Republika Online

sumber :-

Republika Online


Tiga Investor Asing Lirik Pabrik Fotovoltaik PT LEN

Posted: 13 Jun 2013 11:27 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG—Tiga investor asing, tertarik menanamkan dananya di proyek pembangunan pabrik fotovoltaik yang akan dibangun PT LEN Industri (Persero) di Karawang. Rencananya, PT LEN akan membangun pabrik Fotovoltaik berkapasitas 60 MWp di Karawang. Tiga investor asing yang tertarik di proyek ini dua pengusaha berasal dari Cinda dan satu perusahaan dari Thailand.

          
''Nama perusahaan asingnya masih kami keep, tapi mereka serius. Kami pernah presentasi ke Eropa tapi belum ada yang tertarik, baru investor Asia,'' ujar Direktur Keuangan PT LEN Industri, Andra Y Agussalam kepada wartawan usai acara Penyerahan secara Simbolis Mobil Pengangkut Sampah dan Gerobak Sampah kepada warga RW 07 Sukaati di acara LEN Peduli Lingkungan, Jumat (14/6).

Menurut Andra, PT LEN membuka investasi asing dari luar. Namun, walaupun investasi terbuka lebar tetap saja pemegang saham mayoritas adalah PT LEN. Selain itu, dalam kerja sama yang dijalin dengan investor asing nanti aka nada transfer teknologi tidak hanya kerja sama bisnis saja.

''PT LEN, nanti tetap mayoritas jangan sampai asing jadi agar tidak didikte,'' katanya.

Andra mengatakan, biaya investasi untuk pembangunan pabrik penghasil listrik tersebut mengalami pembengkakan. Di perhitungan awal, dulu nilai investasinya 45 juta dolar Amerika atau setara dengan Rp 450 miliar. Namun, dengan adanya, depresiasi rupiah dan kenaikan bbm, ada pembengkakan nilai investasi sekitar Rp 50 miliar.

''Komponen yang bengkak, terutama pada komponen mesin.'' Kata Andra.

Khusus untuk pembiayaan, kata dia, selain ada investor asing yang berminat, perbankan sudah banyak yang berminat untuk mendanai. Salah satunya, Bank Mandiri.

Sebenarnya, kata dia, dulu di perencanaan awal, PT LEN akan memiliki saham 51 persen dan PT Pertamina 49 persen. Tapi, PT Pertamina mundur karena tidak sesuai core bisnisnya.  Jadi, akhirnya diputuskan untuk membuat konsersium baru dengan mengajak PT PLN dan PT Wijaya Karya. Masalah penyertaan modal konsersium bari ini, masih didiskusikan berapa persentasenya. Tapi inginnya, PT LEN masih mayoritas.

''Pertimbangan, ngajak PT PLN soalnya kan pasar utama ke PLN karena, pengguna mayoritas PLN,'' katanya.

Sementara menurut Dirut PT LEN, Abraham Mose, tahun ini rencana pembangunan pabrik fotovoltaik di Karawang masih terkendala dengan masalah pembebasan lahan. Tapi, kemungkinan Juli sudah selesai. Targetnya, pertengahan tahun depan sudah mulai beroperasi. ''Berdasarkan kajian, 9 bulan pembangunan pabrik selesai. Tapi, akan diupayakan dipercepat,'' kata Abraham.

Abraham optimistis,  lahannya bisa dibebaskan sesuai target. Jadi, tahun depan pabrik penghasil listrik tersebut bisa beroperasi.

Konstruksi pabrik sendiri, kata dia, didirikan dengan tahap awal seluas 20 ribu meterpersegi untuk menampung mesin-mesin produksi fotovoltaik berkapasitas 60 MWp. Selanjutnya secara bertahap kapasitas produksi ditingkatkan menjadi 350 MWp.

Pembangunan pabrik fotovoltaik di Karawang ini merupakan bagian dari rencana strategis Len dalam membangun 'Len Techno Park' di atas lahan seluas 28 hektare yang ada di Karawang tersebut. Di dalam kawasan 'Len Techno Park'a tersebut akan berdiri industri-industri berbasis teknologi tinggi selain industri fotovoltaik antara lain Industri ICT, Industri Signaling Kereta Api, dan Industri Defence Electronics.

Antasari: Penyidik Tak Pernah Upayakan Barang Bukti Berupa SMS

Posted: 13 Jun 2013 11:27 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Mantan Ketua KPK Antasari Azhar menilai penyidik tidak pernah mengupayakan pengadaan barang bukti dalam menyidik laporan terhadap Mabes Polri terkait SMS atau pesan singkat bernada ancaman yang dikirim ke Nasruddin Zulkarnaen sebelum ia terbunuh.

"Pertanyaannya adalah selama setahun setengah ini apa upaya penyidik untuk dapatkan itu? Itu tidak ada yang dilakukan. Jadi tidak dilakukan tapi dibilang sulit. Ini persoalannya," kata Antasari seusai sidang putusan atas gugatan praperadilan terhadap Mabes Polri di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat.

Menurut Antasari, dalam fakta persidangan dimana status barang barang bukti sudah dikembalikan kepada keluarga korban atau dirampas untuk negara, penyidik sama sekali tidak mengupayakan pengadaan barang bukti.

"Misal menemui istri almarhum, meminjam barang bukti atau menemui penuntut umum, meminjam barang bukti, itu tidak ada yang dilakukan," katanya.

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menolak gugatan praperadilan mantan Ketua KPK Antasari Azhar terhadap Mabes Polri terkait penanganan kasus SMS atau pesan pendek bernada ancaman yang dikirimkan kepada Nasruddin Zulkarnaen, Direktur PT Putra Rajawali Banjaran, sebelum ia terbunuh.

Mabes Polri sebagai pihak termohon menyatakan bahwa proses penyidikan yang selanjutnya dilimpahkan ke bagian cyber crime Polda Metro Jaya itu ternyata masih terkendala ketidaklengkapan bukti berupa ponsel Nokia Communicator tipe E90 warna hitam dengan nomor SIM card 0811978245 milik korban yang masih berada dalam kuasa jaksa penuntut umum Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

Mabes Polri juga menegaskan pihaknya belum pernah menerbitkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) atas laporan bertanda bukti pelaporan Nomor Surat TBL/345/VIII/2011/Bareskrim tanggal 25 Agustus 2011 itu.

Dengan demikian, gugatan praperadilan Antasari tidak dapat diterima dan penyelidikan atas laporan SMS bernada ancaman tersebut akan dilanjutkan."Ada pengawas penyidik, kami tentu minta kepada para penyidik mengseriusi itu," ujar Antasari.

Ia berharap, hasil pengusutan SMS gelap itu bisa menjadi bukti baru dalam kasus yang menjeratnya dihukum 18 tahun penjara.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Republika Online

sumber :-

Republika Online


Dua Personel MBLAQ Komentari Kakak Perempuannya

Posted: 13 Jun 2013 01:41 AM PDT

Thursday, 13 June 2013, 15:41 WIB

Kpopnews

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Dua orang personel boyband MBLAQ, Thunder dan Mir, sama-sama memiliki kakak perempuan yang sudah lebih dulu terjun ke dunia musik.

Thunder merupakan adik dari si cantik Sandara Park, personel girlband 2NE1. Sedangkan Mir merupakan adik dari aktris Go Eun Ah.

Meski demikian, keduanya memiliki pandangan yang berbeda pada saudari mereka. Hal itu diungkapkan keduanya saat menjadi bintang tamu di acara 'Beatles Code 2' beberapa waktu lalu.

Thunder misalnya yang ditanyakan apakah dia berpikir kakaknya Dara itu cukup cantik.

"Ketika aku melihatnya di rumah, aku sama sekali tidak berpikir dia cantik. Namun, ketika dia ada di atas panggung dengan gaya lain, aku pikir dia benar-benar cantik sekali," ujar Thunder, dilansir dari Allkpop, Kamis (13/6).

Pernyataan sedikit nyeleneh diutarakan Mir. Ia menyebut kakaknya sebagai pribadi yang buruk.

"Kakakku adalah yang terburuk dari yang terburuk. Bahkan, ketika ibuku melihat dia ada di rumah, ibu selalu bilang ada gembel di sana," ujar Mir yang membuat seluruh penonton tertawa.

Reporter : Mutia Ramadhani
Redaktur : Hazliansyah

Pulanglah pada istrimu, bila engkau tergoda seorang wanita (HR Muslim)

  Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

PKS Serahkan Nasib Ketiga Menterinya ke SBY

Posted: 13 Jun 2013 01:40 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Ketua Fraksi PKS, Hidayat Nur Wahid, menyerahkan nasib ketiga menterinya, yakni Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring, Menteri Pertanian Suswono, Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri kepada hak prerogatif Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Kami menyerahkan keputusan terhadap menteri-menteri kami ke presiden. Beliau yang berhak menggunakan hak prerogatifnya," katanya di Jakarta, Kamis, (13/6). Keputusan ini, ujar Hidayat, dilakukan sebab keputusan PKS untuk menolak kenaikan harga BBM sudah final. 

"Lembaga tertinggi partai sudah sepakat menolak kenaikan harga BBM, artinya DPP dan turunannya termasuk fraksi harus mengikuti keputusan ini," katanya di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis, (13/6).  PKS, kata Hidayat, menolak kenaikan harga BBM bukan dalam rangka anti kepada kesejahteraan rakyat. Namun justru berupaya menghadirkan kebijakan politik yang berpihak pada kepentingan rakyat.

Konsekuensinya, terang Hidayat, PKS membuat keputusan yang berseberangan dengan koalisi. Dalam code of conduct yang berlaku di koalisi, jika partai anggota koalisi tidak sepakat dengan keputusan koalisi, maka pertama, partai tersebut bisa mengundurkan diri; kedua,  koalisi dianggap berhenti secara otomatis; dan ketiga, presiden bisa menggunakan hak prerogratifnya.

"Kami memilih, memberikan kesempatan kepada presiden untuk menggunakan hak prerogatifnya sebagaimana yang terkait dengan UUD 1945. Keberadaan para menteri juga diserahkan kepada presiden," kata Hidayat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPAS.com - Internasional

sumber :-

KOMPAS.com - Internasional


Ethiopia Ratifikasi Traktat Air Sungai Nil

Posted: 14 Jun 2013 03:47 AM PDT

Parlemen Ethiopia meratifikasi traktat untuk mengakhiri kekuasaan Mesir dan Sudan atas air dari Sungai Nil. Pemerintah Ethiopia menyatakan perjanjian tahun 1929 - landasan yang dipakai Mesir untuk penggunaan air sungai- tidak dapat digunakan lagi.

Mesir menentang langkah itu dan menyatakan kemarahan atas rencana Ethiopia membangun bendungan baru di Sungai Nil. Kairo memperingatkan pembangunan bendungan itu akan mengurangi pasok air Mesir.

Presiden Mohamed Mursi mengatakan Senin lalu bahwa ia tidak menginginkan perang namun akan tetap membuka semua opsi.

Sebelumnya, enam negara di seputar lembah Sungai Nil, termasuk Ethiopia menandatangani perjanjian menghapus veto Kairo atas pembangunan di seputar sungai.

Bendungan terbesar di Afrika

Mesir dan Sudan tidak menandantangani perjanjian kerjasama itu. Selama puluhan tahun, Mesir memiliki hak veto atas semua proyek di hulu sungai, menyusul kewenangan yang diperoleh melalui kesepakatan di masa kolonial dengan Inggris tahun 1929.

Mesir kemudian menandatangani perjanjian tahun 1959 dengan Sudan dan memberikan penguasaan 90 persen air Sungai Nil kepada dua negara itu.

Ratifikasi parlemen Ethiophia terjadi di tengah sengketa antara Addis Ababa dan Kairo terkait rencana konstruksi bendungan baru. Ethiopia mulai mengalihkan air dari Sungai Nil bulan lalu, sebagai langkah awal pembangunan bendungan senilai 4,2 miliar dollar AS dan akan menjadi bendungan tenaga air terbesar di Afrika bila selesai.

Ethiopia menyatakan tetap akan melanjutkan pembangunan bendungan walaupun Mesir marah. "Ethiopia tidak pernah menganggap perjanjian tahun 1959 dan 1929 sebagai perjanjian yang mengikat karena tidak termasuk pihak dalam kesepakatan itu," kata juru bicara pemerintah Shimeles Kemal kepada kantor berita AFP.

Editor : Egidius Patnistik

Enam Kandidat Tersisa Maju dalam Pilpres Iran Hari Ini

Posted: 14 Jun 2013 03:29 AM PDT

TEHERAN, KOMPAS.com — Warga Iran, Jumat (14/6/2013) ini, memilih presiden baru dari enam calon yang ada. Semua calon berhaluan konservatif, kecuali satu orang. Jumlah calon itu menyusut dari delapan orang setelah mantan ketua parlemen yang konservatif, Gholam Ali Haddad Adel, mundur pada Senin dan satu-satunya calon yang reformis, yaitu Mohammad Reza Aref, juga mundur pada Selasa.

Berikut ini adalah profil singkat dari para calon yang bersaing untuk menggantikan posisi Mahmoud Ahmadinejad, yang tidak boleh lagi mencalonkan diri untuk pemilihan kembali setelah menjalani dua periode masa jabatan secara berturut-turut.

Saeed Jalili. Jalili, 47 tahun, merupakan calon unggulan yang dinilai dekat dengan pemimpin tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, yang memiliki kata akhir untuk semua isu-isu nasional. Namun, dia kurang punya pengalaman sebagai eksekutif. Sebagai ketua perunding nuklir Iran, ia dikenal karena sikap kerasnya dalam pembicaraan dengan negara-negara kuat dunia. Barat mencurigai program nuklir kontroversial Teheran sebagai kedok untuk menciptakan senjata nuklir. Namun,, klaim itu telah dibantah.

Jalili yang berbicara lembut, tetapi kaku, dan berkarakter religius berharap untuk menggalang pemilih tradisional berdasarkan kesetiaannya yang tak tergoyahkan terhadap Khamenei. Ia lahir di kota suci Mashhad di timur laut Iran pada tahun 1965 dan merupakan seorang veteran perang Iran-Irak pada 1980-an di mana ia kehilangan bagian bawah kaki kanannya.

Mohammad Baqer Qalibaf. Qalibaf, 51 tahun, dianggap sebagai kandidat unggulan lainnya dari kalangan konservatif dan telah bersumpah untuk memperbaiki perekonomian Iran yang sedang limbung dalam dua tahun. Rekornya sebagai kepala polisi nasional dan wali kota Teheran, ditambah kesetiaannya kepada Khamenei, telah menyebabkan pengaruh politiknya meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Dia sering mengecam pemerintahan Ahmadinejad.

Ali Akbar Velayati. Velayati, 67 tahun, adalah seorang politikus utama kalangan konservatif dan diplomat veteran, yang telah menjabat sebagai penasihat urusan internasional untuk Khamenei sejak Agustus 1997. Dia berjanji untuk memperbaiki "kerusakan dan kehancuran" yang ditinggalkan Ahmadinejad "dalam waktu dua atau tiga tahun" dengan memperbaiki hubungan luar negeri. Menurut dia, perbaikan hubungan luar negeri pada gilirannya akan memperbaiki situasi Iran, terutama ekonomi negara itu. Dia telah mengkritik taktik Jalili dalam perundingan nuklir dengan negara-negara kuat dunia.

Mohsen Rezai. Rezai, 58 tahun, meraih gelar doktor di bidang ekonomi dan merupakan seorang pengecam mismanagement ekonomi Ahmadinejad. Dia bersumpah, jika terpilih, akan mengekang inflasi dan pengangguran. Terkenal karena selama 16 tahun menjabat sebagai kepala pasukan elite Pengawal Revolusi, ia kalah dari Ahmadinejad pada Pemilu 2009.

Hassan Rowhani. Rowhani, 64 tahun, seorang yang secara agama moderat dan satu-satunya ulama yang menjadi peserta pemilu. Dia adalah juru runding nuklir pada masa presiden reformis Mohammad Khatami. Rowhani bersumpah untuk memulihkan hubungan diplomatik dengan musuh bebuyutan Amerika Serikat, yang memutuskan hubungan dengan Iran pasca-pendudukan kedutaan AS di Teheran oleh mahasiswa Islam pada tahun 1979. Setelah Aref mengundurkan diri, ia didukung oleh Khatami. Dia juga terlihat mendapat dukungan dari pendukung mantan presiden lain, Akbar Hashemi Rafsanjani, yang dilarang dalam pemilihan itu.

 Mohammad Gharazi. Gharazi, 72 tahun, adalah kandidat tertua dan paling tidak dikenal. Dia menjabat menteri pada masa Rafsanjani dan pada era pemimpin oposisi serta mantan Perdana Menteri Mir Hossein Mousavi, yang saat ini berada dalam tahanan rumah. Gharazi berpendapat bahwa pengalaman eksekutifnya dalam rezim cukup memadai untuk maju sebagai calon presiden. Dia bersumpah untuk membentuk sebuah pemerintahan "anti-inflasi".

Sumber : AFP

Editor : Egidius Patnistik

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Mancanegara

sumber :-

ANTARA - Mancanegara


Rakyat Iran memilih presiden baru

Posted: 13 Jun 2013 09:21 PM PDT

Teheran (ANTARA News) - Para pemilih di Iran pada Jumat pagi pukul 08.00 waktu setempat mendatangi tempat pemungutan suara untuk memilih presiden baru mereka untuk masa empat tahun mendatang.

Warga berusia 18 tahun lebih, yang menurut ketentuan pemilihan presiden Iran berhak menggunakan hak pilih, mendatangi 66.000 tempat pemungutan suara di dalam negeri dan 285 tempat pemungutan suara di luar negeri untuk memilih presiden mereka.

Menurut laporan kantor berita Iran, Fars, pemungutan suara akan berlangsung selama 10 jam dan ditutup pukul 18.00 waktu setempat. Namun waktu pemungutan suara bisa diperpanjang jika diperlukan.

Sementara penghitungan hasil pemungutan suara akan dimulai pukul 24.00 malam ini dan hasilnya akan diumumkan 24 jam setelah pemilihan.

Kampanye untuk pemilihan presiden hari ini sudah dimulai pada 22 Mei lalu setelah Dewan Penjaga menyampaikan delapan kandidat yang dianggap punya kualifikasi.

Namun hanya enam orang yang sampai saat ini bersaing memperoleh dukungan untuk menjadi presiden Iran yang baru setelah dua calon menyatakan mundur. Kampanye mereka berakhir pada 13 Juni pukul 08.00 waktu setempat.

Kandidat yang bersaing dalam pemilihan presiden Iran antara lain Wali Kota Teheran Mohammad Baqer Qalibaf, mantan Menteri Luar Negeri dan pemimpin penasehat hubungan luar negeri Ali Akbar Velayati, serta Sekretaris Supreme National Security Council (SNSC) dan kepala perunding nuklir Saeed Jalili.

Selain itu ada mantan Sekretaris SNSC dan kepala perunding nuklir Hassan Rouhani, mantan Menteri Perminyakan dan Telekomunikasi Seyed Mohammad Qarazi, serta bekas Komandan Islamic Revolution Guards Corps (IRGC) dan Sekretaris Dewan Kebijaksanaan Mohsen Rezayee.

Kandidat yang berhasil mendapat dukungan suara 50 persen plus satu akan memenangi pemilihan presiden namun jika tidak ada yang berhasil mendapatkan dukungan suara sebanyak itu dua calon dengan perolehan suara terbanyak akan bersaing dalam penentuan presiden pada masa selanjutnya.

Ledakan di pabrik kimia Lousiana, seorang tewas dan 30 cedera

Posted: 13 Jun 2013 09:17 PM PDT

Geismar (ANTARA News) - Sedikitnya seorang tewas dan lebih dari 30 cedera dalam ledakan dan kebakaran di pabrik kimia Williams Olefins di Geismar, Louisiana, Kamis, kata polisi di negara bagian itu.

Satu mayat ditemukan di lokasi ledakan dan pencarian masih dilakukan untuk menemukan korban-korban lain yang mungkin ada, kata Kapten Doug Cain dari Kepolisian Negara Bagian Louisiana, demikian seperti yang dikutip dari Reuters.

Ledakan yang terjadi 08.37 waktu setempat (pukul 20.37 WIB) itu menimbulkan kobaran api besar dan asap membubung di pabrik yang terletak di kawasan Sungai Mississippi sebelah selatan Baton Rouge dan sekitar 100 kilometer sampai sungai dari New Orleans.

Sekitar 600 orang sedang bekerja di pabrik tersebut pada saat ledakan itu, dan api masih berkobar tiga jam kemudian, kata polisi di wilayah tersebut.

Ledakan itu mencederai 33 orang, kata Jean Kelly, seorang juru bicara Departemen Kualitas Lingkungan Louisiana. Tiga-puluh orang dibawa dari pabrik itu dengan ambulan dan tiga orang lagi dengan helikopter, tambahnya.

Pihak berwenang memerintahkan penduduk dalam radius tiga kilometer tetap berada di dalam rumah.

Penjaga pantai AS mengatakan, lalu-lintas di Sungai Mississippi tidak terpengaruh oleh insiden itu.

Pabrik itu memproduksi 1,3 milyar pon ethilena dan 90 juta pon propilena standar polimer, kata situs berita Williams Olefins. Bahan-bahan ini digunakan dalam proses petrokimia untuk membuat plastik.

Aparat masih menyelidiki penyebab ledakan itu.

(M014)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Utusan Online - Luar Negara

sumber :-

Utusan Online - Luar Negara


Kerajaan Thai hilang sabar

Posted: 13 Jun 2013 11:16 AM PDT

Gambar bertarikh 30 Mei lalu, menunjukkan anggota tentera Thailand memeriksa mayat dipercayai anggota pemisah di dalam sebuah longkang di wilayah Yala, selatan Thai. - Reuters

KUALA LUMPUR 13 Jun - Thailand semakin 'hilang sabar' dengan insiden keganasan yang berterusan di selatan negara itu, yang didakwa didalangi kumpulan pemisah, ketika rundingan damai pusingan ketiga antara kerajaan dan kumpulan pemisah disambung di sini, hari ini.

Ketua Majlis Keselamatan Nasional Thai, Paradorn Pattanatabut berkata, kerajaan memerlukan 'penyelesaian' terhadap keganasan, yang telah meragut lebih 5,500 nyawa sejak sedekad lalu, supaya beliau boleh menjawab pertanyaan rakyat.

"Agenda kami adalah untuk mengurangkan keganasan pada satu jangka waktu atau kawasan. Hari ini kami memerlukan jawapan jelas berhubung fakta-fakta (punca) peningkatan keganasan, baru-baru ini,'' katanya yang mengetuai panel perunding kerajaan, sebelum rundingan itu dimulakan.

Rundingan damai yang bermula sejak 28 Mac lalu itu, setakat ini gagal menamatkan keganasan yang berlaku hampir setiap hari di Yala, Pattani dan Narathiwat, tiga wilayah bersempadan dengan Malaysia itu.

Pihak berkuasa Thai mengemukakan idea untuk menyerahkan kuasa terhad kepada wakil rakyat tempatan bagi menguruskan wilayah yang majoriti penduduknya terdiri daripada penganut Islam.

Bagaimanapun, Paradorn berkata, isu tersebut mungkin tidak dibangkitkan pada rundingan kali ini, yang didominasi isu keganasan berterusan.

Lima kakitangan keselamatan Thai terbunuh dalam serangan dua minggu lalu, yang didakwa oleh kerajaan didalangi puak pemisah yang ingin mengganggu rundingan damai berkenaan.

Walaupun dua pusingan rundingan damai telah diadakan sejak Mac lalu, keganasan yang berlaku meningkatkan persoalan sejauh mana pemimpin pemisah mempunyai kuasa untuk mengawal puak pemisah radikal.

Bagaimanapun, seorang pegawai delegasi Thailand melahirkan keyakinan bahawa mereka adalah 'perwakilan sebenar semua kumpulan di selatan negara itu'.

"Setiap kumpulan pemisah kini bergabung. Mereka berbincang dengan kami,'' kata Timbalan Setiausaha Tetap untuk Pertahanan, Nipat Thonglek. - AFP

Lagi skandal seks tentera Australia

Posted: 13 Jun 2013 11:16 AM PDT

SYDNEY 13 Jun - Pasukan tentera Australia hari ini dicemari dengan satu lagi skandal seks dengan 17 anggotanya, termasuk pegawai, disiasat berhubung penemuan e-mel dan gambar yang menjatuhkan martabat kaum wanita.

Ketua Tentera Australia, Leftenan Jeneral David Morrison berkata, beliau sendiri terkejut dengan pendedahan itu selepas satu laporan kerajaan pada tahun lalu menyatakan lebih 1,000 aduan serangan seksual dan penyeksaan lain dibuat dalam pasukan itu sejak 1950-an.

Laporan itu turut dikejutkan dengan skandal dikenali sebagai Skype pada 2011 apabila satu rakaman seorang rekrut muda mengadakan hubungan seks dengan seorang rakan sekelas wanitanya disiarkan secara langsung di dalam talian kepada kadet-kadet lain tanpa pengetahuan mangsa.

"Bagi saya kes kali ini lebih teruk berbanding skandal Skype dan saya sifatkan tuduhan itu sebagai serius," kata Morrison.

Morrison berkata, mereka yang terlibat dituduh menerbitkan dan mengedarkan bahan-bahan 'yang sangat tidak sesuai itu' ke seluruh sistem komputer pertahanan dan Internet awam sepanjang tiga tahun lalu.

Menurutnya, penggunaan dadah secara haram dipercayai turut berlaku.

"Setakat ini tiga orang telah digantung tugas dan mungkin berdepan dakwaan polis, dengan lima lagi mungkin digantung tugas, manakala lebih sembilan orang lagi sedang disiasat.

"Lebih 90 anggota Tentera Pertahanan Australia terbabit dalam rangkaian e-mel itu dan pegawai tertinggi yang terlibat berpangkat leftenan kolonel," ujar Morrison.

Beliau menyifatkan pendedahan itu sebagai merendahkan, eksplisit dan menghina kaum wanita'.

Morrison berkata, beliau telah menemui beberapa wanita yang terlibat dan memohon maaf. - AFP

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANTARA - Berita Terkini

sumber :-

ANTARA - Berita Terkini


Bayat Foundation Meresmikan Fasilitas Perawatan Pediatrik Kritis di Rumah Sakit Indira Gandhi di Kabul

Posted: 13 Jun 2013 07:22 PM PDT

KABUL, Afghanistan, 13 Juni 2013 (ANTARA/PRNewswire) -- Bayat Foundation, yang diketuai oleh pengusaha dan filantropis Ehsanollah Bayat, baru saja meresmikan unit perawatan intensif dan perawtan kritis pediatrik di Rumah Sakit Indira Gandhi di Kabul. Fasilitas, yang dibangun hanya dalam waktu kurang dari lima bulan pada komplek bangunan tak terpakai dan rusak, dilengkapi dengan teknologi pengawasan pasien jarak jauh yang canggih, ranjang dan perangkat medis modern, dan berbagai solusi  tambahan untuk kebutuhan perawatan akut bagi pasien anak-anak. 

     "Kami sangat berterima kasih mendapatkan kesempatan untuk membantu para staf medis yang berkomitmen dan anak-anak di Afghanistan dengan membangun unit pediatrik modern ini," kata Bapak Bayat. "Melalui dukungan kontinu kami kepada para pasien leukimia di Rumah Sakit Indira Gandhi, kami menyadari perbedaan signifikan terkait fasilitas ICU/CCU dapat lebih efektif lagi membantu para dokter menangani lebih banyak orang yang membutuhkan perawatan dan anak-anak yang berisiko mengidap leukimia. Yayasan selalu siap untuk dapat bekerjasama dengan rumah-rumah sakit di seluruh negara ini untuk membantu menjamin generasi Afghanistan selanjutnya dapat memulai hidup dengan lebih aman dan sehat lagi, dan kami yakin fasilitas pediatrik ini akan memberikan hasil perawatan kesehatan yang lebih baik bagi banyak pasien dan anak-anak Afghanistan yang membutuhkannya." 

     Unit perawatan kritis ini merupakan fasilitas perawatan kesehatan ke-12 yang dibangun Bayat Foundation di seluruh negara ini sejak 2005, dimana Yayasan ini mulai membangun jaringan rumah sakit ibu-anak di sejumlah wilayah Afghanistan yang terbelakang dan kurang mendapat perhatian dari pemerintah, dengan fokus utama terhadap kesejahteraan ibu, kesehatan anak-anak, dan persalinan aman. 

     Jaringan fasilitas perawatan medis ibu-anak Afghanisatan yang tersebar di Mazar-e-Sharif (Provinsi Balkh), Dai Kundi (Provinsi Uruzgan), Maimana (Provinsi Faryab), Behsood (Provinsi Wardak); Tagaab Village (Provinsi Wardak); Hessa Dowom (Provinsi Wardak); Tora Bora (Provinsi Nangahar), Sar-e Pul City (Provinsi Sar-e Pul), Lashkargah (Provinsi Helmand), dan Gardez (Provinsi Paktia) telah melayani lebih daru 700.000 pasien sejak awal berdiri prakarsa perawatan kesehatan ibu-anak Yayasan ini. Kapasitas dan fasilitas rumah sakit dengan desain modern ini meliputi 10 hingga 150 tempat tidur, sistem listrik lengkap, bangsal pasien, ruang operasi, ruang persalinan, ruang pemulihan pasca operasi, apotek, ruang dokter, area penerimaan, tempat penyimpanan, dan kamar mandi. Informasi lebih jauh dan liputan video fasilitas ICU/CCU baru ini, serta prakarsa perawtan kesehatan Bayat Foundation dan program-program lainnya dapat dilihat di http://www.youtube.com/user/BayatFoundation/videos.

Tentang Bayat Foundation

     Sejak tahun 2005, Bayat Foundation, organisasi amal c(3) yang berbasis di Amerika Serikat, telah meningkatkan kesejahteraan warga Afghanistan. Yayasan ini, yang didirikan dan diketuai oleh Ehsan Bayat dan Fatema Bayat, telah memberikan kontribusi ke lebih dari 200 proyek peningkatan kualitas hidup remaja, wanita, orang miskin, dan lansia Afghanistan. Proyek-proyek tersebut meliputi berbagai fasilitas baru dan infrastrukur berkesinambungan yang dibangun di wilayah-wilayah yang membutuhkan, dan peningkatan kualitas kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan program kebudayaan. Selain berbagai inisiatif amal, Ehsanollah Bayat juga mendirikan Afghan Wireless (AWCC) pada tahun 2002, usaha patungan antara Telephone Systems International, Inc. (TSI) dan Kementerian Komunikasi - yang merupakan Penyedia Layanan Internet nirkabel pertama di Afghanistan, dan selanjutnya, beliau mendirikan Ariana Radio dan Television Network (ATN), yang didalamnya termasuk Ariana Radio (93.5 FM). Untuk informasi selanjutnya, silakan kirm email ke info@bayatfoundation.org.

KONTAk: Jill Ketron, j.ketron@bayatfoundation.org, +1-904-686-1470   

Pengamat: Intervensi BI perbaiki psikologis investor

Posted: 13 Jun 2013 07:16 PM PDT

Jakarta (ANTARA News) - Pengamat Ekonomi LIPI Latif Adam menilai intervensi Bank Indonesia cukup efektif dalam menangani depresiasi rupiah karena bisa memperbaiki kondisi psikologis investor sebagai jaminan perlindungan yang memberikan rasa aman.

"Biarkan saja BI itu intervensi karena memberikan dampak psikologis kepada investor dan dia merasa aman karena ada semacam perlindungan dari pemerintah di tengah-tengah gejolak ini," katanya kepada ANTARA News, Jumat.

Menurut Latif, pelemahan rupiah tersebut dipengaruhi oleh impor dan pembayaran utang luar negeri oleh pemerintah maupun perusahaan yang secara umum dilakukan pada pertengahan tahun.

"Ini 'seasonal' (musiman) karena kebutuhan dolar tidak terpenuhi untuk membayar utang luar negeri," katanya.

Selain itu, Latif menjelaskan faktor-faktor lain di antarnya, neraca perdagangan defisit serta banyaknya portofolio investment yang menurunkan net selling dalam pasar modal.

"Secara relatif, persaingan pasar modal menurun. Strukturnya pun diisi pemain asing yang lebih dominan," katanya.

Dia menambahkan rencana kenaikan harga BBM bersubsidi yang tak kunjung segera diputuskan juga berdampak pada sikap investor yang cenderung "wait and see".

Namun, Latif menilai kondisi tersebut belum sampai pada capital outflow yang terjadi di Thailand.

"Belum lah. Tapi tentu saja, fenomena ini mempengaruhi kepercayaan investor. Jika dibiarkan mungkin terjadi juga dan depresiasi rupiah akan berkelanjutan," tuturnya.

Karena itu, dia berharap intervensi BI terus dilakukan agar investor merasa aman ada perlindungan pemerintah.

Terkait, penaikkan suku bunga, dia menilai hal itu bisa dilakukan untuk menurunkan inflasi, tetapi harus hati-hati karena berdampak pada fiskal.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat inflasi komponen inti tahun periode Januari-Mei 2013 sebesar 0,99 persen dan tingkat inflasi komponen inti "year on year" (Mei 2013 terhadap Mei 2012) sebesar 3,99 persen.

"BI harus terus berikan intervensi karena masalah rupiah ini kita akui fundamental perekonomian. Intervensi BI bisa merestorasi depresiasi rupiah," katanya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Berita Harian: Dunia

sumber :-

Berita Harian: Dunia


AS sasar China sejak 2009

Posted: 13 Jun 2013 01:50 PM PDT

Pendedahan intipan rahsia uji Washington, Beijing

BEIJING: Hubungan Amerika Syarikat dan China bakal teruji selepas bekas kontraktor Amerika mendedahkan bahawa intipan Washington terhadap Beijing menerusi sistem komputer berjalan sejak 2009.

Merumitkan keadaan, sumber maklumat itu, Edward Snowden, 29, berada di Hong Kong dan berikrar untuk melawan sebarang langkah menghantarnya pulang.
Saya ada banyak peluang untuk lari dari Hong Kong tetapi saya akan terus berada di sini dan melawan cubaan Amerika kerana saya percaya kepada mahkamahnya" Edward Snowden, Bekas kontraktor

Snowden juga memberitahu akhbar South China Morning Post bahawa Agensi Keselamatan Kebangsaan Amerika (NSA) menggodam komputer di China dan Hong Kong sejak lima tahun lalu.

"Cara kes itu diuruskan adalah cabaran kepada hubungan Beijing dan Washington yang semakin baik kerana Snowden berada di wilayah China ketika suasana tegang dalam isu keselamatan siber," kata China Daily.

61,000 operasi menggodam

Pendedahan itu memalukan Washington ketika ia meningkatkan tuduhan bahawa Beijing menyokong usaha menggodam.
Minggu lalu, Presiden Barack Obama dan Xi Jinping membincangkan isu itu dalam sidang dua hari di California.

Sementara itu, ketika mengulas ulasan mengenai tindakannya mendedahkan intipan rahsia itu, Snowden berkata: "Saya bukan pembelot atau wira. Saya warga Amerika."

Snowden memberitahu akhbar South China Morning Post bahawa wujud 61,000 operasi menggodam oleh NSA di seluruh dunia menyasarkan berpuluh ribu komputer individu.

Di China dan Hong Kong, beratus-ratus sasaran dikenal pasti dan Snowden menyifatkan operasi itu satu bukti hipokrasi kerajaan Amerika apabila mendakwa tidak menjadikan infrastruktur awam sebagai sasaran.

Snowden menuduh kerajaan Amerika cuba membuli Hong Kong supaya mengusirnya sebelum dia sempat mendedahkan butir intipan sulit NSA terhadap sistem komunikasi kewangan dan perdagangan China.

Warga Amerika itu juga menegaskan bahawa beliau akan melawan sebarang cubaan ekstradisi.

"Saya ada banyak peluang untuk lari dari Hong Kong tetapi saya akan terus berada di sini dan melawan cubaan Amerika kerana saya percaya kepada mahkamahnya," kata Snowden. - AFP

1,225 rumah baru pendatang Yahudi

Posted: 13 Jun 2013 01:46 PM PDT

Kerry tangguh lawatan selepas pengumuman Israel

Baitulmaqdis: Israel memohon kelulusan untuk pembinaan 1,225 rumah baru untuk pendatang Yahudi di daerah Itamar dan Bruchin, bahagian utara Tebing Barat, lapor media negara itu semalam.

Akhbar The Jerusalem Post melaporkan, rancangan membina 538 rumah baru di Itamar dan pengesahan 137 unit sedia ada dihantar kepada pihak berkuasa perancangan serantau minggu ini.
Kami anggap keputusan Israel mahu bina penempatan di Tebing Barat sebagai keluar daripada rundingan yang diusahakan Amerika" Nabil Abu Rudeina, Jurucakap Presiden Palestin

Akhbar Haaretz meletakkan angka pembinaan rumah di dua kawasan penempatan itu sebanyak 537 dan 130.

The Jerusalem Post melaporkan, turut dikemukakan adalah kajian semula rancangan membina 550 rumah baru di Bruchin, sebuah kawasan pembinaan lebih awal diluluskan April lalu menyebabkan ketua dasar luar Kesatuan Eropah (EU), Catherine Ashton, menyuarakan kebimbangannya.

Jejas usaha damai

Tindakan terbaru itu muncul ketika Amerika Syarikat berusaha menyambung semula rundingan damai di antara Israel dan Palestin dengan pembinaan penempatan Israel itu antara isu penting.
Setiausaha Negara Amerika, John Kerry sebelum ini dijangka mengunjungi pemimpin Israel dan Palestin minggu ini, tetapi Jabatan Negara menyatakan beliau menangguhkannya untuk fokus isu Syria.

Pegawai kanan Amerika menegaskan, Kerry kekal terbabit sepenuhnya dalam usaha itu dan berkata beliau bercadang menjadual semula kunjungannya secepat mungkin.

Namun, diplomat kanan Amerika memberi amaran, beliau tidak bersedia membuat perjalanan sia-sia sambil menggesa Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dan Presiden Palestin, Mahmud Abbas membuat keputusan diperlukan untuk memulakan semula rundingan yang terhenti sejak 2010.

Bagaimanapun, jurucakap Abbas, Nabil Abu Rudeina berkata: "Kami menganggap keputusan terbaru Israel mengenai penempatan di Tebing Barat satu tindakan keluar daripada rundingan yang cuba diusahakan Amerika.

"Ini adalah cabaran serius terhadap usaha Kerry. Dasar Israel terus membina penempatan tidak akan membawa kepada keamanan tetapi ketegangan dan ketidakstabilan di rantau ini dan antarabangsa." - AFP

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi celebrity.okezone.com

sumber :-

Sindikasi celebrity.okezone.com


Keira Knightley Akan Beradegan Lesbian dengan Artis 16 Tahun

Posted: 13 Jun 2013 08:12 AM PDT

Kamis, 13 Juni 2013 22:12 wib
Elang Riki Yanuar - Okezone

LOS ANGELES- Keira Knightley akan melakukan adegan lesbian bersama artis 16 tahun, Chloe Grace Moretz di film terbarunya, Laggies.

Artis asal Inggris ini akan berperan sebagai wanita yang melarikan diri dari rumah. Wanita yang baru saja menikah dengan musisi James Righton ini kemudian bersahabat dengan sekelompok remaja demi menghindari pernikahan.

"Tidak ada sama sekali yang berbicara tentang adegan fisik. Tapi Keira dan Chloe akan terlihat bersama di beberapa adegan lesbian," ujar seorang sumber seperti dikutip Contactmusic, Kamis (13/6/2013).

"Adegan ini akan menjadi sangat menggairahkan dan membuat laki-laki menjadi gerah," tandasnya.

(rik)

11 Tahun Menikah, Bintang Twilight Ini Resmi Cerai

Posted: 13 Jun 2013 08:08 AM PDT

Kamis, 13 Juni 2013 22:08 wib
Hutami Windiarti - Okezone

LOS ANGELES - Bintang Twilight, Peter Facinelli resmi bercerai dengan Jennie Garth. Setelah menikah selama 11 tahun, pasangan ini resmi menandatangani surat perceraian pada 11 Juni lalu.

Tak seperti perceraian selebriti Hollywood lainnya, Peter dan Jennie tidak pernah bertengkar. Mereka bahkan membuat kesepakatan yang cukup mengejutkan banyak orang.

Dalam perjanjian perceraian, Peter dan Jennie menolak menandatangani dukungan suami-istri, serta memiliki akses penuh pada tabungan bersama untuk keperluan anak. Mereka juga sepakat mengenai hak asuh anak dan sama-sama membesarkan ketiga putrinya.

Tak hanya itu, mereka juga menolak menandatangani kesepakatan tersebut karena merasa tidak membutuhkannya. Peter dan Jennie diketahui memiliki tiga putri, yaitu Luca Bella (15), Lola Ray (10), dan Fiona Eva (6).

Meski tak lagi bersama, mereka akan bersama-sama membesarkan anak-anaknya dan mengaku hanya ingin menjadi orangtua yang baik. Demikian seperti dilansir Hollywoodlife, Kamis (13/6/2013).

"Ketika kamu melewatinya, kamu harus menjalaninya hari per hari. Mengurus anak membutuhkan dua orang tua hebat untuk meletakkan semua perbedaan dan fokus pada anak, dan itulah yang aku sedang lakukan," tutup sumber.

(nsa)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KOMPAS.com - Nasional

sumber :-

KOMPAS.com - Nasional


Kuota Haji Dipangkas, Indonesia Lobi Arab Saudi

Posted: 13 Jun 2013 04:03 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Anggito Abimanyu akan melobi Pemerintah Arab Saudi terkait pemangkasan 20 persen kuota jemaah haji. Lobi tersebut akan difokuskan pada jaminan kompensasi dan penambahan kuota haji untuk Indonesia.

Anggito menjelaskan, ada kerugian sekitar Rp 300 miliar bila pemangkasan kuota itu benar-benar dilakukan. Jumlah tersebut berasal dari kocek jemaah haji Indonesia yang sekitar 50 persennya telah disetorkan ke Pemerintah Arab Saudi untuk menutupi biaya penginapan, konsumsi, dan transportasi selama para jemaah menjalankan ibadah di tanah suci.

"Tapi itu sangat sementara. Saya belum bisa memastikan karena ada yang lain seperti buku manasik, gelang, asuransi. Itu kan sudah di-DP (down payment) semua. Kita inventarisasi semua, terus kita klaim ke (pemerintah) Arab," kata Anggito, di sela-sela rapat bersama Komisi VIII DPR, di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis (13/6/2013).

Dalam waktu dekat, kata dia, perwakilan Pemerintah Indonesia dan Parlemen akan menemui pejabat Kementerian Haji Kerajaan Arab untuk menyampaikan sejumlah tuntutan. Selain meminta kompensasi, Pemerintah Indonesia akan berupaya agar pemotongan kuota tersebut dibatalkan, atau diminimalisasi. "Ya, pasti kita minta untuk dikompensasi, tambahan (kuota) untuk tahun depan," ujarnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Arab Saudi mengurangi kuota jemaah haji 2013 sebanyak 20 persen. Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan, kebijakan ini juga berlaku untuk jemaah haji asal Indonesia. Oleh karena itu, jemaah haji asal Indonesia akan dikurangi 20 persen secara proporsional, baik untuk setiap provinsi, kabupaten/kota, maupun untuk program reguler dan program khusus.

Suryadharma Ali menuturkan, hal ini bermula dari surat Kementerian Haji Kerajaan Arab pada 6 Juni lalu yang menyebutkan bahwa proses rehabilitasi Masjidil Haram mengalami keterlambatan. Pengurangan kuota 20 persen dilakukan demi keselamatan jemaah haji. Indonesia mendapat kuota sebesar 211.000 orang di 2013. Jumlah tersebut akan menyusut sekitar 42.000 orang.

Editor : Hindra

1 Dapil Dicoret, Ini Respons Hanura

Posted: 13 Jun 2013 02:55 PM PDT

  • Penulis :
  • Dani Prabowo
  • Kamis, 13 Juni 2013 | 21:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Partai Hanura menambah daftar panjang partai politik yang harus kehilangan caleg di daerah pemilihan. Berdasarkan daftar caleg sementara (DCS) yang dirilis oleh Komisi Pemilihan Umum pada Kamis (13/6/2013) ini, partai yang dipimpin oleh Wiranto tersebut harus kehilangan Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat II. KPU menyatakan partai tersebut tidak dapat memenuhi kuota keterwakilan 30 persen perempuan.

Mendengar kabar tersebut, Ketua DPP Partai Hanura Yuddy Chrisnandi mengaku terkejut. Pasalnya, sebelum berkas bakal caleg tersebut diserahkan ke KPU pada 22 Juni 2013 lalu, dia telah melakukan pengecekan ulang terhadap berkas-berkas tersebut. Berdasarkan informasi yang diperoleh Kompas.com, pencoretan seluruh caleg Hanura dari Dapil Jawa Barat II disebabkan penempatan nomor urut perempuan (zipper system).

Hanura menempatkan caleg perempuan di dapil pada nomor urut 3, 6, dan 10. KPU menilai hal ini tidak memenuhi syarat keterwakilan perempuan di dapil. Namun, hal itu dibantah Yuddy. Menurutnya, partainya telah menempatkan nomor urut perempuan sesuai aturan yang terdapat di dalam zipper system, yaitu di nomor 3, 6, dan 9.

"Seingat saya, posisi caleg perempuan di nomor 3, 6, dan 9. Nomor satu Dadang Rosdiana, nomor 10 yang saya ingat Sally Fabian. Dia (Sally) laki-laki," kata Yuddy melalui pesan singkat yang diterima wartawan.

Hanura, kata Yuddy, menyesalkan sikap KPU yang terkesan kurang terbuka dalam persoalan ini. Menurutnya, KPU seharusnya dapat memanggil parpol sebelum menjatuhi sanksi tindakan administratif.

"Bisa saja masalah teknis belaka yang mudah diperbaiki. Berikan kesempatan memperbaiki dalam tempo singkat," ujarnya.

Meski demikian, dia mengaku masih bersyukur karena KPU telah memperingatkan hal ini. "Kami berpikir positif saja. Tindakan tersebut merupakan peringatan bagi Hanura untuk segera lakukan perbaikan atau memberikan penjelasan," terangnya.

Yuddy menambahkan, selama ini partainya tidak pernah kesulitan dalam menjaring caleg-caleg perempuan untuk maju dalam Pemilu 2014 mendatang. "Hanura tidak kekurangan caleg kuota perempuan di semua dapil termasuk Dapil Jabar II. Jadi, kalau salah tempat saja, ya gampang tinggal ditukar saja. Gitu aja kok repot. Kecuali kurang, ya harus ditambah atau diisi," tukasnya.

Editor : Hindra

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

detikcom

sumber :-

detikcom


Sempat Insaf, Residivis Kembali Curi Motor Gara-gara Kebutuhan Anak

Posted: 13 Jun 2013 12:46 PM PDT

Garut - Gara-gara membutuhkan biaya untuk menggelar syukuran keluarga, seorang residivis curanmor yang sudah insaf JK (20) nekat kembali mencuri sepeda motor. Dalam melancarkan aksinya JK bekerjasama dengan RM (20) teman sekampungnya.

Kasat Reskrim Polres Garut AKP Dadang Garnadi menyatakan bahwa tersangka JK dan RM tertangkap saat mencuri sepeda motor jenis sport. Namun sial sesaat setelah berhasil membawa kabur sepeda motor di kawasan Kecamatan Kadungora, sepeda motornya tiba-tiba mogok dan berhasil dikejar pemilik sepeda motor.

"Jadi pengakuan tersangka, nekat kembali mencuri sepeda motor karena butuh biaya untuk syukuran kelahiran anak, kedua tersangka berhasil ditangkap setelah sepeda motor curiannya mogok, " ujarnya, Kamis (13/6/2013) malam kepada wartawan di Mapolres Garut.

Kedua tersangka sepakat tidak mencuri jenis sepeda motor biasa, tetapi lebih memilih sepeda motor sport yang harganya lebih mahal. "Ya, sepeda motor sport kan bisa dijual ke penadah seharga Rp 1,5 juta, " ungkap Dadang.

Menurut Dadang tersangka selama ini sudah mencuri 4 unit sepeda motor di wilayah Kecamatan Kadungora, modus yang dilakukan tersangka dengan cara merusak kunci kontak sepeda motor dengan menggunakan kunci astag atau leter T.

"Memang kedua tersangka sudah cukup ahli mencuri sepeda motor karena, setiap kali beraksi hanya membutuhkan beberapa menit saja, " imbuhnya.

Sementara itu, tersangka JK mengaku menyesal karena acara syukuran kelahiran anak pertamanya jadi gagal, bahkan warga Desa Karangmulya, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut Jawa Barat itu kini mendekam di sel Polres Garut.

"Pak saya menyesal, " ucapnya pendek sambil menyeka air mata.

Mencoba Menerobos Pagar Sekolah, Kepala Bocah Terjepit Pagar. Selengkapnya di "Reportase Pagi", pukul 04.30 - 05.22 WIB, hanya di TRANS TV

(edo/fjp)

Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com

Polisi Tembak Buronan Kasus Pembunuhan dan Curanmor di Manado

Posted: 13 Jun 2013 12:01 PM PDT

Manado, - Buronan kasus pembunuhan dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor), FR alias Fali (21), dibekuk Tim Khusus (Timsus) Polda Sulut. Tersangka terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas yang bersarang di kaki kanannya.

"Tertangkap di tempat kosnya di Kelurahan Malendeng Kecamatan Paal Dua, pukul 10.30 WITA," ujar Kepala Timsus B Polda Sulut Iptu Ronny Maridjan kepada detikcom di Rumah Sakit Bhayangkara Manado, Kamis (13/6/2013) malam.

Menurut Maridjan, tersangka terpaksa ditembak karena melakukan perlawanan tdan berusaha melarikan diri saat ditangkap.

"Saat kami mengepung tempat kosnya, dia (tersangka) melawan satu anggota kami dan kemudian berusaha kabur. Terpaksa kami tembak kakinya," terang Maridjan.

Informasi yang dihimpun detikcom, tersangka adalah residivis kambuhan yang sering melakukan aksi pencurian kendaraan bermotor dengan disertai kekerasan. Tersangka tak segan-segan melukai korbannya ketika melakukan perlawanan.

"Sudah ada sekitar 24 TKP pencurian yang dilakukan dengan kekerasan yang dilakukannya di wilayah Manado dan sekitarnya yang dilaporkan ke polsek dan polres," kata Maridjan.

Kasus pembunuhan yang dilakukannya di tahun 2010 silam, juga berawal dari kasus pencurian dengan kekerasan. Tersangka mencegat tukang ojek bernama Jefry Nangoy (29) dengan berpura-pura menjadi penumpang di Jalan Sam Ratulangi Kelurahan Sario.

Korban kemudian diarahkan ke kompleks Perumahan Lembah Sari Kelurahan Winangun Kecamatan Malalayang yang sepi di malam hari. Korban lalu ditodong dan ditikam dengan pisau di perutnya, namun berhasil lari menyelamatkan diri sambil berteriak minta tolong.

Tersangka kemudian mengejar korban yang lari ke perumahan dan menikam berulang kali dan kemudian melarikan diri. Korban sempat mendapat pertolongan warga, namun dalam perjalanan menuju ke rumah sakit menghembuskan nafas terakhir.

Mencoba Menerobos Pagar Sekolah, Kepala Bocah Terjepit Pagar. Selengkapnya di "Reportase Pagi", pukul 04.30 - 05.22 WIB, hanya di TRANS TV

(fjp/fjp)

Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sindikasi lifestyle.okezone.com

sumber :-

Sindikasi lifestyle.okezone.com


Wanita Bertelinga Panjang Dianggap Cantik di Kenya

Posted: 13 Jun 2013 06:18 AM PDT

SETIAP negara memiliki kebiasaan yang berbeda. Tidak saja soal budaya tapi juga standar kecantikan.

Jika banyak orang menganggap kulit putih, rambut panjang dan kaki jenjang menjadi ukuran wanita cantik tapi nyatanya hal itu tidaklah berlaku sama di semua negara. Pasalnya, di Kenya misalnya, wanita bertelinga panjang justru dianggap cantik. Berikut ulasannya, seperti dilansir Dailymail.

Perban operasi

Percaya atau tidak, Iran adalah ibukota rhinoplasty (operasi hidung) di dunia. Operasi hidung sangat umum dilakukan di negara ini dan dijadikan symbol status. Para wanita di Iran bahkan suka memakai perban pascaoperasi lebih lama dari yang diperlukan atau bahkan memakai perban palsu agar terlihat seolah-olah baru melakukan operasi.

Telinga panjang

Memiliki lubang telinga yang panjang adalah standar kecantikan ideal kecantikan bagi suku Masai dari Kenya. Para wanita memanjangkan lobus telinga mereka menggunakan batu dan potongan gading gajah. Wanita suku Dayak di Indonesia juga suka memakai banyak anting bulat besar di telinganya.

Bibir lebar

Wanita dari suku Musi di Ethiopia Selatan memasukkan piring tanah liat di bibir bawah mereka untuk meregangkannya hingga lebar. Ukuran piring akan meningkat secara bertahap untuk membuat bibir mereka lebar. Ritual ini merupakan simbol dari kematangan seksual dan kecantikan.

Tato wajah

Suku Maori di Selandia Baru menganggap wanita dengan tato bibir dan dagu adalah yang paling cantik. Semakin banyak tato, semakin dia diinginkan oleh pria. (ind)

(tty)

Tubuh Melar, Astrid Ellena Tak Ingin Buru-buru Diet

Posted: 13 Jun 2013 05:16 AM PDT

KEHAMILAN membuat tubuh Astrid Ellena terlihat lebih besar. Meski kini Miss Indonesia 2011 itu telah melahirkan namun hal itu tak membuatnya ingin buru-buru melangsingkan tubuhnya.

Gemuk usai melahirkan membuat banyak wanita tak percaya diri. Maklumlah, kenaikan yang cukup drastis selama kehamilan memang tak serta merta turun saat persalinan terjadi. Untuk itu, dibutuhkan perjuangan agar bobot tubuh ke berat normal.

"Iya, semoga deh cepat susut, malu banget sekarang ketemu orang," tuturnya kepada Okezone melalui layanan BlackBerry Messenger, baru-baru ini.

"‎?Tidak juga sih. Inginnya memberikan ASI dulu jadi tidak mau memikirkan yang berat-berat dulu," tandasnya.

(tty)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS