Jumaat, 18 Mei 2012

ANTARA - Mancanegara

ANTARA - Mancanegara


Presiden Pakistan hadiri KTT NATO di Chicago

Posted: 18 May 2012 08:26 PM PDT

Presiden Pakistan Asif Ali Zardari. (FOTO ANTARA/REUTERS/Raheb Homavandi)

Berita Terkait

Islamabad (ANTARA News) - Presiden Pakistan Asif Ali Zardari Jumat bertolak ke Amerika Serikat untuk menghadiri pertemuan puncak Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Chicago, kata para pejabat.

Sekjen NATO Anders Fogh Rasmussen telah mengundang Zardari untuk menghadiri KTT ke-25 aliansi pertahanan itu pada 20-21 Mei.

Kementerian Luar Negeri dikutip Xinhua mengatakan, keputusan untuk menghadiri pertemuan puncak itu diambil setelah kedua komite pertahanan kabinet dan federal mendukung penerimaan undangan.

Menteri Luar Negeri Hina Rabbani Khar dan Sekretaris Luar Negeri Jalil Abbas Jilani menyertai presiden.

Presiden Zardari juga akan mengadakan pertemuan dengan beberapa pemimpin dunia di sela-sela pertemuan puncak NATO untuk membahas masalah bilateral dan situasi di Afghanistan, kata departemen.

Pakistan telah menutup jalur suplai NATO setelah serangan udara pada November tahun lalu di pos perbatasan yang menewaskan 24 tentaranya.

Washington telah mengadakan pembicaraan dengan Islamabad untuk pembukaan kembali rute pasokan NATO tersebut.

Sumber-sumber mengatakan bahwa Pakistan telah memutuskan secara prinsip untuk mengembalikan jalur suplai dan pengumuman resmi kemungkinan akan dibuat dalam beberapa hari ini.

Pemulihan pasokan NATO akan ketat sesuai dengan resolusi yang disetujui oleh parlemen, kata Menteri Luar Negeri pada awal pekan ini.

Pakistan memintai permintaan maaf dari Amerika Serikat mengenai serangan udara November, tetapi seruan itu sejauh ini ditolak oleh Amerika.

Islamabad Jumat memperbolehkan lintas pengiriman diplomatik AS ke Afghanistan untuk pertama kalinya dalam hampir enam bulan, kata para pejabat AS dan juru bicara kedutaan.

Sumber-sumber mengatakan bahwa empat truk yang membawa pasokan AS diizinkan masuk ke Afghanistan melalui jalur perbatasan Torkham di Pakistan baratlaut.

(H-AK)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Pemimpin pasukan pemelihara perdamaian PBB tiba di Suriah

Posted: 18 May 2012 07:26 PM PDT

Damaskus (ANTARA News) - Wakil Sekretaris Jenderal PBB Urusan Pemelihara Perdamaian Herve Ladsous tiba di ibu kota Suriah, Damaskus, Jumat larut malam (18/5), untuk memeriksa misi pengamat PBB di negara Arab tersebut.

"Saya telah datang ke sini untuk meneliti cara keadaan berjalan," kata Ladsous, yang datang bersama dengan wakil PBB untuk Timur Tengah Judi Helton, kepada Xinhua --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Sabtu pagi-- setibanya di Damaskus.

Ladsous menyatakan misi pengamat mengatakan misi pengamat PBB itu bertujuan mengupayakan dihentikannya kekerasan di Suriah dan berusaha mewujudkan kerja sama dengan semua pihak yang terlibat dalam upaya menciptakan ruang bagi dialog politik.

Ia menyatakan misi tersebut juga akan mengupayakan akses ke tahanan dan mengungkap pelanggaran hak asasi manusia di negara yang dilanda kerusuhan itu.

Pada Rabu (16/5) Amerika Serikat dilaporkan surat kabar The Washington Post membantu pengadaan senjata lebih banyak dan lebih baik bagi pemberontak Suriah termasuk senjata antitank, bagi perang mereka melawan pemerintah Presiden Bashar al-Assad.

Pemerintah Presiden Barack Obama menekankan bantuan itu tidak secara langsung dipasok atau memberikan dana, sementara negara Teluk membayar senjata baru itu, kata surat kabar itu --yang mengutip para pejabat AS dan asing.

Tetapi Washington meningkatkan hubungan dengan gerilyawan dan militer regional yang bersekutu dengan mereka, dan memainkan peran dalam jaringan dukungan luar negeri, kata laporan itu.

Sehari kemudian Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengatakan ia percaya Al Qaida bertanggung jawab atas dua bom mobil bunuh diri yang menewaskan sedikitnya 55 orang di Suriah sepekan sebelumnya.

Sekjen juga mencatat bahwa korban tewas dalam konflik 14 bulan terakhir di negara itu kini mencatat setidaknya 10.000.

Dua pelaku bom mobil bunuh diri menewaskan 55 orang dan melukai 372 orang di Damaskus pada 10 Maret, kata media pemerintah, serangan yang paling mematikan di ibu kota Suriah sejak aksi perlawanan terhadap Presiden Bashar al-Assad dimulai pada Maret 2011.

(C003)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan