Selasa, 1 Mei 2012

KOMPAS.com - Nasional

KOMPAS.com - Nasional


Keluarga Menkes Kumpul di Ruang ICU RSCM

Posted: 01 May 2012 12:58 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono mengungkapkan, Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih sudah tidak sadarkan diri di ruang ICU RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, Selasa (1/5/2012) malam.

Terus menurunnya kondisi kesehatan Endang ini telah diketahui keluarga, termasuk putra pertama Endang, Arinanda Wailan Mamahit, yang berada di Geneva, Swiss. Ia pun langsung terbang ke Indonesia untuk mengetahui kondisi kesehatan ibunda tercintanya.

Menurut Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono, saat ini semua anggota keluarga telah berkumpul di ruang ICU, tempat Endang dirawat. Tinggal seorang putra Endang yang belum hadir.

"Tadi saya lihat keluarga Menkes sudah lengkap, kecuali putranya yang masih dalam perjalanan, masih ada di Jenewa (Geneva). Diperkirakan besok siang sampai di Jakarta," ujar Agung seusai membesuk Endang di RSCM, Jakarta, Selasa malam.

Sebagaimana diketahui, Endang Rahayu Sedyaningsih bersuamikan dr Reanny Mamahit, SpOG, MM (Direktur RSUD Tangerang) serta dikaruniai dua putra dan seorang putri.

Putra pertama bernama Arinanda Wailan Mamahit, putra kedua bernama Awandha Raspati Mamahit, dan putri paling kecil bernama Rayinda Raumanen Mamahit.

Pada 26 April 2012, Endang mengundurkan diri dari posisi Menkes menyusul kondisi kesehatannya yang terus menurun akibat kanker paru-paru. (Abdul Qodir)

Menkes Masih dalam Perawatan Intensif Tim Dokter

Posted: 01 May 2012 12:26 PM PDT

KOMPAS.com — Kepala Pusat Komunikasi Publik drg Murti Utami menyatakan, kondisi Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih menunjukkan penurunan.

Oleh karenanya, saat ini Menteri Kesehatan (Menkes) masih terus dalam pengawasan dan perawatan intensif tim dokter RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat.

"Kondisi kesehatan Ibu Menkes menurun, dan saat ini masih dalam monitoring dan perawatan intensif oleh tim dokter," ungkap Murti Utami kepada Tribun, Jakarta, Selasa (1/5/2012).

Setelah menyaksikan langsung kondisi kesehatan terakhir Menkes di RSCM, Jakarta, Selasa (1/5/2012) malam, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono menyatakan hanya bisa berdoa agar Tuhan memberikan kesembuhan baginya.

Dari pengamatannya di ruang ICU RSCM, Agung mengungkapkan bahwa Endang sudah tidak bisa melakukan apa-apa karena telah tak sadarkan diri sejak sore hari.

"Melihat Ibu Menkes dalam keadaan yang enggak sadar dari sore, kondisinya turun terus. Tapi, masih bertahan. Saya berdoa supaya Tuhan berikan kondisi yang terbaik untuknya," ujar Agung seusai membesuk Endang di RSCM, Jakarta, Selasa pukul 22.15.

Agung mengungkapkan, saat ini Menkes Endang hanya terdiam di ruang ICU dengan sejumlah alat bantu medis.

"Tidak bisa lagi karena kesadaran sudah nol. Sekarang sudah enggak bisa komunikasi," ungkapnya.

Fakta ini berbeda saat Agung membesuk Menkes Endang tiga hari lalu. "Tiga hari lalu saya masih bisa salaman, sekarang sudah tidak bisa apa-apa," ucap Agung dengan suara lirih dan mata berkaca-kaca. (Andri Malau)

 

Tiada ulasan:

Catat Ulasan