Ahad, 9 Disember 2012

Sindikasi news.okezone.com

Sindikasi news.okezone.com


Survei: Priyo Bisa Jadi Capres Alternatif Golkar

Posted: 09 Dec 2012 12:11 AM PST

JAKARTA - Partai Golkar telah resmi mengusung Ketua Umum, Aburizal Bakrie sebagai calon presiden 2014. Majunya pria yang akrab Ical itu masih dibayang-bayangi pro dan kontra. Penyebabnya karena Ical dipandang terlalu tua untuk menjadi calon presiden.

Lalu, siapa tokoh muda yang mungkin bisa menjadi calon presiden alternatif dari partai berlambang pohon beringin itu?. Hasil survei Institute Survei Indonesia (INSIS) melansir, Ketua DPP, Priyo Budi Santoso paling diminati masyarakat untuk maju sebagai calon presiden 2014 berdasarkan popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas.

Dalam survei yang digelar pada 16 November hingga 4 Desember 2012 terhadap 1.070 responden di 33 provinsi, INSIS mengajukan tiga pertanyaan.

Pertanyaan pertama, apakah responden mengenal atau tidak tokoh muda Partai Golkar?. Hasilnya, Priyo paling populer dengan 77,10 persen. Kemudian disusul Hajriyanto Y Thohari (33,36 persen), Rizal Mallarangeng (29,06 persen), Rusli Zaenal (26,07 persen), dan Idrus Marham (19,71).

Peneliti INSIS, Mochtar W Oetomo mengatakan, popularitas pria yang juga menjabat sebagai wakil ketua MPR tak lepas dari peran media massa. Namanya kerap muncul di media massa untuk mengomentari berbagai isu.

"Kita paham Priyo cukup banyak mewakili Golkar dalam berbagai momen sering tampil di media. Wajar popular di banding tokoh muda lain," kata dia di Hotel Atlet Century, Jakarta, Minggu (9/12/2012).

Idrus Marham memang menempati posisi lebih penting di Partai Golkar dibandingkan Priyo. Tapi, nama Idrus jarang sekali muncul di media massa.

Pertanyaan kedua berkaitan dengan akseptabilitas, apakah responden suka atau tidak suka terhadap tokoh muda partai golkar?. Hasilnya, Priyo unggul dengan 53,73 persen atas tokoh muda partai Golkar lainnya. Kemudian disusul Rusli Zaenal (18,59 persen), Hajriyanto Y Thohari (21,21 persen), Rizal Mallarangeng (16,72 persen) dan Idrus Marham (11,68 persen).

Pertanyaan terakhir berkaitan dengan elektabilitas, siapakah tokoh muda Partai Golkar yang responden pilih sebagai presiden?. Priyo kembali unggul atas tokoh muda lainnya dengan dukungan sebanyak 10,37 persen. Disusul Hajriyanto (3,36 persen), Rusli Zaenal (2,52 persen), Rizal Mallarangeng (2,05 persen) dan Idrus Marham (0,65 persen).
(trk)

Hari Antikorupsi, KPK Didesak Periksa Boediono

Posted: 08 Dec 2012 11:22 PM PST

JAKARTA - Ratusan orang yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Pemuda Indonesia (GMPI), melakukan orasi dan aksi teatrikal di Jalan Syamsu Rizal, Menteng, Jakarta Pusat. Aksi tersebut digelar sebagai peringatan Hari Antikorupsi Sedunia.  
 
Dalam aksinya, mereka menuntut KPK melakukan pemeriksaan kepada Wakil Presiden, Boediono terkait kasus Bank Century yang telah merugikan negara hingga Rp6,7 triliun.
 
"Kami meminta KPK segera menetapkan Boediono sebagai tersangka dalam kasus korupsi Bank Century karena sudah jelas fakta keterlibatannya," ujar salah satu perwakilan GMPI, Ilham, Minggu (9/12/2012).
 
Selain itu, Ilham menyatakan mereka juga menuntut masalah pemberantasan korupsi yang semakin meenggila di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono.
 
"KPK segera memberantas kasus-kasus korupsi besar seperti Bank Century, Hambalang, dan lain-lain," kata Ilham.
 
Pantauan Okezone di lokasi, ratusan aparat kepolisian telah bersiaga di kawasan Taman Suropati, Menteng, di sekitar rumah dinas Gubernur Jakarta, Joko Widodo dan rumah dinas Boediono yang berada di kawasan tersebut.
 

(teb)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan