Isnin, 14 Februari 2011

ANTARA - Peristiwa

ANTARA - Peristiwa


Gempa Tektonik Tiga Kali Guncang Sumbar

Posted: 14 Feb 2011 06:46 AM PST

Padang (ANTARA News) - Gempa tektonik telah tiga kali mengguncang beberapa wilayah yang ada di Sumatera Barat selama, Senin (14/2) dengan intensitas kecil.

"Wilayah Sumbar yang diguncang gempa tektonik yakni, Kota Bukittinggi, Sungai Puar, Kabupaten Agam, serta Sungai Limau, Kabupaten Padangpariaman dan guncangannya tidak begitu terasa," katanya Kabid Penanggulangan Bencana BPBD Sumbar, Ade Edwar, di Padang, Senin.

Menurutnya, gempa tektonik dengan kekuatan kecil sering terjadi dan sebagian besar masyarakat tidak merasakan guncangan gempa.

"Gempa bumi tektonik merupakan gempa bumi yang paling sering terjadi. Bahkan menurut para ahli gempa, setiap hari terjadi gempa tektonik, namun tidak dirasakan karena getarannya relatif kecil,"katanya.

Dia menambahkan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan terjadinya gempa tektonik yang menguncang wilayah Sumbar.

"Sejauh ini belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa akibat gempa tektonik yang mengguncang wilayah Sumbar,"katanya.

Rahmad warga Padangpanjang, mengatakan dirinya tidak merasakan gempa tektonik yang mengguncang tersebut.

"Ketika itu baru saja selesai mengadakan rapat, tidak sedikitpun merasakan getaran gempa,"katanya.

Dia menambahkan, warga tidak panik ketika terjadi gempa, aktifitas warga berlangsung seperti biasa tidak keluar dari rumah.

"Warga berdomisili disekitar Kota Padangpanjang tidak merasakan gempa dengan kekuatan 3.8 SR yang terjadi pada Senin (14/2) sekitar pukul 16.15 WIB, mereka tidak berhamburan keluar rumah,"kata Rahmad saat dikonfirmasikan melalui telepon dari Padang.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tektonik pertama kali terjadi pada Senin (14/2) sekitar pukul 11.42 WIB kekuatan gempa 3,7 Skala Richter (SR) berlokasi pada 0.85 Lintang Selatan- 99.75 Bujur Timur (BT) atau 50 KM baratDaya Sungai Limau, Kabupaten Padangpariaman, dengan kedalaman 34 KM.

Gempa tektonik kedua terjadi sekitar pukul 15.12 WIB dengan kekuatan 3,1 Skala Richter (SR) berlokasi pada 0.37 Lintang Selatan-100.34 Bujur Timur atau 8 Kilometer Barat Daya Bukittinggi, dengan kedalaman 10 Kilometer dirasakan daerah Sungai Puar, Kebupaten Agam.

Gempa tektonik ketiga terjadi sekitar pukul 16.15 WIB kekuatan gempa 3.8 SR posisi 0.39 Lintang Selatan-100.29 Bujur Timur atau 13 KM BaratDaya Kota Bukittinggi, dengan kedalaman 10 KM.(*)
(T.KR-AH/M027)

Editor: Ruslan
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Bangkai Pesawat SMAC Jadi Tontonan Warga

Posted: 14 Feb 2011 06:23 AM PST

Tanjungpinang (ANTARA News) - Bangkai pesawat terbang Cassa 212-100 PT Sabang Merauke Raya Air Charter yang jatuh di hutan Kampung Kampe, Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, menjadi tontonan warga setempat, Senin.

Ratusan warga dari pagi hingga petang silih berganti datang menyaksikan secara langsung, bahkan memasuki lokasi yang sudah diberi garis polisi untuk hanya sekedar memegang bangkai pesawat yang jatuh pada pukul 13.45 WIB, Sabtu (12/2).

"Kami penasaran, walaupun sudah menyaksikan melalui siaran telivisi dan membaca media cetak mengenai kecelakaan pesawat SMAC," ujar salah seorang pengunjung dari Tannjung Uban, Hasibuan di lokasi tumpukan bangkai pesawat.

Hasibuan yang datang dengan istri, anak, menantu dan tiga orang cucunya mengatakan, keinginan mereka untuk menyaksikan secara langsung juga dilatar belakangi karena salah seorang keluarganya juga bekerja sebagai teknisi pesawat SMAC.

"Pertama mendengar kabar kamai terkejut, karena yang dilaporkan menjadi korban mempunyai nama belakang Nasution, keluarga kami yang menjadi teknisi pesawat SMAC juga Nasution nama belakangnya, namun bukan di pesawat ini," tuturnya.

Sebagian besar pengunjung tidak peduli dengan garis polisi yang sudah terpasang melingkari bangkai pesawat naas tersebut, mereka masuk melihat secara dekat, bahkan memegangnya.

Bupati Bintan, Ansar Ahmad beserta salah seorang anggota DPR RI juga menyempatkan diri melihat langsung bangkai pesawat SMAC yang menewaskan lima orang awak tersebut.(*)

Editor: Ruslan
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan