Sabtu, 19 November 2011

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Tunggang Serasi Individu, Larasati Unggul Sementara

Posted: 19 Nov 2011 01:08 AM PST

[unable to retrieve full-text content]Pertandingan cabang olah raga berkuda di ajang Sea Games hari ini kembali digelar di Arthayasa, Limo, Depok, Jawa Barat. Sedikitnya terdapat enam atlet bertanding di kelas tunggang serasi (Dressage) individu.


Warga Aceh Kecam Penembakan oleh Oknum TNI

Posted: 19 Nov 2011 01:08 AM PST

BANDA ACEH - Elemen sipil di Aceh mengecam penembakan dilakukan oknum Danramil Lamno Jaya, Aceh Jaya, Kapten Jaf terhadap Surya Darma Sulaiman (39), warga Gampong Seulangai, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar.

Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Aceh, LBH Banda Aceh, dan Aceh Judicial Monitoring Institute (AJMI) dalam pernyataan sikap bersama menyebutkan, tindakan Kapten Jaf yang menembak mati korban melanggar konstitusi Negara dan hak asasi manusia, sehingga harus dihukum berat.

"Tindakan tersebut jelas melanggar hukum, dan salah satu bentuk pelanggaran HAM karena telah mencabut hak hidup seseorang. Ini negara hukum, pelakunya harus dihukum sesuai dengan prosudur hukum yang berlaku," kata Fery Kusuma dari KontraS Aceh di Banda Aceh, Sabtu (19/11/2011).

Penembakan terhadap Surya dinilai sebagai bentuk arogansi TNI dalam menyikapi persoalan dengan masyarakat. "Pelaku juga telah menyalahgunakan prosudur penggunaan senjata."

Selain melanggar UUD 1945 Pasal 28A, tindakan Kapten Jaf juga bertentangan dengan UU TNI Nomor 34/2004 dan UU Nomor 39/1999 tentang HAM.

"Persoalan hukum harus diselesaikan secara hukum. Kita ingin melihat apakah institusi TNI benar-benar profesional. Kami akan mengawal proses hukumnya," kata Direktur LBH Banda Aceh Hospi Novisal Sabrie.

Elemen sipil Aceh mendesak pimpinan TNI mengevaluasi setiap personelnya yang menggunakan senjata, sehingga kejadian seperti ini tidak terulang lagi.

Diketahui, Surya Darma Sulaiman tewas ditembak di depan rumahnya di Gampong Seulangai oleh Kapten Jaf pada Kamis 17 November malam.

Kapendam Iskandar Muda Letkol Arh Subagio Irianto kemarin mengatakan, penembakan diduga karena konflik pribadi antara keduanya. Namun pihaknya berjanji tetap menindak tegas pelaku jika terbukti bersalah.

(ded)

Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan