ANTARA - Berita Terkini

sumber :-

ANTARA - Berita Terkini


Pemilu Kamboja siap digelar Minggu

Posted: 27 Jul 2013 01:44 AM PDT

Phnom Penh (ANTARA News) - Pemilihan parlemen kelima Kamboja siap digelar pada Minggu, demikian disampaikan seorang pejabat Komisi Pemilihan Nasional (NEC).

"Kami sudah siap untuk pemilu pada Minggu," kata Tep Nytha, sekretaris jenderal NEC, mengatakan dalam satu konferensi pers.

Delapan partai politik akan bersaing untuk memperebutkan 123 kursi di parlemen. Di antaranya adalah dua partai utama - Partai Rakyat Kamboja yang berkuasa lama dipimpin Perdana Menteri Hun Sen dan oposisi Partai Penyelamatan Nasional Kamboja dipimpin Sam Rainsy yang baru diampuni.

Sam Rainsy kembali ke Kamboja Jumat lalu setelah tinggal hampir empat tahun di pengasingan di Prancis untuk menghindari hukuman penjara 11 tahun atas tuduhan disinformasi dan perusakan properti publik.

Ia kembali pulang setelah Raja Norodom Sihamoni memberikan kepadanya pengampunan raja atas permintaan Hun Sen.

Enam partai lainnya termasuk royalis Partai Funcinpec yang dipimpin oleh Putri Norodom Arun Rasmey, putri bungsu mendiang Raja Norodom Sihanouk, Liga untuk Demokrasi, Partai Kebangsaan Kamboja, Partai Republik Demokrat, Partai Anti-Kemiskinan Khmer, dan Partai Pembangunan Ekonomi Khmer.

Xinhua melaporkan sekitar 9.670.000 pemilih akan memberikan suara mereka di 19.009 TPS nasional, kata NEC.

Sekitar 40.142 pengamat nasional dan 291 pemantau internasional juga telah terdaftar pada NEC untuk pemilu.

Para pengamat nasional berasal dari 35 asosiasi dan organisasi non-pemerintah, sementara pengamat internasional dari negara-negara termasuk anggota ASEAN, Rusia, Selandia Baru, India, Korea Selatan, Australia, Timor-Leste, Prancis, Amerika Serikat dan Inggris , serta organisasi-organisasi internasional seperti Misi Pemantauan Pemilu Eropa.

Letjen Kirt Chantharith, juru bicara Kepolisian Nasional, mengatakan sekitar 70.000 personel keamanan akan dikerahkan selama hari pemilihan untuk menjamin keamanan dan ketertiban umum.

"Tiga personel keamanan dengan senapan berisi 30-peluru akan ditempatkan di setiap TPS," katanya dalam konferensi pers baru-baru ini.

Menjual dan minum semua jenis alkohol dilarang selama dua hari - hari sebelum Hari Pemilihan dan pada hari pemilihan, menurut arahan pemerintah.

"Untuk memastikan pemilu yang bebas, adil, non-kekerasan, dan tidak ada intimidasi pada pemilu 28 Juli, pedagang dan pengecer harus menangguhkan penjualan alkohol dan semua warga Kamboja serta asing yang tinggal di Kamboja harus berhenti minum alkohol pada hari-hari yang dilarang itu," kata arahan yang ditandatangani oleh PM Hun Sen.

Dikatakan, larangan dibuat sesuai dengan UU Pemilu, ditujukan untuk mencegah kekerasan, kecelakaan lalu lintas, pelanggaran atau gangguan sosial yang bisa timbul dari akibat minum alkohol.


Penerjemah: Askan Krisna

Sebuah bom perang dunia II ditemukan di sungai Rusia

Posted: 27 Jul 2013 01:12 AM PDT

Veliky Novrogord (ANTARA News) - Seorang pria yang yang pergi memancing di sebuah sungai di barat laut Rusia, Wilayah Novgorod, menemukan sebuah bom aktif seberat 100 kilogram sisa Perang Dunia II.

Bom, yang telah terbaring di tepi sungai sekitar 200 meter dari daerah perumahan itu, berhasil dijinakkan oleh regu tentara ahli amunisi, kata Kementerian Situasi Darurat dalam sebuah pernyataan online, dan menambahkan bahwa tidak ada yang terluka.

Wilayah Novgorod mengalami pertempuran sengit selama perang, dan sejumlah besar amunisi yang tidak meledak diyakini masih tetap berada di bekas medan perang.

Lebih dari 50.000 amunisi tersebut telah ditemukan di wilayah itu sejak tahun 1998, demikian laporan RIA Novosti.


Penerjemah: Askan Krisna

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 ulasan:

Tanpa Nama berkata...

It's fantastic that you are getting ideas from this post as well
as from our argument made at this time.

Feel free to surf to my web page ... изъебнуться

Catat Ulasan