongkolan, tidak ada rapat poksi, ini yang harus dijawab," kata Paskah.

Dalam kasus dugaan suap cek pelawat, sebanyak 26 politisi DPR 1999-2004 ditetapkan sebagai tersangka. Sebanyak 24 di antaranya menjalani proses persidangan di Pengadilan Tipikor. Dalam dakwaan disebutkan bahwa cek pelawat berasal dari Nunun Nurbaeti melalui Arie Malangjudo.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Baharuddin Dituntut Lebih Berat

Posted: 08 Jun 2011 03:47 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Politisi Partai Golkar, Baharuddin Aritonang, terdakwa dalam kasus dugaan suap cek perjalanan terkait pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia 2004, dituntut hukuman lebih berat daripada tiga koleganya.

Anggota DPR periode 1999-2004 itu dituntut 2,5 tahun penjara karena dinilai terbukti melakukan tindak pidana korupsi. Sementara empat koleganya, yakni Asep Ruchimat, Teuku Muhammad Nurlif, Hengky Baramuli, dan Reza Kamarullah, masing-masing dituntut 2 tahun penjara.

Tuntutan tersebut dibacakan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Rabu (8/6/2011).

"Dikurangi masing-masing selama berada di tahanan serta denda Rp 50 juta subsider 3 bulan kurungan," ujar jaksa Anang Supriatna.

Menurut Anang, tim jaksa penuntut umum menjatuhkan pidana lebih berat kepada Baharuddin karena dia tidak mengakui perbuatannya.

Jaksa Suwarji mengatakan, berdasarkan fakta persidangan, kelima terdakwa terbukti menerima hadiah yang berkaitan dengan jabatannya. Mereka terbukti menerima traveller's cheque atau cek pelawat Bank Internasional Indonesia, setelah melakukan pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia tahun 2004 yang dimenangkan oleh Miranda Goeltom.

Menurut Suwarji, patut diduga penerimaan cek pelawat tersebut berkaitan dengan pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia. "Ada kaitannya dengan jabatan, bertentangan dengan jabatan terdakwa sebagai anggota DPR," katanya.

Perbuatan kelima politisi itu, lanjut Suwarji, merupakan tindak pidana korupsi seperti yang diatur dalam Pasal 11 Undang-Undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Perbuatan tersebut membuat citra buruk DPR, tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas korupsi, tidak mengakui perbuatan (untuk Baharuddin)," ujarnya.

Selain itu, jaksa meminta agar majelis hakim memutuskan untuk merampas uang dari Reza Kamarullah senilai Rp 260 juta dan dari Hengky Baramuli senilai Rp 350 juta.

Seusai persidangan, Anang Supriatna menjelaskan alasan perampasan uang dari Hengky dan Reza. Menurut dia, Henky dan Reza saat tuntutan disusun belum mengembalikan sisa nilai cek pelawat yang diterimanya.

"Hengky terima Rp 450 juta, sudah dikembalikan Rp 100 juta, Reza terima Rp 500 juta, sudah dikembalikan 240 juta," katanya.

Namun, saat tuntutan dibacakan hari ini, menurut Anang, sisa uang tersebut sudah dikembalikan keduanya.

Sementara terdakwa lainnya, yakni Asep Ruchimat dan Teuku M Nurlif, sudah mengembalikan cek pelawat yang mereka terima, masing-masing Rp 150 juta dan Rp 550 juta. Sementara Baharuddin tidak mengakui perbuatannya sehingga tidak mengembalikan cek pelawat. Dalam dakwaan, Baharuddin disebutkan menerima Rp 150 juta.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi celebrity.okezone.com

sumber :-

Sindikasi celebrity.okezone.com


Iyut Bing Slamet Dijebak!

Posted: 08 Jun 2011 10:01 AM PDT

JAKARTA - Perlahan kasus Iyut Bing Slamet mulai terkuak. Mantan penyanyi cilik ini yakin bila dirinya dijebak oleh pihak kepolisian terkait kasus narkoba. Hal tersebut diungkapkan dirinya di PN Jakarta Barat, Grogol, Jakarta Barat, Rabu (8/6/2011).

"Saya ditelepon Hamdan (BNN) untuk datang ke hotel itu. Ketika saya sampai, Hamdan telepon Ipung. Dua jam kemudian saya disuruh menemui Ipung untuk mengambil barang itu, dan saya ke kamar. Tidak berapa lama polisi masuk. Saya padahal belum memakainya, saya digiring ke BNN," cerita Iyut.

Agenda persidangan kali ini adalah pemeriksaan terdakwa (Iyut). Adik kandung Uci Bing Slamet ini menegaskan jika keyakinannya semakin kuat terhadap teman barunya, yakni Hamdan, setelah ia menyadari saat polisi melakukan penggerebekan.

"Saya mengenal hamdan baru dari teman saya. Sebelumnya, seminggu sebelum ketangkep saya memakai dan sama Hamdan. Saat saya dites, urin positif. Itu ada hasil saya seminggu lalu pakai, saat ditangkap saya sama sekali nggak make," jelasnya.

Iyut pun membantah dengan keras apabila perempuan berkacamata ini bukanlah orang yang mempunyai rencana untuk mendapatkan barang haram berjenis sabu-sabu. "Saya sama sekali enggak mengeluarkan uang, semua Hamdan yang mengurus," tegasnya.(uky)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

"Aa Gatot Hambat Peluang Anggota Parfi"

Posted: 08 Jun 2011 09:54 AM PDT

JAKARTA - Mantan Ketua Umum Parfi Jenny Rachman menganggap dengan kemenangan Aa Gatot Brajamusti dalam Kongres Parfi ke-14 telah menutup kesempatan anggota Parfi lain untuk menduduki kursi ketua.

"Dia (Aa Gatot) ditunjuk dan dipercaya oleh anggota Parfi sebagai  ketua panitia penyelenggara kongres Parfi. Tapi kenyataannya beliau tidak menjalankan amanah. Sangat disayangkan kongres Parfi kemarin itu sebagai ajang premanisme. Ada ambisi-ambisi dia untuk menggunakan hak suaranya, yaitu untuk memanipulasi keanggotaan untuk tujuan dipilih. Hal ini jadi menutup peluang bagi teman-teman artis lain yang ingin mencalonkan diri," ucap Jenny, ditemui di Polda Metro Jaya, Selasa (8/6/2011).

Lantaran Aa Gatot diduga memalsukan data dalam formulir pendaftaran calon Ketua Parfi, Jenny didampingi kuasa hukum Kartika Yosodiningrat melaporkan Aa dan dikenai pasal 263 KUHP tentang pemalsuan surat.

"Kita laporkan sesuai pasal 263 KUHP tentang pemalsuan surat, karena di situ ada keterangan yang tidak benar. Di dalam formulir dia mencontreng sebagai anggota biasa karena anggota biasa sudah ditentukan oleh AD/ART Parfi. Di dalam formulir juga ditulis beberapa film yang pernah dia perankan, namun itu tidak benar," papar Kartika.

Atas aduan Jenny itu, Aa Gatot terancam hukuman 6 tahun penjara.(uky)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS