Republika Online

sumber :-

Republika Online


Kontrol Rutin Sangat Penting bagi Penderita Diabetes

Posted: 15 Nov 2011 06:56 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sekitar 7,7 persen masyarakat Indonesia tidak tahu dirinya menderita Diabetes Melitus (DM). Persentase ini setara dengan 11 juta orang. Angka didasarkan data Kementrian Kesehatan 2007. Data itu juga menunjukkan, hanya sekitar 23 persen yang faham dirinya menderita DM. Angka ini setara tiga juta orang.

"Dari data ini bisa disimpulkan kebanyakan orang tidak faham apa itu diabetes. Selain itu masyarakat juga tidak faham mengenai penyakit diabetes. Mereka beranggpan penyakit DM seperti flu atau masuk angin. Sekali minum obat lansung sembuh," ujar ahli penyakit dalam, dr Tri Juli Edi Tarigan Sp PD (K).

Hal ini, menurutnya, dikarenakan pengetahuan dan kultur masyarakat yang masih minim mengenai DM. Kebanyakan masyarakat tidak mengatahui DM bersifat selamanya. Penyakit yang disebabkan gagal atau kurang berfungsinya insulin ini akan menempel terus pada penderita.

Malas kontrol menjadi faktor berikutnya. Dokter yang akrab disapa TJ ini mengatakan, "Orang Indonesia beranggapan sekali kontrol penyakit beres. Begitu datang control, gula darah sudah melambung atau terlalu rendah. Komplikasi sudah terjadi."

Padahal, untuk diabetesi, kontrol rutin sangat penting. Kontrol ini untuk menentukan jenis dan dosis obat. Jenis, dosis, dan jadwal kunjungan berbeda tergantung kadar gula. Saat ini diabetesi yang dirawat RSCM kebanyakan menggunakan obat oral. Jumlahnya kira-kira 47 persen. Obat suntik sekitar 30 persen, sedangkan yang mengkombinasikan diperkirakan 23 persen.

Faktor selanjutnya adalah, ketakutan ginjal rusak. TJ mengatakan hal ini tidak benar. Ginjal rusak pada penderita diabetes dikarenakan kadar gula yang tinggi. Obat untuk penderita diabetes dan pengencer darah sudah dirancang tidak menyebabkan kerusakan ginjal.

Diabetes telah menjadi penyakit pembunuh nomer dua di Indonesia.

Full content generated by Get Full RSS.

Nonton Letusan Gunung Api...Paket Wisata yang Ditawarkan di Kongo

Posted: 15 Nov 2011 12:08 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, KINSHASA - Sebuah taman nasional di Kongo terkenal karena gorila gunung yang terancam punah yang kini mengundang wisatawan untuk lebih lama lagi tinggal di sana. Daya tarik yang ditawarkanL: melihat sebuah gunung berapi menyemburkan air mancur lava hampir 1.000 meter ke udara!

Gunung Nyamulagira mulai meletus pada 6 November dan bisa terus melakukannya selama berhari-hari, atau bahkan berbulan-bulan. meletusnya gunung ini selalu ditunggu, karena menjadi atraksi wisata yang mampu mendulang devisa.

"Tadi malam adalah yang paling spektakuler," kata juru bicara Taman Nasional Virunga, Luanne Chad.

Gunung api di Kongo ini memang fenomanal. Bila gunung Kulauea di Hawaii menjadi daya tarik turisme karena memuntahkan lava pijar setinggi 65 kaki, maka belum seberapanya dibanding gunung api di sini. Vulkanolog Dario Tedesco memperkirakan lava pijar Gunung Nyamulagira di Kongo mampu memuntahkan lava pijar sampai setinggi 980 kaki.

Lava pijar yang menyembur kemudian mengalir perlahan ke utara ke bagian tak berpenghuni. Lahar yang mengalir tidak menimbulkan bahaya bagi gorila yang terancam punah di taman nasional itu, kata Chad.

Taman Virunga adalah rumah bagi 200 dari 790 di dunia gorila gunung, serta gorila dataran rendah, simpanse, okapi, gajah hutan dan kerbau.

Di dalam taman nasional ini didirikan sebuah kamp tenda hampir satu kilometer di selatan dari letusan di mana wisatawan bisa menghabiskan malam dengan menonton 'kembang api' raksasa yang berasal dari lava pijar. Dengan biaya 300 dolar AS, para wisatawan sudah bisa menikmati pemandangan lengkap dengan sarana transportasi dan seorang pemandu wisata.

Virunga terletak di bagian timur Kongo, di mana milisi banyak dan kelompok pemberontak terus meneror penduduk hampir satu dekade setelah perang saudara di negara itu berakhir. Sekitar 360 jagawana siap melindungi taman dan satwa liar dari pemburu, kelompok pemberontak, penambang ilegal, dan invasi tanah.

Taman Nasional Virunga adalah sebuah situs Warisan Dunia berisi tujuh dari delapan gunung berapi di pegunungan Virunga yang melintasi perbatasan Kongo, Rwanda, dan Uganda. Namun hanya dua yang aktif - Nyamulagira dan lebih dekat ke Goma, Gunung Nyiragongo.

beda dengan Nyamulagira, letusan Nyiragongo bersifat destruktif. Gunung ini pernah meletus pada tahun 2002 dan menghancurkan sebagian kota Goma, termasuk 14 ribu rumah dan memaksa 350 ribu warganya untuk mengungsi.

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Mancanegara

sumber :-

ANTARA - Mancanegara


Arroyo berencana tinggalkan Filipina

Posted: 15 Nov 2011 08:43 PM PST

Manila (ANTARA News) - Mantan Presiden Filipina Gloria Arroyo akan membuat upaya lain untuk meninggalkan negaranya pada Rabu, kata pembantunya, sehari setelah pemerintah menentang perintah pengadilan dan memblokir upaya pertamanya.

Arroyo, 64 tahun, mengatakan dia sangat perlu untuk mencari perawatan medis di luar negeri untuk penyakit tulangnya, tetapi pemerintahan Presiden Benigno Aquino menolak untuk membiarkan dia meninggalkan negara karena khawatir dia hanya mencari alasan untuk menghindari pemeriksaan korupsi.

Arroyo, mengenakan penyangga leher dan di kursi roda, muncul di bandara Manila di dalam ambulans pada Selasa malam untuk terbang ke Singapura, beberapa jam setelah Mahkamah Agung memutuskan pemerintah tidak harus menghalangi dia dari bepergian.

Namun dalam hal yang luar biasa pertikaian antara dua instansi pemerintah, Menteri Kehakiman Leila de Lima mengatakan dia akan menentang perintah pengadilan dan memerintahkan petugas imigrasi untuk menghentikan Arroyo meninggalkan negara itu.

Pengacara Arroyo, Ferdinand Topacio, Rabu mengatakan ia dan keluarganya akan mencoba lagi untuk terbang ke luar negeri.

"Itu rencana kami karena itu adalah hak kita," kata Topacio di televisi ABS-CBN.

Juru bicaranya, Elena Bautista Horn, mengatakan kepada stasiun yang sama bahwa dia berjanji dengan seorang dokter spesialis di Singapura pada Kamis, dan bersikeras lagi bahwa dia tidak berencana untuk melarikan diri dan mencari suaka di luar negeri.

(H-AK/A023) 

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

Korut uji coba rudal di Laut Kuning

Posted: 15 Nov 2011 08:13 PM PST

Ilustrasi Ujicoba Rudal Balistik (Istimewa)

Berita Terkait

Seoul (ANTARA News) - Korea Utara baru-baru ini melakukan uji tembak rudal baru dari udara-ke-kapal di Laut Kuning, mendorong Korea Selatan untuk meningkatkan pertahanan anti-udaranya, kata laporan berita Rabu.

"Uji tembak rudal dari udara-ke-kapal yang dilakukan militer Korea Utara dari pesawat pembom IL-28, sekali dilakukan pada Oktober dan lainnya pada awal bulan ini," kata sumber pemerintah seperti dikutip kantor berita Yonhap.

Juru bicara kementerian pertahanan menolak untuk mengomentari laporan tersebut.

Rudal-rudal itu adalah versi modifikasi dari rudal dari darat-ke-kapal Styx yang disebarkan Utara di sepanjang pantai barat, dengan jangkauan tembak 40 kilometer (25 mil), kata laporan itu.

"Jika Korea Utara menembakkan rudal udara-ke-kapal dari pesawat pembom IL-28 dekat Garis Batas paling Utara (NLL), hal itu akan menimbulkan ancaman besar terhadap kapal-kapal patroli kita dan manuver kapal-kapal perusak di NLL selatan," kata sumber Korea Selatan itu.

"Penguasa militer sedang memperkuat pertahanan anti-serangan udara di darat dan di kapal," kata sumber itu tanpa memberikan rincian.

Korea Utara tidak mengakui NLL sebagai perbatasan laut yang sah ketika pihaknya secara sepihak dipaksa menarik diri oleh Komando PBB yang dipimpin AS setelah Perang Korea.

Bentrokan-bentrokan angkatan laut yang mematikan meletus dekat garis batas itu pada tahun 1999, 2002 dan 2009.

Ketegangan-ketegangan meningkat ketika Korea Selatan menuduh Korea Utara menggelamkan kapal perangnya, Cheonan, di dekat perbatasan yang disengketakan dan menewaskan 46 pelaut pada Maret 2010.

Hubungan mereka memburuk lebih lanjut setelah Korea Utara membombardir pulau Yeonpyeong di perbatasan selatan dan menewaskan empat warga Korea Selatan pada November 2010.

Setelah serangan itu, Korea Selatan dilaporkan mengerahkan rudal-rudal darat-ke-udaranya, Cheonma, di pulau Yeonpyeong dan Baengnyeong.

Dalam beberapa bulan terakhir ini telah ada tanda-tanda meredanya ketegangan itu.

Seoul mengganti menteri garis keras yang bertanggung jawab atas hubungan lintas perbatasan dan telah menyampaikan bantuan medis kepada tetangganya itu.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Utusan Online - Luar Negara

sumber :-

Utusan Online - Luar Negara


Peluru berpandu kawal Olimpik

Posted:

Peluru berpandu kawal Olimpik

Peluru berpandu kawal Olimpik

LONDON 15 Nov. – Setiausaha Pertahanan Britain, Philip Hammond tidak menolak kemungkinan negara ini akan menggunakan peluru berpandu darat ke udara bagi mengawal keselamatan semasa Sukan Olimpik 2012.

Beliau yang menjawab pertanyaan bekas Setiausaha Pertahanan Liam Fox di Parlimen semalam berkata, langkah itu mungkin diambil, sekiranya pihak tentera menyarankan perlu penggunaan peluru berpandu itu.

Fox berkata, peluru berpandu darat ke udara sudah dirancang bagi temasya sukan terbesar itu sejak Sukan Olimpik Atlanta 1996.

Bekas Setiausaha Pertahanan itu turut menyoal Hammond tentang 'benteng pertahanan serta pencegahan' semasa Sukan Olimpik di London.

"Semua langkah yang perlu untuk memastikan keselamatan Sukann Olimpik London akan diambil," kata Hammond.

Beribu-ribu anggota tentera Britain akan ditempatkan di lokasi-lokasi strategik kejohanan selepas satu kajian keselamatan untuk temasya itu menunjukkan pihak berkuasa perlu menggandakan bilangan pengawal di stadium dan lokasi-lokasi strategik lain.

Perbincangan dengan Kementerian Pertahanan sedang dijalankan selepas kajian itu menyatakan 10,000 pengawal keselamatan mungkin tidak mencukupi untuk mengawal keadaan.

Buat masa ini, kira-kira 6,000 tentera bakal ditugaskan mengawal situasi sepanjang temasya sukan itu.

Pegawai, semalam turut menolak satu laporan akhbar Guardian yang menyatakan Amerika Syarikat (AS) bakal menghantar 1,000 ejen khas termasuk 500 daripada Biro Siasatan Persekutuan (FBI) bagi membantu aspek keselamatan semasa temasya sukan itu. – Agensi

Full content generated by Get Full RSS.

Polis serbu pusat gerakan anti-Wall Street

Posted:

Polis serbu pusat gerakan anti-Wall Street

Polis serbu pusat gerakan anti-Wall Street


Seorang lelaki dihalang oleh polis New York ketika pihak polis cuba menyuraikan protes 'Occupy Wall Street' di Zuccotti Park, New York, semalam. - AFP


NEW YORK 15 Nov. - Polis menyerbu Zuccotti Park di sini yang menjadi pusat pergerakan anti-Wall Street awal hari ini dan mengarahkan penunjuk perasaan bersurai.

Kebanyakan daripada beratus-ratus penunjuk perasaan yang berkumpul itu mula meninggalkan dataran berkenaan pada kira-kira pukul 2 pagi (3 petang waktu Malaysia).

Sekumpulan kecil penunjuk perasaan yang enggan beredar dikepung dan ditahan oleh polis.

''Liberty Square (Zucotti Park), lokasi mulanya pergerakan Occupy Wall Street sejak dua bulan lalu kini dihalau oleh sepasukan besar polis,'' kata penunjuk perasaan dalam satu kenyataan.

Pejabat Datuk Bandar New York dalam laman web Twitter menggesa penunjuk perasaan keluar dari kawasan itu buat sementara.

Operasi polis itu berlaku sehari selepas polis pencegah rusuhan menyuraikan kem bantahan yang sama di California dan menangkap lebih 30 penunjuk perasaan.

Demonstrasi terhadap kapitalisme, pengangguran dan beberapa isu ekonomi lain itu kebanyakannya disertai oleh golongan muda yang berkhemah di dataran-dataran di seluruh AS.

Pihak berkuasa menyifatkan demonstrasi itu membahayakan keselamatan awam.

Tindakan menyuraikan demonstrasi itu merupakan yang kedua diambil di Pantai Barat AS di mana pasukan keselamatan itu mengarahkan penunjuk perasaan bersurai di Oakland. - AFP

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Berita Terkini

sumber :-

ANTARA - Berita Terkini


Kejagung pelajari dokumen dugaan korupsi Ditjen Pajak

Posted: 15 Nov 2011 07:39 PM PST

Logo Kejagung, kejaksaan agung (istimewa)

Berita Terkait

Video

Jakarta (ANTARA News) - Penyidik pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus sampai sekarang masih mempelajari dokumen dari hasil penggeledahan terkait dugaan korupsi pada pengadaan Sistem Informasi di Direktorat Jenderal Pajak pada 2006.

"Dokumen dari penggeledahan masih dipelajari," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Noor Rachmad.

Sebelumnya, Kejagung sudah menetapkan dua tersangka dalam kasus tersebut, yakni, Bahar yang menjabat sebagai Ketua Panitia Proses Pengadaan Sistem Informasi dan Pulung Sukarno sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek tersebut.

Penyidik juga telah melakukan penyitaan terhadap dokumen terkait kasus tersebut di empat lokasi, yakni, Kantor Pusat Ditjen Pajak, Kantor Pengolahan Data dan Dokumen Pajak di Jakarta Barat, dan dua lokasi rumah pejabat pajak yang berisial B di Jalan Madrasah Gandaria, Jakarta Selatan dan Komplek Cinere, Depok, Jawa Barat.

Kapuspenkum Kejaksaan Agung Noor Rachmad menyebutkan dari hasil mempelajari dokumen tersebut akan ditentukan langkah selanjutnya seperti siapa saksi yang akan dipanggil dan pemanggilan tersangkanya.

"Siapa saja saksi yang akan dipanggil ditentukan dari hasil mempelajari dokumen yang ditemukan dan penggeledahan," katanya.

Kasus tersebut berawal dari temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang melihat adanya kejanggalan dana untuk pengadaan Sistem Informasi di Ditjen Pajak pada 2006 sebesar Rp12 miliar dari keseluruhan proyek tersebut senilai Rp43 miliar.

Kejanggalannya tersebut diduga dengan pembelian barang yang tidak sesuai dengan jenisnya hingga perangkat sistem informasi tersebut tidak bisa tersambung secara online ke seluruh Indonesia.

Pelaku kasus tersebut terancam terkena Pasal 2 dan 3 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 80 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa.

Selain itu, Kejagung juga akan meneliti apakah ada unsur tindak pidana pencucian uang dalam kasus tersebut. "Kita juga akan cek pencucian uangnya," kata Noor Rachmad.

(R021/A011)

(T.R021/B/A011/A011) 16-11-2011 07:09:54

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

Yudhoyono bertemu Ramos Horta

Posted: 15 Nov 2011 07:37 PM PST

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (FOTO ANTARA)

Berita Terkait

Video

Nusa Dua (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertemu dengan Presiden Timor Leste Ramos Horta dalam pertemuan bilateral di lokasi pelaksanaan KTT ke-19 ASEAN di Nusa Dua, Bali, Rabu.

Kedua pemimpin nasional ini bertemu di ruang Uluwatu 1, komplek Bali Nusa Dua Convention Center.

Presiden Yudhoyono menyambut Ramos Horta di depan ruangan tersebut tepat pukul 11.00 WITA.

Begitu bertemu, Yudhoyono dan Horta langsung berjabat tangan. Pada kesempatan itu, Horta didampingi oleh lima orang anggota delegasi.

Setelah itu, mereka memasuki ruangan. Horta duduk di sebelah kanan Yudhoyono. Kelima orang anggota delegasi Timor Leste itu juga berada di ruangan itu.

Sementara Presiden Yudhoyono didampingi Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Kesra Agung Laksono, dan Mensesneg Sudi Silalahi.

Media massa hanya diperbolehkan meliput bagian awal pertemuan, kemudian diminta keluar ruangan setelah pertemuan beranjak memasuki tahap substansi.

Timor Leste berencana untuk bergabung dengan ASEAN.  Negeri ini sudah mengirimkan permohonan resmi kepada Sekretariat ASEAN dan Indonesia yang sekarang menjadi Ketua ASEAN.(*)

F008/A023

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Berita Harian: Dunia

sumber :-

Berita Harian: Dunia


Paras air tinggi di barat, timur Bangkok

Posted: 15 Nov 2011 03:04 PM PST

Dunia

SEEKOR gajah mengangkat kayu dalam sebahagian operasi membersihkan kawasan sekitar kuil Wat Phra Si Sanpeth selepas banjir surut di Ayutthaya.

SEEKOR gajah mengangkat kayu dalam sebahagian operasi membersihkan kawasan sekitar kuil Wat Phra Si Sanpeth selepas banjir surut di Ayutthaya.

BANGKOK: Pusat bandar Thailand, Bangkok, mungkin terlepas daripada dinaiki air, meskipun arahan berpindah terus dikeluarkan di kawasan pinggir ibu kota dan ramai penduduknya menghadapi ujian getir meneruskan kehidupan harian.

Air semakin turun di beberapa bahagian di Bangkok, tetapi parasnya terus tinggi di sebelah barat tebing Sungai Chao Phraya dan di timur.

Jabatan Menghalang Bencana dan Pengairan berkata, 562 orang terbunuh dalam banjir tahun ini sejak Julai lalu dan 22 daripada 77 wilayah Thailand masih terjejas. Peniaga makanan semakin ramai kembali berniaga. Operasi pembersihan juga bermula, termasuk membuang air dari kedai dan membersihkan sampah yang terapung sejak beberapa minggu lalu.

Pihak berkuasa menganggarkan 16,000 penduduk berlindung di 163 pusat pemindahan mangsa banjir di Bangkok.

Selain itu, kebanyakan tenaga kerja kembali bertugas semalam, sementara sebuah taman yang menempatkan gajah bagi pelancong mula membawa pelawat ke ibu kota purba negara itu, Ayutthaya.

Pihak berkuasa membuka semula taman gajah utama di Ayutthaya untuk menunjukkan kepada pelancong bahawa negara itu kembali normal berikutan banjir bersejarah yang menyebabkan lebih 550 mati seluruh negara.
Malah, perdana menteri berkata, sesetengah tempat di Bangkok mungkin terus banjir sehingga cuti Tahun Baru, walaupun air semakin surut.

Taman Istana Gajah Ayutthaya menawarkan tunggangan gajah kepada pelancong di kawasan kuli purba yang diiktiraf Warisan Dunia UNESCO kira-kira 80 kilometer utara Bangkok.

Pakar bimbang sekurang-kurang separuh daripada 200 biara yang digenangi air, kubu dan monumen lain di ibu kota diraja pada satu masa dulu, sudah dimusnahkan banjir paling teruk di Thailand dalam tempoh setengah kurun. – AP/Reuters

Full content generated by Get Full RSS.

Loya jirga 2011 tertutup

Posted: 15 Nov 2011 03:02 PM PST

Dunia

Karzai dituduh ada muslihat

KABUL: Presiden Hamid Karzai menghimpunkan pemimpin puak dari seluruh Afghanistan untuk membincangkan hubungan jangka panjang dengan Amerika Syarikat dan usaha mencapai keamanan di tengah ancaman keganasan, perhimpunan yang digelar 'loya jirga' bermula hari ini secara tertutup.

Kira-kira 2,000 pemimpin puak Afghanistan dijangka berkumpul dalam khemah gergasi selama beberapa hari untuk berbincang ketika tentera asing diketuai Amerika bersedia berundur secara berperingkat sebelum pengunduran sepenuhnya pada 2014. Diplomat di Kabul berpendapat, Karzai mungkin menggunakan rundingan untuk mendapatkan mandat penuh ketika meneruskan perjanjian kontroversi dengan Amerika mengenai hubungan strategik kedua-dua negara selepas 2014.

Ada pihak menganggap loya jirga kali ini tidak akan membantu keadaan sejak Afghanistan dilanda peperangan sejak beberapa dekad lalu.

Dasar berunding dengan Washington dan kurangnya ketelusan mengenai agenda semasa menyebabkan Karzai dituduh cuba memanipulasi loya jirga untuk kepentingan sendiri bukannya untuk menamatkan perang.

"Adalah lebih baik jika ia ditangguhkan, tetapi saya berasa jirga ini menjadi keperluan kepada Karzai kerana beliau tiada agenda politik khusus. Beliau tidak menangani isu besar," kata penganalisis beribu pejabat di Kabul, Haroon Mir.
Seorang pesaing politik Karzai, Abdullah Abdullah, pemimpin Pakatan Kebangsaan bagi Memenuhi Harapan dan Perubahan Afghanistan, tidak mahu hadir. Begitu juga bekas sekutu Karzai, Abdul Rashid Dostum yang memulaukannya.

Kawasan loya jirga juga ditutup dengan anggota keselamatan memeriksa rumah dan meronda sekitar Kabul, kata Kementerian Dalam Negeri.

Pergerakan Taliban yang berjuang menentang pentadbiran Karzai dan tentera asing diketuai Amerika, mengancam mengganggu perjalanan loya jirga itu.

Pada 2010, mereka melancarkan roket ke acara terakhir perhimpunan itu, memaksa peletakan jawatan dua menteri yang bertanggungjawab mengawal keselamatan.

Militan juga mendakwa berjaya membocorkan pelan keselamatan acara itu Ahad lalu, walaupun pegawai Afghanistan dan Barat menyifatkan dokumen itu palsu.

Kelmarin, seorang lelaki disyaki pengebom bunuh diri yang membawa beg dipenuhi bahan letupan ditembak mati berhampiran lokasi loya jirga dan dua rakan subahatnya ditahan, kata pegawai.

Beberapa pemimpin yang menghadiri acara itu berkata, mereka diancam menerusi mesej teks dan bimbang untuk pergi. – AFP

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi international.okezone.com

sumber :-

Sindikasi international.okezone.com


Menlu Asean Bertekad Selesaikan Konflik Kawasan

Posted: 15 Nov 2011 06:08 AM PST

NUSA DUA - Para Menteri Luar Negeri negara anggota Asean memiliki komitmen yang sama kuat untuk bisa berbuat nyata dalam menyelesaikan persoalan atau konflik kawasan.

Hal itu terungkap setelah para Menlu Asean mengadakan pertemuan membahas tindak-lanjut hasil-hasil pertemuan Menlu Asean ke-44 di Bali pada 19 Juli 2011 dan pertemuan informal Menlu di New York, 24 September 2011.

Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa, usai memimpin pertemuan menjelaskan soal sikap dan pandangan para Menlu terhadap berbagai persoalan kawasan dan global.

"Asean kini berbeda dengan Asean yang lalu" ujar Marty di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2011).

Ia menjelaskan, saat ini, Asean ingin berbuat nyata dan berhadapan dengan masalah serta menyelesaikannya secara langsung.

Marty mencontohkan, bagaimana penanganan persoalan perbatasan Thailand - Kamboja dan perubahan dramatik di Myanmar. "Kita telah berbicara secara langsung untuk mencari jalan keluar yang memadai," tegas Marty.
 
Selain komitmen tersebut, dalam pertemuan itu juga membahas berbagai isu penting lainnya  seperti pembentukan Institut Perdamaian dan Rekonsiliasi (ASEAN Institute for Peace and Reconciliation), aksesi Brazil terhadap Traktat Persahabatan dan Kerjasama (Treaty of Amity and Cooperation).

Juga dibahas isu lainnya menyangkut implementasi Deklarasi Tata Perilaku Pihak-Pihak di Laut China Selatan  (Declaration on the Conduct of Parties in the South China Sea/DOC)

Topik-topik lain mengenai Pengembangan Komunitas Asean, Implementasi Piagam Asean, dan rencana pemberlakuan Visa Bersama Asean (ASEAN Common Visa) untuk warga negara non-Asean, juga menjadi agenda pembahasan.

"Para Menteri sepakat mengenai perlunya melakukan kajian dan menyampaikan rekomendasi mengenai suatu peta jalan (roadmap) mengenai rencana pemberlakuan visa bersama Asean," imbuh Marty.

Dalam kesempatan sama, para menteri saling bertukar pandangan mengenai berbagai isu kawasan dan internasional yang menjadi perhatian bersama, diantaranya mengenai Semenanjung Korea dan Timur Tengah.

Sementara isu-isu lain yang juga dibahas dalam pertemuan tersebut adalah mengenai rencana keketuaan Myanmar di Asean tahun 2014, Komisi HAM Asean (AICHR), dan prakarsa kerjasama kawasan dalam pencegahan dan penanggulangan bencana banjir.

Isu lain juga dibahas mengenai permohonan keanggotaan Timor Leste pada Asean dan adanya kesepakatan untuk membahasnya lebih lanjut pada Pertemuan Dewan Koordinasi Asean.
(amr)

Full content generated by Get Full RSS.

China Anugerahi Putin Penghargaan Perdamaian

Posted: 15 Nov 2011 05:03 AM PST

BEIJING - Akademisi di China memberikan Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin sebuah penghargaan perdamaian. Penghargaan ini merupakan versi China dari Penghargaan Nobel untuk Perdamaian.


Menurut kalangan Akademisi China itu, Perdana Menteri Rusia yang dikenal dengan sosoknya sebagai pria tangguh ini, dianggap memiliki peran luar biasa dalam menjadi perdamaian dunia.


Putin mengalahkan kandidat lain seperti Kanselir Jerman Angela Merke dan ilmuwan China Yuan Longping. 

"Keberhasilannya ini membawa Putin untuk meraih Penghargaan Perdamaian Konfusius," ungkap salah satu penyelenggara, Qiao Damo seperti dikutip AFP, Selasa (15/11/2011).


Penghargaan ini dibuat tahun lalu, setelah seorang aktivis HAM China dipenjara. Aktivis itu sendiri dianugerahi penghargaan Nobel yang mengundang kemarahan dari pihak China.


Banyak pihak mengira bahwa penghargaan ini merupakan kepanjangan tangan dari Pemerintah China. 

Tetapi anggota juri dari penghargaan ini menepis tuduhan tersebut. Meskipun pada akhirnya Ketua Eksekutif penghargaan Liu Haofeng mengaku penghargaan didukung oleh Kementerian Kebudayaan China. 

(faj) Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

detikcom

sumber :-

detikcom


Kondisi Pasar Tradisional di Jakarta Semakin Memprihatinkan

Posted: 15 Nov 2011 01:15 PM PST

Cari Penawaran Terbaik di Sini

Rancang Perjalananmu di Sini

Full content generated by Get Full RSS.

Pagi Ini, 3 Tersangka Suap Kemenakertrans Duduk di Kursi Pesakitan

Posted: 15 Nov 2011 01:10 PM PST

Cari Penawaran Terbaik di Sini

Rancang Perjalananmu di Sini

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi celebrity.okezone.com

sumber :-

Sindikasi celebrity.okezone.com


Rihanna Bagikan Trik Bercinta di Klub Malam

Posted: 15 Nov 2011 07:06 AM PST

LOS ANGELES- Rihanna selalu terlihat seksi dalam penampilannya. Dia tak sungkan memperlihatkan tarian seksi yang membuat penonton terpukau, layaknya tarian seorang stripper.

Saat tampil di sebuah klub malam bernama West End Club, mantan kekasih Chris Brown itu membagikan trik bercinta.  Rihanna tampil disana sekaligus untuk merayakan ulang tahun adiknya, Rorrey yang ke 22.

Setelah meraih mic dan memimpin perayaan ulang tahun dengan suara merdunya, ia kemudian mengambil kesempatan untuk bercerita.

"Aku meninggalkan rumah pada usia 16 dan harus belajar untuk menjaga diriku sendiri. Selalu gunakan kondom," kata Rihanna seperti dikutip The Sun, Selasa (15/11/2011).

Nasehat itu ditujukan untuk Rorrey dan teman-temannya yang berkerumun di sekitar mereka. Pada akhir malam itu, mereka menghabiskan 15 botol sampanye dan enam botol vodka.

"Rihanna adalah kakak terbaik. Dia memperlakukan para tamu dengan sangat baik. Mereka memiliki waktu yang banyak dan dia memperlakukan mereka seperti raja," kata seorang sumber.(rik)

Full content generated by Get Full RSS.

Lihat Foto Kurt Cobain, Courtney Love Ngamuk

Posted: 15 Nov 2011 06:39 AM PST

LOS ANGELES- Courtney Love tiba-tiba saja marah besar dengan fansnya ketika tampil di Brazil. Pasalnya, saat itu dia melihat foto mendiang suaminya, Kurt Cobain.

"Aku tidak perlu melihat gambar Cobain disini. Aku bisa membuatmu diusir dari sini kalau terus mengangkat foto itu. Aku bukan Cobain," ketus Courtney seperti dikutip dari Femalefirst, Selasa (15/11/2011).

Courtney terus mengumbar makian, termasuk terhadap rekan satu band Cobain di Nirvana, Dave Grohl. Courtney sepertinya masih menyimpan kebencian atas kematian Cobain yang tewas bunuh diri tahun 1994 silam. Apalagi saat itu Cobain bunuh diri meninggalkan dirinya dan anak mereka, Frances Cobain yang saat itu masih kecil.

"Jika dia kembali saat ini, aku akan membunuhnya atas apa yang dia perbuat untuk kami (Courtney dan anaknya). Aku akan membunuhnya. Aku perkosa dia dan aku bunuh dia," kata Courtney beberapa waktu lalu.(rik)

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi lifestyle.okezone.com

sumber :-

Sindikasi lifestyle.okezone.com


9 Desainer APPMI Gelar Koleksi Gaun Cocktail

Posted: 15 Nov 2011 03:10 AM PST

ALUNAN feminitas dan gaya urban begitu kental melekat pada pilihan cocktail dress. Kecenderungan wanita Indonesia untuk selalu tampil glamor dan elegan di berbagai kesempatan memicu kreativitas para desainer Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI).

Memasuki hari keempat ajang Jakarta Fashion Week (JFW) 2012, 9 desainer APPMI mempersiapkan masing-masing enam gaun yang menggelitik antusiasme penikmat mode. Show mengambil tempat di Fashion Tent, Pacific Place Mal, Jakarta, Selasa (15/11/2011).

Dalam tema "Urban Futura", Malik Moestaram mengkombinasikan material acrilic dengan kain tradisional. Hasilnya, kreasi futuristik nan cantik bertabur bebatuan yang mewah dan fantastis.

Jimmy Fei Fei mengintrepretasikan benda-benda yang ada di dalam laut menjadi busana putri kerajaan yang misterius dan berseni tinggi. Sementara, mengusung tema "Black Butterfly", Grace Fenny memamerkan garis rancangan bersiluet feminin. Aplikasi material halus yang dibuat menggulung menjadi fokus desain. Tak ketinggalan, hairpiece berwarna senada pun ikut mempercantik.

Sentuhan oriental menjadi personifikasi rancangan Susan Zhuang dalam "Orient Blossom". Karyanya merepresentasikan arti keindahan yang sesungguhnya.

Adhyadma sukses menyita perhatian dengan perpaduan bahan kulit dan kain tradisional Kalimantan. Selain sebagai celana, bahan kulit bertransformasi sebagai outwear bak sayap malaikat.

Padmo Gardito dalam usungan tema "Herbarium" mengeksplorasi keunikan daun-daun kering yang tertuang dalam gaun cocktail yang indah. Bahan melayang bermotif daun makin sempurna dengan gradasi dua warna coklat dan putih lewat proses tie dye.

Kesan playful dan edgy langsung tertangkap dalam koleksi "Mambo Girls" karya Jazz Pasay. Terinspirasi dari film Black Swan dan Red Riding Hood, model mengenakan busana penari balet berwarna cerah.

"Everlasting Purpose" koleksi Misan yang mengangkat motif polkadot dan animal print. Koleksi didominasi oleh bustier beraksen bebatuan yang dikombinasikan rok panjang dan pita di bagian pinggang.

Harry Ibrahim mengaku terinspirasi dari pemain ice skating dengan menyuguhkan busana beraplikasi lipit yang dibentuk menjadi bunga. Dominasi warna abu-abu mengesankan efek dingin nan segar. (ftr)

Full content generated by Get Full RSS.

Sepenggal Kisah Kakek 66 Tahun Akseptor Vasektomi

Posted: 15 Nov 2011 02:32 AM PST

BILA masyarakat metropolitan dikatakan lebih berhasil menerapkan program Keluarga Berencana (KB), keberhasilan juga datang dari masyarakat pedesaan. Adalah kakek berusia 66 tahun yang tinggal di wilayah lereng Gunung Merbabu menceritakan kisahnya menjalani program Keluarga Berencana (KB), vasektomi.

"Vasektomi tidak mengurangi kondisi lahir batin seorang pria. Aktivitas suami-istri masih berjalan dengan normal," ujar Sunarto Suwardi, seorang akseptor vasektomi pada acara Temu Silaturahmi BKKBN dan Kelompok Prio Utomo Lestari di Aula Kecamatan Getasan, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (15/11/2011).

Dusun Tekelan yang merupakan tempat tinggal Sunarto adalah dusun terpencil yang hanya bisa dilalui lewat jalanan setapak penuh bebatuan. Sulit untuk menjangkau wilayah ini sebelum adanya pembangunan jalan oleh pemerintah setempat.

Menurut Sunarto, suhu udara yang amat dingin dan minimnya sarana hiburan bagi para warga membuat nafsu birahi pria di desa tersebut tinggi. Kakek inipun sadar, tanpa program KB, dirinya akan melahirkan banyak anak.

Sunarto memutuskan untuk menjalankan program vasektomi pada 1982 silam. Pada saat itu, ia sudah dikaruniai empat orang anak. Salah satu alasan Sunarto menjalani program KB adalah karena dirinya khawatir akan jatuh miskin bila istrinya terus melahirkan anak.

Program vasektomi memang sangat terkenal di Getasan. Di wilayah tersebut terdapat satu organisasi bernama Prio Utomo Lestari yang sudah menjadi juara nasional dalam program KB. Prestasi Prio Utomo Lestari menjadi kebanggaan bagi Pemerintah Daerah Jawa Tengah.

Organisasi Prio Utomo Lestari dipelopori oleh Sunarto sedangkan nama Prio Utomo (bahasa Jawa, artinya pria yang utama) digunakan karena para pria dusun Tekelan merupakan pendukung KB. Sudah 90 orang pria Dusun Tekelan menjalani program vasektomi.

Hingga saat ini, organisasi tersebut menjadi salah satu organisasi pendukung sosialisasi KB. Setiap bulannya, mereka kerap mengadakan rapat untuk mensosialisasikan program vasektomi. Organisasi ini sekarang diketuai oleh menantu Sunarto, Paidi. (ftr)

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Hiburan

sumber :-

ANTARA - Hiburan


Belajar tentang Jerman melalui pameran

Posted: 15 Nov 2011 02:48 AM PST

Jakarta (ANTARA News) - Goethe Institut dan Kedutaan Besar Jerman Jakarta menyelenggarakan pameran "Deutschland für Anfänger" (Jerman untuk Pemula) di Museum Nasional Jakarta, pada 15 November - 6 Desember.
"Pemeran ini akan memberikan kesan yang berbeda kepada pengunjung tentang Jerman," kata Ketua Panitia Pameran, Janette Dukes.

Berbagai informasi mengenai sejarah, budaya, politik, olahraga, ataupun teknologi Jerman dapat diperoleh pada sejumlah stan yang berbentuk abjad.

Di salah satu stan yang berbentu huruf "A" misalnya, pengunjung mendapatkan beraneka informasi mengenai "arbeit" (pekerjaan). Sedangkan stan berbentuk huruf "B" menyajikan informasi seputar "Brauchtum" yaitu adat-istiadat di Jerman.

Selain mendapatkan informasi dari beraneka panel interaktif, pengunjung juga akan memperoleh penjelasan langsung dari pemandu pameran yang berasal dari Jerman.


Janette mengatakan pameran itu bertujuan untuk mendorong pembelajaran dan pengajaran tentang Jerman.

"Kami telah menerima pendaftaran dari para pelajar dan guru sekolah-sekolah di Jakarta dan Bogor yang ingin mendapatkan tur mengenai pameran ini," kata Janette yang juga pengajar Bahasa Jerman di Goethe.

"Surabaya adalah kota kedua tempat pameran Jerman untuk Pemula di Indonesia, pada 15 Desember 2011 - 1 Januari 2012," kata Janette.

Pameran ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Jerman Indonesia (JERIN) yang berlangsung di 14 kota di Indonesia, Oktober 2011 - Februari 2012.
(SDP16)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

Jennifer Lopez kencani penari latarnya

Posted: 15 Nov 2011 12:28 AM PST

Jennifer Lopez dinobatkan sebagai "perempuan paling cantik" oleh Majalah People (13/4) (reuters)

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) - Jennifer Lopez dikabarkan sudah memiliki pacar. Ini terungkap dari sebuah foto yang menggambarkan kebersamaanya dengan seorang pria yang diketahui sebagai penari latar aksi panggungnya bernama Casper Smart yang diambil kala ia bepergian ke Eropa.

Seperti dilaporkan TMZ sebuah sumber mengatakan hubungan Lopez dan Smart terjadi pertama kali setelah menghabiskan beberapa bulan sebagai "teman" yang saling menggoda, berbincang dan sering jalan bersama tetapi lambat laun memiliki   perasaan yang berbeda dari para penari JLo lainnya.

Nuansa latihannya telah beralih. Ia lebih banyak fokus terhadap Casper yang berusia (24) dan Jennifer (42).

Foto itu diambil di musim panas ketika Jlo berada di Ukraina untuk tampil. Dan Casper menari dalam pertunjukan itu, tetapi mereka belum berkencan pada saat itu. Hingga saat ini pihak Jlo belum berkomentar mengenai hal itu.(yud)

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Peristiwa

sumber :-

ANTARA - Peristiwa


Australia buka pendaftaran pertukaran tokoh muslim muda

Posted: 15 Nov 2011 07:04 AM PST

Kupang (ANTARA News) - Pemerintah Austalia membuka kesempatan Pertukaran Tokoh Muslim Muda Indonesia Australia (MEP) untuk membangun hubungan baik antara masyarakat Muslim di kedua negara dengan meningkatkan pemahaman dan pengertian akan peranan agama dalam masyarakat di masing-masing negara.

Program yang didanai Pemerintah Australia itu dan dilaksanakan oleh Australia-Indonesia Institute (AII), pada 2005 ditetapkan sebagai salah satu program AII unggulan. Sampai sekarang 27 peserta Australia dan 82 peserta Indonesia telah ikut serta dalam program ini," kata pengelola program MEP, Angky, melalui telepon genggamnya di Kupang, Selasa.

Ia mengatakan program ini melibatkan kelompok muda Muslim tokoh masyarakat dari berbagai profesi (seperti penulis, pegawai pemerintah, akademisi,dan pekerja lembaga swadaya masyarakat dan organisasi keagamaan), untuk kunjungan beberapa minggu ke Australia dan sebaliknya kunjungan serupa oleh mitra mereka dari Australia.

Kunjungan peserta Australia difokuskan agar peserta mendapat pemahaman dengan menyaksikan langsung keberadaan aliran Islam di Indonesia, begitu pula bagi peserta Indonesia agar dapat membuka mata terhadap kemajemukan masyarakat di Australia.

"Calon peserta diwawancarai dan diseleksi oleh sebuah panitia independen berdasarkan kemampuan dan keluasan jaringan kerja mereka dan dapat bertindak sebagai duta bangsa dan peserta dalam dialog lintas agama," katanya.

Dia menyebut syarat-syarat pendaftaran bagi peserta Indonesia Pria dan Wanita berusia dibawah 40 tahun, berikut lancar berbicara bahasa Inggris dengan melampirkan salinan score TOEFL (international atau institusional) minimal 450.

Mengisi formulir aplikasi yang telah disediakan panitia seleksi dapat di akses di website Universitas Paramadina www.paramadina.ac.id atau Kedubes Australia www.indonesia.embassy.gov.au

"Batas akhir pengiriman lamaran Jumat, 25 November 2011 pukul 16.00 WIB via pos ke Universitas Paramadina, Jl.Gatot Subroto Kav.97, Mampang, Jakarta Selatan 12790 atau email ke panitiamep2010@paramadina.ac.id," katanya.

Australia-Indonesia Institute (AII) didirikan oleh Pemerintah Australia pada bulan April 1989 bertujuan untuk meningkatkan saling pengertian yang lebih luas di antara masyarakat Indonesia dan Australia.

Australia-Indonesia Institute menyelenggarakan program spesial, Pertukaran Tokoh Muslim Muda antara Indonesia dan Australia, dimana tokoh/aktivis muslim muda dari Indonesia akan mengunjungi Australia selama 2 minggu dan bertemu baik Muslim maupun non-Muslim untuk bertukar pikiran dan berbagi pengalaman. Sebaliknya tokoh muslim muda Australia juga mengunjungi Indonesia dalam program yang sama.

Australia-Indonesia Institute mendukung program pertukaran ini untuk meningkatkan pemahaman terutama mengenai peran dari agama di masing-masing negara.

Program ini juga ditujukan untuk meningkatkan pemahaman terhadap Islam di kedua negara dan untuk meningkatkan kesadaran mengenai keanekaragaman budaya di Australia maupun Indonesia.

(ANT-084/S006)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

Sultan: rasa kebersamaan mulai pudar

Posted: 15 Nov 2011 06:57 AM PST

Sri Sultan Hamengku Buwono X (FOTO ANTARA/Regina Safri)

Berita Terkait

Video

Yogyakarta (ANTARA News) - Rasa kebersamaan masyarakat sudah mulai pudar, sehingga ikatan primordial menjadi sangat kuat, kata Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X.

"Kondisi itu mencerminkan lemahnya ketahanan sosial," katanya dalam sambutan yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sigit Sapto Rahardjo di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia pada sarasehan dalam rangka menyambut Hari Ibu 2011 Tingkat Provinsi DIY, kondisi itu dirasakan sangat memprihatinkan, karena dapat menimbulkan konflik horizontal maupun vertikal yang akan mengancam persatuan bangsa.

"Wawasan kebangsaan yang kehilangan hakikat akan menimbulkan perpecahan. Hal itu ditambah dengan terjadinya krisis ekonomi yang bekepanjangan yang dapat berdampak pada krisis sosial dan politik yang tidak sehat," kata Sultan.

Ia mengatakan, masyarakat dihadapkan pada situasi yang tidak menentu seperti isu demokrasi, hak asasi manusia (HAM), dan pluralisme, yang akan berdampak pada keragaman dan kebangsaan.

"Kondisi itu menjadi tantangan bagi Bangsa Indonesia untuk mencari solusi yang baik dan bisa diselesaikan bersama," kata Sultan.

Menurut dia, masyarakat harus menyadari bahwa keberadaan negara Indonesia adalah negara yang beraneka, baik kebudayaan, adat istiadat, agama maupun ras atau sukunya yang memiliki nilai norma sendiri-sendiri.

"Dengan keanekaragaman itulah kita bisa bersatu, sehingga memberi corak kebanggaan dengan ciri khas Bangsa Indonesia dalam satu naungan Merah Putih dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu," katanya.

Ketua Panitia Sarasehan, Christina mengatakan, kegiatan itu bertujuan Untuk memberdayakan peran wanita dan meningkatkan pemahaman pentingnya menghargai keberagaman bangsa.

"Kegiatan itu juga untuk mendorong wanita agar berperan dalam mewujudkan situasi yang kondusif, sehingga persatuan dan kesatuan bangsa selalu terjaga," katanya.

Menurut dia, sarasehan tersebut terselenggara atas kerja sama Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat (BPPM) Provinsi DIY dan Panitia Peringatan Hari Ibu Tingkat Provinsi DIY.

"Selain sarasehan, juga dilaksanakan berbagai kegiatan sosial, di antaranya donor darah dan penanaman pohon. Kegiatan sosial itu merupakan wujud kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan," katanya.

(L.B015*H010)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kosmo Online - Dunia

sumber :-

Kosmo Online - Dunia


Obama mahu luaskan zon perdagangan bebas

Posted:

Obama mahu luaskan zon perdagangan bebas

Obama mahu luaskan zon perdagangan bebas

Obama(tengah) bergambar bersama para pemimpin APEC di Kapolei, Hawaii, kelmarin.


HONOLULU, Hawaii - Usul Presiden Amerika Syarikat (AS) Barack Obama untuk mewujudkan zon perdagangan bebas terbesar di dunia mendapat sokongan para pemimpin rantau Asia Pasifik kelmarin.

Jepun, Kanada dan Mexico telah menyatakan persetujuan untuk menyertai rundingan bagi menganggotai zon berkenaan.

Semasa menghadiri Sidang Kemuncak Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di sini, Obama berkata, potensi rantau Asia Pasifik yang dinamik sebagai rakan dagangan AS perlu dimanfaatkan.

Pada masa yang sama, beliau menggesa negara-negara APEC supaya menyertai blok Perkongsian Rentas Pasifik (TPP) yang diterajui AS.

TPP merupakan perjanjian perdagangan bebas multilateral bertujuan menjadikan rantau Asia Pasifik sebagai zon perdagangan bebas.

"Hari ini kami (AS) berpeluang untuk mengorak kemajuan ke arah matlamat terbesar iaitu perdagangan serantau yang bebas," kata Obama.

"Saya mahu menekankan bahawa rantau Asia Pasifik adalah kritikal terhadap perkembangan ekonomi AS.

"Kami tidak akan dapat menyediakan peluang pekerjaan kepada rakyat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara kami melainkan rantau Asia Pasifik turut berjaya," tambahnya.

TPP sebelum ini merupakan pakatan kecil melibatkan empat anggota APEC iaitu Brunei, Chile, New Zealand dan Singapura.

Namun, Obama mengubahnya sebagai inisiatif dagangan bebas utama dengan Australia, Malaysia, Peru, AS dan Vietnam turut serta dalam blok itu.

Sementara itu, harapan media untuk merakam gambar para pemimpin APEC memakai baju santai Hawaii hampa apabila Obama menghentikan tradisi tersebut. - AFP

Full content generated by Get Full RSS.

Tujuh maut restoran meletup di China

Posted:

Tujuh maut restoran meletup di China

Tujuh maut restoran meletup di China


POLIS menutup kawasan sebuah restoran makanan segera yang meletup di sebuah pusat beli-belah di bandar Xian, barat daya China semalam.


BEIJING - Sekurang-kurangnya tujuh orang terbunuh dengan puluhan yang lain cedera apabila satu letupan kuat memusnahkan sebuah restoran makanan segera di China semalam.

Beberapa pegawai dan media tempatan menyatakan, letupan kuat itu menghamburkan serpihan-serpihan cermin kaca hingga tiga kilometer dari tempat kejadian.

Agensi berita Xinhua melaporkan, antara mangsa termasuklah kanak-kanak yang melintasi bangunan berkenaan semasa dalam perjalanan ke sekolah.

Gambar-gambar yang dirakam di luar bangunan sebuah pasar raya yang menempatkan premis tersebut di bandar Xian, barat daya China, menunjukkan timbunan kaca dan serpihan berselerakan di atas jalan berhampiran tempat kejadian.

Mayat-mayat mangsa pula diletakkan di atas pengusung dan ditutup menggunakan kain biru.

Xinhua memetik beberapa pegawai tempatan dan saksi sebagai menyatakan, kejadian berpunca daripada letupan gas di restoran makanan segera itu yang terletak di tingkat satu bangunan berkenaan.

"13 orang dihantar ke hospital dengan tiga meninggal dunia iaitu dua lelaki dewasa dan seorang budak perempuan berusia tiga tahun. Seorang lagi kritikal," kata seorang doktor di Hospital Shaanxi Renmin.

Seramai 19 orang lagi yang cedera dalam letupan sama dihantar ke Hospital Xian Gaoxin dengan empat daripada mereka meninggal dunia.

Setakat ini, polis masih menyiasat punca sebenar letupan tersebut. - AFP

Full content generated by Get Full RSS.

Libya kembali bergolak

Posted:

Libya kembali bergolak

Libya kembali bergolak


BEBERAPA anggota militia mengawal sebatang jalan menuju ke Tripoli kelmarin.


TRIPOLI, Libya - Dua kumpulan militia yang bermusuh bertempur di pinggir ibu negara Libya di sini untuk hari keempat kelmarin dalam keganasan paling berdarah sejak penangkapan dan pembunuhan bekas pemimpin negara berkenaan, Muammar Gaddafi pada bulan lalu.

Beberapa saksi berkata, anggota-anggota kedua-dua militia itu saling melancarkan serangan dengan menggunakan peluru mortar, mesingan dan roket.

Pertempuran melibatkan beberapa kumpulan militia tersebut membunuh sekurang-kurangnya 13 orang sejak minggu lalu.

Ia turut mencetuskan kebimbangan mengenai keupayaan pentadbiran peralihan mengembalikan keamanan di Libya yang terjejas selepas perang saudara selama lapan bulan.

Dalam perkembangan berkaitan, pemimpin pentadbiran peralihan Libya, Mustafa Abdul Jalil berkata, Majlis Peralihan Kebangsaan (NTC) yang mentadbir negara itu berjaya mencapai persetujuan dengan ketua-ketua kumpulan militia yang bermusuh supaya menamatkan pertikaian mereka.

"Saya memberi jaminan kepada rakyat Libya bahawa semuanya terkawal," Mustafa kelmarin.

Namun, ketika kenyataan tersebut dibuat, pertempuran masih sengit di bandar Zawiya dan Warshefana di pinggir bandar raya ini.

Punca pertempuran berlaku masih tidak dapat dipastikan tetapi seorang pejuang berkata, kedua-dua belah pihak bertempur untuk menguasai sebuah kem tentera milik bekas rejim Gaddafi. - Agensi

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS