Khamis, 17 Januari 2013

KOMPAS.com - Internasional

KOMPAS.com - Internasional


Komite Inagurasi Presiden AS Umumkan Susunan Acara Pelantikan Obama

Posted: 18 Jan 2013 04:09 AM PST

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Drum band Angkatan Laut Amerika dilaporkan akan membuka upacara pelantikan Presiden Barack Obama untuk masa jabatan kedua hari Senin (21/1) mendatang di Gedung Capitol di Washington DC. Demikian menurut Komite Inagurasi yang mengumumkan susunan acara pelantikan hari Rabu.

Ketua Komite Upacara Inagurasi Senator Charles E Schumer mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa drum band Angkatan Laut itu akan tampil bersama PS 22 Chorus, kelompok paduan suara yang beranggotakan 65 pelajar kelas lima SD dari Staten Island, negara bagian New York serta kelompok paduan suara dari Universitas Lee di Cleveland, negara bagian Tennesee.

Acara akan dilanjutkan dengan pembacaan doa pembuka oleh Myrlie Evers-Williams, mantan ketua Asosiasi Nasional untuk Kemajuan Orang Kulit Berwarna dan janda dari aktivis HAM Medgar Evers.

Hakim Agung Sonia Sotomayor akan melakukan pengambilan sumpah jabatan Wakil Presiden Joe Biden. Sementara sumpah jabatan Presiden Obama akan dilakukan oleh Hakim Ketua John G. Roberts Jr. Dalam pengambilan sumpah hari Senin, Obama akan menggunakan dua Alkitab, yaitu Alkitab yang pernah digunakan Presiden Lincoln dalam pelantikan pertamanya, serta Alkitab yang pernah digunakan Dr Martin Luther King.

??Setelah itu Presiden akan menyampaikan pidato inagurasinya. Upacara lantas diakhiri dengan pembacaan puisi oleh penyair Richard Blanco, doa penutup oleh Pastor Louis Leon, dan dinyanyikannya lagu kebangsaan oleh artis internasional Beyonce.

Sore harinya, acara akan terpusat di sepanjang jalan Pennsylvania Avenue, Washington DC di mana Presiden, Wakil Presiden dan pasangan mereka akan berparade. Ini merupakan tradisi Amerika dalam memberi penghormatan kepada pemimpin yang baru dilantik. Parade Inagurasi Kepresidenan ini diperkirakan adalah acara yang terbanyak dihadiri.

Parade tahun ini akan menampilkan prosesi militer, warga sipil, marching band, kendaraan hias yang mewakili negara bagian asal keluarga Obama dan Biden, antara lain dan masih banyak lagi.

Salah satu peserta parade adalah drum band Fife and Drum Corps yang mewakili Angkatan Darat Amerika. Kelompok ini ikut dalam parade inagurasi presiden Amerika dalam 50 tahun ini. Ketika ditemui di markas Fort Meyer di negara bagian Virginia, kelompok ini tampak giat berlatih menjelang perhelatan akbar yang tinggal beberapa hari lagi.

Sersan Yesenia DeJesus yang memainkan alat musik terompet mengatakan kepada VOA persiapannya cukup intensif.

"Kami harus belajar berbaris sambil memainkan alat musik, dan menghafal semuanya. Banyak marching band yang menaruh catatan di instrumen mereka, tapi kita tidak melakukannya. Semuanya kami hafal dan semuanya perlu latihan agar harmonis," papar DeJesus.

Rangkaian acara pelantikan Presiden Obama akan diakhiri dengan pesta inagurasi atau Inauguration Balls hari Senin malam. Menurut rencana, Obama dan Michelle hanya akan menghadiri dua pesta inagurasi resmi yaitu pesta inagurasi utama dan pesta inagurasi bersama para anggota militer. Kedua pesta itu akan diadakan di Walter E. Washington Convention Center.

 

Editor :

Egidius Patnistik

Nokia Bakal Pangkas 300 Karyawan

Posted: 18 Jan 2013 02:59 AM PST

Nokia Bakal Pangkas 300 Karyawan

Penulis : Eny Prihtiyani | Jumat, 18 Januari 2013 | 10:59 WIB

HELSINKI, KOMPAS.com — Perusahaan telepon seluler terbesar di Finlandia, Nokia, bakal memangkas 300 karyawan dalam waktu dekat ini. Langkah tersebut diambil sebagai upaya restrukturisasi global. Restrukturisasi diperlukan untuk efisiensi biaya produksi.

Ini adalah bagian dari program restrukturisasi, yang sudah diumumkan sejak Juni 2012 lalu, ungkap Nokia, seperti dikutif AFP, Jumat (18/1/2013). Pada Juni tahun lalu, perusahaan mengatakan, pihaknya merencanakan memberhentikan 10.000 orang pada akhir 2013 di tengah pembengkakan biaya. Tujuannya untuk menempuh penghematan biaya.

Setelah memimpin di pasar ponsel, Nokia telah kehilangan pangsa pasar karena konsumen pindah ke smartphone yang dimotori oleh Apple iOS atau sistem operasi Google Android.

Perusahaan tersebut telah menjadi perusahaan nomor satu di dunia pembuat ponsel selama lebih dari satu dekade. Namun, Nokia kehilangan predikat itu karena dikejar Samsung.

 

Tiada ulasan:

Catat Ulasan