Sabtu, 9 Julai 2011

Sindikasi lifestyle.okezone.com

Sindikasi lifestyle.okezone.com


Diagnosis Dini, Jamin Pengobatan Kanker Prostat Lebih Sesuai

Posted: 09 Jul 2011 06:16 AM PDT

Lifestyle » Kesehatan » Diagnosis Dini, Jamin Pengobatan Kanker Prostat Lebih Sesuai
Sabtu, 9 Juli 2011 - 20:16 wib

Lastri Marselina - Okezone

JAKARTA - Kanker prostat umumnya dapat diklasifikasi berdasarkan keganasan dan stadium. Derajat keganasan menggambarkan sejumlah sel-sel tumor telah menggerogoti sel-sel normal dari kanker prostat.

"Diagnosis dini penting untuk mengetahui pengobatan yang sesuai. Sebab rata-rata pasien yang berkonsultasi ke dokter datang dengan keadaan sudah stadium lanjut-yang tentu lebih sulit untuk disembuhkann" sahut Prof.dr.Rainy Umbas, Ph.D,Sp.U pada Media Edukasi "Kenali dan Waspadai Kanker Prostat" di Hotel Le Meridien, Jakarta pada Sabtu (9/7/2011).

Dijelaskan Prof.dr.Rainy Umbas biopsi diperlukan untuk mengetahui jenis tumor dan pengobatan sesuai. Biopsi tidak  menyebabkan sel kanker menyebar, hanya saja ada resiko infeksi dan nyeri.

"Sebelum pengobatan, kenali dulu stadiumnya, kemudian pastikan sel kanker tidak menyebar ke tulang maka perlu dilakukan bone scan dan MRI, jika diperlukan. Pilihan pengobatan diantaranya; pengamatan jika masih kecil, operasi pengangkatan buah zakar, terapi sinar, terapi hormonal, kemoterapi dan perawatan paliatif," tambahnya.

Bagi pasien yang berusia dibawah 70 tahun, operasi dapat dilakukan jika pasien tidak menderita penyakit lain. Sementara untuk pasien berusia 70 tahun keatas, dapat memilih terapi sinar.

(ahm) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sering Bangun Malam Berkemih, Bisa Jadi Gejala Kanker Prostat!

Posted: 09 Jul 2011 06:12 AM PDT

Lifestyle » Kesehatan » Sering Bangun Malam Berkemih, Bisa Jadi Gejala Kanker Prostat!
Sabtu, 9 Juli 2011 - 20:12 wib

Lastri Marselina - Okezone

KANKER prostat adalah keganasan yang terjadi di dalam kelenjar prostat-letaknya tepat di bawah kandung kemih pada sistem reproduksi pria. Kanker prostat merupakan penyebab kematian ketiga pria. Faktor risiko kanker prostat, diantaranya; faktor usia, riwayat keluarga, diet tinggi lemak, kurang paparan sinar matahari dan paparan logam berat.

"Penyebab utama kanker prostat memang belum diketahui, namun faktor risiko di atas perlu diketahui. Kanker prostat jarang dialami oleh pria di bawah 50 tahun, tapi 5 persen kasus kanker prostat dapat terjadi jika ada riwayat orang tua yang terkena kanker prostat. Gejala-gejala kanker prostat di antaranya; sering bangun malam untuk berkemih, sering berkemih di siang hari, perasaan terbakar saat berkemih, adanya darah pada air seni atau sperma, pancaran kencing lemah bahkan harus mengedan, sulit ereksi dan kencing tidak tuntas (keinginan kencing terus ada)," sahut Prof.dr. Rainy Umbas, Ph.D, Sp.U pada Media Edukasi "Kenali dan Waspadai Kanker Prostat!" di Hotel Le Meridien, Jakarta pada Sabtu (9/7/2011).

Prof.dr.Rainy Umbas menjelaskan konsumsi soya beserta produk-produknya, teh hijau, lycopene yang terdapat pada tomat, dan anti-oksidan yang banyak terkandung pada buah-buahan menjadi faktor penghambat kanker prostat yang mudah ditemui di Indonesia.

"Pada beberapa kasus, kanker prostat dapat diraba, caranya dengan cara 'colok dubur'. Cara kedua untuk mengetahuinya ialah pemeriksaan darah dan memeriksakan tingkat PSA (Prostate Spesific Antigen). Jika tinggi, maka perlu dilakukan biopsi. Perlu diperhatikan juga, PSA dapat meningkat jika ada infeksi prostat, setelah berhubungan seksual dan makan yang pedas-pedas," tambahnya.

Prof.dr. Rainy Umbas menganjurkan agar pria memeriksakan prostat sejak dini. Sebab kebanyakan kasus dilaporkan setelah stadium lanjut, yang tentu lebih sulit diobati. 

"Konsultasi ke dokter dan periksakan prostat 1 tahun sekali. Pertimbangkan pemeriksaan jika Anda mulai sering buang air kecil di waktu malam dan sperma mengeluarkan darah," tandasnya.

(ahm) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan