Jumaat, 5 Julai 2013

Republika Online

Republika Online


Warga Padang dan Bengkulu Rasakan Gempa Mentawai

Posted: 05 Jul 2013 11:05 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU--Sebagian warga Kota Bengkulu, Sabtu (6/7) siang, merasakan getaran sehingga mereka keluar ruangan mengantisipasi hal-hal yang kemungkinan terjadi menyusul gempa bumi dengan kekuatan 6,1 skala Richter di tenggara Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

"Saya langsung ajak adik lari turun ke lantai dasar dan keluar karena ada getaran," kata R. Wanda (12), warga Kota Bengkulu. Ia mengaku sedang bermain internet, ketika tiba-tiba kaca jendela bergetar dan foto berbingkai di dinding pun goyang. "Tanpa mematikan komputer saya dan adik langsung lari," katanya.

Sementara warga lainnya, Sutina mengaku merasakan getaran tersebut. Namun, hal tersebut menurutnya sudah biasa. "Biasa getaran seperti itu. Kalau cuma sekali gak masalah. Namun, harus tetap waspada jika ada getaran selanjutnya," katanya.

Ia pun mengaku tidak tahu lokasi gempa tersebut. Namun, kewaspadaan tetap dilakukan, terutama keselamatan jiwanya dan seluruh anggota keluarga. "Kebetulan anak-anak sedang bermain di halaman dan langsung diteriaki untuk tetap di sana," kata dia.

Anggi warga Kota Padang juga menyatakan getaran gempa sangat kuat sehingga ia langsung keluar rumah. "Saat terjadi gempa, saya berada di lantai dua. Karena getaran gempa sangat kuat, kami langsung berhamburan keluar luar rumah untuk menyelamatkan diri," kata dia.

Menurut dia, merasa khawatir jika terjadi gempa susulan yang sangat kuat, bagaimana pun rasa trauma masih ada ketika terjadi gempa pada 30 September 2009. Ia berharap gempa tidak mengakibatkan bencana besa.

"Rasa takut masih kuat apalagi akibat gempa di Aceh beberapa hari yang lalu banyak bangunan yang rubuh, serta menelan korban jiwa," ungkap Anggi.

Gempa 6,1 SR Guncang Kepulauan Mentawai

Posted: 05 Jul 2013 10:59 PM PDT

Sabtu, 06 Juli 2013, 12:59 WIB

ANTARA/Fiqman Sunandar

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG--Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyatakan telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 6,1 skala Richter di tenggara Kepulauan Mentawai Sumatera Barat, Sabtu (6/7), pukul 12.05 WIB.

Menurut BMKG seperti disampaikan oleh Kepala Stasiun Geofisika Kotabumi Lampung Yuharman, gempa 6,1 SR berada pada daerah dengan koordinat Lintang 3.41 derajat Lintang Selatan (LS) dan Bujur 100.26 derajat Bujur Timur (BT), dengan kedalaman 36 km.

Lokasi gempa berada di selatan Sumatera; 149 km tenggara Kepulauan Mentawai Sumbar; 164 km barat daya Mukomuko Bengkulu; 184 km barat daya Sungai Penuh Jmbi; 230 km barat laut Bengkulu; 787 km barat laut Jakarta.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menegaskan bahwa gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Redaktur : Ajeng Ritzki Pitakasari
Sumber : Antara

Mimpi yang paling benar ialah (yang terjadi) menjelang waktu sahur (sebelum fajar)((HR. Al Hakim dan Tirmidzi))

  Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan