Republika Online

sumber :-

Republika Online


Indonesia bakal Kembangkan 6 Geopark Baru

Posted: 17 Nov 2012 11:36 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, BANGLI -- Setelah pengukuhan geopark Kaldera Batur di Bangli, Bali, menjadi anggota Jaringan Geopark Global (JGG) UNESCO, Indonesia segera kembangkan lagi geopark di enam tempat.

Sejumlah tempat yang bakal dijadikan geopark adalah di provinsi Sumatera Utara (Geopark Toba), Jambi (Geopark Merangin), DIY-Jawa Tengah-Jawa Timur (Geopark Gunung Sewu, termasuk Geo-area Pacitan yang sudah ditetapkan menjadi Geopark Nasional Pacitan), Nusa Tenggara Barat (Geopark Lombok, termasuk Geo-area Rinjani, dan Papua Barat (Geopark Raja Ampat).

Menurut Direktur Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenparekraf, Firmansyah Rahim, pemerintah serius untuk mengembangkan geopark lain selain Kaldera Batur. Pemerintah telah membentuk Komite Nasional Geopark. Komite ini diprakarsai oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian ESDM dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU).

"Untuk mewujudkannya, diperlukan kerja sama antar pemangku kepentingan yang akan mampu mewujudkan geopark yang tersebar di seluruh Indonesia untuk menjadi anggota JGG UNESCO," kata Firmansyah dalam keterangan persnya, Minggu (18/11).

Firmansyah menambahkan, hingga 2012 ini, menurut data persebaran anggota JGG, Cina adalah negara anggota JGG yang memiliki jumlah global geopark terbanyak, yakni sebanyak 27. Pertumbuhannya geopark di Cina sejak tahun 2000 sampai dengan 2012 sangat signifikan. Saat ini, Cina telah memiliki 138 geopark di level lokal dan nasional. Dari jumlah itu, 27 diantaranya sudah masuk menjadi anggota JGG.

Cina juga menjadi contoh keberadaan JGG mampu memberi nilai tambah terhadap pertumbuhan ekonomi melalui pariwisata. Pada tahun 2000, kata Firmansyah, jumlah kunjungan wisatawan di kawasan Geopark Yuntaishan baru sekitar 200.000 wisatawan dengan devisa USD 3 juta. Namun setelah menjadi anggota JGG pada 2004, kunjungan semakin meningkat hingga mencapai 1.250.000 wisatawan dengan devisa USD 90 juta.

Indonesia baru memiliki 1 geopark yang menjadi anggota JGG. Yaitu di geopark nasional Kaldera Batur. Keputusan menjadi anggota JGG ditetapkan tanggal 20 September lalu. Peresmian Kaldera Batur oleh pemerintah dilakukan akhir pekan lalu oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Bangli, Bali.

Rupiah Diprediksi Terus Menguat

Posted: 17 Nov 2012 11:24 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nilai tukar rupiah diprediksi terus menguat memasuki 2013. Hal itu sejalan dengan perbaikan dalam indikator perekonomian Indonesia.

Direktur Eksekutif Riset dan Kebijakan Moneter Bank Indonesia, Perry Warjiyo, mengatakan surplus Neraca Pembayaran (NPI) akan meningkat hingga 1,5 miliar dolar AS pada kuartal IV 2012. Pada kuartal III 2012, surplus NPI telah mencapai 834 juta dolar AS.

"Dengan adanya kecenderungan NPI surplus  di kuartal IV, tekanan nilai tukar rupiah jauh berkurang, " ujarnya di Jakarta, akhir pekan ini.

Surplus NPI diprediksi terus berlanjut tahun depan. Hal itu akan didorong oleh penguatan investasi asing. Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diperkirakan mencapai 6,5 persen pada 2013 akan menarik lebih banyak investor asing.

"Pertumbuhan ekonomi 6,5 persen dan laba perusahaan 20 persen, akan lebih banyak menarik investasi tahun depan, " ujar Perry.

Investasi modal asing hingga akhir 2012 diprediksi mencapai 19 miliar dolar. Pasokan dolar ke Indonesia dari modal asing ini akan ditambah dengan kebijakan Amerika Serikat terkait pelonggaran kuantitatif atau quantitative easing ketiga (QE3). Berlebihnya pasokan dolar ini kemudian akan memperkuat nilai tukar rupiah tahun depan.

Nilai tukar rupiah 2013 pun akan lebih baik dibandingkan kondisinya pada kuartal II sampai kuartal III 2012. Bank sentral mencatat depresiasi rupiah pada kuartal II sebesar 2,65 persen dari kuartal I ke level Rp 9.393 per dolar AS atau secara rata-rata melemah 2,27 persen menjadi Rp 9.277 per dolar AS.

Sementara, nilai tukar rupiah pada Oktober 2012 melemah sebesar 0,36 persen (bulan ke bulan) ke level Rp9.605 per dolar AS atau secara rata-rata melemah 0,41 persen (bulan ke bulan) menjadi Rp9.593 per dolar AS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Republika Online

sumber :-

Republika Online


Selingkuh? Hati-hati Alami Kematian Dini

Posted: 17 Nov 2012 11:01 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, Tak hanya membahayakan hubungan percintaan dan pernikahan, perselingkuhan juga dapat meningkatkan risiko kematian dini si pelaku. Pria atau wanita yang sering berselingkuh ternyata memiliki risiko lebih tinggi terkena serangan jantung!

Tim peneliti dari Jerman mengumpulkan data bahwa serangan jantung yang terjadi selama atau setelah berhubungan seks sebagian besar korbannya adalah pria atau wanita yang terlibat perselingkuhan. Jumlah ini didominasi oleh kaum pria yang memiliki kecenderungan berselingkuh dengan wanita yang lebih muda.

Salah satu penyebabnya adalah luapan kegembiraan yang berlebihan akibat berhubungan dengan orang asing, sehingga menyebabkan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah yang dapat berujung pada kematian.

Berhubungan seks sama halnya dengan olahraga yang dapat memacu tekanan darah dan kerja jantung. Tak hanya terjadi pada orang dengan riwayat sakit jantung, orang sehat pun bisa mengalami serangan jantung saat sedang berhubungan seksual.

American Medical Association menyebutkan, kurang dari 1 persen dari semua serangan jantung dipicu oleh hubungan seks, 5 persen disebabkan oleh aktivitas fisik dan 3 persen akibat luapan emosi yang berlebihan.

Seks umumnya aman bagi orang dengan penyakit jantung koroner. Namun pria dengan penyakit jantung koroner perlu mengikuti aturan dan hati-hati dengan perselingkuhan. Jadi, jangan pernah selingkuh!

Dahlan: Mahasiswa tak Usah Main Politik

Posted: 17 Nov 2012 10:59 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH – Ada-ada saja sensasi yang dibuat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan.

Saat membuka acara Perhimpunan Mahasiswa Teknik Indonesia ke-10 di Aceh, menteri yang tengah berseteru dengan DPR RI ini menyampaikan pesan khusus pada para mahasiswa yang mendengarkan pemaparannya.

Pesan khususnya terkait erat dengan politik. Bahkan mantan Direktur PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) itu meminta para mahasiswa tak usah berkecimpung di dunia politik. "Jangan main politik, ya!" tegasnya di hadapan para mahasiswa Ahad, (18/11).

Ia pun meminta para mahasiswa fokus saja ke bidangnya masing-masing. Misalnya mahasiswa teknik, mereka harusnya fokus saja menjadi ahli-ahli teknik. Pasalnya, bangsa ini lebih membutuhkan banyak teknisi dibanding politisi.

Selain itu, menanggapi mengapa Indonesia saat ini selalu tergantung dengan asing, Dahlan mengatakan ini terjadi karena minimnya keberanian. "Ini terkait perubahan atau keberanian untuk mensinergikan potensi yang ada untuk menjadi sumber kebangkitan Indonesia," katanya.

Karena itu, ia meminta para mahasiswa agar mulai berani dari sekarang. Sehingga perlahan ke depan, negara ini bisa mandiri dan tak akan menempel terus dengan negara lain.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPAS.com - Internasional

sumber :-

KOMPAS.com - Internasional


Fokus Utama KTT ASEAN, Persiapkan Masyarakat ASEAN 2015

Posted: 18 Nov 2012 04:22 AM PST

PHNOM PENH, KOMPAS.com - Perhatian banyak pihak tertuju ke Pnom Penh, ibu kota Kamboja, pekan ini,. Di kota tersebut, tengah berlangsung pertemuan pemimpin negara-negara ASEAN dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-21 ASEAN, dan KTT lainnya yang melibatkan negara-negara mitra dialog, termasuk AS dan China. Pembukaan KTT berlangsung, Minggu (18/11/2012) pagi, di Istana Damai. Dalam pernyataannya, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen menekankan pentingnya para pemimpin untuk fokus mempersiapkan Masyarakat ASEAN pada tahun 2015.

Masyarakat ASEAN merupakan langkah signifikan perhimpunan negara-negara Asia Tenggara yg dibentuk tahun 1967. Tujuannya untuk mentransformasikan diri menjadi semacam Masyarakat Eropa, termasuk dengan kebijakan pasar tunggalnya. Namun, tidak disebut terkait rencana penerapan mata uang bersama ASEAN, seperti halnya yang berlaku di Eropa.

Dengan terciptanya Masyarakat ASEAN, tidak hanya akan terjadi kohesivitas sosial, budaya antarmasyarakat anggota ASEAN, tetapi juga langkah-langkah yang mendorong pertumbuhan ekonomi. Misalnya, melalui kemudahan-kemudahan dalam meningkatkan perdagangan serta investasi.

"Segala persiapannya harus dilakukan oleh para menteri menjelang 2015 untuk membuka pasar kita dan mentransformasi kawasan ini menjadi sebuah pasar yang terintegrasi bagi tiga miliar penduduk kawasan," kata Hun Sen.

Kawasan Bebas Perdagangan merupakan strategi kunci ASEAN untuk mendapatkan akses pasar yang lebih luas terhadap mintra dagangnya, serta untuk menarik investasi asing langsung ke ASEAN.

Kehadiran Obama dan Wen Jiabao

Selain KTT ASEAN, para pemimpin negara-negara ASEAN yang merupakan penggerak ekonomi regional ini akan mengadakan pertemuan tingkat tinggi dengan mitra dialognya, termasuk Presiden AS Barack Obama yang baru saja terpilih kembali dalam Pemilu AS pada 6 November lalu. Selain Obama, PM China Wen Jiabao juga dijadwalkan akan hadir di KTT ASEAN. Kehadirannya menjadi istimewa, setelah terjadi pergantian kepemimpinan di China, dari Presiden Hu Jintao kepada Xi Jinping. 

Kehadiran Presiden Obama dan PM Wen Jiabao akan dimanfaatkan oleh para pemimpin ASEAN untuk mengetahui langsung dampak dari kepemimpinan baru terkait relasi dan kebijakan politik dan ekonomi mereka terhadap ASEAN ke depan.

Khusus dengan China, ASEAN memiliki agenda yang sangat penting, terutama berkaitan dengan konflik antara negara anggota ASEAN dengan China akibat adanya klaim tumpang tindih atas Kepulauan Spratly di Laut China Selatan.

Melalui pertemuan tingkat tinggi ASEAN-China ini, ASEAN mengajukan proposal Tata Berperilaku di Laut China Selatan, yang intinya adalah segala persoalan yang timbul akibat konflik itu akan diselesaikan melalui dialog, bukan dengan cara militer.

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengatakan, sebelum tercapainya kesepakatan Tata Berperilaku atau Code of Conduct itu, ASEAN akan mengajukan pembukaan hotline antarmenlu, untuk menjamin berlangsungnya momentum dialog ini.

Filipina ,Vietnam, Brunei, Malaysia merupakan negara garis depan ASEAN yang terlibat dalam konflik tumpang tindih klaim itu,. Klaim ini sering menciptakan peluang terjadinya ketegangan militer antarpihak, yang akan mengganggu stabilitas keamanan. Selain itu, juga tidak menguntungkan dalam upaya peningkatan kerjasama pembangunan dan ekonomi antara ASEAN dan China, khususnya.

Selain Presiden AS dan PM China, akan hadir juga PM Jepang Yoshihiko Noda, OM India Manmohan Singh, PM Australia Julia Gillard, dan Presiden Rusia, yang kemungkinan diwakili.

Sementara itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tiba di Phnom Penh, Sabtu (17/11/2012) petang. Turut dalam rombongan Presiden, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Kesra Agung Laksono, Menteri Perindustrian MS Hidayat, Menteri Pertanian Suswono, dan Sekretaris Kabinet Dipo Alam. Adapun, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, dan Menteri Pedagangan Gita Wirjawan telah berada di Phnom Penh lebih dahulu. 

KTT D8

Selain mengikuti serangkaian KTT ASEAN dan KTT Asia Timur, Presiden SBY juga akan mengadakan serangkaian pertemuan bilateral, dengan para pemimpin ASEAN dan mitra dialognya itu. Selanjutnya, Presiden dijadwalkan akan menghadiri KTT D8 di Islamabad, Pakistan. .

D8 yang didirikan tahun 1997 ini merupakan perkumpulan negara-negara berkembang yang berpenduduk mayoritas muslim untuk mempererat kerjasama pembangunan. Negara-negara itu adalah Indonesia, Pakistan, Malaysia, Iran, Mesir, Turki, Bangladesh, dan Nigeria. Perkumpulan D8 menjadi perkumpulan yang tergolong penting karena gabungan dari negara-negara ini mencakup 60 persen seluruh penduduk muslim dunia, atau 13 persen dari jumlah penduduk dunia. 

Presiden akan kembali ke Tanah Air pada 23 November 2012.

Baca juga:
Hotline Komunikasi Setingkat Menlu untuk Redam Konflik di Laut China Selatan
ASEAN Serukan agar Konflik di Timur Tengah Dihentikan
Deklarasi HAM ASEAN Hormati Prinsip-prinsip HAM Universal
KTT ke-21 Dibuka PM Kamboja Hun Sen

 

Editor :

Inggried Dwi Wedhaswary

Hotline Komunikasi Setingkat Menlu untuk Redam Konflik di Laut China Selatan

Posted: 18 Nov 2012 03:43 AM PST

KTT ASEAN

Hotline Komunikasi Setingkat Menlu untuk Redam Konflik di Laut China Selatan

Penulis : Christoporus Wahyu Haryo P | Minggu, 18 November 2012 | 11:43 WIB

KOMPAS/C Wahyu Haryo PS

Suasana Media Center KTT ke-21 ASEAN di Phnom Penh, Kamboja

TERKAIT:

PHNOM PENH, KOMPAS.com -  Pembahasan pedoman berperilaku (Code of Conduct-COC) di Laut China Selatan masih terus dilakukan dalam Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN XXI yang berlangsung pada tanggal 18-20 November 2012 di Phnom Penh, Kamboja.

Indonesia menawarkan pemikiran, alangkah baiknya diciptakan yang dinamakan hotline komunikasi. Ini penting, sehingga ketika ada insiden di antara negara di kawasan Laut China Selatan, para menlu bisa langsung berkomunikasi.

-- Marty Natalegawa

Pembahasan melibatkan China, salah satu mitra wicara ASEAN yang juga berada di kawasan Laut China Selatan. Sambil menunggu penuntasan pembahasan itu, Indonesia mengusulkan adanya hotline komunikasi di antara Menteri Luar Negeri di kawasan Laut China Selatan.

"Sementara kita menunggu penuntasan COC, Indonesia menawarkan pemikiran, alangkah baiknya diciptakan yang dinamakan hotline komunikasi. Ini penting, sehingga ketika ada insiden di antara negara di kawasan Laut China Selatan, para menteri luar negeri bisa langsung berkomunikasi untuk memastikan agar suasananya tidak semakin memburuk," kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa kepada pers, Sabtu (17/11/2012) malam, seperti dilaporkan wartawan Kompas C Wahyu Haryo PS dari Phnom Penh.

Masalah Laut China Selatan tersebut, menurut Marty menjadi salah satu agenda pembahasan yang penting dalam KTT kali ini. Namun semikian, pembahasan mengenai hal itu tidak akan sampai mendominasi KTT. Sejumlah persoalan dan kerja sama internal ASEAN juga akan mendapat tempat dalam KTT kali ini.

Terkait pembahasan COC sendiri, menurut Marty, Indonesia sejak beberapa waktu lalu telah menyampaikan draft yang disebut dengat zero draft. Beberapa negara menyambut baik draft tersebut dan akan mendalaminya dalam pembahasan-pembahasan berikutnya.

 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPASentertainment

sumber :-

KOMPASentertainment


Minggu, Sungha Jung Gelar Konser Eksklusif di Bandung

Posted: 17 Nov 2012 12:15 PM PST

BANDUNG, KOMPAS.com - Setelah menggelar konser di Ibukota Jakarta, gitaris muda berbakat asal Korea Selatan Sungha Jung akan menggelar konser di Bandung, Minggu (18/11/2012), di Parahyangan Convention Hall, Hotel Horison Bandung, Jalan BKR, Bandung. Konser ini bertajuk "Sungha Jung Exclusive Concert in Bandung".

Konser Sungha yang digelar di "Kota Kembang" ini tentu sangat berbeda dengan di Jakarta. Di Bandung akan digelar konsep yang lebih eksklusif, di mana atmosfer venuenya yang berbeda.

Project Director Mahana Live Ridho Aditya Gumilang mengatakan, Bandung dipilih sebagai kota kedua setelah Jakarta dalam rangkaian tour Sungha Jung. Menurutnya, permintaan fans untuk mendatangkan Sungha ke Bandung ini sangat tinggi.

"Kota Bandung merupakan kota yang sangat strategis dan representatif karena kota Bandung terkenal dengan para musisi ternama di Indonesia," ujar Ridho saat memberikan keterangan persnya di Siete Cafe, Jalan Sumur Bandung, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (17/11).

Tak hanya itu, sebagai promotor yang berdomisili di Bandung, Maha Live juga mempunyai tanggung jawab sosial tersendiri untuk memperkenalkan Kota Kembang ini. Selain itu, ia turut mempromosikan local economy khususnya dalam industri kreatif dan pariwisata.

Sungha Jung merupakan professional-fingerstyle-gitaris-akustik yang sukses dikenal lewat situs video YouTube. Saat ini saluran YouTube-nya yang diberi nama jwcfree memiliki lebih dari 831.000 subscribers dan sudah dilihat lebih dari 507 juta kali.

Selain itu, Sungha berhasil menyedot perhatian publik di dunia, termasuk perusahaan gitar asal Jerman, Lakewood, yang kini menjadi sponsor utamanya. Remaja berusia15 tahun ini didaulat sebagai salah satu gitaris fingerstyle berbakat di dunia.

Awal mula terkenalnya Sungha, lewat lagu My Heart Will Go on (Ost. Titanic) dan All You Need is Love (The Beatles) dengan aransemennya yang mantap. Tercatat puluhan lagu yang telah dia mainkan dengan gitar akustik, mulai lagu klasik hingga yang menjadi top hits saat ini, seperti Jason Mraz, Bruno Mars, Christina Perri dan Adele.

Saat ini juga Sungha telah melahirkan dua album yaitu Perfect Blue (2010) dan Irony (2011). Sungha juga mencetak penghargaan, seperti No Barriers No Walls Impact Award (2012) Honorary Member of Korea Internet Service Promotion Association (2011), Outstanding Internationalist from the 31st International Young Artist Award (2010) dan Grand Prize for UUC Korea Administered dari Kementerian Budaya dan Pariwisata Korea Selatan.

Saat ini Sungha sedang menjalani tour ke berbagai negara Asia. Tanggal 23 dan 24 Juni ia akan tampil di Malaysia, 13 Juli di Taiwan, 14 dan 15 Juli di Hongkong, dan 17 sampai 22 Juli di China.

Dilamar Gading Marten, Gisel Jadi Cengeng

Posted: 17 Nov 2012 08:23 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com -- Ulang tahun ke-22 vokalis Gisella Anastasia atau Gisel, Jumat (16/11/2012), berbeda dari biasanya. Pasalnya, tepat pada hari ulang tahunnya, sang kekasih, pembawa acara dan artis peran Gading Marten, melamarnya.

Awalnya, Gisel diminta Gading untuk menutup mata sampai di tempat perayaan ulang tahunnya, di Publo Cafe, kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Sementara itu, teman-teman mereka berdua sudah lebih dulu hadir di kafe tersebut. Kejutan yang dirancang oleh Gading akhirnya sukses.
 
"Suasananya sepi banget tadi, satu keyboard kosong, tiba-tiba Glenn masuk. Ternyata, Glenn nyanyi. Suasananya sepi banget. Ada kembang api dan orang-orang pada sembunyi di balik semak-semak, air mancur, pokoknya enggak kelihatan. Semuanya hebat," tutur Gisel, yang ditemui oleh tabloidnova.com di tempat acara tersebut, Jumat malam.
 
Ketika Gading akan melamar Gisel dan mengucapkan kata-kata pemungkas, 'Will you marry me?' dentingan nada keyboard yang dimainkan oleh Glenn menambah romantis suasana. Lagu berjudul "Menikahlah Denganku" akhirnya terdengar oleh mereka yang hadir. "Saya bukan lamaran versi pertemuan keluarga, tapi kayak bule-bule gitu. Makanya saya minta Glenn untuk nyanyi. Jadi, enggak usah ngomong lagi," jelas Gading.
 
Mendapatkan perlakuan istimewa dari sang pacar, Gisel bahagia dan terharu. "Rasanya hal itu enggak akan terjadi berulang-ulang . Aku terharu, enggak nyangka (dilamar) sekarang. Padahal, rencana nanti-nanti. Kaget, terharu jadinya, saya cengeng," pungkas Gisel. (Okki)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Republika Online

sumber :-

Republika Online


Perlukah Perokok Diberi Surat izin Merokok?

Posted: 17 Nov 2012 07:36 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID,SYDNEY -- Profesor Simon Chapman dari University of Sydney di Australia, memberi usulan radikal berupa "lisensi untuk perokok".

Usulan ini disambut hangat oleh sejumlah organisasi dan kelompok yang berusaha untuk mengurangi dampak negatif dari tembakau.

Para perokok diwajibkan untuk mendaftar dan membayar lisensi dalam bentuk kartu, yang harus ditunjukkan saat mereka hendak membeli rokok. Menurut Chapman, ini akan membuat para remaja enggan untuk meneruskan kebiasaan buruk merokok.

Aktivis antirokok berargumentasi mengenai penjualan rokok yang saat ini menjadi subjek percobaan perbandingan dengan produk lain yang turut mengancam kesehatan publik dan pribadi. "Penggunaan jangka panjang dari tembakau menyebabkan kematian sekitar setengah penggunanya, satu miliar orang pada abad ini diperkirakan meninggal akibat penyakit yang dipicu oleh tembakau," kata Chapman seperti dilansir DailyMail.

Kartu pintar yang kontroversial ini akan membantu pemerintah untuk membatasi berapa banyak rokok yang bisa dibeli oleh para perokok. Chapman mengatakan lisensi rokok ini harus diperbaharui setiap tahunnya dan terus menetapkan batas harian untuk jumlah rokok yang dihisap.

Untuk memperbaharui kartu lisensi ini, para perokok terlebih dulu akan diuji mengenai pengetahuan tetang risiko merokok pada kesehatan.

Chapman menambahkan bahwa data yang dikumpulkan dari aplikasi kartu pintar ini dapat digunakan untuk merumuskan strategi pencegahan merokok yang lebih baik.

Orang Jerman Doyan Kuliner Indonesia

Posted: 17 Nov 2012 07:31 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID,BERLIN -- Kuliner Indonesia digemari pengunjung dalam festival kuliner bertajuk "Eat and Style" yang diikuti sekitar 260 stand peserta dari berbagai negara di kota Koln, Jerman pada 16-18 November.
"Stand Indonesia yang menampilkan Chef Sandra Djohan tampak dikerubuti pengunjung yang antre untuk mencicipi kelezatan berbagai kuliner khas Indonesia," kata Counsellor Pensosbud KBRI Berlin, Ayodhia GL Kalake, Ahad (18/11).

Festival "Eat and Style" yang menampilkan bermacam produk makanan, minuman dan industri pendukungnya itu diadakan secara berurutan di tiga kota besar di Jerman yaitu Munchen (2-4 November), Koln (16-18 November) dan Stuttgart (23-25 November). "Event ini merupakan ajang pertemuan produsen dan penggemar kuliner dari berbagai penjuru dunia dan mengombinasikan antara wisata kuliner, shopping dan interaksi," katanya.

Sebelumnya, untuk mendukung citra kuliner Indonesia di Jerman, KBRI Berlin mengadakan "Indonesian Culinary Festival" di Grand Westin Hotel-Berlin, Jerman pada beberapa waktu lalu. "Festival itu dapat menjadi upaya tersendiri dalam memperkuat ikatan persahabatan antara masyarakat Jerman dan Masyarakat Indonesia," ungkap Dubes RI untuk Republik Federal Jerman Dr Eddy Pratomo.

Masakan Indonesia, Rendang, terpilih sebagai makanan terlezat versi survei "CNN Go 2011", selain Nasi Goreng dan Sate.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Mancanegara

sumber :-

ANTARA - Mancanegara


Serangan udara Israel di Gaza cederai enam wartawan

Posted: 17 Nov 2012 09:06 PM PST

Petugas berusaha memadamkan api setelah serangan udara Israel menyasar generator yang menyuplai listrik kediaman Perdana Menteri Otoritas Nasional Palestina Ismail Haniyeh di Gaza, Kamis (15/11). Pesawat Israel menyerang sejumlah target di sepanjang Jalur Gaza Kamis malam, melepaskan puluhan serangan dalam waktu singkat, menurut keterangan saksi mata (FOTO ANTARA/REUTERS/Majdi Fathi/ox/12.)

Media massa telah memaksa Israel menghentikan pembunuhan anak-anak dan warga sipil waktu lalu

Berita Terkait

Gaza City (ANTARA News) - Serangan udara Israel menghantam satu gedung media Gaza City , Minggu dan mencederai setidaknya enam wartawan, sementara satu serangan lainnya di Gaza utara menewaskan dua orang, kata sumber-sumber medis Palestina.

"Setidaknya enam wartawan cedera ketika pssawat-pesawat tempur Israel menghantam kantor Televisi Al-Quds di gedung Showa dan Housari di permukiman Rimal Gaza City," kata juru bicara kementerian kesehatan Ashraf al-Qudra.

Para saksi mata mengatakan gedung itu rusak berat, dan para wartawan telah dievakuasi setelah serangan awal, yang disusul dengan setidaknya dua serangan lagi ke lokasi itu.

Mereka yang cedera dibawa ke rumah sakit Shifa kota itu. Seorang wartawan kakinya terluka akibat serangan itu, kata Qudra.

Imad Efranji, direktur kantor TV al Quds mengutuk insiden itu sebagai "satu kejahatan baru terhadap media."

"Media massa telah memaksa Israel menghentikan pembunuhan anak-anak dan warga sipil waktu lalu," katanya kepada AFP, mengacu pada "Operasi Cast Lead" Israel Desember 2008-Januari 2009.

Di Jalur Gaza utara, pesawat-pesawat tempur Israel melancarkan dua serangan terpisah ke rymah-rumah yang menewaskan dua orang dan mencederai 10 orang lainnya, kata Qudra.

"Dua warga tewas dan setidaknya sepuluh orang lainnya cedera akibat dua serangan terpisah terhadap rumah-rumah di Beit Lahiya dan Beit Hanun," katanya.

Di Gaza City, saat angkatan udara menyerang, pasukan angkatan laut Israel melepaskan tembakan, meluncurkan lebih dari 12 peluru ke arah pantai, kata seorang koresponden AFP.

Tidak jelas apakah serangan-serangan itu mencapai sasarannya, sementara juru bicara resmi militer Israel di akun Twitter hanya mengatakan "Dalam beberapa saat lalu, angkatan laut Israel menyerang beberapa lokasi Hamas di Jalur Gaza.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Israel bantah pejabatnya menuju Kairo

Posted: 17 Nov 2012 07:48 PM PST

Foto kombinasi menunjukkan saat mobil Komandan Hamas Ahmed Al-Jaabari meledak saat serangan udara Israel di Kota Gaza dalam potongan video handout yang dirilis oleh Militer Israel, Rabu (14/11).(REUTERS/Israeli Army/Handout)

Berita Terkait

Jerusalem (ANTARA News) - Kantor Perdana Menteri Israel telah membantah laporan bahwa kantor itu mengirim seorang pejabat ke Kairo, Mesir, untuk membahas gencatan senjata di Jalur Gaza, demikian laporan media lokal, Sabtu (17/11).

Stasiun televisi Lebanon yang berafiliasi pada Hizbullah, Al-Mayadeen, Sabtu pagi, melaporkan Israel akan mengirim seorang pejabat senior ke Ibu Kota Mesir, Kairo, untuk menandatangani kesepakatan bagi gencatan senjata yang direncanakan berlaku Sabtu malam.

Jejaring Ha`aretz mengatakan Kantor Perdana Menteri telah membantah laporan tersebut.

Ditambahkannya, selama pembicaraannya dengan Kanselir Jerman Angela Merkel, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan ia akan menyepakati gencatan senjata segera setelah semua serangan roket dari Jalur Gaza dihentikan.

Beberapa sumber Palestina sebagaimana dikutip oleh saluran berita Lebanon itu mengatakan ada pembicaraan maraton yang ditaja Mesir, Qatar dan Turki, demikian laporan Xinhua, yang dikutip ANTARA, Minggu.

Tak lama setelah laporan Lebanon tersebut disiarkan, Presiden Mesir Mohamed Moursi dilaporkan mengatakan dalam taklimat bersama dengan Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan --yang sedang berkunjung-- ada petunjuk mengenai kian dekatnya gencatan senjata antara Israel dan gerilyawan di Jalur Gaza.

Operasi "Pilar Pertahanan", yang dilancarkan Israel di Jalur Gaza terhadap kelompok pejuang Palestina, memasuki hari keempat pada Sabtu, dan lebih dari 650 roket diluncurkan ke Israel dari Jalur Gaza.

Sejak Rabu (14/11), Angkatan Udara Israel melancarkan serangan udara terhadap lebih dari 800 sasaran di Jalur Gaza dan para pemimpin pejuang di markas mereka di Jalur Gaza serta tempat peluncuran roket dan sasaran lain yang berkaitan dengan prasarana gerilyawan seperti terowongan penyelundupan.

Pada Jumat (16/11), kabinet Israel menyetujui pemanggilan 75.000 tentara cadangan dan beberapa puluh ribu sudah didaftar serta dikerahkan ke arah selatan menuju perbatasan Jalur Gaza.

Juru Bicara Pasukan Pertahanan Israel Yoav Mordechai mengatakan operasi itu "bukan masalah satu atau dua hari", tapi akan berlanjut sampai mencapai sasarannya --melumpuhkan prasarana gerilyawan di Jalur Gaza dan memulihkan ketenangan di permukiman Israel selatan.

Kementerian Kesehatan Pemerintah HAMAS di Jalur Gaza menyatakan dalam satu laporan pada Sabtu bahwa 45 orang Palestina telah tewas dan sebanyak 500 orang lagi cedera sejak Rabu sore.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Utusan Online - Luar Negara

sumber :-

Utusan Online - Luar Negara


Dua bas bertembung di Ghana, 31 maut

Posted: 17 Nov 2012 10:28 AM PST

[unable to retrieve full-text content]ACCRA 18 Nov. - Sekurang-kurangnya 31 orang terbunuh manakala 30 lagi cedera apabila dua buah bas bertembung dalam satu kemalangan di Ghana, kelmarin. Agensi berita Ghana yang memetik kenyataan pegawai...

Pemberontak Syria tawan lapangan terbang

Posted: 17 Nov 2012 10:27 AM PST

[unable to retrieve full-text content]BEIRUT 18 Nov. - Kumpulan pemberontak dilapor menawan sebuah lapangan terbang yang digunakan tentera kerajaan Syria di satu kawasan yang bersempadan dengan Iraq, semalam. Laporan penawanan lapangan terbang...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Berita Terkini

sumber :-

ANTARA - Berita Terkini


Liga Arab akan kirim delegasi ke jalur Gaza

Posted: 17 Nov 2012 06:57 PM PST

Petugas berusaha memadamkan api setelah serangan udara Israel menyasar generator yang menyuplai listrik kediaman Perdana Menteri Otoritas Nasional Palestina Ismail Haniyeh di Gaza, Kamis (15/11). Pesawat Israel menyerang sejumlah target di sepanjang Jalur Gaza Kamis malam, melepaskan puluhan serangan dalam waktu singkat, menurut keterangan saksi mata.(FOTO ANTARA/REUTERS/Majdi Fathi/ox/12.)

Berita Terkait

Kairo (ANTARA News) - Liga Arab memutuskan, Sabtu (17/11), untuk mengirim komite menteri yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Nabil Al-Arabi ke Jalur Gaza, tempat serangan antara Israel dan HAMAS terus berlangsung dan telah menewaskan 45 orang serta melukai 500 lagi orang Palestina.

Keputusan tersebut diambil dalam pertemuan menteri luar negeri Arab yang diadakan pada Sabtu di Markas Liga Arab di Ibu Kota Mesir, Kairo.

Pertemuan itu juga menyerukan dikajinya gagasan perdamaian Arab dengan Israel.

Kementerian Kesehatan HAMAS di Jalur Gaza mengatakan di dalam satu laporan, Sabtu malam, Israel telah menewaskan 45 orang Palestina, 17 di antara mereka warga sipil, dan melukai sebanyak 500 orang lagi sejak Rabu sore (14/11).

Saat itu, Israel memulai "Operasi Pilar Pertahanan" terhadap daerah kantung pantai tersebut.

Beberapa pejabat keamanan HAMAS memberitahu Xinhua, sebagaimana dikutip ANTARA di Jakarta, Minggu, jet tempur Israel melancarkan 200 serangan udara pada Jumat malam dan Sabtu terhadap beragam sasaran, termasuk peluncur roket, pangkalan keamanan dan gedung pemerintah.

Serangan udara paling sengit dilancarkan terhadap markas Perdana Menteri HAMAS Ismail Haneya di bagian barat-laut Kota Gaza.

Beberapa pos keamanan pemerintah HAMAS juga dijadikan sasaran serangan di seluruh Jalur Gaza.

Sekretaris Jenderal Liga Arab Nabil Al-Arabi, yang mengutuk serangan Israel terhadap Jalur Gaza, mengatakan gagasan perdamaian dengan Israel telah mati sebelum dilahirkan, dan meminta semua negara Arab agar mencari pilihan lain.

Pernyataan Al-Arabi adalah bagian dari resolusi yang dikeluarkan setelah pertemuan darurat menteri luar negeri Arab mengenai serangan Israel ke Jalur Gaza.

Menurut resolusi tersebut, menteri luar negeri Arab juga memutuskan untuk mengkaji kelayakan Kuartet Timur Tengah.

Kuartet itu --yang terdiri atas Amerika Serikat, Rusia, PBB dan Uni Eropa-- diduga oleh sebagian anggota Liga Arab gagal mencapai apa pun bagi perdamaian yang adil dan menyeluruh di wilayah tersebut.

Badan pan-Arab tersebut juga memutuskan untuk mengkaji strategi Arab mengenai masalah Palestina dan konflik Arab-Isral, dan merancang mekanisme baru guna mengakhiri pendudukan Israel atas wilayah Palestina.

Sementara itu, para menteri luar negeri Arab menyampaikan ketidak-puasan mereka terhadap Dewan Keamanan PBB --yang mereka katakan telah gagal melakukan tindakan menentukan mengenai serangan Israel ke Jalur Gaza.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

257 sekolah di Bengkulu terancam tutup

Posted: 17 Nov 2012 06:51 PM PST

Sejumlah murid sekolah (FOTO ANTARA/Asep Fathulrahman) ()

kualitas sumber daya manusia seperti kepala sekolah dan guru bidang studi juga perlu ditingkatkan serta ditambah

Berita Terkait

Bengkulu (ANTARA) - Badan Akreditasi Provinsi Bengkulu mencacat sebanyak 257 sekolah dan madrasah di daerah itu terancam tutup karena tidak memenuhi sebagian besar delapan standar nasional pendidikan.

"Sebanyak 257 sekolah dan madrasah di daerah ini terancam tutup karena tidak memenuhi sebagian besar delapan standar nasional pendidikan," kata Ketua Badan Akreditasi Provinsi (BAP) Bengkulu, Firmansyah, Minggu.

Ia menjelaskan, selama lima tahun terakhir BAP Bengkulu telah berhasil mengakreditasi sebanyak 2.111 dari 2.357 sekolah dan madrasah mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak sampai Sekolah Menengah Atas sederajat di seluruh daerah itu.

"Setelah mengakreditasi 2.111 sekolah dan madrasah selama lima tahun terakhir, ternyata ada 257 sekolah dan madrasah di daerah ini yang terancam tutup karena kualitasnya di bawah standar," katanya.

Sekolah dan madrasah yang paling banyak terancam tutup berada di Kabupaten Kaur sebanyak 64 unit atau 29 persen dari 219 sekolah dan madrasah yang ada di daerah itu.

Sementara itu, Sekretaris BAP Bengkulu, Budiyanta menjelaskan, sebagian besar kelemahan sekolah dan madrasah di daerah itu antara lain tidak lengkapnya sarana dan prasarana pendidikan seperti kekurangan ruang belajar dan tidak adanya laboratorium.

"Selain itu, kualitas sumber daya manusia seperti kepala sekolah dan guru bidang studi juga perlu ditingkatkan serta ditambah," katanya.

BAP Bengkulu mencatat hanya 216 atau 10 persen sekolah dan madrasah di daerah itu yang mencapai akreditasi predikat A.

Di Kabupaten Bengkulu Tengah hanya ada satu dari 86 sekolah dan madrasah di daerah itu yang mampu mencapai akreditasi predikat A.
(ANT)

 

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi international.okezone.com

sumber :-

Sindikasi international.okezone.com


China: Konflik Laut China Selatan Tak Halangi KTT Asia Timur

Posted: 17 Nov 2012 03:05 AM PST

PHNOM PENH - China menyatakan, sengketa yang terjadi atas Kepulauan Spratly tidak akan menganggu jalannya KTT Asia Timur yang akan diadakan di Phnom Penh, Kamboja minggu ini. China berhadapan dengan negara-negara Asia Tenggara seperti Vietnam, Filipina, Malaysia dan Brunei dalam klaimnya atas Kepulauan yang terletak di perairan Laut China Selatan itu.

Wakil Menteri Luar Negeri China Fu Ying mengatakan bahwa sengketa atas Kepulauan Spratly tersebut masih berada dalam tahap wajar. Menurutnya sengketa wilayah ini masih dapat dikendalikan oleh negara-negara yang terlibat.  

"Banyak orang menganggap situasi di Laut china Selatan saat ini sudah genting. Padahal selama ini China dan negara-negara yang terkait lainnya berhasil menjaga agar konflik tidak meningkat," ujar Fu Ying, seperti dikutip Reuters, Sabtu (17/11/2012).

"Negara-negara di kawasan dapat menyelesaikan konflik yang terjadi melalui jalur negosiasi damai," tambahnya.

Fu Ying memperingatkan pihak lain tidak perlu mencampuri sengketa yang dimiliki oleh china dengan beberapa negara Asia Tenggara. " Bila pihak lain ingin ambil bagian, mereka harus memberikan kontribusi yang positif dan tidak hanya melakukan provokasi," ucapnya.

Pernyataan kerasnya tersebut dapat dikaitkan dengan kehadiran Amerika Serikat (AS) di kawasan Asia yang makin menguat. AS selama ini tidak rela melihat negara-negara di Asia mulai terpengaruh dengan meningkatnya kekuatannya China.

KTT Asia Timur merupakan bagian acara dari KTT ASEAN yang akan diselenggarakan pada 18 hingga 20 November di Ibu Kota Kamboja, Phnom Penh. Selain diikuti oleh negara anggota ASEAN, KTT Asia Timur juga dihadiri oleh kepala negara atau pemerintah dari negara-negara penting, antara lain AS, China, Rusia, dan India.(faj)

Polisi Malaysia Pemerkosa TKI Didakwa 20 Tahun Penjara

Posted: 17 Nov 2012 02:16 AM PST

KUALA LUMPUR - Tiga polisi yang memperkosa tenaga kerja Indonesia (TKI), didakwa hukuman penjara 20 tahun. Tidak hanya itu, mereka juga diancam hukuman cambuk.  
Terdakwa pemerkosa TKI ini adalah Remy Anak Dana, Syarihan Romli, dan Kopral Nik Mat Lazin Sin. Mereka didakwa melakukan tindakan pemerkosaan kepada TKI berinisial SM, pada 9 November 2012 lalu di Ruang Empat, Barak Polisi Perai.
 
Ketiga polisi ini didakwa telah melanggar pasal 376 undang-undang Malaysia. Mereka diancam hukuman penjara 20 tahun dan cambuk. Demikian diberitakan Bernama, Sabtu (17/11/2012).
 
Mereka juga dianggap telah melakukan tindakan seks tanpa dikehendaki oleh korban yang berusia 25 tahun. Di bawah undang-undang 377 C, pelanggaran atas tindakan tersebut juga diancam hukuman penjara 20 tahun dan cambuk.
 
Jaksa penuntut umum, Suhaimi Ibrahim, tidak memberikan Rekomendasi uang jaminan atas ketiga tersangka. Menurut Ibrahim, hal tersebut tidak pantas diberikan karena mereka ada petugas kepolisian.
(faj)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Berita Harian: Dunia

sumber :-

Berita Harian: Dunia


Golongan Salafi tuntut laksana Syariah

Posted: 10 Nov 2012 01:55 PM PST

Kaherah: Beribu-ribu penyokong kumpulan Salafi berkumpul di Dataran Tahrir sebelum solat Jumaat kelmarin bagi menggesa undang-undang Syariah dilaksanakan segera di Mesir.

Kira-kira 10,000 penunjuk perasaan mendesak Presiden Mohamed Morsi bertindak segera melaksanakan hukum Islam. Mereka memenuhi dataran itu sambil melaungkan, "Rakyat mahu undang-undang Allah dilaksanakan."

Mesir sedang merangka Perlembagaan baru selepas revolusi dan Syariah mengundang kontroversi - membahagikan golongan Islam dan sekular. Ikhwanul Muslimin ingin melaksanakan undang-undang Islam secara perlahan-lahan sebaliknya Salafi menggesa ia disegerakan. - Agensi

Suu Kyi, Thein Sein perlu usaha sekat keganasan

Posted: 10 Nov 2012 01:50 PM PST

YANGON: Presiden Thein Sein dan pemimpin pembangkang, Aung San Suu Kyi, perlu menunjukkan kepemimpinan moral jika Myanmar mahu mengekang keganasan kaum antara Muslim dan Buddha, kata Kumpulan Krisis Antarabangsa (ICG) semalam.

Ketegangan menyebabkan sekurang-kurangnya 180 maut sejak Jun lalu dan menyebabkan 110,000 lagi kehilangan tempat tinggal, kebanyakannya penduduk Muslim Rohingya di negeri Rakhine mendorong masyarakat antarabangsa menggesa presiden dan Suu Kyi mempertahankan kumpulan minoriti.

"Ketegangan di Rakhine mewakili kemunduran yang amat membimbangkan, daripada pembaharuan selepas berdekad di bawah pemerintahan junta. Inilah masanya apabila pemimpin politik perlu bangkit berdepan cabaran tinjauan membentuk pendapat berbanding sekadar mengikutnya.

"Kegagalan berbuat demikian akan menjejaskan negara," kata kumpulan hak beribu pejabat di Brussels dalam laporan mengenai krisis itu yang dijadualkan dikeluarkan esok.

Menggesa kerajaan mengekang retorik nasionalis daripada etnik Rakhine, yang beragama Buddha, laporan memberi amaran mengenai ancaman kebangkitan politik identiti di Myanmar ketika pembaharuan memberikan kebebasan kepada kumpulan berkepentingan.

Keadaan di Rakhine memerlukan kepemimpinan moral oleh Presiden Thein Sein dan Aung San Suu Kyi bagi mengelakkan ia menular dan menyumbang kepada penyelesaian jangka panjang, menurut kajian.

Beratus-ratus maut dan beribu rumah dibakar dalam keganasan terbaru bulan lalu dan ICG mendesak kerajaan memastikan kem untuk penduduk yang kehilangan rumah tidak menjadi pelopor kepada pengasingan Rakhine dan Rohingya. –AFP

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPAS.com - Nasional

sumber :-

KOMPAS.com - Nasional


Keluarga Soeharto Hadiri Peluncuran Buku Bung Karno

Posted: 17 Nov 2012 08:23 AM PST

Keluarga Soeharto Hadiri Peluncuran Buku Bung Karno

Penulis : Iwan Santosa | Sabtu, 17 November 2012 | 22:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Keluarga mantan Presiden Soeharto menghadiri peluncuran buku Bung Karno, Bapakku, Kawanku dan Guruku, karya Guntur Soekarno di Sampoerna Strategic Square, Jakarta, Sabtu  (17/11/2012) malam. Guntur dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kedatangan Siti Hardiyanti Rukmana atau Mbak Tutut dalam peluncuran buku tersebut.

"Saya juga mengucapkan selamat datang kepada keluarga besar Bung Hatta dan Yenny Wahid mewakili keluarga besar Wahid Hasyim (ayah Almarhum Abdurrahman Wahid alias Gus Dur)," kata Guntur Soekarno.

Selain Tutut, Siti Hutami Endang Adiningsih alias Mamiek juga terlihat hadir di antara undangan. Para politisi senior PDI-P seperti Tjahjo Kumolo, Gandjar Pranowo, Rieke Diah Pitaloka, dan tokoh-tokoh seperti Eros Djarot hadir dalam peluncuran ulang buku yang pertama kali terbit di tahun 1977 di bawah tekanan Orde Baru yang sedang menguat.

Ketika itu, Guntur harus berhati-hati mengurus izin terbit buku ke kepolisian. Menurut Guntur, isi buku tersebut mengupas jiwa seorang Soekarno secara utuh karena dia melihat Soekarno sebagai negarawan, ayah dan kawan sekaligus.

Presiden Yudhoyono Tiba di Kamboja

Posted: 17 Nov 2012 06:03 AM PST

PHNOM PENH, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Kristiani Herawati Yudhoyono dan rombongan, tiba di Bandar Udara Internasional Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (17/11/2012) pukul 17.25 waktu setempat. Tidak ada perbedaan waktu antara Phnom Penh dan Jakarta. Penerbangan Jakarta-Phnom Penh ditempuh dalam waktu 3 jam.

Kedatangan Presiden disambut Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Duta Besar RI untuk Kamboja Soehardjono Sastromihardjo, serta perwakilan Pemerintah Kamboja. Turut dalam rombongan Presiden antara lain Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Koordinator Bidang Kesejahtaeraan Rakyat Agung Laksono, serta Sekretaris Kabinet Dipo Alam.

Sejumlah menteri yang sudah mendahului tiba di Phnom Penh antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Chatib Basri.

Seperti diberitakan sebelumnya, lawatan Presiden ke Kamboja kali ini untuk menghadiri rangkaian KTT ASEAN dan KTT Asia Timur yang akan berlangsung 3 hari mendatang. Topik penting yang akan dibahas dalam KTT ini, di samping peningkatan kerja sama ASEAN untuk mempersiapkan komunitas ASEAN 2015, adalah persoalan seputar Laut China Selatan.

KTT ASEAN kali ini diselenggarakan dalam suasana berkabung rakyat Kamboja atas wafatnya Raja Norodom Sihanouk, 15 Oktober lalu. Tampak hampir di setiap bangunan yang ada di Phnom Penh terpampang foto mendiang Raja, sebagai tanda duka cita dan penghormatan dari rakyat Kamboja.

Usai menghadiri KTT ASEAN di Kamboja, Presiden bertolak ke Islamabad, Pakistan, 21 November mendatang. Di sana Presiden akan menghadiri pertemuan puncak ke KTT negara kelompok D8 yang akan berlangsung dua hari. Presiden dijadwalkan tiba di Tanah Air pada 23 November mendatang.

 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS