Isnin, 25 Mac 2013

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Berita Video Ibu Negara China yang Handal

Posted: 25 Mar 2013 07:01 AM PDT

BEIJING - Sosok Peng Liyuan mungkin asing bagi negara-negara di Asia Tenggara. Tetapi bagi rakyat China, Peng Liyuan menjadi idola dalam perannya sebagai Ibu Negara China menemani Xi Jinping.

Perempuan yang dikenal sebagai mantan penyanyi ternama ini, menjadi bukti dari soft diplomacy yang dilakukan oleh Negeri Tirai Bambu. Peng Liyuan seperti mengobati kerinduan China atas ibu negara yang handal.

Pada lawatannya ke Rusia bersama sang suami, Xi Jinping ke Moskow, Rusia, sosok Peng menghiasi media-media di China. Hal ini tidak pernah dialami oleh Ibu Negara China ataupun istri-istri pejabat lainnya.

Nama Peng melambung setelah dirinya menyanyi di pesta tahun baru pada 1983 silam. Video mengenai acara itu pun terus menghiasai televisi China setiap tahunnya hingga 2007.

Ingin melihat video Peng Liyuan? klik tautan video ini.

Berita Selengkapnya Klik di Sini

(faj)

Sudan Inginkan Pertukaran Politisi dengan RI

Posted: 25 Mar 2013 05:02 AM PDT

JAKARTA - Salah satu keinginan Duta Besar Sudan untuk Indonesia Abd Al Rahim Al Siddig dalam membina kerja sama dengan Indonesia adalah memfasilitasi studi banding antara politisi dari Sudan dan Indonesia. Hal itu dinilai bisa memperkuat hubungan antarparpol Indonesia dan negara Afrika Utara itu.

"Saya juga ingin memperluas hubungan antara partai Sudan dan Indonesia. Kita harus mengembangkan ini, Insya Allah di masa depan saya merencanakan kunjungan pemimpin partai di Sudan ke sini," ujar Siddig, saat dijumpai wartawan di kantor Kedubes Sudan, Jakarta, Senin (25/3/2013).

"Para politisi itu bisa duduk bersama, berdiskusi, tukar pengalaman," paparnya.

Siddig juga ditanya mengenai jumlah partai politik yang ada di negaranya. Siddig mengatakan bahwa di Sudan ada lebih 40 partai politik, dan partai yang berkuasa adalah Partai Kongres Nasional. Namun pemerintahan Sudan adalah pemerintahan koalisi. Pada 2015, Sudan juga akan menggelar pemilihan presiden dan juga parlemen.

"Sudan mirip dengan Indonesia, begitu juga parlemennya dan pemerintahnya adalah pemerintahan koalisi," tutur Siddig.

Siddig menyinggung kunjungan Ketua Majelis Nasional Sudan (parlemen) ke Indonesia pada Februari lalu. Pada saat itu, Ketua Parlemen Sudan bertemu dengan Marzuki Alie, perwakilan parpol lain, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Menteri Agrikultur dan Menteri Energi.

Berita Selengkapnya Klik di Sini

(faj)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan