Sindikasi news.okezone.com

sumber :-

Sindikasi news.okezone.com


Syamsul Arifin Minta Izin Berobat ke Singapura

Posted: 05 Jun 2011 10:58 PM PDT

JAKARTA - Kuasa Hukum tersangka dugaan korupsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Langkat Gubernur Sumatera Utara Samsul Arifin, Rudi Alfonso memohon kepada mejelis hakim agar kliennya diizinkan berobat ke Singapura.

"Pihak rumah sakit menyarankan terdakwa untuk ke rumah sakit di luar negeri, di Singapura. Sudah ada konfirmasi, dan saran dari dokter Antono Sutandar," ujar Rudi di hadapan majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (6/6/2011).

Untuk menguatkan majelis hakim, pihak kuasa hukum juga melampirkan foto terkini dari terdakwa yang saat ini tengah dirawat di Rumah Sakit Harapan Kita karena menderita penyakit ginjal, jantung, dan diabetes.

"Nyawa beliau harus diselamatkan. Penetapan bagaimana nanti, pertimbanganya harus selamatkan dulu nyawanya. Kalau ada apa-apa dengan terdakwa siapa yang mau disalahkan," kata Rudi kepada wartawan usai sidang.

Rudi menjelaskan, kliennya mengalami pendarahan saat dipasangi alat pacu jantung dan hal itu berpotensi infeksi. Hingga saat ini, lanjutnya, kondisinya kurang baik. Rencananya, Syamsul Arifin akan dirawat di Gleneagles Hospital Singapura. 

Menanggapi permohonan dari kuasa hukum terdakwa, Majelis Hakim yang diketuai oleh Tjokorda perlu untuk menghadirkan dokter pribadi terdakwa.  
 
"Setelah majelis mencermati permohonan, majelis memandang perlu untuk menghadirkan dokter yang menangani terdakwa dalam agenda sidang besok pukul 12.00," tutur Tjokorda.

Seperti diketahui, Gubernur Sumatera Utara Syamsul Arifin diancam hukuman 20 tahun penjara karena diduga melakukan penyalahgunaan wewenang dalam dugaan korupsi dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Langkat tahun 2000-2007. Kala itu, Syamsul menjabat sebagai Bupati Langkat.

Dalam dakwaannya, Jaksa Penuntut Umum Chatarina Girsang mengatakan Syamsul didakwa dengan dakwaan primer Pasal 2 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Sementara dakwaan subsidernya mengacu pada Pasal 3 UU yang sama. "Terdakwa Syamsul, baik sendiri maupun bersama-sama telah memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu koorporasi melalui pengeluaran-pengeluaran sebagian dana dari kas daerah Kabupaten Langkat selama periode 2000-2007," katanya dalam persidangan sebelumnya.

Syamsul juga telah melakukan tindak pidana korupsi bersama-sama dengan Kepala Pemegang Kas Pemkab Langkat Buyung Ritonga, Kabag Keuangan Surya Jahisa, Plt Kagab Keuangan Aswam Supri dan Taufik.

Akibatnya, negara telah dirugikan hingga Rp97,8 miliar. Syamsul disebut telah memerintahkan bawahannya untuk mencairkan kas daerah Kabupaten Langkat selama 2000-2007.

Uang tersebut diduga digunakan untuk kepentingan pribadi dan digelontorkan kepada anggota keluarganya, seperti istrinya, Fatimah Habibi; anaknya, Aisia Samira dan Beby Arbiana, Syah Afandin/Ondim; dan Adiknya Lela Wongso atau Ilel; keponakannya, Noor Jigan, serta ibunya.
(ram)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

MA Akan Evaluasi Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat

Posted: 05 Jun 2011 10:53 PM PDT

JAKARTA - Mahkamah Agung mengaku sangat terpukul dengan kasus yang menjerat hakim Syarifuddin. Pasalnya, kasus tersebut telah mencoreng nama dunia peradilan yang saat ini sedang terus dibenahi lembaga tersebut.
 
Atas kejadian ini, MA akan melakukan pengevaluasian terhadap pimpinan hakim Syarifuddin di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.
 
"Pasti akan ada evaluasi terhadap itu (Evaluasi Ketua PN Jakpus Syahrial Sidik). Pimpinan di Jakarta tidak boleh lama. Evaluasi ini juga penting apalagi dengan adanya kejadian seperti ini (kejadian kasus hakim Syarifuddin)," kata Ketua MA Harifin A Tumpa saat konferensi pers terkait nasib hakim Syarifuddin di MA (6/6/2011).
 
Harifin pun memberi peluang pada Komisi Pemberantasan Korupsi untuk mengungkap kasus hakim Syarifuddin secara menyeluruh. MA, kata Harifin, akan memberi dukungan kepada KPK untuk memeriksa siapa saja yang memang perlu dimintai keterangan.
 
"pakah Ketua PN-nya (Ketua PN Jakarta Pusat), bahkan kalau ada hakim agung yang terlibat misalnya, saya persilakan untuk diusut karena ini adalah momen kita membersihkan peradilan dari oknum yang tidak baik," ujarnya.
 
Dalam kesempatan tersebut, Harifin juga mengatakan, Ketua MA sudah menandatangani Surat Keputusan tentang penonaktifan Syarifuddin sebagai hakim PN Jakpus.
 
Selama dinonaktifkan, Syarifuddin tetap mendapat gaji 50%, namun Syarifuddin tidak mendapatkan tunjangan dan juga remunerasi. Langkah penonaktifan tersebut sesuai dengan undang-undang yang berlaku. 
 
Harifin mengatakan, jika nantinya oleh pengadilan, Syarifuddin dinyatakan bersalah, maka Syarifuddin otomatis akan dipecat. Diketahui, Syarifuddin ditangkap KPK pada Rabu pekan lalu. Syarifuddin diduga terkait suap dalam perkara niaga.
 

(Kholil Rokhman/Koran SI/abe)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPAS.com - Internasional

sumber :-

KOMPAS.com - Internasional


Dipindah dari RS, Mladic Mulai Huni Sel

Posted: 06 Jun 2011 02:13 AM PDT

Kejahatan Perang

Dipindah dari RS, Mladic Mulai Huni Sel

Kistyarini | Senin, 6 Juni 2011 | 09:13 WIB

DEN HAAG, KOMPAS.com - Mantan panglima Serbia Bosnia Ratko Mladic yang menghadapi tuduhan kejahatan perang di Den Haag, Belanda, telah dipindahkan dari rumah sakit penjara ke dalam sel, kata pengacaranya Milos Saljic, Minggu (5/6/2011).

Dia diyakini memerintahkan pembantaian 8.000 warga muslim Bosnia di Srebrenica pada 1995, kekejaman tunggal terburuk di Eropa sejak Perang Dunia II.

Mladic (68) ditangkap di Serbia pada 26 Mei lalu setelah 16 tahun dalam pelarian. Dia kemudian di ektradisi ke Den Haag untuk menghadapi persidangan di Pengadilan Kriminal Internasional untuk Bekas Yugoslavia (ICTY).

Mladic dan keluarganya mengeluhkan kondisi kesehatannya yang buruk. Namun dokter pengadilan di Beograd menyimpulkan kondisi Mladic memungkinkan untuk melakukan perjalanan ke Den Haag. Di kota itu lelaki yang dijuluki Penjagal Bosnia itu dimasukkan ke rumah sakit penjara.

Menurut Saljic, kondisi kliennya tidak berubah. Sebelumya, dia mengatakan sakit Mladic cukup parah sehingga kemungkinannya untuk hidup hingga persidangan selesai cukup kecil.

Mladic akan diadili atas kejahatan perang dan genosida selama Perang Bosnia 1992-1995.

Dia diyakini memerintahkan pembantaian 8.000 warga muslim Bosnia di Srebrenica pada 1995, kekejaman tunggal terburuk di Eropa sejak Perang Dunia II.

 

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Israel Bunuh 12 Warga Arab di Golan

Posted: 06 Jun 2011 01:55 AM PDT

Israel Bunuh 12 Warga Arab di Golan

Kistyarini | Senin, 6 Juni 2011 | 08:55 WIB

AP

Tentara Israel

TERKAIT:

DAMASKUS, KOMPAS.com — Militer Israel membunuh 12 warga Arab, termasuk seorang anak, dan melukai sedikitnya 220 orang ketika berusaha menyerbu garis gencatan senjata pada peringatan 44 tahun Perang Enam Hari Arab-Israel di Dataran Tinggi Golan, Minggu (5/6/2011),  demikian televisi pemerintah Suriah melaporkan.

Sehari sebelumnya diputuskan untuk menunda demonstrasi mengingat situasi saat itu dan kepentingan nasional semua pihak. Pada saat yang sama Front Pembebasan Palestina, kelompok militan, juga menunda aktivitasnya.

Pada tengah hari sekelompok kecil demonstran muda Palestina dan Suriah melanggar garis gencatan senjata antara Israel dan Suriah di Dataran Tinggi Golan. Prajurit Israel melepaskan tembakan. Siaran pers Tentara Pertahanan Israel mengatakan, militer telah menembakkan tembakan peringatan untuk menghentikan para demonstran.

Perang Enam Hari terjadi pada 5-10 Juni 1967 mengakibatkan Israel merebut kontrol Dataran Tinggi Golan dari Suriah, yang tetap menjadi pusat konflik Israel-Suriah.      Pekan lalu, sebuah organisasi pemuda Arab menyerukan beberapa pengungsi Palestina yang tinggal di Suriah dan Lebanon mengatur barisan untuk kembali ke wilayah yang diduduki pada hari Minggu.

Sehari sebelumnya diputuskan untuk menunda demonstrasi mengingat situasi saat itu dan kepentingan nasional semua pihak. Pada saat yang sama Front Pembebasan Palestina, kelompok militan, juga menunda aktivitasnya. Namun, beberapa bus penuh dengan anak-anak Palestina dan Suriah tiba di Dataran Tinggi Golan  pada Minggu pagi. Rombongan ini kemudian dihentikan oleh Suriah. Beberapa anak muda berhasil melalui garis gencatan senjata dan bergabung dengan beberapa penduduk Suriah dan bentrok dengan  pasukan Israel.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Mancanegara

sumber :-

ANTARA - Mancanegara


Mesir Peroleh Pinjaman IMF 3 Miliar Dolar

Posted: 05 Jun 2011 08:32 PM PDT

IMF (REUTERS)

Berita Terkait

Video

Kairo (ANTARA News) - Dana Moneter Internasional (IMF) memberikan pinjaman kepada Mesir sebesar tiga miliar dolar AS selama 12 bulan guna membantu pemulihan ekonomi negara itu, Menteri Keuangan Samir Radwan mengumumkan, Minggu.

"Mesir mengumumkan pada akhir perundingan dengan IMF dan menyudahi perjanjian dengan dana tersebut diharapkan dapat melancarkan kembali ekonomi Mesir," kata Radwan kepada pers.

Dua pihak menyepakati "pinjaman tiga miliar dolar selama 12 bulan...dengan tingkat suku bunga 1,5 persen," katanya, seraya menambahkan bahwa pinjaman itu akan membantu menutupi sebagian dari defisit anggaran yang mencapai 28 miliar dolar.

Pinjaman yang diberikan kepada Mesir itu dengan masa tenggang tiga tahun tiga bulan.

Ekonomi Mesir, yang tergantung terutama pada sektor pariwisata, nampaknya mengalami penurunan drastis dalam kedatangan wisatawan dan mendekati pertumbuhan ekonomi nol persen selama dan sesudah tergulingnya mantan presiden Mesir Hosni Mubarak pada Februari lalu.

Puluhan dari ribuan pekerja Mesir di Libya, yang mengirim uang ke keluarga-keluarga mereka di Mesir, juga telah melarikan diri akibat konflik di negara tetangga Afrika Utara itu.

IMF mengatakan pada 12 Mei lalu pihaknya menerima permintaan pinjaman dari Mesir.

Mesir, yang diperkirakan memerlukan antara 10 hingga 12 miliar dolar dalam pendanaan internasional untuk mempertahankan ekonomi negara itu tetap berlangsung sampai pertengahan 2012, memperoleh pinjaman senilai 6 miliar dolar dari IMF dan Bank Dunia.

Kairo juga mengatakan bahwa dua negara Teluk juga akan membantu mendorong ekonomi Mesir.

Arab Saudi menjanjikan empat miliar dolar berupa bantuan dalam bentuk hibah dan pinjaman jangka panjang, sementara Qatar menjanjikan investasi 10 miliar dolar, menurut para otoritas Mesir.

"Perjanjian antara Mesir dan IMF sangat positif. Mesir menyatakan bahwa pinjaman tersebut diperlukan untuk mendanai defisit anggarannya di bawah persyaratan sangat banyak, terutama masa tenggang dan juga tingkat suku bunga," kata Mahmud Abdel Fadil, profesor pada Cairo University.

IMF mengatakan dalam sebuah laporan kepada para pemimpin pertemuan G8 di Prancis bulan lalu bahwa pihaknya telah mempersiapkan pinjaman sekitar 35 miliar dolar AS kepada negara pengimpor minyak di Timur Tengah dan Afrika Utara.

"Perjanjian kami dengan Mesir adalah langkah lanjutan terhadap bantuan ini," kata John Lipsky, pejabat direktur pelaksana IMF.

Dalam suatu pernyataan Minggu, Lipsky menyambut baik komitmen Mesir "untuk melanjutkan perubahan dan reformasi struktural."
(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Perang Libya Kian Jauh Dari Hukum

Posted: 05 Jun 2011 08:30 PM PDT

Pengungsi Libya tiba di perlintasan perbatasan Libya-Tunisia di Dehiba, Kamis (19/5). Perkiraan 20.000 pengungsi mendapatkan tempat perlindungan di Dehiba, sebuah kota perbatasan dengan 5.000 jiwa. (FOTO ANTARA/REUTERS/Anis Mili/djo/11)

Lalu mengapa pemberontak tertarik untuk memperoleh dukungan Israel, dan menegaskan mereka akan mengakui keberadaan Israel sebagai negara segera setelah mereka mengambil-alih kekuasaan?

Berita Terkait

Video

Jakarta (ANTARA News) - Tindakan Amerika Serikat dan sekutunya melalui perhimpunan NATO untuk campur-tangan dalam kemelut di Libya dengan alasan "mencegah pembunuhan terhadap warga sipil", bergeser kian jauh dari rangkulan hukum.

Sementara itu waktu yang diberikan kepada Presiden AS Barack Obama untuk melancarkan serangan ke Libya selama 60 hari sudah berakhir pada 22 Mei. Sejak itu perang di Libya telah dipertanyakan keabsahannya, bahkan menurut penilaian asli para pembela Obama sendiri.

Gedung Putih, yang berusaha membenarkan perang tidak sah di Libya, menurut Glenn Greenwald di dalam tulisan di Information Clearing House, berkilah bahwa aksi militer AS di Libya terlalu kecil dan terbatas untuk jadi "perang sesungguhnya" berdasarkan Undang-Undang Dasa dan War Powers Resolution (WPR).

Padahal aksi AS dan sekutunya di Libya bertujuan menghancurkan angkatan perang asing dan menggulingkan seorang pemimpin negara merdeka yang berdaulat.

Selanjutnya presiden AS berusaha memperoleh resolusi dari Kongres guna menyetujui perang tersebut. Namun pengesahan itu tak kunjung diperoleh, dan sekarang Kongres AS malah kian dekat dengan tindakan yang justru bertentangan: mensahkan rancangan tak memihak yang menentang perang tersebut.

Setelah 74 hari --serangan atas Libya dimulai pada Sabtu, 19 Maret 2011 dengan dasar Resolusi Dewan Keamanan PBB 1973 mengenai zona larangan terbang di Libya-- pasukan AS bergabung dalam operasi militer di Libya, Presiden Obama kelihatannya mulai kehilangan i`tikad baik mengenai Capitol Hill.

Sekelompok anggota konservatif dan liberal --yang membangkang terhadap pemimpin partai mereka-- mendukung satu rancangan guna menarik militer AS dari operasi di Libya.

Anggota kubu koservatif menyampaikan dukungan bagi rancangan itu dalam satu pertemuan tertutup, tapi pemungutan suara tak dilakukan.

Melancarkan perang selama 74 hari tanpa persetujuan Kongres dipandang cukup tidak sah, dan melakukannya ketika ada gerakan tak memihak yang kian besar di Kongres "mengharuskan diakhirinya perang tersebut" lebih buruk lagi.

Amerika Serikat pada penghujung Maret mengambil-alih komando atas serangan terhadap Libya dari Amerika Serikat.

Sementara itu, Moskow menyampaikan kekhawatiran mengenai penggunaan kekuatan NATO yang tak proporsional di Libya dan dukungan yang jelas perhimpunan itu kepada satu pihak dalam konflik di negara itu, kata Wakil Perdana Menteri Rusia Sergei Ivanov, Ahad (5/6).

Moskow prihatin atas makin meningkatnya penggunaan kekuatan militer yang tidak proporsional di negara tempat sifat dan parameter gangguan dari luar telah dengan jelas ditetapkan oleh keputusan-keputusan PBB, kata Ivanov.

Dewan Keamanan PBB mensahkan resolusi mengenai zona larangan terbang di Libya pada 17 Maret, yang membuka jalan bagi operasi militer terhadap pemimpin Libya Muammar Gaddafi --yang diperangi sejak dua hari setelah resolusi tersebut disahkan. Perintah operasi itu bergeser dari koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat kepada NATO pada akhir Maret.

Dengan mendukung resolusi Dewan Keamanan PBB di Libya, maka Rusia berangkat dari kenyataan bahwa itu ditujukan "untuk memperkuat perdamaian dan mencegah peningkatan konflik serta kematian warga sipil", katanya.

"Kami percaya bahwa semua pihak dalam konflik harus menyelesaikan perselisihan Libya secara damai melalui dialog, sehingga PBB dan organisasi regional harus memainkan peran masing-masing," kata Ivanov sebagaimana dikutip kantor berita transnasional.

Pemberontakan yang dimulai pada pertengahan Februari di Libya terhadap kekuasaan Gaddafi selama 40 tahun itu telah merenggut ribuan nyawa, dengan pasukan Gaddafi mempertahankan kemampuan tempur mereka meskipun serangan udara Pakta Pertahanan Atlantik Utara bertubi-tubi terhadap mereka.

Dan kini tanda-tanya mencuat, berdasarkan resolusi PBB yang manakah NATO mendapat hak untuk membunuh warga sipil? Mengapa NATO membunuh seorang putra pemimpin Libya Muamar Gaddafi dan tiga cucunya kalau persekutuan Barat itu bermaksud menerapkan zona larangan terbang untuk melindungi warga sipil? Mengapa tak ada pertanggungjawaban atas meninggalnya anak kecil yang tak berdosa? Mengapa tak seorang pun menyebut Obama, Perdana Menteri Inggris David Cameon dan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy pembunuh anak kecil berdarah dingin?

Mengapa pula NATO berusaha membunuh Kolonel Gaddafi? Mengapa para pemimpin aksi penyembelihan itu mengubah nada mereka, yang dimulai dengan pengumuman "ini bukan bertujuan menggulingkan Gaddafi" (Cameron) sekarang jadi "menggambarkan pemimpin Libya tersebut sebagai sasaran yang sah"? Mengapa NATO, seperti yang dilakukannya di Irak, mengincar bangunan sipil dengan peralatan militer?

Mengapa personel NATO berada di darat padahal perhimpunan pertahanan Atlantik Utara itu tak diizinkan mengerahkan prajurit? Mengapa tentara bayaran Barat dikerahkan ke dalam wilayah Libya?

Kini mulai beredar pendapat bahwa perang Barat di Libya tidak sah. NATO bersama melakukan kejahatan perang. NATO mesti menghentikan aksi sekarang dan membiarkan rakyat Libya menyelesaikan masalah mereka sendiri.

Juga ada pendapat bahwa NATO mesti dilarang dalam proses pembangunan kembali di negara Afrika tersebut. NATO bahkan dikatakan mesti dilarang dari wilayah Afrika. Benua Afrika mesti mempertimbangkan kembali sikapnya dengan mereka yang mengganyang seorang putra Afrika dan menandatangani kontrak dengan anggota progresif di masyarakat internasional.

Seluruh bencana itu ialah mengenai menghancurkan Uni Afrika dan menerapkan AFRICOM (United States Africa Command) --pengambilalihan Afrika dan sumber dayanya oleh Amerika Serikat, dan menemukan pasar baru bagi semua lobinya. Semua yang mendukung pemberontak terhadap Gaddafi dipandang telah terjerat umpan.

Hubungan dengan Al-Qaida

Sementara itu komandan pemberontak Libya Abdel-Hakim Al-Hasidi telah mengatakan "kaum jihad" yang berperang melawan tentara di Irak berada di garis depan dalam perang melawan rejim Muamar Gaddafi.

Dalam wawancara dengan harian Italia Il Sole 24 Ore, Al-Hasidi --sebagaimana dilaporkan kantor berita transnasional-- mengakui ia telah merekrut "sebanyak 25 orang" dari daerah Derna di Libya timur guna memerangi tentara koalisi di Irak. Sebagian dari mereka "sekarang berada di garis depan di Ajdabiya" di bagian timur-laut Libya.

Al-Hasidi berkeras petempurnya "adalah patriot, dan bukan teroris", tapi menambahkan anggota "Al-Qaida juga adalah orang Muslim yang baik dan berperang melawan penyebu".

Pengakuannya disampaikan bahkan saat Idriss Deby Itno, Presiden Chad, mengatakan Al-Qaida telah berhasil menjarah simpanan militer di daerah pemberontak Libya dan membawa kabur senjata "termasuk rudal permukaan-ke-udara, yang kemudian diselundupkan ke tempat persembunyian mereka".

Al-Hasidi sebelumnya juga mengakui ia telah memerangi "serbuan asing" di Afghanistan, sebelum "ditangkap pada 2002 di Peshawar, Pakistan". Ia belakangan diserahkan kepada AS, lalu ditahan di Libya sebelum dibebaskan pada 2008.

Menurut sumber pemerintah Inggris dan AS, Al-Hashidi dulu adalah anggota Kelompok Perjuangan Islam Libya, LIFG, yang menewaskan puluhan prajurit Libya dalam berbagai serangan gerilya di sekitar Derna dan Benghazi pada 1995 dan 1996.

Sekalipun LIFG bukan bagian dari organisasi Al-Qaida, akademi militer Amerika di West Point telah menyatakan kedua organisasi tersebut memiliki hubungan kerja sama yang kian berkembang. Pada 2007, dokumen yang disita oleh pasukan sekutu dari kota kecil Sinjar, barat-laut Irak, memperlihatkan anggota LIFG terdiri atas kelompok terbesar kedua petempur asing di Irak, setelah Arab Saudi.

Awal Mei, Al-Qaida mengeluarkan seruan kepada semua pendukungnya untuk membantu pemberontakan di Libya, yang dikatakannya akan menghasilkan penerapan "hukum Syari`ah" di negeri itu.

Pemeluk agama Islam di Inggris juga telah mendukung pemberontak tersebut, dan mantan pemimpin Al-Muhajirun, yang dilarang, menyatakan kekuatan mereka telah mengguncang musuh.

Sementara upaya gencatan senjata dan penengahan seperti "Peta Jalan" yang diusulkan oleh Uni Afrika melalui Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mengalami kegagalan, seorang penulis Prancis, Bernard Henry Levy, mengumumkan pada akhir Maret ia mengirim surat dari para pemimpin pemberontak Libya kepada perdana menteri Israel. Surat itu berisi pernyataan para pemimpin pemberontak Libya akan mengupayakan hubungan diplomatik dengan negara Yahudi, kalau mereka berkuasa.

Tindakan tersebut, yang kelihatannya akan sulit diterima di dunia Muslim, juga dengan jelas memperlihatkan pemisahan diri Dewan Peralihan Nasional dari pemerintah Gaddafi --yang tak memiliki hubungan diplomatik apa pun dengan Israel.

Di Afrika, lima negara lain secara resmi tak mengakui Israel sebagai negara atau memiliki hubungan diplomatik dengannya. Kelima negara itu adalah Aljazair, Komoro, Djibouti, Somalia, dan Sudan, sementara di Timur Tengah Irak, Lebanon, Kuwait, Arab Saudi, Suriah, Yaman dan Uni Emirat Arab memiliki pendirian serupa.

Lalu mengapa pemberontak tertarik untuk memperoleh dukungan Israel, dan menegaskan mereka akan mengakui keberadaan Israel sebagai negara segera setelah mereka mengambil-alih kekuasaan?

Menurut Levi, "masalah utamanya ialah rejim masa depan Libya akan moderat dan anti-teroris dan akan memusatkan perhatian pada keadilan bagi rakyat Palestina dan keamanan bagi Israel".

Tindakan tersebut kelihatannya akan membuar geram Gaddafi, bukan karena hubungan yang baru antara pemberontak dan Israel tapi sebab itu akan berisi keinginan Dewan Peralihan, dengan cara apa pun, untuk meraih kekuasaan di negerinya.

Pendirian dewan itu dan ketertarikan yang baru diperlihatkan untuk memainkan peran dalam penyelesaian konflik Palestina-Israel baru muncul setelah Jaksa Utama Mahkamah Pidana Internasional Luis Moreno Occampo mengungkapkan setelah tuduhan tentang pemenjaraan dan perlakuan buruk atas pekerja asing oleh petempur pemberontak. Occampo juga mengatakan ia "sedang menyelidiki laporan mengenai penangkapan secara tidak sah, perlakuan buruk dan pembunuhan warga sipil di Sub-Sahara Afrika, karena mereka secara keliru dituduh sebagai tentara bayaran".

Saat anggota petempur di lapangan juga dituduh memiliki hubungan dengan Al-Qaida, maka dukungan yang disampaikan untuk memperoleh dukungan Israel dipandang akan membantu Dewan Peralihan menyelamatkan diri dari tuduhan memiliki hubungan dengan teroris atau menampun kaum fanatik, yang biasanya tak memperlihatkan dukungan bagi Israel. (T.C003/B/A011/A011)

(ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Republika Online

sumber :-

Republika Online


Seorang Bayi Lahir di Perut Pesawat Terbang

Posted: 05 Jun 2011 08:39 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,MADRID - Perempuan ini mungkin tidak menyangka bahwa dia akan melahirkan bayinya di angkasa di dalam sebuah pesawat terbang. Tapi, itulah yang terjadi.

Perempuan penumpang pesawat Airbus A319 milik maskapai Iberia dari Malabo, Guinea Ekuatorial, Afrika melahirkan bayi perempuannya dalam penerbangan menuju Madrid, Spanyol, Jumat (3/6). Bayi perempuan seberat tiga kilogram itu lahir dengan lancar dan selamat. Demikian pernyataan resmi maskapai penerbangan Spanyol itu.

"Bayi lahir dalam penerbangan pukul 1.30 GMT (8.30 WIB), hanya dua jam setelah lepas landas," kata pernyataan resmi maskapai Iberia.

Secara kebetulan di antara penumpang ada seorang perawat, dokter anak dan dokter umum. Ketiga orang itulah yang kemudian membantu jalannya persalinan.

Meski ada 'insiden' kecil itu, penerbangan berjalan lancar dan pilot tidak mengganti arah penerbangan pesawat tersebut.

Sang ibu, yang tinggal di Madrid namun mengunjungi Malabo untuk menghadiri pemakaman kerabatnya, langsung dibawa ke rumah sakit setelah pesawat mendarat di Madrid. "Perempuan itu sangat beruntung," kata juru bicara Iberia terkait keberadaan paramedis dan dokter di penerbangan tersebut.

Bayi perempuan itu adalah bayi kelima yang lahir dalam penerbangan Iberia. Maskapai tengah mempertimbangkan 'hadiah kecil' bagi ibu dan bayinya yang baru lahir itu.

Sesuai standar, Iberia hanya bisa menyarankan namun tidak bisa melarang perempuan hamil untuk tidak melakukan perjalanan udara. Sejumlah maskapai penerbangan bahkan melarang perempuan dengan usia kehamilan di atas tujuh bulan untuk naik pesawat terbang tanpa disertai surat dokter.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Resep Fatmah Bahalwan: Bikin Salad 15 Menit Saja? Ini Resepnya!

Posted: 05 Jun 2011 05:24 PM PDT

Selain segar salad ini sangat mudah dibuatnya. Cocok disajikan sebagai hidangan awal sebelum menikmati makanan lain yang mengenyangkan.
 
Bahan:
½  bh    Nanas, potong dadu
½ bh     Paprika merah, potong dadu
5 lbr      Daun selada
150 gr   Ketimun, iris tipis
150 gr   Jagung manis, kaleng.
 
Bahan saus:
300 gr   Mayonese, siap beli
1 sdm   saus sambal botolan
1 sdm   saus tomat botolan
1 sdm   susu kental manis
 
Cara membuat:

Saus: campur semua bahan menjadi satu, aduk rata. Sisihkan.
Atur semua bahan sayuran campur dalam wadah, tuangi saus, aduk rata. Sajikan.

Halaman ini kerja sama Republika Online dengan Natural Cooking Club 

Resep di blog Anda ingin tampil di sini? Silakan kirim link-nya ke alamat emailhikmah@rol.republika.co.id

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPASentertainment

sumber :-

KOMPASentertainment


Ariel Lebih Segar Berkat Futsal dan Tidur Teratur

Posted: 06 Jun 2011 03:40 AM PDT

KOMPAS IMAGES/BANAR FIL ARDHI

Terdakwa kasus dugaan penyebaran video porno, Nazriel Irham alias Ariel Peterpan, menjalani sidang putusan di Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat, Senin (31/1/2011). Ariel divonis tiga tahun enam bulan penjara dan denda sebesar Rp 250 juta.

JAKARTA, KOMPAS.com -- Setelah divonis tiga tahun enam bulan penjara pada 31 Januari 2011 untuk kasus penyebaran video seks, vokalis band yang dulu bernama Peterpan, Nazriel Irham alias Ariel, kini mulai terlihat lebih gemuk daripada biasanya.

"Selasa lalu (31/5/2011) saya ketemu (Ariel) dengan kondisi yang sangat fresh, gemuk," cerita seorang Sahabat Peterpan (penggemar Peterpan) dari Jakarta, Ujie, ketika dihubungi via BlackBerry Messenger (BBM) di Jakarta, Minggu (5/6/2011).

Kondisi fisik tersebut, menurut Ujie, dicapai oleh Ariel dengan hidup sehat. "Kan aktivitasnya cuma futsal dan di bengker (bengkel kerja). Tidurnya juga teratur," jelas Ujie.

Pola makan Ariel selama menjalani masa tahanan juga tak luput dari perhatian keluarganya. "Makanan tiap hari kan diantar sama keluarga, dari masakan Mama-nya. Jadi Mama-nya yang lebih tahu apa yang disuka sama anak tercintanya," lanjut Ujie.

Selain itu, sikap menerima keadaan kini juga membuat pikiran Ariel lebih tenang. "Sudah menikmati, dalam arti menerima semua sebagai bagian dari perjalanan hidup yang enggak bisa ditolak," imbuh Ujie.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Habis Hujan, Terbitlah "Sunday Jazz Festival 2011"

Posted: 06 Jun 2011 03:19 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com -- Setelah sempat terhinta kira-kira tiga jam karena hujan mengguyur tempat penyelenggaraannya, Segarra Beach Club, Pantai Karnaval, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Sunday Jazz Festival (SJF) 2011 akhirnya dilanjutkan pada Minggu (5/6/2011) malam. Para penonton yang tertahan di dalam Segarra Beach Club keluar ke depan dua panggung yang mengapit bangunan tersebut.

"Kami mohon maaf atas tertundanya acara yg disebabkan oleh hujan yg turun td sore. Dan trima kasih utk yg sdh menunggu dg setia. RESPECT!" begitu bunyi pernyataan pada akun twitter @sundayjazzfest pada Minggu malam.

Valsetto feat Valen menjadi penampil pertama di panggung depan. Beberapa menit kemudian, meski Valsetto feat Valen belum selesai manggung, Barry Likumahuwa Project (BLP) feat Rieka Roeslan beraksi di panggung lainnya.

Setiap pengisi pentas diberi kesempatan menyajikan tiga lagu. Rieka Roeslan, contohnya, menyanyikan satu lagu saja, "Dahulu". "Dulu lagu ini ditulis waktu SMA. Sekarang amit-amit. Tapi, lagu ini masih asyik ya," tutur mantan vokalis grup The Groove ini kepada para penonton.   

Panggung kemudian dikuasai oleh BLP. Band dengan para personel Barry Likumahuwa (bas), Henry Budidharma (gitar), Dennis Junio (alto saxophone), Jonas Wang (drum), dan Matthew (vokal), itu menyuguhkan dua lagu. Pertama, "Mati Saja"; dilanjutkan dengan versi remix nge-jazz dari "Don't Cha", "DJ Got Us Falling in Love Again", dan "I Know You Want Me"; dan kembali ke "Mati Saja". Sambil membawakan lagu kedua, masing-masing personel BLP mendapat bagian tampil solo dan berimprovisasi. Para penonton pun bergoyang dengan lebih bersemangat.

Band Ecoutez! yang dijadwalkan tampil sebelum BLP feat Rieka Roeslan batal hadir. Sementara itu, ketika BLP masih beraksi, vokalis Mian Tiara menyanyikan dua lagu, "Disapih" dan "Against the Obvious", di panggung depan.

Berikutnya, di panggung tempat BLP sebelumnya tampil, Andien mendapat giliran. Perempuan pemilik nama lengkap Andinie Aisyah Haryadi itu menggulirkan tiga lagu. Ia membuka pertunjukannya dengan "Keraguan". "Senang banget bisa nyanyi di Sunday Jazz. Bisa men-share semangat yang sama, vibe yang sama. Semoga kita bisa senang-senang sampai Brand New Heavies manggung nanti," ucap Andien kepada para penonton. Setelah itu, Andien menghibur dengan "Tentang Aku" dan "Moving On".

SJF 2011 berlanjut di panggung depan dengan  Notturno, yang terdiri dari Cak Hend (drum dan perkusi), Kevin Yosua (electric fretless bass dan double bass), serta Masmo (keyboards dan efek). Musik mereka unik. Tak jarang, permainan musik mereka menabrak harmoni. Namun, bukannya kerusakan yang dihasilkan, melainkan chemistry khas yang keluar. Lagu-lagu mereka--"Jiro", "Inferno", dan "Dududada".

Festival belum berakhir, malah makin hangat dan semarak. Sesudah itu masih ada Maliq & D'Essentials, Mr Brightsight dan Iwan Abide, Parkdrive, dan tentunya The Brand New Heavies.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Utusan Online - Luar Negara

sumber :-

Utusan Online - Luar Negara


Filipina kritik China guna tentera

Posted:

Filipina kritik China guna tentera

Filipina kritik China guna tentera

SINGAPURA 5 Jun – Filipina hari ini mengkritik aktiviti tentera China di Laut China Selatan baru-baru ini ekoran kebimbangan konfrontasi kecil di kawasan yang dipertikaikan boleh mencetuskan konflik bersenjata.

Setiausaha Pertahanan Filipina, Voltaire Gazmin memberitahu satu forum keselamatan di sini, tindakan yang diambil oleh sebuah negara menyebabkan negara lain seperti Filipina berasa bimbang dan tidak selamat.

"Perasaan tidak selamat itu juga timbul apabila nelayan biasa diarah oleh kapal-kapal asing supaya meninggalkan kawasan berkenaan," kata beliau pada forum yang turut dihadiri oleh Menteri Pertahanan China, Liang Guanglie.

Gazmin membuat kenyataan itu selepas Manila semalam menuduh China mengancam keamanan dan kestabilan di Asia dengan mengerahkan kapal tentera laut untuk menakut-nakutkan bot dan kapal dari negara lain yang turut mempunyai tuntutan terhadap Kepulauan Spratly.

Manila juga mempersoalkan Beijing berhubung rancangan yang dilaporkan oleh media kerajaan China untuk memasang pelantar minyak di perairan tersebut.

Gazmin berkata, keadaan tidak selamat wujud apabila bahan binaan untuk membina struktur tertentu ditemui di kawasan di mana perisytiharan sudah dibuat untuk mengelak daripada mendirikan struktur atau infrastruktur sedemikian.

Beliau berucap selepas Guanglie memberitahu forum itu, China komited untuk memelihara 'keamanan dan kestabilan' di Laut China Selatan.

Setiausaha Pertahanan Amerika Syarikat (AS), Robert Gates memberitahu persidangan semalam, pertempuran boleh meletus melainkan negara-negara yang mempunyai tuntutan bertindih menerima mekanisme untuk menyelesaikan pertikaian secara aman.

Kepulauan Spratly dan Paracel, dipercayai kaya dengan minyak dan gas, dituntut seluruhnya atau sebahagiannya oleh Brunei, China, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam. – AFP

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Polis India lepaskan gas pemedih mata ke arah penyokong Guru Yoga

Posted:

Polis India lepaskan gas pemedih mata ke arah penyokong Guru Yoga

Polis India lepaskan gas pemedih mata ke arah penyokong Guru Yoga

NEW DELHI 5 Jun - Polis India menyuraikan demonstrasi besar-besaran hari ini, yang diketuai oleh guru yoga terkenal yang berikrar mogok lapar sampai mati dalam bantahan terhadap amalan rasuah oleh kerajaan.

Kira-kira 30 orang cedera ketika polis menyuraikan kumpulan penunjuk perasaan tersebut tetapi jurucakap polis enggan memberi sebarang komen.

Swami Baba Ramdev memulakan mogok lapar di sebuah khemah besar di New Delhi semalam, ditemani sekumpulan pengikutnya dalam satu kempen menentang rasuah yang telah memberi tekanan kepada Parti Kongres.

Jurucakap polis, Rajan Bhagat berkata, mereka menahan Ramdev selama 15 minit sahaja dan kemudian membebaskannya.

Menurut Bhagat, polis menarik balik kebenaran kepada Ramdev bagi mengadakan protes di ibu negara itu kerana ia melebihi jumlah yang dibenarkan.

"Kami hanya memberi kebenaran untuk 5,000 orang menghadiri kem yoganya tetapi seramai 50,000 orang yang datang.

"Kami tidak ada memberikan kebenaran untuk mereka melakukan demonstrasi," kata Bhagat yang turut menafikan dakwaan Ramdev masih ditahan.

Satu kontinjen polis turun ke Ram Lila awal pagi ini dan seramai 30 orang dilaporkan dibawa ke hospital kerana tercedera.

Rakaman video di televisyen tempatan menunjukkan kumpulan penunjuk perasaan itu diusir menggunakan gas pemedih mata.

Ramdev diarahkan untuk meninggalkan New Delhi dan dia bersetuju dengan arahan tersebut. - AFP

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Berita Terkini

sumber :-

ANTARA - Berita Terkini


Rafael Nadal Kumpulkan Hadiah 40 Juta Dolar

Posted: 05 Jun 2011 06:48 PM PDT

Paris (ANTARA News) - Berikut ini data dan fakta Rafael Nadal yang baru memenangi turnamen tenis Prancis Terbuka, Minggu waktu setempat, seperti dilaporkan AF

RAFAEL NADAL (Spanyol)

Peringkat dunia: 1

Tangal lahir: 3 Juni 1986

Tempat lahir: Manacor, Mallorca, Spanyol

Tempat tinggal: Manacor, Mallorca, Spanyol

Tinggi: 6`1" (185 cm)

Berat: 188 lbs (85 kg)

Permainan: tangan kiri

Beralih pro: 2001

Karir tunggal putera: 46

Gelar tunggal putera Grand Slam: 10 (Australia Terbuka 2009; Prancis Terbuka 2005, 2006, 2007, 2008, 2010, 2011; Wimbledon 2008, 2010; AS Terbuka 2010)

Karir hadiah uang: 40.052.402 dolar (sebelum final Minggu)

Hasil terbaik Prancis Terbuka: Juara (2005, 2006, 2007, 2008, 2010, 2011).  (A008/F005/K004)

Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Gubernur Sultra Temukan Kejanggalan di Pertambangan Kolaka

Posted: 05 Jun 2011 06:43 PM PDT

Kendari (ANTARA News) - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Alam menemukan banyak keganjalan di lokasi pertambangan di Kabupaten Kolaka yang dikelola PT Antam terkait penambangan yang dilakukan oleh beberapa perusahaan lain.

Kejanggalan itu termasuk pelanggaran dari kaidah-kaidah pertambangan yang ada, kata Gubernur Nur Alam kepada wartawan di Kendari, Senin.

"Kami temukan dalam investigasi (5/6), bahwa lahan PT Antam yang disewakan kepada pemilik PT Sumber Setia Budi hanya untuk menyimpan `stokfiled ore` nikel yang diduga berasal dari kawasan hutan konversi itu ternyata pihak perusahaan tidak pernah memberikan izin," katanya.

Ia mengatakan, banyak perusahaan tambang yang ada di Kolaka hingga kini belum jelas melakukan kewajiban pembayaran kepada negara dan laporan masyarakat serta identifikasi dari provinsi banyak perusahan yang belum membayarkan kewajibannya.

"Hasil identifikasi bersama muspida itu, kami juga menemukan banyaknya perusahaan yang belum membayar kewajibannya kepada negara," ungkap Nur Alam yang juga Ketua DPW PAN Sultra itu.

Nur Alam juga menduga tanah ore yang diangkut oleh beberapa perusahaan tambang itu berasal dari kawasan hutan yang hingga kini belum ada izin pelepasan kawasan dari Kementerian Kehutanan.

"Kalau ini terjadi berarti ada dua pelanggaran yang dilakukan oleh perusahan tambang, yang pertama melakukan penambangan di atas kawasan milik PT Antam dan yang kedua kalau memang kawasan itu berada di dalam kawasan hutan maka itu melanggar Undang-Undanh Kehutanan," terangnya.

Selain menyoroti mekanisme pertambangan yang dinilai amburadul, Gubernur Sultra menyayangkan pihak perusahaan yang merasa tidak peduli dengan dampak kerusakan lingkungan yang ditimbulkan akibat penambangan itu.

Untuk itu, ia mengharapkan, hasil dari investigasi ini akan dijadikan bahan evaluasi bagi semua instansi terkait untuk melihat sampai sejauh mana sebenarnya prosedur pertambangan yang baik.

"Begitu juga dengan pihak kepolisian, kejaksaan serta instansi hukum lainnya akan membicarakan hasil investigasi ini," kata Nur Alam, yang didampingi Danrem 143 Haluole Kol Infantri Taufik Hidayart serta beberapa pejabat Eselon II Pemprov dan Pemkab Kolaka.  (A056/F002/K004)

Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi celebrity.okezone.com

sumber :-

Sindikasi celebrity.okezone.com


Ivan Gunawan Ogah Bicara Adjie Notonegoro

Posted: 05 Jun 2011 03:08 AM PDT

JAKARTA- Desainer kondang Adjie Notonegoro masuk bui untuk kali kedua, akan tetapi artis sekaligus keponakan sahabat Mayangsari ini ogah berkomentar.

"Kalau soal Adjie saya enggak mau, yang lain saya mau," ucap Ivan Gunawan saat di Gandaria City, Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan, Minggu (5/6/2011)

Ivan yang menggunakan baju blazer hitam, long dress biru dan bercelana hitam usai mengisi acara groovia menjadi mc dan memberikan tips berbusana penampilan ini tetap ramah dalam bertemu sapa dengan awak media.

"Makasih,ya semuanya," ulas Ivan biasa disapa ini sambil memberikan cium jauh dengan menempelkan dua jari ke bibirnya.

Perlu diketahui, jika Adjie harus masuk hotel prodeo karena bermula dari keterlibatan Adjie dalam pengadaan baju seragam bagi karyawan BRI. Sebagai modal, Adjie pun meminjam sejumlah uang kepada beberapa pihak. Pihak yang dipinjami uang tersebut yakni Yusuf Wahyudin dari PT Apac Inti Corpora sebesar Rp 147 juta dan dari Dewi Cinta sebesar Rp 107 juta.

Namun dalam perjalanannya, Adjie tak kunjung membayar uang pinjaman tersebut.(uky)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Dorce Gamalama Ganti Nama!

Posted: 04 Jun 2011 11:20 PM PDT

JAKARTA- Kecintaannya terhadap orangtuanya yang sudah tiada, artis senior Dorce Gamalama rela mengganti namanya menjadi Dorce Ahmad Ketjepet Gamalama.

"Aku sudah lama pengen pakai nama itu, Saya bangga pakai nama ayah saya dan saya akan mengubah nama saya Dorce Gamalama menjadi Dorce Ahmad Ketjepet Gamalama," ulas Dorce saat di Yayasan Dorce Halimatussa'diyah di Jatibening, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (5/6/2011)

Sebagai anak, diakui Dorce, dia sangat merindukan belaian kasih sayang kedua orangtuanya maklum saja ia tak mendapatkan hal tersebut sejak usia 3 bulan.

"Sebagai anak, saya merindukan kehangatan orangtua, klo saya ada masalah saya mau mengadu kemana, dari kecil saya nggak dapat kasih sayang dari orangtua terlebih dari saya berusia 3 bulan karena kedua orangtua saya sudah tiada," lugasnya

Saking sayangnya pada orangtuanya pun selain mengganti nama, Dorce mengaku akan menggunakan nama orangtuanya di batu nisan ketika ia dipanggil Sang Khalik

"Inilah ungkapan buat orangtua saya dan saya mau menuliskan nama saya di batu nisan ada Ketjepetnya," paparnya.(uky)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

detikcom

sumber :-

detikcom


Gempa Kembali Terjadi di Banjarnegara

Posted: 05 Jun 2011 12:43 PM PDT

Penerbangan

Rancang Perjalananmu di Sini

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

JAT Bantah Terlibat dalam Penembakan Polisi di Palu

Posted: 05 Jun 2011 12:00 PM PDT

Penerbangan

Rancang Perjalananmu di Sini

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPAS.com - Nasional

sumber :-

KOMPAS.com - Nasional


Ditanamkan Melalui Cara Mengasyikkan

Posted: 05 Jun 2011 03:28 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak sekali butir yang bisa diambil dalam pendidikan karakter. Untuk penerapannya, pendidikan karakter dapat ditanamkan melalui cara-cara mengasyikkan, yang dapat mengasah kreativitas dan media menuangkan imajinasi, seperti menggambar.

Kasubdit Kelembagaan dan Peserta Didik Direktorat Pembinaan SD Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Sari Anum Sitepu, di Jakarta, kepada Kompas.com, Minggu (5/6/2011),  mengatakan, banyak sekali butir dalam pendidikan karakter.

"Untuk para peserta didik usia dini dan pendidikan dasar, kegiatan menggambar dapat menjadi suatu media menumpahkan kreativitas dan mengembangkan imajinasi yang bagus," katanya, saat menghadiri Closing Ceremony Lomba Gambar Nasional Faber-Castel.

Menurut dia, ajang kreativitas bagi anak-anak sangat luar biasa. Jika sedini mungkin mereka sudah diberikan media untuk menumpahkan kreativitasnya, itu berguna untuk mengenalkan nilai-nilai pendidikan kebangsaan.

"Anak-anak bisa mengenal dan mencintai apa yang mereka miliki sendiri, misalnya kebudayaan daerah. Dari situ mereka menggambar kearifan lokal daerah mereka masing-masing," ujarnya.

Sari menambahkan, "Banyak butir yang perlu digali dalam pendidikan karakter, saya melihat anak2 bisa mengolah rasa."

Sementara menurut Wakil Dekan Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Lukcy Wijayanti, pendidikan karakter dilihatnya sebagai industri kreatif dan memerlukan sinergitas dari semua pihak.

"Saya melihat sekarang ini zamannya industri kreatif. Kita tidak bisa lagi melihat dari sumber daya yang sudah ada, kreativitas adalah hal penting yang harus kita angkat. Kita olah sedemikian rupa sehingga menjadi suatu bentuk kreativitas yang baik. Untuk itu, diperlukan adanya sinergi dari semua pihak," kata Lucky.

Ia menambahkan, "Dampak dari pendidikan karakter akan terlihat, ketika anak mampu mengeksplorasi kretivitas mereka di luar batas yang seharusnya. Untuk anak-anak di daerah, mereka bisa menuangkan kreativitasnya melalui budaya dan kearifan lokal di daerah masing-masing."

 

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Inilah Pola Mafia Peradilan di MA

Posted: 05 Jun 2011 02:50 PM PDT

Inilah Pola Mafia Peradilan di MA

Sabrina Asril | Tri Wahono | Minggu, 5 Juni 2011 | 21:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Indonesia Corruption Watch menemukan bahwa mafia peradilan tidak hanya terjadi di tingkat pengadilan negeri ataupun pengadilan tinggi. Mafia peradilan bahkan terjadi di tingkat Mahkamah Agung. Ada beberapa modus yang dilakukan untuk mengatur perkara hingga dimenangkan para "klien" mafia peradilan ini.

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Febri Diansyah, mengungkapkan bahwa pola mafia peradilan di Mahkamah Agung terjadi mulai dari tahap mendaftarkan perkara hingga proses pemeriksaan.

"Dalam tahap mendaftarkan perkara, cara yang dilakukan adalah meminta dana tambahan tanpa kuitansi kepada pihak yang mengajukan kasasi," ujar Febri, Minggu (5/6/2011) di kantor ICW, Jakarta.

Dalam meminta dana tambahan itu, oknum di Mahkamah Agung (MA) menghubungi atau dihubungi oleh pengacara atau pihak terkait untuk mengatur perkara. "Dalam kasus besar, pihak yang beperkara menghubungi sekretaris jenderal (sekjen) atau wakil sekretaris jenderal (wasekjen) untuk mengatur perkara dan mendistribusikan suap kepada hakim agung," ujar Febri.

Hal lain yang dilakukan juga dengan penentuan majelis favorit. Penentuan ini dilakukan dengan kolusi antara Direktur MA, asisten koordinator atau panitera, dan ketua tim majelis (internal MA) serta pihak beperkara. Sementara itu, pihak yang beperkara ditawari menggunakan pengacara tertentu yang mempunyai hubungan dekat dengan hakim agung.

Dalam penanganan perkara, pihak pengacara kembali menghubungi "orang dalam" di MA untuk kepentingan pemenangan perkara. "Di dalam tahap pemeriksaan, sekjen atau asisten hakim agung menghubungi pihak berperkara," ucap Febri.

Di dalam pertemuan tersebut, lanjutnya, sekjen atau asisten hakim menawarkan putusan yang memenangkan, atau sekjen sebenarnya sudah menyusun draf putusan, tetapi pura-pura menawarkan kemenangan kepada pihak yang sebenarnya sudah memenangkan kasus tersebut.

"Cara lain dalam mafia peradilan yang digunakan dalam tahap pemeriksaan adalah dengan menawarkan atau memberikan sesuatu kepada hakim agung, baik langsung maupun melalui pengacara," tandasnya.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS