Isnin, 10 Januari 2011

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Rusuh, 23 Orang Tewas di Perbatasan Sudan

Posted: 10 Jan 2011 05:01 AM PST

KHARTOUM - Sekira 23 orang tewas dalam kerusuhan yang terjadi di perbatasan utara-selatan Sudan hari ini. Bentrokan ini sendiri terjadi antara warga Arab Sudan dan kebetulan berada di sekitar daerah itu.


Kerusuhan ini terjadi di Wilayah Abyei yang saat ini masih diperebutkan oleh Sudan Utara dan Sudan Selatan. Kedua wilayah ini sendiri masih terus melakukan referendum kemerdekaan dari Sudan Selatan.


Pihak selatan sendiri memutuskan untuk lepas dari Sudan Utara yang lebih mayoritasnya warga Muslim. Sudan Selatan sendiri sudah kehilangan Khartoum yang kaya akan cadangan minyak. 


Pemimpin suku Dinka Ngok di Abyei yang selama ini dikaitkan dengan Sudan Selatan, menuduh kerusuhan terjadi karena pihak Khartoum telah mempersenjatai milisi Arab Misseriya dalam kerusuhan yang terjadi selama tiga hari sejak Jumat 7 Januari.


"Milisi Misseriya menyerang Desa Maker pada hari Minggu 9 Januari. Serangan yang terjadi merupakan kelanjutan dari aksi serupa di tanggal 7 dan 8. Di hari pertama satu orang meninggal, hari kedua sembilan tewas dan hari ketiga 13 orang meninggal dalam kerusuhan," ungkap Kepala Pemeritnah Abyei, Charles Abyei seperti dikutip Reuters, Senin (10/1/2011).


Juru bicara pihak militer Sudan Selatan Phillip Aguer mengatakan telah menangkap beberapa pelaku penyerangan setelah aksi kerusuhan. Penangkapan tersebut berlangsung disaat referendum akan berlangsung.

(faj)
Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Salju Cair, Sungai di Jerman Meluap

Posted: 10 Jan 2011 04:02 AM PST

BELIN - Temperatur lembab yang melanda Jerman saat ini mulai membuat es yang memenuhi negara tersebut sejak Desember, berangsung cair. Kondisi ini menyebabkan beberapa sungai kelebihan volume air dan meluap.


Meluapnya air sungai Rhine di Kota Koblenz, membuat kota tersebut dipenuhi dengan air dan dihadapkan pada banjir dadakan. Sementara level air di Sungai Rhine saat ini dikabarkan mencapai 7,7 meter. Demikian diberitakan Associated Press, Senin (10/1/2011).


Sementara di wilayah selatan, Sungai Mosel di Jerman mencapai puncaknya pada Minggu 9 Januari. Sebelumnya air dari sungai tersebut meluber dan membanjiri beberapa desa yang berada di dekatnya.


Pihak berwenang setempat saat ini tengah memonitor Sungai Oder akibat mencairnya es. Namun sepertinya volume air di sungai tersebut menunjukan penurunan. 

(faj)
Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan