Isnin, 14 Februari 2011

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Penguasa Militer Mesir Beraksi

Posted: 14 Feb 2011 07:16 PM PST

Seorang pendukung oposisi bersujud di hadapan tentara Mesir di Lapangan Tahrir, Kairo (FOTO ANTARA/REUTERS/Goran Tomasevic)

Saya telah dipilih oleh Dewan Militer Tertinggi guna memimpin komisi untuk amandemen konstitusi

Berita Terkait

Video Terkait

Kairo (ANTARA News) - Penguasa militer baru Mesir beraksi dengan mengangkat seorang pensiunan hakim, yang tersohor dalam dunia peradilan karena pandangan independennya, untuk mengepalai komite yang dibentuk guna mengajukan perubahan konstitusi.

Pensiunan hakim bernama Tareq al-Bishry merupakan seorang pendukung peradilan independen, walaupun para pakar hukum mengatakan peradilan Mesir menjadi sasaran intervensi politik ketika rezim Hosni Mubarak berkuasa selama 30 tahun yang berakhir pada Jumat, sebagaimana dikutip dari Reuters.

"Saya telah dipilih oleh Dewan Militer Tertinggi guna memimpin komisi untuk amandemen konstitusi," kata Bishry kepada Reuters pada Selasa, tanpa menjelaskan lebih rinci lagi tentang hal itu.

Dewan Militer Tertinggi, yang mengambil kendali pemerintahan Mesir sejak nundurnya Mubarak, mengatakan dalam sebuah komunike pada Minggu yang membentuk sebuah komite untuk mengubah beberapa pasal dalam konstitusi serta membuat aturan main untuk pemilihan umum dalam masa transisi itu.

Sejumlah aktivis muda mengatakan pada Minggu bahwa dewan militer telah memberitahu mereka bahwa amandemen konstitusi akan segera dirancang serta akan menggelar pemilihan umum dalam jangka waktu dua bulan. Seorang sumber militer mengatakan bahwa tenggat waktu dua bulan merupakan jangka waktu yang umum.

Konstitusi sekarang, yang telah dibekukan oleh dewan militer, terancang untuk menjamin Mubarak dan sekutunya berada dalam lingkar kekuasaan. Amandemen yang ditambah ketika ia berkuasa semakin memperkuat cengkramannya terhadap kekuasaan.

Sebagai contoh, satu amandemen yang memungkinkan pemilihan presiden multi kandidat pada 2005 dirumuskan secara hati-hati agar tidak ada tantangan realistis yang dapat mengalahkan Mubarak.

Pemrotes telah meminta beberapa perubahan, termasuk menjadikan pemilihan presiden secara jujur dan membatasi masa jabatan presiden. Mubarak menjabat selama lima kali dari enam tahun masa kepresidenan dan sebelumnya diperkirakan akan mencapai yang keenam.

Setelah pemilihan parlemen pada 2000, Bishry mengatakan sistem peradilan harus diberikan kuasa untuk mengawasi jalannya pemungutan suara.

Namun justru sebaliknya, para hakim terpinggirkan dalam proses pemungutan suara pada rezim Mubarak. Dalam pemilihan parlemen November 2010 yang jelas terlihat curang, hakim tidak ditempatkan di tempat pemungutan suara (TPS), dan para pemantau pemilu mengatakan kotak suara telah terisi sebelum rakyat memilih.

Perubahan konstitusi lainnya yang diminta oleh pemrotes akan membolehkan kelompok independen untuk memantau pemilihan umum.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Messi atau Ronaldo?

Posted: 14 Feb 2011 07:09 PM PST

Lionel Messi. (ANTARA/ AFP PHOTO/ LLUIS GENE)

Berita Terkait

Madrid (ANTARA News) - Perburuan mengenai siapa yang terbaik begitu kental di liga utama Spanyol. Setidak-tidaknya dua raksasa sepak bola Spanyol, baik Barcelona maupun Real Madrid, menempatkan seorang pemain sebagai pencetak gol terbanyak.

Lionel Messi (Barcelona) telah mengemas 24 gol, sementara seteru lawasnya  Cristiano Ronaldo (Real Madrid) memperoleh capaian sama. Tinggal menunggu siapa yang paling siap menyongsong datangnya Dewi Fortuna, Messi atau Cristiano Ronaldo? Hanya saja Messi tampaknya kian bersinar.

Berikut ini para pencetak gol dalam kompetisi Liga Spanyol (La Liga) hingga pertandingan yang berlangsung Senin malam waktu setempat, sebagaimana dikutip dari Reuters.

24 Lionel Messi (Barcelona)

Cristiano Ronaldo (Real Madrid)

15 David Villa (Barcelona)

13 Fernando Llorente (Athletic Bilbao)

12 Pedro (Barcelona)

Giuseppe Rossi (Villarreal)

10 David Trezeguet (Hercules CF)

Nilmar (Villarreal)

9 Felipe Caicedo (Levante)

Luis Fabiano (Sevilla)

Aduriz (Valencia)

8 Salomon Rondon (Malaga)

Frederic Kanoute (Sevilla)

Alvaro Negredo (Sevilla)

Diego Castro (Sporting Gijon)

7 Sergio Aguero (Atletico Madrid)

Diego Forlan (Atletico Madrid)

Andres Iniesta (Barcelona)

Nelson Haedo Valdez (Hercules CF)

Pablo Osvaldo (Espanyol)

Gonzalo Higuain (Real Madrid)

Leonardo Ulloa (Almeria)

6 Adrian Colunga (Getafe)

Miku (Getafe)

Luis Garcia (Espanyol)

Xavier Prieto (Real Sociedad)

Roberto Soldado (Valencia)
(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan