Sabtu, 26 Mac 2011

Sindikasi news.okezone.com

Sindikasi news.okezone.com


ICW: RUU Tipikor Lemahkan Pemberantasan Korupsi

Posted: 26 Mar 2011 10:37 PM PDT

JAKARTA - Indonesia Corruption Watch (ICW) dengan tegas menolak Rancangan Undang-undang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) versi pemerintah lantaran dianggap bakal melemahkan upaya pemberantasan korupsi sebagaimana diatur dalam UU Nomor 31 tahun 1999 dan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan korupsi yang berlaku saat ini.

Hal tersebut cukup beralasan, RUU Tipikor ini dinilai sangat mengkhawatirkan karena dapat menjadi ancaman bagi upaya pemberantasan korupsi dan nyaris menghilangkan semangat extraordinary (luar biasa) dalam memberantas korupsi.

"Hal ini tentu sangat disesalkan terutama karena sejak awal pemerintahan SBY selalu menyatakan berkomitmen dengan pemberantasan korupsi," ujar Peneliti Hukum ICW, Donal Fariz dalam jumpa pers di kantornya, Kalibata, Jaksel, Minggu (27/3/2011).

Dia menambahkan, dengan alasan mengadopsi Konvensi PBB melawan korupsi di mana United Nations Against Corruption (UNCAC) telah diratifikasi oleh pemerintah Indonesia melalui UU Nomor 7 tahun 2006 artinya Indonesia berkewajiban melakukan harmonisasi hukum positif nasional dengan standar internasional.

"Hal ini ditujukan untuk memudahkan pemberantasan korupsi yang sudah bersifat lintas negara. Bahkan aset hasil korupsi diyakini ke luar negeri sehingga aman dari intaian aparat penegak hukum," katanya.

Sejumlah pasal di RUU tersebut menurutnya justru lebih lemah dan kompromistis dibanding UU Nomor 31 tahun 1999 dan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan korupsi.

"RUU Tipikor yang disusun pemerintah potensial menjadi salah satu alat pelemahan pemberantasan korupsi dan kewenangan KPK," tandasnya.
(crl)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Belasan Rumah di Tubagus Angke Terbakar

Posted: 26 Mar 2011 09:55 PM PDT

JAKARTA - Belasan rumah di RW 05, Tubagus Angke, Jakarta Barat terbakar. Belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran itu.

Salah satu petugas pemadam kebakaran Jakarta Barat, Robert mengatakan kejadian tersebut sekitar pukul 10.45 WIB. Diperkirakan belasan rumah yang terbakar. Namun saat ini sebanyak 19 unit mobil pemadam kebakaran telah dikerahkan.

"Saat ini sedang proses pemadaman,"ujarnya saat dihubungi okezone, Minggu (27/3/2011).

Ditambahkan belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran itu, namun sejauh ini tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu.
(crl)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan