Selasa, 28 Disember 2010

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Jurnalis Tewas, China Lakukan Penyelidikan

Posted: 28 Dec 2010 05:10 AM PST

BEIJING - Seorang jurnalis China dilaporkan meninggal, setelah sebelumnya diserang oleh enam orang. Serangan itu sendiri diperkirakan kasus yang sedang diselidiki oleh jurnalis tersebut.


Jurnalis itu diyakini hendak membongkar sebuah kasus yang merugikan rakyat. Tetapi ditengah tugasnya, Sun Hongjie diserang oleh enam orang di sebuah lokasi pembangunan. Demikian diberitakan Associated Press, Selasa (28/12/2010).


Pria yang menjabat sebagai koordinator liputan di Beijing Morning Post, meninggal setelah dirawat di rumah sakit di Xinjiang. Sun diserang di sebuah lokasi konstruksi pembangunan di Kota Kuitun, Xinjiang, 17 Desember lalu.


Hingga kini pihak berwenang Negeri Tirai Bambu masih terus melakukan penyelidikan atas kematian Sun. Pihak kepolisian sendiri masih belum dapat memastikan motif dari penyerangan yang berbuntut kematian Sun tersebut.


Media lokal di China selama ini memang terus dikendalikan oleh pemerintah, dengan sensor ketat yang diberlakukan. Beberapa kali jurnalis China dihukum atau bahkan dipenjara karena melaporkan tindakan korupsi yang dilakukan pejabat Pemerintah China. 

(faj)
Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Thailand Larang Alkohol di 110 Taman Nasional

Posted: 28 Dec 2010 04:07 AM PST

BANGKOK - Pemerintah Thailand mengeluarkan aturan ketat mengenai peredaran alkohol di taman nasional mereka. Sekira 110 taman nasional diharuskan bersih dari alkohol, sebuah langkah yang diperkirakan dapat membuat nyaman para wisatawan.


Tidak hanya melarang penjual alkohol, Pemerintah Thailand juga tidak memperbolehkan para wisatawan membawa alkohol ke taman nasional. Namun aturan ini tidak diaplikasikan kepada taman nasional yang memiliki wilayah pribadi dan disewakan untuk kepentingan bisnis seperti di Koh Samet. 


Pihak taman nasional berharap seluruh pengunjung dapat bekerja sama untuk mematuhi aturan ini. Aturan baru ini dikeluarkan setelah adanya kejadian penusukan yang dilakukan oleh seorang mahasiswa, di Taman Nasional Khao Yai.


Seperti dilansir The Nation, Selasa (28/12/2010), insiden 26 Desember itu, terjadi saat para mahasiswa berkemah sekaligus mengadakan pesta minuman keras di taman nasional tersebut. 


Menteri Sumber Daya Alam dan Lingkungan Thailand Suwit Khunkitti mengumumkan langsung aturan pelarangan alkohol ini. 

Ia mengambil langkah ini juga untuk mencegah para wisatawan membuat ricuh dan mengganggu pengunjung lain, termasuk lingkungan taman nasional.


Hukuman bagi pelanggar aturan ini dihadapkan pada penjara satu tahun.  

(faj)
Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan