Khamis, 20 September 2012

Republika Online

Republika Online


Sarapan Cerdas untuk Jantung Sehat, Mau?

Posted: 20 Sep 2012 05:01 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Salah satu masalah tersembunyi yang menyusup diam-diam dalam tubuh anda adalah peradangan. Meski anda jarang bisa merasakan, kecuali dalam tahap parah, peradangan memberi gangguan nyata kepada metabolisme tubuh keseluruhan. Gangguan ini juga memicu pembentukan plak dalam arteri anda.

Tak perlu terlalu cemas. Sebuah studi terbaru menyarankan biji-bijian sederhana, yakni oat, bisa memerangi para pemain buruk dalam tubuh anda

Kunci utama dalam kandungan oat, seperti ditulis oleh RealAge adalah  avenanthramides. Zat yang mungkin di telinga kita terdengar seperti spesies laba-laba raksasa dari luar angkasa itu, faktanya, adalah tipe molekul ramah yang bisa mengontak kadar sitokine peradangan (sistem kimiawi kekebalan potensial) dalam tubuh. Ketika sitokine dalam tubuh anda tinggi, mereka bisa mendorong pengembangan penyakit jantung, diabetes, dan kondisi kronis lainnya. Semain rendah kadar sitokine semakin bagus. Kabar baiknya, oat membantu anda untuk mencapai kondisi itu.

Dalam kalimat sederhana, kemampuan paling ampuh oats adalah membantu lingkar panggul anda tetap ideal, menjaga arteri anda lentur seperti usia muda, serta mencegah terbentuknya gumpalan darah yang membahayakan jantung plus mengusir kolesterol buruk LDL keluar dari tubuh.

Anda tak doyan oatmeal? Coba mulai dengan menaburkan oats dan mencampurkan ke makanan lain, seperti memasukkan sedikit ke dalam sup untuk membuat sedikit lebih kental. Anda bisa menambahkan ke dalam adonan kue muffin, atau jadikan topping yougurt anda. Membuat menu sarapan buah potong dicampur madu sedikit dengan oats juga bisa menjadi menu menarik sekaligus luar biasa untuk kesehatan jantung.

Mau cara lain, coba rendam oats semalaman dalam susu atau yogurt. Sajian siap disantap pada pagi hari.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan