Jumaat, 5 Julai 2013

ANTARA - Mancanegara

ANTARA - Mancanegara


Mesir tangkap Wakil Ketua Ikhwanul Muslimin

Posted: 05 Jul 2013 07:05 PM PDT

Kairo (ANTARA News)  - Wakil Ketua Ikhwanul Muslimin Khayrat Ash-Shater pada Jumat (5/7) ditangkap di Ibu Kota Mesir, Kairo, dengan tuduhan menghasut kerusuhan terhadap oposisi, kata Kantor Berita Timur Tengah (MENA).

Masih pada Jumat, polisi menangkap pengacara resmi Abdel Moneim Abdel-Maqsood dari Ikhwanul Muslimin --pendukung presiden terguling Mohamed Moursi-- dan mantan calon presiden dari kubu Salafi Hazem Salah Abu Ismail.

Sebelumnya beberapa laporan mengatakan pembimbing umum Ikhwanul Muslimin, Mohammed Badie, telah ditangkap. Namun saat pria tersebut menyampaikan pidato kepada sejumlah pendukung Moursi di Bundara Rabiah Al-Adawiyah pada Jumat malam (5/7), ia membantah berita itu dan menyebutnya "palsu".

Sejumlah anggota Ikhwanul Muslimin dan pemimpin dari kubu Islam telah ditangkap sejak Moursi digulingkan oleh militer pada Rabu (4/7) dan dua stasiun televisi yang berafiliasi pada kelompok itu juga ditutup, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Sabtu pagi.

Beberapa sumber keamanan mengatakan semua tindakan tersebut dimaksudkan untuk mencegah para pemimpin Islam mendesak pendukung mereka agar melakukan aksi kerusuhan guna melawan pasukan keamanan atau perayaan terbuka atas penggulingan Moursi.

(C0030)

Venezuela tawarkan "suaka kemanusiaan" kepada Snowden

Posted: 05 Jul 2013 06:44 PM PDT

Caracas (ANTARA News) - Presiden Venezuela Nicolas Maduro Jumat menawarkan untuk memberikan "suaka kemanusiaan" kepada pembocor intelijen Amerika Serikat Edward Snowden, yang saat ini diduga sedang berada di bandara Moskow karena sedang menunggu negara yang memberinya perlindungan.

"Sebagai kepala negara republik Boliviarian Venezuela, saya telah memutuskan untuk menawarkan suaka kemanusiaan kepada pemuda Snowden ... untuk melindungi pemuda ini dari penganiayaan yang diluncurkan oleh kerajaan yang paling kuat di dunia," kata Maduro pada acara hari kemerdekaan.

Beberapa saat sebelumnya di Nikaragua, Presiden Daniel Ortega mengatakan pemerintahnya bersedia memberikan suaka kepada buronan AS itu, dan menawarkan secercah harapan bagi Snowden, yang terlantar di bandara internasional Moskow sejak 23 Juni.

Snowden telah mengajukan permohonan suaka di 27 negara ketika ia mencoba untuk menghindari Peradilan Amerika karena mengungkapkan program pengawasan elektronik AS yang luas. Tetapi tawaran itu telah ditolak oleh beberapa negara Eropa serta Brazil dan India.

Namun pernyataan yang lebih simpatik diberikan oleh pemerintahan kiri di Amerika Latin terhadap mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional kontraktor berusia 30 tahun itu.

Penerjemah: Askan Krisna

Tiada ulasan:

Catat Ulasan