Selasa, 9 April 2013

KOMPAS.com - Nasional

KOMPAS.com - Nasional


Penggantian Kapolri dan Panglima TNI, Jangan untuk Amankan Partai Presiden

Posted: 09 Apr 2013 05:08 PM PDT

Penggantian Kapolri dan Panglima TNI, Jangan untuk Amankan Partai Presiden

Penulis : Sabrina Asril | Rabu, 10 April 2013 | 00:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Percepatan pergantian Kapolri dinilai merupakan hal yang wajar dilakukan Presiden. Tetapi motif penggantian harus dipastikan tepat, bukan untuk mengamankan kepentingan partai tertentu apalagi partai yang diketuai Presiden.

"Yang perlu dikritisi adalah motif Presiden di balik penggantian Kapolri dan Panglima (TNI)," kata Wakil Ketua Komisi III Al-Muzzamil Yusuf saat dihubungi Selasa (9/4/2013). Kalau memang karena pemilu yang akan segera berlangsung dan pertimbangan Presiden demi stabilitas keamanan, menurut dia pergantian memang rasional.

"(Tapi) jangan sampai pergantian ini untuk mendukung atau mensukseskan partai Presiden," ujar Muzzamil. Kalau sampai itu terjadi, dia mengatakan citra masa akhir pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan semakin negatif.

Komisi III, lanjut Muzzamil, hanya bisa memberikan pertimbangan kepada Presiden. Namu pengangkatan dan pemberhentian Kapolri maupun Panglima TNI adalah hak prerogatif Presiden. "Siapapun yang dipilih Presiden, harus mempunya track record yang baik. Apalagi tantangan keamanan kita sekarang tidak ringan.Berat. Butuh orang-orang yang berpotensi betul-betul," imbuh politisi Partai Keadilan Sejahtera ini.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono dan Kapolri Jenderal Timur Pradopo akan diganti pada Agustus atau September 2013. "Panglima TNI akan memasuki masa pensiun. Kapolri sebenarnya sampai Januari tahun depan. Tapi, karena Kapolri memiliki tugas penting berkaitan dengan Pemilu 2014, justru penggantiannya tidak bisa mendekati tahun itu," ujar Presiden SBY dalam wawancara dengan Majalah Tempo seperti dikutip di situs www.setkab.go.id.

Di dalam wawancara itu, Presiden menyebutkan Panglima TNI diganti karena faktor usia. Adapun untuk Kapolri, menurut Presiden, diperlukan figur baru yang cakap dan bisa menjalankan tugas. Tidak hanya mengamankan Pemilu 2014, tapi juga mengatasi berbagai gangguan keamanan.

Berita terkait dapat dibaca dalam topik: Geliat Politik Jelang 2014

Editor :

Palupi Annisa Auliani

Gempa 6,3 SR Guncang Iran, 30 Orang Tewas

Posted: 09 Apr 2013 04:22 PM PDT

Gempa 6,3 SR Guncang Iran, 30 Orang Tewas

Selasa, 9 April 2013 | 23:22 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com — Sedikitnya 30 orang tewas dan 800 orang terluka akibat gempa berkekuatan 6,1 skala Richter di kota Kaki, Provinsi Bushehr, Iran selatan, Selasa (9/7/2013) sore. Gempa juga dirasakan hingga Bahrain, Kuwait, Qatar, dan Uni Emirat Arab.

Pusat Seismologi Iran menyebutkan, gempa terjadi pada pukul 16.22 waktu setempat dengan pusat gempa di kedalaman 12 kilometer. Pusat gempa terletak 90 di 28,48 derajat lintang utara dan 51,58 derajat bujur timur atau sekitar 90 kilometer dari pembangkit listrik tenaga nuklir di Bushehr. Berikutnya terjadi belasan gempa susulan dan paling kuat berkekuatan 5,3 SR.

Wakil Gubernur Provinsi Bushehr Rostami mengatakan kepada stasiun televisi IRINN, akibat luasnya wilayah yang diguncang gempa, jumlah korban jiwa bisa bertambah. Guncangan di Kompleks PLTN Bushehr tidak mengakibatkan gangguan pada pembangkit listrik itu.

Kepala Bulan Sabit Merah Iran Mahmoud Mozaffar menyebutkan bahwa Desa Baghan hancur total akibat gempa tersebut. Puluhan tim medis dan sejumlah helikopter dikerahkan ke wilayah-wilayah yang dilanda gempa tersebut.

Pada Agustus tahun lalu, dua gempa bersusulan masing-masing berkekuatan 6,2 dan 6,0 menghantam Iran dan menewaskan lebih dari 300 orang serta mengakibatkan 3.000 orang mengalami luka-luka.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan