Sindikasi news.okezone.com

sumber :-

Sindikasi news.okezone.com


Sirup Strawberry Rahasia Gol Demba Ba

Posted: 05 Jan 2012 11:02 PM PST

NEWCASTLE – Dalam pertandingan antara Newcastle United yang menjamu Manchester United, striker The Magpies Demba Ba mencetak gol fantastis dalam kemenangan 3-0 timnya atas Setan Merah.
 
Bahkan dengan gol itu, Demba Ba sejauh ini telah mengoleksi 15 gol di Premier League, kedua terbanyak setelah striker Arsenal Robin van Persie yang telah menjaringkan 17 gol. Hal itu pun semakin menimbulkan pertanyaan, apa kira-kira rahasia di balik produktifitas gol pemain internasional Senegal ini.
 
Sky Sports, Jumat (6/1/2012) melaporkan, Ba mengungkapkan rahasia dibalik gol-golnya itu. Tak disangka, sirup dengan rasa strawberry adalah salah rahasia yang membuat Ba tampil menggila di depan gawang lawan.
 
"Sesungguhnya, itu (rahasianya) bisa apa saja. Saya pikir sirup Strawberry rahasianya. Hanya seperti itu saja, ketika saya minum air, saya menempatkan sirup di dalamnya," jawab Ba seenaknya.
 
"Sirup adalah sesuatu yang saya tidak bisa hidup tanpa hal itu. Ini seperti kecanduan, saya bersumpah. Setiap kali keluarga saya datang (dari Perancis), hal pertama yang saya tanyakan mereka adalah apakah mereka membawakan saya sirup? Itulah rahasia saya," pungkasnya.
 
(win)

Full content generated by Get Full RSS.

Gagal SEA Games, Vietnam Pecat Pelatih

Posted: 05 Jan 2012 10:33 PM PST

HANOI – Kegagalan Vietnam di pentas SEA Games 2011 lalu berkibat fatal bagi Falko Gotz. Pelatih Jerman itu harus terima nasib dipecat Federasi Sepakbola Vietnam.
 
Vietnam yang mengusung target juara di Stadion Gelora Bung Karno, November lalu gagal mempersembahkan medali. Di semi final Bintang Kuning dihantam Merah-Putih 2-0 dan tragisnya lagi, pasukan Gotz dipermalukan 4-1 oleh Myanmar di perebutan medali perunggu.
 
Seperti dilaporkan AP Jumat 6 Januari 2012, Gotz merasa terkejut dengan pemecatan itu pasalnya dalam kontrak, Gotz seharusnya menukangi Red Warriors hingga dua tahun. Tapi apa mau dikata, kariernya hanya sampai tujuh bulan di Vietnam.
 
Soal hasil mengecewakan di Jakarta, Gotz membela diri. Menurut dia para pemain sudah memberikan kemampuan terbaik untuk menghasilkan prestasi, meski pada kenyataannya terpuruk di posisi keempat di bawah Malaysia, Indonesia, dan Myanmar.
 
Pelatih kelahiran 26 Maret 1962 sebelum menduduki kursi arsitek Vietnam, menghabiskan
karier pelatihnya di Herta BSC, 1860 Munich, dan Holstein Kiel. Sedangkan sebagai pemain dia tercatat pernah membela Bayer Leverkusen, Koln dan Galatasaray di era 90-an.
(fit)

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Mancanegara

sumber :-

ANTARA - Mancanegara


PM China berikrar pererat pertukaran militer dengan Pakistan

Posted: 05 Jan 2012 06:07 PM PST

PM Cina Wen Jiabao (FOTO ANTARA/REUTERS/Jason Lee)

China secara konsisten akan mendukung upaya-upaya Pakistan untuk menjaga kedaulatan dan integritas teritorialnya, serta mendukung pertumbuhan ekonomi negara dan peningkatan mata pencaharian warganya.

Berita Terkait

Beijing (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Perdana Menteri China Wen Jiabao bertemu dengan Panglima Angkatan Bersenjata Pakistan Jenderal Ashfaq Parvez Kayani, Kamis, dan berikrar untuk mendukung pertukaran erat militer antara kedua negara.

"China secara konsisten akan mendukung upaya-upaya Pakistan untuk menjaga kedaulatan dan integritas teritorialnya, serta mendukung pertumbuhan ekonomi negara dan peningkatan mata pencaharian warganya," katanya.

Wen menyatakan keyakinannya bahwa pemerintah, angkatan bersenjata dan rakyat Pakistan akan bekerja sama untuk mengatasi tantangan yang mereka hadapi dan mencapai lebih banyak perkembangan pesat.

Dalam menghadapi situasi regional dan global yang rumit, China dan Pakistan bertekad memperkuat koordinasi dan menghadapi tantangan bersama-sama untuk memenuhi kepentingan bersama kedua negara, kata Wen menambahkan.

Wen mengatakan, Angkatan Bersenjata Pakistan telah membuat kontribusi penting ke arah menjaga hubungan bilateral dan meningkatkan kerja sama dan kemitraan strategis China-Pakistan.

Ia berjanji untuk mendukung pertukaran militer yang lebih kuat dan kerja sama antara kedua negara.

Kayani, yang saat ini dalam kunjungan enam hari ke China, menyatakan terima kasih atas upaya China untuk membantu pertumbuhan ekonomi Pakistan dan stabilitas sosial, serta dukungan China bagi upaya Pakistan untuk mempertahankan kedaulatan dan integritas teritorial.

Mengembangkan kerja sama kemitraan strategis China-Pakistan merupakan landasan strategi luar negeri kedua negara, kata Kayani.

Angkatan bersenjata Pakistan akan bersikap teguh meningkatkan kerja sama dengan China dan tegas mendukung upaya China untuk mempertahankan kepentingan-kepentingan inti, katanya.

(H-AK)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

Pesan Blackberry ungkap kasus pembunuhan

Posted: 05 Jan 2012 03:02 PM PST

(REUTERS/Michael Dalder)

Para sangka pembunuhan Montagna dilaporkan kaget setelah mengetahui polisi Quebec bisa mengakses komunikasi rahasia mereka"

Berita Terkait

Video

Montreal (ANTARA News) -  Polisi Kanada telah menggunakan pesan BlackBerry tersangka pembunuhan seorang bos mafia New York untuk menyingkap kasus ini, lapor sebuah koran yang berbasis di Montreal, mengutip sejumlah sumber seperti dilaporkan AFP.

Lima tersangka pembunuhan bos mafia Salvatore Montagna yang ditembak mati November lalu dan punya kaitan dengan Kanada dan AS,  telah ditangkap bulan lalu.

Pesan-pesan mencurigakan yang dikirimkan salah seorang tersangka bernama Vittorio Mirarchi yang adalah pengusaha yang diduga mempunyai kaitan dengan sang mafia, berujung kepada penangkapan para tersangka, tulis koran La Presse.

Enkripsi Blalckberry yang sulit dibobol dan dipalsukan selama ini menjadi dambaan para pengusaha dan politisi yang ingin menjaga keamanan komunikasi mereka.

Namun berbagai penguasa di seluruh dunia menuntut akses dari Research In Motion (pembuat Blackberry) kepada komunikasi BlackBerry untuk menjejak aktivitas kriminal dan teroris serta mencegat pesan untuk tujuan tertentu.

Para sangka pembunuhan Montagna dilaporkan kaget setelah mengetahui polisi Quebec bisa mengakses komunikasi rahasia mereka, tulis koran tersebut.

Polisi enggan mengungkapkan apakah mereka telah membobol enkripsi BlackBerry atau malah RIM telah memberi mereka akses ke server-server RIM.

Sementara itu, RIM mengeluarkan pernyataaan operasional standard-nya dengan menegaskan bahwa perusahaan itu akan melindungi privasi penggunanya di negara mana pun RIM beroperasi.  (*)

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Republika Online

sumber :-

Republika Online


Inilah Ciri Jajanan yang Sehat untuk Anak

Posted: 05 Jan 2012 07:27 AM PST

REPUBLIKA.CO.ID,  BOGOR -- Setiap orang tua menginginkan anak-anaknya jajan makanan dan minuman yang bersih dan sehat. Sayangnya masih banyak orang tua belum tahu ciri jajanan yang bersih dan sehat. "Kebanyakan orang ingin anaknya jajan sehat. Tapi mereka seringkali tidak peduli," ujar pemerhati pangan, Istu Sutarti kepada Republika.

Jajanan yang sehat dapat dikenali dari sejumlah ciri. Pertama, jajanan tersebut minim kandungan bahan pengawet. Artinya jajanan yang akan dikonsumsi adalah jajanan segar yang dimasak dan langsung disantap. Misalnya, bakso, siomay, dan gado-gado. Orang tua sebaiknya menganjurkan anak-anak menghindari jajanan dalam kemasan. Apalagi bila jajanan yang dibeli mengandung warna atau bau yang mencolok.

Ciri lain mengenali jajanan sehat bisa dilihat dari lokasi jualan. Memilih tempat jajanan yang sehat bisa meminimalisir kemungkinan cemaran mikrobiologi pada makanan. Kendati begitu, tempat yang bersih saja belum cukup. Jajanan  yang dibeli juga harus dimasak dan disajikan dengan cara yang baik.

Istu mencontohkan, minyak yang digunakan untuk menggoreng tidak dipakai berulang-ulang. Bungkus dijadikan kemasan tidak sembarangan. Dan wadah yang digunakan sebagai tempat penyajian benar-benar bersih."Hindari makanan yang dibungkus dengan plastik kresek hitam paku karena mengandung cemaran kimia berbahaya," kata Istu.

Selain itu, yang juga tak kalah penting adalah memperhatikan kebersihan diri si penjual jajanan. Anak-anak sebaiknya membeli jajanan di warung yang penjualnya memperhatikan kebersihan. Istu mencontohkan, jangan membeli jajanan ke penjual yang tidak menggunakan sarung tangan saat mengambil makanannya. Karena bisa saja tangan si penjual tidak higienis karena habis digunakan memegang uang, mencuci piring, merokok, dan menggaruk tubuh. 

Terakhir, Istu menyarankan cara terbaik dan paling aman melindungi anak-anak dari jajanan berhaya adalah dengan membuatkan bekal makanan sendiri dari rumah. "Sebaiknya orang tua menyempatkan waktu untuk membuat bekal. Karena masakan orang tua adalah yang terbaik," saran Istu

Full content generated by Get Full RSS.

Bayi Lahir Besar? Belum Tentu Bakal Obesitas Kok

Posted: 04 Jan 2012 11:34 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK - Apakah ukuran menentukan? Inilah pertanyaan yang kerap muncul terhadap berat badan bayi dan pertumbuhan berat bayi di awal Tahun. Muncul kecemasan terkait dugaan bahwa bayi yang dianggap memiliki bobot terlalu berat bakal berisiko mengembangkan diabetes dan obesitas di kemudian hari.

Sejumlah periset di AS pun mengkaji tren pada berat bayi lahir dan ukuran untuk memastikan faktor risiko mengidap obesitas di kehidupan nanti. Riset itu dilakukan setelah berat dan panjang bayi lahir di tenggara Ohio mengalami peningkatan dalam beberapa dekade terakhir. Namun temuan studi mengungkap tidak ada kaitan antara obesitas di kemudian hari dengan saat kanak-kanak.

Riset terbaru yang dipublikasikan di The Journal of Pediatrics, menggunakan data ke belakangan hingga 1929 untuk mencatat jejak perkembangan ukuran bayi saat lahir hingga dewasa. Para peneliti menemukan mereka yang lahir setelah 1970 tertimbang satu pon lebih berat dan berukuran lebih dari setengah inchi lebih panjang ketimbang bayi-bayi yang lahir pada dekade sebelumnya.

"Namun bayi yang dianggap anak besar pada 1930-an tidak dianggap bayi besar saat ini," ujar salah satu peneliti, Ellen Demerath dari Divisi Epidemiologi, Kesehatan Masyarakat dan Komunitas, Universitas Minnesota.

Namun pada usia satu tahun, sebagian besar bayi memiliki ukuran sama dengan bayi pada generasi sebelumnya. Temuan itu memberi sugesti bahwa bayi terlahir kecil pada masa lalu mengalami pertumbuhan cepat dalam tahun pertama sehingga memiliki berat rata-rata bayi modern.

Ternyata bukan hanya bayi, rata-rata ukuran ibu juga meningkat dalam dekade terkini, terlihat dalam indeks massa tubuh (BMI), sebuah metoda yang menggunakan ukuran relatif berat badan dengan tinggi tubuh. Antara 1930 dan 1949, 18 persen ibu dalam studi memiliki BMI yang dikategorikan sebagai pengidap obesitas.

Kemudian pada tahun 1990 dn 2008 terjadi peningkatan dalam kategori tersebut hingga 48 persen.

Beberapa periset berspekulasi bahwa BMI besar saat hamil mengarah pada bayi lebih besar. Kondisi itu dicemaskan berkontribusi pada obesitas anak-anak di kemudian hari.

Untuk menguji pandangan tersebut, Demerath dan kolega perisetnya menggunakan data dari studi jangka panjang di Ohio terhadap bayi baru lahir sejak 1929 dan ibu-ibu mereka. Sejumlah 620 bayi yang mereka pantau ditimbang dan diukur dari sejak lahir hingga berusia 3 tahun dan semua adalah keturunan Eropa.

Some researchers have speculated that higher maternal BMIs are leading to bigger babies, which in turn may contribute to obesity later in childhood.

"Ini adalah kelas masyarakat di mana mayoritas warga berada, kelas menengah, semi urban yang dipantau jejaksnya," ujar Demerath. "Dan ternyata ada banyak perubahan besar dalam pertumbuhan bayi."

Perbedaan rata-rata pertumbuhan setelah kelahiran antara bayi di generasi awal dan kemudian, ujar Demerat, cenderung terkait kesehatan ibu saat kehamilan.

Pada periode pra-1970-an, "Angka bobot bayi lahir relatif rendah dan kesehatan ibu mungkin tak sebaik saat ini," ucap Demerath.

Para periset menyimpulkan pula bahwa tingginya jumlah bayi pada era moderan yang diberi susu formula juga menerangkan alasan pertumbuhan lambat mereka di awal tahun. Namun, kesimpulan itu belum bisa diuji dengan informasi yang mereka peroleh.

Demerath mengatakan, di atas itu semua, pertumbuhan lambat menjadi tantangan bagi mereka yang meyakini bahwa bayi besar pemicu epidemi obesitas saat ini. "Tidak berarti bayi dengan pertumbuhan berat badan tinggi bakal berakhir dengan masalah obesitas," ujar Demerath.

Pendapat itu juga dikuatkan oleh guru besar dari Departemen Pengobatan Populasi dari Sekolah Kedokteran Havard, Dr. Emily Oken. Berhati-hati, ia berkomentar sulit untuk memprediksi pertumbuhan keseluruhan seseorang pada usia-usia awal.

"Saya pikir dalam rentang usia dua hingga lima tahun terlalu dini untuk memastikan bagaimana prospek jangka panjang seseorang terhadap risiko kesehatannya dan ukuran tubuhnya," ujar Oken.

Oken menambahkan beberapa anak terlihat sedikit menambah berat badan setelah empat dan lima tahun.

Pada 2010, sebuah studi berbasis pada data lebih dari 36 juta bayi di seluruh AS, Oken dan kolega risetnya menemukan bahwa bayi dilahirkan pada 2005 berukuran lebih kecil ketimbang mereka yang lahir pada 1990. Grupnya tak bisa menerangkan tren berdasar karakteristik ibu atau bayi, atau berdasar perubahan panjang kehamilan.

Oken mengatakan hasil studinya tak lantas bertentangan dengan temuan di Ohio. Ia hanya menekankan bahwa studinya hanya berdasar pada data terkini populasi nasional. Ia juga mencermati bahwa secara umum bayi-bayi di penjuru dunia menjadi lebih besar sejak 1950-an.

Menurut Demerath, pesan utama dari riset tersebut yakni kondisi kesehatan ibu benar-benar berbeda pada beberapa dekade lalu. Namun ia dan koleganya menyimpulkan rata-rata pertumbuhan tahun pertama kehidupan tak bisa menjelaskan keterkaitan dengan obesitas di kemudian  hari.

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPASentertainment

sumber :-

KOMPASentertainment


Saksofonis Yoyok CR Meninggal Dunia

Posted: 05 Jan 2012 06:49 PM PST

BEKASI, KOMPAS.com - Yoyok Carry Riyanto, saksofonis Yovie Widianto Fusion, meninggal dunia pada Kamis (5/1/2012) pukul 19.30 WIB.

Jenazah penggagas Bekasi Jazz Festival dan Direktur Y2K Studio, sekolah musik, ini disemayamkan di rumah duka di Jalan Pulo Sirih Timur 2 Blok CA Nomor 3-5 Pekayon Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

Informasi dari Y2K Studio menyebutkan, jenazah saksofonis Elfas Big Band selama 22 tahun ini akan dimakamkan di Taman Pemakaman Umum Pondok Kelapa, Jakarta Timur, seusai salat Jumat (6/1). 

Full content generated by Get Full RSS.

Eva Longoria: Hidup Tak Sehat

Posted: 05 Jan 2012 05:47 PM PST

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Bintang serial televisi Desperate Housewives, Eva Longoria (36), merasa hidupnya tidak sehat setelah berpisah dengan suaminya, Tony Parker, pada November 2010. Meski merasa hidupnya tidak sehat, Longoria tetap meluangkan waktu untuk berolahraga.

Setelah berpisah dengan pebasket yang dinikahinya selama tiga tahun itu, Longoria terlihat kurus di depan publik. Akan tetapi, tak lama kemudian, dia berusaha memperbaiki penampilannya.

"Aku ingat, setelah perceraianku, aku sangat kurus, tetapi banyak orang mengatakan aku terlihat cantik. Aku kurus kemungkinan karena gaya hidupku yang kurang sehat. Jadi, sangat lucu saat orang menilai diriku terlihat sehat," ungkap Longoria.

Longoria yang kini berkencan dengan Eduardo Cruz, adik bungsu Penelope Cruz, mengaku tidak depresi saat bercerai. Dia malah merasa seperti ada sesuatu yang lebih hebat di suatu tempat. "Memang lucu karena aku tidak merasakan depresi," katanya kepada majalah Health. Orang di sekitarnya malah bereaksi karena dia bisa kembali ceria dengan cepat.

"Aku tetap berusaha olahraga secara rutin dan diet ketat. Biasanya aku latihan beban dan perut," ujar Longoria yang mengaku tidak suka olahraga elliptical atau kardio. (Female First/SIE)

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Berita Terkini

sumber :-

ANTARA - Berita Terkini


Kehidupan Jenderal Soedirman segera difilmkan

Posted: 05 Jan 2012 06:53 PM PST

Jenderal Soedirman. (istimewa)

Berdasarkan riset dan wawancara, film ini akan dibagi tiga sekuel. Pertama, sekuel saat Soedirman di Cilacap, yakni ketika dia terlibat aktif dalam gerakan kepanduan Hizbul Wathan dan aktif sebagai guru sekolah Muhammadiyah

Berita Terkait

Video

Jakarta (ANTARA News) - Sejarah kehidupan dan perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman akan segera difilmkan pada Juli 2012 untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme, patriotisme, dan kepemimpinan bagi generasi muda.

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Majelis Lingkungan Hidup dan Lembaga Seni Budaya, Syukriyanto AR, di Jakarta, Kamis malam, mengatakan, pembuatan film ini sangat tepat di saat bangsa Indonesia sedang mengalami krisis keteladanan.

"Kita butuh keteladanan pemimpin yang berintegritas, jujur, rela berkorban demi kemajuan bangsa, sebagaimana yang ditunjukkan oleh tokoh Jenderal Soedirman," katanya.

Koesyuliadi, yang juga penulis skenario film itu, menegaskan bahwa film Jenderal Soedirman ini berdasarkan riset sejumlah buku biografi Jenderal Soedirman yang ditulis oleh berbagai penulis.

Selain itu, katanya, pihaknya juga melakukan sejumlah wawancara dengan keluarga dan sahabat Jenderal Soedirman.

"Berdasarkan riset dan wawancara, film ini akan dibagi tiga sekuel. Pertama, sekuel saat Soedirman di Cilacap, yakni ketika dia terlibat aktif dalam gerakan kepanduan Hizbul Wathan dan aktif sebagai guru sekolah Muhammadiyah," katanya.

Kedua, sekuel Yogya yang akan menampilkan perjuangan Jenderal Soedirman saat di Yogya. Selain itu akan dipaparkan pertemuannya dengan Letkol Soeharto dan Sultan Yogyakarta.

Ketiga, sekuel gerilya yang akan menyajikan perjuangan gerilya Jenderal Soedirman pada saat Revolusi Kemerdekaan.

Pameran

Sementara itu Ketua PP Muhammadiyah Syukriyanto AR menyatakan, pihaknya juga akan menggelar pameran seni rupa bertema "Kepada Matahari" yang menampilkan 40 karya seniman Muhammadiyah yang digelar di Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) Pasar Rebo Jakarta pada 9-11 Januari 2012.

Pameran yang akan dibuka oleh Ketua MPR RI, Taufik Kiemas itu, ujarnya, merupakan pameran yang ketiga setelah sebelumnya digelar di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (2010) dan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (2011).

"Dengan digelarnya pameran seni rupa ini menunjukkan bahwa Muhammadiyah sangat menjunjung tinggi karya seni yang dihasilkan oleh para seniman," ujarnya.

Ditegaskan Syukriyanto, pameran seni rupa ini dapat memberikan inspirasi dan membuka wawasan tentang seni dan budaya lewat lukisan dan kaligrafi.

(D009/E011)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

MP3EI dipakai sebagai referensi untuk JFSS 2012

Posted: 05 Jan 2012 06:46 PM PST

Jakarta Food Security Summit 2012,dengan mottonya "Feed Indonesia Feed The World". (kadin-indonesia.or.id)

MP3EI akan dipakai sebagai referensi dan payung dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan JFSS untuk mencapai `Feed Indonesia Feed The World` (Mencukupi kebutuhan pangan Indonesia dan dunia).

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) - Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) akan dipakai sebagai acuan atau referensi dalam pelaksanaan kegiatan "Jakarta Food Security Summit" (JFSS) yang rencananya digelar pada 2012.

"MP3EI akan dipakai sebagai referensi dan payung dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan JFSS untuk mencapai `Feed Indonesia Feed The World` (Mencukupi kebutuhan pangan Indonesia dan dunia)," kata Sekretaris Pelaksana Jakarta Food Security Summit (JFFS) 2012 Suharyo Husen, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Antara News, di Jakarta, Jumat.

Suharyo Husen menyebutkan rangkaian kegiatan JFSS akan memberikan masukan konkret untuk pelaksanaan 22 kegiatan ekonomi utama.

Dari 22 kegiatan tersebut, lanjutnya, terdapat delapan kelompok kegiatan berkaitan dengan pangan yaitu pertanian pangan, perikanan, peternakan, perkayuan, kakao, karet, kelapa sawit, dan makanan minuman.

"Namun nampaknya program tersebut belum terperinci dan mendalam," kata Suharyo.

Ia juga mengatakan, fokus utama JFSS akan membahas permasalahan lingkungan, moratorium pembukaan lahan hutan alam dan lahan gambut, serta berbagai isu yang berkembang saat ini.

Selain itu, ia menegaskan perlunya hal itu dikemas dalam suatu "road map" (peta jalan atau pedoman) yang jelas pada setiap koridor pembangunan ekonomi, yang disesuaikan dengan kepentingan strategis di bidang pangan.

"Hal ini penting mengingat beberapa koridor belum terkait dengan pengembangan di bidang pangan," katanya.

Pemerintah sendiri telah memprioritaskan pembangunan infrastruktur selama tahun 2012 dengan fokus pada proyek-proyek dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) dan Metropolitan Priority Area (MPA).

Deputi Sarana dan Prasarana Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Dedy Supriadi Priatna dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (5/1), menyebutkan, proyek-proyek tersebut terdiri atas infrastrukur bandara, pelabuhan, dan jalan tol.

Terkait proyek infrastruktur bandara dan pelabuhan, yang akan dikembangkan adalah perluasan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dengan nilai investasi 1,17 miliar dolar AS, perluasan Bandara Soekarno-Hatta, Banten dengan nilai investasi sebesar 800 juta dolar AS, dan perluasan Bandara Tjilik Riwut Kalimantan Tengah sebesar 11,31 juta dolar AS.

(M040/A011)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Berita Harian: Dunia

sumber :-

Berita Harian: Dunia


72 maut kota puak Syiah kena serang

Posted: 05 Jan 2012 02:50 PM PST

Dunia

KENDERAAN dan bangunan di Kadhimiyah rosak teruk selepas kena bom.

KENDERAAN dan bangunan di Kadhimiyah rosak teruk selepas kena bom.

BAGHDAD: Sekurang-kurangnya 72 orang terbunuh dalam beberapa serangan di kejiranan puak Syiah semalam, ketika pertelagahan politik yang mencetuskan ketegangan puak sejak sejak seminggu lalu.

Serangan terburuk menyaksikan sekurang-kurangnya 45 orang terbunuh dalam serangan bunuh diri di pinggir bandar Nasiriyah di selatan negara itu, ketika sekumpulan puak Syiah berjalan menuju ke Karbala untuk menghadiri upacara Arbaeen (memperingati tempoh 40 hari selepas kematian cucu Rasulullah Saidina Hussein).

"Hospital Nasiriyah mengesahkan 45 orang terbunuh dalam serangan ketika rombongan puak Syiah menuju ke Karbala," kata ketua jabatan kesihatan wilayah di Dhi Qar, Hadi Badr al-Riyahi. Di bandar Kadhimiyah, kementerian pertahanan dan dalam negeri melaporkan, sekurang-kurangnya 14 orang terbunuh manakala 14 lagi cedera dalam letupan bom kereta di persimpangan sebatang jalan. Beberapa kenderaan, kedai dan sebuah hotel yang baru dibina, rosak teruk.

Pada masa sama, lima butir bom meletup di kejiranan puak Syiah di utara Baghdad dan mencederakan berpuluh yang lain.

Keganasan turut menyebabkan lebih 100 orang cedera itu adalah yang terburuk sejak 67 orang maut pada 22 Disember, sejurus selepas krisis politik melanda Iraq apabila, waran tangkap dikeluarkan ke atas Naib Presiden,
Tareq al-Hashemi yang didakwa mengendalikan satu skuad untuk membunuh rakyat Iraq.
Speaker parlimen Iraq, Osama al-Nujaifi, seorang Sunnah dan negara jiran Iran mengecam sekeras-kerasnya keganasan yang berlaku.

Hashemi kini dilaporkan berlindung di wilayah Kurdis di utara dan menafikan dakwaan ke atasnya. Beliau dan anggota partinya Iraqiya memulaukan kabinet dan sidang parlimen Selasa lalu.

Berbeza dengan serangan bulan lalu yang tidak menyasarkan mana-mana puak, keganasan semalam disasarkan secara keseluruhannya ke atas puak Syiah. – AFP

Full content generated by Get Full RSS.

RM6.27j syarat bebas tebusan

Posted: 05 Jan 2012 02:50 PM PST

Dunia

Warren Richard Rodwell

Warren Richard Rodwell

Rakaman video dihantar kepada keluarga bekas askar Australia sebagai bukti

MANILA: Seorang bekas anggota tentera Australia diculik di selatan Filipina merayu supaya diselamatkan dalam satu video yang dihantar kepada keluarganya sambil menggesa Manila dan Canberra mengumpul wang tebusan AS$2 juta (RM6.27 juta) yang dituntut penculik.

Video itu memaparkan keadaan Warren Richard Rodwell, 53, bersama empat gambar menunjukkan dia digari dan cedera pada tangan kanan. Ia dihantar kepada isterinya, seorang warga Filipina sebelum Krismas, kata pegawai polis. Agensi berita Associated Press (AP) melihat salinan video dan gambar itu, semalam.

Memakai baju sejuk dan membaca mesej di sekeping kertas, Rodwell berdehem ketika bercakap dalam video ringkas itu, yang diberi oleh keluarganya kepada penyiasat polis Filipina.

Dia kelihatan lesu dan ada kalanya mengelip mata ketika berdiri di depan kain tarpal biru yang menyekat pemandangan sekitarnya.

Satu daripada gambar menunjukkan gari berwarna perak dan rantainya terjuntai dari lengan kirinya. Bahagian tapak tangan kanannya cedera.
Rodwell yang sebelum ini bekerja sebagai pensyarah universiti di Shanghai, diculik enam lelaki bersenjata pada 5 Disember lalu di bandar selatan Ipil, wilayah Sibugay Zamboanga.

Ia adalah penculikan terbaru seorang warga asing di selatan bergolak negara itu. Beberapa penculikan untuk mendapatkan wang tebusan biasanya dipersalahkan ke atas kumpulan Abu Sayyaf yang dikatakan ada hubungan dengan al-Qaeda.

Belum ada kumpulan mengaku bertanggungjawab atas penculikan Rodwell, namun pihak berkuasa mengesyaki Abu Sayyaf dan lelaki bersenjata yang bersekongkol mungkin bertanggungjawab.

Superintendan Kanan polis Filipina, Ruben Cariaga memberitahu AP, Ahad lalu, bahawa penculik menelefon isteri Rodwell sebelum Krismas menuntut wang tebusan awal sebanyak AS$23,000 (RM72,174).

Kerajaan Australia sudah menubuhkan satu pasukan khas menyiasat penculikan dan berunding dengan penyerang. Australia mempunyai dasar enggan membayar wang tebusan. Jabatan Hal Ehwal Luar dan Perdagangan Australia semalam enggan mengulas.

"Fokus utama kami kekal dengan kebajikan Rodwell," kata jabatan itu dalam satu kenyataan.

"Kedutaan kami di Filipina bekerja rapat dengan pihak berkuasa tempatan dengan sokongan daripada pasukan tugas khas penuh kerajaan di Canberra," tambahnya.

Beratus-ratus askar Filipina dan polis mencari Rodwell di semenanjung Zamboanga dan pulau Basilan berhampiran, lokasi kumpulan militan Abu Sayyaf dan lainnya aktif. – AP

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi international.okezone.com

sumber :-

Sindikasi international.okezone.com


Partai Suu Kyi Diizinkan Ikut Pemilu

Posted: 05 Jan 2012 06:07 AM PST

YANGON - Tokoh demokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi mengatakan, Pemerintah Myanmar telah menyetujui partainya untuk ikut serta dalam pemilu mendatang. Dengan ini Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) akan kembali ke kancah politik Myanmar.


Menurut Suu Kyi, penerimaan pemerintah ini sebelumnya sudah didapatnya pada Rabu 4 Januari kemarin. Juru bicara NLD Nyan Win mengatakan, partainya akan segera meminta anggota baru pada Senin 9 Januari mendatang.


Seperti dilansir Associated Press, Kamis (5/1/2012), meski partainya sudah resmi diterima oleh pemerintah, Suu Kyi masih belum bisa mengonfirmasikan apakah dirinya akan mencalonkan diri sebagai presiden berikutnya.


Myanmar akan menggelar pemilihan umum (pemilu) pada 1 April 2012 mendatang. NLD sebelumnya menolak untuk berpartisipasi dalam pemilu 2010 lalu.  Mereka tidak menyetujui proses pemilu yang saat itu masih diatur oleh junta militer. 


Tetapi kini negara yang dahulu dikenal sebagai Burma ini, menunjukan perubahan drastis dalam penegakan demokrasi. Myanmar saat ini bahkan lebih terbuka akan perubahan dibandingkan yang dulu.


Dukungan atas perubahan ini pun terus berdatangan, termasuk dari negara-negara barat yang sebelumnya kerap mengkritisi pemerintah junta militer.


Hari ini Menteri Luar Negeri Inggris William Hague tiba di Myanmar untuk mendorong reformasi yang tengah berlangsung. Hague dilaporkan tiba di Ibu Kota Myanmar, Naypyitaw, untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Thein Sein termasuk juga dengan Suu Kyi.


Sebelumnya pada 1 Desember lalu, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Hillary Clinton juga melakukan kunjungan ke Myanmar. Dalam kunjungannya Clinton menunjukan bahwa myanmar memang terus melakukan reformasi.

(faj) Full content generated by Get Full RSS.

Dokter Asing Diculik di Pakistan

Posted: 05 Jan 2012 05:05 AM PST

QUETTA- Sejumlah pria bersenjata dilaporkan menculik seorang dokter berkewarganegaraan asing yang bekerja untuk Komite Internasional Palang Merah (ICRC) di Quetta, Pakistan.

Polisi mendapat laporan dari salah seorang pejabat ICRC yang mengatakan, salah satu karyawan mereka diculik di Quetta, Provinsi Baluchistan.

"Kami sudah memeriksa semua jalan di kota, namun kami belum menemukan kendaraan yang digunakan oleh dokter itu. Kami mencoba memastikan bahwa kendaraan tidak meninggalkan Quetta," ujar pejabat polisi, Nazeer Kurdi seperti dikutip Reuters, Kamis, (5/1/2012).

Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas insiden penculikan ini. Namun kasus penculikan pekerja asing di Provinsi Baluchistan bukan pertama kali ini terjadi.

Pekan lalu empat pekerja kesehatan, termasuk diantaranya dua orang dokter, diculik oleh kelompok militan di daerah Pishin Baluchistan, dekat Quetta.

Baluchistan adalah provinsi terbesar di Pakistan, namun mengalami tingkat kemiskinan tertinggi di negara itu. Tingginya angka kemiskinan diduga menjadi penyebab munculnya tindak kriminal yang dilakukan oleh kelompok separatis Baluch, termasuk diantaranya penculikan yang berakhir dengan uang tebusan.(rhs)

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Hiburan

sumber :-

ANTARA - Hiburan


Naskah "Waiting For Godot" dipentaskan di Makassar

Posted: 05 Jan 2012 07:12 AM PST

Makassar (ANTARA News) - Naskah teater klasik karya Samuel Becket "Waiting For Godot" untuk pertama kalinya akan dipentaskan di Gedung Kesenian Sulawesi Selatan Societeit de Harmony di Makassar, 7-11 Januari 2012.

Produser dari Kala Teater, Bakti Munir di Makassar, Kamis, menjelaskan, Waiting for Godot mengisahkan dua sahabat, yakni Vladimir dan Estragon, yang menanti datangnya sang juru selamat bernama Godot.

"Godot adalah simbol harapan dalam sebuah situasi yang serba tidak pasti. Hari ini, di tengah situasi sosial dan politik yang tidak menentu, naluri dasar kemanusiaan kita sedang berharap datangnya Godot," ucapnya mengurai makna dari naskah yang pertama kali dipentaskan 1953 di Paris.

Penantian Vladimir dan Estragon diwarnai kesedihan, kecemasan, kegembiraan, kekerasan, dan keputusasaan bahkan kadang konflik, namun mereka berkomitmen untuk tetap bersama karena memiliki harapan sama, yakni bertemu Godot.

Pementasan selama lima hari berturut-turut mulai pukul 19.30 WITA, disutradarai Shinta Febrianty dengan menampilkan sejumlah aktor muda Makassar yakni, Ruzel, Fadhli Amir, Adin Amiruddin, Andayani Alam, dan Awan Paris.

Para aktor muda bertalenta ini menjalani proses latihan Waiting For Godot selama empat bulan untuk kemudian menyajikannya ke penonton.

Shinta Febriany mencoba memberi tafsiran tersendiri pada pementasan Waiting For Godot kali ini dari yang biasanya dalam kesuraman, kini akan disajikan dalam tafsir artistik berseri.

"Sebab harapan semestinya disambut dengan suka cita," ucap Shinta.

(T.KR-MH/S016)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

Jakarta Biennale #14 di Central Park

Posted: 05 Jan 2012 06:06 AM PST

Central Park Jakarta. (centralparkjakarta.com)

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) - Jakarta Biennale #14 melanjutkan perjalanannya ke ruang publik, yakni di pusat perbelanjaan Central Park, Jakarta Barat.

Sebanyak 33 karya dari seniman lokal dan internasional dengan karya-karya yang merespon tema "Game, Leisure, and Gadget Victim," akan dipamerkan mulai 4 Januari hingga 15 Januari 2012.

"Pameran seni kontemporer belum pernah diadakan di mal wilayah Jakarta Barat, biasanya mal di Jakarta Pusat. Profil pengunjungnya pun berbeda, maka kami ingin mempublikasikan di tempat-tempat yang pengunjungnya belum terbiasa," kata Kurator Jakarta Biennale #14, Seno Joko Suyono.

Dimulai dari lobi utama lantai dasar, pengunjung disuguhkan dengan kehadiran patung bayi raksasa berukuran sekitar tiga meter dan berwarna perak yang diceritakan sedang asyik bermain game.

Karya seniman Dunadi itu menggambarkan patung bayi yang dililit plasenta merupakan bayi yang masih di dalam janin namun sudah keranjingan dengan game.

Karya yang diberi judul "Baby Game" itu merupakan refleksi anak-anak diperkotaan yang tidak bisa lepas dari dunia game.

Lain lagi dengan seniman asal Yogyakarta, Donna Prawita Arisoeta, yang mencoba membuat parodi merek-merek mewah. Beberapa kantong tas dengan merek seperti Hermes, DKNY, Zara, Lacoste, Guess, Chanel, dan lain lain disusun sedemikian rupa.

"Menurut saya, yang menarik dari karya ini adalah dari segi pembuatanya. Kantong-kantong tas tersebut jika dilihat dari jauh seolah-olah terbuat dari kertas, padahal dibuat dari keramik," ujar Seno.

Selain itu, susunan kantong tas bermerek tersebut diletakkan di antara toko-toko yang memang menjual merek-merek terkenal.

Sementara itu, seniman terkenal, Entang Wiharso membuat satir atas sindikasi donasi dengan karya khasnya yang gelap. Entang membuat kotak-kotak donasi yang terdiri dari lima kotak, yakni Art Museum, War, Kemanusiaan, Teroris, dan Surga yang dijejer di atas meja. Di kotak tersebut juga terdapat video yang menggambarkan masing-masing judul kotak donasi.

Entang juga mengajak pengunjung untuk turut berinteraksi dengan mengisi data dan alasan mengapa memilih salah satu kotak donasi tersebut.

Selain nama-nama seniman tersebut, seniman seperti Taufik Monyong, Anang Saptoto, I Nyoman Agus Wijaya, TiarmaSirait dan masih banyak lagi ikut unjuk karya di sana.

Menurut Seno, ini merupakan kedua kalinya Jakarta Biennale, yang dilangsungkan dua tahun sekali sejak 1968 itu, dilangsungkan di tempat umum, seperti mal, jalanan, dan taman kota.

"Hal ini bertujuan untuk lebih mendekatkan seni kontemporer pada masyarakat," ujar Seno.
(T.MO47)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Peristiwa

sumber :-

ANTARA - Peristiwa


Kasus korupsi antarkan Kajari Makassar terbaik

Posted: 05 Jan 2012 07:30 AM PST

Makassar (ANTARA News) - Sebanyak delapan kasus korupsi yang masuk dalam tahap penuntutan mengantarkan Kepala Kejaksaan Negeri Makassar, Haruna, menjadi Kajari terbaik selama 2011.

"Delapan kasus perkara korupsi yang sudah masuk tuntutan itu merupakan hal yang membanggakan dan ini patut dicontoh oleh Kajari lainnya untuk lebih terpacu lagi dalam menuntaskan perkara korupsi," ujar Pelaksana tugas (Plt) Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Sulsel Chaerul Amir di Makassar, Kamis.

Ia berharap, prestasi yang telah diukir oleh Haruna itu bisa diiukti oleh pimpinan kejaksaan negeri lainnya karena semakin banyak kasus korupsi yang tertangani akan semakin banyak peluang untuk menyelamatkan uang negara.

Dalam kurun waktu 2011, Kajari Makassar yang memproses perkara korupsi berhasil menyelamatkan uang negara sebesar Rp3,1 miliar.

Namun, dengan keberhasilan yang telah diraihnya itu, dirinya meminta kepada Haruna untuk tidak cepat berpuas diri karena perkara korupsi dengan nilai kerugian miliaran rupiah yang lebih besar lagi juga masih harus ditangani.

"Kedepannya masih ada beberapa kasus dengan nilai kerugian yang jauh lebih besar. Semoga semua kajari bisa memaksimalkan penanganannya dan menyelamatkan banyak uang negara," harapnya.

Selain Haruna yang menjadi panutan karena menangani banyak kasus korupsi, beberapa kajari dari 28 Kajari di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat juga mendapat apresiasi dari Kejati Sulsel.

Beberapa kajari terbaik diantaranya, Kajari Mamuju La Kamis, Kajari Makale Paris Pasaribu, Kajari Sengkang Susanto, Kajari Watampone Tonangi Madjid, dan Kajari Maros Elan Suherlan juga masuk dalam deretan sepuluh besar Kajari yang berkinerja baik.
(T.KR-MH/S016)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

Presiden perpanjang masa tugas Satgas TKI

Posted: 05 Jan 2012 07:28 AM PST

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (FOTO ANTARA)

Berita Terkait

Video

Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan memperpanjang masa tugas satuan tugas penanganan warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri dan terancam hukuman mati yang rencananya akan berakhir pekan depan.

Menko Polhukam Djoko Suyanto dalam keterangan pers di Kantor Presiden Jakarta, Kamis malam mengatakan Presiden Yudhoyono memberikan apresiasi yang tinggi atas peran satgas yang berhasil mencegah pelaksanaan hukuman mati beberapa Tenaga Kerja Indonesia dan mengubahnya menjadi ketentuan hukum lain.

"Karena masih ada rangkaian tugas, karena akan berakhir minggu depan maka Presiden memperpanjang 6 bulan ke depan tentu akan ada perubahan tugas dan penguatan prosedur dan kelembagaan. Saatnya nanti kementerian dan lembaga bisa atasi hukuman mati dengan baik," kata Djoko.

Satgas penanganan warga negara Indonesia yang terancam hukuman mati dibentuk pada Juli 2011 lalu beranggotakan antara lain mantan Menag Maftuh Basyuni, mantan Kapolri Bambang Hendarso Danuri, mantan Jaksa Agung Hendarman Supandji.

Djoko menyatakan satgas dibagi ke dalam tiga kelompok dimana masing-masing melakukan pendekatan ke berbagai pihak yang berkepentingan di beberapa negara antara lain Malaysia, Singapura, China, Arab Saudi, Iran dan beberpa negara lainnya dimana ada TKI yang terancam hukuman mati.

"Di Arab Saudi, dari 37 sudah dibebaskan, 8 bebas murni, 4 diantaranya sudah di tanah air dan 4 lainnya menunggu keluarga. Di Malaysia 14 orang terlepas dari hukuman mati, 6 bebas murni, 8 divonis hukuman penjara yang bervariasi. Di China dari 11 hukuman mati menjadi hukuman seumur hidup. Di Iran, 2 orang diupayakan berubah dari hukuman mati menjadi seumur hidup," kata Djoko.

Sementara itu Menakertrans Muhaimin Iskandar mengatakan pihaknya masih meneliti dan mendalami adanya informasi keberangkatan TKI ilegal dari negara kedua menuju negara tujuan.

Untuk itu Muhaimin meminta agar masyarakat menahan diri untuk tidak berangkat dan bekerja di negara yang termasuk ke dalam tujuan moratorium pengiriman TKI. Ia juga mengimbau agar pemerintah daerah aktif memberikan informasi mengenai hal tersebut kepada warganya.

"Memang ada laporan tapi masih kita cek, informasinya beberapa TKI ke Malaysia, Singapura berangkat ke sana kemudian ke Saudi, maka saya imbau, sekali lagi pemerintah minta warga negara untuk tidak memaksakan diri berangkat ke negara yang sedang moratorium, begitu berangkat membahayakan yang bersangkutan. Pemda juga kita imbau jaga dan jelaskan. Yang melalui bandara dalam negeri bisa diatasi tapi yang sulit kalau lewat negara lain," katanya.

Kamis siang Presiden melangsungkan rapat kabinet yang salah satunya membahas evaluasi pengiriman tenaga kerja ke luar negeri dan juga pelaksanaan tugas satgas TKI.

Selain dihadiri oleh Wapres Boediono, juga dihadiri oleh seluruh menteri, anggota Watimpres, sejumlah pejabat terkait.
(T.P008/M009)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi welcomepage.okezone.com

sumber :-

Sindikasi welcomepage.okezone.com


SBY Pantau Situasi Ketegangan Program Nuklir Iran

Posted: 05 Jan 2012 01:32 AM PST

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, dalam sambutannya, Kepala Negara mengaku memberikan perhatian khusus terhadap ketegangan yang terjadi di Iran.


"Saya memang memberikan atensi yang sungguh-sungguh tentang situasi ketegangan menyangkut program nuklir yang ada di Iran," kata SBY di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (5/1/2012). 


Menurut SBY, hal ini telah memunculkan banyak spekulasi dan terus terang kalau tidak mendapatkan solusi yang tepat, akan berdampak tidak baik bagi dunia. 


"Indonesia berpendapat seharusnya PBB dan juga International Atomic Agency (IAEA) itu bisa memerankan peran yang bisa mencari solusi yang paling baik atas isu itu. Dengan harapan penyelesaian bisa ditempuh secara dewasa. Tidak perlu secara eskalatif dan mendorong ke penggunaan kekuatan militer dari pihak manapun juga. Ini yang diharapkan oleh indonesia," tuturnya. 


Ketegangan di Iran tidak terlepas dari program nuklir mereka yang dianggap berbahaya oleh Amerika Serikat (AS) dan sekutunya Israel. Keduanya menilai Iran membuat senjata nuklir, tetapi Negeri Paramullah itu menolak tuduhan tersebut.


Konflik pun makin menegang saat Iran mengancam untuk menutup Selat Hormuz. Ancaman ini dikeluarkan setelah, sanksi ekonomi baru hendak diterapkan kepada mereka.

(faj) Full content generated by Get Full RSS.

Pilih-Pilih Buah & Sayur yang Segar

Posted: 05 Jan 2012 01:32 AM PST

ADAKAH menjalankan hidup lebih sehat tertera dalam daftar resolusi 2012 Anda? Jangan sampai hal tersebut terlupakan karena kesehatan sesungguhnya anugerah yang patut disyukuri dengan cara dijaga dengan baik.

 
Menjadikan hidup lebih sehat itu tidak sulit, salah satu cara yang dapat ditempuh adalah memerbanyak konsumsi buah dan sayur setiap hari. Mengapa demikian? Karena buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral yang mengatur metabolisme energi, pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh, serta mengandung serat yang tinggi.
 
Buah dan sayur pun mengandung beragam jenis vitamin yang bermanfaat bagi tubuh, yakni vitamin A, D, E, K, C, B, dan B12. Vitamin A untuk pemeliharan kesehatan mata, vitamin D untuk kesehatan tulang, vitamin E untuk kesuburan dan awet muda, vitamin K untuk pembekuan darah, vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi, vitamin B untuk mencegah penyakit beri-beri, dan vitamin B12 untuk meningkatkan nafsu makan.
 
Sangat menarik, bukan? Sebelum bergegas mengonsumsinya, Anda tentu perlu cermat memilih buah dan sayur yang bagus nan segar agar manfaat yang terkandung didapatkan secara maksimal.
 
Berikut cara memilih buah dan sayur yang bagus dari Kementerian Kesehatan sebagai bentuk promosi kesehatan:

Pilih yang bebas pestisida
 
Pilihlah buah dan sayur yang bebas pestisida dan zat berbahaya lainnya. Biasanya ciri-ciri sayur dan buah yang baik ada sedikit lubang bekas dimakan ulat dan tetap segar.
 
Pilih sayur berwarna jihau tua, kuning, dan oranye
 
Semua sayur bagus untuk dimakan, terutama sayuran yang berwarna, hijau tua, kuning, dan oranye, seperti bayam, kangkung, daun katuk, wortel, kacang panjang, selada hijau, atau daun singkong.
 
Pilih buah berwarna merah dan kuning

Semua buah pun pada dasarnya sama baiknya untuk dikonsumsi. Tetapi buah berwarna merah dan kuning memiliki kandungan serat, vitamin, dan mineral lebih tinggi, misalnya seperti pada mangga, pepaya, jeruk, jambu biji, atau apel.
 
Agar keluarga terbiasa mengonsumsi sayur dan buah, sediakanlah sayur dan buah di rumah dengan harga yang terjangkau. Jika ada sedikit lahan kosong di pekarangan rumah, tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkannya untuk menanam sayur dan buah. Jangan lupa pula, manfaatkan setiap kesempatan di rumah untuk mengingatkan tentang pentingnya makan sayur dan buah.

(tty)

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPAS.com - Regional

sumber :-

KOMPAS.com - Regional


Dua Pelajar SMA Tewas Ditabrak Truk Batu Bara

Posted: 04 Jan 2012 01:41 PM PST

LAHAT, KOMPAS.com - Dua pelajar SMA Negeri I Merapi Timur, Kabupaten Lahat di Sumatera Selatan, tewas dan satu lagi luka berat, setelah ditabrak truk angkutan batu bara di jalan lintas Sumatera (Jalinsum), saat pulang sekolah, Rabu.

Dua orang siswa itu tewas di lokasi kejadian akibat masuk ke kolong mobil, sedangkan satu orang lagi dilaporkan dalam kondisi tak sadar karena mengalami luka berat, setelah terhempas ke aspal jalan dan harus dirawat di RSUD Lahat.

Warga yang mengetahui kejadian itu beramai-ramai mendatangi lokasi kejadian, dan spontan menceburkan truk BG 8539 EC yang menabrak para pelajar itu ke dalam sungai berada di lokasi kejadian.

"Peristiwa tersebut berawal setelah jam pulang sekolah, para siswa langsung pulang dengan melalui jalan lintas Sumatera, dan ketiga orang siswa yaitu Rika, Ipo, dan Jimi memilih berjalan kaki beberapa meter sembari menunggu angkutan pedesaan yang datang dari arah Kota Lahat," kata Kapolsek Merapi Barat, AKP Fahrizon, Rabu (4/1/2012).

Kemudian, kata dia, ketiga siswa yang duduk di kelas X itu berjalan sejajar di pinggir jalan lintas tersebut. Saat asyik ngobrol, tiba-tiba dari arah Kabupaten Muaraenim, datang sebuah truk angkutan batu bara yang dikemudikan Soni (45), dengan kecepatan tinggi.

"Diduga tidak bisa mengendalikan laju kendaraan, truk tanpa muatan tersebut langsung menghantam ketiga pelajar itu. Akibatnya Rika dan Jimi, pelajar warga Desa Gunung Kembang tersebut mengalami luka cukup parah dan meninggal dunia ketika hendak dibawa ke Puskemas Kecamatan Merapi Barat, sedangkan Ipo juga mengalami luka di bagian tangah, kaki dan kepala," ujar dia.

Setelah dirawat di puskesmas setempat, Ipo, warga Desa Merapi tersebut langsung dirujuk ke RSUD Lahat untuk mendapat perawatan intensif lebih lanjut.

"Warga Desa Sirah Pulau yang mengatahui terjadi kecelakaan langsung berbondong-bondong menuju lokasi kejadian. Sopir truk terpaksa diamankan anggota Polsek dan Koramil Merapi Barat, menghindari amuk masa," kata dia lagi.

Sopir itu kemudian diamankan di Mapolsek Merapi Barat, lalu dibawa ke Satlantas Polres Lahat untuk dimintai keterangan.

"Aksi anarkis warga yang mengetahui kejadian tersebut tidak sampai terjadi seperti beberapa waktu lalu, karena anggota Polsek Merapi Barat dibantu anggota Satmapta Polres Lahat dan personel TNI setempat langsung mengamankan lokasi," kata dia.

Kapolres Lahat AKBP Benny Subandi, di dampingi Kabag Ops Kompol Kudri mengatakan, untuk mengantisipasi tindakan anarkis, pihaknya langsung mengamankan situasi setelah mendapat laporan kecelakaan.

Tindakan tersebut merupakan respon cepat, untuk mengantisipasi aksi anarkis yang sebelumnya pernah terjadi.

"Kita sudah mengamankan Soni, sopir truk, dan saat ini masih dimintai keterangan, sementara korban yang meninggal sudah disemayakan di rumah duka, dan korban luka-luka dibawa ke IGD RSUD Lahat untuk mendapat perawatan intensif," ujar dia.

Benny Subandi menambahkan, pihaknya sudah berkali-kali memberikan peringatan kepada para sopir angkutan batu bara, untuk tidak ugal-ugalan.

Namun beberapa oknum sopir sepertinya tidak mengindahkan, sehingga peristiwa kecelakaan kembali terjadi. "Kami imbau kepada warga untuk tetap menjaga situasi kondusif, jangan terpancing aksi provokasi yang berujung anarkis," ujar dia.

Full content generated by Get Full RSS.

Pemeras Dana Bansos Diperiksa Intensif

Posted: 04 Jan 2012 01:27 PM PST

LANGKAT, KOMPAS.com - Tersangka MD, pemeras dana dana bantuan sosial provinsi Sumatera Utara, yang dicairkan buat sekolah madrasah di Langkat, terus diperiksa secara intensif di Kejaksaan Negeri Stabat.

"Tersangka MD terus kita periksa secara intensif, karena ia merupakan orang yang kita cari sejak tahun 2008 yang lalu," kata Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Stabat, Firmansyah di Stabat, Rabu (4/1/2012).

Menurut Firmansyah, jumlah sekolah yang diperas tersangka MD itu berdasarkan data yang ada sejak tahun 2008 yang lalu hingga tahun 2011 ini.

"Untuk tahun 2011 ini, tersangka MD melakukan pemerasan berdasarkan laporan yang masuk mencapai sembilan sekolah," katanya.

Firmansyah mengungkapkan dalam melakukan aksinya tersangka MD sangat licik, seakan-akan yang bersangkutan turut andil mencairkan dana, setelah cair tersangka langsung meminta kepada penerima bantuan sosial tersebut.

Pemerasan yang dilakukan tersangka jumlahnya sangat bervariasi, yang terbaru sekitar Rp 100 juta, dari pencairan dana bansos provinsi buat salah satu madrasah di Langkat sebesar Rp 200 juta.

"Kita sudah melakukan penahanan terhadap tersangka MD ini dan diancam dengan pasal 2 dan pasal 3 undang undang korupsi nomor 31/1999, yang ancaman hukumannya mencapai 20 tahun," katanya.

Firmansyah juga menjelaskan bahwa tertangkapnya pelaku ini berkat pengaduan dari salah satu kepala sekolah penerima dana bansos, lalu kita ikuti, dan buntuti.

Disaat pencairan dilakukan di bank Sumut cabang Stabat, tersangka MD inipun datang lalu minta sebahagian dana yang diterima. "Disitulah kita lakukan penanangkapan," katanya.

Aksi yang dilakukan tersangka sangat rapi, namun berkat kesigapan apara intel kejaksaan negeri Stabat, saat menerima uang tersangka langsung bisa dibekuk.

"Tersangka MD dan barang bukti uang Rp 100 juta sudah kita amankan, untuk pengembangan kasusnya lebih lanjut," katanya.

Sementara itu tersangka MD, yang konon merupakan salah satu pengurus LSM itu, ketika dikonfirmasi di Kejaksaan Negeri Stabat, bungkam, dan menolak memberikan keterangan.

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS