Khamis, 27 Disember 2012

Republika Online

Republika Online


Waspada Warga Jakarta! Tiap 10 Menit Kriminalitas Terjadi di Ibu Kota

Posted: 27 Dec 2012 10:10 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polda Metro Jaya mengeluarkan data kejahatan sepanjang tahun 2012. Sejak Januari hingga Desember terjadi 54 ribu kejahatan di Jakarta dan sekitarnya.

Bila di rata-rata dengan jumlah waktu sepanjang tahun 2012, maka sebuah kasus kejahatan terjadi di Jakarta setiap 10 menit. "Artinya pada 2012 setiap 10 menit 6 detik terjadi satu kasus kejahatan," kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Putut Eko Bayuseno, saat Jumpa pers akhir tahun di Mapolda Metro Jaya, Kamis, (27/12) kemarin.

Angka kejahatan tahun ini sedikit menurun dibanding tahun 2011. Tahun lalu, sebanyak 57 ribu kasus kejahatan terjadi.

Kapolda menjelaskan, bahwa umumnya kasus kejahatan yang terjadi adalah kasus pidana seperti pembunuhan, pencurian, dan penganiayaan. Namun, dari banyaknya kasus ini, Polda Metro Jaya hanya mampu menuntaskan 59 persen kasus.

Selain itu, Polda juga mencatat mengenai jumlah korban kejahatan di Jakarta tahun ini. Bila dirata-rata, resiko korban kejahatan mencapai 251 orang. "Jadi dari setiap 100 ribu penduduk di wilayah DKI, sebanyak 251 orang menjadi korban kejahatan," ujar Kapolda menjelaskan.

Curi Chevrolet 23 Tahun, Pelaku Insyaf Usai Bayar 70 ribu Dolar Buat Garasi

Posted: 27 Dec 2012 10:01 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, SAN DIEGO--Di mana-mana, mencuri itu tidak bakal membuat beruntung, meski yang dibawa kabur adalah mobil mewah. Itulah yang terjadi pada 1989, ketika seorang pria melarikan Chevrolet Corvette baru dari seorang penjual mobil di San Diego,AS.

Pria itu rupanya belum lama ini melaporkan aksi kejahatannya kepada polisi karena menyimpan mobil tersebut. Tapi pertobatannya  benar-benar membuat dia harus merogoh saku sampai dalam, demikian laporan Busines Insider.

Mobil curian itu telah disimpan selama 23 tahun dan tampaknya nyaris tak pernah dikemudikan, kata laporan tersebut. Ketika polisi mengambil mobil itu dari tempat penyimpanan, mereka mendapati odometer mobil mewah tersebut hanya mencatat angka 67 mil, sementara semua bannya kempes, dan "aroma di dalamnya masih berbau mobil baru", kata L.A. Times.

Pencuri mobil itu tak menghadapi tuntutan sebab ia bekerja sama dengan polisi. Namun akibat perbuatannya ia tetap harus diberi sanksi. Setelah lebih dari dua dasawarsa ia harus mengeluarkan 70.000 dolar AS untuk menyimpan Corvette warna merah tersebut, kata L.A. Times.

Menurut keterangan Detektif Pencurian Mobil di Kepolisian San Diego, Andrew Spear, seorang pengacara yang mewakili si pencuri menghubungi polisi untuk mengatakan kliennya telah berhenti membayar biaya sewa garasi. Dan satu mobil curian akan ditemukan ketika tempat tersebut dibuka.

Spear mengatakan pengacara itu memberi tahu dia bahwa si pencuri adalah seorang imigran yang beru datang dari Irlandia dan tergoda untuk mencuri serta menyembunyikan Corvette tersebut.

Pada 1983, biaya sewa tempat penyimanan itu per bulan adalah 50 dolar AS. Tapi seiring dengan perjalanan waktu, biaya tersebut naik jadi 300 dolar, sehingga si pencuri mengatakan ia berhenti membayarnya.

Menurut catatan, jumlah uang sewa penyimpanan mobil itu mencapai 70.000 dolar AS. Segera setelah ditemukan, mobil tersebut diserahkan kepada perusahaan asuransi yang memberi ganti-rugi kepada pedagang mobil atas kehilangan kendaraan itu pada 1989.

Perusahaan asuransi itu lantas memperbaiki ban, mengisi-ulang akinya, membersihkan  debu tebal, dan menjualnya. Satu pembeli mobil itu lalu menjualnya lagi kepada Corky Rice, pedagang mobil di Sherman Oaks --yang menjualnya di eBay dengan harga 39.741 dolar, sedikit di atas harganya pada 1989.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan