Jumaat, 18 Mei 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Nama PM Prancis Bikin Heboh di Arab

Posted: 18 May 2012 05:03 AM PDT

ABU DHABI - Jean-Marc Ayrault baru saja ditunjuk sebagai Perdana Menteri Prancis yang baru. Tetapi dirinya justru menimbulkan kehebohan di negara-negara Arab, terkait dengan namanya.


Nama belakang dari perdana menteri itu, ternyata lafalnya seperti istilah bahasa slang Arab yang artinya penis. Tentunya ini menjadi bahan tertawaan di negara-negara Arab.


Bila nama Jean-Marc Ayraul dilafalkan seperti halnya di Prancis, ternyata dianggap seperti halnya bahasa kasar yang biasa digunakan di Lebanon dan Palestina. Kondisi ini juga menyebabkan kebingungan pada media elektronik untuk melafalkan nama Ayrault saat siaran.


Media elektronik tengah memutuskan untuk melafalkan "ai-roh" sesuai dengan lafal Prancis, atau mereka akan melafalkan huruf "L" dan "T" dengan sesuai apa yang ditulis sebagaimana mestinya. Beberapa media di Arab pun memutuskan untuk melafalkan nama Ayrault sesuai dengan ejaan Prancis.


"Kami tidak bisa merubah nama, jadi kita harus belajar menerimanya. Kami harus profesional," ujar editor dari media Al Arabiya, seperti dikutip CNN, Jumat (18/5/2012).


Tetapi Al Arabiya menulis Ayrault dengan tulisan Arab demi memperjelas bahwa namanya bukanlah sebuah kata yang tidak pantas. Mereka mencoba seminim mungkin tidak menimbulkan kegelisahan di masyarakat.

(faj)

Kelelahan, Presiden Myanmar Dirawat

Posted: 18 May 2012 04:05 AM PDT

YANGON - Akibat kelelahan yang menerpanya, Presiden Myanmar Thein Sein dikabarkan harus dirawat. Namun pihak pemerintah mengatakan, perawatan dilakukan di kediamannya di Rangoon.


Dokter militer yang dipanggil untuk memeriksa keadaannya tidak bersedia untuk memberikan keterangan mengenai kondisinya saat ini. Namun, dapat diperkirakan jadwalnya yang padat menyebabkan Thein Sein kelelahan. Demikian diberitakan Reuters, Jumat (18/5/2012).


Thein Sein memang diketahui memiliki riwayat penyakit jantung dan dirinya sempat bepergian ke Singapura untuk menjalani perawatan. Sejak menjabat sebagai Presiden Myanmar 2011 lalu, Thein Sein menjadi tumpuan bagi Myanmar melakukan reformasi.


Sementara dokter kepresidenan memastikan, Thein Sein saat ini menderita demam tapi kondisinya membaik. Dirinya akan menjalani pemeriksaan rutin di Yangon. 


Thein Sein yang sempat menjadi perdana menteri di era pemerintah junta militer, mengejutkan dunia dengan melakukan reformasi di Myanmar. Dirinya memerintahkan pembebasan ratusan tahanan politik dan menyambut tokoh oposisi Aung San Suu Kyi kembali politik.

(faj)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan