Ahad, 9 Disember 2012

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Google peringati kelahiran Ada Lovelace

Posted: 09 Dec 2012 07:21 PM PST

Tampilan halaman muka Google untuk Ada Lovelace, yang 10 Desember 1815. (Google)

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) - Laman mesin pencari Google memperingati kelahiran ahli matematika abad ke-19 yang sering digambarkan sebagai pemrogram komputer pertama dunia, Augusta Ada King atau Ada Lovelace.

Halaman muka mesin pencari itu menampilkan gambaran tentang putri penyair Lord Byron dan Anne Isabelle Milbanke yang hari ini, 197 tahun lalu, lahir di London, Inggris.

Ada dikenal karena perannya dalam ide mekanika komputer awal dalam Analytical Engine buatan Charles Babage, profesor matematika di Cambridge yang dikenal sebagai penemu mesih hitung rumit yang sekarang dianggap sebagai pendahulu komputer moderen.
 
Laman San Diego Supercomputer Center menyebutkan bahwa Ada merupakan sahabat Charles Babbage.

Babbage yang terkesan dengan kemampuan matematika Ada meminta dia menerjemahkan memoar ahli matematika Italia Luigi Menabrea tentang Analytical Engine rancangan Babage supaya bisa dipublikasikan di Inggris.

Catatan Ada antara lain meliputi apa yang dikenal sebagai algoritma pertama yang dimaksudkan untuk diproses sebuah mesin, dan spekulasinya tentang kemampuan mesin untuk membuat grafik dan musik kompleks pada masa mendatang.

Ada menyebut diri sebagai "seorang Analis (& Ahli Metafisik)." Dia memahami rencana mesin itu seperti Babage.

Dia sudah melihat perangkat itu akan menjalankan fungsi seperti fungsi umum komputer sekarang dengan menyebutnya ditujukan untuk "membangun dan tabulasi fungsi apapun... mesin ini adalah ekspresi material dari fungsi tak terbatas dari tingkat umum sampai rumit."

Ada, yang mendapat gelar Countess of Lovelace setelah suaminya, William King, mewarisi gelar bangsawan, meninggal dunia karena kanker pada usia 37 tahun tanggal 27 November 1852. Dia dimakamkan disamping makam sang ayah yang tak pernah dia tahu.

(*)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Rupiah Senin pagi melemah 10 poin

Posted: 09 Dec 2012 07:20 PM PST

Rupiah (ANTARA/Rosa Panggabean)

Diperkirakan mata uang rupiah berpotensi menguat kembali

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) - Mata uang rupiah terhadap dolar AS, pada Senin pagi, bergerak melemah 10 poin di tengah isu defisit neraca perdagangan Indonesia.

Nilai tukar mata uang rupiah yang ditransaksi antarbank di Jakarta bergerak melemah nilainya sebesar 10 poin menjadi Rp9.615 dibanding posisi sebelumnya Rp9.605 per dolar AS.

"Rupiah melemah ditengah isu defisit neraca perdagangan, meski demikian posisi cadangan devisa untuk bulan November tercatat naik menjadi 111,285 miliar dolar AS dari 110,297 dolar AS," kata analis Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih di Jakarta, Senin.

Ia menambahkan, kenaikan senilai hampir satu miliar dolar AS itu kemungkinan berasal dari masuknya dana asing ke pasar Indonesia dalam bentuk portofolio dan penanaman langsung (PMA).

"Untuk portofolio asing khususnya di surat utang negara (SUN) terdapat kenaikan dana asing senilai Rp19 triliun atau setara dengan 1,98 miliar dolar AS. Sedangkan dari kegiatan neto perdagangan untuk November kemungkinan masih terjadi defisit karena neto tambahan devisa hanya tercatat sekitar satu miliar dolar AS," kata dia.

Menurut dia, naiknya posisi cadangan devisa itu mestinya dapat mengurangi tekanan terhadap pelemahan nilai tukar rupiah yang terhadap dolar AS.

"Diperkirakan mata uang rupiah berpotensi menguat kembali," kata dia.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra menambahkan, dolar AS berhasil mendominasi mata uang beresiko setelah laporan pemerintah menunjukkan pertumbuhan tenaga kerja AS yang melampaui perkiraan.

"Tingkat pengangguran turun menjadi 7,7 persen pada bulan November," kata dia.
(ANTARA)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan