Sabtu, 26 Februari 2011

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


6 Pemberontak Maois Tewas di India

Posted: 26 Feb 2011 05:17 AM PST

PATNA - Enam pemberontak Maois tewas dalam baku tembak yang terjadi di India. Baku tembak terjadi di Bihar pada hari ini.


Pemerintah India selama ini memang mengatakan Pemberontak Maois sebagai ancaman terbesar bagi keamanan India. Serangan demi serangan yang kerap dilakukan oleh pemberontak ini, menyebabkan investor di wilayah Bihar ketakutan. Demikian diberitakan AFP, Sabtu (26/2/2011).


Bihar memang dikenal sebagai wilayah yang kaya akan mineral. Namun daerah ini juga diketahui miskin dan perkembangannya tertinggal dibandingkan wilayah lain. Kekerasan yang kerap terjadi tentunya membuat investor berpikir dua kali untuk menanamkan modal mereka di Bihar.


Pemerintah India sendiri sudah melancarkan perang terhadap pemberontak ini. Tetapi resiko keamanan yang terjadi masih menjadi ancaman. Kondisi ini juga menyebabkan gangguan terhadap jaringan tambang dan rel kereta api.


Selama perlawanan pemberontak Maois berlangsung, ribuan warga dikabarkan telah kehilangan nyawa mereka. 

Pemberontakan ini diawali perlawanan yang pecah di timur India pada 1967. Pihak pemberontak sendiri mengaku bila mereka berperang demi hak para warga miskin dan terbelakang. 

(faj)
Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Pasukan PBB Dituduh Tembak Mati Polisi

Posted: 26 Feb 2011 03:22 AM PST

ABIDJAN - Seorang juru bicara militer Pantai Gading menuduh seorang pasukan penjaga perdamaian PBB secara fatal menembak mati seorang petugas polisi negara itu.  


Tuduhan ini dilayangkan oleh Kolonel Hilaire Gohourou yang dikenal loyal dengan mantan Presiden Laurent Gbagbo. Tuduhan ini disampaikannya lewat siaran televisi pada Jumat 25 Februari tengah malam waktu setempat.


Laporan tersebut dikeluarkan ditengah kekhawatiran pihak asing termasuk para personil pasukan PBB yang terancam diserang di Pantai Gading. 

Sebelumnya pada hari Jumat lalu, seorang tokoh pemuda Pantai Gading, meminta warganya untuk membuat barikade di lingkungan mereka.


Seperti dilansir Associated Press, Sabtu (26/2/2011), tokoh itu juga memerintahkan warga lokal untuk melakukan penyisiran terhadap warga asing dan menangkapi mereka.


PBB menyatakan Laurent Gbagbo yang kalah dalam pemilihan presiden November lalu, telah memberikan perlindungan politik kepada rivalnya Alassane Quattara. 

(faj)
Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Komen