Sindikasi news.okezone.com

sumber :-

Sindikasi news.okezone.com


5 Alasan Fabregas Harus ke Barcelona

Posted: 09 Jul 2011 10:58 PM PDT

BARCELONA - Pada bursa transfer musim panas 2011 ini, penggemar sepakbola dibuat penasaran dengan hikayat transfer Cesc Fabregas yang seakan tak berujung. Akankah kapten tim Arsenal akhirnya pulang kampung?

Berikut 5 alasan mengapa Fabregas harus kembali ke Catalan, menurut Kolumnis Feature Barcelona, Manuel Traquete, yang dirilis bleacherreport.com, Minggu (10/7/2011):

1.Cesc Fabregas Merupakan pemain kelas dunia dan merupakan gelandang serang yang bisa meningkatkan permainan tim. Kedatangannya akan memungkinkan Pep Guardiola untuk bisa melakukan rotasi. Xavi dan Iniesta akan bisa lebih banyak istirahat. Begitu juga dengan Pedro dan Villa karena dengan adanya Cesc yang bermain sebagai playmaker, kedua striker tersebut bisa bergantian mendampingi Messi.

2. Cesc adalah Seorang Catalan dan jebolan akademi Barca. Dia menjadi pendukung Barcelona begitu juga dengan seluruh anggota keluarganya. Dia adalah seorang yang mudah bersosialisasi dan dia memiliki teman yang cukup banyak di Barcelona. Selain itu, ia dibesarkan di La Masia (akademi Barca) di mana ia belajar sepakbola. Dia adalah bagian dari generasi emas La Masia yang juga termasuk teman-teman masa kecilnya, seperti Lionel Messi dan Gerard Pique. Ini berarti bahwa dalam teorinya, Cesc tidak akan memiliki kesulitan beradaptasi dengan kota dan klub.

3. Pep dan Para Pemain Barca Sangat Mengharapkan Cesc bergabung. Bukan rahasia lagi bahwa para pemain Barcelona sangat tertarik untuk memiliki Fabregas sebagai rekan mereka. Dari Xavi hingga David Villa telah menyatakan bahwa mereka menyukai dan mengagumi Cesc, serta senang jika ia pulang kampung. Pep Guardiola juga sangat mengagumi kualitas Cesc. Bahkan Pep ingin mewarisi kostum No. 4 yang pernah digunakannya.

4. Cesc Ingin Sekali ke Barca. Ini adalah aspek yang paling penting dan salah satu tujuannya hanya ingin merapat ke Barca. Cesc ingin pulang dan bermain untuk klub masa kanak-kanaknya dengan teman-temannya dan di bawah pengelolaan idola masa kecilnya. Hal ini sangat jelas bahwa Cesc mencintai Barcelona, dan dia akan memberikan 110 persen dalam kostum Barcelona. Ia akan melakukannya seperti produk jebolan La Masia lainnya setiap hari.

5. Cesc Lapar Gelar. Ini adalah alasan penting juga. Sebagian besar pemain tim utama Barcelona telah memenangkan banyak gelar, baik di level klub maupun di tingkat internasional. Bahkan, mereka tampaknya masih lapar gelar dan belum puas dengan pencapaian Barca saat ini.

Di sisi lain Cesc, belum berbuat banyak dalam kariernya, terutama mengingat bakatnya yang luar biasa. Dia memenangkan Euro dan Piala Dunia bersama Spanyol, tapi ia belum mendapatkan apa-apa bersama klubnya (Arsenal). Untuk itu, jika bermain di Barcelona, ia akan termotivasi untuk bermain ekstra demi memenangkan gelar yang seharusnya dia layak dapatkan. (far)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Scholes: Giggs Pemain Paling Top!

Posted: 09 Jul 2011 09:49 PM PDT

MANCHESTER - Ryan Giggs adalah pemain terhebat di Manchester United. Setidaknya itulah pengakuan Paul Scholes, selama merumput bersamanya di Old Trafford.

Mantan gelandang United dan Timnas Inggris, yang pensiun pada akhir musim lalu, mengakui ada banyak daftar pemain bintang berbakat yang telah bekerja sama dengannya. Tapi, dia mengungkapkan bahwa di matanya hanya ada Giggs yang memiliki penampilan terbaik di Setan Merah.

Scholes mengatakan, ada begitu banyak pemain luar biasa di United, seperti Eric Cantona, Roy Keane, Paul Ince, Teddy Sheringham, Dwight Yorke, David Beckham, Andy Cole, Ruud van Nistelrooy, dan Nicky Butt.

"Tapi kalau saya harus menyebutkan satu nama, hanya Ryan yang ada di benak saya," ungkapnya seperti dikutip Daily Star, Minggu (10/7/2011).

"Dia bisa melakukan segalanya. Dia bisa bermain di setiap posisi, dia telah menunjukkannya dalam beberapa tahun terakhir belakangan ini," sambungnya, seraya memendam kasus perselingkuhan yang menghampiri winger veteran Wales tersebut.

Selain Giggs, Scholes juga menyimpan beberapa pemain lawan yang membuatnya terkesan. Khususnya pada sosok Zinedine Zidane dan Rivaldo.

"Saya ingat saat sekali saat bermain melawan Rivaldo ketika ia masih membela Barcelona dan Brasil di Piala Dunia. Kami bermain di daerah yang sama dan ia luar biasa. Saya beruntung telah bermain dengan beberapa pemain besar, meskipun itu sebagai lawan," ucapnya dengan bangga.

Itulah beberapa kesan saat ia saat masih aktif di lapangan hijau, sebab musim lalu merupakan musim terkahir baginya. "Saya tidak pernah benar-benar berpikir itu akan menjadi keputusan yang sulit. Saya hanya berpikir saya akan tahu kapan waktu yang tepat untuk pensiun," imbuhnya.

"Musim lalu, saya merasa dalam performa bagus. Tidak ada satu pun pertandingan yang tidak ingin saya lewatkan. Khususnya sampai bulan Desember ketika kami bermain melawan Rangers di Liga Champions, saya merasa fisik saya masih prima," tegasnya.

"Namun keadaan berkata lain, saya mengalami cedera pangkal paha yang membuat saya harus istirahat selama tujuh pekan. Walaupun sempat diprediksi oleh tim dokter hanya satu pekan," ucap pria 36 tahun itu.

Scholes mencoba untuk beristirahat selama empat atau lima pekan agar kakinya sembuh. Namun ternyata periode tersebut memaksanya berpikir untuk gantung sepatu, karena akhirnya ia merasa lelah.

Pasca pensiun, Scholes saat ini sedang diproyeksikan membantu Sir Alex Ferguson di jajaran kepelatihan United. Dia diposisikan sebagai staf manajer. Pada awal Agustus, Scholes akan berbicara dengan pihak klub tentang peran barunya itu. Dia yakin sir Alex memiliki beberapa ide brilian tentang apa yang akan dilakukannya nanti. (far)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Republika Online

sumber :-

Republika Online


10 Persen Anak Usia SD di Indonesia Hiperaktif

Posted: 09 Jul 2011 07:59 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Jumlah anak-anak usia sekolah dasar (SD) yang tergolong hiperaktif di Indonesia ternyata cukup banyak. Bahkan menurut prikolog anak fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta MG Adiyanti, anak-anak usia SD yang tergolong hiperaktif jumlahnya mencapai 10 persen dari jumlah seluruh anak usia itu di Indonesia.

"Jumlah anak-anak yang masuk kategori ini memang semakin banyak. Tahun 2010 lalu mencapai 10 persen dari jumlah anak usia SD di Indonesia," terangnya saat menjadi pembicara seminar  "Apakah Anak Saya Hiperaktif?" di fakultas Psikologi UGM, Sabtu (9/7) kemarin.

Menurutnya, anak hiperaktif adalah  anak yang menunjukan  ketidakmampuan untuk mengontrol perilaku, sehingga aktivitas melebihi rata-rata anak pada umumnya. Perilaku hiperaktif ini dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain sebab kadangkala anak tidak bisa memperkirakan dampak akibat dari perilakunya.

"Anak yang hiperaktif tidak selalu identik dengan bodoh atau kurang pintar, namun karena dia tidak memusatkan perhatiannya dengan baik maka banyak orang beranggapan mereka kurang pintar," terangnya.

Karena kurang bisa memusatkan perhatian kata Adiyanti, anak-anak hiperaktif sering kali  berisiko tinggi untuk mengalami kegagalan dalam menjalankan tugas-tugas yang terstruktur. Di sekolah, hal yang banyak ditemui adalah kegagalan dalam mengikuti proses belajar mengajar di sekolah, baik di dalam kelas maupun di luar kelas.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Menikmati Keindahan Taman Laut di Jakarta

Posted: 08 Jul 2011 06:33 AM PDT

Bagi warga Jakarta yang mempunyai waktu dan dana terbatas untuk liburan, berwisata ke Kepulauan Seribu akan menjadi sebuah alternatif yang menarik. Kepulauan Seribu adalah gugusan pulau-pulau kecil yang berada di Teluk Jakarta.

Kepulauan Seribu, menjadikan Indonesia sebagai satu-satunya negara yang ibukotanya mempunyai taman laut. Memang Kepulauan Seribu secara geografis berada di DKI Jakarta. Tidak sampai 3 jam perjalanan dari pesisir Jakarta, bentangan soft coral cantik dengan beragam jenis ikan dan biota laut lainnya dapat kita temui dengan mudah, baik dengan snorkeling, diving, atau hanya memandang dari permukaan air lautnya saja.

Kepulauan Seribu yang berada di Teluk Jakarta, mempunyai taman laut yang membentang diantara 300-an pulau. Beberapa pulau merupakan pulau yang berpenghuni, seperti: Pulau Panggang, Pulau kelapa, Pulau Tidung, Pulau Pramuka. Adapula pulau-pulau resort yang mempunyai fasilitas wisata, seperti : Pulau Bidadari, Pulau Ayer, Pulau Sepa, Pulau Putri, Pulau Kotok dan Pulau Pelangi. Pulau-pulau tak berpenghuni namun dinyatakan milik pribadi juga banyak tersebar, antara lain: Pulau Gusung Pandan, Pulau Kaliage, Pulau Bulat, Pulau Semut, Pulau Bira Kecil.

Untuk bisa menikmati keindahan taman laut Jakarta juga bukanlah hal yang sulit. Jika anda cukup mempunyai uang dan mau menikmati keindahan pulau dengan fasilitas layaknya hotel berbintang, silahkan datang ke pulau resort. Anda bisa melakukan snorkeling ataupun diving. Keberangkatan biasanya dari Dermaga Marina Ancol dengan menggunakan kapal speedboat.

Biasanya pulau-pulau resort menawarkan paket fullboard, yaitu paket harga yang sudah termasuk speedboat dari Marina, 4x makan dan penginapan. Harga paketnya berkisar Rp. 500.000 – Rp. 1.500.000/ orang/ malam. Masing-masing pulau mempunyai harga yang beragam tergantung jenis kamarnya.

Untuk yang suka backpakeran atau budgeting dalam hal berwisata, bukan berarti tak bisa menikmati keindahan bentangan pulau-pulau di Kepulauan Seribu. Pulau Untung Jawa, Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Harapan, menawarkan wisata yang murah namun tetap menyenangkan. Pulau-pulau tersebut walaupun berpenduduk, namun kini sedang menggalakkan kegiatan wisata baharinya.

Penginapan yang nyaman dengan tarif murah, penyewaan perahu, alat snorkeling maupun diving semua bisa dengan mudah kita dapatkan disana. Cukup datang ke Pelabuhan Muara Angke, cari kapal yang sesuai dengan destinasi pulau yang akan kita datangi. Dengan tarif Rp. 20.000 - Rp. 35.000/ orang per sekali jalan, kapal tersebut akan mengantar kita sampai ke pulau yang berpenduduk.

Sesampainya disana pun tak perlu khawatir, cukup mudah menemukan penginapan, makanan, hingga peralatan wisata bahari yang harganya sangat 'backpacker'. Penduduk yang tinggal di sekitar pulau juga cukup service minded terhadap pengunjung. Mereka tidak akan menaikkan harga dengan semena2, sehingga kita bisa datang ke pulau tersebut tanpa melalui jasa travel. Harga sewa penginapan mulai Rp. 250.000 – Rp. 600.000/rumah/malam. Satu rumah yang kita sewa bisa diisi 4-10 orang.

Jika kita mau snorkeling, menikmati keindahan taman laut, bisa snorkeling di sekitar pulau. Atau jika ingin berkeliling ke pulau-pulau lain dan mencari lokasi snorkeling/diving yang bagus, cukup menyewa perahu nelayan dengan biaya sewa Rp. 300.000/hari. Pemilik perahu biasanya juga bisa bertindak sebagai guide snorkeling. Perahu ini bisa diisi 10-15 orang. Biaya perjalanan jadi bisa ditekan jika kalian merencanakan pergi dengan beberapa teman dengan sistem sharing cost (patungan)
 
Bagi teman-teman yang tinggal di Jakarta, rasanya tidak perlu lagi bingung menentukan liburan yang murah dan dekat jarak tempuhnya. Kepulauan Seribu bisa menjadi alternatif wisata yang mudah, murah dan tidak memerlukan cuti. Tidak pula macet seperti saat kita harus menghabiskan weekend di kawasan Puncak ataupun Bandung.


Nyanyu Partowiredjo, pelaku wisata
picnicholic@gmail.com

Rubrik ini bekerja sama dengan Picnicholic
www.picnicholic.webs.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPASentertainment

sumber :-

KOMPASentertainment


Spin Doctors: Jakarta Lebih Bersih, Macet Nomor Wahid!

Posted: 09 Jul 2011 03:30 PM PDT

Teguh Prayoga Sudarmanto

Personil terkini Spin Doctors, Mark White (kiri), Aaron Comess, Chris Barron, Eric Schenkman, menjelang konser Indiefest Festive Sound 2011, di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Sabtu (9/7/2011).

TERKAIT:

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkunjung kedua kalinya ke Jakarta dalam rentang waktu cukup jauh memberi kesan tersendiri yang dapat diperbandingkan. Begitu pula dengan band rock alternatif asal Amerika Serikat, Spin Doctors, yang merasakan dua kondisi berbeda ibu kota Indonesia.

"Jakarta sekarang udaranya lebih bersih, tidak seperti dulu," ungkap Mark White (bass), saat meet and greet menjelang LA Lights Indiefest Festive Sound 2011, di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Sabtu (9/7/2011).

Bersama Mark yang beras kulit hitam itu hadir pula kelengkapan personel, Chris Barron (vokal), Eric Schenkman (gitar dan backing vocal), dan Aaron Comes (drum dan perkusi).

Sayangnya, tak hanya memberikan pujian pada Jakarta akan perkembangan kualitas udaranya yang lebih baik dibanding pada 2005, ketika mereka konser perdana di Jakarta, Mark juga memberi catatan kekurangan. "Macet Jakarta masih tetap sama, bahkan lebih parah," ujarnya.

Meskipun dalam pemaparannya, Mark menyatakan kemacetan lalu lintas tidak hanya terjadi di Jakarta saja, tetapi di berbagai belahan dunia lainnya, pria berkepala botak ini menyebut kemacetan Jakarta nomor wahid. "Gila, kita sudah keliling dunia, kemacetan terparah ada di sini (Jakarta). Pagi, siang, malam, bahkan bangun tidur lagi macet," kata Mark.

Mark Cs dalam Spin Doctors, Sabtu malam ini menggempur Lapangan D Istora Senayan. Band ini asal New York ini bermain di ujung acara pada panggung Sreamosphere, sesaat sebelum Boyce Avenue selesai manggung di Calmosphere.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Pas Band dan Cokelat Akan Riuhkan Bekasi

Posted: 08 Jul 2011 01:24 PM PDT

BEKASI, KOMPAS.com — Pas Band dan Cokelat dipastikan meriuhkan festival musik Surya Professional Mild Tour di Lapangan Batalyon Infanteri 202/Tajimalela, Kota Bekasi, Sabtu (9/7/2011) malam.

Demikian diutarakan oleh personel Pas Band dan Cokelat saat jumpa pers di Hotel Horison Kota Bekasi, Jumat (8/7/2011) sore.

Dalam jumpa pers itu, personel Pas Band yang hadir adalah Yukie (vokal), Trisno (bas), Bengbeng (gitar), dan Sandy (drum). Adapun personel Cokelat yang hadir ialah Siti Sabariah Hadju atau Sarah (vokal), Otto Trijati Pambudi (additional drummer), Ernest Fardiyan Sjarif (gitar), Febrianto Nugroho Surjono atau Ronny (bass), dan Edwin Marshal Syarif (gitar).

Pas Band dan Cokelat akan tampil masing-masing minimal 1 jam di panggung dengan membawakan 10-12 lagu andalan mereka.

Team Event Gudang Garam Mohammad Ikbar Permana mengatakan, tampilnya Pas Band dan Cokelat di Kota Bekasi merupakan hasil survei independen yang dilakukan tim melalui radio dan bertanya kepada responden anak muda. "Dari pertanyaan siapa band yang diinginkan tampil di Kota Bekasi, ternyata ada dua nama yang mendapat permintaan terbanyak, yakni Pas Band dan Cokelat," katanya.

Gudang Garam Area Manajer Bekasi Erwin Tanujaya mengatakan, Surya Professional Mild Tour 2011 diadakan untuk mempromosikan produk rokok Surya Pro Mild melalui festival musik tahunan yang besar-besaran.

Festival ini awalnya diadakan pada 2010 di 30 kota. Adapun acara tahun ini diadakan di 55 kota se-Indonesia. Untuk tahun ini, Kota Bekasi berada di urutan ke-41 dari 55 kota tempat pelaksanaan festival.

Sandy dari Pas Band dan Abek dari Cokelat berjanji bahwa kedua band akan tampil maksimal dan habis-habisan untuk menghibur pencinta mereka di Kota Bekasi.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Mancanegara

sumber :-

ANTARA - Mancanegara


PM Mesir Perintahkan Semua Polisi Tertuduh Pembunuh Demonstran Dipecat

Posted: 09 Jul 2011 05:00 PM PDT

Hosni Mubarak (Foto reuters/ Antaranews/Grafis)

Berita Terkait

Video

Kairo (ANTARA News) - Perdana Menteri Mesir mengatakan, Sabtu, ia telah memerintahkan pemecatan semua pejabat polisi yang dituduh membunuh demonstran dalam pergolakan yang menjatuhkan presiden Hosni Mubarak, sebagai bagian dari serangkaian tindakan yang dimaksudkan untuk menenteramkan demonstran.

Essam Sharaf menyatakan ia "telah mengeluarkan perintah pada menteri dalam negeri untuk memberhentikan semua pejabat polisi yang dituduh membunuh demonstran dari pekerjaan", dalam pidato yang disiarkan di televisi pemerintah, lapor AFP.

Sharaf berbicara ketika ribuan orang berdemonstrasi di Lapangan Tahrir di Kairo untuk mendorong perubahan politik lebih cepat, sehari setelah demonstrasi massa di seluruh negeri mengecam penguasa militer negara itu.

Di antara tuntutan penting yang disampaikan oleh demonstran pada demonstrasi Jumat adalah diakhirinya pengadilan militer terhadap warga sipil, pemecatan dan penuntutan terhadap para pejabat polisi yang dituduh membunuh demonstran, serta pengadilan cepat dan transparan terhadap para pejabat bekas rezim.

Sharaf telah berjanji untuk memenuhi tuntutan para demonstran itu, serta menjanjikan pengadilan cepat terhadap para pejabat rezim Mubarak.

Ia "telah memerintahkan pembentukan sebuah panel untuk meninjau kembali pengadilan (terhadap orang-orang yang dituduh) membunuh demonstran dan melakukan korupsi secepat mungkin", tanpa menunggu hingga setelah pengadilan reses pada musim panas.

"Penuntut umum akan naik banding atas semua putusan yang membebaskan orang-orang dalam kasus-kasus itu," Sharaf menegaskan.

Ia menyampaikan bahwa ia juga akan mengadakan "satu mekanisme untuk dialog dengan semua kekuatan politik".

Para demonstran yang pertama-tama turun ke jalan untuk menggulingkan Hosni Mubarak belum lama ini telah mengarahkan kemarahan mereka ke Dewan Tertinggi Angkatan Bersenjata yang mengambil kekuasaan ketika pemimpin veteran itu dipecat pada Februari lalu.

Revolusi 25 Januari itu telah menyebabkan 846 orang tewas dan lebih dari 6.000 orang yang lain luka-luka.(S008/K004)

Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Austria Selidiki Kemungkinan Warganya Anggota Senior Al Qaida

Posted: 09 Jul 2011 04:41 PM PDT

Wina (ANTARA News) - Para penuntut di Wina telah memulai penyelidikan terhadap seorang pemuda Austria yang diduga menjadi seorang anggota senior Al Qaida, menurut sebuah laporan dalam edisi Ahad Austrian Die Presse.

Tersangka, dikenal sebagai "Driss", diperkirakan memimpin sebuah kelompok gerilyawan asal Austria di perbatasan Afghanistan-Pakistan, kata laporan tersebut, mengutip seorang spesialis mengenai kelompok teror Amerika Serikat, Paul Cruickshank, lapor AFP.

Agen-agen intelijen Austria menangkap "Driss" pada 2005 dan yakin ia telah menjadi seorang sekutu dekat Saleh al-Somali, yang adalah salah seorang pembantu paling senior Al Qaida sebelum ia tewas akibat serangan pesawat mata-mata AS pada 2009.

"Driss" diketahui telah masuk Islam dan lahir di ibukota Austria pada 1983, kata surat kabar tersebut. (S008/AK/K004)

Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPAS.com - Internasional

sumber :-

KOMPAS.com - Internasional


Polisi Malaysia Tangkap 1.667 Demonstran

Posted: 10 Jul 2011 03:34 AM PDT

Malaysia Rusuh

Polisi Malaysia Tangkap 1.667 Demonstran

Benny N Joewono | Minggu, 10 Juli 2011 | 10:34 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Polisi Malaysia mengatakan Minggu (10/7/2011), mereka telah menangkap 1.667 orang dalam upaya menghalau dan membersihkan pengunjuk rasa yang terorganisir dalam Koalisi Bersih.

Para pengunjuk rasa yang ditangkap, termasuk beberapa pejabat senior oposisi yang tergabung dalam Koalisi Bersih. Namun para pengunjuk rasa kemudian dibebaskan setelah ditahan beberapa jam.

Sementara itu diberitakan sedikitnya 1.600 orang ditangkap menyusul gelombang aksi unjuk rasa puluhan ribu anggota partai oposisi Malaysia di Kuala Lumpur, Sabtu (9/7/2011), yang menuntut reformasi dalam pelaksanaan pemilihan umum.

Aksi ini merupakan puncak tekanan politik terhadap partai berkuasa Malaysia pimpinan Perdana Menteri (PM) Najib Razak beberapa pekan terakhir dan merupakan aksi unjuk rasa terbesar yang pernah terjadi di negeri jiran dalam beberapa tahun terakhir.

Polisi menembakkan gas air mata guna menghalau para pengunjuk rasa. Pemimpin oposisi Anwar Ibrahim mengatakan dalam jejaring sosial Twitter, dirinya mengalami cedera ringan saat kelompoknya ditembaki aparat dengan gas air mata. Ia terjatuh di tangga.

Diperkirakan lebih dari 50.000 turun ke jalan meskipun sudah diperingatkan oleh pemerintah, bahwa aksi unjuk rasa di jalanan adalah ilegal.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

41 Orang Dibantai, Lalu Ditumpuk di Truk

Posted: 10 Jul 2011 02:31 AM PDT

MEXIKO CITY, KOMPAS.com - Pemerintah Meksiko mengirim 1.800 tambahan polisi pada Sabtu untuk menghadapi perang narkoba yang mengerikan dan mematikan di negara itu, dengan setidaknya 41 orang dibunuh selama akhir pekan, termasuk 10 dipenggal.

Seluruhnya 1.800 agen federal dikirim ke negara bagian Michoacan pada Sabtu, dalam pertempuran di sana terutama dengan Knights Templar, sebuah kelompok sempalan kartel obat La Familia.

Bala bantuan yang didukung oleh 170 kendaraan, 15 ambulans dan empat MI serta helikopter Black Hawk, kata kantor Keselamatan Publik mengumumkan.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Alejandro Poire menyebutnya sebagai penguatan operasi yang dihadapkan pada kemungkinan mobilisasi yang lebih besar oleh kelompok kejahatan terorganisir.

"Mereka melancarkan perang absurd, untuk mati, untuk mengendalikan tindak kejahatan dan rute perdagangan narkoba ke Amerika Serikat," tegasnya.

Pemerintah federal sudah mengerahkan sekitar 50.000 tentara angkatan darat dan ribuan polisi federal dalam memerangi kartel narkoba.

Pihaknya menyalahkan kelompok tersebut sebagai penyebab sebagian besar dari 37.000 orang yang tewas sejak mulai serangan militer terhadap kartel-kartel pada Desember 2006.

Dan pada akhir pekan ini tidak terkecuali dengan derajat pertumpahan darah yang mengejutkan, untuk mengintimidasi yang sering ditimbulkan ketika kelompok-kelompok orang menolak untuk bekerja sama dengan pengedar narkoba.

Polisi di kota utara Torreon Sabtu mengatakan mereka menemukan mayat tanpa kepala tujuh pria dan tiga wanita di belakang sebuah truk pick-up yang ditinggalkan.

Kepala polisi Guillermo Flores mengatakan kepada AFP bahwa hanya satu kepala, milik perempuan, ditemukan di tempat kejadian, dan bahwa pembunuh telah menempatkan sosok itu di kap truk.

Truk pick-up tersebut diparkir di jalan raya di sekitar Torreon, kota berpenduduk sekitar 650.000 di mana terletak dua jalan raya utama menuju utara ke Amerika Serikat bertemu.

"Para korban tampaknya telah dibunuh beberapa hari lalu di lokasi yang berlainan, dan tubuh mereka ditumpuk di truk pick-up yang ditinggalkan dalam upaya menimbulkan teror di antara warga Torreon," kata polisi kota dalam sebuah pernyataan.

Polisi belum mengatakan siapa-siapa mereka yang menjadi tersangka, tetapi negara bagian Coahuila, di mana Torreon terletak, adalah medan pertempuran antara dua kartel kuat obat di Meksiko.

Zetas, yang didirikan oleh mantan tentara pasukan khusus Meksiko, dan kartel Pasifik, yang dipimpin oleh Joaquin "Chapo" (si Pendek) Guzman.

Mayat-mayat tanpa kepala itu ditemukan beberapa jam setelah 20 orang tewas Jumat malam, ketika orang-orang bersenjata menyerang sebuah bar lokal di kota utara Monterrey, kota penting ketiga Meksiko.

Para penyerang, yang tiba dengan dua truk pick-up dan mobil, menyerbu ke dalam bar di distrik kehidupan malam yang ramai Monterrey dan mulai menembak kepada para pengunjung. 11 orang ditembak mati pada Jumat sore di Chalco, sebuah kota di pinggiran Mexico City.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Utusan Online - Luar Negara

sumber :-

Utusan Online - Luar Negara


Negara baru Sudan Selatan

Posted:

Negara baru Sudan Selatan

Negara baru Sudan Selatan

JUBA 9 Julai - Beribu-ribu penduduk di selatan Sudan menari sepanjang malam bagi meraikan kemerdekaan wilayah tersebut yang muncul sebagai sebuah negara terbaru di dunia hari ini, yang turut menyaksikan pelbagai sambutan diadakan di seluruh negara.

Republik Sudan Selatan mencapai kemerdekaan selepas satu pungutan suara diadakan pada Januari lalu yang merupakan kemuncak kepada perjanjian damai pada 2005 yang menamatkan perang saudara dengan bahagian utara negara.

Dalam satu majlis yang dihadiri berpuluh-puluh ribu penduduk republik ini, pemimpin Salva Kiir mengangkat sumpah sebagai Presiden Republik Sudan Selatan.

"Saya dengan ini bersumpah dengan nama Tuhan sebagai Presiden Republik Sudan Selatan. Saya akan berpegang teguh dan menyatakan kesetiaan kepada negara ini," katanya dalam satu upacara khas meraikan kemerdekaan negara ini daripada bahagian utara Sudan.

Pasukan keselamatan pada mulanya dilihat mengawal jalan-jalan raya di ibu negara Sudan Selatan ini tetapi berundur ketika penduduknya mengibarkan bendera, menari dan melaungkan 'Sudan Selatan bebas'.

Selepas subuh, beribu-ribu penduduk berkumpul di majlis sambutan kemerdekaan di pusat bandar Juba yang turut dihadiri tokoh-tokoh negara Afrika termasuk Presiden Sudan, Omar al-Bashir.

Turut hadir pada majlis sambutan itu ialah kira-kira 200 penyokong ketua pemberontak Darfur, Abdel Wahed al-Nur, sebuah pasukan yang berjuang di Khartoum selama lapan tahun pemberontakan bagi memerangi bahagian utara negara itu.

Penyokong Tentera Pembebasan Sudan dilihat berdiri dalam barisan sambil melaungkan 'selamat datang negara baru' dengan memakai baju memaparkan imej ketua mereka.

Penari-penari tradisional turut memukul gendang sambil memegang perisai dan kayu dalam sambutan berkenaan.

"Saya sangat gembira untuk menjadi rakyat kelas pertama di negara saya sendiri,'' kata seorang penduduk, Cirilow, 47. – Reuters

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Thaksin tidak terlibat urusan Pheu Thai

Posted:

Thaksin tidak terlibat urusan Pheu Thai

Thaksin tidak terlibat urusan Pheu Thai


Bakal Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra (tengah), menghadiri satu mesyuarat berhubung pembentukan kerajaan campuran di sebuah hotel di Bangkok, pada 4 Julai lalu. - AFP


BANGKOK 9 Julai - Bakal Perdana Menteri Thailand, Yingluck Shinawatra hari ini menegaskan abangnya, Thaksin yang juga bekas Perdana Menteri sama sekali tidak terlibat dalam urusan Parti Pheu Thai.

Beliau berkata, seramai 111 bekas anggota Parlimen semasa Thaksin berkhidmat sebagai Perdana Menteri juga tidak terbabit dalam sebarang urusan partinya.

"Pheu Thai mempunyai pasukannya sendiri untuk membuat polisi dan menyelesaikan masalah negara,'' tegasnya.

Beliau berkata demikian sebagai mengulas tindakan undang-undang oleh Parti Demokrat yang meminta Suruhanjaya Pilihan Raya (EC) membubarkan Pheu Thai kerana membenarkan Thaksin dan mereka yang diharamkan berpolitik terlibat dalam mendraf polisi parti tersebut.

Yingluck juga menafikan laporan media bahawa beliau merancang bertemu Thaksin di Hong Kong berhubung pemilihan barisan anggota Kabinet yang bakal dipimpinnya.

Adik jutawan telekomunikasi itu berkata, beliau tidak mempunyai rancangan untuk ke luar negara dalam masa terdekat.

"Semua pembuat keputusan berada di Thailand. Bagaimanapun, kami masih belum buat apa-apa keputusan mengenainya.

"Kami ketika ini sibuk merangka polisi kerajaan,'' ujarnya.

Beliau menambah, parti itu sedia menerima cadangan berhubung pengagihan kerusi Kabinet termasuk dari kalangan parti-parti yang membentuk kerajaan campuran.

Parti Chartthaipattana yang akan menyertai kerajaan campuran dilapor meminta untuk memegang dua portfolio iaitu Kementerian Pertanian dan Kementerian Tenaga. - Agensi

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Berita Terkini

sumber :-

ANTARA - Berita Terkini


Hari Ini Ragunan Dibanjiri 20 Ribu Pengunjung

Posted: 09 Jul 2011 06:47 PM PDT

Ilustrasi - Salah satu atraksi yang ditawarkan di Kebun Binatang Ragunan (FOTO ANTARA/Widodo S. Jusuf)

Selama liburan anak sekolah, kami memberikan atraksi satwa-satwa yang ada di sini, seperti gajah tunggang, kuda tunggang dan unta tunggang.

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) - Menjelang akhir liburan anak sekolah, Kebun Binatang Ragunan masih di minati pengunjung yang mencapai sekitar 20.000 pengunjung.

"Selama liburan anak sekolah jumlah pengunjung sekitar 8.000 -10.000 pengunjung per harinya dan untuk hari ini sekitar 10.000-20.000 pengunjung. Namun, jumlah pengunjung saat ini tidak seramai Sabtu lalu yang dapat menembus 82.000 pengunjung dalam sehari," kata Humas Taman Margasatwa, Wahyudi Bambang, Jakarta, Sabtu.

Menurut dia, penurunan jumlah pengunjung saat ini dari minggu kemarin, disebabkan datangnya tahun ajaran baru yang membuat para orang tua lebih memfokuskan perhatiannya untuk persiapan sekolah anak.

Mengenai harga tiket masuk, tambahnya, tidak mengalami kenaikan harga selama liburan ini, harga masih sama seperti biasa yaitu Rp. 3.000, - untuk anak-anak dan Rp. 4.000, - untuk orang dewasa.

"Selama liburan anak sekolah, kami memberikan atraksi satwa-satwa yang ada di sini, seperti gajah tunggang, kuda tunggang dan unta tunggang. Hal tersebut akan mempunyai daya tarik untuk pengunjung yang ada di sini, " katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pariwisata DKI Jakarta guna menghibur pengunjung Ragunan berupa pertunjukkan Kesenian Kebudayaan Betawi, yang dapat dinikmati hari Sabtu dan Minggu, selama liburan sekolah.

Sementara itu, Hendry, salah satu pengunjung mengatakan dirinya berusaha menyempatkan waktu ke sini untuk mengisi minggu akhir liburan sekolah bersama keluarga.

"Untuk mengisi minggu terakhir liburan anak-anak, kami berkunjung ke Ragunan sekaligus menikmati hewan margasatwa yang ada di sini," demikian Hendry.

(PSO- 273)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Venezuela Libas Ekuador 1-0 di Copa America

Posted: 09 Jul 2011 05:35 PM PDT

Salta, Argentina (ANTARA News) - Berikut ini hasil pertandingan Grup B turnamen sepak bola Copa America yang berlangsung Sabtu waktu setempat, seperti dilaporkan AFP.

Ekuador 0 Venezuela 1 (Gonzalez 62)

Tim

Ekuador: Marcelo Elizaga - Neicer Reasco, Norberto Araujo, Frickson Erazo, Walter Ayovi - Segundo Castillo (Mario Quiroz, 76), Cristian Noboa, Michael Arroyo (Edson Montano, 71), Edison Mendez - Christian Benitez, Felipe Caicedo.

Pelatih: Reinaldo Rueda.

Venezuela: Renny Vega - Roberto Rosales, Oswaldo Vizcarrondo, Grenddy Perozo, Gabriel Cichero - Tomas Rincon, Franklin Lucena, Cesar Gonzalez (Jesus Meza, 64), Juan Arango - Nicolas Fedor (Salomon Rondon, 74), Giancarlo Maldonado (Giacomo Di Giorgi, 81). Coach: Cesar Farmas.

Wasit: Walter Quesada (CRC).  (A008/K004)

Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Berita Harian: Dunia

sumber :-

Berita Harian: Dunia


Polis Pakistan jejaki lelaki bersenjata

Posted: 09 Jul 2011 03:21 PM PDT

An error was encountered while publishing this resource.

Sorry, a site error occurred.

Traceback (innermost last):

  • Module ZPublisher.Publish, line 231, in publish_module_standard
  • Module ZPublisher.Publish, line 179, in publish
  • Module Zope2.App.startup, line 279, in abort
  • Module transaction._manager, line 96, in abort
  • Module transaction._transaction, line 468, in abort
  • Module transaction._transaction, line 541, in abort
  • Module Shared.DC.ZRDB.TM, line 64, in abort
  • Module Products.ZPsycopgDA.db, line 78, in _abort
  • Module Products.ZPsycopgDA.db, line 51, in getconn
InterfaceError: connection already closed

Troubleshooting Suggestions

  • The URL may be incorrect.
  • The parameters passed to this resource may be incorrect.
  • A resource that this resource relies on may be encountering an error.

For more detailed information about the error, please refer to the error log.

If the error persists please contact the site maintainer. Thank you for your patience.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Penulis warga Britain bebas penjara, diusir dari Singapura

Posted: 09 Jul 2011 03:20 PM PDT

An error was encountered while publishing this resource.

Sorry, a site error occurred.

Traceback (innermost last):

  • Module ZPublisher.Publish, line 231, in publish_module_standard
  • Module ZPublisher.Publish, line 179, in publish
  • Module Zope2.App.startup, line 279, in abort
  • Module transaction._manager, line 96, in abort
  • Module transaction._transaction, line 468, in abort
  • Module transaction._transaction, line 541, in abort
  • Module Shared.DC.ZRDB.TM, line 64, in abort
  • Module Products.ZPsycopgDA.db, line 78, in _abort
  • Module Products.ZPsycopgDA.db, line 51, in getconn
InterfaceError: connection already closed

Troubleshooting Suggestions

  • The URL may be incorrect.
  • The parameters passed to this resource may be incorrect.
  • A resource that this resource relies on may be encountering an error.

For more detailed information about the error, please refer to the error log.

If the error persists please contact the site maintainer. Thank you for your patience.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi international.okezone.com

sumber :-

Sindikasi international.okezone.com


Pasca Bentrokan Kondisi Kuala Lumpur Terkendali

Posted: 09 Jul 2011 08:26 AM PDT

KUALA LUMPUR- Kondisi situasi ibu kota sudah kembali terkendali pascakericuhan antara kelompok oposisi di Malaysia dengan demonstran. Inspektur Jenderal Polisi, Tan Sri Ismail Omar mengatakan situasi di ibukota berangsur kondusif setelah kelompok demonastran dibubarkan.  
"Saya telah memerintahkan Kepala Kepolisian Kuala Lumpur, Datuk Amar Singh untuk melakukan pengawasan dan memastikan bahwa orang-orang tidak kembali," katanya kepada wartawan seperti dukutip Bernama, Sabtu (9/7/2011).
 
Ismail menambahkan dalam insiden itu, polisi telah mengamankan sekira 1.401 orang termasuk 13 anak dan 115 wanita. Meskipun demonstran sudah membubarkan diri, pihak kepolisian masih melakukan penjagaan di sekitar ibukota federal dan masih memasang barikade untuk mengahalau demonstran.
 
Sekira 6000 orang terlibat aksi demonstrasi illegal dan berkumpul di dua lokasi, yakni Puduraya dan di sekitar Stadion Merdeka. Mereka dihalau polisi dengan menggunakan gas air mata dan water cannon.
 
Ismail mengatakan, demonstran yang ditahan diperlakukan dengan baik di Pusat Pelatihan Polisi (Pulapol). Bahkan mereka yang terluka juga sudah diberikan pengobatan.
 
(opx)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Pasukan Afghanistan Tembak Mati 2 Pasukan NATO

Posted: 09 Jul 2011 03:22 AM PDT

KABUL - Kepolisian Afghanistan menyatakan, seorang pasukan Afghanistan menembak dua pasukan NATO yang sedang mengawal rombongan tim rekonstruksi ke provinsi bagian utara Afghanistan.

Jenderal Polisi Mohammad Qasim Jangalbagh menginformasikan, penembakan tersebut terjadi hari ini di Distrik Darah, Provinsi Panjshir yang terletak 99 kilometer dari Kabul.

Tersangka menghentikan rombongan tersebut lalu berdebat dengan para pasukan NATO dan melepaskan tembakan. Demikian seperti diberitakan Associated Press, Sabtu (9/7/2011).

Pasukan NATO pun melakukan tembakan balasan ke pasukan Afghanistan itu dan membunuhnya. Hingga kini NATO sedang melakukan penyelidikan atas penembakan tersebut.

Kejadian yang serupa juga sempat terjadi pada 2010 lalu. Sebanyak enam pasukan NATO ditembak oleh perwira kepolisian Afghanistan yang merupakan mitranya. NATO pun terpaksa menembak polisi tersebut.(rhs)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi celebrity.okezone.com

sumber :-

Sindikasi celebrity.okezone.com


Kesandung Kasus, Widi Vierra Tetap Manggung

Posted: 09 Jul 2011 08:41 AM PDT

TANGERANG- Sepertinya kasus yang dialami Widi vokalis Vierra hanyalah kasus yang sepele, buktinya Widi tetap tampil di acara gebyar Ifa nasional 2011 bersama grup bandnya.
 
Sekira pukul 21.50 WIB, Widi datang ke gedung Ifa di Teras Kota, Serpong, Tangerang, Sabtu (9/7/2011) malam, mengenakan baju berwarna putih serta memakai kain selendang warna hitam bermotif totol hijau dengan rambut digerai
 
Pemilik nama asli Widi Soediro Nichlany ini berjalan bersama grup band vierra. Pantauan okezone melihat perempuan berdarah Jawa ini memasuki ruang ganti setelah Kevin Aprillio.
 
Anak kandung Memes ini mengenakan kaos berwarna putih serta terdapat topi warna putih di kepalanya tersebut.
 
Bukan hanya itu saja, para pemburu media pun telah menunggu pemilik lagu My first love tersebut sejak sore, bahkan memasuki malam para media pun diminta para panitia untuk tidak berada di dekat ruang ganti mereka dengan alasan Vierra tidak akan manggung jika para wartawan masih berada di wilayahnya tersebut.
 
"Minta tolong, ya mas. Kalau bisa jangan berada di wilayah vierra, terutama yang bawa kamera soalnya vierranya nggak mau manggung kalau ada kalian, tolong kerjasamanya, ya," tukas salah satu panitia yang enggan disebutkan namanya tersebut.
 
Sekira pukul 22.10 WIB, Vierra pun memasuki panggung kini, penampilan mereka pun berubah, Widi pun tak mengenakan kain namun dirinya menggunakan kaos berlengan panjang dengan motif garis.
 
Rencananya, grup band yang berdiri sejak november 2008 ini akan tampil dengan membawakan karya mereka sebanyak 2 lagu saja.
 
(ahm)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Koleksi Seni Michael Jackson Rp7,6 Triliun Diperebutkan

Posted: 09 Jul 2011 04:13 AM PDT

LOS ANGELES - Koleksi seni rahasia milik Michael Jackson senilai USD900 juta (Rp7,6 triliun) diperebutkan di pengadilan. Pengacara King of Pop berjuang mempertahankan sebagian koleksi tersebut.

Koleksi utama yang sangat langka itu baru saja ditemukan. Pengacara Michael berjuang keras mengembalikan karya seni senilai USD87.700.000 yang sebelumnya telah dijual kepada seorang pebisnis internasional yang identitasnya dirahasiakan.

Pakar seni Eric Finzi mengatakan, koleksi benda seni sejumlah 182 yang tidak pernah secara terbuka diperllihatkan, memiliki harga tak ternilai untuk penjualan masa mendatang di pasar seni internasional.

"Aura mistis Michael dalam kehidupan dikombinasikan dengan pemaparan kreasi indah seni rupa setelah kematian tragis akan meningkatkan karya-karyanya. Saya tidak berpikir kita harus mulai melihat nilainya," kata Eric yang dikutip Femalefirst, Sabtu (9/7/2011).

Koleksi milik pelantun Thriller itu terdiri atas gambar, sketsa, dan patung-patung yang dibuat sendiri selama beberapa tahun yang diajarkan oleh seorang seniman Australia dan temannya, Brett Livingston Strong.

Di antara karya seni lainnya adalah sketsa Martin Luther King, Presiden Abraham Lincoln, dan Presiden George Washington. Semuanya ditaksir bernilai lebih dari USD8,1 juta, termasuk sketsa kaki Jackson yang tengah melakukan tarian Moonwalk dan rekreasi Patung David dan Budak Mati karya Michelangelo.

Sebelum Michael meninggal pada Agustus 2009, tanah miliknya dibelit kesulitan keuangan. Namun surat yang dikirim kepada Brett oleh manajer bisnis Jackson sekaligus juru bicaranya Dr Tohme Tohme membuka jalan bagi penjualan, mentransfer atas koleksi karya seni gratis untuk menyimpan, menjual, menyalin, untuk digunakan.

Brett dan penasihatnya diperkirakan telah mengatur kesepakatan untuk menjual karya seni itu. Pengacara sekarang mempertanyakan keabsahan surat dan mencoba untuk mengembalikan barang-barang yang sudah dijual.(ang)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPAS.com - Nasional

sumber :-

KOMPAS.com - Nasional


Mafia pada Pemilu 2009 Semakin Jelas

Posted: 09 Jul 2011 05:40 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Andreas Pareira menegaskan, proses penyelidikan oleh Panitia Kerja Mafia Pemilu 2009 di DPR semakin memperjelas adanya mafia pada Pemilu 2009. Hal ini tercermin dari pemeriksaan yang dilakukan oleh Panja Pemilu, termasuk pemeriksaan terhadap politisi Partai Demokrat Andi Nurpati, yang juga mantan anggota KPU.

"Masyarakat bisa melihat secara kasat mata bahwa memang ada sesuatu yang terselubung yang selama ini ditutupi," kata Andreas kepada Kompas.com, Sabtu (9/7/2011).

Ia mengemukakan, pemeriksaan oleh Panja mempertegas adanya keterlibatan anggota KPU dan Mahkamah Konstitusi (MK). Ada personel khusus di KPU dan MK yang membangun jalur kerja khusus. Mereka, kata Andreas, bekerja di luar sistem yang baku dengan maksud dan tujuan tertentu. "Kerja mafia ini pasti atas pesanan parpol atau caleg tertentu, serta pihak yang berkepentingan terhadap kursi di DPR," kata Andreas.

Andreas menduga ada perombakan sistemik yang berdampak pada perubahan sistem penetapan caleg. "Akibatnya, sistem penghitungan suara dan pengalokasian kursi menjadi rusak. Tidak ada standar baku. Ini semua dirusak oleh aktor mafia Pemilu," tutur Andreas.

PDIP, kata Andreas, meminta Panja segera mengidentifikasi aktor KPU serta otak di balik manipulasi tersebut. "Di luar kasus penghitungan suara dan penetapan caleg, kemungkinan ada juga mafia dalam tahapan-tahapan pemilu. Ini juga harus dibongkar. Panja harus pintar menyusun strategi. Apabila Panja berhasil membongkarnya, ini akan menjadi catatan prestasi besar untuk DPR RI, khususnya Komisi II," kata Andreas.

Sebelumnya, seperti diwartakan Kompas, Panja telah menemukan titik terang dalam mengungkap kasus surat palsu MK yang hampir meloloskan anggota Partai Hati Nurani Rakyat, Dewi Yasin Limpo, sebagai anggota DPR 2009-2014. Andi Nurpati dinilai berperan signifikan, setidaknya dalam komunikasi antara pihak KPU dan MK yang kemudian memunculkan surat palsu tersebut.

Wakil Ketua Panitia Kerja (Panja) Mafia Pemilu Hakam Naja (PAN) dan Ganjar Pranowo (PDIP) menyebutkan, informasi yang muncul dalam rapat dengar pendapat dengan jajaran Sekretariat Jenderal KPU pada Kamis (7/7/2011) malam menguak peran Andi Nurpati dalam pusaran surat palsu MK tertanggal 14 Agustus 2009 tersebut. Menurut Hakam, dengan logika adanya kelompok yang menyuruh, membuat, dan menggunakan surat palsu, Andi Nurpati terindikasi menggunakan surat tersebut dalam rapat pleno KPU. Bahkan, ada indikasi kuat Andi Nurpati terlibat dalam lalu lintas komunikasi KPU dengan MK yang akhirnya memunculkan surat palsu tersebut.

Keterangan penting diperoleh Panja dari Sugiharto, staf Andi Nurpati. Sugiharto mengaku diperintah Andi Nurpati untuk mengetik surat permintaan penjelasan dari MK pada Agustus 2009. Surat itu ditujukan kepada panitera MK dan bukan Ketua MK serta dikirim via faksimile ke nomor yang juga diberikan oleh Andi Nurpati. "Padahal, informasi seperti itu pernah dibantah Andi Nurpati," ujar Ganjar.

Keterangan penting lain adalah keberadaan surat asli dari MK tertanggal 17 Agustus 2009 yang menjelaskan soal hasil sengketa pemilu di Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan I. Kepala Biro Hukum KPU (saat itu) WS Santoso dan Wakil Kepala Biro Hukum Sigit Joyowardono baru menerima surat asli tersebut dari Andi Nurpati pada Juli 2010 manakala Andi Nurpati pamit keluar dari KPU untuk menjadi Ketua Divisi Komunikasi Publik Partai Demokrat. Surat tersebut bersama sejumlah dokumen lain telah disita Badan Reserse Kriminal Polri untuk kepentingan penyidikan. "Setidaknya, ada indikasi penggelapan surat di situ," kata anggota Panja, Malik Haramain.

Malik menyebutkan, dengan keterangan penting tersebut, patah sudah argumentasi Andi Nurpati bahwa ia tidak tahu-menahu mengenai keberadaan surat dari MK. Bahkan, sejak awal sebenarnya Andi Nurpati terlibat aktif berkomunikasi dengan pihak MK terkait putusan sengketa hasil pemilu di Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan I. Dia juga mengetahui keberadaan surat MK yang asli, menyuruh stafnya untuk menyimpan, dan kemudian menyerahkannya kepada staf Setjen KPU saat dia hendak keluar dari KPU.

Kasus dugaan pemalsuan surat MK, termasuk kasus-kasus lain, menjadi ujian dan tantangan bagi Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri yang baru Inspektur Jenderal Sutarman. Penanganan dan penyelesaian kasus-kasus tersebut dapat menunjukkan kepolisian profesional, independen, dan tidak terpengaruh oleh kepentingan politis. Hal tersebut terungkap dalam diskusi bertema "Lanskap Institusi Polri di Iklim Pancaroba Politik" di Jakarta, Kamis (7/7/2011).

Tampil sebagai pembicara dalam diskusi itu, antara lain, adalah Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhie Massardi, pengamat kepolisian Bambang Widodo Umar, Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) Haris Azhar, dan Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

ICW: Polri Membangkang Putusan KIP

Posted: 09 Jul 2011 05:40 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Sikap Polri yang tetap menolak membuka nama 17 perwira pemilik rekening berserta besaran saldonya dinilai sebagai pembangkangan terhadap putusan Komisi Informasi Pusat (KIP).

"Ini pembangkangan terhadap putusan KIP," ucap Tama Satya Langkun, aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) kepada Kompas.com, Sabtu (9/7/2011) di Jakarta.

Tama dimintai tanggapan atas pernyataan Kepala Biro Bantuan Hukum Polri Brigjen (Pol) Iza Fadri bahwa Polri tidak akan menjalankan putusan KIP.

Tama menilai Polri tidak mengerti pusutan KIP lantaran terus mengaitkan permohonan ICW dengan ancaman pidana dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

Polri berdalih tidak dapat memberi data terkait 17 rekening perwiranya dengan dasar Pasal 11 ayat (1) UU Pencucian Uang. Dalam pasal itu, penyidik harus merahasiakan dokumen. Jika tidak, dapat dikenakan pidana. Alasan itu sudah dipakai sejak Kepala Polri dijabat Jenderal (Purn) Bambang Hendarso Danuri.

"Yang kita minta itu bukan rekening yang dalam proses penyelidikan. Kita cuma minta rekening yang sudah diproses dan dianggap wajar agar dibuka ke publik. Kalau wajar berarti kan enggak ada masalah," tutur Tama.

"Kita juga hanya minta dibuka siapa jenderalnya, berapa besaran rekeningnya. Kita tidak minta kapan tanggal transaksinya, dengan siapa transaksinya, di bank mana. Bukan soal transaksinya. Permohonan kita sudah dikabulkan KIP," papar Tama.

Ketika ditanya apa langkah ICW selanjutnya menghadapi sikap Polri itu, Tama menjawab, "Apalagi yang bisa dilakukan. Kita sudah lewati semua mekanisme hukum."

Seperti diberitakan, Polri tak menjalankan putusan KIP lantaran menilai KIP tidak memiliki kewenangan eksekutorial. Putusan KIP itu juga dinilai belum bersifat final karena mekanisme banding yang masih belum jelas.

Pasalnya, sesuai UU mengenai KIP, termohon (Polri) dapat mengajukan banding ke Pengadilan Tata Usaha Negera (PTUN). Namun, sesuai UU Nomor 9 Tahun 2004 tentang PTUN, yang dapat mengajukan gugatan ke PTUN adalah orang atau badan hukum perdata. Adapun Polri adalah lembaga publik. Karena itulah Polri mencabut gugatan ke PTUN.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS