Isnin, 16 Mei 2011

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Bali Gencarkan Pengentasan Kemiskinan

Posted: 16 May 2011 06:47 PM PDT

Denpasar (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Bali dalam menangani masalah sosial menekankan upaya pengentasan kemiskinan, keterlantaran, kecacatan, ketunaan sosial, dan korban bencana.

Upaya tersebut dilakukan secara terarah, terpadu dan berlanjut yang melibatkan pemerintah bersama masyarakat," kata Kepala Dinas Sosial Provinsi Bali Drs I Ketut Susrama di Denpasar, Selasa.

Ketut Susrama mengatakan, kerja sama pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota dan masyarakat meliputi pelayanan sosial dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama yang menjadi sasaran penanganan masalah sosial.

Untuk itu pemerintah Provinsi Bali melalui Dinas Sosial setempat memperoleh kucuran dana sebesar Rp49,61 miliar untuk menangani berbagai permasalahan sosial dalam tahun 2011.

Kucuran dana itu bersumber dari pemerintah pusat, yakni dana dekonsentrasi sebesar Rp17,4 miliar untuk menangani empat program yang menyangkut 17 kegiatan.

Ketut Susrama menambahkan, bantuan dana pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial itu juga menyangkut tugas pembantuan yakni dua program dan dua kegiatan dengan alokasi dana Rp1,9 miliar.

Pihaknya dalam menangani permasalahan sosial itu juga mendapat dukungan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bali, disamping Pemkab dan Pemkot juga mengalokasikan dana serupa untuk menangani masalah sosial di wilayahnya masing-masing.

Dana APBD Bali untuk menangani masalah sosial sebesar Rp29,4 miliar diarahkan untuk sebelas program yang menyangkut 33 kegiatan.

Selain itu juga ada kucuran dana dari APBD Bali sebesar Rp999,9 juta untuk mendukung lima program yang menyangkut 16 kegiatan yang ditangani Unit Pelaksana Teknis (UPT) pelayanan sosial.

Penduduk miskin di Bali kini tercatat 174.930 jiwa atau 4,88 persen dari penduduk Bali yang total 3,89 juta jiwa. Jumlah ini menurun 6.790 orang dibanding tahun 2009, yang tercatat 181.720 orang atau 5,13 persen dari jumlah penduduk.

Upaya mengentaskan warga miskin in di Bali selama 2009 lebih tinggi dari target yang dibebankan pemerintah pusat, yakni mencapai 6.790 orang, melebihi target 6.360 orang.

Bali dalam mengentaskan masalah kemiskinan pada tahun 2010 menempati urutan kedua tingkat nasional setelah DKI Jakarta, atau naik peringkat dari tahun 2009 yang menempati posisi ketiga, ujar Susrama.

(ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Gempa 6,1 skala Richter Mengguncang Malang

Posted: 16 May 2011 06:15 PM PDT

Malang (ANTARA News) - Gempa tektonik berkekuatan 6,1 skala Richter mengguncang wilayah Kota Malang dan sekitarnya, Selasa, pukul 07.15WIB.

Salah satu petugas Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Malang, Umi Eka Satrina, mengatakan, gempa yang terjadi di wilayah Kota Malang itu berpusat di tenggara Blitar.

"Iya, gempa berada di laut tenggara Blitar dengan lokasinya di 112,55 Bujur Timur serta kedalaman 25 kilometer," ujarnya.

Sementara itu gempa juga dirasakan salah satu warga Joyosuko, Kali Metro, Malang, Siska.

Ia mengaku, gempa yang terjadi sekitar 15 detik tersebut membuat panik warga dan sebagian berhamburan ke luar rumah.

"Alhamdulillah tidak terjadi apa-apa, gempa kami rasakan cukup lama, namun guncangannya tidak terlalu kuat," kata Siska.

(ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan