Sindikasi news.okezone.com

sumber :-

Sindikasi news.okezone.com


Ratusan Warga Yogya Berdoa di Makam Sri Sultan

Posted: 23 Dec 2010 10:53 PM PST

BANTUL – Dorongan masyarakat Yogyakarta untuk menetapkan Sri Sultan Hamengku Buwono dan Pakualam sebagai gubernur dan wakil gubernur DIY semakin kuat.
 
Siang ini, ratusan masyarakat Yogyakarta akan menggelar ziarah dan doa bersama di pemakaman raja-raja Mataram di Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Rencananya, acara akan dimulai sekira pukul 14.00 WIB.
 
"Ini rangkaian aksi kita mendukung penetapan Sultan dan Pakualam sebagai pemimpin Yogya. Sebelumnya, kita juga sudah melakukan aksi cap jempol darah," tegas Ketua Paguyuban Dukuh (Pandu) Bantul, Sulistyo Atmodjo, Jumat (24/12/2010).
 
Dia berharap, ritual doa bersama ini dapat menghasilkan RUU Keistimewaan Yogyakarta tetap memilih Sultan sebagai Gubernur sekaligus raja Yogyakarta. "Kita akan bermunajat secara Islam," tandasnya.
 
Pantauan di lokasi, puluhan orang sudah berkumpul di lokasi. Satu persatu peserta doa bersama juga terus berdatangan. Mereka nampak mengenakan pakaian pranakan atau abdi dalem. Bahkan, beberapa wanita juga turut hadir dengan mengenakan kemben.
 
"Doa bersama ini tidak hanya diikuti anggota Pandu, tetapi juga masyarakat sekitar," tukasnya.
(Suharjono/Koran SI/teb)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Mengais Berkah dari Gelaran Bola

Posted: 23 Dec 2010 10:52 PM PST

JAKARTA - Tidak hanya genderang nasionalisme yang ditabuhkan dalam momen pertandingan AFF Cup 2010. Rakyat Indonesia dari berbagai lapisan mengepresikan dukungannya untuk kemenangan Timnas.

Tidak hanya itu, ajang AFF Cup 2010 juga membawa rezeki nomplok. Antrean panjang tiket pertandingan AFF Cup 2010 memberikan keberkahan tersendiri bagi para pedagang di sekitar Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Hal ini dibenarkan oleh Wawan, seorang pemulung asal Parung Panjang. Menurutnya, sejak ramai pertandingan sepakbola ini pendapatannya meningkat hingga tiga kali lipat.

"Biasanya cuma dapet 2 kilo per hari, tapi kalau lagi ramai kayak gini bisa dapat 6 kilo. 6 kilo dapat Rp25 ribu," ungkap Wawan kepada okezone di Jakarta, Jumat (24/12/2010).  Tidak hanya Wawan, keberkahan juga diperoleh Yeyen, pedagang makanan asal Palmerah, Jakarta Barat. "Kalau ada antre tiket atau pertandingan bola bisa sampai Rp500 ribu, biasanya cuma Rp100 ribu," kata Yeyen.

Yeyen menambahkan biasanya dia hanya berjualan pada saat weekend, libur nasional atau saat ada acara khusus di GBK. Namun sekarang, lanjut dia, hampir setiap hari berjualan di Senayan. "Lumayan, buat anak sekolah," ungkapnya

Ada suka duka saat berjualan di tengah kondisi ramainya orang mengantre tiket seperti dituturkan Yeyen. Perasaan takut selalu ada dalam pikirannya, namun dia tetap yakin kondisi akan aman.

Selain perasaan takut, dia mengaku kerap dirugikan oleh beberapa orang yang makan di tempatnya tetapi tidak bayar. "Suka ada orang yang makan, tapi nggak bayar, ya anggap aja sodaqoh, buang sial," tuturnya.

Menurutnya, sudah menjadi risiko berjualan ketika kondisi sedang ramai. Berjualan di Stadion GBK sudah dilakoni Yeyen bertahun-tahun, dia mengaku dikenakan uang kebersihan oleh petugas keamanan, namun besarannya tergantung keikhlasan pedagang. "Kena uang kebersihan, paling Rp3.000 sampai Rp5.000, seikhlasnya kata aja," tutupnya.(ram)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Republika Online

sumber :-

Republika Online


Stres Berisiko 1,2 Kali Sebabkan Hipertensi

Posted: 23 Dec 2010 03:19 AM PST

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--Orang yang mengalami stres membawa risiko terkena hipertensi 1,2 kali lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak mengalami stres. Hal ini dikatakan Hardinsyah dari Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia (Fema) IPB.

"Perubahan gaya hidup, terutama di perkotaan telah menyumbang munculnya berbagai penyakit tidak menular di antaranya hipertensi dan diabetes melitus," katanya. Hardinsyah menjelaskan, hipertensi dan diabetes melitus (DM) merupakan penyakit tidak menular yang prevalensinya cukup tinggi di dunia.

Perokok memiliki risiko 1,4 kali lebih tinggi terkena hipertensi dibanding yang tidak pernah merokok. Orang yang memiliki status gizi gemuk berisiko terkena hipertensi 1,2 kali lebih tinggi dibanding yang berstatus gizi normal.

Lingkar perut berisiko memiliki risiko terkena hipertensi 1,5 kali lebih tinggi dibanding yang memiliki lingkar perut tidak berisiko. Dalam penelitian ini orang yang biasa melakukan aktivitas fisik berat memiliki risiko 24 persen lebih kecil terkena hipertensi dibanding yang tidak terbiasa melakukan aktivitas fisik berat.

Dijelaskannya, di Indonesia, penderita hipertensi terus meningkat. Hasil Survei Kesehatan Nasional (Surkesnas, 2001) menunjukkan proporsi hipertensi pada pria 27 persen dan wanita 29 persen. Sedangkan hasil SKRT (2004), hipertensi pada pria 12,2 persen dan wanita 15,5 persen.

Sementara hasil SKRT tahun 1992, 1995, dan 2001, kata Herdinsyah, penyakit hipertensi selalu menduduki peringkat pertama dengan prevalensi terus meningkat yaitu 16,0 persen, 18,9 persen, dan 26,4 persen.

"Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar atau Riskesdas (2008) mengungkap bahwa prevalensi hipertensi berdasar pengukuran pada penduduk umur diatas 18 tahun adalah sebesar 31,6 persen," kata Herdinsyah.

Sementara kata Herdinsyah, penderita diabetes di Indonesia telah mencapai angka 8,4 juta pada 2000 dan diperkirakan menjadi sekitar 21,3 juta pada 2020. Herdinsyah menyebutkan, tingginya jumlah penderita tersebut, menjadikan Indonesia menempati urutan keempat dunia setelah Amerika Serikat, India dan China (Diabetes Care, 2004).

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Salaman Bisa Jadi Indikator Kesehatan Manula?

Posted: 23 Dec 2010 02:17 AM PST

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK--Orang tua kita dalam kondisi sehat? Ajaklah beliau berjabat tangan. Menurut penelitian, manula yang saat dijabat cengkeraman tangannya masih kuat, maka bisa menjadi indikator dia sehat dan usianya akan lebih lama.

Setidaknya, inilah yang disimpulkan dari penelitian terbaru Medical Research Council Inggris. Indikator lain, adalah kecepatan mereka berjalan.

Studi ini adalah yang pertama untuk memberikan pandangan yang komprehensif tentang penelitian yang ada dengan mengumpulkan semua data yang relevan. Hal yang dianalisis adalah kekuatan pegangan, kecepatan berjalan, waktu untuk bangun dari kursi ,dan kemampuan untuk menyeimbangkan tubuh pada satu kaki, terutama pada mereka yang berusia 70 tahun atau lebih.

"Langkah-langkah ini telah digunakan dalam penelitian berdasarkan populasi untuk waktu yang cukup lama," kata Rachel Cooper dari Medical Research Council, sebuah organisasi riset yang didanai publik di London. "Mereka mungkin menjadi indikator yang berguna untuk kesehatan berikutnya."

Hasil penelitian tim Cooper yang dipublikasi di British Medical Journal, mengatakan studi lebih lanjut diperlukan untuk mengklarifikasi apakah tindakan akan membantu dokter sebagai alat skrining. "Saya tidak akan menyarankan bahwa  mereka harus datang ke ruang praktik klinis besok, namun hal ini bisa menjadi salah satu indikasi di masa mendatang," katanya pada Reuters Health.

Para peneliti memeriksa 33 dataset  dari puluhan ribu orang yang tinggal berbaur dengan masyarakat, bukan di panti jompo. "Orang-orang dalam populasi umum yang memiliki kemampuan fisik yang lebih tinggi mempunyai tingkat kemungkinan hidup lebih lama," kata Cooper.

Hasil penelitian menunjukkan, mereka yang memiliki pegangan tangan paling lemah saat bersalaman,   1,67 kali lebih mungkin meninggal lebih cepat dibanding mereka yang cengkeramnnya kuat saat diajak bersalaman. Sedang mereka yang kecepatan berjalannya lambat hampir tiga kali berresiko kematian dibandingkan dengan mereka yang masih lincah berjalan.

Para peneliti mengatakan penemuan mereka mungkin mencerminkan kelemahan dan penurunan keseluruhan tubuh, atau penyakit yang tidak teridentifikasi.

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPAS.com - Internasional

sumber :-

KOMPAS.com - Internasional


Separuh Penerbangan di Paris Dibatalkan

Posted: 23 Dec 2010 11:38 PM PST

Separuh Penerbangan di Paris Dibatalkan

Jumat, 24 Desember 2010 | 07:38 WIB

2747.com

Maskapai penerbangan British Airways.

TERKAIT:

PARIS, KOMPAS.com — Otoritas Penerbangan Perancis batalkan separuh penerbangan ke dalam dan ke luar Bandara Roissy Charles-de-Gaulle, Paris, sampai pukul 13.00 waktu setempat, Jumat (24/12/2010). Ini dilakukan karena musim dingin yang membeku.

Petugas prakiraan cuaca memperkirakan kondisi di bawah nol derajat celsius pada Jumat pagi. Sementara itu, bandara mengalami kesulitan untuk mendapatkan cukup glycol, cairan yang digunakan untuk mencairkan es yang membalut pesawat. Demikian disampaikan para pejabat dalam sebuah pernyataan pada Kamis malam.

Sebelumnya, otoritas bandara tersebut mengatakan bahwa empat landasan pacu Bandara Utama Roissy-Charles-de-Gaulle di Paris ditutup untuk sementara hingga pukul 10.00 waktu setempat (16.00 WIB) pada hari Minggu akibat salju.

Sebelum penutupan dilakukan pada pukul 09.00 waktu setempat (15.00 WIB), semua jadwal keberangkatan dan kedatangan pesawat rata-rata mengalami keterlambatan 30 menit hingga satu jam.

Otoritas Penerbangan Perancis pada Sabtu lalu meminta sejumlah maskapai untuk membatalkan setidaknya seperempat dari semua penerbangan terjadwal menuju Roissy antara pukul 14.00 WIB dan 22.00 WIB. Sebanyak 60 persen penerbangan juga mengalami penundaan pada hari yang sama.

Ratusan penumpang yang pesawatnya mengalami pengalihan rute ke Roissy karena penutupan Bandara Heathrow di London pada hari Sabtu terpaksa menginap semalaman di ruang tunggu keberangkatan bandara tersebut.

Bandara Heathrow, London, yang merupakan bandara dengan aktivitas penumpang paling sibuk di dunia menutup landasan terbang sampai paling tidak pada hari Minggu untuk membersihkan salju. Sementara itu, pihak Bandara Gatwick, London, juga menutup landasan pacunya selama beberapa jam.

Maskapai penerbangan British Airways membatalkan semua keberangkatan jarak dekat dari dua bandara tersebut. Semua penerbangan jarak jauh dari Heathrow dibatalkan pada hari itu.

ANT, AFP

Sumber :

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Anarki Kiri di Balik Paket Bom Kedubes

Posted: 23 Dec 2010 10:39 PM PST

ROMA, KOMPAS.com — Pejabat Kota Roma, Italia, menduga, paket berisi bom yang meledak di Kedutaan Besar Cile dan Swiss hingga melukai dua pegawainya, Kamis (23/12/2010), dikirim oleh kelompok anarkis yang memakai cara serupa di Yunani.

Ada beberapa kelompok yang sangat keras juga di Spanyol dan Yunani dan punya hubungan dekat dengan mereka.

-- Gianni Alemanno, Wali Kota Roma

Menteri Luar Negeri Franco Frattini mengatakan, serangan itu menunjukkan adanya ancaman serius terhadap kedutaan-kedutaan besar. Sementara itu, Oscar Godoy Arcaya selaku Duta Besar Cile untuk Italia mengutuknya dengan menyebut hal itu sebagai "aksi terorisme yang sangat tidak masuk akal dan brutal."

Polisi Roma mulai memberlakukan siaga darurat di semua kedutaan besar di ibu kota Italia tersebut. Adapun, Gianni Alemanno, Wali Kota Roma, menyatakan bahwa penyelidikan melibatkan jaringan internasional dan hal itu sedang dilakukan.

Adapun Menteri Dalam Negeri Roberto Maroni mengatakan, tim penyelidik mencurigai jaringan kaum anarkis di balik serangan yang menurutnya serupa dengan insiden di Yunani, November lalu.

"Ada beberapa kelompok yang sangat keras juga di Spanyol dan Yunani yang memiliki hubungan dekat dengan mereka," kata Maroni.

Sementara itu, sebuah kelompok yang menyebut dirinya Federasi Informal Anarki (FAI) mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu. Demikian sebagaimana dilaporkan ANSA.

"Kami memutuskan agar suara kami didengar dengan kata-kata dan perbuatan. Biarkan kami merusak sistem dominasi. Jayalah FAI," demikian pernyataan yang ditemukan di sebuah kotak kecil dekat korban luka, menurut ANSA.

Dalam plot serangan kelompok anarkis kiri di Yunani pada bulan lalu, bom dikirim ke kedutaan besar di Athena dan para pemimpin Eropa, termasuk Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi dan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy.

Lusinan paket berisi bahan peledak dikirim berdasarkan rencana itu. Kondisi ini membuat Yunani menangguhkan pengiriman surat internasional selama dua hari. Setidaknya ada empat paket bom dinyalakan atau diledakkan dan membuat satu orang luka ringan.

Kelompok anarkis juga diyakini berada di balik serangkaian serangan paket bom yang diberi sandi operasi "Santa Klaus" di Italia, Desember 2003, dengan sasaran utama Ketua Komisi Eropa Romano Prodi.

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Mancanegara

sumber :-

ANTARA - Mancanegara


Patung Rusa Kutub Disita di Bandar Udara Los Angeles

Posted: 23 Dec 2010 07:09 PM PST

Los Angeles  (ANTARA News) - Petugas bea-cukai Amerika Serikat (AS) menyita dua patung rusa kutub yang sudah dihiasi untuk perayaan Natal yang ditemukan di bagasi penumpang di bandar udara Los Angeles, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Tokoh hewan bagi pesta itu ditemukan di tas seorang pelancong yang datang dari El Salvador, dibuat dari bahan rumput yang dilarang berdasarkan peraturan impor AS terhadap produk pertanian.

"Saat pemeriksaan, ahli pertanian CBP menemukan rusa kutub dibuat dari bahan rumput yang berisi benih yang dapat dikembang-biakkan," kata pihak badan bea dan cukai dan keamanan perbatasan AS (CBP).

Bilah rumput itu juga memperlihatkan kemungkinan gejala penyakit, dan penumpang tersebut tak memiliki sertifikat kesehatan tanaman buat hiasan Natal itu.

Penjabat Direktur CBP untuk Los Angeles, Carlos Martel, menambahkan, "Ahli pertanian kami melindungi pertanian Amerika dengan menggunakan keahlian ilmiah mereka guna mencegah menyebarnya penyakit tanaman dan hama yang berbahaya."

Rusa kutub tersebut diserahkan kepada Departemen Pertanian AS (USDA). "Barang pertanian yang dilarang disita, diselamatkan dan diserahkan kepada USDA untuk dimusnahkan," kata lembaga itu.
(Uu.C003/S008/P003)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

PBB Akui Ouattara Jadi Presiden Pantai Gading

Posted: 23 Dec 2010 06:53 PM PST

Jumat, 24 Desember 2010 09:53 WIB | Mancanegara | Timur Tengah/Afrika | Dibaca 224 kali

Markas PBB (ANTARA News) - Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang berkantor pusat di New York pada Kamis (Jumat WIB) mengakui Alassane Ouattara menjadi presiden sah Pantai Gading berdasarkan pemilihan umum November 2010.

Majelis Umum yang beranggotakan 192 negara secara resmi mengakui Ouattara  dengan suara bulat memutuskan bahwa daftar diplomat yang diajukannya ke badan dunia itu diakui sebagai satu-satunya wakil resmi Pantai Gading di PBB. Duta besar baru negara itu untuk PBB adalah Youssouf Bamba.

Gbagbo menolak untuk mundur menyusul pemilihan 28 November 2010, sekalipun negara-negara Afrika, Eropa, Amerika dan PBB mengatakan pemilu dimenangkan oleh penantangnya, Ouattara.

Perebutan klaim kekuasaan itu yang memicu krisis yang sudah menewaskan sedikit-dikitnya 173 orang, dan mengancam untuk menyalakan kembali perang saudara 2002-2003 di negara itu, demikian laporan Reuters.
(Uu.S008/S004/P003)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPASentertainment

sumber :-

KOMPASentertainment


Ricky Martin: Adopsi Itu Indah, Cobalah!

Posted: 24 Dec 2010 01:15 AM PST

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Penyanyi Ricky Martin berniat menambah anak hasil adopsi lagi. Ia menyampaikan keinginan itu lantaran ingin membangun sebuah keluarga besar.

Sebelumnya, pelantun hit "Livin 'La Vida Loca" itu telah mengadopsi anak laki-laki kembar, Matteo dan Valentino, melalui seorang ibu pengganti pada tahun 2008.

Awal tahun ini, Martin sempat membuat heboh dunia setelah akhirnya mengaku bahwa dia adalah seorang gay alias penyuka sejenis. Ia mengaku tak bisa lagi menutupi kebohongan terhadap dirinya sendiri hingga ia memilih berterus terang dan menyatakannya secara jujur kepada publik.

"Langkah selanjutnya adalah mengadopsi lagi. Adopsi itu indah. Coba saja!" seru Martin.

Memiliki banyak anak, kata dia, menjadi resolusinya untuk tahun 2011. "Saya hanya ingin anak saya menjadi bahagia. Saya ingin anak saya menjadi sehat...."

Awal tahun ini, Ricky Martin, bersama dengan Maroon 5 dan Nelly, tampil dalam sebuah acara khusus di salah satu televisi di AS dalam rangka meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya adopsi. 

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Akhir Tahun, Rossa Pilih Hibur Jakarta

Posted: 23 Dec 2010 10:59 PM PST

JAKARTA, KOMPAS.com — Walau banyak tawaran datang dari sejumlah daerah, penyanyi Rossa (32) memilih merayakan pergantian tahun di Jakarta. Katanya, Tahun Baru di Jakarta merupakan cara terbaik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

"Saya memilih Aston Marina Ancol saja, secara penawaran memang lebih menarik dan konsepnya cocok," kata Rossa. Ia juga akan membawa keluarganya untuk menyambut Tahun Baru.

"Setelah selesai acara, paginya keluargaku bisa main di Ancol. Kan, pas buat keluarga," ia menambahkan.

Tahun ini, Rossa memang lebih banyak memprioritaskan keluarga. Karena itu, tak heran kalau dia menyebut 2010 sebagai tahun untuk keluarga.

Ia tidak tertarik merayakan Tahun Baru di lokasi wisata yang populer, semisal Bali. "Saya lebih senang di Jakarta. Kalau keluar Jakarta, tiap saat saya sudah keluar Jakarta," katanya.

Lalu, apakah resolusi tahun 2011 nanti akan penuh dengan target karier? "Wah... resolusi? Kayanya enggak punya, he-he-he. Yang penting bagaimana berbuat yang terbaik. Tapi memang saya berusaha menyiapkan terobosan besar, insya Allah," katanya.

Agustus lalu, Rossa baru merilis album Harmoni Jalinan Nada & Cinta yang berisi lagu-lagu terbaik ditambah tiga lagu baru. "Sekarang sudah single kedua, 'Kumenunggu'. Maksimal, ya, sampai single ketiga karena lagu barunya hanya tiga," katanya. (AMR)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Utusan Online - Luar Negara

sumber :-

Utusan Online - Luar Negara


Korea Utara sekadar mencemuh

Posted:

Korea Utara sekadar mencemuh

Korea Utara sekadar mencemuh


ROKET jarak jauh kelihatan melayang ke sasaran gunung semasa latihan perang udara dan darat tentera Korea Selatan di kawasan latihan Seungjin di Pocheon, Korea Selatan, semalam. – REUTERS


SEOUL 23 Dis. – Tentera Korea Selatan hari ini mempamerkan kekuatannya dengan menjalankan latihan tembakan peluru hidup melibatkan kereta kebal, artileri dan jet pejuang, genap sebulan selepas Korea Utara melancarkan serangan maut ke atas sebuah pulau di sempadan.

Amerika Syarikat (AS) menyuarakan sokongan terhadap latihan tersebut, yang kedua pada minggu ini, tetapi Pyongyang membidas Washington yang 'suka menghasut bonekanya di Korea Selatan supaya berperang'.

Presiden Korea Selatan, Lee Myung-bak yang melawat satu unit tentera di barisan hadapan, mengarahkan askar supaya membalas sebarang serangan baru daripada Korea Utara dengan hebat.

Beliau menuduh Korea Utara membiarkan rakyatnya kebuluran tetapi membelanjakan wang untuk membina bom nuklear.

Latihan di lapang sasar Pocheon, 30 kilometer ke selatan sempadan dengan Korea Utara, berlangsung selama kira-kira 40 minit.

Kira-kira 800 askar menyertai latihan yang disertai 30 kereta kebal K-1, 11 kereta berperisai K-200, dua jet pejuang F-15K, empat jet pejuang KF-16, 36 meriam K-9, tiga roket jarak jauh, empat helikopter 500MD, tiga helikopter Cobra AH-1S dan peralatan lain.

Tentera laut juga menjalankan latihan empat hari dekat pantai timur, bermula semalam.

Seoul berkata, latihan tersebut untuk tujuan pertahanan semata-mata.

Namun ketegangan memuncak di Semenanjung Korea sejak Korea Utara membedil sebuah pulau Korea Selatan dekat sempadan maritim di sebelah barat pada 23 November lalu.

Pyongyang berkata, bedilan tersebut sebagai membalas latihan tembakan peluru hidup yang dijalankan sebelum itu oleh Korea Selatan dekat Pulau Yeonpyeong. – AFP

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Penduduk diarah pindah

Posted:

Penduduk diarah pindah

Penduduk diarah pindah

LOS ANGELES 23 Dis. – Beratus-ratus penduduk dan pelancong di pusat peranginan California terpaksa dipindahkan selepas berlakunya ribut terbaru semalam yang memburukkan lagi keadaan selepas beberapa hari ia dilanda banjir dan ribut petir.

Ribut kencang terbaru yang melanda California itu menyebabkan beberapa perumahan yang terletak di kawasan pergunungan diselubungi lumpur dan pasukan penyelamat berusaha untuk menyelamatkan mangsa yang terselamat.

Perkhidmatan pengangkutan awam dan majlis pengebumian juga terpaksa di hentikan berikutan keadaan banjir yang teruk sedang melanda.

Seramai 400 orang di 20 kawasan tepi pantai di San Juan Capistrano, San Diego yang terletak di antara Los Angeles dan San Diego terpaksa dipindahkan ke kawasan yang lebih selamat selepas berlaku tanah runtuh berhampiran tempat tinggal mereka.

Kejadian ribut itu turut memaksa operasi lapangan terbang tempatan dihentikan buat sementara waktu, tanah perkuburan ditutup dan bekalan elektrik juga terpaksa dipotong.

Paras air yang semakin meningkat dan banjir yang semakin membimbangkan itu teruk melanda selatan California.

Pihak berkuasa terpaksa mengeluarkan amaran berjaga-jaga terutama kepada mereka yang tinggal berhampiran kawasan perairan seperti laut dan sungai.

"Ini bukan taman permainan dan ia bukanlah waktu yang sesuai untuk diadakan aktiviti sukan ekstrem.

"Jika paras air akibat banjir itu hanya meningkat sebanyak 15 sentimeter sekalipun, ia sudah cukup untuk melemaskan sesiapa saja ke dalam sungai," kata pegawai Jabatan Bomba Los Angeles, Jack Wise.

Gabenor California, Arnold Schwarzenegger mengeluarkan perintah darurat di hampir semua kawasan di selatan California yang teruk dilanda ribut itu. – AFP

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Berita Terkini

sumber :-

ANTARA - Berita Terkini


Pemprov Bengkulu Siapkan Lahan Gratis Bagi Investor

Posted: 23 Dec 2010 07:29 PM PST

Bengkulu (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Bengkulu akan menyiapkan lahan gratis bagi investor diberbagai bidang usaha di daerah itu, kata Gubernur Bengkulu Agusrin Maryono Najamudin.

"Kita akan memberikan lahan gratis kepada investor yang benar-benar serius untuk membuka usahanya di Bengkulu. Kebijakan ini diberikan agar arus investasi masuk ke Bengkulu semakin meningkat di masa mendatang," ujarnya di Bengkulu, Jumat.

Ia mengatakan, jika investasi banyak masuk ke Bengkulu, maka dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, sehingga angka pengangguran di Bengkulu akan menurun.

Selain itu, peredaran uang di Provinsi Bengkulu akan meningkat, sehingga berbagai usaha, terutama usaha kecil menengah (UKM) yang dikembangkan masyarakat di daerah ini dapat tumbuh dan berkembang di masa mendatang.

"Saya sangat optimistis kalau arus investasi tinggi masuk ke Bengkulu, maka pertumbuhan ekonomi daerah ini semakin tinggi dari yang dicapai selama ini sekitar 6 persen per tahun," ujarnya.

Agusrin mengatakan, saat ini, pertumbuhan ekonomi Bengkulu masih dalam jajaran enam besar nasional. Ini membuktikan bahwa perkembangan pembangunan di Bengkulu berjalan baik.

Sebab, kalau pembangunan tidak berjalan baik, maka pertumbuhan ekonomi daerah ini tidak akan meningkat secara signifikan. "Saya bersyukur hasil kerja keras selama lima tahun terakhir tidak sia-sia karena kita masuk peringkat enam besar nasional dalam pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

Selain itu, di bidang ketahanan pangan Provinsi Bengkulu saat ini menempati urutan dua besar nasional. Hal ini terjadi karena sejak dua tahun terakhir Bengkulu sudah mengalami surplus beras diatas 60.000 per tahun.

Prestasi dibidang ketahanan pangan diraih Bengkulu ini melalui peningkatan intensitas tanam dan pembagian traktor tangan kepada para petani di daerah itu.

"Kalau urusan pangan kita tidak pusing lagi karena produksi beras kita cukup banyak. Sekarang kita mulai melakukan berbagai gebrakan untuk menarik investasi masuk ke Bengkulu agar kesejahteraan rakyat semakin baik," ujarnya.
(T.ANT-212/P003)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

BPLS Targetkan Perbaikan Tanggul Jebol Dalam Sepekan

Posted: 23 Dec 2010 07:26 PM PST

Sidoarjo (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) menargetkan perbaikan tanggul yang jebol di titik 80 akibat tanah ambles itu bisa diselesaikan dalam waktu sepekan.

Wakil Kepala Hubungan Masyarakat BPLS, Akhmad Kusairi, pada Jumat mengatakan, saat ini material air yang berada dari dalam kolam penampungan sudah tidak keluar lagi sehingga perbaikan tanggul bisa segera dilakukan.

"Tepat pukul 01.00 WIB, air yang ada di dalam kolam penampungan sudah tidak keluar dan saat ini material sirtu yang akan digunakan untuk penanggulan sudah bisa masuk ke lokasi," katanya.

Pria yang akrab dipanggil Arik ini mengatakan, target penanggulangan dalam waktu sepekan tersebut bisa dengan cepat direalisasikan asalkan di kawasan lokasi tanggul jebol tidak turun hujan.

Kalau lokasi tanggul jebol turun hujan maka, proses perbaikan tanggul yang dilakukan akan menjadi sia-sia karena urugan sirtu tersebut akan menjadi bubur.

"Kami berharap dalam beberapa hari ke depan tidak turun hujan supaya proses perbaikan tanggul penahan lumpur ayng jebol bisa segera diselesaikan," katanya.

Tanggul penahan lumpur itu memang sering ambles tapi tidak sampai terjadi jebol karena posisi debit air dari dalam kolam penampungan yang lebih rendah dari posisi bibir tanggul.

"Mungkin, pada saat kejadian berlangsung kolam penampungan lumpur sedang dalam posisi penuh akibat diguyur hajan dalam beberapa hari terakhir," katanya.

Dengan demikian, kata dia, air dengan mudah meluber keluar dan menggerus bibir tanggul dan akhirnya tanggul menjadi jebol.

"Saat ini sejumlah petugas sudah dikerahkan untuk mengoperasikan alat berat guna melakukan perbaikan tanggul supaya masyarakat di sekitar tanggul tidak was-was," katanya.

Sebelumnya tanggul penahan lumpur di titik 80 Jebol yang disebabkan oleh penurunan tanah yang terjadi di kawasan itu.

Akibatnya, luberan air yang ada di dalam kolam penampungan tersebut menggenangi halaman rumah warga yang ada di sekitar tanggul setinggi 10 sampai 15 centimeter.
(T.ANT-074/F002/P003)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

The Malaysian Insider :: World

sumber :-

The Malaysian Insider :: World


North Korea may have third nuclear test in 2011 — South

Posted: 23 Dec 2010 07:10 PM PST

SEOUL, Dec 24 — North Korea will probably carry out a third atomic test next year, and prospects for bilateral talks with the South are slim, a research report from a South Korean foreign ministry institute said today.

The regular report was published a day after Pyongyang vowed a nuclear "sacred war" and the South held a major military drill near the border.

The North, which carried out nuclear tests in 2006 and last year, has yet to show it has a deliverable weapon as part of its plutonium arms programme, but a third test would raise tensions further on the divided peninsula and rattle global markets.

"There is a possibility for North Korea carrying out its third nuclear test to seek improvement in its nuclear weapons production capability, keep the military tension high and promote Kim Jong-un's status as the next leader," the report said, referring to Kim Jong-il's youngest son, Pyongyang's heir apparent.

"Tension between the two Koreas will remain high with chances of additional North Korean attacks on the South staying high," the institute said, according to a summary of the report. "Chances of a summit meeting between leaders of the two sides look slim."

The analysis for 2011 was written by the Institute of Foreign Affairs and National Security, which is run by the Foreign Ministry.

Analysts say the North's tactic of demonstrating what progress it has made towards developing a nuclear weapon is a ploy aimed at restarting talks between itself, the South, China, Japan, Russia and the United States, from which it hopes to wring concessions.

"Some form of meeting between six-party members could be held during 2011 to discuss North Korea's uranium enrichment, but chances are very low for any meaningful progress being achieved," the institute said. — Reuters

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Ex-Obama aide gets green light to run for Chicago mayor

Posted: 23 Dec 2010 06:52 PM PST

US President Barack Obama bids farewell to outgoing White House Chief of Staff Rahm Emanuel in this October 1, 2010, file picture. — Reuters pic

CHICAGO, Dec 24 — Former White House chief of staff Rahm Emanuel yesterday got a boost in his run for Chicago mayor when an election board ruled that he met the residency requirement to be on the February ballot.

In a 3-0 vote, the Chicago Board of Election Commissioners found that Emanuel did not intend to permanently leave Chicago when he went to work for the Obama administration.

Opponents of Emanuel's campaign say he is not a legal Chicago resident for the purpose of the mayoral race, and are expected to take the case to court.

Emanuel told reporters he was very pleased with the board vote.

"It reminds I think everybody what the priorities are facing the city, which is about safer streets, strong schools and stable city finances," he said.

Chicago-based activist Rev Jesse Jackson was critical of the ruling.

"This decision makes the rules and laws too elusive and breeds insecurity," Jackson said in a statement. "It suggests one set of rules for the rich and powerful and another set for the rest of society."

Jackson's son, US Representative Jesse Jackson Jr, considered running for mayor but decided against it.

The Democratic primary election for mayor is February 22. According to a recent Chicago Tribune/WGN poll, Emanuel has the lead in the race. Mayor Richard M. Daley, who has been in office for 21 years, decided not to seek re-election. — Reuters

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Berita Harian: Dunia

sumber :-

Berita Harian: Dunia


Kedutaan asing di Itali kena serang

Posted: 23 Dec 2010 11:01 AM PST

Dunia

Dua cedera selepas bom dalam bungkusan meletup

ROME: Itali digemparkan oleh beberapa letupan yang mencederakan dua orang di kedutaan Switzerland dan Chile awal semalam menyebabkan semua bangunan diplomatik di ibu negara itu diperiksa.

Ancaman terhadap kedutaan Ukraine kemudian didapati tidak benar selepas letupan berlaku apabila bungkusan yang dihantar ke kedutaan berkenaan dibuka.

Letupan pertama berlaku dalam kedutaan Switzerland pada tengah hari wak tempatan. Lelaki yang membuka bungkusan berisi bom itu cedera parah di tangan tetapi dijangka selamat, kata duta negara itu, Bernardino Regazzoni. Tiga jam kemudian, saksi di luar kedutaan Chile mendengar satu letupan menyebabkan polis segera ke tempat itu dan mendapati seorang cedera.

Ketua Polis Rome, Francesco Tagliente, berkata satu bungkusan mencurigakan turut diterima kedutaan Ukraine tetapi tidak mengandungi bom.

Pada masa sama, semua kedutaan di kota itu sudah dimaklumkan mengenai apa yang berlaku dan diminta berjaga-jaga.

Pihak berkuasa tidak mengesyaki pelampau tempatan atau penunjuk perasaan bertanggungjawab atas kejadian itu dan membayangkan pembabitan pengganas.
Ini adalah keganasan terhadap kedutaan asing, sesuatu yang lebih membimbangkan kerana lebih daripada satu serangan dilakukan, kata Datuk Bandar Rome, Gianni Alemanno.

Katanya, pihak berkuasa mengesyaki pembabitan pihak antarabangsa dalam letupan itu yang dipercayai bukan oleh orang yang meletakkan bom palsu awal minggu ini di sebuah stesen kereta api bawah tanah Rome.

Negara Eropah semakin gusar dengan kemungkinan pengganas bertindak ketika musim cuti selepas serangan bunuh diri berlaku di Sweden.

Pihak berkuasa keselamatan bimbang dengan serangan yang dilakukan seperti di Mumbai, India.

Bulan lalu, kumpulan radikal Greek menghantar 14 surat berisi bom kepada kedutaan asing di Athens termasuk kedutaan Switzerland selain Presiden Perancis, Nicolas Sarkozy, Canselor Jerman, Angela Merkel dan Perdana Menteri Itali, Silvio Berlusconi.

Dalam serangan di Stockholm itu pada 11 Disember lalu, penyerang yang disyaki terbunuh.

Polis percaya dia merancang serangan ke atas stesen kereta api atau pasar raya ketika orang ramai sibuk menyambut Krismas.

Minggu lalu, satu bantahan antikerajaan oleh pelajar mencetuskan huru hara minggu lalu.

Menteri Dalam Negeri, Roberto Maroni menuduh golongan pengacau militan sebagai dalang kekacauan. - AP/Reuters


Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Askar AS gaduh tuntut keldai

Posted: 23 Dec 2010 11:00 AM PST

Dunia

WASHINGTON: Seekor keldai di Baghdad mendapat tumpuan selepas seorang anggota marin Amerika Syarikat, seorang lelaki tempatan dan satu keluarga Iraq menuntut bayaran AS$30,000 (RM93,480) untuk melepaskannya.

Keldai diberi nama Smoke itu masuk ke dalam pangkalan tentera Amerika di Baghdad dua tahun lalu dan disukai anggota tentera asing terbabit.

Seorang kolonel bersara ketika ini mahu membawa Smoke ke Nebraska untuk menghabiskan masa dengan anak-anak askar yang dibunuh atau cedera, lapor akhbar Christian Science Monitor. Tidak jelas milik siapa sebenarnya pemilik keldai itu. Marin semuanya lelaki gagah dengan hati keras, namun kami agak baik dengan kanak-kanak dan haiwan, kata Kolonel Marin bersara, John Folsom, yang juga komandan Kem Taquddam di wilayah Anbar apabila Smoke muncul.

Smoke diserahkan kepada satu lagi unit marin apabila unit Folsom pulang. Agensi


Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi international.okezone.com

sumber :-

Sindikasi international.okezone.com


PM Laos Mengundurkan Diri

Posted: 23 Dec 2010 05:02 AM PST

HANOI - Laos mengumumkan Perdana Menteri mereka secara mengejutkan mengundurkan diri dari jabatannya. Bouasone Bouphavanh mundur beberapa bulan sebelum masa jabatannya selesai.


"Kami menunjuk perdana menteri baru," ungkap juru bicara Pemerintah Laos Khenthong Nuanthasing seperti dikutip AFP, Kamis (23/12/2010).


"Perdana menteri kami sudah mengumumkan untuk mundur dari jabatannya," lanjut Nuanthasing.


Bouasine yang menjabat sebagai perdana menteri selama empat tahun, digantikan oleh Thongsing Thammavong. Thammavong sendiri sebelumnya menjabat sebagai Ketua Partai Komunis yang mendominasi parlemen nasional.


Naiknya Thongsing disetujui secara penuh oleh 101 anggota parlemen yang hadir dalam pemungutan suara, usai pengunduran diri mendadak Bouasone. 

(faj)
Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Terlibat Narkoba Perempuan Inggris Terancam Mati

Posted: 23 Dec 2010 04:05 AM PST

KUALA LUMPUR - Seorang perempuan Inggris dan suaminya yang berasal dari Malaysia, didakwa atas kasus penyelundupan serta kepemilikan narkoba. Mereka dihadapkan pada ancaman hukuman mati jika memang dinyatakan bersalah.


Pasangan itu ditangkap dua pekan setelah Kepolisian Malaysia berhasil mengamankan heroin dan ecstasy yang nilainya mencapai 75 ribu ringgit Malaysia atau sekira Rp217 juta (Rp2,899 per ringgit Malaysia). Narkoba itu ditemukan di rumah milik pasangan tersebut di Terengganu.


Kepala Polisi Satuan Anti Narkotika Malaysia Terengganu Roslan Abdul Wahid mengatakan lima dakwaan diarahkan kepada Shivaun Orton dan suaminya Abdul Harris Fadilah. 


"Mereka dihadapkan pada dakwaan individual penyelundupan dan kepemilikan narkoba," menurut Roslan seperti dikutip AFP, Kamis (23/12/2010).


"Bila dinyatakan bersalah, keduanya akan dijatuhi hukuman mati yang dilakukan dengan cara dihukum gantung," lanjut Roslan.


Roslan menambahkan pasangan itu sudah menikah selama 20 tahun dan menjalan usaha rumah peristirahatan di Pulau Cherating. Saat ini pihak penyelidik sedang mencari tahu di wilayah mana narkoba pasangan tersebut dipasarkan.  

(faj)
Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPAS.com - Nasional

sumber :-

KOMPAS.com - Nasional


Wapres: Jangan Coba-coba Sistem Lain

Posted: 23 Dec 2010 12:54 PM PST

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Presiden Boediono menyatakan, jalan yang terbaik bagi bangsa Indonesia ke depan ini adalah melanjutkan dan memperkuat sistem demokrasi yang telah dipilih sejak 12 tahun yang lampau.

Mencoba-coba lagi sistem lain sangat berisiko, di antaranya, bisa menimbulkan gejolak dan biaya sosial yang terlalu besar.

-- Boediono

Mencoba-coba lagi sistem lain sangat berisiko, di antaranya, bisa menimbulkan gejolak dan biaya sosial yang terlalu besar. Saran Wapres, lebih baik sistem yang ada terus diperbaiki kekurangan-kekurangan dan kelemahannya.

Hal itu disampaikan oleh Wapres Boediono saat memberikan kuliah umum di hadapan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Ciputat, Jakarta, Kamis (23/12/2010). Dalam acara itu hadir Rektor UIN Komaruddin Hidayat dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Bachtiar Effendi beserta jajaran guru besar dan dosen UIN lainnya.

Selain dibuka dialog setelah memberikan kuliah umum, Wapres juga sempat didemo oleh aktivis mahasiswa UIN. Mereka sempat akan menggelar aksi di pintu gerbang UIN di sebelah Selatan, tetapi dihalang-halangi oleh aparat. Perjalanan Wapres menyebabkan kemacetan total mengingat rombongan Wapres harus melalui jalur yang berlawanan arah saat menjelang kampus UIN.   

"Hari ini, saya ingin membahas bersama konsolidasi demokrasi kita. Saya gunakan istilah konsolidasi karena menurut hemat saya, jalan yang terbaik bagi kita ke depan ini adalah melanjutkan dan memperkuat sistem demokrasi yang telah kita pilih sejak dua belas tahun yang lampau," ujarnya.

Dikatakan Wapres Boediono, dengan mencoba-coba lagi sistem lain sangat berisiko menimbulkan gejolak dan biaya sosial yang terlalu besar bagi bangsa ini, seperti yang telah terjadi dalam setiap perubahan sistem politik seperti yang pernah kita alami sejak kemerdekaan lalu. Lebih baik sistem yang ada terus kita perbaiki kekurangan-kekurangannya.

Wapres memaparkan, dalam beberapa waktu terakhir ini, ia mencoba mengikuti literatur mengenai bagaimana demokrasi dikonsolidasikan di sejumlah negara.

"Mengapa ada yang berhasil di sebagian negara dan mengapa tidak di negara-negara lain. Saya merasa hal ini penting karena sistem politik yang mantap adalah landasan bagi kemajuan sosial-ekonomi yang berkelanjutan. Pada gilirannya, kemajuan sosial-ekonomi yang berkelanjutan adalah prasyarat mutlak bagi dimungkinkannya kesejahteraan, martabat, dan kecerdasan rakyat yang terus meningkat. Itulah yang pada gilirannya akan membuat sistem politik akan semakin matang dan makin berakar," urai Wapres.

Tentang sistem politik mana yang cocok untuk kemajuan bangsa yang berkelanjutan, Wapres mengatakan, pihaknya berpendapat bahwa sistem itu adalah demokrasi. "Tentu, demokrasi di sini adalah yang dilaksanakan dengan benar. Bagi saya, demokrasi adalah sistem yang dapat memenuhi falsafah manunggaling kawulo Gusti, menyatunya kehendak rakyat dengan kehendak penguasa," paparnya.

Sebagian lain bangsa-bangsa tidak beruntung melaksanakan demokrasi. Mereka seakan berjalan di tempat, selalu mengulang siklus sejarahnya, tetapi tidak mengalami kemajuan.

"Mereka ini juga terperangkap dalam semacam eternal circle yang tak berujung. Sebagian lain lebih tidak beruntung dan terseret oleh lingkaran setan (vicious circle) menuju kemunduran. Bahkan, akhirnya menjadi bagian dari kuburan sejarah," jelas Wapres.

Indonesia, lanjut Wapres, bertekad untuk menjadi bangsa maju. Ini berarti kita harus bersedia memenuhi segala syarat dan prasyarat bagi bangsa maju itu. "Salah satu pertanyaan yang saya cari jawabannya dalam literatur adalah hal-hal apa saja yang harus kita waspadai dan hindari agar kita tidak terperangkap ke dalam eternal circle atau vicious circle," kata Wapres lagi.

Dalam kesempatan itu, Wapres Boediono mengambil contoh pengalaman demokrasi yang pernah dialami Perancis dengan kegagalan revolusinya sehingga memunculkan tokoh kuat, yaitu Napoleon Bonaparte, serta Kerajaan Romawi dengan kejayaan dan kemakmurannya. Akan tetapi, pada akhirnya runtuh dengan kemerosotannya karena korupsi dan kejahatan-kejahatan lainnya di tingkat elite dan birokrasi.

Komaruddin menyatakan dengan contoh-contoh demokrasi di Perancis dan Romawi, Wapres memberikan peringatan kepada bangsa Indonesia agar berhati-hati dengan kegagalan revolusi dan demokrasi di kedua negara itu.

"Namun, harapan saya, contoh demokrasi di dua negara itu tidak akan lagi terjadi di Indonesia. Sebab, kita sendiri memiliki pengalaman demokrasi sejak merdeka tahun 1945 lalu hingga zaman Bung Karno dan Soeharto," demikian Komaruddin. 

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Kejagung Buka Opsi Ajukan PK

Posted: 23 Dec 2010 12:16 PM PST

Romli Bebas

Kejagung Buka Opsi Ajukan PK

Kamis, 23 Desember 2010 | 20:16 WIB

KONTAN/MURADI

Mantan Dirjen Administrasi Hukum Umum (AHU) Romli Atmasasmita.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejaksaan Agung mungkin saja akan mengajukan peninjauan kembali (PK) atas putusan bebas mantan Dirjen Administrasi Hukum Umum (AHU) Departemen Kehakiman, Romli Atmasasmita oleh Mahkamah Agung. Akan tetapi, PK itu bisa diajukan jika ada alat bukti baru (novum). Demikian yang disampaikan Wakil Jaksa Agung Darmono, saat dihubungi wartawan, Kamis (23/12/2010).

Pokoknya nanti kalau ada yang bertolak belakang dengan hukum tentu bisa kami jadikan novum sebagai alasan untuk mengajukan PK.

-- Darmono

"Ya bisa saja. Pokoknya nanti kalau ada yang bertolak belakang dengan hukum tentu bisa kami jadikan (novum) sebagai alasan untuk mengajukan PK," ucap Darmono ketika ditanyakan soal kemungkinan PK.

Kejaksaan Agung, lanjut Darmono, tidak akan terpengaruh pada putusan kasasi Romli dalam melanjutkan perkara Sisminbakum yang kini masih menyisakan dua tersangka utama yakni mantan Menteri Kehakiman Yusril Ihza Mahendra dan Komisaris PT Sarana Rekatama Dinamika (SRD) Hartono Tanoesoedibjo.

"Saya kira faktanya lain. Jadi dalam perkara itu, masing-masing perkaranya itu hukumnya lain. Masing-masing tersangka juga beda, tidak serta merta terpengaruh pada putusan itu semua," ujarnya.

Romli pada Selasa (21/12/2010) lalu diputuskan bebas oleh MA karena tidak ada perbuatannya yang melawan hukum atau merugikan negara. Selain Romli, MA juga memutuskan Dirjen AHU lain yakni Syarifudin Manan pada hari ini. Namun, berbeda dengan Romli yang dibebaskan, Manan justru tetap harus menjalani hukuman penjara selama satu tahun.

Perbedaan putusan MA ini diakui Darmono tidak bisa serta merta membuat Kejagung langsung mengajukan PK. "Kami kan dengar dulu bunyi putusannya bagaimana, perkembangan hukum itu nanti akan jadi pertimbangan kami yang penting tunggu dulu salinan putusannya," kata Darmono.

Penulis: Sabrina Asril   |   Editor: I Made Asdhiana Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS