ANTARA - Mancanegara

sumber :-

ANTARA - Mancanegara


Partai Gbagbo akan boikot pemilu di Pantai Gading

Posted: 19 Nov 2011 03:11 PM PST

Abidjan (ANTARA News) - Partai mantan presiden Pantai Gading Laurent Gbagbo telah merencanakan untuk memboikot pemilihan legislatif bulan depan, kata pemimpin sementaranya Miaka Oureto, Sabtu.

"Front Rakyat Pantai Gading (PFI) tidak akan mengambil bagian dalam pemilihan. Kami tidak akan berpartisipasi dalam pertarungan yang hasilnya telah diketahui lebih dulu dan untuk mana segalanya telah dilakukan untuk berupaya mempermalukan kami," kata Outero pada AFP.

Gbagbo ditangkap pada April setelah empat bulan krisis yang meletus ketika ia menolak mengaku kalah pada Alassane Ouattara pada pemilihan akhir November dan menyebabkan sekitar 3.000 orang tewas.

Ouattara pada Jumat menolak kemungkinan penangguhan pemilihan pada 11 Desember itu guna memungkinkan PFI mengikuti pemilihan, meskipun pada masa lalu ia mengatakan ia ingin partai itu ikut mengambil bagian.

"Tidak ada lagi perdebatan mengenai tanggal (pemilihan). Masalah itu telah ditutuo," katanya dalam kunjungan ke negara tetangga Burkina Faso.

Oureto telah mendaftar sejumlah "syarat minimal" yang PFI ingin penuhi jika mereka akan berpartisipasi, termasuk "pembentukan kembali keamanan, pembiayaan publik partai politik, kembalinya orang-orang di pengasingan dan pembebasan para militan".

Komisi pemilihan di Pantai Gading pada 10 November lalu telah mempublikasikan daftar 946 calon -- di antara mereka 439 independen -- untuk 255 kursi di parlemen.

Wakil ketua komisi pemilihan Sourou Kone mengatakan bagaimanapun bahwa beberapa anggota PFI telah mencalonkan diri sebagai calon independen, sementara sejumlah partai lebih kecil yang bersekutu dengan PFI telah mengajukan calon pada menit-menit terakhir. (S008)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

Gempa 5,1 SR guncang lepas pantai timur Jepang

Posted: 19 Nov 2011 03:03 PM PST

Hong Kong (ANTARA News) - Gempa berkekuatan 5,1 pada Skala Richter telah mengguncang dekat pantai timur Jepang, Ahad, kata Survei Geologi Amerika Serikat.

Gempa itu, yang memiliki kedalaman enam kilometer, menghantam dekat pantai Honshu, pulau terbesar Jepang, pada sekitar pukul 4.27 waktu setempat (pukul 2.27 WIB) lebih kurang 91 kilometer dari Tokyo, lapor AFP.

Tidak ada peringatan tsunami telah dikeluarkan.

Pada 11 Maret lalu, gempa berkekuatan 9 SR telah menyebabkan tsunami yang menghancurkan, yang menyebabkan sekitar 22.000 orang tewas atau hilang dan memicu krisis atom di pusat pembangkir listrik Fukushina Daiici di bagian timurlaut negara itu. (S008)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Republika Online

sumber :-

Republika Online


Manfaat Bawang, Mulai dari 'Dopping' untuk Selalu Fit Hingga Obat Awet Muda

Posted: 18 Nov 2011 06:13 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Bagi para ibu yang sering memasak di dapur, tentu akrab dengan bawang putih. Selain selain digunakan sebagai penambah cita rasa makanan, jenis bumbu yang satu ini ternyata memiliki banyak manfaat di bidang kesehatan. Jika dihaluskan, bawang putih menghasilkan zat yang disebut  allicin. Alicin memiliki banyak keuntungan untuk menjaga terhadap penyakit tertentu.

Selain itu, bawang putih memiliki banyak manfaat sebagai antibakteri dan antioksidan. Sebagai antioksidan, bawang putih bisa memperlambat proses penuaan sehingga bisa menjadi 'obat' awet muda.

Manfaat bawang putih seperti yang dilansir dari situs ivillage, menyebutkan bahwa mengkonsumsi bawang putih setiap hari terbukti mengurangi risiko terkena flu hingga 50 persen. Bawang putih juga memberikan  vitamin A, B dan C serta  mineral penting  termasuk zat besi, yodium, kalium, selenium, seng, kalsium dan magnesium.

Sifat antibakteri yang terkandung dalam bawang putih berkhasiat untuk melawan infeksi. Bawang putih yang dikupas dan dioleskan ke kulit bisa membersihkan infeksi jamur yang menyebabkan kurap. Penelitian juga menyebutkan bawang putih muda bisa membantu mencegah keracunan makanan, membunuh bakteri tertentu seperti E. Coli (penyebab diare). Di Amerika, kini sudah lazim digunakan minyak bawang putih untuk terapi penyakit jantung.

Full content generated by Get Full RSS.

Diabetes Tipe I pada Anak Naik 700 persen

Posted: 18 Nov 2011 01:38 AM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Diabetes Melitus Tipe I akibat fungsi pankreas yang rusak pada anak meningkat signifikan. Jika lima tahun lalu jumlah anak usia 0-10 tahun yang menderita DM tipe I dibawah 100 anak, maka data terkini Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) 2011 menunjukkan jumlah anak yang menderita DM tipe I lebih dari 700 anak.

Selama ini yang sering diangkat adalah kasus DM Tipe II, yaitu DM yang lebih banyak disebabkan oleh perilaku atau pola hidup seperti terlalu banyak makan manis. "Anak-anak jarang kena DM tipe II, namun justru DM Tipe I," tutur Sekretaris Unit Kerja Koordinasi Endokrin DKI Jaya, Aditya Suryansyah kepada wartawan di Jakarta, Jumat (18/11).

Ia menjelaskan bahwa temuan kasus DM tipe I pada anak-anak adalah fenomena gunung es. Saat ini dijelaskan meningkatnya kasus itu karena cakupan pemantauan DM tipe I pada anak meluas. Banyak dokter anak diberi pelatihan mengenali gejala DM tipe I pada anak, karena itu temuan kasus meningkat. Sedangkang jumlah dokter endokrin anak di Indonesia baru 33 orang.

DM tipe I pada anak, jelas Aditya, 90 persen karena faktor genetis. Atau bakat turunan dari orang tua masing-masing.

Penanganan secara dini anak-anak dengan DM tipe I ini sangat penting.''Jika penanganan dan pengobatan dilakukan secara benar maka mereka akan tumbuh normal seperti anak lainnya,'' tutur Aditya.

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPASentertainment

sumber :-

KOMPASentertainment


"Jalan" 21 Kali, Paula Verhoeven Derita Kaki Lecet

Posted: 19 Nov 2011 09:06 PM PST

JAKARTA, KOMPAS.com -- Para peragawati benar-benar bekerja ekstrakeras selama Jakarta Fashion Week yang berlangsung pada 12-18 November 2011. Salah satu model yang tampil pada pekan mode itu adalah Paula Verhoeven (24). Dalam sepekan itu ia melenggang di catwalk sampai tak kurang dari 21 kali.

Dalam sehari, para model bisa tampil tiga kali. Paula dan kawan-kawan sudah siap berhias pukul 05.30 dan acara baru selesai pukul 22.00 bahkan sampai pukul 24.00.

"Kaki saya lecet sejak hari pertama," kata Paula, Jumat (18/11) siang, saat beristirahat sebelum tampil pada malam penutupan. Pantesan, bagian atas tumit masih terlihat ditutup plester.

Meski kaki lecet, toh nyatanya model bertinggi 183 sentimeter itu tetap berjalan dengan anggun. Dia juga tidak mengeluh dan tetap profesional. "Ada memang sepatu jenis killer shoes. Kalau enggak hati-hati, kaki bisa lecet, keseleo atau kram. Tapi, semuanya masih terkendali," katanya

Model asal Semarang, Jawa Tengah, itu memuji penyelenggara yang tahun ini tampak siap. Ada tim medis yang siap setiap saat. "Kalau ada model yang luka atau keseleo bisa ditangani. Bahkan, ada pijat refleksi. Syukur enggak ada kejadian aneh-aneh."

Syukur juga tidak ada killer shoes, hanya kaki sedikit lecet. (XAR)

Full content generated by Get Full RSS.

Akira Jimbo: Jazz Berbumbu Gamelan

Posted: 19 Nov 2011 09:06 PM PST

JAKARTA, KOMPAS.com — Akira Jimbo (52), penabuh drum yang pernah mendukung band Casiopea, itu akan datang ke Jakarta dan Yogyakarta dalam "One Man Orchestra Performance". Akira akan tampil di Wisma Nusantara, Jakarta, Senin (21/11/2011) malam dan Auditorium Magister Manajemen UGM, Yogyakarta, Selasa (22/11/2011) malam.

Akira akan memainkan hybrid drum. Ini adalah gaya yang mengombinasikan drum akustik dan drum elektrik Yamaha. Dengan perangkat itu, ia akan memainkan melodi dan harmoni seorang diri.

Sudah tiga kali ini Akira datang ke Yogyakarta, pernahkah seniman Jepang ini mendengar gamelan? "Ya, pernah. Gamelan sangat eksotis dan merupakan alat musik dengan tangga nada yang unik. Gamelan itu seperti perkusi serta perpaduan antara melodi dan rhythm. Menurut saya, itu sangat luar biasa," kata Akira lewat surat elektronik kepada Tony Prasetiantono selaku pendukung acara Akira di Yogyakarta.

Akira membayangkan, perpaduan modern fusion jazz dengan gamelan pasti sangat menyenangkan. "Akan tetapi, karena tidak ada pemain gamelan di Jepang, saya belum pernah mendapat kesempatan untuk memadukan keduanya," katanya.

Namun, Akira merasa terbantu oleh teknologi, yaitu dengan penggunaan sumber bunyi dari sampel suara gamelan yang bisa juga dimasukkan ke dalam drum digital DTX Module. Sampel gamelan itu disebutnya sebagai bumbu yang akan sangat menarik. Bayangkan, jazz berbumbu gamelan. (XAR)

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Berita Terkini

sumber :-

ANTARA - Berita Terkini


Kini rumah Nurlison menjadi pulau kecil

Posted: 19 Nov 2011 05:43 PM PST

Warga terpaksa menggunakan sampan untuk melanjutkan perjalanan dari Padang karena badan jalan dan jembatan putus akibat diterjang banjir bandang. (ANTARA/Maril Gafur)

Berita Terkait

Video

Padang (ANTARA News) - Rabu siang itu, di dusun Pasir Putih Kenagarian Kambang Utara, Pesisir Selatan, Sumatera Barat cuaca tampak cerah.

Cuaca seperti itu adalah cuaca yang sangat bagus bagi penduduk nagari Kambang Utara untuk bekerja di ladang, menggembala ternak maupun mencari ikan.

Namun, cuaca itu tidak serupa dengan raut wajah Nurlison. Lelaki tua berkulit hitam itu adalah wali nagari (kepala desa) Kambang Utara.

Wajahnya tampak kusam tidak seperti hari-hari sebelumnya. Ia pada hari-hari biasanya adalah orang yang mudah senyum dan senang menyapa setiap kali bertemu dengan orang yang dikenal.

Ia begitu dekat dan akrab dengan warganya. Tidak pilih tua atau muda, miskin atau kaya, semuanya sama di hati dan mata Nurlison, sehingga warga di sana menganggapnya sebagai "urangtuo" (sesepuh).

Rabu siang itu, tatapannya hampa, lepas ke arah laut, dari tempat duduknya di teras rumah, Wajah itu seperti terbeban pikiran.

"Ini sudah takdir Tuhan, saya bisa selamat dari amukan arus banjir. Sedangkan, dua warga saya belum ditemukan hingga kini. Satu ditemukan meninggal di laut lepas, terseret derasnya arus air bah malam itu," sebut Nurlison membuka percakapan sembari duduk di kursi kayu yang bersandar di dinding teras rumahnya.

Bencana banjir besar pada Kamis 3 November 2011, yang memporak-porandakan kampung tempat ia memimpin, telah membekaskan kesedihan di hati lelaki 60 tahun itu.

Satu di antara warganya yang menjadi korban ditemukan meninggal terapung di laut lepas beberapa hari setelah peristiwa banjir yang tiba-tiba datang di kala warga tengah lelap tertidur. Dua korban lagi lenyap tidak tahu dimana dan bagaimana nasibnya, hingga kini.

Malam itu, matanya sulit terpejam, hujan yang mengguyur sejak Rabu (2/11) sore itu, bertambah deras, hingga larut malam tak jua reda. Perasaannya gelisah. Ia mondar-mandir dan pada akhirnya berjalan menuju teras rumah, dalam keadaan gelap karena listrik sudah padam sejak sore.

Seketika itu, ia mendengar gemuruh air dari arah belakang rumah. Samar-samar namun terdengar teriakan warga sekitar yang memecah bunyi hujan yang menimpa atap rumah.

"Seingat saya, gemuruh itu terdengar sekitar pukul 03.00 WIB, Kamis dini hari," katanya.

Hujan semakin deras. Ia semakin galau. Samar terdengar dan sulit terlihat--tapi ia yakin-- bunyi ombak dan derasnya air bah saling kejar-mengejar, bercampur aduk dengan dentuman pohon menerpa dinding-dinding rumah di sekitarnya.

Air pun sudah mulai menggenangi lantai rumah Nurlison. Hiruk pikuk suara warga semakin terdengar dalam adukan bermacam bunyi di malam itu.

"Sebelum kejadian, hujan turun lebat tiada henti. Saya memang khawatir akan terjadi banjir besar. Karena itu, saya tidak bisa tidur. Kira-kira pukul 03.00 WIB, terdengar suara gemuruh yang luar biasa datang dari arah hulu. Semua keluarga langsung saya suruh ke luar rumah, karena air mulai meninggi. Warga sekitar, saya teriaki untuk menyelamatkan diri," katanya.

Nurlison bersama anak dan istri menyelamatkan diri ke jalan arah selatan menuju Pasar Kambang, menjauh dari jalan lintas Sumbar-Bengkulu yang berada di daerah Pasir Putih.

Ketika telah menjauh dari rumah, tiba-tiba ia teringat, kalau ibunya masih berada di dalam rumah. Ia bergegas kembali untuk menjemput ibunya.

Ia menyebutkan, saat itu banjir baru menggenangi badan jalan lintas Sumbar-Bengkulu yang berada di daerah Pasir Putih, air masih setinggi betis.

"Sekarang, jalan itu telah hancur," ujarnya.

Sekembali dari rumah, arus banjir semakin kuat dan menyebabkan Nurlison dan sang ibu yang berada di gendongan pun terseret hingga beberapa meter. Sebagian kecil rumahnya rusak, namun tidak hancur dan tidak terseret banjir.

Banjir yang datang tiba-tiba itu, menyebabkan jalan di sekitar rumahnya terbelah menjadi tiga, hingga membentuk muara. Rumah yang dulu ditempati bersama keluarga, kini berada di tengah-tengah muara. Rumah Nurlison seperti berada di pulau kecil.

"Untung Tuhan masih memberikan perlindungan. Tanpa disadari, saya dan ibu tersangkut di akar pandan hingga pagi, sebelum dievakuasi warga," katanya.

Menurut dia, tiga warga yang hilang terseret banjir berlari ke jalan lintas arah utara (arah menuju ke Kota Padang). Satu diantaranya ditemukan meninggal. Sedangkan dua lagi tidak ditemukan hingga kini.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan telah memasukan status rumah milik Nurlison ke dalam daftar rumah hancur bersama 39 rumah lainnya di Pasir Putih Nagari Kambang Barat. Meski demikian, Nurlison bersama beberapa kepala keluarga lainnya, kini masih bertahan sebagai penghuni setia dan tidak ingin beranjak ke pengungsian.

Bagi Nurlison, banjir itu merupakan kejadian luar biasa. Sebab, disamping menghanyutkan puluhan rumah permanen milik penduduk, banjir juga telah mengakibatkan korban jiwa.

Selain itu, air bah yang datang tiba-tiba itu juga menghancurkan jalan lintas Sumatera menjadi muara sungai.

"Kini rumah saya sudah berada di tengah-tengah muara sungai. Di sampingnya, langsung bertemu dengan air sungai. Sebelumnya di tempat itu terdapat rumah warga, di depannya terbentang jalan lintas Sumbar-Bengkulu," sebutnya.

Setiap kali Nurlison dan keluarga hendak bepergian, mereka harus mendayung perahu atau menaiki rakit bambu menyeberang air di muara itu.

Akibat Banjir

Posko Informasi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mencatat, rumah hancur atau hanyut akibat banjir besar yang melanda 11 kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan sebanyak 86 unit. Sebanyak 39 unit diantaranya berada di daerah Pasir Putih Kambang Kecamatan Lengayang.

Sebanyak 75 rumah mengalami rusak berat, 20 diantaranya terdapat di Pasir Putih Lengayang. Total kerugian dari kerusakan rumah akibat banjir tersebut yang melanda 11 Kecamatan di Pesisir Selalatan pada 3 November 2011 senilai Rp88,34 miliar.

Banjir juga menyebabkan kerugian pada fasilitas umum lainnya, seperti sarana ibadah yakni masjid dan mushala. Kerugian di sektor peternakan yakni kerbau, sapi, kambing dan ayam senilai Rp5,15 miliar.

Total kerugian dari semua sektor baik, peternakan, pertanian, perikanan, jalan dan jembatan, irigasi, sarana pendidikan, kesehatan, sarana air bersih dan energi senilai Rp289,30 miliar.

Banjir juga mengakibatkan enam korban jiwa. Tiga warga Pasir Putih Lengayang, dua diantaranya Ismaidarni (40) dan Syintia (22) belum ditemukan hingga sekarang. Sementara Naisya (8) ditemukan meninggal di laut lepas sekitar satu mil dari pinggir pantai.

Tiga korban lainnya warga Rantau Simalenang Kecamatan Linggo Sari Baganti yakni, Kidit (65), Rayos (40) dan anaknya Azil (1) yang ditemukan meninggal di lokasi dekat perkebunan masyarakat atau sekitar satu kilometer dari tempat awal terseret.

KR-AH/T010

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

Gunung Marapi minggu pagi kembali meletup

Posted: 19 Nov 2011 04:55 PM PST

Bukittinggi (ANTARA News) - Gunung Marapi di daerah Koto Baru, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar dan Agam, Sumbar, pada Minggu pagi sekitar 06.30 WIB kembali meletus dan mengeluarkan asap hitam disertai abu vulkanik.

Pantauan ANTARA di daerah Sungaipuar, Kabupaten Agam, Minggu, terlihat asap hitam disertai abu vulkanik ini menyembur dari puncak gunung diperkirakan setinggi 200 - 500 meter mengarah ke barat gunung.

Semburan asap hitam disertai abu vulkanik itu berlangsung sekitar 15 menit kemudian membentuk awan sebelum pecah di sekitar lereng puncak gunung.

Pada Sabtu (19/11) kemarin, sekitar pukul 08.00 WIB, gunung ini terlihat hanya menyemburkan asap putih tebal yang berlangsung sekitar lima menit mengarah ke timur gunung.

Asap putih yang disemburkan gunung tersebut diperkirakan setinggi 50 - 100 meter di atas puncak kawah gunung, namun pada siang hingga sore gunung tampak tidak lagi menyemburkan asap putih maupun hitam.

Kemudian, Minggu (20/11) pagi sekitar pukul 06.30 WIB gunung kembali menunjukkan peningkatan aktivitas dimana terjadi letusan disertai semburan abu vulkanik.

Petugas Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (BGPVMB) Bukittinggi, Warseno, Minggu, menyebutkan aktivitas gunung terjadi secara fluktuatif sudah berlangsung cukup lama.

"Gunung terkadang meletus dengan menyemburkan abu vulkanik. Terkadang gunung hanya menyemburkan asap putih tebal dan sesekalinya tipis dengan tekanan sedang," katanya.

Kata dia, meski peningkatan aktivitas gunung berlangsung secara fluktuatif, status waspada level II masih diberlakukan.

"Larangan masyarakat dan pendaki melakukan pendakian sampai tiga kilometer dari puncak gunung masih diberlakukan," katanya.

Salah satu gunung aktif di Sumbar mengalami peningkatan aktivitas sejak 3 Agustus 2011 sekitar pukul 09.00 WIB.

Gunung itu sempat mengeluarkan abu vulkanik berbau belerang berketinggian 1.000 meter dan menjangkau sejumlah daerah di Sumbar, seperti Agam, Tanahdatar, Padangpariaman, dan Padangpanjang.

Gunung Marapi terakhir kali meletus pada 2005. Dalam kondisi aktif normal, gunung yang berdampingan dengan Gunung Singgalang dan Gunung Tandikek itu menjadi salah satu tujuan bagi pendaki dari dalam maupun dari luar Sumatera Barat. (ANT-275/E001)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Utusan Online - Luar Negara

sumber :-

Utusan Online - Luar Negara


AS terus berdegil

Posted:

AS terus berdegil

AS terus berdegil


Presiden Amerika Syarikat (AS), Barack Obama (kanan) ketika bertemu dengan Perdana Menteri China, Wen Jiabao dalam satu majlis sempena Sidang Kemuncak Asia Timur di Nusa Dua, Bali, Indonesia, semalam. - Reuters


NUSA DUA, Indonesia 19 Nov. - Presiden Amerika Syarikat (AS), Barack Obama terus menyentuh isu tuntutan bertindih wilayah maritim di Laut China Selatan selain hal berkaitan ekonomi ketika bertemu Perdana Menteri China, Wen Jiabao hari ini.

Pertemuan antara Obama dan Jiabao itu dibuat dalam satu majlis di Sidang Kemuncak Asia Timur selepas 'perang mulut' antara dua kuasa besar dunia itu sejak seminggu lalu.

Penasihat Keselamatan Nasional AS, Tom Donilon berkata, perbincangan itu memfokus kepada isu ekonomi.

"Obama melahirkan kebimbangan apabila Washington melihat senario penurunan nilai mata wang yuan yang disengajakan dan perbalahan mengenai perdagangan, isu yang ditimbulkan ketika bertemu Presiden China, Hu Jintao di Hawaii minggu lepas,'' katanya.

Beliau juga menyentuh mengenai pertindihan tuntutan kawasan perairan yang ingin dibincangkan secara umum di sidang kemuncak tersebut.

China sebelum ini menegaskan perbincangan isu itu seharusnya melibatkan negara terlibat sahaja.

"Obama memberi isyarat mereka akan mengadakan perbincangan lanjut mengenainya dalam konteks pemimpin Asia Timur.

"Kepentingan AS hanya melibatkan kebebasan pengemudian dan aliran perdagangan bebas serta penyelesaian perbalahan secara aman tetapi kami tidak mempunyai sebarang tuntutan jadi kami tidak akan memihak kepada mana-mana pihak,'' ujarnya,

Donilon berkata, kedudukan AS dalam isu itu adalah secara prinsip memandangkan negara tersebut merupakan satu kuasa Pasifik, perdagangan dan maritim.

Katanya, beberapa negara Asia Tenggara juga telah merujuk isu maritim itu kepada Obama.

China melihat inisiatif Pasifik AS sebagai campur tangan dalam pengaruhnya di rantau ini dan Jiabao semalam memberi amaran terhadap campur tangan luar dalam isu-isu di rantau ini. - AFP

Full content generated by Get Full RSS.

Anak Gaddafi ditangkap

Posted:

Anak Gaddafi ditangkap

Anak Gaddafi ditangkap

TRIPOLI 19 Nov. - Anak bekas pemimpin Libya, Saif al-Islam ditangkap di selatan negara ini, kata seorang pegawai kanan Majlis Peralihan Kebangsaan (NTC) hari ini.

Menteri Kehakiman NTC, Mohammed al-Allagui berkata, Saif yang pernah disebut-sebut sebagai pewaris Muammar Gaddafi, dikehendaki oleh Mahkamah Jenayah Antarabangsa (ICC).

Namun al-Allagui enggan mengulas lanjut penangkapan itu.

ICC mengeluarkan waran tangkap ke atas Saif, ayahnya dan bekas ketua perisikan Gaddafi, Abdullah al-Senussi pada 27 Jun lalu atas tuduhan melakukan jenayah kemanusiaan untuk menghentikan tunjuk perasaan antirejim.

Satu sumber majlis 'thwar' (revolusi) Tripoli yang dianggotai bekas pemberontak yang menggulingkan rejim Gaddafi berkata, Saif ditangkap di wilayah Ubari, selatan negara ini.

Pendakwa raya ICC, Luis Moreno-Ocampo pada 9 November lalu berkata, Saif pasti akan ditangkap dan masa sahaja yang akan menentukannya.

Seminggu sebelum itu, Moreno-Ocampo memberitahu Majlis Keselamatan Pertubuhan Bangsa-Bangsa Bersatu (PBB), ICC menerima soalan daripada individu-individu yang rapat dengan Saif tentang tindakan undang-undang yang akan dikenakan jika dia menyerah diri.

Wakil Saif turut mempersoalkan nasib anak Gaddafi itu sekiranya dia dihadapkan ke mahkamah dan disabitkan kesalahan serta berkemungkinan dibebaskan.

Pasukan penyiasat ICC melawat Libya untuk mengumpul lebih banyak bukti dalam kes Saif dan turut menyiasat dakwaan kes rogol yang dilakukan tentera Gaddafi semasa melakukan tindakan keras terhadap penunjuk perasaan sebelum demonstrasi itu bertukar menjadi perang saudara. - AFP

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi international.okezone.com

sumber :-

Sindikasi international.okezone.com


AS Bantu RI Bangun Pusat Latihan Pasukan Perdamaian

Posted: 19 Nov 2011 02:01 AM PST

JAKARTA - Amerika Serikat (AS) dan Indonesia berkomitmen untuk menjaga perdamaian dunia. AS pun menjanjikan membantu pembangunan pusat latihan pasukan perdamaian di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Sejak 2006 lalu, AS sudah mengucurkan dana sebesar USD14,8 juta atau sekira Rp133 miliar untuk membantu operasi pasukan perdamaian Indonesia.

AS pun terlibat dalam pembangunan pusat latihan bagi para pasukan perdamaian yang ada di Sentul. Fasilitas ini akan dibangun di tanah seluas 159 hektare dan akan selesai pada 2013 mendatang. Fasilitas ini akan sanggup menampung 1.500 pasukan. Demikian seperti diberitakan Lembar Fakta Departemen Luar Negeri AS yang diterima okezone, Sabtu (19/11/2011).

Setelah pusat pelatihan dibangun, pasukan Indonesia akan diberikan pelatihan yang mendetil sebelum dikerahkan ke negara lain dalam misi perdamaian.

Kerja sama penjagaan perdamaian merupakan salah satu dari program Kerja Sama Komprehensif AS dan Indonesia.

Global Peace Operation Initiative (GPOI) juga mendanai pembangunan barak dan pengadaan peralatan bagi pasukan Indonesia yang menjalankan misi perdamaian.

Sejak 1957 silam, Indonesia sudah mengerahkan 24 ribu pasukan perdamaian melalui Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Saat ini, sebanyak 1.700 pasukan perdamaian asal Indonesia sudah disebar di negara-negara yang ada di belahan dunia seperti Lebanon, Kongo, dan Haiti.

Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa juga berencana meningkatkan jumlah pasukan perdamaian Indonesia yang siap menjalankan misi perdamaiannya di belahan dunia ini.(rhs)

Full content generated by Get Full RSS.

Militer Iran Berlatih Hadapi Serangan Udara

Posted: 19 Nov 2011 01:01 AM PST

TEHERAN - Militer Iran memulai latihan militer empat hari di perbatasan Afghanistan untuk mewaspadai adanya serangan udara yang dilancarkan oleh negara mana pun di fasilitas nuklirnya.

Latihan militer itu melibatkan para pasukan Garda Revolusi Iran dan juga pasukan reguler negeri Persia itu. Latihan itu pun dimulai pada pagi ini. Demikian seperti diberitakan Associated Press, Sabtu (19/11/2011).

Iran sebelumnya juga sudah menantang balik Israel yang merencanakan serangan ke Iran. Bila Israel menyerang fasilitas nuklir Iran, negara itu siap membalasnya dengan serangan yang lebih mematikan.

Negeri Persia itu bahkan berencana akan melancarkan peperangan di jalanan Kota Tel Aviv dan mengusir pasukan Israel dari tanah Palestina.

Alasan serangan ke Iran karena Israel mencurigai Iran membangun senjata pemusnah massal. Meski demikian Amerika Serikat (AS) dan Barat tidak setuju serangan ke Iran. AS lebih memilih Iran diberikan sanksi tambahan.

Ketegangan antara Iran dan negara-negara Barat terus berlangsung, AS bahkan mengatakan, Iran tengah mengalami isolasi besar-besaran oleh negara Barat.(rhs)

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Berita Harian: Dunia

sumber :-

Berita Harian: Dunia


Rakyat Mesir desak askar undur

Posted: 18 Nov 2011 04:18 PM PST

[unable to retrieve full-text content]KAHERAH: Berpuluh ribu penunjuk perasaan berkumpul di Dataran Tahrir semalam bagi mengadakan perhimpunan besar-besaran bertujuan mendesak tentera Mesir yang memerintah negara itu menyerahkan kuasa, 10 bulan selepas kebangkitan yang menumbangkan pemerintahan rejim Hosni Mubarak.

Syria makin hampiri perang saudara

Posted: 18 Nov 2011 04:17 PM PST

[unable to retrieve full-text content]DAMSYIK: Aktivis menggesa satu bantahan diadakan semalam bagi mendesak negara seluruh dunia mengusir duta Syria dan memencilkan negara itu ketika Turki memberi amaran ketegangan itu akan bertukar menjadi perang saudara.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPAS.com - Nasional

sumber :-

KOMPAS.com - Nasional


Penyelesaian Papua, Janji SBY pada Obama

Posted: 19 Nov 2011 07:24 AM PST

BALI, KOMPAS.com - Beberapa kasus yang terjadi di Papua menjadi sorotan tersendiri bagi Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Di depan media peliput Konferensi Tingkat TInggi (KTT) ke-19 ASEAN dan Asia Timur, Sabtu (19/11/2011), SBY menegaskan telah memerintahkan aparat penegak hukum untuk bekerja sama menangani semua masalah di Papua, dengan cara-cara yang sesuai prosedur.

Saya sudah memberikan perintah untuk menyelesaikan masalah Papua dengan cara bijak dan sesuai aturan. Saya janji, hukum itu pasti ditegakkan di Papua.

-- Susilo Bambang Yudhoyono

Bahkan, di depan Presiden AS, Barack Obama, Presiden SBY mengakui, sudah berjanji akan menegakkan aturan hukum.

"Saya sudah memberikan perintah untuk menyelesaikan masalah Papua dengan cara bijak dan sesuai aturan. Saya janji, hukum itu pasti ditegakkan di Papua. Saya katakan pada beliau kalau ada anggota militer atau Polri yang melanggar hukum, melanggar HAM, ada pengadilan dan kita buktikan itu. Jangan ada immunitas, jangan ada kekebalan, lakukan proses hukum," ujar Presiden.

Di sisi lain, Presiden berharap negara-negara di belahan dunia sadar dan mengerti kalau di Papua ada gerakan separatis ataupun sesl-sel bersenjata yang sangat berbahaya. Di sana, TNI diserang. Begitu juga anggota polisi dan rakyat, juga pekerja sendiri diserang secara membai buta. Di saat itulah, dirinya meminta pengertian dunia untuk memberikan kesempatan pada orang-orang yang diserang untuk membela diri.

"Saya pikir, kalau dalam kondisi membela diri, itu berarti bukan pelanggaran HAM ataupun kejahatan. Tapi, kalau dalam pelaksanannya ada yang melebihi ketentuan dan kepatutan, tentu saja akan ditindak sesuai prosedur, pokoknya yang melewati sisi proporsional akan segera dilakukan investigasi secara menyeluruh," imbuh SBY.

Mengenai urusan integritas Papua, Presiden menyatakan tidak ada toleransi lagi untuk urusan seperti itu.

"Saya bersyukur, karena AS dan Australia mendukung dan mengakui integritas teritorial Indonesia, termasuk Papua," ujarnya. (Nurfahmi Budi)

Full content generated by Get Full RSS.

"Ibu Pergi Tanpa Pesan Terakhir"....

Posted: 19 Nov 2011 05:34 AM PST

"Ibu Pergi Tanpa Pesan Terakhir"....

Indra Akuntono | Latief | Sabtu, 19 November 2011 | 16:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Nur Aini Mahdiati Hidayat, istri dari Menteri Perindustrian MS Hidayat, meninggal dunia tanpa meninggalkan pesan. Hal itu diungkapkan Nayaka, putra kelima almarhumah, kepada para wartawan, Sabtu (19/11/2011), di rumah duka.

Menurut Nayaka, Nur Aini merupakan figur seorang ibu yang menguatkan dan mendidik keluarganya. Khususnya dalam karir ayaha mereka sampai menjabat sebagai Menteri Perindustrian.

"Ibu yang membuat kita semua sampai seperti saat ini," ungkap Nayaka.

Ia dan seluruh keluarga besarnya tidak menyangka jika ibunda mereka meninggal dunia. Selain karena tidak ada tanda-tanda mengidap penyakit tertentu, juga karena sosok Nur Aini yang dikenal ramah dan mengayomi.

"Tidak ada yang menyangka, ibu pergi tanpa sempat meninggalkan pesan terakhir," katanya.

Seperti diberitakan, Nur Aini Mahdiati Hidayat, tutup usia, Sabtu (19/11/2011) pagi tadi, di Surabaya. Almarhumah lahir di Yogyakarta, 7 Desember 1946. Selama hidupnya, Nur Aini dikenal aktif berorganisasi dan kegiatan sosial. Terakhir, almarhumah aktif sebagai anggota Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu II dan penasehat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Perindustrian.

Saat ini jenazah almarhumah tengah selesai disemayamkan di rumah duka, Jl. Sisingamaraja 27-29, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pukul 16.00 sore ini jenazah rencananya akan langsung dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi celebrity.okezone.com

sumber :-

Sindikasi celebrity.okezone.com


Video Porno Chris Brown Tersebar?

Posted: 19 Nov 2011 07:12 AM PST

LOS ANGELES- Sebuah media mengklaim ditawari video porno Chris Brown. Mereka yakin, pemeran video porno yang mereka lihat merupakan Chris Brown.

Mediatakeout sebelumnya mengaku telah melihat video porno mantan kekasih Rihanna itu dengan Draya Michelle. Video itu dijual oleh penjual misterius. Namun, karena tidak mencapai kesepakatan harga, video itu tak jadi dibeli.

Tak mau isu terus berkembang menjadi fitnah, Perwakilan Chris Brown langsung menegaskan kalau video pporno yang disebut sebuah media itu jelas bukan diperankan Chris Brown.

"Laporan ini sama sekali tidak benar," tegasnya seperti dikutip dari TMZ, Sabtu (19/11/2011).(rik)

Full content generated by Get Full RSS.

Selingkuhan Lega dengan Perceraian Ashton Kutcher

Posted: 19 Nov 2011 06:38 AM PST

LOS ANGELES- Brittney Jones, wanita yang mengaku pernah berselingkuh dengan Ashton Kutcher menanggapi perceraian Ashton dan Demi Moore. Brittney makin percaya diri kalau tuduhannya dulu benar.

"Meskipun perceraian itu kadang menyedihkan, tapi aku merasa agak dibenarkan," kata Brittney seperti dikutip dari TMZ, Sabtu (19/11/2011).

Brittney mengaku pernah berhubungan seks dengan Ashton pada September 2010. Namun, saat itu banyak yang tidak percaya dengan pernyataan Brittney. Dia dianggap hanya mencari popularitas karena tak lama kemudian video pornonya dirilis.

"Sekian lama orang berpikir kalau aku berbohong atau hanya memuaskan diriku sendiri tentang hubunganku dengan Ashton. Sekarang aku bisa bilang kalau fakta yang dulu aku sampaikan benar-benar terjadi," jelasnya.(rik)

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

detikcom

sumber :-

detikcom


Demi Rekor Dunia, Puluhan Orang Rela Berdiri di Celana Dalam Raksasa

Posted: 19 Nov 2011 12:25 PM PST

Cari Penawaran Terbaik di Sini

Rancang Perjalananmu di Sini

Full content generated by Get Full RSS.

Jamaah Haji Wafat di Saudi 362 Orang

Posted: 19 Nov 2011 12:18 PM PST

Cari Penawaran Terbaik di Sini

Rancang Perjalananmu di Sini

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi lifestyle.okezone.com

sumber :-

Sindikasi lifestyle.okezone.com


Gaun Pengantin Ibas-Aliya Ditangani Biyan Bride?

Posted: 18 Nov 2011 11:06 PM PST

BIYAN Wanaatmadja disebut-sebut sebagai desainer gaun pengantin Edhie Baskoro Yudhoyono dan Siti Ruby Aliya Rajasa. Desainer senior ini akan dibantu tim Biyan Bride.


Hingga kini, pihak Biyan Wanaatmadja memang belum mau memberikan komentar soal penunjukkannya sebagai desainer pengantin pasangan yang kerap disapa Ibas-Aliya. Namun namanya terkuak ketika okezone mewawancarai Tienuk Riefki secara eksklusif di kediamannya kawasan Bekasi, Jawa Barat.

"Saya tidak mengetahui secara detail siapa desainer yang akan merancang baju pernikahan mereka. Tugas saya hanya untuk acara siraman dan resepsi pernikahan. Tapi kalau tidak salah Biyan (Biyan Wanaatmadja)," kata Tienuk Rifki, spontan, 4 November lalu.
 
Sementara itu, pihak Biyan yang sudah dihubungi untuk kedua kali masih berkelit soal kabar itu.
 
"Saya tidak tahu itu. Soal gaun pengantin langsung ditangani tim dari Biyan Bride. Saya tidak membawahi lini tersebut," kilah Boy, asisten Biyan Wanaatmadja saat dihubungi okezone, 16 November lalu.
 
Meski belum mengaku, namun Boy mengatakan, calon istri Edhie Baskoro Yudhoyono tersebut suka membeli koleksi Biyan.

"Tidak memesan langsung ke Mas Biyan, namun membeli yang ada di butik. Saya sering mendapatkan informasi dari penjaga butik kalau lagi ada Aliya," kata Boy saat dihubungi okezone melalui telepon selulernya, 6 November 2011.

Terkait model busana yang sering kali dibeli calon menantu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu, Boy mengaku tidak mengetahui secara detail. Katanya, biasanya langsung tercatat dalam sistem laporan.

"Saya kurang tahu persis. Yang saya tahu hanya Aliya suka membeli koleksi Biyan di butik," tutupnya.
 
Seperti diketahui, Ibas dan Aliya akan menjalani serangkaian acara pernikahan yang dimulai siraman di kediaman masing-masing pada 22 November 2011. Dua hari kemudian, mereka akan berikrar janji sebagai suami istri di Istana Cipanas, Bogor. Lalu, resepsi yang menjadi puncak acara pernikahan mereka akan dilangsungkan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, 26 November 2011.
(tty)

Full content generated by Get Full RSS.

Di Balik Nikahan Agus-Annisa vs Ibas-Aliya

Posted: 18 Nov 2011 08:01 PM PST

SAAT Agus Harimurti Yudhoyono akan mempersunting Annisa Pohan, sosok desainer yang merancang gaun pengantin mereka langsung tersiar, sedangkan si penata riasnya masih tutup mulut. Cerita berbeda terjadi saat Edhie Baskoro Yodhoyono akan menikahi Siti Ruby Aliya Rajasa.
 
Hingga kini, sosok desainer yang akan mempercantik penampilan pasangan yang kerap disapa Ibas-Aliya ini memang belum bicara secara terbuka kepada media massa. Meski demikian, okezone sudah mengantongi nama sang desainer ketika melakukan wawancara eksklusif dengan penata rias, Tienuk Riefki di kediamannya kawasan Bekasi, Jawa Barat.
 
"Saya tidak mengetahui secara detail siapa desainer yang akan merancang baju pernikahan mereka. Tugas saya hanya untuk acara siraman dan resepsi pernikahan. Tapi kalau tidak salah Biyan (Biyan Wanaatmadja)," kata Tienuk Rifki, spontan, Jumat (4/11) lalu.

Kemunculan Biyan sebagai desainer yang diprediksi merancang gaun pernikahan Ibas dan Aliya memang bukan hal yang mengejutkan, khususnya bagi kalangan pencinta mode. Reputasi Biyan sangat baik, tidak hanya di tingkat lokal, tetapi juga internasional. Saat ini empat lini besar yang dimilikinya, yaitu label utama Biyan Wanaatmadja, label sekunder Studio 133, label yang lebih massal (X)S.M.L, dan Biyan Bride yang sudah dikenal pencinta fesyen di Indonesia dan mancanegara.

"Biyan saya kira bisa menerjemahkan apa yang menjadi keinginan calon pengantin sesuai dengan tren terkini," kata pengamat mode dan gaya hidup Sonny Muchlison saat dihubungi okezone melalui telepon selulernya, 6 November lalu.

Ketika desainer kelahiran Surabaya ini yang dipilih, kata Sonny, tentu sudah menjadi keputusan terbaik dari para konsultan pernikahan Ibas-Aliya.
 
Cerita berbeda terjadi pada 2005, saat Agus Harimurti mau menikahi Annisa Pohan. Ternyata, sang desainer Adjie Notonegoro berani sejak awal berbicara dengan media massa, sedangkan sang penata rias masih belum terkuak.
 
"Menjaga rahasia, sesungguhnya sudah menjadi pekerjaan saya sehari-hari kalau ada order dari keluarga tertentu. Ini bukan hal yang sulit saya lakukan, kalau memang harus menjaga rahasia tersebut pada keluarga, kru, atau karyawan Titisari. Dan kali ini, saya sungguh berusaha untuk mengunci bibir ini. Benar-benar tidak ada seorang pun yang tahu, bahwa saya mendapat order merias dari Istana," tutur Tienuk selaku perias pengantin Agus-Annisa dalam bukunya "Perias Tradisi di Empat Benua".
 
Tampaknya keputusan Tienuk menjaga rahasia lantaran pertama kali mendapatkan order spesial dari keluarga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Mungkin saja Biyan Wanaatmadja juga mengikuti cara Tienuk untuk menjaga rahasia sebagai desainer gaun pengantin hingga acara pernikahan Ibas-Aliya dilangsungkan di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, 26 November 2011.
(tty)

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Hiburan

sumber :-

ANTARA - Hiburan


Iwan Fals nonton bola bareng Gubernur Sulsel

Posted: 19 Nov 2011 07:39 AM PST

Musisi Iwan Fals. (FOTO ANTARA/R. Rekotomo)

Berita Terkait

Makassar (ANTARA News) - Penyanyi legendaris Indonesia Iwan Fals menyaksikan laga sepak bola Indonesia lawan Vietnam bersama Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo di rumah dinas gubernur, Makassar, Sabtu.

Kehadiran Iwan Fals ke rumah dinas gubernur untuk memenuhi undangan ramah tamah dan makan malam dari gubernur.

Sesaat setelah disambut gubernur dan Iwan Fals memperkenalkan beberapa orang rombongannya, pelantun lagu Oemar Bakrie tersebut mengajak gubernur melihat pertandingan sepak bola semifinal Sea Games ke-26 antara Indonesia melawan Vietnam.

Sambil menonton di ruang depan rumah jabatan, keduanya terlibat perbincangan.

Iwan juga sempat menjawab pertanyaan wartawan tentang perkiraan hasil akhir pertandingan. Ia memperkirakan, kemenangan tipis untuk tim Garuda.

Tak lama, keduanya pindah ke ruangan tengah untuk menonton pertandingan sepak bola sambil makan malam.

Penyanyi dan pencipta lagu Iwan Fals akan ikut mengkampanyekan penyelamatan bumi dalam Festival Keluarga Hijau Indonesia yang digelar di Makassar, Minggu 20 November 2011.

Ketua panitia pelaksana Festival Keluarga Hijau Hidayat Nahwi Rasul menjelaskan, Festival Keluarga Hijau Indonesia yang ketiga kalinya ini akan digelar di Lapangan Sultan Hasanuddin, Makassar.

Kegiatan tahunan tersebut kali ini terselenggara atas kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulsel dan Kodam VII Wirabuana. Diperkirakan ratusan ribu peserta akan mengikuti kegiatan yang di antaranya berupa sepeda dan jalan santai.

Pada kegiatan tersebut, panitia pelaksana, pemerintah provinsi dan Kodam VII Wirabuana, akan menandatangani nota kesepahaman bersama tentang pelaksanaan kegiatan nyata menghijaukan bumi. (T.KR-RY/S016)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

Dirjen UNESCO tutup kegiatan pembersihan Candi Borobudur

Posted: 19 Nov 2011 06:06 AM PST

Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) Magelang, Jateng. (FOTO.ANTARA)

Berita Terkait

Magelang (ANTARA News) - Direktur Jenderal United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization Irina Bokova menutup kegiatan pembersihan Candi Borobudur dari abu vulkanik Gunung Merapi pascaerupsi 2010, Sabtu.

Penutupan kegiatan tersebut ditandai dengan pemberian piagam penghargaan kepada 550 relawan yang ikut aktif membersihkan Candi Borobudur dari abu dan pasir vulkanik Merapi.

Pada acara penutupan yang dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh tersebut, Dirjen UNESCO juga melakukan penanaman pohon bodi di pelataran Candi Borobudur sebelah barat.

Irina Bokova menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi membersihkan Candi Borobudur.

Ia mengatakan, esensi dari dukungan masyarakat untuk melestarikan candi Borobudur baukan hanya berupa finansial, tetapi yang lebih penting adalah dukungan akan rasa memiliki terhadap peninggalan budaya tersebut.

Menurut dia, Indonesia kaya dengan aneka ragam budaya. Hal ini bisa sebagai model suatu bangsa yang menghargai budaya.

M Nuh menyampaikan rasa terima kasih kepada UNESCO yang dari awal menjadikan Candi Borobudur sebagai aset warisan budaya, bukan saja milik bangsa Indonesia tetapi milik dunia.

"Sebagai warisan budaya dunia, beberapa waktu yang lalu ketika terjadi musibah erupsi Gunung Merapi, UNESCO pun ikut membersihkan candi ini sebagai bagian dari tanggung jawab," katanya.

Setelah diselesaikan pembersihan abu vulkanik Gunung Merapi, Balai Konservasi Peninggalan Borobudur mengerjakan beberapa pekerjaan konservasi Candi Borobudur.

Hal tersebut dilakukan untuk menanggulangi dampak dari abu vulkanik Gunung Merapi yang dikhawatirkan akan muncul di kemudian hari yang dapat mengganggu kelestarian candi.

Beberapa pekerjaan tersebut, antara lain pembersihan kotoran bawah lantai, penanganan kerusakan dan pelapukan batu candi, perbaikan pada bagian lantai stupa teras maupun stupa induk.

Selain itu, juga dilakukan pembersihan abu vulkanik dan mikroorganisme di sela-sela batu candi yang dilakukan bekerja sama dengan para relawan dari UNESCO.
(U.H018/N002)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS