Isnin, 16 Mei 2011

Sindikasi news.okezone.com

Sindikasi news.okezone.com


FITRA Adukan Sekjen DPR ke Komnas HAM

Posted: 16 May 2011 10:42 PM PDT

JAKARTA - Somasi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melalui Sekjen DPR Nining Indra Saleh membuat Seknas Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) geram.

Menanggapi somasi itu rencananya Fitra akan mengadukan Sekjen DPR ke Komnas Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

"Ini sikap arogansi Sekjen DPR yang anti kritik dan melakukan pembungkaman terhadap hak-hak berpendapat. Hari Kamis (19/5) kita ke Komnas HAM untuk melaporkan pengekangan hak asasi manusia," kata Sekjen FITRA, Yuna Farhan dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (17/5/2011).

Yuna menjelaskan siaran pers FITRA berjudul "Anggaran pulsa HP DPR Sebesar Rp151 milyar pertahun" pada 11 Mei lalu dimaksudkan sebagai kritik publik untuk transparansi pengelolaan anggaran DPR. "Kita hanya ingin memberi masukan, kritik, bukan untuk mendelegitimasi DPR," sambungnya.

Somasi DPR dilayangkan ke FITRA 13 Mei lalu. Dalam somasi, Sekjen DPR menuntut agar FITRA mencabut siaran pers soal jatah pulsa anggota dewan dan menyampaikan permohonan maaf melalui lima media massa nasional.

"Kami tidak akan meminta maaf dan tidak akan mencabut rilis di media massa," tegas Yuna menanggapi tuntutan Sekjen DPR.

Sementara itu anggota kuasa. hukum FITRA, Ecoline Situmorang menyebut pihaknya sudah memberikan surat jawaban tertulis atas somasi tersebut. "Sudah disampaikan kemarin, isinya klien kami tetap konsisten tentang siaran pers FITRA tanggal 11 Mei," ujarnya.

Ecoline menambahkan, somasi DPR tidak tepat dilakukan karena kritik FITRA menyoal anggaran dewan di Senayan dimaksudkan untuk membangun prinsip transparansi pengelolaan anggaran termasuk efisiensinya. "Untuk kepentingan umum tidak maksud menghina. Cara-cara seperti somasi, sama saja dengan uapaya pembungkaman," pungkasnya.

(ded)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Perayaan Waisak di Makassar Dipimpin Bikku Kamboja

Posted: 16 May 2011 10:36 PM PDT

MAKASSAR - Ratusan warga Tionghoa Makassar, Sulawesi Selatan memperingati Hari Raya Waisak 2555. Perayaan kali ini bagi umat Budha, khususya warga Tionghoa terasa istimewa, lantaran sembilan bikku atau biksu asal Kamboja akan memimpin langsung doa pada puncak peringatan Hari Raya Waisak di Vihara Girihara.

Hari Raya Tri Suci Waisak merupakan hari raya terbesar agama Budha, di mana memperingati tiga peristiwa penting. Yakni kelahiran Sidharta, pencapaian penerangan sempurna oleh petapa Gautama, dan Parinibannanya sang Buddha.

Umat Budha Tionghoa Makassar terlihat mulai memadati Vihara Girinaga sejak pagi tadi. Mereka lantas melakukan puja bhakti dan mengikuti rangkaian acara peringatan Waisak lainnya.

Sebelumnya peringatan Hari Tri Suci Waisak  digelar di Jalan Sulawesi. Para bikku atau biksu melakukan tradisi ritual ketika zaman dulu. Para bikku akan makan dan diberi berbagai macam jenis makanan dan minuman yang oleh warga setempat, sambil  berjalan kaki sepanjang kurang lebih tiga kilometer.
(Firwansyah Firman/SUN TV/ful)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan