Rabu, 16 Mei 2012

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Pakistan siap buka jalur pasokan NATO

Posted: 16 May 2012 07:01 PM PDT

Islamabad (ANTARA News) - Pakistan, pada prinsipnya telah memutuskan untuk membuka jalur pasokan buat pasukan asing di negara tetangganya, Afghanistan, setelah hampir enam bulan ditutup dan pengumumkan resmi diduga dikeluarkan sebelum atau saat pertemuan puncak NATO 20-21 Mei di Chicago, Amerika Serikat.

Satu panel pemimpin senior militer dan sipil Pakistan mengambil keputusan, Selasa malam (15/5), tapi menahan pengumuman resmi selama dua hari karena ada permohonan untuk menyelenggarakan konsultasi lebih jauh dengan pemegang saham yang terlibat dalam pasokan NATO, kata sumber yang dekat dengan pertemuan tersebut.

Beberapa sumber resmi mengatakan Perdana Menteri Yusuf Raza Gilani, yang memimpin pertemuan Komite Pertahanan Kabinet (DCC) --yang meliputi menteri pertahanan, dalam negeri dan luar negeri dan kepala militer, mendukung pembukaan kembali jalur pasokan NATO.

Fakta bahwa Presiden Pakistan Asif Ali Zardari diundang untuk menghadiri pertemuan puncak NATO di Chicago oleh Sekretaris Jenderal NATO Jenderal Anders Fogh Rasmussen beberapa jam sebelum pertemuan DCC juga membuat para pemimpin Pakistan untuk memutuskan pembukaan kembali jalur pasokan NATO.

Rasmussen pekan lalu memperingatkan Pakistan mungkin tak bisa menghadiri pertemuan puncak Chicago kalau jalur pasokan NATO tak dipulihkan.

DCC menyambut undangan "tanpa syarat" dan sepenuhnya mensahkan keikutsertaan presiden Pakistan dalam pertemuan puncak tersebut, isi pernyataan resmi yang dikeluarkan setelah pertemuan itu, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Kamis pagi.

Juru bicara Kedutaan Besar AS mengatakan para pejabat Pakistan dan Amerika telah mengadakan pembicaraan di Islamabad selama beberapa hari belakangan guna membahas ketentuan baru bagi NATO untuk menggunakan jalur darat Pakistan untuk mengangkut pasokan.

Banyak pihak menduga pengumuman resmi untuk membuka kembali jalur pasokan tersebut baru dikeluarkan setelah konsultasi guna menyelesaikan persyaratan dan ketentuan baru.

Pakistan menutup jalur pasokan itu untuk membalas tewasnya 24 prajuritnya dalam serangan udara NATO dan menetapkan syarat permintaan ma`af AS bagi pembukaan kembali jalur tersebut.

Keputusan itu dipandang sebagai konsesi atas tekanan yang berlanjut dari AS dan NATO sebab penutupan jalur pasokan tersebut dapat mempengaruhi operasi militer mereka di Afghanistan. (C003/A011)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Romo Vikep: perutusan dijalankan lewat sikap hidup penuh cinta kasih

Posted: 16 May 2012 06:54 PM PDT

Sejumlah remaja mengikuti prosesi jalan salib pada Jumat Agung menyusuri kali Senowo di kawasan lereng Gunung Merapi Dusun Grogol, Mangunsoko, Dukun, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (6/4). Drama jalan salib yang dilakukan oleh kaum Muda Katholik eGSPI (Edukasi Gubuk Selo Merapi) adalah salah satu devosi dalam tradisi Katolik untuk mengenang kembali perbuatan Yesus yang menyelamatkan. (FOTO ANTARA/Anis Efizudin )

Berita Terkait

Magelang (ANTARA News) - Kepala Gereja Katolik Kevikepan Kedu, Jawa Tengah, Romo FX Krisno Handoyo mengatakan tugas perutusan Yesus kepada umat kristiani dijalankan melalui sikap hidup sehari-hari yang penuh dengan semangat cinta kasih terhadap sesama.

"Zaman ini tidak selalu mungkin melalui pembaptisan, tetapi dengan kesaksian hidup keluarga, sikap cinta kasih, sabar dan kuat dalam penderitaan, peduli, dan solider. Orang melihat sikap hidup kita," katanya saat khutbah Misa Kudus Perayaan Kenaikan Isa Almasih di Gereja Santo Ignatius Kota Magelang, Kamis.

Saat misa kudus secara sederhana yang diikuti umat Katolik terutama di Kota Magelang itu, ia mengatakan sebelum Yesus naik ke surga, memberikan pesan kepada umat untuk mewartakan kabar keselamatan kepada semua orang.

Ia mengatakan Yesus memberikan berkat perutusan kepada umat yang artinya umat kristiani diminta menjadi saksi atas cinta Tuhan kepada manusia.

Menurut dia, tugas perutusan bukan dilaksanakan melalui jalan pemaksaan atau kekerasan.

"Perutusan dijalankan dengan semangat kasih seperti yang Yesus jalankan saat menjalani perutusan dari Bapa," katanya.

Ia mencontohkan tentang pelaksanaan tugas perutusan itu antara lain membantu orang lain, membangun sikap hidup yang damai, dan rukun dengan sesamanya.

Bahkan, katanya, membantu orang lain menemukan jalan menuju Tuhannya, sesuai dengan agamanya dan menolong mereka untuk dapat bersyukur atas rahmat Tuhan.

"Wartakan kabar keselamatan itu bukan dengan kata-kata atau bahkan mengutip harus Injil, tetapi melalui kesaksikan hidup. Banyak hambatan memang, tetapi Tuhan telah berpesan bahwa Tuhan menyertai kita. Apalagi kalau kita selalu berupaya. Tuhan menghendaki kita setia dengan tugas perutusan mewartakan kabar suka cita," katanya.

Rektor Seminari Menengah Mertoyudan Romo Ignasius Sumarya mengemukakan tentang makna perayaan Kenaikan Isa Almasih yang menyangkut pewartaan kabar keselamatan dari Tuhan kepada manusia.

Yesus Kristus, katanya, telah mengasihi manusia sehingga untuk selanjutnya manusia harus mengasihi kepada semua makhluk.

"Sebagai orang yang telah percaya kepada Yesus Kristus, entah secara formal maupun informal, dipanggil untuk memberitakan Injil kepada segala makhluk. Yang dimaksudkan dengan Injil adalah warta gembira alias apa-apa yang menggembirakan dan menyelamatkan, terutama keselamatan dan kegembiraan jiwa," katanya.

Pada Hari Kenaikan Isa Almasih, Kamis, berbagai gereja baik Katolik maupun Kristen di Kota dan Kabupaten Magelang menggelar misa kudus serta peribadatan. (M029/M008)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan