Khamis, 5 Julai 2012

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Iran undang Presiden Mesir hadiri pertemuan gerakan nonblok

Posted: 05 Jul 2012 07:20 PM PDT

Teheran (ANTARA News) - Iran telah mengundang Presiden Mesir Mohamed Moursi untuk berpartisipasi dalam pertemuan puncak Gerakan Non-Blok (GNB) yang akan datang di ibu kota Iran, Teheran.

Press TV pada Kamis melaporkan bahwa Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi mengatakan republik Islam siap menyambut presiden baru Mesir menghadiri KTT GNB di Iran bulan Agustus mendatang.

Ali Akbar Salehi mengatakan, "Mesir saat ini adalah ketua GNB dan akan menyerahkan kepemimpinan rotasinya kepada Iran selama pertemuan puncak, jadi kita akan menjadi tuan rumah Moursi untuk aktivitas tersebut."

Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad juga telah melayangkan undangan menghadiri KTT GNB ke negara-negara anggota gerakan itu.

Anggota-anggota penting Gerakan Non-Blok diantaranya Yugoslavia, India, India, Mesir, Indonesia, Pakistan, Kuba, Kolombia, Venezuela, Afrika Selatan, Iran, Malaysia dan China.

(H-AK)

DPR melawat ke industri pertahanan Spanyol

Posted: 05 Jul 2012 07:16 PM PDT

London (ANTARA News) - Sebanyak 14 anggota DPR RI dari Komisi I mengadakan lawatan ke Spanyol untuk menggali informasi secara umum mengenai konsep dan sistem dalam industri pertahanan di Spanyol.

Konselor KBRI Madrid, Theodorus Satrio Nugroho kepada ANTARA London, Jumat mengatakan, kunjungan delegasi yang dipimpin oleh Hari Akhmadi itu terkait dengan pembahasan RUU Industri Pertahanan.

Selama kunjungan kerja dari tanggal 2 Juli-5 Juli 2012 itu delegasi Indonesia mengadakan tukar pendapat dengan Kementerian Pertahanan Spanyol yang diterima Wakil Menteri, Pedro Arguelles Salaveria.

Selain itu delegasi berkunjung ke perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi dan radar Indra, perusahaan BUMN di bidang perkapalan militer Navantia, dan perusahaan pembuat alutsista General Dynamic.

Selain itu dilakukan juga pertemuan dengan Ketua Komisi Luar Negeri Parlemen Spanyol, dan kunjungan ke Airbus Military baik di Madrid maupun di Sevilla.

Sementara itu Dubes RI untuk Spanyol, Adiyatwidi Adiwoso menilai Spanyol memberikan perhatian yang besar terhadap Indonesia.

Ia berharap selain berbagai informasi penting untuk pembahasan RUU Industri Pertahanan, kunjungan kali ini juga akan mempermulus rencana pembelian dan kerja sama untuk pesawat C-295 antara Airbus Military dengan PT Dirgantara Indonesia.
(ZG/D009)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan