Selasa, 1 Mei 2012

KOMPAS.com - Regional

KOMPAS.com - Regional


Inilah Pertolongan Pertama Jika Digigit Anjing

Posted: 01 May 2012 08:14 AM PDT

SEMARANG, KOMPAS.com- Untuk meminimalkan risiko terjangkit penyakit rabies yang biasanya disebabkan oleh gigitan anjing, kucing, kera atau kelelawar yang terkena rabies, lakukan penanganan darurat segera sebelum membawa diri atau kerabat ke Puskesmas atau rumah sakit.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jateng Eko Sutarti di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (1/5/2012), menyebutkan, untuk tindakan pertama, segera cuci bagian tubuh yang tergigit dengan air mengalir dan deterjen selama 10-15 menit. Bagian yang terluka jangan digosok-gosok. Setelah itu, bersihkan luka dengan alkohol atau berikan povidone iodine.

Kemudian, segera laporkan kejadian itu ke pusat layanan kesehatan setempat secepat mungkin. "Tetapi sebelum melaporkan dan mendapat penanganan lebih lanjut, berikan pertolongan pertama dahulu. Jika tidak ditangani sesegera mungkin, virus akan sangat cepat menjalar ke saraf pusat dan membahayakan korban," kata Eko.

Biasanya, orang yang terkena rabies harapan hidupnya sangat kecil jika tak ditangani secepat mungkin. Demikian juga dengan hewan yang menderita rabies, biasanya akan mati 14 hari setelah terinfeksi.

Eko menyebutkan, dari 33 provinsi di Indonesia, hanya sembilan diantaranya yang dinyatakan bebas dari rabies yaitu Jateng, Jatim, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Bangka Belitung, Riau, Nusa Tenggara Barat, Papua dan Papua Barat. Untuk itu, tindakan pencegahan harus diupayakan semaksimal mungkin agar penyakit rabies tidak semakin merebak.

 

Demo Tertib, Polisi Ucapkan Terimakasih

Posted: 01 May 2012 08:03 AM PDT

Hari Buruh

Demo Tertib, Polisi Ucapkan Terimakasih

Didit Putra Erlangga Rahardjo | Marcus Suprihadi | Selasa, 1 Mei 2012 | 15:03 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com- Kepala Kepolisian Kota Besar Bandung Komisaris Besar Abul Rakhman Baso menyampaikan ucapan terimakasih atas tertibnya aksi unjuk rasa memeringati hari buruh internasional sepanjang hari ini, Selasa (1/5/2012).

Hal itu disampaikan Abdul Rakhman yang ditemui setelah apel pengamanan unjuk rasa Hari Buruh Internasional di Gedung Sate, Selasa sore. Unjuk rasa yang datang silih berganti sejak pukul 10.00 hingga pukul 14.00 berlangsung dengan kondusif.

"Saya ucapkan terima kasih kepada organisasi buruh yang menyampaikan aspirasi mereka secara arif. Semoga maksudnya segera diterima dan direalisasikan," ujar Abdul Rakhman.

Beberapa aspirasi yang disampaikan organisasi buruh dalam unjuk rasa di Gedung Sate adalah penetapan 1 Mei sebagai libur nasional hari buruh nasional. Selain itu, mereka jug menuntut adanya upah layak bagi pekerja, tidak lagi sekadar upah minimum.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan