Sabtu, 19 November 2011

ANTARA - Mancanegara

ANTARA - Mancanegara


Partai Gbagbo akan boikot pemilu di Pantai Gading

Posted: 19 Nov 2011 03:11 PM PST

Abidjan (ANTARA News) - Partai mantan presiden Pantai Gading Laurent Gbagbo telah merencanakan untuk memboikot pemilihan legislatif bulan depan, kata pemimpin sementaranya Miaka Oureto, Sabtu.

"Front Rakyat Pantai Gading (PFI) tidak akan mengambil bagian dalam pemilihan. Kami tidak akan berpartisipasi dalam pertarungan yang hasilnya telah diketahui lebih dulu dan untuk mana segalanya telah dilakukan untuk berupaya mempermalukan kami," kata Outero pada AFP.

Gbagbo ditangkap pada April setelah empat bulan krisis yang meletus ketika ia menolak mengaku kalah pada Alassane Ouattara pada pemilihan akhir November dan menyebabkan sekitar 3.000 orang tewas.

Ouattara pada Jumat menolak kemungkinan penangguhan pemilihan pada 11 Desember itu guna memungkinkan PFI mengikuti pemilihan, meskipun pada masa lalu ia mengatakan ia ingin partai itu ikut mengambil bagian.

"Tidak ada lagi perdebatan mengenai tanggal (pemilihan). Masalah itu telah ditutuo," katanya dalam kunjungan ke negara tetangga Burkina Faso.

Oureto telah mendaftar sejumlah "syarat minimal" yang PFI ingin penuhi jika mereka akan berpartisipasi, termasuk "pembentukan kembali keamanan, pembiayaan publik partai politik, kembalinya orang-orang di pengasingan dan pembebasan para militan".

Komisi pemilihan di Pantai Gading pada 10 November lalu telah mempublikasikan daftar 946 calon -- di antara mereka 439 independen -- untuk 255 kursi di parlemen.

Wakil ketua komisi pemilihan Sourou Kone mengatakan bagaimanapun bahwa beberapa anggota PFI telah mencalonkan diri sebagai calon independen, sementara sejumlah partai lebih kecil yang bersekutu dengan PFI telah mengajukan calon pada menit-menit terakhir. (S008)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

Gempa 5,1 SR guncang lepas pantai timur Jepang

Posted: 19 Nov 2011 03:03 PM PST

Hong Kong (ANTARA News) - Gempa berkekuatan 5,1 pada Skala Richter telah mengguncang dekat pantai timur Jepang, Ahad, kata Survei Geologi Amerika Serikat.

Gempa itu, yang memiliki kedalaman enam kilometer, menghantam dekat pantai Honshu, pulau terbesar Jepang, pada sekitar pukul 4.27 waktu setempat (pukul 2.27 WIB) lebih kurang 91 kilometer dari Tokyo, lapor AFP.

Tidak ada peringatan tsunami telah dikeluarkan.

Pada 11 Maret lalu, gempa berkekuatan 9 SR telah menyebabkan tsunami yang menghancurkan, yang menyebabkan sekitar 22.000 orang tewas atau hilang dan memicu krisis atom di pusat pembangkir listrik Fukushina Daiici di bagian timurlaut negara itu. (S008)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan