Sindikasi news.okezone.com

sumber :-

Sindikasi news.okezone.com


KPK Buru Perusahaan Penyuap Gayus

Posted: 09 Jan 2011 11:03 PM PST

JAKARTA -  Wakil Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) M Jasin mengatakan tim KPK sedang menghimpun informasi soal perusahaan yang memberi uang kepada terdakwa mafia pajak Gayus Tambunan.

" Mudah-mudahan itu masuk dalam kinerja tim. Kerjasama dengan PPATK, polisi dan Kejagung dan instansi lainnya,"ujarnya ditemui di Gedung KPK, Senin (10/01/2011).

Jasin kembali menjelaskan informasi yang saat ini dihimpun soal perusahaan itu dilakukan dari berbagai sudut. Namun dia tidak bersedia menunjukkannya secara spesifik.

Begitupula ditanya soal perkembangannya, Jasin enggan berkomentar. "Belum bisa disampaikan dan sedang dilakukan kerjasama,"tutupnya.
(crl)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Awas! Padang Rentan Banjir dan Longsor

Posted: 09 Jan 2011 10:49 PM PST

PADANG - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang, Sumatera Barat, Dedi Henidal memberikan peringatan kepada seluruh warga Padang, untuk berhati-hati karena curah hujan yang relatif tinggi.
 
"Memang dalam minggu ini perubahan cuaca sangat ekstrem, hujan yang selalu diiringi badai sangat berpeluang akan terjadi banjir dan longsor," katanya kepada okezone, Senin (10/1/2011).
 
Dia juga meminta agar warga Padang yang tinggal di lereng bukit dengan kemiringan 30 derajat, segera mengungsi karena bisa jadi longsor.
 
"Kita juga mengimbau warga yang tinggal di tepi pantai untuk berhati-hati karena gelombang cukup tinggi, begitu juga dengan nelayan untuk tidak melaut karena gelombang menurut BMKG mencapai tiga meter," tambahnya.
 
Menurut Dedi, cuaca hujan dan badai ini akan terus terjadi menjelang minggu pertama bulan Februari.
 
"Jadi kita minta warga Padang terus berhati-hari sampai minggu pertama bulan dua," tutupnya.
(lam)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Mancanegara

sumber :-

ANTARA - Mancanegara


Pembunuh di Arizona: Saya Merencanakannya

Posted: 09 Jan 2011 08:51 PM PST

Tucson, Arizona (ANTARA News) - Tersangka pelaku penembakan di Arizona menulis "Saya sudah merencanakan" dan "rencana pembunuhan saya" dalam satu amplop bersama dengan nama anggota Kongres Amerika Serikat yang ia tembak di kepala, hal itu terungkap pada Minggu.

Jaksa penuntut umum Arizona mengumumkan lima tuntutan termasuk pembunuhan dan percobaan pembunuhan kepada Jared Loughner yang melakukan penembakan pada Sabtu (8/1) atas 20 orang termasuk anggota Kongres perempuan Gabrielle Giffords yang masih dalam keadaan kritis, sebagaimana dikutip dari AFP.

Surat tuduhan mengungkapkan bahwa para penyidik mencari rumah Loughner di Tucson pada Sabtu dan menemukan satu surat dari Giffords bertanggal Agustus 2007 yang berisi ucapan terima kasih karena menghadiri pertemuan publik seperti pada perisitiwa Sabtu.

Pada amplop lain yang juga ikut ditemukan dengan surat tersebut tertulis "saya sudah merencanakan", "rencana pembunuhan saya" dan "Gifford" yang ditulis dengan tangan lengkap dengan tanda tangan Loughner, demikian tertulis dalam pernyataan sah tersebut.

Saat diwawancara oleh Fox News, Sheriff kepala Clarence Dupnik mengutip surat lain Loughner yang menulikan bahwa "ia tampaknya bermaksud membunuh perempuan dengan suara tinggi tersebut."

Ditanya mengenai apakah Gifford (40), anggota parlemen dari partai Demokrat, merupakan target utama, Dunpik menjawab: "Tidak ada keraguan mengenai hal itu. Kami tidak ragu bahwa tindakan tersebut dilakukan seorang diri oleh orang yang sangat membawa masalah."

Loughner akan diadili di ibu kota negara bagian Arizona, Phoenix, pada Senin (10/1) untuk menjawab tuduhan dan Dupnik mengonfirmasi bahwa tersangka masih menolak untuk bekerja sama dengan penyidik.

Seorang anak perempuan berusia sembilan tahun dan seorang hakim federal termasuk di antara enam orang yang terbunuh dan setidaknya 14 yang lain terluka pada peristiwa Sabtu tersebut sebelum penjaga keamanan menjatuhkan Loughner saat ia berusaha untuk mengisi pistol Glock 9mm miliknya.
(ANT/A024)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Korsel Tolak Tawaran Dialog Korut

Posted: 09 Jan 2011 08:29 PM PST

Seoul (ANTARA News) - Korea Selatan pada Senin menyatakan penolakannya atas tawaran dialog terbaru dari Korea Utara, seraya mengatakan bahwa negara itu harus dinilai berdasarkan tindakannya bukan kata-katanya.

Korut membuat penawaran resmi pada Sabtu untuk sebuah pembicaraan pembukaan dan tanpa syarat dalam beberapa minggu kedepan, sebagaimana dikutip dari AFP.

Tawaran terbaru tersebut diikuti dengan redanya ketegangan di Semenanjung Korea, yang sempat memuncak kala Korut membombardir sebuah pulau di perbatasan Korsel pada 23 November serta menewaskan empat orang, termasuk warga sipil.

Namun Kementerian Urusan Unifikasi Korsel, yang menangani hubungan lintas perbatasan, menolak upaya terbaru Korut untuk memulihkan ketegangan itu.

"Sulit menilai apakah tawaran dialog itu merupakan sesuatu yang tulus atau bukan, pertama-tama Korut sebaiknya menunjukkan dulu keseriusannya tentang denuklirisasi," kata juru bicara kementerian Chun Hae-Sung.

"Korea Utara harus mengambil langkah bertanggung jawab yang dapat diterima warga kami terkait pembombardiran November dan penenggelaman kapal Korsel pada Maret tahun lalu," katanya.

"Pintu dialog akan terbuka bila Korut telah menunjukkan sikap yang tulus," katanya.

Korsel mengatakan bahwa Korut menembakkan torpedo ke kapal mereka di perairan sengketa dekat perbatasan Laut Kuning yang merengut 46 nyawa, sebuah tuduhan yang dibantah Pyongyang.

Ketegangan antar kedua negara semakin akut sejak aksi bombardir Korut yang merupakan serangan pertama terhadap wilayah sipil Korsel sejak perang kedua negara pada 1950-1953. Korsel telah menggelar sejumlah latihan militer sebagai aksi balasan dan unjuk kekuatan.

Komite untuk Reunifikasi Perdamaian Ibu Pertiwi di Pyongyang pada Sabtu mengatakan tidak ada syarat yang diajukan Korut untuk dialog tersebut sehingga tidak perlu ada keraguan atas kesungguhan niat mereka.
(ANT/A024)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPAS.com - Internasional

sumber :-

KOMPAS.com - Internasional


72 Tewas dalam Kecelakaan Pesawat Iran

Posted: 10 Jan 2011 03:28 AM PST

72 Tewas dalam Kecelakaan Pesawat Iran

Senin, 10 Januari 2011 | 11:28 WIB

AFP

Sebuah foto dari kantor berita IRNA memperlihatkan regu penyelamat di dekat kepingan pesawat Boeing 727 milik IranAir yang jatuh dalam penebangan Minggu (9/1/2011) malam. Sebanyak 72 orang tewas dalam kecelakan tersebut.

TERKAIT:

TEHERAN, KOMPAS.com - Sebanyak 72 orang tewas dan 33 orang lainnya cedera, Minggu (9/1/2011) malam, ketika  jet penumpang  IranAir yang terbang dari Teheran ke Orumiyeh di barat laut negara itu jatuh ketika mencoba  untuk  melakukan  pendaratan darurat di sebuah lapangan bersalju, kata seorang pejabat.

Dalam pesawat itu Boeing 727 total terdapat 105 orang, 93 penumpang dan 12 anggota awak, kata petugas pemeriksa jenazah Azerbaijan Barat kepada kantor berita Fars. Cuaca buruk dilokasi tersebut membuat operasi penyelamatan jadi sulit, kata petugas itu.

Semua awak pesawat tewas, demikian laporan kantor berita Mehr. "Untungnya, laporan mengatakan pesawat itu tidak meledak dan kecelakaan itu mungkin terjadi saat pesawat mendekati tujuan dan dekat dengan tanah," lapor kantor berita Mehr yang mengutip kepala Layanan Darurat Iran, Reza Masoomi.

Setidaknya 10 orang dirawat di rumah sakit dengan kondisi luka parah, kata petugas layanan darurat resmi, Mojtaba Khaledi, sebagaimana dikutip kantor berita Tenaga Kerja Iran. Menurut Khaledi, tim penyelamat sedang membersihkan jalan untuk memungkinkan tim penyelamat mencapai lokasi dan 11 rumah sakit disiagakan untuk menerima para korban yang terluka. Ia menambahkan, insiden ini terjadi pukul pada 19.45 waktu setempat.

CNN

Sumber :

Penulis: Egidius Patnistik   |   Editor: Egidius Patnistik Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Kartel Narkoba Mengganas, 51 Orang Tewas

Posted: 10 Jan 2011 02:50 AM PST

MEKSIKO

Kartel Narkoba Mengganas, 51 Orang Tewas

Senin, 10 Januari 2011 | 10:50 WIB

infosurhoy.com

Anggota kartel La Familia, Meksiko yang tangkap polisi pada April 2009.

TERKAIT:

MEXICO CITY, KOMPAS.com Kekerasan terkait obat bius selama akhir pekan menewaskan 51 orang di seluruh Meksiko, termasuk 15 kasus pemenggalan di resor Pantai Acapulco, kata pihak berwenang, Minggu (9/1/2011). Pemenggalan, mutilasi, penembakan dari kendaraan yang melintas dan eksekusi dilakukan di Negara Bagian Guerrero di tenggara dan di Chihuahua di utara, serta di ibu kota Meksiko, meski pemerintah telah lima tahun mengerahkan 50.000 pasukan untuk menumpas kejahatan terorganisasi.

Sejauh ini adegan paling mengerikan terjadi Sabtu lalu di sebuah pusat perbelanjaan Acapulco, yaitu 15 mayat pria yang dipenggal ditemukan di trotoar, sementara kepala mereka yang terputus teronggok di dekatnya. Dua dari korban tersebut berumur 17 tahun, kata seorang pejabat di Guerrero. Itu merupakan kasus pemenggalan massal terburuk sejak Agustus 2008 ketika 12 mayat tanpa kepala ditemukan di timur ibu kota Negara Bagian Yucatan, Merida, dalam kejahatan yang dikaitkan dengan kartel obat bius terkenal Los Zetas.

Sementara itu, enam korban pembunuhan yang lain ditemukan Sabtu di Acapulco, yang dimasukkan dalam taksi di dekat supermarket dan empat orang lain dibunuh dalam dua insiden terpisah di kota itu, kata polisi Negara Bagian Guerrero. Pada hari Minggu para pejabat Acapulco mengatakan, polisi menemukan tiga mayat lagi, termasuk satu yang dipenggal dan dimutilasi di pinggir jalan dekat kota tersebut. Laporan media mengatakan, para korban itu merupakan bagian dari 10 orang yang diculik pada hari Sabtu dari sebuah diskotek setempat.

Di negara bagian Meksiko yang paling ganas, Chihuahua, yang berbatasan dengan Amerika Serikat, pihak berwenang melaporkan 17 orang terbunuh selama akhir pekan, 14 dari mereka di Ciudad Juarez, di seberang El Paso, Texas, yang memiliki tingkat pembunuhan tertinggi di negara tersebut.

Sementara itu, di Mexico City, empat pemuda tewas dalam sebuah penembakan yang dilakukan oleh orang-orang dari kendaraan yang melintas dengan mobil pada hari Sabtu di luar sebuah toko kelontong.

Lebih dari 30.000 orang telah tewas sejak tahun 2006 ketika pemerintah Presiden Felipe Calderon melancarkan tindakan keras militer besar terhadap geng narkoba. Tahun lalu saja 12.000 kasus pembunuhan dikaitkan dengan kekerasan yang berhubungan dengan obat bius.

AFP

Sumber :

Penulis: Egidius Patnistik   |   Editor: Egidius Patnistik Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPASentertainment

sumber :-

KOMPASentertainment


Lia Aulia Istikharah Sebelum Nyanyi

Posted: 09 Jan 2011 03:53 PM PST

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pemain sinetron seri dan FTV Lia Aulia mengaku mengalami kesulitan ketika akan memutuskan untuk melebarkan kariernya ke dunia nyanyi. Untuk mengatasinya, ia menjalani istikharah, sesuai anjuran

"Aku disuruh istikharah dulu supaya yakin," cerita Lia di Jakarta, Minggu (9/1/2011). "Aku akhirnya jalani istikharah dan alhamdulillah aku tenang, diyakinkan sama Yang Di Atas untuk menyanggupi tawaran menyanyikan single 'Kau Tunggu Jandaku'," lanjutnya.

Setelah mantap untuk masuk ke industri musik Tanah Air dengan merekam single house music tersebut, Lia akan meluncurkannya pada akhir Januari ini. "Dari kecil, basic-ku suka nyanyi, tapi fokusku ke slow pop. Sekarang, aku justru ditawari ke house music yang lagunya sudah ada dan aku tinggal nyanyiin," ceritanya lagi.

Untuk promosi single pertamanya itu, termasuk melalui stasiun-stasiun radio, ia harus mengadakan perjalanan ke daerah-daerah di luar Jakarta, "Skedul promo sudah ada. Promo ini akan masuk ke daerah-daerah," terangnya. "Untuk promo, enggak ada budget. Kami harus pahit-pahit dulu, tapi nanti kalau bagus kan akan bisa kami nikmati," imbuhnya.

Dengan mengadakan perjalanan ke luar Jakarta, ia untuk sementara harus meninggalkan sinetron seri. "Memang, kebetulan aku tidak ambil sinetron stripping lagi. Paling, cuma presenter sepakbola dan film aja. Tahu sendiri kan, jadwal stripping seperti apa? Makanya, sekarang ini aku mau fokus ke promo single dulu," terangnya lagi.

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Manajemen Band Kuburan: NYL Cewek Stres

Posted: 09 Jan 2011 03:06 PM PST

BANDUNG, KOMPAS.com — Ketika hendak dikonfirmasi berkait dengan laporan NYL (22) ke polisi mengenai Donny Akbar Raymuzada (31), gitaris band Kuburan, pihak manajemen grup tersebut, Omen, mengatakan bahwa NYL itu cewek stres.

"Dia (NYL) itu, kata anak-anak (para personel) Kuburan, cewek stres. Nantilah, saya lagi coba ketemu dengan anak-anak Kuburan. Nanti ya dihubungi," ujar Omen dalam pembicaraan melalui ponselnya, Minggu (9/1/2011) malam, lalu menutup kontak tersebut.

Sejak kabar mengenai laporan NYL ke polisi itu merebak, para personel Kuburan sulit dihubungi lewat ponsel mereka. Sejumlah peliput bergantian mencoba menghubungi mereka, tetapi tak ada jawaban.

Ditunggu-tunggu hingga pukul 19.00 WIB, baik Donny maupun manajemen Kuburan belum memberi konfirmasi.

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Utusan Online - Luar Negara

sumber :-

Utusan Online - Luar Negara


Pungutan suara selatan Sudan

Posted:

Pungutan suara selatan Sudan

Pungutan suara selatan Sudan

JUBA 9 Jan. - Berjuta-juta penduduk di selatan Sudan mula mengundi hari ini dalam satu pungutan suara yang dijadual berlangsung selama seminggu bagi memutuskan sama ada mereka hendak merdeka atau terus berada di bawah pemerintahan Khartoum.

Namun, pengutan suara itu dijangka membawa perpecahan kepada negara terbesar di Afrika ini serta penubuhan negara terbaru di dunia yang juga akan menjadi anggota Pertubuhan Bangsa-bangsa Bersatu (PBB) ke-193.

Presiden selatan Sudan, Salva Kiir mengisytiharkan pengundian itu sebagai 'detik bersejarah' untuk penduduknya apabila beliau menjadi antara yang paling awal mengundi di ibu kota wilayah, Juba semasa pusat pengundian dibuka pada pukul 8 pagi (1 petang waktu Malaysia).

Beribu-ribu penduduk selatan Sudan berbaris sejak malam tadi untuk menjadi kelompok awal menunaikan hak bagi menentukan sama ada wilayah miskin di selatan Sudan itu patut berpisah daripada pemerintahan pusat di Khartoum.

"Inilah detik bersejarah yang sudah lama dinanti-nantikan oleh penduduk di selatan Sudan," kata Kiir, sambil menunjukkan jarinya yang mempunyai kesan dakwat untuk membuktikan beliau sudah mengundi.

Duta-duta Amerika Syarikat (AS), Scott Gration dan John Kerry serta bintang Hollywood, George Clooney memerhatikan Kiir mengundi di sebuah pusat pengundian yang didirikan di tugu peringatan pemimpin pemberontak, John Garang di sini.

Pusat pengundian dijadual ditutup pada 5 petang (10 malam waktu Malaysia), pada hari pertama pungutan suara selama seminggu yang menjadi tunjang perjanjian damai utara-selatan 2005 bagi menamatkan konflik paling lama di Afrika.

Kerry bersama-sama Gration giat menjalankan kempen diplomasi selama berbulan-bulan bagi membolehkan pengundian bersejarah itu diadakan, menyifatkan pungutan suara itu sebagai 'babak baru' bagi Sudan.

Kiir memberitahu penduduk di selatan menjelang pengundian itu bahawa tidak ada alternatif melainkan hidup secara aman dengan penduduk di utara.

"Pungutan suara ini bukan menandakan berakhirnya perjalanan tetapi permulaan satu perjalanan baru," katanya merujuk kepada tempoh peralihan enam bulan sebelum pengiktirafan sebagai sebuah negara merdeka, seperti diperuntukkan oleh perjanjian damai 2005.

Presiden Sudan, Omar al-Bashir telah memberi jaminan, beliau akan menghormati keputusan pungutan suara jika pengundian itu 'bebas dan telus'. - AFP

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Tentera Israel tembak mati pemuda Palestin

Posted:

Tentera Israel tembak mati pemuda Palestin

Tentera Israel tembak mati pemuda Palestin


Penduduk Palestin mengangkat mayat Khaldun Samudi untuk dikebumikan di perkampungan Yamun utara Tebing Barat, kelmarin. - AFP


NABLUS 9 Jan. - Tentera Israel menembak mati seorang pemuda Palestin semalam semasa dia berlari ke arah satu sekatan jalan di Tebing Barat sambil melaungkan takbir.

Sementara itu, satu tembakan mortar yang dilepaskan dari Genting Gaza mencederakan dua pekerja warga Thailand di selatan Israel.

Saksi Palestin berkata, pemuda berkenaan, Khaldun Samudi, 23, terkena beberapa tembakan ketika dia berlari ke arah sekatan jalan yang didirikan oleh askar Israel di timur Nablus, sambil melaungkan 'Allahuakbar'.

Samudi ialah anggota pertubuhan pejuang Palestin, Jihad Islam di bandar Jenin, utara Tebing Barat dan dia merupakan rakyat Palestin keempat yang dibunuh oleh tentera Israel di wilayah Palestin dalam tempoh seminggu.

Tentera Israel mendakwa askar menembak mati Samudi semasa dia berlari ke arah sekatan jalan dengan 'membawa dua bahan letupan dan sebilah pisau'.

Pemuda Palestin itu berlari ke arah sekatan jalan selepas turun dari sebuah teksi, kata seorang jurucakap tentera.

Pihak Berkuasa Palestin (PA) pimpinan Presiden Mahmoud Abbas berkata, insiden tembakan semalam dan insiden lain seumpamanya 'berpunca secara langsung daripada tindakan Israel menduduki wilayah Palestin secara kekerasan'.

"Tidak ada nilai Israel menyuarakan perasaan kesal sedangkan sikap tidak mengendahkan nyawa penduduk Palestin sudah menjadi perkara biasa," kata PA dalam satu kenyataan.

Pada 2 Januari lalu, seorang lelaki Palestin ditembak mati di sekatan jalan yang sama. - AFP

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Berita Terkini

sumber :-

ANTARA - Berita Terkini


Presiden Yudhoyono Optimistis

Posted: 09 Jan 2011 06:26 PM PST

Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan bahwa Indonesia patut optimistis bahwa pembangunan pada 2011 akan berhasil dan bahkan lebih baik daripada tahun sebelumnya.

"Untuk 2011 kita patut bersikap optimis bahwa pembangunan di tahun ini akan berhasil atau lebih berhasil...ada empat faktor yang bisa mendorong pembangunan tahun ini lebih berhasil," kata Presiden Yudhoyono saat menyampaikan sambutannya pada rapat kerja gubernur di Balai Sidang Jakarta, Senin.

Keempat faktor tersebut, menurut Presiden adalah pertama, Indonesia saat ini memiliki momentum untuk tumbuh dan bisa mencapai yang lebih baik lagi.

Kedua, kata Kepala Negara, dari berbagai sudut pandang dan penilaian Indonesia saat ini memiliki potensi yang besar untuk tumbuh menjadi negara yang maju.

Faktor ketiga, lanjut Presiden, ketika dunia mengalami krisis pada 2008 dan 2009 Indonesia berhasil mengatasinya

"Ketika dunia mengalami krisis belum lama 2008 dan 2009 Alhamdulillah Indonesia selamat dan 2010 telah tumbuh kembali," katanya.

Kemudian faktor keempat adalah kepercayaan jika Indonesia mampu mengatasi permasalahan, hambatan dan tantangan.

"Di negeri kita masih banyak permasalahan, hambatan dan tantangan tapi saya percaya bahwa hambatan dan permasalahan dapat kita atasi sebaik-baiknya," ujarnya.

Menurut Presiden, dengan empat faktor tersebut tidak ada alasan bagi Indonesia untuk tidak bersikap optimis pada keberhasilan pembangunan 2011.

Rapat kerja kali akan dibuka sekitar pukul 09.00 wib oleh Presiden Yudhoyono lalu setelah istirahat kopi dilanjutkan dengan pemaparan Wakil Presiden Boediono mengenai Rencana Kerja Pemerintah 2011.

Rapat kerja dengan seluruh gubernur telah diselenggarakan sebanyak empat kali sejak Presiden Yudhoyono menjabat kedua kali pada 2009.

Tema rencana kerja pemerintah pada 2011 adalah "Percepatan Pertumbuhan Ekonomi yang Berkeadilan Didukung Pemantapan Tata Kelola dan Sinergi Pusat-Daerah".
(ANT/A024)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Tim Pendaki Unpar Capai Puncak Aconcagua

Posted: 09 Jan 2011 06:19 PM PST

Bandung (ANTARA News) - Tim pendaki ISSEMU Mahitala Unpar berhasil mencapai puncak Gunung Aconcagua (9.962 mdpl), sekaligus mengibarkan Bendera Merah Putih di puncak tertinggi Amerika Selatan itu.

"Tim Mahitala telah mencapai puncak Gunung Aconcagua pada Minggu waktu setempat, dan mereka mencapai puncak 2,5 jam lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya," kata salah seorang anggota tim publikasi ISSEMU Mahitala Unpar Widyastuti ketika dihubungi ANTARA di Bandung, Senin.

Tim Mahitala yang terdiri dari Sofyan Arief Fasa, Broery Andrew, Xaverius Frans, serta Agung, mencapai puncak Aconcagua pada Minggu (9/1) pukul 11.35 waktu setempat, atau Minggu pukul 22.00 WIB.

Pendakian ke Aconcagua, kata Widyastuti dilakukan dalam hembusan angin dan perubahan cuaca yang begitu cepat. Namun tim mampu menyelesaikan pendakiannya di puncak legendaris di kawasan Amerika Selatan itu.

Ia menyebutkan Tim ISSEMU yang mencapai puncak Aconcagua berjumlah empat orang, sedangkan anggota tim lainnya Janathan Ginting terpaksa harus tinggal di Plaza Argentina karena tim kesehatan tidak merekomendasikan untuk mendaki ke puncak.

Puncak Aconcagua merupakan puncak kelima yang berhasil ditaklukan Tim ISSEMU Mahitala setelah puncak Cartenz, Uhuru, Elbrus dan Vinson Massive di Antartika. Sedangkan dua puncak lainnya yang akan ditaklukan tim ini adalan puncak Everest dan Alaska.

Sementara itu pendakian ke Puncak Aconcagua dilakukan selama 13 hari. Tim berangkat memulai pendakian di 28 Desember 2010. Pendakian mendapat dukungan pemandu dari Acomara dengan menggunakan rute panjang Polish Original Glacier yang merupakan rute klasik.

Rute itu untuk pertama kalinya digunakan oleh pendaki Polandia untuk mencapai puncak tertinggi Amerika Selatan itu. Tim juga sempat merayakan malam Tahun Baru 2011 di Camp Plaza Argentina bersama para pendaki dari negara lainnya.

Sementara itu kondisi pendaki Jonathan Ginting, menurut Widyastuti kondisinya sudah pulih dan kembali siap melakukan pendakian ke dua puncak berikutnya yang akan dilakoni Mahitala.

"Janathan kondisinya baik, ia memantau terus perkembangan pendakian melalui radio di Camp Plaza Argentina," kata Widyastuti.
(ANT/A024)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Berita Harian: Dunia

sumber :-

Berita Harian: Dunia


Penembak Ahli Kongres tidak bertindak sendiri

Posted: 09 Jan 2011 01:44 PM PST

Dunia

ANGGOTA kecemasan membawa Giffords (gambar kecil)  dengan helikopter untuk menerima rawatan.

ANGGOTA kecemasan membawa Giffords (gambar kecil) dengan helikopter untuk menerima rawatan.

Penyerang ada rekod jenayah ditangkap di lokasi kejadian

TUCSON: Polis mengesyaki lelaki bersenjata yang menembak sehingga cedera parah seorang ahli Kongres wanita, di samping membunuh enam yang lain di sini semalam tidak bertindak berseorangan.

"Kami mempunyai sebab untuk mengesyaki penyerang datang ke lokasi kejadian bersama seorang yang lain," kata syerif mukim Pima, Clarence Dupnik, yang mengetuai siasatan terhadap kes serangan terhadap ahli Dewan Perwakilan Gabrielle Giffords.

Ketua polis itu berkata penyerang berusia 22 tahun itu ditangkap di lokasi kejadian. Katanya, penyerang itu mempunyai rekod jenayah, tetapi beliau yakin dia tidak bertindak bersendirian.

Media mengenal pasti penyerang itu sebagai Jared Lee Loughner dan saksi berkata dia pergi ke perhimpunan awam yang dianjurkan Giffords untuk menemui ahli kongres Demokrat itu.

Menurut penganjur majlis Alex Villec, penyerang memakai topi berwarna hitam dan seluar serta baju "longgar". "Dia meminta menemui Giffords tetapi diberitahu agar menunggu gilirannya. Berikutan itu dia meninggalkan tempat berkenaan dan kembali beberapa minit kemudian dan selepas itu kedengaran bunyi tembakan."

Penyerang itu melepaskan tembakan menggunakan senjata separa automatik dengan menyasarkan Giffords ketika beliau menemui penyokongnya kira-kira jam 10 pagi hari Sabtu waktu tempatan. Lokasi berhampiran sebuah pasar raya itu sesak dengan pengunjung pada waktu kejadian.
Pihak berkuasa berkata hakim persekutuan Arizona dan lima yang lain terbunuh, manakala 13 orang turut cedera, termasuk ahli Kongres berkenaan.

"Penyerang itu tidak lebih dari tiga atau empat kaki dari ahli Kongres berkenaan," kata kakitangan komunikasi Giffords, Mark Kimble.

Seorang doktor di University Medical Center di Tuscon yakin Giffords yang cedera parah akan pulih.

"Beliau dalam keadaan kritikal. Pembedahan sudah disempurnakan dan saya yakin beliau akan selamat," kata pengarah perubatan hospital itu Peter Rhee.
Sementara itu, Presiden Barack Obama mengecam serangan terhadap ahli Kongres itu yang menyebabkan "tragedi yang dahsyat" dalam satu tindakan ganas yang tidak munasabah.

Kejadian tembakan itu mengejutkan Washington, di mana Kongres akan membentangkan rang undang-undang penjagaan kesihatan minggu depan.

Ada yang berpendapat bahawa keadaan politik semasa mungkin menyumbang dalam kejadian tembakan yang jarang membabitkan seorang ahli perundangan persekutuan.
Bagaimanapun tidak diketahui jika tembakan itu mempunyai kaitan dengan sebarang suasana politik walaupun Syerif Dupnik berkata beliau percaya Giffords menjadi sasaran tembakan. – Reuters


Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

AS bimbang senjata canggih milik China

Posted: 09 Jan 2011 01:43 PM PST

Dunia

Gates gesa pulih hubungan dengan Beijing

DI DALAM PESAWAT TENTERA AS: Setiausaha Pertahanan Amerika Syarikat Robert Gates kelmarin menyuarakan kebimbangan berhubung pemilikan senjata berteknologi tinggi terbaru China dan menggesa pemulihan dalam hubungan ketenteraan dengan Beijing bagi membantu mengurangkan ketegangan.

Bercakap kepada media dalam perjalanan ke Beijing untuk rundingan tiga hari, Gates berkata China jelas membuat banyak peningkatan dalam membangunkan jet pejuang siluman pertama dan peluru berpandu antikapal memberi ancaman kepada tentera Amerika.

"Mereka jelas mempunyai potensi meletakkan sesetengah keupayaan kita dalam risiko. Kita perlu memberi perhatian terhadap mereka, kita perlu memberi tindak balas wajar dengan program sendiri," kata Gates. Namun katanya, kemajuan dalam program persenjataan China itu menekankan lagi betapa pentingnya satu dialog diadakan dengan tentera China, dan berharap kunjungannya bermula semalam akan menjalin hubungan pertahanan lebih erat dengan kuasa Asia itu.

"Harapan saya ialah menerusi dialog strategik yang saya katakan, mungkin keperluan sesetengah keupayaan ini dikurangkan," kata Gates.

Dengan Presiden China Hu Jintao dijangka berada di Washington untuk kunjungan 19 Januari ini, kedua-dua pihak tidak sabar menunjukkan perkembangan dalam hubungan pertahanan yang mana China berulang kali menyekat jualan senjata Amerika ke Taiwan.

"Adalah jelas China mahu saya datang sebelum kunjungan Presiden Hu ke Wa-shington," kata Gates.
"Pandangan peribadi saya ialah hubungan positif, menyeluruh antara Amerika dan China bukan saja bermanfaat untuk kedua-dua negara, tetapi juga semua negara di rantau ini dan seluruh dunia."

Beberapa hari sebelum lawatan ketua pertahanan Amerika itu, gambar jelas diedar di internet oleh pihak yang tidak dikenal pasti menunjukkan satu prototaip pesawat pejuang siluman pertama China, J-20 di satu lapangan terbang tentera di barat laut China.

"Kami tahu mereka sedang mengusahakan pesawat siluman," kata Gates apabila ditanya mengenai pesawat perang itu.

Gates juga berkata beliau bimbang mengenai peluru berpandu antikapal, krus dan balistik China sejak dirinya mengambil alih jawatan itu empat tahun lalu oleh China. – AFP


Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi international.okezone.com

sumber :-

Sindikasi international.okezone.com


AS Minta Twitter Bongkar WikiLeaks

Posted: 09 Jan 2011 04:10 AM PST

WASHINGTON - Penyelidik federal Amerika Serikat (AS) ingin agar Twitter membongkar semua data spesifik milik pihak-pihak yang terlibat dalam pembocoran dokumen rahasia AS. Mereka yang dimaksud adalah pendiri WikiLeaks, Julian Assange, prajurit muda AS sekaligus tertuduh informan WikiLeaks Bradley Manning, dua orang pakar komputer dan seorang lainnya dari Islandia.

Adapun data-data yang diminta AS kepada Twitter adalah berupa pesan-pesan rahasia, informasi kontak, nomor akun bank serta data-data personal lainnya.

Seperti dilansir The Telegraph, hakim di distrik Virginia, AS telah meminta pengelola Twitter menyerahkan data-data tersebut sejak bulan lalu.

Pengelola Twitter sendiri masih menolak berkomentar. Namun, mereka mengatakan sudah menjadi kebijakan dari perusahaan untuk menginformasikan kepada pengguna bahwa pemerintah pernah membuat permintaan semacam itu. Banyak pihak menduga Twitter akan menolak permintaan ini demi kerahasiaan pengguna.

Permintaan ini adalah lanjutan dari usaha penyelidikan federal terkait bocornya sejumlah besar dokumen rahasia milik Kedutaan Besar AS di luar negeri.

Usaha AS ini juga akan memunculkan isu baru seputar kerahasiaan online. Pesan berantai dan debat yang berkembang di dunia maya, khususnya di Twitter, memang memegang peran penting bagi mereka yang ingin mendukung atau mengkritik WikiLeaks.
(fmh)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Sudan Selatan Akan Tentukan Masa Depan

Posted: 09 Jan 2011 03:02 AM PST

JUBA - Ribuan warga Sudan selatan akan segera melewati saat-saat yang
menentukan masa depan mereka.
Sebuah referendum akan dilakukan untuk menentukan nasib mereka.

Di lokasi tempat pemungutan suara di seluruh Ibu Kota Provinsi, Juba, ratusan pemilih sudah mengantri untuk memberikan suaranya sejak subuh hari sebelum fajar menyingsing.

Mereka tampak bersemangan memberikan suara yang akan menentukan apakah Sudan selatan akan berpisah atau tetap ada di bawah pemerintah pusat Sudan di Khartoum. Referendum ini digelar karena wilayah ini terus diguncang konflik sejak lima dekade lalu.

"Kami berbaris di sini untuk melangkah menuju kemerdekaan," ujar salah seorang calon pemilih David Akol seperti dilansir AFP pada Minggu (9/1/2011).

Referendum ini merupakan buah perjuangan kelompok pemberontak yang dipimpin John Garang. Ironisnya, Garang meninggal tidak lama setelah dirinya berhasil memaksa pemerintah Khartoum menandatangani perjanjian dengan pihak pemberontak.

Perjanjian tersebut pada akhirnya berhasil membawa Sudan selatan pada sebuah referendum yang digelar hari ini. "Hari yang sudah lama kami tunggu-tunggu akhirnya tiba. Saya datang ke sini pagi-pagi sekali karena saya sangat ingin memberikan suara saya," ujar Yar Mayon, seorang pemilih yang masa hidupnya lebih banyak dihabiskan di kamp pengungsian di Ethiopia dan Kenya.

"Kami telah terjebak dalam situasi konflik selama bertahun-tahun. Namun, referendum ini pada akhirnya akan membuat kami berpisah (dari Sudan). Perpisahan ini juga untuk tujuan damai. Matahari akan segera menyinari Sudan Selatan yang merdeka," lanjutnya dengan penuh keyakinan.

Pemungutan suara akan berlangsung selama tujuh hari, dimulai dari hari ini, mulai pukul delapan pagi hingga lima sore waktu setempat.(fmh)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

detikcom

sumber :-

detikcom


Seorang Nenek Tewas Terseret Banjir Lahar Dingin di Magelang

Posted: 09 Jan 2011 12:10 PM PST

Senin, 10/01/2011 03:10 WIB
Seorang Nenek Tewas Terseret Banjir Lahar Dingin di Magelang 
Parwito - detikNews

Magelang - Akibat banjir lahar dingin yang menerpa Dusun Jetis, Desa Sirahan, Kecamatan Salam, Magelang, Jawa Tengah. Seorang nenek ditemukan dalam kondisi tak bernyawa tersangkut pohon rambutan di depan halaman rumahnya.

Korban bernama Sumiyati, seorang nenek berusia 66 tahun. Ia ditemukan dalam posisi terbalik, kepala di bawah dan kaki di atas. Jenazah Sumiyati baru berhasil dievakuasi 2 jam setelah banjir menerpa.

Pada sekujur tubuhnya ditemukan beberapa lecet. Perutnya sendiri terlihat menggelembung. Kini jenazahnya dibawa ke RSUD Muntilan, Magelang. Rencananya, jenazah akan dibawa pulang anaknya yang bernama Yuni (46) di Dusun Mbruju Tegal, Desa Plosok Gede, Kecamatan Ngluwar, Magelang, sambil menunggu beberapa saudaranya yang tinggal di Jakarta.

"Ibu akan dibawa ke rumah saya sambil menunggu saudara-saudara saya pulang kampung," kata Yuni kepada detikcom, Senin (10/1/2011).

Yuni mendapat informasi dari tetangganya yang bernama Ahmad. Saat itu, Desa Sirahan diterjang banjir lahar dingin dan rumah warga terendam. Ahmad sengaja mencari beberapa warga yang masih tertinggal. Ia kemudian melihat selembaran jarit (kain sarung) dan sepasang kaki di atas permukaan air yang merendam rumah Sumiyati. 

Ia kemudian melapor kepada Tim SAR dan Yuni. Dari Ahmad pula, Yuni mengetahui bahwa ayahnya, Mulyono, selamat dari terjangan banjir lahar dingin.

Sekitar pukul 19.30 WIB, Minggu (9/1), Mulyono dan Sumiyati masih berada di rumah namun beda ruangan. Mulyono sendiri berada di dapur saat material banjir lahar dingin datang. Ia kemudian lari dan menyelamatkan diri. Sementara istrinya diduga kesulitan untuk berlari karena menggunakan jarit sehingga hanya bisa berjalan ke teras rumah.

Sebanyak 12 Dusun diketahui terendam hingga beberapa peralatan rumah tangga seperti meja dan kursi mengambang mendekati atap rumah. Dusun yang terendam adalah Dusun Jetis, Glagah, Salakan, Sirahan, Purwosari, Bantar, Trayem dan gayam. Namun yang paling parah adalah Dusun Glagah, Jetis dan Sirahan karena ketinggian air mencapai 3 meter.

Pada jalur Magelang - Yogyakarta sendiri, sudah terdapat 2 alat berat beserta truk yang dkhususkan untuk mengeruk material banjir seperti pasir. Sementara untuk pengamanannya ditambah dengan menggunakan portal polisi.

Meski banjir lahar dingin kali ini bisa dibilang lebih ganas, namun terlihat masih banyak truk yang berasal dari Kudus, Semarang dan salatiga mengantri hingga 300 meter untuk mengambil material lahar dingin pasir.

(feb/rdf)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Tutup

  Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

  Share to Twitter:

You are redirected to Twitter

  Share via Email:

Share via Email


loadingSending your message

Message has successfully sent


Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi Nuniek di nuniek[at]detik.com,
telepon 021-7941177 (ext.526).

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

PMI Kerahkan 20 Satgana & 1 Ambulans

Posted: 09 Jan 2011 11:32 AM PST

Senin, 10/01/2011 02:32 WIB
Banjir Lahar Dingin
PMI Kerahkan 20 Satgana & 1 Ambulans  
Ramadhian Fadillah - detikNews

Jakarta - Banjir lahar dingin mulai merendam rumah warga di Magelang sejak Minggu (9/1) malam. PMI Kabupaten Magelang pun mengerahkan puluhan personelnya beserta satu unit ambulans PMI ke lokasi bencana banjir lahar dingin.

"20 personel Satgana PMI Kabupaten Magelang dikerahkan ke dua lokasi terparah, yaitu Dusun Ngemplak di Kecamatan Mungkit dan Dusun Sirahan Kecamatan Salam. Kami segera membantu evakuasi warga ke lokasi pengungsian yang aman," ujar Arief Setyohadi, Staf Sumber Daya PMI Kabupaten Magelang, dalam rilis yang dikirimkan PMI, Senin (10/1/2011).

Menurut Arief, Kali Putih dan Kali Pabelan meluap parah, membawa lumpur dan material vulkanik yang bisa membahayakan para warga. Jalan-jalan utama sudah berubah jadi sungai berlumpur. Ada puluhan warga Dusun Sirahan, Kecamatan Salam yang terjebak di rumahnya ketika banjir lahar dingin menerjang malam tadi.

"Relawan PMI berhasil jangkau mereka dan membantu evakuasi ke lokasi aman dengan menggunakan jalinan tali yang kami bentangkan sepanjang jalur evakuasi," ucapnya.

Selain upaya evakuasi, PMI Kabupaten Magelang juga telah mendistribusikan makanan berupa biskuit kepada sekitar 600 orang warga Dusun Ngempak yang kini tinggal di pengungsian di Balai Desa Ngrajek.

Tercatat, banjir lahar dingin di Magelang mencapai ketinggian hingga 2 meter dan mengakibatkan kerusakan yang cukup parah di wilayah Ngempak, Kecamatan Mungkit. Hampir seluruh rumah warga terendam banjir lahar dingin.

Dikabarkan, sebanyak enam dusun di desa Ngluwar, Kecamatan Ngluwar yang berada di bantaran Kali Blongkeng (hulu sungai Kali Putih) juga terkena dampak dan akses transportasinya terputus karena jalan tertutup banjir lahar dingin.

Lokasi tersebut adalah Dusun Sirahan, Dusun Glagah, Dusun Gemampang, Dusun Gebayan, Dusun Trayem dan Dusun Sabrang Kali. Bencana ini juga mengakibatkan kerusakan parah bangunan Puskesmas dan Sekolah Dasar (SD) Negeri di Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang.

(rdf/rdf)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Tutup

  Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

  Share to Twitter:

You are redirected to Twitter

  Share via Email:

Share via Email


loadingSending your message

Message has successfully sent


Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi Nuniek di nuniek[at]detik.com,
telepon 021-7941177 (ext.526).

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPAS.com - Nasional

sumber :-

KOMPAS.com - Nasional


Demokrat Ikut Beri Saran soal Reshuffle

Posted: 09 Jan 2011 04:45 PM PST

JAKARTA, KOMPA.com - Partai Demokrat tidak dalam posisi mengarahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk melakukan pergantian menteri Kabinet Indonesia Bersatu pada awal tahun ini.

Sebaliknya, Demokrat juga tidak menghalangi-halangi Presiden jika tidak ingin melakukan reshuffle kabinetnya. Namun, apabila Presiden Yudhoyono merasa perlu melakukan penyegaran terhadap menteri kabinetnya, Demokrat menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum saat di wawancarai khusus oleh Kompas di rumahnya di Jakarta, Minggu (9/1/2010).

"Intinya, kalau ada menteri yang tidak mungkin lagi disuntik atau diinjeksi energi baru untuk meningkatkan kinerjanya, ya untuk kebaikan pemerintah dan kebaikan bangsa serta untuk kebaikan pelayanan kepada rakyat, ya, kan, lebih bagus (menteri) itu disegarkan (diganti)," tandas Anas.

Anas menambahkan, Demokrat tidak dalam posisi memberikan order kepada Presiden untuk melakukan atau menghalangi reshuffle.

Menurut Anas, Demokrat yakin Presiden memiliki perhitungan, kalkulasi dan rasa politik yang tinggi dan tajam untuk menilai kinerja menterinya masing-masing untuk diganti atau tidak. "Jika ada yang memang ingin disuntik dengan energi yang baru saja dan tak diganti, ya bisa saja," tambahnya.

Anas melanjutkan, "Pak SBY itu, kan, sudah sudah dua periode menjalankan pemerintahan. Tentu, Pak SBY sudah semakin memiliki penguasaan detil yang semakin tinggi, termasuk nilai rasa politik yang semakin tajam. Jadi, apakah menterinya akan mengemban tugas dengan baik sesuai dengan Kontrak Kinerja dan Pakta Integritas sampai dengan 2014, atau harus diganti dengan tokoh yang lain."

Ikut beri saran Diakui Anas, partainya ikut memberikan saran dan masukan serta pertimbangan kepada Presiden tentang kinerja para menteri. Masukan itu itu dihimpunnya dari mitra para menteri di DPR, yakni Fraksi Partai Demokrat maupun Komisi di DPR serta penilaian publik dan para analis.

Ditanya adakah kinerja menteri yang disampaikan kepada Presiden ada yang merah, biru dan kuning seperti Unit Kerja Presiden untuk Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4), Anas menjawab diplomatis, "Kalau saya sampaikan warna seperti itu, bisa politis maknanya."

Sementara, saat ditanya pers, seusai Sidang Kabinet Paripurna, Kamis (6/1/2011) lalu, Kepala UKP4 Kuntoro Mangkusubroto menyatakan pihaknya masih menganalisa hasil capaian program kerja para menteri dan pimpinan lembaga non departemen. "Mudah-mudahan pekan depan bisa diserahkan kepada Presiden," ujar Kuntoro.

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Capres Partai Demokrat Baru Dibahas 2013

Posted: 09 Jan 2011 02:17 PM PST

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Demokrat, hingga kini belum membahas figur calon Presiden untuk pemilihan Presiden 2014. Pembahasan figur calon sekarang ini masih dianggap belum waktunya. Sebab, dua tahun ke depan, bagi Partai Demokrat merupakan tahun kerja untuk mewujudkan janji-janji kampanye lalu.

Adapun pembahasan figur capres baru akan dilakukan pada pertengahan tahun 2013. Hal itu disampaikan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum saat diwawancarai khusus oleh Kompas di rumahnya di Jakarta, Minggu (9/1/2010).

Oleh sebab itu, menurut Anas, hingga kini belum ada satu pun figur yang akan dijagokan untuk capres. Namun, katanya, tidak kesulitan bagi Partai Demokrat untuk mencari figur capres. "Intinya, capres itu adalah orang yang dikenal, dan dipercaya dan akhirnya didukung," paparnya.

"Sekarang ini, yang terbaik , bagi kami adalah menyuguhkan kerja keras kepada rakyat. Jadi, nanti semester dua, dua tahun lagi. Tahun 2014, baru kita suguhkan politik. Kalau selama lima tahun ini disuguhkan politik saja, itu kurang tepat," ujar Anas.

Menurut Anas, figur capres yang terbaik adalah siapa yang diharapkan oleh bangsa Indonesia . Tidak harus egosentris secara politis. Misalnya, wajib si X atau si Y. "Bukan itu jalan pikiran Partai Demokrat. Sebab, Presiden, gubernur, walikota dipilih untuk bekerja bagi bangsa dan daerahnya. Bukan untuk kepentingan masing-masing orang dan partainya," tambahnya.

Ibu Negara belum tentu berkenan Lebih jauh Anas mengatakan, nama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, jelas tak memiliki kesempatan lagi mengingat ia sudah dua kali menjabat.

"Pendirian politik Presiden Yudhoyono sangat jelas dan tegas. Berkali-kali Presiden menyatakan cukup dua kali sehingga itu akan menjadi tradi si politik yang melembaga. Dan, Partai Demokrat, harus menjadi bagian dari institus ionalisasi dan tradisi demokrasi yang baik," paparnya.

Sedangkan Ibu Ani Bambang Yudhoyono, lanjut Anas, merupakan Ibu Negara yang berhasil, mantan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat yang baik dan tokoh yang dikenal. "Pada waktunya Majelis Tinggi partai akan membahasnya siapa yang akan menjadi calon. Namun, kami belum tahu apakah Ibu Ani berkenan dan Presiden Yudhoyono setuju, serta kader-kader Partai Demokrat sejalan dengan itu," ujar Anas .

Tentang pencalonan dirinya, Anas menjawab, "Mandat saya di Kongres Partai Demokrat lalu adalah untuk memajukan partai dan untuk berhasil memimpin partai dalam pemilihan legislatif dan pemilihan presiden."

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS