Rabu, 7 Mac 2012

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Reksa Dana Berpotensi Tumbuh Besar di Luar Jawa

Posted: 07 Mar 2012 01:03 AM PST

JAKARTA - Produk reksa dana ternyata memiliki peluang untuk tumbuh lebih besar di wilayah luar Pulau Jawa.

Kepala Biro Pengelolaan Investasi Bapepam-LK Fakhri Hilmi menyatakan jika hingga saat ini 81 persen dari total peminat produk-produk reksadana berasal dari pulau Jawa. Sebanyak sembilan persen berasal dari kota Medan.

Dia mencontohkan, seperti Manado misalnya, kota yang terletak di utara Pulau Sulawesi tersebut menurutnya memiliki potensi yang besar.

"Manado punya potensi besar, animo masyarakat di Manado cukup besar. Perlu kita gali lebih lanjut," tuturnya dalam Investor Awards Presentation and Panel Discussion, di Graha Niaga, Jakarta, Rabu (7/3/2012).

Dia mengatakan, konsentrasi yang terpusat di Jawa ini memang harus diimbangi dengan cara pemerataan serta memberi kesempatan bagi investor-investor di Luar Jawa. Tujuannya adalah supaya investor tidak hanya dari Pulau Jawa.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pihaknya terus berusaha melakukan sosialisasi ke daerah-daerah untuk menanamkan investasinya di reksa dana.

"Tetapi memang ada yang tertarik tapi juga ada yang tidak tertarik, kita juga mencoba melihat pasar berdasarkan segmen, ke depan kita harus terus melakukan sosialisasi dan berusaha untuk tepat kepada sasaran yang dituju," tandasnya. (ade)

Pedoman Mengenal Otonomi Universitas Eropa

Posted: 07 Mar 2012 01:00 AM PST

JAKARTA - Asosiasi Universitas Eropa (European University Association/EUA) meluncurkan pedoman interaktif online yang memungkinkan pengguna untuk melihat dan membandingkan data mengenai otonomi universitas di 27 negara Eropa.

Melalui laman www.university-autonomy.eu, pengguna dunia maya akan memiliki akses untuk mendapatkan informasi rinci mengenai kondisi terkini dari otonomi universitas di Eropa. Negara yang ada di EUA di antaranya Inggris, Prancis, Belanda, dan Italia.

Dengan visualisasi interaktif yang mencakup empat dimensi otonomi, pengguna dapat mempelajari sistem pendidikan tinggi di suatu negara dan membandingkannya dengan negara lain. Setiap negara memiliki peringkat dalam empat dimensi yakni otonomi dalam organisasi, keuangan, kepegawaian, dan akademik.

Ketika mengklik negara tertentu (bendera), pengguna akan disajikan 'sekilas' informasi mengenai profil sistem dan data indikator otonomi dari negara itu. Pengguna juga dapat melihat peringkat otonomi, berdasarkan skor yang dihitung untuk setiap sistem pendidikan tinggi dan dimensi otonomi. Demikian seperti dikutip dari The Star, Rabu (7/3/2012).

Pedoman baru ini didasarkan pada data yang dikumpulkan oleh EUA untuk studi Otonomi Scorecard pada November 2011. Studi termasuk serangkaian Scorecard, yang menyusun peringkat dari sistem pendidikan tinggi 28 negara Eropa untuk empat dimensi otonomi kelembagaan.

Pedoman ini merupakan bagian akhir dari proyek Otonomi Scorecard selama dua tahun yang didukung oleh Lifelong Learning Program milik Komisi Eropa. Proyek ini dilakukan bersama dengan mitra proyek EUA, yang meliputi Konferensi Rektor Jerman, Universitas Denmark, Konferensi Rektor Sekolah Akademik di Polandia dan University of Jyvaskyla, Finlandia.

EUA, sebagai organisasi perwakilan dari universitas dan rektor Eropa, merupakan suara utama dari komunitas pendidikan tinggi dari 47 negara di Eropa. Misi EUA adalah mempromosikan pengembangan sistem koheren pendidikan tinggi dan penelitian Eropa. EUA meyakini agar sukses, setiap universitas harus bisa mengambil keputusan sendiri
(rhs)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan