Sabtu, 6 April 2013

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Anggota DPR : mutasi Pangdam Diponegoro terkait Cebongan

Posted: 06 Apr 2013 07:44 PM PDT

Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi I DPR Susaningtyas Handayani Nefo Kertopati menilai pemutasian Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Hardiono Saroso masih terkait pernyataannya soal insiden penyerangan Lapas Cebongan, Sleman, Yogyakarta.

"Pemutasian Majyen TNI Hardiono saya rasa ada kaitannya dengan peristiwa Cebongan karena sebelum menerima data laporan akurat tim investigasi sudah berani katakan tak ada keterlibatan TNI AD," katanya di Jakarta, Sabtu.

Hardiono akan digantikan Mayjen TNI Sunindyo yang sebelumnya menjabat Asisten Personalia Kepala Staf TNI AD.

Serah terima jabatan Pangdam Diponegoro dijadwalkan pada Senin (8/4) di Mabes TNI AD Jakarta.

Menurut Susaningtyas yang akrab disapa Nuning, pemutasian di tubuh TNI, Polri atau instansi lainnya karena adanya evaluasi atas kinerjanya merupakan hal yang biasa.

Politisi Partai Hanura itu berpendapat seharusnya Pangdam sebagai pimpinan teritorial dapat mengendalikan emosi, meskipun bisa dipahami bahwa tindakan pelaku penyerangan lapas berdasarkan jiwa korsa yang kuat membela kesatuannya.

Nuning pun menyarankan agar setiap Pangdam memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan media.

Dalam setiap menjelaskan persoalan, kata dia, seharusnya Pangdam tidak perlu reaktif dan membantah kalau memang informasi yang didapat belum cukup.

"Hal inilah mengapa setiap pimpinan teritorial harus memiliki kecakapan komunikasi dan bertindak hati-hati sebelum ada pembuktian yang akurat," katanya.

KPU gelar jalan sehat untuk sosialisasikan Pemilu 2014

Posted: 06 Apr 2013 07:34 PM PDT

Jakarta (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar gerak jalan sehat, Minggu, untuk mensosialisasikan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Jujur 2014, sekaligus merangkul masyarakat agar berpartisipasi aktif dalam "pesta demokrasi" itu.

Jalan sehat dimulai sekitar pukul 07.00 WIB dengan start Monas dan diikuti ribuan peserta, termasuk anggota KPU, KPU DKI, Ketua Umum Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie, Ketua DPD Irman Gusman, Menteri Koperasi dan UKM Syarif Hasan, dan jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Ketua KPU Husni Kamil Manik mengatakan kegiatan ini menjadi salah satu upaya mengingatkan masyarakat untuk aktif mengawasi pemilu mendatang dan menggunakan hak pilihnya.

Husni menjelaskan, tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu Legistatif 2009 hanya mencapai 71 persen. Karena itu, berbagai upaya perlu dilakukan untuk menaikkan tingkat partisipasi tersebut dengan menumbuhkan kepercayaan masyarakat atas pelaksanaan Pemilu.

Sebelumnya ia mengatakan KPU telah memperkirakan kenaikan partisipasi pemilih pada Pemilu legislatif 2014 sekitar empat persen saja..

Waykanan

Selain di DKI Jakarta, KPU Kabupaten Waykanan, Lampung, juga menggelar jalan sehat untuk mensosialisasikan Pemilu 2014.

Komisioner KPU Waykanan, Erwan Bustani disela-sela pelaksanaan jalan sehat mengatakan pihaknya siap menyambut penyelenggaraan Pemilu 2014, antara lain dengan telah melantik 70 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 666 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di daerah tersebut.

Pada Pemilu 2014, lanjutnya, jumlah daerah pemilihan (Dapil) di Waykanan tetap lima atau tidak berubah. Terdapat 40 kursi yang akan diperebutkan di DPRD Waykanan.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan